Monday, July 29, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 22 ...Perpaduan antara Garang Asem Pekalongan dan Asem Asem Rahayu Demak


Judul yang aneh ya..teman2..hihi,..iya nich..habis bingung mau kasih judul apa masakannya. Asal muasal masakan ini begini..aku kan sering makan asem2 khas Demak yang terkenal..yaitu Asem Asem Rahayu..yang terkenal di Demak..tapi udah ada beberapa cabang di Semarang. Nah..karena suami juga suka sekali..aku akhirnya pengen bikin sendiri. Akhirnya pas  makan asem asem Demak di cabangnya di food court Paragon Mall..belum lama kemaren..aku bener2 analisa..kira2 apa bumbunya. Dan kesimpulanku sama suami..ini versi asem2 yang unik..yaitu pakai kluwak. Nah..akhirnya beberapa waktu kemaren aku coba2..ngarang sendiri bikin asem2 ala Rahayu ini..hasilnya udah enak..cuma kok kayak kebanyakan kluwak..hihi..terlalu pekat kuahnya, karena aku pakai 2 buah kluwak untuk 1000 ml kuahnya. Padahal aslinya enggak pekat..encer aja dan cenderung soft rasa kluwaknya. Akhirnya cari2 referensi resep lain..kok enggak ada di mana2. 

Ini hasil uji coba ku yang dulu..asem2 Demak ala Rahayu hasil karanganku sendiri bumbunya..rasanya udah enak juga..cuma terlalu kental kuahnya..^^


Hari ini..karena sibuk bikin kue kering..jadi pengen masak yang cepat2 saja. Kebetulan sudah bikin kaldu daging paginya..dan daging tetelannya juga udah empuk..jadi tinggal di olah aja. pengen bikin yang cepat dan praktis..tapi seger..langsung dech keinget asem2 Rahayu ala Demak ini. Cuma..karena kemaren belum puas uji cobanya..cari2 referensi lain dech..dan  tiba2 keingat Mba Rita..yang dulu pernah posting garang asem khas Pekalongan di blognya. Nah..dulu ku lihat sich mirip sama asem2 Rahayu ini penampakannya,..makanya penasaran mau ku coba..setelah liat di blog Mba Rita yang memang asli Pekalongan..pasti otentik nich resepnya....ijin coba ya Mba..masih penasaran nich..hihi. Tapi di bahan2 Mba Rita nggak ada asemnya..jadi aku modif sendiri ya..aku tambahin asem..karena kalau asem asem Demak ala Rahayu itu rasanya asem seger Mba..kerasa banget asemnya...dan samar2 terasa ada kluwaknya. Selain itu bumbu2nya di haluskan..nggak di iris2..jadi aku coba versi yang ala asem2 Rahayu bumbunya ku haluskan semua tadi, kecuali cabai rawitnya. Dah..akhirnya aku coba dech tadi..dan hasilnya..mirip lho mba Rita..sama asem asem Rahayu..setelah aku tambah air asam Jawa 2 sendok makan. Ternyata..asem2 Demak ala Rahayu yang ku coba2 rasanya mirip2 sama Garang Asem Pekalongan bumbu2nya. Cuma lebih terasa asemnya..kalau asem2 Rahayu..^^

Buat teman2 yang suka buka puasa pakai menu yang berkuah dan segar..pas banget nich..ayukk di coba  ya..boleh kasih nama sesuai selera..hihi..mau garang  asem Pekalongan..atau asem asem Demak..mirip sich..hihi..^^..yang penting rasanya enak dan seger banget..pas banget buat buka puasa...ini dia resepnya ya..aku modif dari resep mba Rita..makasih ya mba sebelumnya...^^

Bahan :
250 gram daging tetelan sapi
Kluwak  1 buah
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
2 buah tomat hijau
2 sendok makan air asam Jawa kental
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
1 batang sere, 2 cm lengkuas, dan 2 lembar daun salam
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Rebus daging tetelan dengan 1500 ml air, api kecil sampai daging empuk dan keluar kaldu beningnya dan ukur kaldunya 1000 ml.
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan kluwak. Tumis hingga harum dan matang.Tambahkan sere, laos dan salam. aduk rata.
Masukkan ke dalam air rebusan daging, masukkan caai rawit dan semua bumbu2 lain.
Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil. Terakhir masukkan tomat hijau.
Koreksi rasa sebelum di sajikan.
Sajikan hangat..segerr..! Paling enak di sajikan dnegan telur asin jika suka..dan kerupuk kulit. tapi tadi kami makan pakai  gimbal udang yang gurih dan renyah kayak gini..hemmm..yummy juga..dech..!



1 comment :

  1. sip...ini dia yg kucari...buka puasa dg menu yg seger...

    ReplyDelete