Friday, July 5, 2013

Selai Nanas Homemade




Buat teman2 yang nunggu postingan nastar yang pakai mentega..sebelum  bikin nastarnya..yukk bikin selainya dulu. Kemaren aku udah tulis tips membuat selai nanas sendiri di sini ya..dan ada juga resep selai nanas yang pakai gula palm..di sini...jika teman2 suka. Nah yang sekarang aku posting ini..selai nanas klasik aja..biasa yang pakai gula pasir dan selai nanas yang enak untuk isian nastar. Kalau kita beli selai nanas jadi kan suka terlalu lembek  ya..dan yang pasti nggak tau itu nanas asli atau tidak. Tapi kalau kita bikin sendiri..kita bisa pilih buah nanas yang benar2 matang dan juga bagus kualitasnya..sehingga hasil selainya juga lebih enak.

Yukk bikin selai nanas nya dulu..sebelum bikin nastar..bisa di simpan kok di wadah tertutup, kemudian taruh freezer..awet..sampai dekat2 lebaran nanti pas mau bikin nastarnya. Jadi nanti pas mau bikin nastar udah siap selainya dan nggak bingung2 lagi cari nanas yang bagus. Karena deket2 Lebaran biasanya nanas yang bagus di pasaran udah menghilang..^^..kalau di tempatku lho..hihi..karena laris manis di borong para bakul kue kering biasanya. Selamat mencoba..^^
Selai Nanas Buatan Sendiri

Bahan:
600 gram nanas parut
100 gram gula pasir ( atau sesuaikan kebutuhan, tergantung nanas yang kita pakai udah matang atau belum. Aku tadi  pakai nanas yang ranum2..matang banget, jadinya udah manis..nggak perlu banyak tambahan gula lagi )
3 cm kayu manis batangan
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Masak nanas parut memakai panci dari besi tebal atau anti lengket supaya tidak mudah gosong bawahnya, hingga air nanasnya habis, masukkan gula pasir, garam dan kayu manis.
Masak sambil di aduk terus hingga kesat .
Dinginkan.
Siap di gunakan untuk isian nastar atau di simpan di wadah kedap udara.
  • Masak selai nanas musti sabar ya teman2...jika air nanas sudah habis..musti di aduk2 terus sampai benar2 kesat seperti ini. Biar Nastarnya awet dan tidak mudah berjamur nantinya. 

  • Siap dech selai nanasnya..legit..manis..segar harum nanas  bangett..aku sambil motret tadi colek colek terus dech selainya..hihi..enakkk..^^


No comments :

Post a Comment