Google Ad

Monday, March 31, 2014

Tahu Krispi...Ala Abang Abang



Beberapa waktu lalu pas main ke alun2 Ungaran..kita duduk2 dulu santai di taman..karena mau makan nasi goreng belum pada buka. Iseng aku liat ada abang2 penjual tahu krispi pakai gerobak gitu, dan pas aku liat proses pembuatan dan gorengnya tuch bersih si abangnya..dia nepungi tahunya tangannya di lapis plastik..^^..jadi berminat beli beli dech aku. Akhirnya aku coba beli 10 buah dulu sekedar buat coba2 dan pengen tau rasanya..sama tidak dengan tahu krispi yang banyak di jual di deket rumah. Ternyata beda..tahu krispi abang2 ini lebih enak..tahunya lembut dan gurih bagian dalamnya, sedang bagian luarnya garing..kres2 lapisan tepungnya renyah..nggak keras..kayak yang di jual di Semarang..wah..jadi suka dech..apalagi anget2 masih baru selesai di goreng gitu. 
12

Gula Batu Lebih Sehat Dari Gula Pasir ?



Akhir2 ini daku lagi suka banget minum teh poci gula batu..wah bisa dua kali sehari dech minum teh..karena sibuk banyak kerjaan..jadi nge teh bisa menambah semangat dech. Biasanya sich nge teh juga..cuma kadang2..kalau ingat..hihi..tapi sekarang kalau nggak nge teh kayak ada yang kurang gitu setiap hari. Aku suka aja sama aroma dan rasa salah satu merk teh yang cukup terkenal..benar2 wasgitel..kalau kata orang Jawa..wangi..Legi dan kentel..plus sedep..hihi. kadang2..kalau lagi banyak kerjaan kayak gini..nge teh merupakan salah satu cara untuk santai sejenak. Menikmati teh panas2...di temani gula batu ..wah..benar2 dech...mantab..^^
4

Sunday, March 30, 2014

Tips & Variasi Klaappertaart


Wua..dari pagi sibuk banget..maaf ya teman2..belum sempat update resep baru...cuma sempat bikin ini nich kemaren sore..klappertaart lagi. Tapi resep udah pernah ku share ya di sini sebelumnya..jadi aku kasih tips2 aja ya seputar klappertaart dan variasinya ya..semoga bermanfaat. 
8

Saturday, March 29, 2014

Oseng Buncis, Tahu, Telur Puyuh & Tetelan Cabe Hijau



Judulnya...panjang..hihi..singkat kata..sebut saja oseng buncis campur sari ya..ini adalah salah satu oseng2 khas Jawa favorit suamiku. Oseng2 kayak gini..biasa..sering di jumpai di acara2 prasmanan hajatan atau di warung2 nasi ramesan..banyak yang jual. Bikin sendiri..lebih enak pastinya..karena bumbunya bisa sesuai selera. Oseng2 buncis campur ini adalah jenis oseng2 Jawa yang berkecap. Bercita rasa gurih, pedas dan sedikit manis. Kalau aku suka tak gado aja juga enak dech.
2

Friday, March 28, 2014

Donat Labu Kuning


Memanfaatkan sisa labu kuning di kulkas..akhirnya aku buat donat labu kuning saja. Sudah lama pengen bikin donat labu kuning..baru kesampaian sekarang. Dan memang labu kuning ini ajaib..bisa mengubah warna aneka kue2 dan roti serta donat jadi kuning cantik..alami walau pemakaiannya cuma sedikit. Suka dech...donatnya juga jadi kuning cantik.
9

Thursday, March 27, 2014

Soto Kudus ( Resep Baru )



Sebenernya tadi nggak ada niatan bikin soto sich hari ini..tapi tadi pas ke pasar beli ayam pejantan satu ekor..aku tinggal meleng milih udang..eh lha kok sama ibu penjual ayamnya di potong kecil2..aduch..padahal aku udah langganan di situ dan selalu nggak pernah mau di potong kecil2 kalau beli ayam, pasti di potong cuma jadi 4 bagian gitu..jadi kalau di masak dan di foto kan lebih cantik. Ya..dengan rada sebel akhirnya kepikiran di buat soto aja dech sampai rumah. Dan akhirnya jadilah menu soto Kudus di rumah hari ini. Cuma..nggak seru dong..kalau bikin soto Kudus dengan resep yang sama yang udah aku posting dulu. Jadi hari ini aku belajar menyempurnakan resep soto Kudus..agar lebih mirip lagi sama citarasa aslinya..ya..walaupun tanpa kecap THG..karena stock kecap THG ku habis..tadi aku pakai kecap lele aja..enak juga kok. Ayam yang udah di potong2 kecil2..aku buat sekalian jadi sate ayam pendamping soto..yaitu sate ayam yang cuma di rebus sama kuah soto dan kecap.
31

Misro Serut



Lagi beres2 file foto di komputer..ternyata nemu banyak foto2 masakan yang aku buat di taun 2013 kemaren yang kadang kelewat di posting..hihi. Ya udah..sayang kan..kalau udah di ambil difotonya nggak di posting ya teman2..walau cuma cemilan yang sederhana sich kadang..kayak cemplon ini..atau misro kali ya di tempat lain. Tapi pas aku liat fotonya..oh iya..ini uji cobaku bikin misro atau cemplon kalau di Yogya, singkongnya aku serut..dengan serutan keju..bukan ku parut biasa..pakai parutan kelapa halus..jadinya penampakan misronya jadi cantik keriting dan rasanya renyah kres2 luarnya terasa gigitannya. 
3

