Saturday, July 6, 2013

Resep Kue Mata Roda


Kue Mata Roda..adalah kue yang terbuat dari singkong parut yang di isi dengan pisang, kemudian di bentuk seperti lontong dan di kukus. Rasanya..enak sekali..kenyal , gurih dan wangi aroma pisang..apalagi aku pakai pisang raja yang benar2 matang dan harum, hemm...di cocol pakai parutan kelapa..tambah uenakkk..! Kalau di Jawa namanya mata roda..mungkin karena bentuknya bulat dan tengahnya ada pisangnya kali ya..jadi kayak mata gitu..hihi..*ngarang.com*...Tapi di daerah lain juga pasti ada jajanan seperti ini..jadi..apa nama jajanan ini di luar Jawa.ada yang tahu teman2..? Yukk...share di sini biar tambah ilmu pengetahuan kita tentang jajan pasar. Kue mata roda ini biasanya di beri warna sesuai selera, namun jika tidak suka warna warni..bisa juga di kasih warna alami saja..pakainya gula merah..dan rasanya juga makin gurih..dulu ibuku sering bikin gitu..tapi ngak di potong2..kalau pakai gula merah..langsung aja di makan kayak lemet gitu..makan satu aja..kenyang..ya segede2 lontong..hihi..plus ada isian pisangnya. Bener dech..Indonesia ini sangat kaya akan jajanan pasar dari singkong..lha yang aku kenaldari  Jawa aja..jajanan dari singkong ini bnayak banget..belum belajar dari daerah lain di luar Jawa..hemm..jadi pengen lebih banyak eksplorasi tentang aneka jajana singkong dari luar Jawa..soalnya..aku kan anak singkong..hihi..penggemar singkong maksudnya  ..^^

Yukk kalau suka jajanan pasar yang memakai singkong gini..segera bikin teman2..murah ..gampang dan enak..selamat mencoba..^^ Resepnya mudah saja..simak ya
Kue Mata Roda

Bahan :
300 gram singkong parut
4 buah pisang raja yang matang ( pisang lain seperti kepok atau tanduk juga boleh )
60 gram gula pasir ( sesuai selera saja , aku suka nggak terlalu manis soalnya )
1/4 sendok teh garam
50 gram kelapa parut panjang dan sedikit garam, campur lalu kukus untuk taburan
1/4 sendok teh vanili dan pewarna makanan sesuai selera
Daun pisang untuk membungkus secukupnya

Cara membuat :
Aduk singkong, gula dan garam.
Siapkan 2 lembar daun pisang, taruh adonan di atasnya, ratakan. Isi dengan pisang , lalu bungkus seperti lontong.
Kukus selama 30 menit atau samai matang. otong2  bulat 2-3 cm , sajikan dengan kelapa parut.



9 comments :

  1. mbaaaaaaaa foto2 kulinernya kuereeen banget :) jadi laper mata deh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Christanty..ayook di coba Mba..mudah kok..:)

      Delete
  2. Mbak Diah, aku udah coba resepnya, mudah, murah meriah, bikin hati gembira...hehe trus rasanya enak. Terimakasih sudah berbagi resep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Pita..seneng ya..kalau masak murah meriah..tapi enak dan hasilnya menarik..aku juga begitu..^^..pasti dech langsung ku posting di blog..^^

      Delete
  3. hihihi..lucu mbk,resepnya simpel juga...catetttt :)

    ReplyDelete
  4. mbak kalo dikasi agar2 kira2 enak gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit aja nggak pa2..kalau kebanyakan malah jadi keras nanti..:)

      Delete
    2. Kl di bugis makassar namanya beppa janda (kue janda)... ada jg yg menamainya kalimbu

      Delete
  5. Mba diah, tips supaya singkongnya gak pait gimana? Terus marut sendiri?

    Maksih mba diah :)

    ReplyDelete