Google Ad

Tuesday, April 30, 2013

Cara Membuat Keripik Tahu Pong Renyah



Siang ini sebenernya aku mau masak ayam kremes..eh lha kok udah ngungkep ayam..lupa beli tepung beras buat kremesannya ..karena pas habis..ya udah dech..di tunda dulu..nggorengnya besok..jadi di simpan di kulkas dulu sama bumbu ungkepannya..malah tambah meresap kan bumbunya..^^ Akhirnya wis..masak oseng buncis aja sama tetelan..sama bikin lauk lain. 

Eh pas bongkar bongkar kulkas kok nemu tahu pong yang kemaren ku beli dan mau bikin tahu isi..tapi nggak jadi..so..berubah haluan lagi..jadiin keripik tahu renyah aja..enak dan gampang banget bikinnya. Udah pernah makan keripik tahu pong belum teman2 ?...banyak di jual di toko oleh2..atau di supermaraket. Aku tau keripik ini pas di Yogya..banyak yang jual. Tapi..kalau bisa bikin sendiri..ngapain beli ya..lebih murah bikin sendiri..hihi..biasa *Mak Irit. Lha memang bikinnya gampang banget kok..dan rasanya enak sekali..renyah ..gurih..dan nggak mbosenin buat di cemal cemil, dan bergizi kan..karena terbuat dari tahu. Yodha..yang nggak suka tahu aja doyan lho..^^..karena ya emang enak..rasanya renyah seperti kerupuk. Di buat lauk juga enak..jadi..tunggu apa lagi..ayook..di coba ya teman2..^^
Keripik Tahu Pong Renyah

Bahan-bahan :
25 buah tahu kulit bentuk kotak
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok teh garam
125 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung beras

Cara Pengolahan :
  1. Tahu dibelah dua miring, lalu belah dua lagi jadi segitiga kecil dan dikeluarkan isinya.
  2. Campur bahan pelapis jadi satu. Lumuri tahu dengan bahan pelapis.
  3. Goreng dengan minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.      Tenang...nggorengnya cepet banget kok keringnya..ndak kayak goreng rempeyek..^
Tips :
Bagian dalam isi tahu yang di kerok..jangan di buang ya..bisa di campur di telur dadar atau bakwan..jadi nggak buang2 bahan makanan kan..*pesan Mak Irit..hihi*
Kalau mau rasa bawang , tepung pelapisnya bisa di tambahkan bawang putih bubuk secukupnya.
Kalau mau rasa keju..ya tinggal di taburi aja bubuk bumbu tabur rasa keju tuch..banyak di supermarket..^^
12

Menu Sarapan......Favorit Kami...^^



Bunyi berisik..teng..teng..sreng..sreng..adalah bunyi wok ( wajan besi ) yang ku kethok2 tiap pagi..hihi...buat bikin menu sarapan Yodha dan papinya. Lha..mereka tuch maunya sarapan musti yang bau2 wok gitu..alias menu goreng2..tiap pagi..kalau di tanya malamnya ..pagi mau sarapan apa..Yodha mesti jawabannya..mie goreng..nasi goreng..kwetiau goreng..bihun goreng, cap cay goreng dan kawan2..hihi..ya udah akhirnya menu2 itulah yang bergantian buat sarapan kami..jadi setiap jam 5 pagi dapurku udah berisik dan harum bau masakan.Dan karena udah biasa..ya santai aja sich pagi2 masak gitu..nggak buru2 juga..jadi bangun masak sebentar jam 5..jam setengah enam udah mateng buat sarapan ^^...masak kilat dech. Untung rumah tetangga nggak mepet2 jaraknya jadi nggak ganggu suara berisiknya. Lha..kalau masak nasi goreng , mie goreng, dll tuch..paling enak pakai wok , itu tuch wajan besi jadul yang tebal..puas masaknya..karena bisa tanak ( matang sempurna )..sambil atraksi gaya abang2 yang jualan mie thek thek keliling tuch..yang suaranya berisik mukul2 wok pakai *sothil* pas masak..hihi. Tapi biar nggak terlalu eneg dan berat..kadang aku masakin mie dan nasi gorengnya plain aja..nggak komplet pakai daging..udang..bakso dll..kayak kalau beli.