Wednesday, March 26, 2014

Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah


Sudah lama pengen bikin puding lapis di loyang setengah lingkaran ini..akhirnya kesampaian juga. Dua minggu nunggu2 pesanan orderan loyang ini..akhirnya sampai juga ke rumah kemaren sore..paketnya. Makasih Mba Rika..tak kira nyasar je paketnya,...kok udah 2 minggu nggak datang2..sejak aku konfirm order..ternyata kehapus ya catatannya..ok dech yang penting udah nyampe sekarang..dan aku bisa bikin puding cantik ini..^^

Puding lapis begini menggunakan loyang khusus..yaitu loyang tumpuk. Jadi puding pertama di tuang dulu membentuk setengah lingkaran dengan di tumpuk cetakan kecil di atasnya. Setelah puding pertama mengeras, angkat cetakan puding kecilnya, lalu isi dengan puding lain, dinginkan..jadi dech puding dengan dua lapis yang cantik. Sayangnya puding gula merahnya aku pakai santan..jadinya santannya misah dech dengan gula merahnya..dan kurang menarik sedikit hasilnya. Tapi nggak apa2 dech..besok tak coba lagi motif lain..hihi..lagi semangat nich ..udah punya cetakannya soalnya.

Oke aku share resepnya ya teman2..sapa tau ada yang sudah punya cetakan puding kayak gini juga..semoga bermanfaat ya..^^

Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah

Bahan :
1 bungkus agar2 bubuk putih
1000 ml santan sedang kentalnya
200 gram tape ketan hijau.
150 gram gula merah
2 sendok makan gula pasir
1/2  sendok teh garam
Daun pandan 3 lembar

Cara membuat :
Campur santan, garam dan agar2, aduk rata, ambil 300 ml adonan, sisihkan.
Tuang 700 ml adonan sisanya di panci, tambahkan gula merah sisir dan daun pandan.
Masak hingga mendidih. Tuang di loyang pertama yang sudah di tumpuk loyang kecil di atasnya.
Diamkan hingga mengeras, tusuk2 dengan lidi. Sisihkan.

Masak sisa adonan 300 ml dan 2 sendok makan gula pasir hingga mendidih. Masukkan tape ketan hijau, aduk rata. 
Ambil loyang kecil di atas puding lapisan pertama, lalu tuang adonan puding tape ketan hijaunya sampai penuh. Diamkan hingga mengeras, potong2..sajikan.




12

Pastel Goreng Isi Komplet


Beberapa hari ini papinya Yodha lagi malas makan nasi untuk makan malam..akhirnya bikin cemilan2 yang mengenyangkan saja..salah satunya ya..pastel ini..cemilan favorit suami. Memang sich..kalau di pikir2..pastel ini mirip2 pie luar ya..tapi karena kulit luarnya sama renyah dan isinya udah komplet juga. Cuma..biasa..kalau snack2 ala Indonesia kan di goreng..jadi tentu saja lebih gurih, kalau pie kan di panggang kulitnya. Pastel ini udah mengenyangkan ya..lha isinya kan udah komplet..ada kentang, wortel, soun, ayam cincang..dll..jadi nggak makan nasi pun ya nggak masalah kalau makan pastel ini..^^
29

Tuesday, March 25, 2014

Mie Goreng Tek Tek Ala Abang Abang


Di tempatku di Semarang..pedagang keliling yang paling sering lewat depan dan samping rumahku ( rumahku di pojokan..jadi di kelilingi jalan ^^ )..kalau malam hari adalah abang2  penjual nasi goreng atau mie goreng. Biasanya mereka berjualan di gerobak gitu dan langsung di masak ketika ada yang pesan. Jadi..abang2 ini lumayan membantu lho..jika dalam keadaan darurat..misal..nggak punya bahan makanan..atau kelaparan malam malam tapi males masak..atau ketika ada tamu mendadak dan nggak ada persiapan untuk memasak..cukup panggil di abang mie atau nasi goreng ini aja..beres dech. Mereka jualannya juga bersih kok..dan karena di masak langsung..jadinya ya hangat dan enak..ketika di makan.
13

Monday, March 24, 2014

Tahu Isi Sayuran Pedas


Tahu isi..atau tahu berontak kalau di Jawa..salah satu gorengan favoritku. Nah..kali ini aku lagi pengen bikin yang beda..yang pedas gitu..jadi aku tambahin cabe rawit ulek dech di isinya. enak ternyata. Terinspirasi dari hasil buka2 majalah kuliner..ada liputan tentang gehu pedas khas Bandung yang katanya nge top ya gitu di sana. Gehu..ini katanya artinya taoge di dalam tahu..( kalau nggak salah lho ya..hihi..colek Mba Intan..yang biasa hafal istilah2 makanan di Bandung..)
12

Berburu Nas Gor Kaki Lima Yang Enak Di Alun Alun & Ungaran



Kemaren pas ada acara ke Ungaran..masih sore..akhirnya mampir lagi ke alun alun kota Ungaran. Suka aja ke sana..karena di alun alun Ungaran nich pusatnya jajanan kaki lima. Banyak aneka makanan    yang enak2 dan murah murah di sana. Di sekitar alun alun memang banyak sekali berjejer warung warung tenda yang menjual aneka makanan. Ada sate..ayam goreng , bebek, soto, pindang, wedang ronde dll..masih banyak lagi jenisnya. Tapi kalau ke sana kami selalu mencoba berbagai warung nasi goreng. Yapp..emang di alun alun ungaran menu yang paling populer adalah menu nasi goreng babatnya. 

15

Sunday, March 23, 2014

Sentiling Warna Warni


Sentiling...jajan pasar dari singkong yang murah meriah ini...sering banget aku bikin. Karena suka sich..enak rasanya...lembut dan sedikit kenyil..kenyil..enak. Mirip sama lapis singkong sich..cuma kalau sentiling ini..nggak pakai santan..dan kadang2 di beri rasa macam2,..misal di beri essen buah2 an, misal rasa nanas..dll. Tapi kalau aku lebih suka rasa original singkong aja..jadi nggak pernah pakai essen perasa..tapi pakai pewarna makanan aja. Dulu pertama jatuh cinta sama si sentiling ini ya pas pindah ke Semarang. Di Yogya jarang aku nemu sentiling gini. Dulu pertama kali beli di salah satu bakery terkenal di Semarang..aku langsung jatuh cinta liat jajanan unik yang warna warni cerah..dan ternyata terbuat dari singkong. Kalau di bekery2 di Semarang sentiling ini di tusuk pakai tusukan sate selang seling warnanya..kemudian di bungkus plastik. Jadi rapi dan bersih serta menarik penampilannya. Aku kalau bikin ..kalau lagi rajin ya begitu..tapi kalau lagi males kumat ya..langsung aja di potong2..taruh piring..langsung di santap dech..nyam..nyam..nggak pernah bosan dech rasanya makan sentiling ini
6

Saturday, March 22, 2014

Tips Menggunakan Gilingan Mie




Selama ini banyak resep2 yang aku posting menggunakan gadget dapur yang namanya mesin gilingan mie..seperti..di resep cheese stick, mie homemade..kue bawang, molen pisang dll. Nah..selama ini aku biasanya kurang detail ya njelasin cara menggunakan gilingan mie yang benar itu gimana. Aku pikir..udah pada bisa semua makenya, tapi ternyata banyak juga di antara teman2 yang bingung cara make gilingan mie yang benar ya..sampai2 cuma di anggurin di rumah gilingan mienya..kan sayang banget tuch teman2. Kalau aku udah lumayan akrab denga ngilingan mie ini sejak menikah. Bahkan si ganteng Yodha pun dari umur 2 tahun udah bisa lho pakai gilingan mie. Dia suka bantu2 kalau bikin cheese stick..paling suka dech nggiling2 adonan..tuch liat gayanya ..gembira banget kan nggiling adonan..itu pas dia masih umur dua tahunan lho teman2..hihi..lucu ya..^^

15

Lemper Ayam





Lemper..sudah tau pasti ya teman2..jajanan tradisional dari daerah Jawa. Dan yang pasti udah pernah makan juga dong. Lemper..bisa isi daging atau ayam. Aku sebenernya lebih suka lemper isi daging..karena kalau ibuku di Yogya buat lemper, pasti isinya daging. Tapi kalau di Semarang sini..jarang nemu lemper yang isi daging , lebih sering isi ayam. Jadilah pengen buat sendiri juga versi lemper isi ayam seperti yang sering aku makan di Semarang sini. Seperti di Yogya..lemper..juga salah satu snack jika ada hajatan di sini. Lemper biasanya di bungkus secara tradisional seperti bentuk lontong. Tapi lagi males membungkus mbungkus kemaren..jadinya aku buat lemper versi cetak di loyang saja, terus di potong2..bungkus daun dikit biar rapi..hihi..jadi dech..cepat bikinnya..daripada membungkus satu persatu.

34

Friday, March 21, 2014

Kue Gandos


Kue Gandos adalah kue tradisional Jateng yang terbuat dari tepung berasa dan kelapa parut. Citarasanya gurih..karena tidak memakai gula di adonannya..hanya di taburkan saja di atasnya jika suka. Mungkin di daerah lain juga ada ya..kalau nggak salah di sebut juga kue pancong. Cetakannya mirip dengan kue pukis..tapi lebih pendek. Tapi jika tidak punya..bisa juga pakai cetakan kue pukis.
28

Thursday, March 20, 2014

Tips Menghias Dadar Gulung


Hai teman2..suka dadar gulung a.k.a crepe nya Indonesia..hihi ?..Aku suka sekali..aneka jajan bakar yang di gulung gulung..hihi..mau di sebut dadar gulung boleh..panekuk gulung boleh..atau crepe gulung boleh juga..suka2 dech..yang jelas..penampilannya di gulung2..dan di isi aneka isian yang enak..mau isi enten2..isi vla..isi pisang..semua suka dech. Menurutku..dadar gulung ini..tak kalah enak dan cantik penampilannya daripada crepe luar..ya kan..cuma kalah keren nama aja..hihi..kalau crepe luar negeri kan..namanya keren2 ya..kayak crepe Suzzete..dll, tapi tetep aja kan..penampilannya cuma di lipat aja..jadi 4 gitu..nah kalau crepe kita..walaupun namanya *dar lung*..alias dadar gulung tapi kan tak kalah cantik ya teman2..bentuknya. 

