Monday, July 1, 2013

Nasi Udang Plus Sambalnya


Wah..udah Senin lagi..cepat dech ya hari berlalu..pagi2 udah sibuk lagi dapur..bikin sarapan buat Yodha..biasa..nasi goreng..pakai bakso..hihi..sampai bosan aku juga makan nasi goreng tiap pagi..tapi Yodha..nggak pernah bosan. Akhirnya tengok di freezer..masih punya stock udang kecil2..hemm..pagi2 jadi pengen sarapan nasi udang..langsung dech..bikin bentar ..jadi buat sarapan..^^

Nasi udang ini ala2 Bu Rudi Surabaya gitu..aku udah pernah bikin sich aku posting di sini..cuma yang udang gorengnya di tepungi pakai beras..sekarang coba versi lain..kemaren..sempat liat di majalah ada ulasan tentang nasi udang Bu Rudi ini..dan liat resepnya kok pakai tepung terigu biasa..tapi di tambah baking powder..jadi penasaran..bisa renyah ngggak seperti kalau pakai tepung beras yang sering aku bikin. Aku suka aja nyoba satu resep dengan beberapa versi....jadi biar tahu rasanya dan bedanya..dan menurutku..sama2 enak..renyah..cuma kalau pakai tepung terigu ini..musti sampai kering betul nggorengnya..jadi kurang sedikit cantik penampilannya..kalau yang tepung beras lebih cepat kering nggorengnya..jadi warna udang gorengnya lebih cantik..tapi kalau soal rasa ...sama2 enak..renyah dan gurih..soalnya aku emang penggemar udang..jadi di goreng apa aja ya oke2 aja..hihi. Sambalnya juga aku buat beda...kali ini semi mentah..cabainya mentah, bawang merahnya di tumis..jadinya lebih enak..sambalnya..dari yang pertama bikin..karena pedasnya lebih nampol....hihi..

Oke..mau coba resepnya..yukk simak..takaran dan bumbu2 sesuai seleraku ya..cuma ide pakai tepung terigunya dapat inspirasi dari majalah ^^..selamat mencoba..
Nasi Udang

Bahan :
Udang kecil2 250 gram
Garam / bumbu kaldu bubuk ayam 1 sendok teh
Tepung Terigu 100 gram yang protein sedang, di campur dengan 1/2 sendok teh baking powder
Bawang putih 2 siung

Bahan Sambal :
8 butir bawang merah , goreng hingga layu
6 cabai rawit merah
2 cabai merah
Garam / kaldu bubuk secukupnya dan sedikit gula merah

Cara membuat :
Haluskan bawang putih dan kaldu bubuk / garam, beri sedikit air, lalau balurkan ke udang. Diamkan hingga bumbu meresap. 
Tiriskan udang, lalu lumuri dan balurkan tepung terigu yang sudah di ayak dengan baking powder. Goreng di minyak panas dengan ai sedang, hingga udang benar2 kering dan renyah.
Sambal : Haluskan cabai dan bawang merah , garam , dan gula. Tuangi minyak panas agar tidak langu. Sajikan udang goreng dengan nasi putih dan sambal.

Jika memakai tepung beras..begini nich penampakan udang gorengnya..^^..buat perbandingan aja..





No comments :

Post a Comment