Monday, July 22, 2013

Cap Cay Kekian Udang Goreng & Bakso


Cap Cay kekian udang goreng ini..hampir sama dengan cap cay kampung ala Yogya yang sering ku bikin. Kalau di Yogya di sebutnya cap jae..hihi..masakan murah meriah tapi enak banget. Sering di pakai untuk pelengkap makanan jika ada hajatan di tempatku di Yogya. Atau di pasar2 tradisional juga banyak yang jual..biasanya bersanding dengan mie kampung goreng dan di makan dengan sambel tomat..enak sekali.

Nah..kalau biasanya aku bikin yang versi kampung..yang kekiannya cuma dari terigu di beri bumbu dan di adonin air aja..kali ini..aku bikin yang rada kota dikit..biar lebih bergizi...hihi..aku kasih telur dan udang di kekiannya. Jadinya kekian udang goreng..yang kemudian di masak ala cap cay ndeso dech..rasanya..tambah enak tentu saja..kekiannya gurih terasa udang dan empuk, karena memakai telur. Aduch..kalau makan ini..nggak usah pakai nasi aja enak banget..di makan sambil nyeplus cabe rawit..duch..enaknya..atau buat teman makan mie goreng atau bihun goreng juga cocok..cobain dech teman2..enak lho..walaupun makanan ndeso..hihi.

Penasaran..?..Ayukk cobain di rumah ya..^^
Cap Cay Kekian Udang Goreng dan Bakso

Bahan kekian udang goreng:
200 Gram tepung terigu protein sedang / rendah
250 ml air, atau secukupnya utk bikin adonan, seperti  adonan bakwan, tapi kosong gak pakai isi sayuran.
Udang kupas 50 gram, haluskan 
1 butir telur

Bumbu kekian :
1 siung bawang putih
2 sdk teh kaldu bubuk,atau garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk

Pelengkap:
Bakso 5 butir, belah 2
Wortel 1 buah, potong bulat tipis
Kol/kobis , potong kasar
Daun bawang 2 btg, potong kasar juga
Daun sledri dan bawang goreng utk taburan

Bumbu Cap Cay Goreng :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
Merica butiran, 6 butir
Telur 1 butir
Bumbu kaldu 1/2 sendok teh,  garam secukupnya
Kecap manis 1 sendok teh

Cara memasak :
Campur adonan kekiannya, terigu,air, udang halus dan bumbu halus, sampai adonan kental spt bakwan, cukup di aduk pakai sendok..jangan di uleni.goreng sesendok demi sendok ke minyak panas, sampai adonan habis..
Setelah dingin potong2 kcl memanjang atau sesuai selera
Haluskan bawang putih, merica, kemiri, tumis hingga matang dan harum, masukkan bakso, sayuran, aduk sebentar, tambahkan sdkt air, beri bumbu kaldu / garam, gula pasir sdkt, stlh itu masukkan kekian palsu dan kecap manis..Aduk sampai bumbu meresap dan kering.
Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan irisan sledri..di makan hangat 2 dengan sambal tomat..atau pake cabe rawit juga enak..hehe..

8 comments :

  1. aduhhh kliatannya gampang mbak, aku udh nyoba ayam bacemnya tp yang bakar. enak... :)
    o ya mbak kuliner enak di banyumanik dimana ya?

    Dora

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Dora..gampang banget kok..kuliner di Banyumanik..banyak Mba..mau makan apa?..Soto..ada soto Angkring mas Bud..di Jatiraya.atau Soto Sedep di Karangrejo Banyumanik. Mau pecel enak..pecel perjuangan Bu Mar..di jati juga..atau mau sup ayam...ada sup ayam Pak Min di Jati..mau mie atau capcay enak..ada mie tio..di Sukun raya , tapi cuma buka sore hari. Mau bebek bakar yang mantap..ada bebek perawan bakar di bebek Judes..di sukun raya juga..mau Gudeg yang enak..Gudeg Bu Lies di Karangrejo Banyumanik juga..banyak dech..^^

      Delete
  2. It's done! Ini resep ke-2 yg newbie coba dari blog ini setelah kering tempe... hehehe... Makasi resepnya Mbaaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya sippp dech..ayukk semangat..coba yang lain juga ya..:)

      Delete
  3. mbak Didi salam kenal...seneng bgt liat blog ini palagi pas ketemu resep jadul milik keluarga sy jd inget masakan Alm.Ibu dulu...saya jg seneng banget makan Cap Jahe ndeso...suka cemal cemil tepung gorengnya itu..oiya klo aq bikin cap cay pake saos tiram dikit rasanya hmpir sama spt diwarung2, tp kalo Cap Jahe ndeso ga pake saos tiram, soale cap Jahe ndeso emang rasanya pribumi bgt...hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.aku suka yang ndeso juga..pakai kecap aja paling dikit..:D

      Delete
  4. Hi Mbak... salam kenal... sy mau tanya Mbak... yg d kekian goreng ini pake nya terigu tapi di kekian yg kukus pake nya tapioka ya?

    ReplyDelete
  5. mba kalo udang diganti ayam enak nggak ya soalnya ditempat saya nggak ada udang seger adanya ebi atau rebon

    ReplyDelete