10

Lodeh Terong Bumbu Iris



Wah..cepatnya hari berlalu..tahu2 udah jam segini..kerjaan masih banyak..blog belum di tengok..hihi. Baiklah..biar tetep ada postingan sementara posting resep yang simple2 dulu ya teman2..lagi ada kerjaan..hihi dan harus selesai Sabtu besok..jadi berasa sok sibuk nich dan maaf kalau bisa cuma posting satu postingan semntara ini..tapi kalau udah selo..moga2 bisa posting minimal dua lagi perhari. Alhamdulillah sich ..tahun ini banyak di beri kemudahan..dan juga ada aja kejutan2 yang menyenangkan...moga2 semakin baik dech amin...setelah tahun kemaren banyak cobaan..yakin dech..Tuhan memang maha adil..selalu ada hikmah di balik cobaan..^^
11

Wednesday, March 19, 2014

Kare Ayam



Kare ayam..bukan kari ayam lho ya..*beti..beda tipis sich..hihi. Kalau kari bumbu2 rempahnya lebih kental dan kuat..kalau kare..lebih ringan bumbunya. Kare..di Jawa..nggak cuma ayam aja yang bisa di masak bumbu gini..bisa sayuran juga. Kalau di rumahku dulu..ibu suka masak kare buncis..kentang dan kol..enak juga rasanya lho. Kare adalah masakan bersantan kuah kuning dega citarasa gurih...tapi tetep..kalau masakan Jawa..ada sentuhan manis2nya dikit..dengan penambahan gula merah...mirip2 opor juga.
17

Tuesday, March 18, 2014

Stick Labu Kuning


Labu kuning lagi....hihi..lagi rajin nich teman2..memanfaatkan labu kuning yang cukup murah di pasar..jadi setiap ke pasar..pasti di beli dech. Banyak banget lho teman2 sebenernya olahan makanan yang bisa kita tambah labu kuning. Karena di buat campuran kue2 atau cake udah sering..kali ini aku pengen cemilan yang gurih dan kriuk2. Jadi aku uji coba untuk membuat stick dengan campuran labu kuning. Hasilnya enak dan gurih..dan seperti biasa..labu kuning ini menyumbang warna kuning yang cantik di sticknya. Suka dech..^^

Membuat stick ini paling mudah jika menggunakan gilingan mie. Jadi lebih cepat dan mudah memprosesnya. Sayangnya gilingan mie ku yang baru pemotongnya mienya ukurannya kecil2..nggak kayak yang lama dulu bisa bagus agak lebar..jadi hasilnya stick yang sekarang lebih kecil2. Tapi nggak apa2 sich..yang penting rasanya enak..gurih dan renyah. Tapi ini stick nggak menggembung ya teman2..karena nggak pakai margarin, adonannya akan jadi semakin lembek kalau di tambah margarin...karena labu kuning kukusnya sudah mengandung banyak air. Tapi walaupun nggak menggembung..hasilnya tetep empuk dan renyah..karena labu kuning menyumbang rasa empuk juga di stick ini.


Mau coba teman2..yukk simak resepnya ya..^^
Stik Labu Kuning

Bahan :
250 gram tepung terigu protein rendah / sedang ( bisa di tambah jika kurang / adonan masih agak lembek )
50 gram tepung sagu / tapioka
125 gram labu kuning kukus, haluskan
2 kuning telur
Bawang merah 4 butir, haluskan
50 gram keju cheddar, parut halus
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh

Cara membuat :
Aduk semua bahan hingga bergumpal.
Giling tipis di gilingan mi ketebalan paling besar 2 tiga kali, lalu kecilkan lubang gilingan mie nya, giling lagi hingga 2 kali sampai halus. Taburi sedikit sagu di adonan agar tidak lengket waktu menggiling.
Potong dengan pemotong mie yang lebar.
Goreng di minyak panas dan terendam sampai renyah dan matang.



17

Monday, March 17, 2014

Bothok Daun Singkong & Ikan Peda


Biasanya aku kalau bikin bothok aku paling suka pakai kelapa muda aja..sama teri atau udang dan petai mlanding..itu favoritku. Nah kemaren coba aku tambah daun singkong untuk campuran bothoknya..ternyata enak sekali. Apalagi pakai campuran peda..tambah enak dech..walau peda ini menyumbang rasa sedikit asin ya..karena memang ikan asin..tapi justru setelah di campur sama daun singkong jadi agak netral asinnya. Tapi karena takut asin sekali..ikan pedanya cuma aku tambahkan di atas bothoknya..kalau pakai ikan teri ya..langsung saja di campur di adonan.
14

Manisan Kedondong



Pagi2...posting manisan..hihi. Nggak apa2 dong..kan udah kemaren bikinnya nich teman2..nah karena resepnya super mudah dan simple..segera di posting aja..biar nggak lupa. Udah mulai masuk musim panas nich di kita ya..jadi paling enak adalah mulai bikin menu2 makanan yang seger2 kayak gini. Nah..salah satunya adalah manisan kedondong ini. Kedondong..kalau di Jateng..biasa di sebuit juga..dondong. Aku sebenernya kurang suka manisan yang terlalu manis kayak kalau beli gitu, karena malah akan menghilangkan rasa buahnya sendiri..tapi kalau bikin sendiri ..suka sich...karena gula yang di pakai bisa dikit..cuma membantu menambah sedikit manis untuk buah2 han yang rasanya asam..kayak kedondong ini. 
7

