Google Ad

Tuesday, February 8, 2022

Rollade Daun Singkong & Tahu

 


Rollade Daun Singkong & Tahu

Selamat pagi, 

Ini menu kemaren sore ya teman-teman, serba dedaunan. ๐Ÿ˜€ Rollade Daun Singkong & Tahu, dan Jangan (Sayur) Mbayung.


Jangan (Sayur) Mbayung.


Resep Jangan (Sayur) Mbayung

Bahan :
  • 1 ikat Mbayung ( daun Kacang Panjang Muda )
  • 100 gram tempe semangit
  • 700 ml santan sedang
  • 2 sendok teh kaldu sapi
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah
  • Garam sesuai selera
  • 1 sendok mkn rebon
  • 1/2 papan petai, kupas, potong jadi dua
  • Bumbu, Ulek kasar saja :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1/4 sendok teh terasi bakar
  • 5 cabe merah, 3 cabai rawit merah ( sesuai selera )

Cara Membuat :
  • Petiki daun Mbayung bagian yang muda, cuci bersih dan sedikit di peras agar lemes
  • Tumis bumbu hingga matang dan harum
  • Masukkan santan dan semua bumbu, didihkan
  • Masukkan daun Mbayung, tempe semangit dan pete
  • Masak hingga Mbayung matang, koreksi rasa

Resep Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan :
  • 300 gram tahu putih
  • 100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit , bisa juga pas rebus daun singkong di tambah sdkt grm
  • Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
  • Bawang putih 1 siung
  • Kaldu bubuk rasa ayam 2 sdk teh
  • Gula pasir 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
Cara Membuat :
  • Haluskan tahu, campur dengan bawang putih halus dan bumbu2 lain...cek rasa. Tambahkan telur, aduk rata.
  • Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya..taruh daun singkong rata menutupi tahu. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2
  • Celup ke adonan tepung seperti mendoan... goreng hingga matang.
Selamat mencoba!

0

Ayam Lodho


Ayam Lodho

 
Selamat sore,

Kita mau buka rahasia resep penghabis nasi sore ini. Alhamdulillah hujan-hujan bisa makan nikmat, asal mau kluthekan dulu masak di dapur ya teman-teman. ๐Ÿ˜€

Aku masak 'Ayam Lodho', urap dan nasi gurih yang merupakan paduan yang pas dan istimewa ini teman-teman. Wong londo bilang: PERFECT MATCH. Kalo orang Jawa bilang : ENTEK AKEH. ๐Ÿ’•

Ayam, salah satu menu yang paling sering muter di dapurku karena semua suka dan bahan mudah di dapat. Apalagi kalau di Semarang sini, walaupun malas belanja keluar rumah dan kalau mau masak ayam kampung kecil gini nich sangat mudah, karena bisa pesan ke IG @astamajayafarm.

Ayam kampung dari @astamajayafarm ini ayam kampungnya ukuran kecil, jadi pas jika dimasak utuh begini dan pas untuk keluarga kecilku teman-teman. Karena ukuran kecil tentu harga juga lebih ekonomis ya dibanding beli ayam kampung di pasar yang relatif lebih besar.

Jadi buat teman-teman di Semarang yang membutuhkan ayam kampung ukuran kecil untuk kebutuhan masak sehari-hari atau untuk acara khusus, atau bahkan untuk jualan menu ayam goreng, katering, dll. Pas banget nich ukuran kampung segini, bisa pesan di IG @astamajayafarm ini ya ... Untuk area Semarang, tanpa minimal order bisa antar ke rumah kita lho dan ayam selalu fresh dipotong ketika ada pesanan. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•


Urap

RESEP AYAM LODHO

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung ukuran kecil atau sedang
  • 1000 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 5 buah cabai rawit merah utuhan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 3 buah cabai merah, 5 cabai rawit ( jika suka lebih pedas cabe sesuaikan selera ya )

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, agak tidak langu.
  • Masukkan santan, dan semua bumbu lain.
  • Biarkan hampir mendidih.
  • Masukkan ayam yang sudah di bakar setengah matang, utuhan atau di potong sesuai selera.
  • Masak sambil sesekali di aduk hingga mengental kuahnya
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat dengan urap dan nasi gurih
Selamat mencoba!
1

Bihun Jagung Goreng

 


Bihun Jagung Goreng

Selamat sore,

Wah hari ini dari pagi hujan terus baru berhenti siang di sini teman-teman. Mau ke pasar jadi mager, padahal sudah niat aku mau masak macam-macam. Untuk memenuhi request resep dari teman-teman besok ya? Semoga gak hujan dan bisa belanja lagi.

Akhirnya aku masak seadanya bahan aja tadi, oseng buncis dan bikin 'Bihun Jagung Goreng'.๐Ÿ˜€๐Ÿ’•

Tinggal tambah sambel goreng kentang ati, serundeng dan ayam goreng, udah jadi seperti menu nasi kotak kalau ada hajatan di Semarang. ๐Ÿ˜€

Aku suka bihun beras, tapi kadang-kadang ya kepengen bihun goreng ndeso pakai bihun jagung ala Semarangan gini. Biasa ini untuk isian nasi kotak atau di warung-warung nasi ramesan, dan juga banyak di jual di warung-warung jajanan atau di pasar. Seperti di depan pasar Rasamala ada yang jual mie dan bihun goreng ndeso yang enak.

Bedanya dengan bihun ndeso Yogya, kalau ala Yogya biasanya pakai bihun beras warna putihaa tanpa kecap, kalau bihun goreng Semarang gurih manis berkecap seperti ini.

Yuk bikin sendiri teman-teman, murah meriah enak lho!

RESEP BIHUN JAGUNG GORENG

Bahan :
  • 1 keping bihun jagung...merk Ibu atau Iboe ya itu yang di supermarket atau merk lain sesuai selera.
  • Berat kira2 140 gram
  • Rebus hingga mekar di air mendidih, tiriskan..campur dgn 2 sdk mkn kecap manis
  • 1/2 wortel, iris
  • 3-4 lembar kol, iris kasar
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 1/2 sdk teh kaldu ayam
  • Bawang goreng dan seledri cincang untuk taburan

Bumbu Halus:
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri sangrai
  • 1/2 sdk teh merica butiran
  • Kalau mau tambah sedikit ebi boleh ..cuma aku pas gak ada tadi..tapi tetap enak kok
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga matang betul
  • Masukkan wortel, aduk hgg layu
  • Masukkan kol, daun bawang, aduk rata
  • Masukkan bihun, kaldu ayam
  • Aduk rata hingga meresap
  • Tidak perlu air yaa..jadi kalau bihun ndeso gini tekturenya gak lembab / basah..gak perlu air ...jadi di makan kondisi dingin tetap enak.
  • Cek rasa..jika suka lebih manis..tambah kecap seusai selera..kalau aku 2 sdk mkn udah pas rasanya..
  • Sajikan dengan taburan sledri cincang yang banyak biar sedep dan bawang goreng yaaa..

*) Aku gak pake garam ya teman-teman, aku ganti dari kaldu ayam kan udah ada garamnya dan aku suka makan bihun gini digado, sambil nyeplus lombok rawit ijo, jadi suka rasa gurih yang soft enak kalau digado. Beda lagi suamiku, bihun jagung goreng ini ditambah suwiran ayam goreng. Katanya kebiasaan sejak kecil. ๐Ÿ˜€

Selamat mencoba!
2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel