Monday, July 15, 2013

Puding Karamel Panggang


Kalau sore di Semarang sekarang sangat dingin..sampai malam juga..sampe menggigil kadang..padahal nggak hujan juga. Mungkin cuacanya yang sedang nggak jelas. Akhirnya nggak berani bikin menu pembuka puasa yang dingin2 dech..jadi beberapa hari ini menu takjilnya hangat terus. Nah..biar nggak bosan..tadi aku bikin Puding Karamel Panggang. Biasanya yang nggak ku sukai dari puding karamel adalah bau telur ya..tapi aku udah nemuin triknya..di tambahin bubuk kayu manis..puding karamel jadi enak..nggak bau telur..plus sedikit tambahin vanili juga...biar tambah harum, hemmm..di makan hangat2..enakk dech..lembut. 

Cuma..tadi aku kelebihan kasih karamelnya..lha jadinya banyak je karamelnya..kalau cuma di pake sesendok per cetakan..mau tak buat apa sisanya..kadang malah lupa nyimpan gitu aku..jadinya kebuang percuma..akhirnya ku tuang aja semua karamel di cetakan..hihi..jadinya pudingnya mandi karamel dech..tuch liat kayak di fotonya..hihi. Nggak pa2 lha ya..kan buat di makan sendiri ini..bukan buat di jual atau di kasih ke orang..jadi biarpun kebanyakan karamel..malah enak..hihi. Memang sich..kalau kita kasih sedikit aja karemelnya, puding karamelnya bisa lebih cantik..bagian karamel tipis yang tadinya di dasar cetakan..ketika di balik..akan berada di atas pudingnya..jadinya cantik..ada lapisan tipis karamelnya gitu pudingnya. kalau aku..pudingnya mandi berendam karamel dah..hihi. Tapi..enak  lho..aku suka aroma karamel dan rasanya..karena jadi nggak terlalu manis malahan..karena karamel kan ada aroma khas ya..aroma gula gosong..di padu puding telur dan maizena yang lembut..pas banget.

Nah buat teman2 yang suka puding karamel panggang..yukk cobain..^^
Puding karamel Panggang

Bahan :
2 butir telur
1/2 sendok makan tepung maizena,  aduk dengan 200 ml air
35 gram gula pasir
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh kayu manis bubuk
1/8 sendok teh vanili bubuk

Bahan Karamel :
100 gram gula pasir
25 ml air

Cara Membuat :
Gosongkan gula pasir di atas panci sampai meleleh dan berubah warna kecoklatan ( karamel ), lalu tuang air, aduk rata..awas jangan sampai gosong tapi ya gulanya..bakalan pahit karamelnya. Tips untuk membuat karamel..liat di sini ya.

Kocok lapas telur, tambahkan gula, kayu manis bubuk, garam dan vanili. Masukkan larutan maizena. Aduk rata. Saring jika perlu.

Siapkan mangkuk2 kecil atau cetakan tahan panas sesuai selera, tuang 1 sendok - 2 sendok makan larutan karamel, lalu tuangi adonan puding karamel di atasnya.

Siapkan loyang yang di oven, tuang air panas secukupnya ( sampai separo tinggi loyang ) Letakkan mangkuk yang berisi puding karamel di loyang yang sudah di isi dengan air panas. Lalu oven selama 50 menit , di suhu 160 C. Tehnik memanggang dengan di beri air di bawahnya ini di sebut tehnik au bain marie.

Balikan karamel di piring saji atau langsung di nikmati di mangkuk. Hias sesuai selera. Bisa dengan whip cream, dll. Aku..pakai fruit coktail aja tadi..^^
Bisa di sajikan hangat atau dingin sesuai selera.


5 comments :

  1. Dear mba. Didi..
    Thanks banget utk resep2nya, smua enak sekali mba, dan sangat membantu saya yg ga bisa masak ini he..he..he.. Skrg jd lumayan bisa gara2 resep2 dr mba Didi.. Krn jelas dan gampang di ikutin, cm utk resep puding caramel ini td saya baru coba kenapa tdk bs keras ya mba, cair terus padahal ukuran uda sama , puding ini kesukaan anak saya. Cm td saya buat kok ga bisa keras apa kurang panas ovennya?
    Saya sangat senang dan cocok dgn resep2 dr mba Didi.. Thanks ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Susilowati..sama2..:)

      Iya..ovennya musti panas ya Mba..dan di letakkan di panggangan paling bawah. Air yang di tuang ke loyang juga di panaskan dahulu..jadi begitu masuk oven itu air dalam keadaan mendidih..oven juga sudah di panaskan..jadi begitu masuk dan selama proses memanggang dgn sistem au brain marie ini..airnya dari awal sudah mendidih..begitu juga selama proses memanggang Mba...:) Smg jelas ya..:)

      Delete
  2. Ohhh sy kmrn buat oven blm panas uda sy mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di coba lagi ya Mba..semangat..:)

      Delete
  3. terima kasih akan resepinya. akan dicubaa

    ReplyDelete