Sunday, March 16, 2014

Mancing *Ikan Bakar * di Pemancingan Risana Banyumanik Semarang..^^


Mancing ikan bakar ?...Yapp..cara mudah mancing kata Yodha..tinggal bayar aja..langsung matang dapat ikan bakar..katanya...hihi. Lha dia jengkel tadi..berlama2 mancing nggak dapet2 tadi..udah mi..mancing ikan bakar aja yukk katanya..pas kita mancing di pemancingan Risana, nggak jauh sich dari rumah..di daerah Banyumanik Semarang atas. Pas dari rumah sich semangat..mau mancing katanya. Ya udah..biar dia santai dan re fresh habis mid..kita ke Risana aja..salah satu pemancingan yang cukup populer di Banyumanik. Biasanya sich kami ke Gunung Pati atau ke Ambarawa kalau mancing..tapi kok lagi males pergi jauh2..soalnya cuma kami bertiga..kalau pergi jauh2 tuch seru biasanya rame2 sama keluarga besar suami. Mau ajak dik Icha sepupu Yodha juga lagi sakit..ya udah..ke pemancingan yang terdekat aja..di Risana itu. Tempatnya cukup luas sich..tapi lokasinya memang masuk2 agak tersembunyi di daerah perumahan di dekat STM Grafika Banyumanik. Kalau hari libur ramai banget pemancingan ini..tapi karena deket dari rumah ya santai aja..datang pas jam 11 tadi..nggak nyampe serempat jam udah nyampe.
5

Saturday, March 15, 2014

Keripik Tahu Pong Super Praktis


Ini postingan iseng..lah..nggak niat banget bikin resep ya teman2..hihi..cuma bikin keripik tahu pong aja kok ya di posting...iseng sich..udah di potret sich..jadi di posting aja ya daripada cuma di tumpuk di file  komputerku hihi..siapa tahu lagi pada pengen bikin cemilan gurih yang super duper mudah..tapi enak..yukk bikin keripik tahu pong ini teman2. Sebenernya udah pernah aku posting sich resep yang pakai lapisan tepung racikan ku sendiri..di sini..dulu. Nah..kali ini versi malasnya ya..karena lagi males meracik tepung bumbu sendiri..jadi cuma pakai tepung bumbu instan. 
10

Putu Ayu Labu Kuning



Hari ini beberapa Miss sekolah Yodha ada jadwal visit ke rumah..jadi pagi2 udah nguplek di dapur bikin kue. Untung di kulkas..masih ada stock labu. Pengen bikin cake labu kuning coklat lagi..tapi tak pikir2 kok bosan ya..dan nggak belajar hal baru..baiklah akhirnya pengen mereka2 si labu kuning ini jadi kue lain. Kepikiran sich pengen bikin putu ayu labu kuning dari kemaren. 
16

Friday, March 14, 2014

Terik Daging & Tempe



Wah..hari ini menunya lauk2 dulu ya teman..hihi..belum bikin kue2 lagi soalnya..dari tadi sibuk masakin lauk pauk favorit Yodha. Nggak ada apa2 sich..cuma *edisi emak bangga..hihi..jadi pengen masak yang enak2 buat Yodha.

16

Lontong Sayur


Menu mur mer dan simple..lontong sayur..cocok buat sarapan teman2. Sebenernya sich lebih enak lagi kalau ada empal daging atau ayam opornya ya..tapi karena belum masak lauknya..pakai sayurannya aja udah enak kok..cukup di tambah telur rebus dan kerupuk..udah jadi hidangan sarapan yang enak dech.

15

Thursday, March 13, 2014

Risoles Ragout & Keju Mozzarella


Karena sudah nemu keju mozzarella yang mur mer..jadi pengen membuat aneka variasi makanan yang menggunakan keju ini selain pizza. Kemaren udah aku coba buat toping makaroni skotel enak juga..kali ini aku buat isian untuk risoles..di kombinasi dengan ragout ayam..wortel  dan sayur seperti isian risol biasa. Dengan tambahan keju mozzarella ini..rasa risolnya jadi makin istimewa..cobain dech teman2...enak dan gurih.
19

Pizza Ayam Jamur



Kemaren sore..aku tanya Yodha..mau makan nasi atau pizza..eh dia jawab langsung..pizza..katanya. Oke dah..tunggu 20 menit ya..pizzanya segera siap..aku bilang ke Kakak. Heran ya teman2..kok Pizza bisa siap dalam 30 menit,..hihi..bukan sulap..bukan sihir..dan bukan juga beli di pizza hut..karena memang aku udah nyetok roti pizza yang setengah matang..di freezer..jadi sewaktu2 Yodha mau pizza..tinggal di oven lagi bentar..kasih toping, keju mozza..terus panggang dech sampai keju meleleh..rasanya..sama kok..kayak kalau bikin adonan baru..tetep empuk dan pulen roti pizzanya. Jadi nggak perlu bolak balik bikin adonan lagi dech...bisa bikin bayak adonan sekalian..terus di panggang dulu sekitar 10 menit..jadi dech pizza yang setengah matang, dinginkan..lalu simpan di freezer..dan bisa di gunakan sewaktu2 kalau mau makan pizza. Soalnya..kalau bikin adonan baru terus kan lama ya teman2..musti tunggu waktu fermentasi..45 menit segala..^^
38

Wednesday, March 12, 2014

Daging Goreng Bumbu Bacem


Yodha..lagi suka daging..tapi harus di masak sangat empuk..dan berbumbu. Kalau cuma di masak sebentar dan masih keras..ya tetep saja di lepeh2 maemnya. Akhirnya aku selalu cari cara agar dia suka daging..yaitu dengan mencoba berbagai variasi olahan daging..dan sudah berhasil sich..beberapa olahan daging dia suka...seperti empal kelem..pindang daging..brongkos dll. Tapi tau sendiri kan teman2..dia itu sangat moody soal makanan..jadi kalau jenis masakannya itu2 terus gampang bosan..jadi harus kreatif nich emaknya. Apalagi Miss / teachernya di sekolah selalu laporan juga..kalau lunch dia di sekolah lauknya daging..pasti nggak di makan.

