Tuesday, July 30, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari ke 23..Babat Gongso..Versi Praktis ( Semarang )


Karena harus bikin kue kering lumayan banyak minggu ini..jadi masak buat buka atau sahur yang praktis2 saja. Tapi tetep lanjut berkelana lewat masakan ke berbagai daerah di Indonesia..hihi. Tapi maaf nich..dari kemaren kok masih nguplek aja di Jawa terus menunya ya teman2..hihi. Beberapa kali sich coba masakan dari daerah2 luar Jawa..cuma kok belum cucok di lidah rasanya..jadi enggak ku posting..*dasar lidah Jawa..hihi..*

Nah..kali ini menu babat gongsonya yang versi praktis saja..kenapa praktis..karena memakai babat yang sudah di bacem saja..tinggal beli di warung2 pecel atau gudeg..atau wartel kali ada ya..kalau di Semarang banyak sich yang jual babat gongso sudah empuk dan di bacem..jadi kita tinggal olah sebentar..jadi dech babat gongso yang yummy. Karena..kalau kita beli babat mentah di pasar dan merebus sendiri..bener2 ..take time..! lama..baru bisa empuk babatnya. Selain udah empuk..kalau beli jadi yang udah di bacem..rasanya juga udah enak..jadi ketika kita tumis dengan bumbu gongso..udah kerasa dech gurih..dan bumbu2nya udah meresap ke babatnya..jadi enggak perlu waktu lama..menumisnya..jadi..praktis kan..^^

Suka  babat gongso juga teman2 ?..Atau belum pernah coba..cobain yukk..cuma ini aku gabung ya cara masaknya..antara babat gongso dan oseng2 mercon..jadi bumbu2nya ku goreng dulu biar mateng juga, hasilnya..yummy..sungguh..hihi. Tadi suamiku udah buka bersama klien2nya di restoran..eh pulang nanya aku masak apa..ketika aku bilang masak babat gongso..langsung dech minta makan lagi..hihi...emang..kalau kata orang Jawa..babat gongso ioni..*nglawuhi..*..artinya..ngabis  ngabisin nasi..hihi...jadi enak aja walau cuma di makan dengan nasi putih..bisa nambah2 dech..tapi buat yang suka babat lho..hihi..pas nich buat menu buka atau sahur..praktis dan cepat memasaknya..^^
Resep Babat Gongso Versi Praktis

Bahan :
3 potong babat bacem siap beli , potong2 kecil
1 lembar daun salam
2 cm jahe, geprek
2 lembar daun jeruk purut, sobek sobek
1 sendok teh gula merah
1/ 2 sendok teh kaldu bubuk & garam secukupnya
Kecap  manis 1 sendok makan

Bumbu :
8 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh terasi

Cara Membuat :
Goreng cabai, bawang merah dan bawang putih dalam keadaan utuh hingga layu. Haluskan kasar dengan terasi.
Tumis hingga harum dan matang, masukkan 100 ml air, babat dan bumbu2 lain. Aduk rata dan masak hingga meresap, terakhir masukkan kecap manis dan aduk hingga kuah menyusut.
Koreksi rasa.
Sajikan.


2 comments :

  1. hihiiii... gak papa mbak diahh.. kebetulan calon suami aku orang jawa dan cocok sama resep2 yg aku contek dari mbak ^^ btw, babat nya bs diganti daging atau bagian lain gak mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..siiplah kalau begitu Mba Finah..sama2 Jawa juga ya ternyata..hihi.
      Boleh banget mba..di ganti daging atau iso..atau kikil..dll..cuma di rebus dulu sampai empuk ya..baru di gongso..met coba ya mba..^^

      Delete