Google Ad

Thursday, October 31, 2013

Lodeh Rebung



Semarang..kota lumpia..kota rebung..hihi. Soalnya di pasar tuch..ada aja rebung..mau rebung segar yang masih mentah..rebung yang sudah di rebus..bahkan..rebung yang sudah di iris2 korek api..buat lumpia..selalu ada di pasar. Begitu juga rebung buat sayur..yang masih muda banget dan di iris tipis2..mudah di jumpai di pasar. Jadi..sampai rumah tinggal di rebus sebentar..siap dech di olah jadi aneka masakan. Rebung enak di buat gule rebung..di oseng..sayur gurih..atau paling sering ya ku buat lodeh begini..karena suami suka banget. Emang..enak dan seger sich..rasa rebung yang kres2 renyah..enak banget di padu bumbu lodeh..apalagi tambahin kacang panjang dan daun so..tambah seger dech. Bumbunya..biar seger di iris aja..plus di kasih sedikit ebi..sedeppp..!
0

Lumpia Semarang dan Sejarahnya..


Lumpia Semarang...sejak belum tinggal di Semarang..udah sering makan dulu..sering di bawain..matan pacar..hihi..alias papinya Yodha..sejak dulu pacaran..dan juga dulu memang pas kerja aku banyak relasi dari Semarang..jadi sering bolak balik Semarang juga urusan kerjaan, jadi sering beli. Nah..sejak itulah aku jatuh cinta pada lumpia Semarang ini. Nah..sejak menikah..dan tinggal di Semarang..jadi semakin suka..dan sering mencoba lumpia Semarang yang sudah punya nama di Semarang. Sampai akhirnya..aku lebih suka buat lumpia Semarang sendiri..yang rasanya bisa benar2 sesuai selera. Soalnya..tuch..kalau beli..kadang ada yang terlalu manis dan neg isinya. 
33

Wednesday, October 30, 2013

Rujakan Yukk..^_^



Tadi ke pasar liat buah2 an seger bertebaran di mana2..jadi pengen rujak..apalagi cuaca masih lumayan panas nich..walau kadang udah turun hujan juga. Jadi dech aku ngemil rujak siang ini. Beli bahan rujak lumayan komplet...aneka buah campur2..nggak sampe 10 ribu, karena di tukang buah tempatku memang tersedia aneka buah yang sudah di kupas khusus untuk rujak..dan kita bisa beli misal sepotong pepaya, nanas..dll..wah..lha kok jadinya banyak ternyata..ya sudah..sebagian di simpan di kulkas saja..siapa tahu nanti sore suami mau..kalau nggak mau ya di buat rujak serut aja..hihi..kan bisa jadi rujak baru buat besok. Kalau rujak serut kan tahan beberapa hari di kulkas. 
14

Tahu Kukus Campur Campur



Sering banget aku masak tahu..di bolak balik..di campur macam2..dari ayam..udang..daging..sayuran..dll..di bentuk aneka rupa..jadi tahu sakura..tahu cup..jadi nugget tahu..dll...hihi..padahal aslinya ya cuma olahan tahu aja..tapi udah jadi menu yang beda gitu. Yapp..aku memang suka tahu..lauk mur mer ini bisa di olah jadi beragam menu, baik masakan atau cemilan. Mungkin di blog ku nich udah banyak banget resep olahan tahunya teman2..^^
9

Tuesday, October 29, 2013

Sambel Pencit ( Mangga Muda )


Udah lama penasaran bikin sambal mangga yang enak. Dulu pernah di kasih temen..sambel mangga..tapi masih terasa asam banget gitu, jadi kurang suka. Nah..beberapa waktu lalu makan sambal mangga yang enak di salah satu resto bebek..akhirnya..jadi pengen coba sendiri bikin sambel mangga yang enak. Akhirnya Minggu kemaren ke lapangan tenis milik Eyangnya Yodha..yang banyak kebun mangganya di sekitar lapangannya dan lagi banyak buahnya. Eh..tapi ternyata telat..udah banyak yang di *tebasin* ( di jual ke tengkulak ketika masih muda di pohon..)..Untung masih ada beberapa mangga harum manis mengkalnya di pohon..jadi bisa minta dech. Mangga muda yang enak di buat sambel mangga adalah mangga harum manis kayak gini..karena ada rasa asam segar ketika masih mengkal.Wah..jadi inget pohon mangga harum manisku di samping rumah..dulu kalau musim gini..buahnya lebat banget..sayangnya udah di tebang dech..sekarang baru nyesel..beli mangga aja mahal..hihi.
15

Monday, October 28, 2013

Cetakan Cendol



Tadi pagi aku ke TBK langganan deket rumah..biasa buat beli persediaan bahan2 kue di rumah..walau cuma sekedar tepung margarin dll..musti ada di rumah..jadi sewaktu2 mau bikin sesuatu udah ada bahan. Eh pas lagi iseng liat2 *penghuni baru*..di toko..alias barang2 baru..mataku tertuju pada cetakan cendol dari plastik. Wah..ini dia yang ku cari2..karena cetakan cendol ku yang lama..tertimbun di gudang..hihi..males bongkar2. Akhirnya aku tanya ke mas penjaganya..apa bener ini cetakan cendol..ternyata bener..dan belinya udah satu paket sama tepung cendol instan merk tertentu. Aku nggak tertarik sich..sama tepung cendolnya..dari dulu udah sering liat..cuma karena ini di jual jadi satu paket sama cetakan cendolnya..ya tetep..aku beli..^_^
19