11

Urap Mentah


Ini menu maksi ku hari ini..urap mentah..tempe goreng dan ikan asin layur goreng tepung. Menu ndeso yang sederhana..tapi uenakk, menurutku. Urap mentahnya seger banget..karena semua bahan2nya mentah..jadi masih kres2 renyah..di  padu bumbu urap yang pedas, gurih dan seger..enak sekali. Urap mentah ini..sayurannya bebas..apa saja boleh..yang kita sukai. Kalau ibuku di Yogya dulu biasanya kalau bikin urap mentah gini..pakai aja daun2 yang ada di pekarangan..yaitu..daun pepaya muda, daun kunyit muda..daun mangga muda..dll..pokoknya daun2 an apa aja yang ada di pekarangan rumah..jadinya fresh banget. Kalau di Yogya..di sebut daun2 *ramban*...jadi saingan dech sama si embek..makan daun2 mudah ya teman2..hihi.
5

Gethuk Goreng Gurih



Kemaren nemu singkong bagus2 di pasar di mbah2 yang biasa jualan umbi2..masih fresh..baru nyabut katanya..dan kulit bagian dalamnya pink..wah..enak nich di oleh jadi apa aja..jadi langsung dech beli. Pulang..langsung aku kupas..dan kukus..wah..pegen bikin gethuk..lama nggak bikin gethuk. Tapi ternyata beli 5 ribu aja..dapat banyak banget..nggak mungkin di buat gethuk semua..akhirnya sebagian besar setelah di kukus aku buat singkong krispi..nah sisanya dikit mau aku buat gethuk gitu. Tapi..ternayta..seharian sibuk banget..sampai2 lupa mau bikin gethuknya...padahal sudah aku halusin singkongnya..hihi. Akhirnya sore..aku cek..rasaya masih..oke..nggak asem...aku lanjut olah aja..jadi gethuk goreng..biar lebih enak..karena kalau gethuk manis..paling enak memang kalau fresh..habis di kukus..terus kasih kelapa parut dan gula dan garam..jadi dech gethuk yang hangat dan fresh. Tapi karena udah di udara terbuka sampai sore..jadi aku pikir lebih aman..kalau di buat gethuk goreng aja..dan hasilnya..masih oke..nggak asam..karena singkongnya memang bagus dan kesat..serta mempur banget.

Gethuk goreng...kalau di Jateng bisa manis atau gurih..kalau mau bikin gethuk goreng manis..tinggal di kasih gula dan kelapa serta sedikit garam, lalu di celup adonan   tepung cair, terus di goreng. Kalau gethuk goreng gurih.di sebut lenthuk kalau di Yogya..biasa langsung di goreng tanpa di celup adonan tepung..jadi kayak perkedel singkong gitu. Supaya tidak mudah ambyar..aku tambahin 1 putih telur..hasilnya..semakin enak gethuk gorengnya..renyah dan garing di luar..lembut di dalam..gurih dan enak banget..di cemal cemil pas masih hangat. Bisa juga sich buat lauk..misal buat makan soto..kayak perkedel gitu..rasanya enak banget juga. Oke..ini dia resepnya ya teman2..selamat mencoba jika suka..cemilan murah meriah ini..^^
Gethuk Goreng Gurih

Bahan :
500 gram  singkong kukus, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
1 senok teh gula pasir
1/4 sendok teh ketumbar
1 butir putih telur
1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata.
Bentuk bulat2 pipih , lalu goreng di minyak panas dan terendam.
Goreng hingga matang dan kulit luarnya kecoklatan dan renyah. Sajikan hangat.




2

Tuesday, March 11, 2014

Keju Mozzarella Harga Terjangkau..Enak Juga Lho..^^



Yes..akhirnya nemu keju Mozarrella rada terjangkau harganya..hihi..biasanya kalau di supermarket tuch mahal bener harganya..jadi kadang mikir2 kalau mau beli..nah ternyata ada dech merk yang ekonomis..dan nemunya nggak jauh2 di toko daging langgananku. Ternyata di sana jual dari dulu..cuma aku aja yang kurang merhatiin..di rak pendingin ada macam2 keju ternyata..ku pikir keju2 impor biasa..jadi jarang nengokin ke bagian rak tersebut. Eh kemaren pas ke sana..iseng tanya ke pegawainya..punya keju mozzarella nggak ?..Masnya langsung nunjuk ke rak pendingin tempat keju2 berada..oalah..dari dulu kek..tau ya..hihi. Dan harganya murah ternyata..cuma 35 ribu setiap kemasan 250 gram..sipp dch..langsung ambil. Soalnya Yodha nich lagi suka pizza..bisa jebol di kantong dech kalau ke pizza hut terus..dan juga asal ada si keju yang meleleh2 ini..bikin pizza sendiri..jauh lebih enak dan murah. Kalau dulu sich males bikin pizza sendiri..lha liat harga keju mozzarella di supermarket kadang sampai 76 ribu gitu..sayang aja..hihi. Sekarang udah nemu yang murah..sipp dech..bisa sering2 bikin pizza sendiri. 
65

Monday, March 10, 2014

Oseng Kikil dan Tempe Cabai Hijau


Kikil..cingur..cecek..atau apa lah..semua bagian kulit sapi yang kenyil2..aku suka banget..enak sich unik rasanya..apalagi kalau masih ada sedikit daging yang nempel2 di bagian dalamnya..wah itu enak banget. Biasanya kikil memang masih sebatas aku oseng tapi masaknya..atau di buat sate kikil..kayak yang ada di warung soto Mbok Giyem Boyolali..itu juara banget sate kikilnya. Untuk masakan lain..seperti mie kikil..soto kikil..lontong kikil dll masakan kikil yang berkuah..memang belum niat mencoba...soalnya takut amis gitu kalau di buat masakan berkuah..tapi sekali waktu nanti perlu di coba juga sich..kan mana tau rasanya enak atau tidak ya..kalau belum coba. Tapi yang jelas..olahan kikil favoritku tetep..oseng kikil..cabe hijau dan berkecap gini..hihi. Biasanya cuma kikil aja yang di oseng..atau aku tambahin tahu..atau tempe..kayak yang aku masak kemaren..semuanya enak.
8

Sunday, March 9, 2014

Empek Empek Kapal Selam & Keriting


Masih ada satu ekor ikan tegggiri di freezer..kemaren langsung aku buat empek2..soalnya beberapa hari kemaren beli empek2 Ny Kamto..kurang puas makannya..kecil2..hihi. Apalagi Yodha juga udah suka empek2 sekarang..jadi kemaren begitu aku bilang mau buat empek2 buat makan siang..dia langsung semangat..aku mau..mau mi..katanya..hihi. Lagian udah nemu resep andalan buat empek2..yakni resep Ny Liem..jadinya sebenernya kalau mau makan empek2 ya lebih enak bikin sendiri..lebih banyak hasilnya..lebih murah..dan lebih enak. Beneran  lho..resep Ny liem ini enak banget..empuk dan nggak alot empek2nya..lebih enak dari empek2 Ny Kamto...hihi..kuah cukonya juga mantab. Dan yang jelas..satu resep hasilnya banyak..jadi puasa makannya. Resep ini juga bisa di buat aneka macam empek2..kayak kemaren aku bikin kapal selam dan keriting. Cuma..empek2 keritingnya kurang cantik..karena cetakan putu mayangku udah agak jebol bawahnya..hihi. Wah..padahal cuma satu2nya yang aku punya...cari cetakan putu mayang di sini kok susah ya..punya satu itupu di beliiin temen..dulu di Jakarta.

68

Saturday, March 8, 2014

Pindang Daging & Telur Kudus



Pindang Kudus..adalah menu favorit keluargaku yang udah sering aku masak di rumah. Rasanya seger..gurih sedikit manis dengan bumbu khas dari kluwak yang bikin masakan ini sangat sedep dan enak. Biasanya aku masak pindang daging atau pindang ayam..semuanya enak. Di tambah telur coklat..perkedel..tempe goreng dan sambal rawit yag pedas..wuih..enaknya. Tapi kemaren lagi malas masak macam2..jadinya..telur aku jadikan satu sekalian di masak bareng kuah pindangnya..enak juga ternyata..telurnya bisa kecoklatan dan gempi juga kayak di semur. Yodha suka banget. Dah jadi praktis dech sekali masak dapat dua lauk..daging buat suami dan  telur buat Yodha. Yodha emang masih agak susah di suruh makan daging yang nggak di olah..jadi lumayan lah..di makan pakai telurnya dan perkedel..serta kuah pindangnya..dia udah suka banget.
8

Friday, March 7, 2014

Udang Goreng Krispi


Bukan hanya ayam saja lho..yang enak di goreng tepung krispi teman2..udang juga..dan hasilnya..selain enak..renyah dan gurih..lapisan tepungnya juga bisa berlapis dan keriting..kayak ayam goreng krispi. Udang yang tadinya kecil..jika di goreng krispi begini jadi keliatan besar kan..karena memang lapisan tepungnya cukup tebal..di buat dengan tehnik celup adonan basah dulu..baru di guling2 ke adonan kering.

