Yukkk..Bikin Cheese Stick Sendiri..^^


Cheese stick..cemilan gurih kriuk2..enak..rasa kejunya yang gurih dan kuat semakin membuat cemilan gurih yang satu ini banyak di sukai semua kalangan ya..dari orang tua sampai anak2. Yukkk..kita bikin sendiri cheese stick di rumah..lebih enak..hemat juga tentu saja. Walupun kita kasih keju banyak2..tetep murah kok jatuhnya daripada beli cheese stick udah jadi. Tapi harus ada alatnya dulu ya teman2.yaitu gilingan mie..biar prosesnya lebih mudah..apalagi jika adonan cheese sticknya tipe adonan yang hanya di gumpalkan..kayak adonan yang ku buat ini..gilingan mie..sangat di perlukan..selain untuk membentuk..juga untuk menghaluskan adonannya.Ceritanya baru trial gilingan mie merk baru nich..kemaren habis berburu di Ace Hard ware..soalnya gilingan mie lamaku berkarat...gara2 tidak mematuhi aturan..yang setelah pakai tidak boleh di cuci dengan air gilingannya. Karena dulu sering di cuci..jadinya berkarat dech..jadi takut mau make..ya udah beli aja yang baru. Nah..dapat dech di Ace..merk  Krish..lumayan murah dan bahannya bagus..terus lebih aman..karena sudah jadi satu nggak lepasan kayak merk lain yang dulu pernah aku punya. Kalau lepasan gilingan adonan sama gilingan mienya..suka lepas2 gitu pas di pakai..takut juga kalau nge jatuhin kaki..kan sakit..^^

Cuma..ukuran potongan mienya lebih besar yang punyaku dulu..jadi lebih gede2 cheese sticknya..kalau yang merk Krish ini rada kecil..tapi nggak pa2 lah..daripada pegel motong2 sendiri..kalau pakai alat gini kan cepet prosesnya. Oh ya..biasanya aku bikin cheese stick pakai resep yang memakai kuning telur semua..jadi selain renyah, cheese sticknya juga empuk. Kali ini aku bikin resep pakai telur utuh, tapi nggak pake air..jadi adonannya  di gumpalkan saja gitu, baru di tipiskan pakai gilingan mie..sama renyah sich..cuma nggak se empuk kalau pakai kuning telur semua..tapi rasanya bener2 gurih...ngeju dan kerasa bawangnya...karena memakai bumbu bawang merah...enak dan renyah. Jika tidak suka rasa bawang ya hilangkan saja ya..tambahin keju yang banyak..mantap juga..^^

Mau coba bikin cheese stick sendiri teman2..yukk..simak resepnya ya..langsung di step by step aja ya biar cepet ngetiknya..^^
  • Siapkan adonannya dulu ya : 200 gram terigu protein sedang, 20 gram tepung tapioka,  2 butir telur, 1 sachet kecil bumbu kaldu ayam ( 1 1/2 sendok teh ), keju 100 gram,  bawang merah 6 butir, haluskan, baking powder 1/2 sendok teh. Campur semua  bahan hingga bergumpal aja ya..nanti akan di haluskan waktu proses penggilingan.
  • Ambil segumpal adonan, tekan2 dengan tangan supaya padat dan menyatu, dan pipihkan. Jika perlu, bisa di giling manual sebentar pakai rolling pin biasa supaya menjadi lempengan tebal agar lebih mudah di masukkan ke lubang alat giling mienya. Setelah itu baru di Giling pakai gilingan mie sampai halus beberapa kali, pertama dari bukaan agak lebar dulu di setting gilingannya terus ketika sudah agak halus di persempit settingan alat nya biar  rata, lebih halus dan lebih tipis adonannya kayak foto di bawah ini. ( Jadi di alat gilingan mie ada settingan ketebalan adonan..biasanya pakai nomor..kita tinggal pilih sesuai kebutuhan untuk menipiskan adonan )

  • Selanjutnya potong2 adonan memanjang memakai gilingan mie juga..tapi pindah ke bagian pemotongnya ya..pakai yang ukuran paling besar.
  • Udah..jadi dech potongan cheese sticknya..siap di goreng..^^..kalau telaten di lurus2kan dulu  sebelum di goreng, biar cheese sticknya cakep..bentuknya lurus2..kayak kalau beli..tapi aku kok males tadi..hihi..langsung goreng saja..malah lucu kan kruwel kruwel bentuknya..hihi...yang penting enakkk..!
 
  • Cheese sticknya udah matang..selamat menikmati..tuch liat ..yang kuning2 kecoklatan itu kejunya teman2..jadi bukan cuma bau keju..tapi kerasa banget kejunya..mau lebih nendang lagi kejunya....tambahin sendiri ya sesuai selera..pakai keju edam jika suka..hihi.

Note : Resep di atas adalah tipe cheese stick yang renyah..tapi nggak menggembung ya...adonannya memang ambyar dan nanti bisa halus setelah di giling berulang kali di mesin penggiling mie..jika mau yang lebih empuk, bisa menggembung cheese sticknya dan adonannya lebih mudah di bentuk pakai resep yang ini ya..:

Bahan :
125 gram tepung terigu
100 gram tapioka
2 kuning telur
125 gram keju parut
garam sesuai selera
Air kira2 100 ml

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan . hasil adonan ini lebih kalis dari resep pertama, sehingga lebih mudah di bentuk. Selanjtnya lakukan proses yang sama seperti adonan di atas.