Sebenernya sich..dari awal masuk sekolah udah ku kenalkan sama sarapan yang praktis2 Yodha..kayak susu sama cococrunch..sereal..atau roti tawar..tapi ya itu..cuma bertahan beberapa hari..udah bosan. Papinya juga gitu..sama..bosanan..^^ Walah..memang pada lidah Jawa beneran..sarapan yang musti yang ada rasanya..hihi. Kadang kalau kasian sama aku yang pagi2 udah ribet masak..suami bilang..sarapan omelet atau roti nggak pa2..ya udah..aku suka nyetok roti tawar tuch..banyak..tapi akhirnya nggak kemakan juga..hihi..sampai akhirnya malah di buat jajanan aja roti tawarnya. Ya..akhirnya ya ngikutin aja Yodha mau sarapan apa aku masaknya tiap pagi...papinya ngikut..kalau hari Sabtu dan Minggu..libur dech warung sarapan di rumahku..gantian aku yang manja..minta jajan di luar...biasanya kita makan di Soto langganan yang enak2...bubur ayam , gudeg atau hunting nasi liwet , nasi ayam Semarang..dll..yang unik2 gitu buat variasi karena sehari2 ketemu nasi goreng..mie goreng..dll..



Sarapan buat anak dan suami..bagiku sangat penting ya..karena jadi awal asupan energi buat mereka beraktifitas..kalau aku di rumah ya santai aja..kalau udah bosan sama nasi goreng, mie goreng..dll..paling minum jus aja..atau ngemil2 apa gitu..udah..cukup..kalau laper ya..makan siangnya jam 10 atau jam 11..jadi sarapan sekaligus makan siang..hihi. Itung2 diet lagi..cuma kok ya nggak kurus2 nich..ngemil terus...^^
Nah ini nich kulihatin ya..menu2 sarapan rutin Yodha dan papinya..menu biasa sich..cuma nasi goreng..mie goreng..bihun goreng..dan sejenisnya..tambahannya selang seling aneka sosis goreng..aneka olahan telur..orak arik..omelet..dll..plus jus buah..udah gitu aja menu sarapan kami tiap pagi..^^ Udah pada bisa semua kan masaknya...kalau cuma nasi goreng..mie goreng..dll...jadi aku kasih menu satu aja ya..yang mungkin teman2 suka..yakni kwetiau goreng ..sarapan kami pagi ini..yang rada komplet isinya ..pakai udang dan bakso..soalnya ..kwetiau ..kalu cuma plain kurang enak..beda sama mie goreng atau bihun..yang plain..cuma pakai sayuran aja..cuma bumbunya pakai ebi, biar gurih...jadi ala2 kampung gitu dech  masaknya..malah enak buat sarapan..^^



Yukk..biasakan sarapan..untuk anak dan suami yang beraktifitas di  luar..walau sekedar beberapa suap..itu penting buat mengawali hari mereka..dan biar anak2 nggak jajan sembarangan di sekolah..soalnya kan udah kenyang sarapan dari rumah ^^ ..kalau Yodha sich untungnya nggak ada yang jual jajan aneh2 di sekolah..karena makan siang dan snack dari sekolah langsung..jadi aman dech..orangtua bisa tenang.
Selamat sarapan semua..^^


Kwetiau Udang dan Bakso 
Bahan-bahan :
1 bungkus kwetiau kering , rebus sampai matang


