Friday, July 26, 2013

Bitterballen Makaroni Keju


Makaroni..suka dech mengolahnya menjadi aneka cemilan..kemaren udah bikin makaroni goreng yang murah meriah..yang udah ku posting di sini...nah sekarang yang versi priyayi ya..ala belanda..hihi..di buat bitterballen..mirip2 sich cara buatnya sama makarono goreng..cuma ini lebih cepat nggak perlu di kukus. Dan lebih bergizi..karen aad adaging ayamnya..susu dan keju..komplet dech. Bikinnya juga lebih cepat dan praktis daripada makaroni goreng kemaren.


Jadi bitterballen ini perpaduan selera indonesia yang suka gurih2 dan di goreng dan juga masakan warisan Belanda..yang bisa di terima dengan senang hati di lidah orang Indonesia..terutama lidah ku..hihi..yang suka gurih2 dan makanan di goreng . rasanya..tentu saja enak..dan istimewa..^^

Memang hasil akhirnya lebih mulus2 makaroni goreng ya..karena kalau makaroni goreng kan di padatakan di loyang dan di kukus dulu..baru di potong2...kalau bitterbalen makaroni ini..karena langsung di bulat bulatin begitu adonannya matang..jadi nggak bisa mulus bentuknya. tapi tidak masalah..sajikan di cup kertas kecil2..dan voila..nggak keliatan lagi kan benjol sana sini tonjolan dari makaroninya..hihi..Jadi bisa tetep cantik untuk suguhan atau snack ringan sebelum berbuka puasa. Selamat mencoba ya teman2..^^
Resep Bitterbalen Makaroni Ayam Keju

Bahan-bahan:
2 sendok makan margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
150  gram dagingayam bagian dada, cincang
30 gram tepung terigu protein sedang
175 ml susu cair
100 gram makaroni pipa, direbus
50 gram wortel, dipotong dadu, direbus matang
3/4 sendok teh garam / kaldu bubuk rasa ayam secukupnya.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
50 gram keju cheddar parut
minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis :
1 butir telur dan 1 sendok makan air, dikocok lepas
100 gram tepung panir halus ( bisa juga yang kasar )

Cara Membuat  :
Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan ayam . Aduk sampai berubah warna.
Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit – sedikit sambil diaduk sampai licin.
Masukkan makaroni pipa, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan keju cheddar parut. Aduk rata. Angkat.
Ambil sedikit adonan. Bentuk bola  bola. Celupkan ke kocokan telur. Gulingkan ke tepung panir.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
Sajikan dengan cabe rawit atau saus sambal.




9 comments :

  1. kalo makaroni nya kerang, apa bisa..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa aja Mba..kan enggak keliatan..ketutup tepung panir..^^

      Delete
  2. Mbak Di, Bitterballen biasa yang ga pakai makaroni ada nggak resepnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai resep ini bisa Mba Yanti..makaroninya di hilangkan..terigunya di tambahin...:)

      Delete
  3. mbak,saya seneng bgt nemuin blog nya,aku udah coba dan jd nya enak,tentunya sama2 lidah njowo :D mbak mau nanya itu yg hijau2nya apaan?seledri bkn?coz di resep ga ada yg hijau2 tp di foto ada hijau2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nita..salam kenal Mba..:)
      Itu sledri yang di cincang Mba..lupa nulis di resep..:)

      Delete
  4. Halo Mbak Diah, salam kenal.
    Saya senang sekali dg.resep2 Mba :) sudah saya coba, tapi waktu dibulatkan sulit merekat (jd lepas2 saat dicelup di telur). Mungkin ada saran? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Endang..salam kenal juga..di bulat2nya pas masih kondisi hangat mba.lebih bisa kempel gitu. Atau bisa juga terigunya di tambah lagi sedkit..:)

      Delete
  5. Mbak untuk tumisan emang tidak pakai bawang putih ya...

    ReplyDelete