Tuesday, July 2, 2013

Buntil Daun Pepaya Kuah Pedas



Buntil...adalah masakan khas Jawa Tengah..yang biasanya terbuat dari daun lumbu. Namun karena daun lumbu yang bisa di masak untuk buntil semakin susah dan langka..buntil biasa di buat juga dari daun pepaya. Buntil yang terkenal..salah satunya dari daerah Magelang..termasuk buntil jenis kering yang tidak berkuah..di kemas dengan di bungkus daun pisang tiap satu  buntil dan di siram areh kental.

Beda dengan di Magelang..buntil ala Semarang pakai kuah..ada yang kuah gurih warna putih..ada juga yang kuah pedas merah..kayak yang ku buat ini..semuanya enak..lha yang kuah putih tetep pakai cabai rawit merah utuh juga kok jika ingin pedas. Yang kuah merah ini resepnya aku ikut2 an penjual buntil lumbu langgananku yang sudah lumayan terkenal di Semarang atas..namun karena langkanya bahan baku daun lumbu yang khusus buat buntil..jadi jualan buntilnya kadang cuma seminggu sekali. Jadi kadang2 di ganti daun pepaya..nah..kalau buntil daun pepaya ini..mudah saja cari bahan2nya....di pekarangan rumah juga ada..atau tinggal mesan sama tukang sayur..daun pepaya yang sudah di rebus..yang enggak begitu pahit di buat buntil..jadinya lebih enak. Jadi kalau cuma buntil daun pepaya..aku lumayan sering bikin sendiri..kalau buntil lumbu baru dech beli..dulu pernah juga sich nemu daun lumbu buntil ini di pasar..jadi bisa nyoba juga buat sendiri sekali..

Oke..mau coba bikin juga teman2..silahkan..ini dia resepnya..ini yang kuah pedas ya..kalau mau kuah gurih resepnya pernah ku posting di sini.
Bahan buntil:
15 lembar daun pepaya yang sudah di rebus
300 gram kelapa parut kasar
50 gram ikan teri, jika suka bisa di tambah 30 gram pete mlanding / pete biasa juga
Bumbu halus:
6 buah cabai merah keriting
2 buah cabai rawit merah
3 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar , 2 cm kencur
1/4 sendok teh terasi, dibakar
1/2 sendok teh garam
1/2  sendok teh gula pasir atau gula merah sesuai selera
Kuah Santan Pedas :
 800 ml santan dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, dimemarkan
8 buah cabai rawit merah utuh
1 1/4 sendok teh kaldu bubuk / garam secukupnya
 2 sendok teh gula merah sisir
1 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, disangrai
8 buah cabai merah keriting
Cara Membuat :
1. Buntil: aduk rata kelapa parut, ikan teri, petai mlanding dan bumbu halus. Bagi menjadi 10 bagian.
2. Ambil  2 lembar daun pepaya. Beri campuran kelapa parut di tengahnya. bungkus lalu bentuk kotak. Ikat dengan tali.
3. Kukus buntil 60 menit diatas api kecil sampai matang. Sisihkan.
4. Kuah: tumis bumbu halus  sampai harum. Masukkan cabai rawit merah, salam dan lengkuas. Aduk sampai layu. Tambahkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai matang dan mendidih.
5. Masukkan buntil yang sudah di kukus. Masak hingga bumbu meresap. Sajikan.

Step By Step Buntil :








15 comments :

  1. Hemmm sedaaaap. Mbak Diah, kalau saya dekat Mbak Diah, kayaknya saya nafsu makan deh... Ada yang masakin dan nemani makan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Devy..wah.seneng sekali kalau ada yang mau nemenin makan..lah sy berdua aja di rumah..cuma sama Yodha..Art cuma datang pagi..siang selesai kerjaan udah pulang...:)

      Delete
  2. Aih, tahu aja Mak Diah nih kalau saya suka buntil, hehehe, edisi GR. lama ndak makan satu ini Mak, sejak pindah ke Palembang nggak pernah makan buntil, masak sendiri belum pernah nyoba. Sekarang dah di jawa lagi tp blm nemu buntil yg enak. tempo hari beli, eh rasanya kurang nendang. Dulu suka dibuatin sama almarhum Mbah putri, buntilnya mak nyuss..hiks jadi kangen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 penggemar buntil kalau gitu ya Mak Ety..yukk bikin sendir aja..kalau beli kurang nendang rasanya..bisa di sesuaikan selera bumbunya..wah..harusnya dulu resep Mbah Putri di catat ya Mak..bisa jadi warisan resep yang berharga..^^

      Delete
    2. Iya Mak, dulu nggak suka masak..hehehe, jd cuek aja..itu resep isiannya pake ketumbar apa ndak? di foto ada gbr ketumbar tp di resep ndak ada? eh ketumbar apa merica itu?

      Delete
    3. Hihi..telat ya Mak..nggak bisa dapat warisan resep buntil enakkdar Yang Ti..^^
      Eh iya..itu ceritanya aku coba2 tak kasih ketumbar hihi..isinya..kalau di resep itu tak copi dari yang resep isian buntil lumbu ku dulu..nggak pake..nanti ku update..sesuai selera aja sich Mak..sama2 enak..kok..kalau resep asli dari yang ibu2 penjual buntil yang aku tanya2 nggak pake ketumbar..jadi kayak yang isian buntil lumbu itu originalnya..yang ini..biasa suka ngubrak abrik rese..hihi..pengen tau gmn rasanya kalau di tambahin ini..itu sendiri..^^

      Delete
  3. ngiler nih mbaaaaaak....suka banget sama buntil apalagi pake daun pace atau daun lumbu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..daun pace..enak kah di bikin buntil Mba Rita..? Kalau daun pace..di jalan samping rumahku itu banyak..tapi kalau daun lumbu susah carinya..

      Delete
  4. mbak, biar masak duan pepayanya g pahit gmn caranya? mo masakin buat suami tp takut msh pahit daunnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli aja daun pepaya yang udah rebusan di pasar Mba Nawanti..biasanya yang di jual mbah2 gitu udah nggak pahit..karena pas merebus udah di kasih tanah liat / lempung. Kalau mau rebus sdr ya itu..di kasih lempung..klu orang tua jaman dulu..:)

      Delete
    2. kl yg beli yg udah ada di pasar itu ndak udah ada isinya mbak?

      Delete
    3. Nggak Mba..cuma di rebus aja..bisa di masak sdr macama2..di oseng atau di buntil gini..:)

      Delete
  5. mba Diah, aku hbs dpt kiriman daun lumbu dr ibuku di kampung. Aku mo bikin buntil mba. Itu sy bc bumbu buntilnya ga pake bwng merah ya mba? Mksih. Retno

    ReplyDelete