3 siung bawang putih, dicincang halus
2 butir bawang merah, dicincang halus
1 butir telur, dikocok lepas
50 gram udang, dikupas, dikerat punggungnya
5 butir bakso, diris tipis
5 tangkai caisim, dipotong-potong
50 gram taoge
2 sendok teh kecap manis
1 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
2 batang daun bawang, diiris tipis
3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir.
  2. Tambahkan udang dan bakso. Tumis sampai berubah warna. Masukkan caisim dan taoge. Tumis sampai setengah layu.
  3. Masukkan kwetiau. Aduk rata. Tambahkan kecap manis, garam / bumbu kaldu, dan merica bubuk. Aduk rata.
  4. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan sajikan.
Buat Mba Laura yang nanyain resep mie goreng atau cap cay goreng ala kampung via email kemaren...ini ya resepnya . Untuk mie goreng atau bihun..bumbu dan cara buatnya sama sich..cuma beda mienya aja...semoga bermanfaat..^^

Mie Goreng atau Bihun Goreng jawa

Bahan-bahan :

200 gram mi kering telur / bihun beras, direbus, ditiriskan
2 sendok makan kecap manis
1 butir telur, dikocok lepas
50 gram kol, diiris kasar , 1 buah wortel , di potong korek api
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
2 batang daun bawang, diiris miring
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, disangrai
1/2 sendok teh merica butiran
1/2 sendok teh ebi


Cara Pengolahan :
  1. Lumuri mi dengan kecap manis. Aduk rata.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir. Sisihkan di pinggir wajan.
  3. Tambahkan kol .Aduk sampai layu.
  4. Masukkan air kaldu ayam, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk sampai meresap dan sayur matang.
  5. Tambahkan mi. Masak sampai matang. Masukkan daun bawang. Aduk rata.

Cap Cay Goreng kampung

Bahan kekian palsu :
200 gram tepung terigu yang biasa aja, jgn yang protein tinggi ya..nanti alot kekiannya..hehe
250 ml air, atau secukupnya utk bikin adonan,spt adonan bakwan,tp kosong gak pk isi sayuran
Jika mau kekiannya empuk..bisa pakai 1 atau 2 butir telur adonannya. Tapi aku malah suka yang nggak pakai telur..hihi..yang keras..soalnya nanti setelah di masak jadi empuk kok..^^

Bumbu kekian :
1 siung bawang putih
2 sdk teh kaldu bubuk,atau garam & penyedap ( sesuai selera aja )

Pelengkap:
Wortel,potong bulat tipis
Kol/kobis ,potong kasar
Daun bawang 2 btg,potong kasar juga
Daun sledri dan bawang goreng utk taburan

Bumbu cap cay :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
Merica butiran,5 butir
bumbu kaldu/garam secukupnya
1 sendok teh kecap manis

Cara memasak :
Campur adonan kekiannya, terigu, air,dan bumbu halus, sampai adonan kental spt bakwan, goreng sesendok demi sendok ke minyak panas, sampai adonan habis..
Setelah dingin potong2 kcl memanjang atau sesuai selera
Haluskan bawang putih, merica, kemiri, tumis hingga matang dan harum, masukkan sayuran, aduk sampai layu, tambahkan sdkt air, beri bumbu kaldu/garam, kecap manis, stlh itu masukkan kekian palsu.Aduk sampai bumbu meresap dan kering. Sajikan dengan taburan bawang nerah goreng dan irisan sledri..di makan hangat 2 dengan sambal tomat..atau pk cabe rawit juga enak..hehe..

14

Monday, April 29, 2013

Sego Gudangan Tabur Sambal Kedelai..Sedapppp..........^^



Setelah nggak sarapan tadi pagi...waktunya memanjakan diri sendiri dengan membuat menu makan siang yang *istimewa*..tapi...jangan bayangkan aku buat steak daging impor..atau spaghetti ya...siang ini aku cuma masak Sego Gudangan..ikan asin layur goreng , telur rebus dan kerupuk gendar..sedappnya rek..^^..cuma kurang tempe goreng garitnya aja..tadi nggak kebagian di tukang sayur. Nah apalagi sego gudangannya ini yang versi sego gudangan ndeso..ala tempatku di Yogya..yang khasnya di makan pakai taburan sambal kedelai pedas..wah...tambah yummy dech...sadaaap..eh..sedaaap ^^....Hyun Bin lewat..nggak bakal ku lirik dech..hihi..*soalnya ya nggak bakalan lewat ya....* Aku memang lebih suka masakan kampung gini buat ku makan sendiri..jadi menu makan siangku..lha kalau Yodha dan Papinya mana mau..^^..akhirnya ya kalau kangen masakan kampung..buatnya pas makan siang aja..di nikmati sendiri. Jangan berpikir bakalan ribet ya..masak urap buat sendiri..trus nanti masak lagi buat suami sendiri..nggak..kan masak sayuran rebusnya sekalian tuch..nah..ntar sore buat suami..tinggal di jadikan pecel..dengan sayuran yang sama yang di rebus buat gudangan tadi..beres kan..sambel pecelnya yang instan aja..banyak tuch yang enak2 dari Blitar beli di supermarket..hihi..tinggal dech masak lauknya buat sore..^^

Oh ya..mau cerita sedikit tentang sego gudangan ini ya..kalau di tempatku di Yogya sana..menu sego gudangan gini banyak di jual untuk sarapan..yang jual juga bukan restoran atau warung makan..tapi cuma mbah2..tetangga yang kalau pagi jualan bubur sayur..sego gudangan ini..plus jajanan kayak tiwul, gathot dan sawut singkong dll..wis..pokoknya jajanan ndeso semua dech..tapi suer..enak  lho..apa karena dulu nggak ada yang jualan yang lain kali ya ..tapi..sekarangpun menurutku..tetep enak..^^..sayangnya..kalau aku mudik .Mbah2 yang jual nich udah meninggal..jadi nggak bisa menikmati lagi sego gudangan aslinya. Tapi..aku sering bikin sendiri..pasti bisalah..lha soalnya ibuku juga sering masak dulu..jadi udah pasti dong di ajarin ke aku. Ibuku masak sego gudangan dan sambal kedelai gini..kalau anak2nya neton / weton..itu tuch ultah kita tapi menurut tanggalan Jawa...atau untuk acara wiwitan di sawah. Nah..kalau ada yang neton..ibuku pasti akan masak sego gudangan gini..pakai sayuran komplet..ikan asin goreng...kayak gereh pethek..layur dll..di tambah telur dan pisang. terus nanti kita panggil anak2 tetangga tuch buat di bagi2 in sego gudangan ini. Padahal dapetnya ya cuma sego sepincuk..( pakai daun pisang )..trus ikan asin dan telur sepotong kecil..sama pisang 1..tapi anak2 tetangga tuch udah pada seneng banget lho..bahkan...tradisi ini adalah salah satu acara yang di tunggu anak2..lha dulu emang jarang yang jual jajanan ya..jadi cemilannya nasi..hihi..jika pun ada ya belum sebanyak sekarang aneka makanan buat anak2. Selain untuk upacara neton..sego gudangan plus sambal kedelai , ikan asin dan telur rebus gini juga buat acara wiwitan..itu lho..pas saat petani..memulai untuk panen padi. Nah...seru dan enak banget juga ..makan sego wiwitan gini di tengah sawah..sensasinya beda..^^. Kalau mau coba sego wiwitan gini..bahkan di Yogya sudah ada lho..resto besar yang menu utamanya sego wiwitan ini..namanya lupa..search aja di google..resto sego wiwitan di Yogya..udah ada kok..Sayangnya sekarang tradisi begitu udah luntur ya..kalau kita ya taunya ultah anak secara kalender..dan bagi2 nya kue tart..^^..indahnya tradisi ya..seadainya bisa tetep lestari..^^..

Sego gudangan ala tempatku di Yogya ini..sedikit berbeda ya..dengan urapan sayur pada umumnya..kalau sego gudangan ini..sayuran kukus / rebus yang musti ada yaitu daun pepaya segar  yang kita rebus sendiri..jadi masih fresh..ada sensasi pahit2nya dan buah pepaya mengkal yang di serut. Nah sensasi pahit2 dari daun pepaya dan pepaya mengkal kukus yang berpadu bumbu urap dan sambal kedelai inilah yang membuat gudangan berbeda dengan urap sayuran lain, kalau sayur pelengkap lain sich..bisa sesuai selera..bisa di tambah kol..wortel..tauge..dll. Sego  gudangan ini enak sekali...apalagi di tabur bumbu sambal kedelai..terus di makan sama kerupuk gendar dan telur rebus..wis..uenakk banget dech...*menurut lidah ku lho..hihi*..maklum lidah ndeso nich..sukanya yang tradisional..walau udah coba berbagai masakan modern..dari berbagai negarapun..akhirnya..tetap..kalau untuk menu sehari2..aku pilih menu ndeso gini..atau menu2 asli Indonesia..yang tiada tandingannya..* lebay ya..*.

Jadi mari kita lestarikan teman2..menu2 eksotik  khas Indonseia gini..biar tetap lestari..siapa tahu anak cucu kita..nanti kalau bosan makan ayam KFC dan burger..cari resep2 jadul gini..hihi..jadi ku simpan aja resepnya di blog ini..walau udah pada bisa semua ya..kalau cuma bikin urap2pan sayur..^^. Kalau sambal kedelainya..ini adalah sambal cabe bawang biasa..tapi di tambahin dari  kedelai goreng..yang ikut di ulek di sambalnya..jadi sensasi rasanya sangat unik..paling enak di makan sama gudangan ini..atau di buat taburan nasi panas aja dan ikan asin...juga udah enak..^^

Ini dia resepnya ya..selamat mencoba..jika suka.^^

Sego Gudangan & Sambal Kedelai

Bahan-bahan/bumbu-bumbu
3 lonjor kacang panjang, dipotong 2 cm
3 lembar kol, dipotong lebar 1/2 cm
1 buah wortel, potong korek api
25 gram taoge
50 gram daun pepaya segar yang di rebus, potong2
50 gram pepaya mengkal serut

Bahan sambal kelapa:
150  gram kelapa parut agak muda di parut kasar

Bumbu halus:
2 buah cabai merah keriting dan 3 rawit merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1  sendok teh garam
3 sendok teh gula merah sisir

Cara Membuat  :
1. Rebus masing-masing sayuran di dalam air yag di tambah sedikit garam
2. Sambal kelapa: aduk rata kelapa parut dan bumbu halus.
3. Kukus 25 menit sampai matang. Angkat.
4. Campur sambal kelapa dan sayuran. Aduk rata. Sajikan dengan taburan sambal kedelai, ikan asin , telur rebus dan kerupuk gendar.

Sambal Kedelai 
Bahan :
100 gr kedelai, goreng
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
4 siung bawang putih
1/4 sdt ketumbar sangrai
3 lbr daun jeruk purut
3 cm kencur
1/2 sendok teh  garam

Cara Membuat :
Goreng cabai dan bawang putih utuh hingga matang dan cabai kering, haluskan dengan menambah ketumbar daun jeruk purut, kencur dan garam.
Setelah semua bumbu halus, masukkan kedelai goreng, uleg lagi, tapi jangan sampai kedelainya jadi halus. 





2

Pagi2..menikmati legitnya Carang Gesing Pisang dan Roti Tawar...^^



Pagi teman2..udah sarapan..?..Aku malah belum sempat sarapan tadi..karena setelah rutinitas pagi ..tugas harian seorang *Emak..nyiapin anak sekolah dan suami udah berangkat kerja beres..mau sarapan kok males ^^..eh mau beres2 dapur..liat pisang raja yang udah over ripe..alias kematangan di plastik..baru ingat..kamaren abis pulang jalan2 dan makan di luar sama mertua kan di rumah  di tawari pisang raja..tapi udah kematengan kata Beliau..karena kulitnya udah menghitam semua..pas ku liat dalamnya..masih putih kok..dan masih harum wangi pisang raja..ya udah..langsung angkut dech..eh..lupa masukin kulkas..untung pagi2 ku liat masih oke dalamnya..jadi langsung aja..nguplek di dapur..jadi dech Carang Gesing nich..dan akhirnya sarapanku pagi ini adalah menikmati legitnya si Carang Gesing ini....sekalian bikinin suami buat takjil buka puasa nanti sore....^^

Buat yang belum tahu Carang Gesing..adalah jajanan tradisional yang manis dari  daerah Jawa Tengah..biasalah orang Jawa kan suka yang manis2 ya..tapi tenang..kalau Carang Gesing buatanku..tidak terlalu manis kok..manisnya pas2 saja..karena aku lebih suka menonjolkan rasa manis dari pisangnya..ini aja aku cuma pakai 50 gram gula pasir..udah manis..karena pisangnya sendiri..udah kematangan dan manis banget karena masak pohon..jadi masih masuk kategori legit lah..nggak kemanisan..^^ Carang Gesing ini aslinya cuma pakai pisang aja..gula , telur dan garam..tapi aku lebih suka kalau ku tambahin roti tawar yang di potong kecil2..selain lebih legit..Carang Gesingnya juga lebih padat..dan mengimbangi manisnya si  pisang ini juga..biar tambah pas..nggak berlebihan manisnya. Aku sampai kaget kadang..kalau baca resep Carang Gesing tuch..ada  yang pakai gula sampai 400 gram..wah..hampir setengah kilo dong..kayak apa manisnya coba..^^. Telur pun aku nggak pake banyak2..cukup 1 butir aja..buat nambah kelegitan si Carang Gesing ini..jadi..jangan takut dech...bikin jajanan manis Jawa..kita bisa buat juga kok di sesuaikan selera yang enggak manis2 amat..^^..walau *durhaka* pada resep ya..yang udah di ciptain oleh para leluhur..hihi..dan kita obrak abrik sendiri....

Jadi..mau coba resep Carang Gesing ala aku..yukk siapin bahan2 nya ya..super duper gampang..sekalian dech bisa memanfaatkan sisa roti tawar tuch..yang biasanya numpuk di meja makan...sebelum kadaluwarsa..karena nggak ada yang makan..nah..dengan di olah jadi jajanan enak gini..pasti kemakan dech..jadi kita bisa memanfaatkan dua bahan yang hampir di buang kan..pisang raja yang udah kematangan dan roti tawar..yang nggak habis2 di meja..^^..dan jadilah..Carang Gesing yang legit..manis dan gurih..pas..menyatu membelai lidah..beneran lho..enyak..enyak..apalagi kalau makannya setelah di masukin kulkas wah..rasanya makin mantabb..Mak Nyees dech..^^..Selamat mencoba teman2....

Carang Gesing Pisang dan Roti Tawar

Bahan2 :
8 buah pisang raja yang udah bener2 tua dan matang ( kalau masih muda atau nanggung matangnya suka sepet soalnya rasanya )
4 keping roti tawar tanpa kulit
50 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili ( Karena tadi nggak ada pandan..ku ganti vanili aja..biar wangi..kalau ada daun pandan..boleh pakai daun pandan..yang di potong2 terus taruh setiap bungkus Carang Gesingnya. )
Santan 250 ml dari 1/2 butir kelapa ( atau pakai santan instan yang dicairkan,100 ml..di cairkan jadi 250 ml )

Cara Membuat :
Potong pisang raja bulat2 kecil. 
Potong Roti tawar kotak2 kecil
Kocok asal rata telur dan gula, garam dan vanili, tambahkan santan. Aduk rata.
Masukkan pisang dan roti tawar. Aduk rata.
Ambil2 2 lembar daun pisang. Isi dengan dua sendok makan adonan, lalu bungkus bentuk tum. Kukus selama 20 menit hingga matang. Sajikan dingin setelah masuk  kulkas..lebih nikmat.

Tips :
Pakai daun pisang yang dari pohon pisang klutuk ya..yang daunnya halus dan lemas..lentur..enak di bungkus2 dan tidak akan bocor. tapi jika nemu daun yang keras..jemur dulu sebentar supaya agak layu dan gampang untuk di buat bungkus tum. Soalnya jika cairannya bocor..nanti kurang legit Carang Gesing.nya.walau tetep enak sich..tapi jadi lebih padat aja dan kurang lembut.
Jika tidak punya daun pisang..bisa pakai cup alumunium foil yang kecil2 tuch..atau pakai loyang tahan panas..trus maemnya di sendokin aja..^^..jadi juga..rasanya tetep enakkk..^^


6

Cake Peta Labu Kuning


Weekend kemaren nich aku bikin cake nich..biasalah..kalau Sabtu Minggu keponakan pada ngumpul..main di rumah sama Yodha dan biasalah..anak2..nggak pada suka kalau di buatin jajan pasar..jadi hari ini bikin cake aja. Aku buat cake peta lagi nich..kayak dulu yang pernah ku buat..cuma aku variasi resepnya..pakai labu kuning..jadi tekturenya selain lebih lembut..ada tambahan gizi juga ya..dari si labu kuning. Soalnya kalau nggak di sulap jadi olahan yang enak gini..mana mau ya anak2 makan si labu kuning ini..padahal kan banyak banget gizinya..

Labu kuning...bahan makanan yang cukup murah ya..kadang di pandang sebelah mata...yang cuma laku buat kolak saat bulan puasa..padahal..kalau kita bisa mengolahnya..labu ini bisa jadi berbagai olahan yang enak dan sehat. Beberapa minggu ini..aku lagi suka mencoba2 dan berkreasi dengan labu kuning...aku coba buat donat dan roti juga beberapa hari yang lalu..cuma masih belum maksimal hasilnya..walau udah enak..jadi belum ku posting di sini..kelemahannya kalau buat roti dan donat..tekkture si labu ini sangat berair pas di campur adonan roti dan donat..jadi adonannya jadi agak lengket..kurang bisa kalis..walau udah nggak  pakai cairan lain adonannya..beda sama kentang atau ubi..yag keset.

Nah menurutku..paling oke si labu kuning ini buat campuran adonan cake..jadi menyumbang tekture yang lembut dan moist..jadi nya cakenya tambah enak. Selain itu si labu kuning ini juga oke banget buat campuran jajan pasar. kue2 dan snack tradisional. Selain menambah rasa dan tekture kue jadi lembut ..juga menyumbang warna kuning alami yang cantik..jadi nggak perlu pakai pewarna makanan lagi dech. Kemaren aku coba juga untuk campuran pukis..wah..rasanya jadi enak sekali..pukisnya empuk..menul2..dan cantik warnanya...nanti ku posting dech resepnya. Sekarang aku kasih salah satu resep cake labu kuning dulu ya..semoga bisa jadi inspirasi buat teman2..oh ya..cakenya ini enak..moist..karena ada tambahan si labu kuning dalam jumlah lumayan banyak..jadi bisa buat alternatif tuch untuk asupan gizi si kecil...nah sebelum buat cakenya..intip dulu nich..kandungan gizi dari si labu kuning..biar mulai sekarang Bunda2..mau melirik si labu yang berwarna cantik ini untuk di olah..^^

Kandungan Gizi Labu Kuning :
Vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengutangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

Zat besi. Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.

Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dfan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga Anda taka perlu takut balita mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Nah sudah minat buat ngolah labu kuning buat keluarga tercinta..yukks simak resepnya ya....mudah banget bikinnya...selamat mencoba....

Cake Peta labu Kuning

Bahan-bahan :
200 gram margarin
175 gram gula pasir halus
200 gram labu kuning kukus, haluskan
6 kuning telur
3 putih telur
275 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
100 ml santan kental instan
Pewarana hijau / pasta pandan secukupnya
Coklat bubuk seckupnya untuk ayakan.

Cara Pengolahan :
  1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan labu kuning. Kocok rata.
  2. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder bergantian dengan santan sambil diayak dan dikocok perlahan.
  4. Ambil 1/3 bagian adonan. Tambahkan pewarna hijau. Aduk rata.
  5. Tuang sebagian adonan kuning di loyang 20x20x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.ayakan coklat bubuk di atasnya.
  6. Tuang adonan hijau. Ayakkan coklat bubuk juga di atasnya. Tutup dengan sisa adonan kuning.
  7. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.

6