15

Jadah Bakar


Kemaren..lagi pengen makan jadah bakar..jadi bikin sendiri..mumpung ada pak tukang yang bersih2 rumput di halaman..jadi ada yang bantuin makan..hihi...soalnya di rumah ya cuma aku yang doyan. Bikinnya juga dikit..cuma 1/4 ketan..niat banget ya teman..hihi. Memang..aku sich suka iseng aja..kalau lagi pengen sesuatu ya..bikin aja..walau cuma dikit..buat tombo kangen.
14

Thursday, March 6, 2014

Martabak Mini Labu Kuning


Labu kuning lagi melimpah di pasar deket rumahku..murah sekali..beli 2000 aja dapat banyak..jadilah kalau ke pasar selalu beli..walaupun belum kepikiran mau di buat apa..tapi selalu ada stock labu kuning di kulkas. Yapp..labu kuning adalah bahan yang sangat menarik buatku untuk selalu uji coba bikin aneka jajanan. Karena kalau di sayur atau di kolak aku malah kurang suka tekturenya..tapi kalau di buat kue2..seneng banget..selain tambah enak kuenya..warnanya itu lho yag jadi kuning cantik..alami.
14

Wednesday, March 5, 2014

Lontong Tuyuhan Khas Rembang


Sudah sarapan teman2 ?..Mau sarapan yang beda ? Ayuk ke Rembang..di sana ada kuliner khas namanya Lontong Tuyuhan. Kejauhan ke Rembang buat sarapan?..Ya udah..ayuk masak sendiri di rumah ya lontong tuyuhannya..jadilah menu sarapan khas Rembang ini..tersaji hangat di rumah. Apa bedanya lontong tuyuhan dengan lontong opor biasanya ?..Kayaknya sama ya ?..Beda teman2..! Citarasanya sangat berbeda..karena kuah opornya memakai campuran bumbu cabe rawit ..jadi terasa pedas dan lebih nendang rasanya. Dulu pertama nyoba..agak ragu juga...bumbu kuah opor kok pakai cabe rawit..tapi setelah nyoba..enak ternyata. Kuahnya jadi semriwing pedas cabe rawit yang khas..cuma memang nggak di rekomend buat anak2 ya...karena pakai cabe rawit pedasnya...kecuali buat anak yang udah biasa makan pedas ya nggak masalah sich..kalau Yodha aku kasih kemaren..udah marah2 dia...hihi.
22

Tuesday, March 4, 2014

Ayam Goreng Lengkuas



Ayam goreng bumbu lengkuas..buat yang belum pernah coba mungkin terkesan aneh ya teman2..lengkuas kok di buat bumbu ayam goreng dalam jumlah banyak..apa tidak getir..bau ..dll ?..Jawabannya tidak sama sekali..justru membuat ayam gorengnya semakin gurih..dan..bumbu remah2 dari lengkuas parutnya pun sangat enak ketika ikut di goreng dan di jadikan taburan ke ayam gorengnya. Gurih banget dech jadinya. Ayam goreng lengkuas ini adalah salah satu ayam goreng favoritku. Cobain dech teman2..kalau nggak percaya..beneran enak lho..^^
18

Ketoprak Betawi


Ketoprak..nama makanan yang unik. Sudah ada dua daerah yang menggunakan nama ketoprak sebagai nama makanan..yaitu ketoprak ala Betawi..dan bakmi ketoprak ala Solo. Kalau yang dari Solo sich masih nyambung ya..karena konon katanya bakmi ketoprak ini di sajikan cuma ketika ada pentas kesenian ketoprak..makanya..di namakan bakmi ketoprak. tapi..kalau ketoprak Betawi..kurang tau juga sich sejarahya gimana..kok bisa di namakan ketoprak. Soalnya kalau di Jateng ketoprak itru adalah nama salah satu kesenian tradisional yang udah hampir punah kali ya sekarang ini. Ketoprak itu adalah sandiwara yang di lakonkan di panggung2..ceritanya mengenai sejarah kerajaan Jawa2 gitu. Wah..jadi kangen nonton ketoprak..hihi..tapi di mana sekarang ada pertunjukan ketoprak ya..sudah jarang sekali ada..kalau di tempatku di Yogya sich dulu terakhir pas kecil..masih sering ada pertunjukan ketoprak..yaitu ketika peringatan tujuh belasan..hihi. Ya udah dech..karena sudah tidak ada lagi pertunjukan ketoprak..mari kita makan ketoprak saja teman2..ketoprak ala Betawi yang yummy..hihi...* nggak nyambung blas ..*
17

Monday, March 3, 2014

Resep Cuanki ( Siomay Kuah Khas Bandung )



Sudah pernah denger atau makan Cuanki teman2 ?..Buat yang tinggal di Bandung..pasti sudah nggak asing ya..sama cuanki..karena di sana ada warung cuanki yang terkenal..yaitu Cuanki Serayu. Aku juga cuma baca liputannya sich..di majalah..hihi..belum pernah coba aslinya. Tapi setelah baca reviewnya..cuanki ini tidak jauh beda dengan siomay kuah yang sering aku makan di salah satu outlet bakso dan siomay di food court Paragon mall Semarang..jadi..kayaknya aku bisa dech bikin sendiri di rumah. 
23

Perkedel Kentang Daging



Dulu aku biasanya suka bikin perkedel lebih seneng polosan aja..tanpa campuran apa2..soalnya pernah coba pakai kornet kok malah eneg menurutku..pakai campuran ati..juga..nggak suka..akhirnya selalu polosan aja. Paling2 di kasih daging ayam rebus yang di cincang halus..dulu pernah coba dan enak..jadi kayak perkedel di fast food gitu. Tapi..karena perkedel ini adalah salah satu lauk favorit Yodha..makanya sekarang lebih sering mencampur perkedel dengan bahan protein lain kayak daging asap..atau daging yang dicincang halus..buat sekalian ngakalin dia biar mau makan daging. Dagingnya di rebus dulu..kemudian di cincang halus dan di campur adonan..jadi enak dech perkedel nya..dan Yodha nggak tau kalau itu di tambahin daging..hihi.
11

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel