Thursday, July 18, 2013

Lauk Praktis dan Ekonomis Buat sahur..^^


Wah..dari kemaren mau posting menu2 yang simple dan cepat buat sahur..tapi kok ya..selalu masih ada lauk yang ku masak sore harinya teman2..jadinya ya..kalau sahur jarang masak baru lagi. Nah..sekarang udah ada nich..resep praktis buat sahur..murah..meriah..dan yang pasti..tetep enak donk...hihi. Apaan tuch..?..Menu biasa sich..mungkin teman2 udah sering bikin..yaitu..orak arik telur dan sayuran. 

Untuk membuat orak arik telur ini sangat mudah dan cepat memasaknya. Jadi bisa tersaji hangat dech pas  saat mau di sajikan. Jadi lebih enak dan fresh. Agar lebih gurih..aku tambahkan beberapa ekor udang..nggak usah banyak2 teman..cukup2 atau 3 ekor aja..di geprek udah nyebarin aroma yang gurih dan enak kok di orak ariknya. Aku memang suka menambahkan udang segar di macam2 tumisan..atau nasi goreng, mie goreng..dll, cukup satu atau 2 ekor udang saja per porsi..udah nambahi rasa gurih yang istimewa. Jadi..hampir selalu ada udang segar yang ku stock di freezerku..udah aku plastikin 2 atau 3 ekor per plastik kecil2..hihi..*Mak irit bener ya..* ..maksudnya..biar gampang gitu ngambilnya teman2..daripada kalau kita satukan di satu tempat..kalau udah beku kan..kudu di thawing dulu ..nah..kalau makainya dikit..terus sisanya di masukin lagi ke freezer...nggak boleh kan..dan enggak sehat lagi..jadi lebih baik di kemas sesuai kebutuhan sekali cemplung ke masakan..kalau butuh lebih kan tinggal ambil beberapa plastik.

Pastikan udang yang kita beli benar2 segar ya..jadi bisa awet di simpan. Sedikit tips...udang yang segar..jika dimasak akan nampak segar kemerahan seperti foto di bawah ini..dan di ujung ekornya tidak ada bercak2 hitamnya. Jika udang yang kita masak di ujung ekornya ada bercak2 hitamnya..berarti udang tersebut sudah tidak segar lagi.


Nah..kembali ke resep orak arik yang enak..bahan utamanya kan kol sama wortel ya biasanya. Nah..biar kolnya kesat dan nggak terlalu berair pas di masak..kol biasanya aku gongso / tumis dulu tanpa minyak..sampai layu. Kalau untuk sahur...kita tumis dulu kolnya sore sebelumnya..jadi lebih cepat lagi di masak orak arik waktu sahur. Wortel juga bisa kita serut atau potong2 dari sore harinya, terus simpan dikulkas...nah pas menjelang sahur, kita tinggal sreng sreng..sebentar..jadi dech orak arik sayuran yang gurih dan enak..

Oke..mau coba orak arik sayur ala aku..ini dia resepnya ya teman..selamat mencoba..semoga bermanfaat..^^

Orak Arik Telur Sayuran

Bahan :
Separo kol ukuran sedang ( 200 - 250 gram ) ,potong kecil memanjang
1 buah wortel, potong korek api
1 batang daun bawang, potong serong
2 buah cabai merah jika suka , potong serong
Udang segar 2 ekor, geprek ( aku tambah lagi 2 buat hiasan..*iseng* )
Kaldu bubuk 1 sendok teh / garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Bawang merah 5 butir, iris tipis
Bawang putih 3 siung, iris tipis
Kemiri 2 butir, sangrai, haluskan

Cara Membuat :
Gongso / tumis kol tanpa minyak hingga kesat. Sisihkan.
Tumis bawang merah dan bawang putih dan udang hingga harum, Masukkan kemiri halus, aduk dan tumis lagi hingga harum. Masukkan sayuran dan bumbu2 lain, aduk rata . Jika perlu tambahkan sedikit air..sedikit saja ya..supaya bumbu2 bisa tercampur merata. Lalu masak sebentar hingga bumbu terserap. Sisihkan sayuran di pinggir  wajan, kecilkan api, tuang sedikit minyak lagi lalu buat orak arik telur di tengah wajan, lalu campurkan dengan sayuran dan aduk lagi hingga semua tercampur dan bumbu meresap. Koreksi rasa sebelum di sajikan. 



8 comments :

  1. udangnya ngga nahan mba hihi
    ijin pin ya mba ke pinterest buat diilerin :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Shinta...^^...silahkan..^^

      Delete
  2. ini lauk plus sayur kalo kefefet. Mudah, murah, cepet lagi. Kadang aku pake untuk isian tahu susur mb Diah. Ih enak banget deh pake udang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..mba Rina..emang sama kayak isian tahu susur ya....atau kadang tak buat isian lumpia basah Mba...hihi..bener banget..lauk kepepet ..tapi aku suka..enak dan gurih..seger..^^

      Delete
  3. Aku buat ini hari ini krn semalem baru pulang dari jalan2x dan yg ada dikulkas kol, wortel kebetulan ada jamur kancing kalengan buat ganti udang. Wah, rasanya emang enak mbak. Anakku yg besar sampe nambah, ini bener2x sensasi krn kalo yg namanya sayur susah banget. Makasi ya resepnya mbak Diah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..senang sekali mendengarnya Mba Wilma..padahal ini masakan rumahan yang bener2 simple dan murah meriah ya Mba..nggak kayak salad2 yang bahan2 nya mahal2..hihi..malah doyan putranya....senengnya ya sebagai Mami..kalau anak mau makan sayuran....^^

      Delete
  4. Maaf Mbak diah telurnya berapa butir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya..maaf mba..lupa ketulis ya..2 atau 3 cukup Mba..met coba ya..^^

      Delete