Keripik Paru



Olahan paru yang aku bisa makan hanya keripik paru. Jika di masak..suami aja yang suka...Yodha juga nggak suka. Akhirnya kemaren pas punya paru aku coba bikin keripik renyah aja..kayak kalau beli gitu...akhirnyaYodha mau makan paru. Keripik paru memang gurih dan enak rasanya. Alhamdulillah punya alternatif lain lauk kering untuk Yodha.
3

Sunday, October 27, 2013

Makan Nasi Liwet Enak..Nggak Harus Ke Solo..^_^


Pengen makan nasi liwet..nggak harus ke Solo dong..di dekat rumahku juga ada yang enak, yaitu nasi liwet Mba Karno..eh..apa Mbah Marno ya..maaf lupa ya Mbah..hihi. Yang jelas aku sering beli nasi liwetnya Mbah kok..karena Yodha dan Papinya juga suka. Warung nasi liwet Simbah ini memang sederhana saja..nggak perlu warung khusus atau meja kursi..cukup gelar tikar saja di bawah pohon..hihi..di pinggir jalan depan toko buku Merdeka..deketnya Sarinah Banyumanik. Kalau dari arah Semarang bawah tuch..masuk dari Pizza Hut Sukun itu..terus ikutin aja jalan sampai Jati Raya masih lurus lagi sampai ke Sarinah. Biarpun apa adanya warungnya...tapi rasanya enak kok nasi liwetnya..nggak kalah sama aslinya yang di Solo. Katanya sich simbah yang jual ini juga aslinya dari Solo emang.

12

Saturday, October 26, 2013

Tips Membuat Nasi Goreng yang Enak



Happy weekend teman2..hari ini libur masak yach..soalnya mau nganterin Yodha lomba bahasa Inggris..di Bina Bangsa School..ntar jam 10 an..abis itu sekalian jalan dech ke Semarang bawah..karena yodha nagih minta mainan baru..soalnya kemaren mid tesnya nilainya bagus2..banyak nilai 100 nya..hihi. Alhamdulillah..Kakak nich semakin besar semakin bertanggung jawab..kemaren aku test aja..pas mid nich belajar sendiri...nggak perlu di paksa2 belajar pun..dia dengan semangat belajar dan kadang walaupun belajar cuma sekali..nilainya alhamdulillah dapetnya 100 atau paling sedikit cuma salah satu..dapet 97...atau 95 gitu.. tapi emang beneran sich..sekolah Yodha tuch sistem pengajarannya bagus..jadi anak2 tuch belajar dengan enjoy dan seneng aja..nggak perlu di paksa2 belajar. Nggak ada stress sama sekali lho Yodha tuch mau mid tes..final tes dll..tetep belajar juga cuma baca sekali..terus nonton kartun kayak biasa..tapi alhamdulillah yang bagus terus nilainya.Kalau Sabtu gini nich..gaya banget dia..wah..libur lagi..padahal..aku seneng masuk sekolah Mi..katanya..hah..??..Kalau anak2 lain kan suka libur tho Kak?..terus dia bilang..sekolah itu menyenangkan kok Mi..hihi..o alah..gitu ya Kak..ya udah dech..sana masuk....aku bilang gitu..dia ngekek aja.. Emang nggak nyesel dech masukin dia ke SD Semesta..^_^..
20

Friday, October 25, 2013

Sumpia Udang



Sumpia udang..atau sumpia isi abon  udang kering ( ebi ) adalah snack kering favoritku dari kecil. Rasanya enak sekali ..gurih..renyah..agak manis isinya dan aroma abon ebinya yang gurih selalu menggoda buat di habisin setoples..hihi. Tapi akhir2 ini kalau aku beli sumpia ebi kok beda ya rasanya..dari yang sering aku makan dulu..kadang ada yang isinya kurang enak..atau kulitnya yang keras. Aslinya sumpia ini menggunakan kulit lumpia ya..jadi rasanya renyah..empuk dan kres2 gitu...cuma sekarang kayaknya kebanyakan yang di jual itu bukan dari kulit lumpia..tapi dari adonan terigu biasa yang di tipiskan kayak kulit pangsit gitu. 
11

Nasi Ruwet



Nasi ruwet..udah pernah denger teman2..?..Lucu ya namanya..ruwet..dalam bahasa Jawa artinya ..kacau..di sebut nasi ruwet mungkin karena kacau penampilannya dan komposisi bahannya..hihi. Memang kacau sich..nasi..di campur mie..terus di masak jadi satu..bisa di goreng atau di rebus. Aku bikin nasi ruwet goreng buat sarapan Yodha pagi ini...dan   dia suka sekali..ya maklum..lha dia kan nasi goreng dan mie goreng suka semua..jadi di gabung jadi satu..oke2 aja buat dia. Jadi..intinya nasi ruwet goreng adalah mie goreng..di kombinasikan dengan nasi goreng..hihi..penjelasan ruwet juga nggak teman2..semoga jelas ya..^_^

12

Thursday, October 24, 2013

Kurma Coklat


Kemaren suami lembur..sampai malam..ternyata ada tamu dari negara Aljazair, salah satu negara yang kaya minyak..^_^.  Selain di kantor suami memang aktif membantu  di Kadin ( kamar dagang ) Jateng. Kemaren ada tamu dari Kadin dan pejabat pemerintahan Aljazair yang mengadakan kunjungan dan kerjasama dengan Kadin Jateng. Eh..pulangnya alhamdulillah dapat oleh2 kurma. Katanya sich ini the best kurma dari negara Aljahair dan sudah biasa di ekpor ke Eropa. Aku sebenernya nggak terlalu suka kurma sich..doyan dikit2..tapi nggak sampe suka banget gitu...tapi pas nyicip memang enak rasanya..empuk..lembut...nggak terlalu manis..rasa manisnya alami dari buahnya..beda banget sama kurma yang di jual di sini.
24

Wednesday, October 23, 2013

Lontong Tahu Gimbal Udang




Lontong tahu gimbal ala Kudus...ini beda versi ya sama tahu gimbal Semarang. Kalau tahu gimbal Semarang bumbunya pakai petis..kalau ini nggak, bumbunya mirip bumbu kupat tahu Magelang..yang pakai kacang dan berkuah encer segar. 

Pengennya sich bikin lontong tahu gimbal ala Kudus gitu..cuma cari2 resep kok nggak nemu ya..gara2 pas ke Kudus beberapa waktu lalau penasaran pengen nyicip lotong tahu gimbalnya..tapi waktu itu udah kenyang makan soto..jadi belum sempat terlaksana. Akhirnya ya di kira2 sendiri aja..kayaknya sich kayak tahu kupat biasa bumbunya..cuma di tambahin gimbal udang..dan pakainya lontong...jadi dech...lontong tahu gimbal. Buat teman2 yag dari Kudus..jika tau menu ini..tolong di koreksi ya..udah mirip belum ya resepnya..hihi. Tapi yang jelas..rasanya enak..seger...ya kayak tahu kupat Magelang gitu..cuma pakai lontong..jadi lebih lembut..dan lebih enak lagi..karena ada gimbal udang yang gurih...cocok banget dech di padu kuah kacang yang seger.
Lontong Tahu Gimbal Udang
( Untuk 2 porsi )

Gimbal Udang :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras / sagu 20 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 1 siung
Ketumbar sdkt saja
Bumbu kaldu ayam..1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Air 100 - 150 ml ( secukupnya )
Aduk adonan gimbal dengan bumbu halus dan air, goreng dgn cara di tipiskan di wajan sampai kering. Sisihkan

Bahan Pelengkap :
2 buah lontong, potong2
4 buah tahu putih, goreng, potong kotak
3 lembar kol, iris halus
50 gram taoge panjang, rendam air panas
Seledri & bawang goreng untuk taburan

Bumbu Kacang :
3 buah cabai rawit  merah
50 gram kacang tanah goreng, ulek kasar
2 buah bawang putih
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan
Kecap manis 4 sendok makan ( secukupnya )
Air matang panas secukupnya

Cara Membuat :
Ulek cabai rawit, bawang putih, daun jeruk dan garam
Beri kacang tanah dan gula merah, serta kecap , dan air panas. 
Aduk rata.
Tata lontong, kol, taoge, tahu putih, daun sledri dan bawang goreng serta gimbal udang yang sudah di iris2 di piring saji. Tuangi kuah kacang.





8

Es Sari Asam Jawa



Pagi2 posting minuman..hihi..nggak pa2 ya teman2..soalnya takut lupa ..buatnya sich kemaren. Sari asam Jawa..terbuat dari bauh asam..yang di lumatkan dan di campur gula dan di rebus hingga mendidih. Rasanya asam segar , bisa di minum dingin dengan es batu atau hangat.


Asam Jawa termasuk bumbu dapur wajib di Jawa..tapi asam ini juga bisa untuk minuman dan jamu...salah satunya jamu kunyit asam. Nah..selain itu asam Jawa ini enak juga untuk di buat sari asam. Udah ada juga lho..minuman kemasan sari asam.di pasaran..kayak merk ultra..dll. Tapi daripada beli kemasan..yukk bikin sendiri teman2...lebih sehat dan fresh kan. Bahannya juga murah meriah...banyak tersedia di pasar tradisional. Pilih buah asam yang udah matang dan segar ya jika mau bikin sari asam ini..biasanya di jual udah dalam bentuk kupasan. 

Sari asam ini juga bisa di jadikan sebagai bahan kombinasi minuman lain..misal punch sari asam...aku pernah minum ini sebagai welcome drink di salah satu hotel di Yogya gitu..sari asam di tambah soda..rasanya enak juga lho..seger banget. Tapi untukku sich lebih suka sari asam murni..lebih sehat. Asam Jawa ini juga banyak mengadung vitamin dan mineral lho teman2..dan juga berguna buat kesehatan..antara lain untuk obat batuk..obat demam..sariawan..dan lain. Tapi yang jelas..di dapur sangat bermanfaaat dech..buat sayur asam..kuah cuko..dan aneka bumbu masakan lain..jadi asam Jawa ini wajib ada dech di dapur. Nah..kalau lagi musim..tidak ada salahnya memanfaatkan asam jawa yang melimpah dan murah sebagi minuman yang menyegarkan. Selain itu bisa di buat jadi permen juga lho..hemm..jadi inget permen asam jadul..yang di balut gula pasir itu..kapan2 coba buat juga ahh..^_^
Minuman Sari Asam Jawa

Bahan :
Asam Jawa kupas segar 250 gram
200 gram gula pasir
100 gram gula merah
Air 2000 ml

Cara Membuat:
Rebus air dan asam hingga mendidih..biarkan dingin dan asam melunak. Lalu remas2 hingga tertinggal biji asamnya. Saring sari buah asam. 
Campur dengan semua gula..lalu rebus kembali hingga mendidih.
Dinginkan
Sajikan dingin dengan es batu..atau hangat dengan di tambah air panas.
 
 


7

Tuesday, October 22, 2013

Pastel Kering Renyah


Pastel kering..aku pengen bikin cemilan ini..gara2 beli ..kok sekarang kurang enak rasanya ya..beda sama jaman kecil dulu. Apa karena sekarang seneng apa2 bikin sendiri ya..jadi kurang puas aja gitu rasanya..kalau beli snack kering kayak gini..yang di pasaran. Aku coba beli dari beberapa supermarket..toko snack grosiran..rasanya kurang oke..kadang keras..atau nggak renyah. 
34

Monday, October 21, 2013

Udang Goreng Tepung Asam Manis



Kalau lagi malas ngolah udang jadi macam2 hidangan..cara termudah dan tetep enak adalah di goreng tepung saja. Aku suka segala macam udang tepung..dari yang di goreng tepung renyah..atau pakai panir..atau yang di balut adonan tepung kental seperti ini. Semua enak dan gurih. Kunci menggoreng udang adalah jangan terlalu lama supaya tidak jadi alot..jadi jika di goreng tepung dengan adonan basah seperti ini..aku suka ku campur sedikit tepung tapioka dan tepung beras..supaya cepat kering tepungnya..jadi udangnya tetep pas matengnya dan masih terasa manis.
11

Sunday, October 20, 2013

Keripik Tempe Renyah



Alhamdulillah udah mulai rajin lagi nich bikin2 cemilan teman2..tadi pagi2 udah ke pasar..dan pengen bikin keripik tempe. Yodha dan Papinya..suka keripik tempe sagu yang dulu aku bawa dari Yogya..cuma kan mau bikin sendiri kan nggak da bahan tempe sagunya. Ya udah..bikin keripik tempe biasa aja..sama enak dan renyah kok..dan lebih terasa tempe..hihi. Yodha suka sekali..kata Yodha yummy, gurih dan crispi keripiknya....hihi..nich dia komen di samping komputer nich..^_^ Yodha memang exited kalau di tanya soal makanan yang ku masak..nggak di tanya aja..kalau suka..langsung dech kasih jempol..
5

Saturday, October 19, 2013

Es Sari Kacang Hijau


Hemm...kayaknya bakalan sering posting aneka minuman nich teman2..bener2 udara panas banget ya..pengennya minum aja..terus..yang seger2..males makan. Kayak hari ini nich..tadi pagi pada males sarapan..cuma minum milo..terus jam 11 an abis nganter Yodha les tambahan beli pecel..terus..udah males makan siang lagi dech..hihi. Akhirnya belum masak..cuma bikin minuman aja. 
40

Es Kolak Cendol Ubi Ungu


Udara bener2  panas akhir2 ini ya teman2..jadinya pengen yang seger2 terus dech. Iseng kemaren aku bikin es kolak..tapi isinya ubi ungu yang aku haluskan dan ku campur dengan sedikit tepung tapioka..jadi kayak bji salak gitu..tapi aku bentuk kayak cendol..^_^..jadinya di kasih nama kolak cendol ubi ungu aja dech.
8

Friday, October 18, 2013

Sambel Goreng Ati, Kapri & Kentang


Masih dalam rangka ngabisin stock daging kurban kemaren teman2..soalnya..kalau di simpan lama2 di freezer kok kurang enak menurutku..karena aku terbiasa beli daging segar di pasar...jadi harus cepat2 di masak. Kemaren dapat kiriman hati sapi lumayan banyak juga dari mertua. Sebagian udah aku bikin semur buat Yodha..nah sisanya di buat sambel goreng aja..favorit suami. Sambel goreng ati ini seperti sambel goreng lainnya bumbunya. Tapi paling enak memang di buat dengan sedikit kuah saja..jadi nyemek2 gitu, sehingga bumbunya merasuk dan lebih terasa. 
6

Nugget Ikan Tenggiri



Olahan ikan..sekarang ini sudah banyak yang di jual dalam bentuk frozen food ya teman2..seperti nugget..fish finger dll. Pada dasarnya bahannya adalah ikan..yang di olah seperti nugget ayam dll. Namun harganya cukup mahal ya..di pasaran...jika kita beli aneka olahan seafood kemasan tersebut. Udah gitu ..ikan yang di gunakan bukan ikan tenggiri, kebanyakan adalah ikan kakap atau surimi. Nah..akan lebih hemat dan enak..kalau kita buat sendiri kan di rumah..aneka seafood olahan tersebut. Tentu saja fresh..bebas bahan pengawet..dan tanpa penyedap ya..jika yang nggak suka penyedap. Yukk bikin sendiri di rumah..nugget ikan..mudah kok.
13

Thursday, October 17, 2013

Crepe Pastel Isi Unti Kelapa & Nangka


Crepe ini sama aja sich kayak dadar gulung adonannya..cuma di tambah ragi..jadi ada aroma asam ragi yang mebuat tambah enak kulitnya. Selain itu kulitnya nggak di gulung..tapi di cetak menggunakan cetakan pastel..jadi lucu kan bentuknya teman2. Buat snack arisan..lucu juga kan..pasti banyak yang penasaran..kayak apa rasanya..^_^

0

Sarang Burung Krispi Ubi Ungu


Ubi ungu..suka banget..selalu iseng dan penasaran..mencoba berbagai resep dari ubi ungu. Ketika ke pasar juga..liat ubi ungu yang bagus2..pasti dech di beli..walaupun belum punya ide mau di buat apa. Kayak kemaren ke Pasar nemu ubi ungu bagus2..langsung di angkut dech. Nah..tadi belum kepikiran mau buat apa..ya udah aku kukus dulu..ide belakangan..jika kepepet ya di makan rebus gitu aja aku juga suka. 
Akhirnya setelah mikir2..pengen coba ubi ungu stick lagi kayak yang ku buat dulu..soalnya yang dulu belum puas hasilnya..masih agak keras..nggak empuk seperti yang ku inginkan. Akhirnya aku coba tadi bikin lagi dengan tepung ketan..bukan tepung terigu...dan memang bener sich..hasilnya lebih empuk..renyah ke mremes..dan rasanya juga lebih legit. 
0

Wednesday, October 16, 2013

Empal Gepuk


Masak apa hari ini teman2..?..Pasti masih yang berdaging2 ya..nah..aku mau kasih ide untuk memasak daging nich..yang mudah dan enak..yaitu Empal Gepuk, masakan daging khas Bandung. Sesuai namanya..ini adalah sejenis empal..namun yang jadi ciri khasnya adalah proses pembuatannya yang di gepuk...atau di pukul2 hingga daging memar, tapi tidak hancur setelah daging di rebus. Kemudian daging yang sudah di gepuk itu di ungkep lagi dengan bumbu2 sampai bumbu merasuk dan kemudian di goreng sebentar di minyak panas.
24

Outbound @ Taman Kelinci Salatiga


Libur kemaren sebenernya lumayan panjang ya teman2..bisa keluar kota ..liburan..jalan2..tapi karena kecapekan akhirnya lebih banyak di rumah. Setelah sholat Ied kemaren..baru dech sempat jalan2 bentar..kasihan juga Yodha..kalau di rumah terus liburan. Akhirnya setelah rada bingung mau jalan kemana..karena waktunya juga udah nggak sempat kalau mau pergi jauh..akhirnya ya muter2 aja kemaren sich ke Salatiga lagi. Soalnya..di Semarang udah jenuh juga..paling2 ke Mall..resto..nggak ada tempat wisata buat anak2 memang di Semarang..cuma ada Wonderia pun udah sering ke sana Yodha..jadinya ya lebih enak dech liat2 pemandangan alam di luar Semarang..salah satunya ke Salatiga ini. 
0

Tuesday, October 15, 2013

Bajigur


Baru bisa online lagi nich teman2..alhamdulillah...udah semangat lagi nulis..kemaren tuch kecapekan acara pernikahan ponakan..jadinya seharian cuma pengen leyeh leyeh sambil nonton dra kor..jadilah satu drama selesai sampai full episode..hihi..Alice in Cheongdamdong, karena ceritanya seru...udah dech..bablas nonton dari pagi ampe malem..hihi. Dari pagi jajan aja beli sup ayam...siang masak mie instan..sore baru sempat masak yang praktis dan bikin bajigur. Hari ini nggak sempat masak juga pagi..Yodha pengen renang ..ya udah ke luar jalan2..sore ini baru masak empal gepuk.Teman2 pada lagi masak apa nich daging kurbannya?

8

Sunday, October 13, 2013

Sambel Tomat Ikan Pindang & Lodeh Terong





Pa kabar teman2..wah kangen dech..hihi..lebay padahal baru dua tiga hari nggak nengok blog..serasa lama banget ..akhirnya selesai juga urusan pernikahan ponakan di sini..jadi bisa back..nulis ..dan masak lagi..^_^. Acara pernikahan memang melelahkan ya teman2..apalagi kalau di adakan di rumah..bisa 3 hari 3 malam...tapi sudah menjadi suatu tradisi..apalagi di Jawa nich....dan puncak capeknya udah kemaren..berdiri seharian dengan berkebaya...hihi..baru seharian ya..apalagi kayak putri2 kerajaan jaman dulu ..pegel pasti ya.tiap hari kebayaan..makanya langsing2..karena sesek kan..badan....berkebaya, dan nggak bisa makan banyak2..hihi...*alah..malah bahas kebaya ya..*
9

Thursday, October 10, 2013

Pepes Ikan Pindang & Kelapa


Pepes..menu sehat ..karena di kukus..dan nggak pake minyak..cucok buat diet..^_^ Macam2 bahan makanan bisa di pepes sebenernya..tapi sering yang kita jumpai adalah pepes ikan ya teman2. Aku suka pepes2 an gini...karena rasanya yang enak..jadi bisa makan sehat dan enak..wah benar2..salut dech buat pecipta makanan ini dulu..^_^. Makan pepes ini menurutku tetep makan enak..soalnya..berbumbu kuat juga dan pedas..seperti masakan khas Indonesia lain..dan karena lebih sehat..bisa makan sering2 dech tanpa khawatir kolesterol dll. Dari berbagai jenis ikan..aku paling suka pepes ikan pindang..karena ikannya sendiri udah gurih ya..jadi jika di buat pepes tambah enak rasanya.
17

Wednesday, October 9, 2013

Tips Membuat Kering Tempe



Kering tempe..masakan sehari2 ya teman2. Sangat mudah membuatnya..dan aku yakin udah di luar kepala ya kita kalau buat kering tempe ini. Tapi karena ada teman yang nanya via email..tentang cara buat kering tempe yang enak..baiklah..aku tulis aja sedikit tips2nya ya..mungkin berguna buat teman2 lain juga..yang baru belajar masak..agar bisa membuat kering tempe yang enak..renyah dan awet kriuknya.
27

Putu Ayu Gula Merah



Lama nggak buat putu ayu gula merah. Tadi iseng liat bahan2 kue masih banyak di dapur, mau buat cake atau sejenisnya takut ndak ada yang makan..ya udah iseng buat putu ayu aja..mumpung tadi ke pasar beli kelapa parut panjang..buat urap. Kalau putu ayu gini kan nggak pakai banyak telur..jadi lebih sehat..dan gulanya juga pakai gula merah..jadi suami masih mau dech kalau kue begini.
23

Tuesday, October 8, 2013

Ayam Pejantan


Sering dalam resep2 masakan ayam..aku lebih sering pakai ayam pejantan daripada ayam broiler biasa. Maunya sich ayam kampung tulen gitu..tapi kok mahal bener..hihi..jadi di ganti aja ke grade di bawahnya..yakni ayam pejantan ini. Nah..jadi dech pengen nulis tentang ayam pejantan ini.Cari info sana sini..intinya..ayam ini memang lebih baik daripada ayam pedaging biasa. Dulu aku taunya sich..biar enak aja..karena rasanya mirip2 ayam kampung. Jadi nambah ilmu dech..aku share di sini aja ya..semoga bermanfaat juga buat teman2.
27

Crepe Coklat


Crepe..sama aja kayak dadar gulung kayaknya ya..cuma kalau crepe ini..cairannya memakai susu..sedangkan kalau dadar gulung..selain pakai susu, kadang bisa juga pakai santan. Crepe..itu pada dasarnya pancake..tapi yang lebih tipis dan tidak mengembang. Kalau dadar gulung tradisional..kita biasanya di buat berlubang2 kulitnya..kalau crepe ini halus dan rata permukaan kulitnya.
60

Monday, October 7, 2013

Tahu Susur



Tahu susur...adalah sebutan tahu isi kalau di Yogya..kenapa di sebut tahu susur..karena tahunya kayak pake susur..hihi. Susur adalah tembakau yang di selipkan di mulut nenek2 yang jaman dulu suka nginang atau nyirih. Jadi gorengan dari tahu yang di selipin sayur ini di sebut tahu susur. Tahu susur sedikit berbeda dengan tahu pong isi. Kalau tahu pong isi..memakai tahu pong / tahu goreng kering..kalau tahu susur ini memakai tahu putih yang di belah jadi dua..lalu di isi tumisan sayuran..lalu di celup adonan pencelup, kemudian di goreng.
0

Serunya Drama Korea : 7 th Grade Civil Servant dan..Resep Siomay ala Abang Abang..( Nggak Nyambung Blass..hihi )


Kemaren..adalah hari malas sedunia buatku..hihi. Seharian nggak masak atau ke mana2..cuma nonton drama Korea aja..gara2 ceritanya bagus..jadi penasaran..akhirnya nonton sampai akhir 20 episode..walaupun..akhirnya  ko juga di episode ke 15..karena udah malem..di cepetin..hihi..yang penting tau endingnya...happy ending..leganya..jadi bisa tidur nyenyak..hihi. Untung Minggu kemaren suami ada kerjaan sich kemaren di luar..Yodha juga asyik nonton Disney channel..terus tidur setengah hari..dan untung juga masih ada siomay yang aku buat Sabtu kemaren buat makan..hihi..tinggal di panasin. Ini nich siomay bekal ku jalan2 ke Korea kemaren..hihihi..lewat drama tapi..


Drama Korea baru produksi 2013 yang aku tonton ini judulnya 7 th Grade Civil Servant…keren abis…lucu..beneran..walaupun genrenya action dan berlatar belakang cerita dari dunia intelegent, tapi benar2 tidak membosankan. Malah penasaran untuk nonton terus, makanya betah dech seharian..hihi. Aku suka drama  Korea tentang agent gini..sejak nonton City hunter..dulu sich kurang suka..kayak Iris..dll yang action gitu..karena terlalu serius ceritanya..tapi sejak nonton City hunter yang ada romance nya..jadi suka dech cerita action dari Drama Korea. Dan..setelah nonton 7 th Grade Civil servent ini..semakin suka..karena benar2 menghibur..nggak cuma action..tapi juga lucu banget…dan romantis. Rekomended dech buat di tonton. Drama ini produksinya sekitar..awal 2013 kemaren. 

18

Saturday, October 5, 2013

Bakso Kampung Ala Yogya


Malam..happy weekend teman2..^_^. Wah..baru sempat online nich teman2..seharian sibuk muter..ke sana kemari..hihi. Biasa ..kalau keluyuran pas weekend..karena minggu kemaren..suami lagi drop..jadi nggak sempat jalan2..jadi..Minggu ini gantinya.Walaupun sebelum jalan2..muter dulu ikut suami kerja..hihi. Di samping kerja kantoran suami juga banyak kerjaan luar..di Kadin DIY..membina ukm ( usaha kecil )..dll..jadi Sabtu Minggu kadang masih sempat kerja dech..jadi ikut aja..sekalian liat liat dan belajar juga..bisnis ukm macam2..kayak tadi kita ke tempat usaha re packing aneka snack yang lumayan besar dan sukses di Semarang...nanti aku ulas di postingan lain dech..produk2nya. Selain itu juga ke tempat usaha orang asing yang ada di Semarang temen suami juga..jadi sekalian ngajarin Yodha berinteraksi dengan orang asing..hihi. Dari kecil emang Yodha udah sering ikut kerja..gitu kalau weekend..jadi buat dia sich asyik2 aja..nggak rewel..kadang malah usilnya yang kumat..walau ke pabrik2 gitu ya enjoy aja dia..kayak jalan2. Yapp..semoga bisa memberi pembelajaran juga dari kecil..biar tahu kerjaan papinya..dan tertanam di hatinya..agar mau kerja keras dan tekun kayak papinya..amin2. Walau ujung2nya..nagih juga ke Mall sich..hihi..akhirnya baru sampai rumah magrib dech.
14

Friday, October 4, 2013

*Geblek*...Cemilan Unik Dari Singkong


Geblek...sepintas nama makanan ini kayak sejenis kata umpatan ya..hihi..tapi bukan kok teman2..ini adalah nama makanan yang terbuat dari singkong..dan berasal dari Jawa Tengah. Ada beberapa daerah yang terkenal dengan makanan geblek ini..yaitu Purworejo..Gombong dan juga Wonosobo. Udah lama aku pengen bikin geblek..tapi kalau liat resep di internet itu tidak ada yang jelas cara buatnya. Akhirnya aku merayu Mba Tri Yunianti..temen Fb ku yang pinter bikin jajanan ini untuk membuat ulang secara detail step by stepnya. Makasih ya Mba Tri..akhirnya aku bisa bikin geblek berkat dirimu...hihi. Mau nyoba sendiri maju mundur dari dulu. Dan akhirnya..taraa...aku berhasil bikin geblek. Mba Tri sendiri bukan orang Jawa Tengah lho..tapi dari Lampung..tapi tetangganya di Lampung sana dulu ada yang jual geblek ini juga dan Mba Tri sering liat dan bantu cara buatnya. Masuk akal juga sich..kan banyak  orang Jawa juga tinggal di Lampung ya Mba Tri..hihi..*ngarang*. Wis..dari manapun sumbernya yang penting resep dari Mba Tri ini langsung dari penjual geblek juga.
32

Pengen Berkebun...^_^..


Setelah mendengar cerita Mba Esti..bahwa di rumahnya di Purwokerto sana nanem berbagai macam sayuran..kok aku jadi pengen ya..punya rumah gitu..hihi. Rumah yang di sampingnya punya lahan gitu buat nanem2 sayur dll...jadi apa2 fresh tinggal metik..^_^. Apalagi kalau liat acara Martin Yan the Hidden China itu..liat banyak daerah2 tersembunyi di China yang indah..yang masyarakatnya cuma hidup mengandalkan alam...segala kebutuhan tinggal nanem..protein hewani memelihara sendiri..dan orang2nya sehat..awet muda..panjang umur..ada yang nenek2 umur hampir 100 tahu masih sehat dan lincah karena ya itu terbiasa hidup dari alam dan apa yang ada di sekitar aja. 
19

Thursday, October 3, 2013

Babat Iso Goreng


Babat iso goreng..di Jawa..sering kita temui di warung2 makan yang menyediakan masakan Jawa. Kalau di Semarang..di warung yang jual gudeg Semarangan atau warung pecel..pasti ada lauk babat iso goreng ini. Semarang emang banyak olahan babat iso, di antaranya babat gongso dan nasi goreng babat yang sudah terkenal sebagai icon kuliner Semarang. Rasa babat iso yang enak..unik dan khas..membuat babat iso ini banyak di sukai. Sebelum di goreng babat iso ini di ungkep terlebih dahulu dengan bumbu2 dan di masak sampai empuk..itulah mengapa..kadang aku lebih suka beli matang babat iso gini..praktis..karena merebusnya lama . tapi..kadang2 kalau beli..suka kurang sesuai rasanya..kadang ada yang tawar nggak berbumbu..ada juga yang asin..jadi..kalau mau lebih mantap rasanya..ya harus bikin sendiri.
15

Peterseli..Daun Cantik Yang Kaya Manfaat




Teman2..udah  tahu daun cantik ini kan?..Yapp..daun peterseli..secantik namanya ya..hihi. Daun ini memang fungsinya biasanya cuma untuk mempercantik hidangan..hihi..kalau buatku sich..buat hiasan penyajian makanan aja..jadi sering ada di kulkasku. Karena harganya tidak terlalu mahal..dan jika di gunakan untuk hiasan makanan..udah beda gitu presentasinya..jadi lebih menarik aja gitu. 
8

Wednesday, October 2, 2013

Resep Doclang Khas Bogor


Doclang..mungkin buat sebagian orang masih asing ya dengan nama masakan khas Bogor ini..termasuk aku..hihi. Aku tau doclang...ya gara2 pengen masak sesuatu yang menggunakan jeruk limau..iseng browsing nemu doclang ini. Hemm..karena tertarik gimana rasanya..maka aku bikin doclang ini..soalnya bahan2nya ada semua di dapur..dan yang jelas..pakai jeruk limau ..hihi..soalnya  jeruk limau udah pada tua2 nich..sayang aja..kalau berjatuhan nggak kepake..buah jeruk limau di pohon belakang rumah. Akhirnya menunya ya seputar salad Indonesia..kayak doclang ini ..hihi.
29

Lumpia Panggang


Pengen makan lumpia..tapi yang lebih sehat..akhirnya bikin lumpia panggang aja. Paling tidak kan mengurangi pemakaian minyak..^_^. Lumpia ini lumpia Semarang isi rebung..kayak yang biasa aku bikin..cuma kulit lumpianya aku buat sendiri..karena memang untuk di panggang. Kalau yang mau di goreng..pakai kulit lumpia siap pakai yang tipis2 gitu oke oke aja.
4

Manfaat Jeruk Nipis Di Dapur


Jeruk nipis..jeruk yang pasti ada ya di dapur kita teman2. Jeruk nipis ini manfaat secara umum banyak ya..untuk kesehatan..dan sudah banyak di ulas di internet..ya. Nah..kali ini aku akan ulas saja manfaat jeruk nipis di dapur aja..hihi. Jeruk nipis ini ..identik memang dengan aneka resep masakan dan minuman Indonesia ya..kalau di luar sono kan jeruk lemon lah yang banyak di pakai di dapur..kalau di Indonesia..ya si jeruk nipis ini. Jadi..ya mau aku ulas..manfaat jeruk nipis..yang berhubungan dengan makanan dan minuman serta fungsinya khusus di dapur aja ya..^_^
5

Tuesday, October 1, 2013

Mie Kopyok Semarang



Semangkuk Mie Kopyok ..seger di nikmati siang2 yang panas..^_^. Mie Kopyok ini adalah salah satu olahan mie khas Semarang..mungkin di Bandung juga ada ya yang sejenis mie kopyok ini..tapi pasti berbeda dengan mie kopyok ala Semarangan ini. Mie Kopyok Semarang ini ada yang nyebut juga mie kere..hihi. Mungkin karena mie ini sangat sederhana..tanpa tambahan daging ataupun kaldu di kuahnya..jadi benar2 minimalis..cuma air..garam..penyedap dan kecap aja kuahnya. 
17

Peyek Bayam


Peyek bayam  atau keripik bayam....memang terbuat dari bayam..hihi. Enak lho teman2..sudah pernah buat belum?. Bayam yang di pakai bayam yang lebar2 dan agak tebal2 ya daunnya. Kalau di Jawa tengah..bayam seperti ini di sebut bayam untuk gudangan. Jangan pakai bayam yang daunnya kecil2 ya..atau bayam sayur..ntar lama kering pas nggorengnya.
23

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel