Google Ad

Monday, April 6, 2020

Terik Daging Campur

Terik Daging Campur

Malam....
Menu malam ini..Terik campur2 ada Daging, Tahu, campur Telur... sekalian biar sekali masak ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Terik Daging & Tempe

Bahan :
  • 300 gram daging, yang mudah empuk ..misal Lulur atau Kisi
  • 5 buah tahu
  • 5 telur rebus
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Kaldu sapi bubuk 2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 50 gram
  • Santan agak kental 1000 ml
Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok mkn ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. 
  • Masukkan daging, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan bumbu2, serta tahu. 
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengental hingga tinggal 1/4 dari jumlah santan awal ya, kuah agak menguning atau kecoklatan, tergantung gula merah yang di pakai..dan daging empuk, telur gempi dan berubah warna itu tandanya sudah matang.
  • Koresi rasa. Sajikan
Beda Terik dengan Opor, Terik di masak hingga mengental dan mlekoh..jadi bumbu2 lebih meresap dan legit. Rasa juga lebih medok..gurih manis enak. Selamat mencoba!
0

Friday, April 3, 2020

Puding Pisang

Puding Pisang

 Sore,

Punya pisang ranum..biar nggak di goreng terus..kita bikin puding aja yukkk ๐Ÿ’•๐Ÿ’• 

Bahan :
  • 1 pack agar2 bubuk plain
  • 1/2 sdk teh nutrijel plain (optional , kalau aku suka pakai krn tekture puding jadi kokoh tapi tetap lembut)
  • 900 ml santan
  • 200 gram gula merah
  • 1/2 sdk teh garam
  • 2 daun pandan
  • 8 pisang, boleh kepok..boleh raja yang penting ranum..matang betul jadi harum, kukus 5 menit, potong2
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan kecuali pisang
  • Masak hingga mendidih
  • Masukkan pisang
  • Aduk rata
  • Matikan api
  • Tuang ke cetakan
  • Dinginkan di kulkas
Selamat mencoba!



0

Asem-Asem Daging Buncis

Asem-Asem Daging Buncis
Pagi....sarapan pagi ini....๐Ÿ’•๐Ÿ’• Cemplungin sisa2 bahan yang ada di kulkas..ada sedikit tetelan dan koyor, ada sedikit buncis..ada 2 tahu..campur2 aja jadi Asem-Asem..seger pas untuk sarapan. Lauknya cukup Tempe Garit aja sama kerupuk..๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜˜ 

Asem-Asem Buncis Campur
  • Daging tetelan yang berlemak 200 gram atau Koyor 200 gram, presto / rebus hingga empuk dengan 1500 ml air
  • 100 gram buncis, potong kecil, 2 tahu, potong kotak kecil
  • Tomat hijau 3 buah, potong sesuai selera
  • Kecap manis 2 - 3 sendok makan / sesuai selera
  • Kaldu bubuk rasa sapi 2 sendok teh dan garam sesuai selera
  • Gula merah 1/2 sdk mkn
  • 1 sendok makan air asam dari 5 mata asam Jawa, remas2 dgn sdkt air
Bumbu :
  • Cabai merah 3 buah, iris bulat
  • Cabai hijau 3 buah, iris juga
  • Bawang merah 6 butir, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
Asem-Asem Daging Buncis
Cara Membuat :
  • Daging tetelan dan koyor di potong kotak kecil.
  • Saring air kaldu, ukur 1000 ml.
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu hingga harum dan matang.
  • Masukkan daging tetelan dan koyor, buncis, tahu dan semua bumbu.
  • Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil, terakhir masukkan tomat hijau. Masak lagi hingga tomat sedikit layu
  • Sajikan hangat.
  • Note: Jika mau pedas tambah cabe rawit, tapi kalau untuk anak2 pakai cabe besar aja. Cabe rawit bisa juga di cemplungin utuhan.
Selamat mencoba!

0

Peyek Ndeso ... Gurih!

Peyek Ndeso (1)
Lihat kacang di dapur..anak Lanang kok request peyek ndeso seperti yang di buatin Budhenya waktu ke Semarang beberapa waktu lalu..peyek yang kacangnya glundungan..utuh2 ..๐Ÿคฃ Soalnya aku kalau bikin peyek mesti versi Semarang yang kacang di iris kecil2..yang praktis dan cepet gorengnya..sekali goreng langsung kering.

Peyek Ndeso (2)

Peyek Ndeso (3)

Kalau versi ndeso gini bikinnya agak ribet, karena harus dua kali goreng.. pertama di alumi ( seperti di foto slide 2 ) dulu ..terus di dinginkan ..baru di goreng.

Kalau langsung goreng kacang gak bisa renyah, peyek mudah gosong. Yo wis lah demi anak Lanang..dan pas dia makan langsung habis 5 peyek hingga detik ini masih nyemil dia...terus itu komennya yang heboh..ilang capeknya dech.

Sampai belum masak lauk makan malam..baru sempat nyayur rebung ๐Ÿ˜… (slide terakhir fotonya ya)

Bahan :
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 300 - 325 ml air, kurang lebih di kira2 saja hingga adonan encer, tapi terasa adonannya jika di aduk
  • 1 butir telur
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus
  • 250 gram kacang tanah, cuci bersih
  • 2 sdk teh kaldu ayam dan garam secukupnya
Bumbu halus :
  • 2 bawang putih
  • 2 sdk teh ketumbar
  • 1 cm kencur
  • Campur semua bahan , aduk hingga jadi adonan encer
  • Panaskan minyak di wajan cekung, tidak perlu terlalu banyak dulu
  • Tuang 1 sdk sayur adonan, di minyak yang sudah panas
  • Goreng setengah kering masih putih ya, seperti foto slide 2 , lakukan hgg adonan selesai
  • Dinginkan minimal 1 jam, lebih lama lebih baik baru di goreng kembali di minyak banyak hingga kering
Noted : utk peyek jadul gini aku lebih suka ala ibuku yang tidak pakai kemiri dan tidak pakai santan, jadi enak di cemal cemil, nggak mblengeri gurihnya ringan ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
Adonan peyek setengah matang ini bisa juga di simpan sehari sebelumnya, besok baru di goreng. Jaman dulu kalau ada hajatan biasa bikin peyek banyak, sehari sebelumnya bikin peyek aluman ( setengah matang ) bisa belasan hingga puluhan tampah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…..hari berikutnya baru di goreng hingga kering.

Selamat mencoba!



0

Thursday, April 2, 2020

Oseng Cumi Hitam

Oseng Cumi Hitam

Pagi... Sarapan pagi ini..ini aja ya...Oseng Cumi...๐Ÿ’• Mbak menunya kok gonta ganti..apa belanja tiap hari ke pasar..kan lagi di rumah saja ?

Nggak sich.. belanjaan hari Minggu kemaren ini...terus kadang suka nitip Budhe Sayur langganan.

Budhe Sayur langganan tiap hari masih ke rumah..walau kadang sampai rumahku udah kelarisan tinggal bumbu2 aja..katanya malah laris manis jualannya sejak ibuk2 pada di rumah aja...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ...

Tapi walaupun gak bawa apa2 yo tetep aku minta ke rumah..karena mesti ada aja makanan yang aku kasih ke Budhe...jadi belanja atau nggak belanja tetep mampir.

Tapi Budhe Sayur ini baik hati..kadang nggak di minta suka nyapuin halamanku..padahal udah aku larang. Habis dari rumahku..dia ke rumah seorang Eyang yang tinggal sendiri, gak di bayar lho...masakin dulu baru pulang atau kerja yang lain jadi art pocokan.

Jadi itulah..makanya di tengah kondisi susah seperti ini dia tetap jualan..dan nyatanya ya tetap laku, malah laris manis...intinya tetap semangat ya teman2 ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Okay.. kembali ke resep ya... Biasanya aku masak cumi hitam bumbu ulek yang pedes gitu..tapi karena ini masak untuk Yodha sekalian...jadi nggak aku buat pedes. Aku kombinasi aja bumbu ulek dan iris..hasilnya tetap sedepppp ๐Ÿ˜‹

Bahan:
  • 500 gram Cumi segar
  • Cuci bersih, lumuri air jeruk nipis, bilas, potong2.. tintanya jangan di buang
  • 2 cabai merah besar, 2 cabai hijau besar, iris
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih, iris
  • 2 tomat hijau, iris
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk teh kaldu ayam, secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh merica
Bumbu halus :
  • 4 kemiri sangrai
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • Tumis humbu iris , masukkan bumbu halus
  • Masukkan cumi, dan semua bumbu
  • Aduk2, cek dulu jika air yang keluar dari cumi sudah banyak, tidak perlu di tambah air
  • Aduk2 dan masak api besar
  • Jangan terlalu lama agar tidak alot
Mateng? Mateng lah..cumi salah satu seafood yang sangat mudah matang..๐Ÿ‘Œ
Selamat mencoba!

0

Wednesday, April 1, 2020

Brongkos Pepaya Muda


Brongkos Pepaya Muda


Pagi,

Sarapan pagi ini..cukup manasi Brongkos Pepaya Muda yang aku buat kemaren sore..๐Ÿ’• Brongkos Yogya itu banyak variasi..sayur macam2 bisa masuk..salah satunya Pepaya Muda..ini enak di brongkos..palagi campur Tetelan sama kulit melinjo..๐Ÿ˜‹..tapi kulit melinjo ku habis. Yang wajib ada itu kacang tholo aku kalau bikin brongkos..soalnya di gado aja enak ๐Ÿคฃ

Ini Brongkos nya udah *medok ya..karena udah nginep Semalam terus di panasi..tapi memang aku suka kalau udah medok gini bumbu tambah meresep..๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Ada juga yang brongkos jenis kuah agak encer, nggak pekat gini kuahnya..kayak kalau beli di warung2 di Yogya itu..tapi aku kurang cocok..lebih seneng yang mlekoh gini je...ala ibuku ๐Ÿค—

Brongkos Pepaya Muda

Bahan :
  • 100 gram daging tetelan / sandung lamur
  • 200 gram kacang tholo, rendam semalam atau hingga mekar
  • 100 gram tahu, boleh putih atau goreng / tahu plempung
  • 200 gram pepaya muda , potong kotak
  • 4 telur rebus
Bumbu :
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah kluwak
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1 cm kencur
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok makan gula merah / secukupnya
  • 2 buah cabe merah
  • Cabai rawit utuh secukupnya 
  • 1/2 sendok teh terasi
  • Santan cair 1000 ml
  • santan kental 200 ml
  • Garam secukupnya,bumbu kaldu bubuk rasa sapi 2 sdk teh
  • 2 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
Cara Membuat :
  • Haluskan bumbu bumbu , kecuali lengkuas , serai dan daun jeruk. 
  • Tumis hingga harum, lalu masukkan daging, kacang tholo, tahu, telur rebus dan santan cair, masukkan bumbu2 dan pelengkap lain, lalu 
  • Ungkep hingga daging dan kacang tholo empuk, pepaya muda dan rawit bisa di masukkan setelah daging dan kacang tholo setengah matang supaya tidak terlalu empuk. 
  • Cicipi rasanya, jika sudah pas masukkan santan kental. 
  • Aduk rata..masak sebentar lagi hingga meresap.
Selamat mencoba!

0

Tuesday, March 31, 2020

Rempah Udang Gurih

Rempat Udang Gurih

Pagi,

Ini lauk teman makan Lodeh Tuju Warna kemaren teman2....sekalian bikin banyak untuk di kirim ke Mbah Uti Yodha...๐Ÿ’•๐Ÿ’• Rempah Udang..ini gurih enak..cocok untuk teman lauk Sayur Lodeh. 

Rantangan Lodeh 7 Warna, Rempah Udang dan Bandeng.

Lauk Bandeng.

Papine Yodha biasanya nggak suka lauk berbahan kelapa..kemaren pas makan tak cemplungin aja satu ke piringnya.. maksudnya biar nyoba..eh habis itu..minta lagi ๐Ÿคญ 

Mana lauk yang bulet2 tadi.. lagi katanya enak gurih..๐Ÿคฃ Makanya tho Pakne Yodha..ojok nolak2 makanan buatan istri..mesti enake wis ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ

Rempah Udang Gurih

Bahan:
  • 1/2 butir kelapa (sedang, tidak terlalu tua tapi sudah bisa diparut panjang).
  • 50 - 100 gram udang, dikupas dan dihaluskan.
  • 1 butir telur ayam.
Bumbu, dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih.
  • 1/2 sdt ketumbar.
  • 2 butir kemiri, disangrai.
  • 3 buah cabai rawit.
  • 1/4 sdt merica butiran.
  • 1/2 sdt gula pasir.
  • 1 sdt garam/bumbu kaldu instan rasa ayam.
Cara Membuat:
  • Campur kelapa yang sudah diparut, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat pipih, atau bulat lonjong, sesuai selera.
  • Goreng ke dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan dan kering.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Silahkan disajikan.
Selamat mencoba!
0

Monday, March 30, 2020

Lodeh 7 Warna

Lodeh 7 Warna.

Sore,

Maaf baru mateng Lodehnya teman2 ๐Ÿคฃ

Soalnya masak beberapa masakan sekalian buat di kirim untuk Eyang Yodha.

Lodeh ini tradisi Yogya yang di masak di saat ada pageblug atau wabah..kaya akan filosofi yang baik...intinya kita tetap berusaha, tapi utamanya berserah diri kepada Yang Maha Kuasa.

Sayuran ada 7 macam warna warni, Kluwih, Kacang Gleyor ( Kacang Panjang), Terong, Waluh, Kulit Melinjo, Daun So dan Tempe. Tiap macam Sayur punya makna..tapi nggak akan aku bahas ya..kalau yang belum tau dan ingin tau baca saja di internet banyak tulisan..khawatir menimbulkan pro dan kontra. Biarlah kami orang Yogya yang meresapi maknanya.

Tapi Sayur Lodeh ini bukan obat suatu penyakit ya..yang jelas ini enak..๐Ÿ˜‹๐Ÿ’• 

Bahan :
  • 1 buah Kluwih, potong sesuai selera, jika sudah tua, buang bijinya jika kluwih tua jika muda gak usah, rebus sebentar di air mendidih agar getah hilang
  • 1 terong ijo, potong2
  • 1/8 buah waluh, potong2
  • 50 gram kulit melinjo
  • 5 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • 1 genggam daun so
  • 100 gram tempe ( segar bisa, aku pakai semangit ), potong-potong
  • 5 buah cabai rawit ( sesuai selera ), potong serong
  • 5 buah cabai merah , potong serong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah atau gula pasir
  • 1 sendok teh garam, atau secukupnya, 2 sendok teh kaldu sapi
  • 2 sendok makan rebon
  • 1000 ml santan encer saja
Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah, 2 bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdk teh terasi bakar

Cara membuat :
  • Tumis bumbu.
  • Masukkan santan dan semua bumbu.
  • Masukkan kluwih, kulit melinjo dan tempe semangit dulu, masak api kecil hingga kluwih agak empuk.
  • Masukkan waluh, terong, kacang panjang dan daun so (daun melinjo).
  • Masak sebentar lagi hingga semua sayur matang
  • Koreksi rasa
Note :
  • Jika nggak mau di tumis bisa juga..setelah bumbu di ulek langsung cemplungin ke santan.
  • Aku lagi kepengen versi di tumis ala ibuku biar tambah sedep.
Selamat mencoba!
2

Sunday, March 29, 2020

Sayur Orak-Arik

Sayur Orak-Arik

Sarapan telat..pakai ini aja..hasil *gresek2 kulkas..nemu sayuran ini.. langsung bikin Orak Arik saja... simple dan cepat..lha gimana..pagi udah pada nyemil pisang goreng..kok Yodha masih nanya.. sarapannya apa Mi ? ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Ya udah ini aja ya Kak..sama goreng sosis ๐Ÿ˜…

Kalau resep Orak Arik pasti udah pada bisa semua kan teman2? Mau resepnya nggak..? Aku kasih tips ya..agar orak arik sayur yang pakai kol..tidak berair, kolnya setelah di iris, di sangrai dulu hingga keset..cobain dech hasilnya beda lho.. Terus jika mau lebih gurih, tambahkan 1-2 ekor udang segar jika ada waktu menumis bumbu, atau sedikit ebi, orak arik akan makin gurih lho ๐Ÿ’•

Orak Arik Telur Sayuran

Bahan :
  • Separo kol ukuran sedang ( 200 - 250 gram ), iris kecil memanjang
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 50 gram buncis, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, potong serong
  • Udang segar 2 ekor, geprek
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh / garam secukupnya
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Bawang merah 5 butir, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Kemiri 2 butir, sangrai, haluskan
  • 2 butir telur

Cara Membuat :
  • Gongso / tumis kol tanpa minyak hingga kesat. Sisihkan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih dan udang hingga harum
  • Masukkan kemiri halus, aduk dan tumis lagi hingga harum.
  • Masukkan sayuran dan bumbu2 lain, aduk rata Lalu masak sebentar hingga bumbu terserap dan sayur layu. Sisihkan sayuran di pinggir wajan, kecilkan api, tuang sedikit minyak lagi lalu buat orak arik telur di tengah wajan, lalu campurkan dengan sayuran dan aduk lagi hingga semua tercampur dan bumbu meresap. 
  • Koreksi rasa sebelum di sajikan.
Selamat mencoba!

0

Pisang Goreng Madu

Pisang Goreng Madu

Pagi,

Pagi ini mau ke pasar kok..maju mundur cantik..akhire gak jadi ๐Ÿคญ
Tapi selama di kulkasku masih ada bahan masakan..selama tukang sayur masih mampir rumah..selama masih bisa minta tolong suami belanja ke supermarket terdekat..aku akan tetap share resep2 di sini ya teman2..bukan tidak peka kondisi..tapi ini juga salah satu cara agar pikiran tetap positif..tetap berkreasi sesuai minat masing2 di rumah ya...


Nengok kulkas aja..masih ada stok pisang ranum oleh2 ibu dari yogya waktu lalu..aku bikin ini aja..
Pisang Goreng Madu..ala2 aku aja...

Ini bukan pisang goreng gosong ya..tapi memang demi mirip sama Pisang Goreng Madu yang terkenal itu...gorengnya kudu 3 kali...๐Ÿคฃ..
No debat ..goreng 3 kali gak sehat ya..iya sudah tau...tapi sebagai pengulik resep sejati aku kan penasaran biar sepeti aslinya gimana hasilnya kalau di goreng tiga kali beneran seperti aslinya..


Tak ceritain ya prosesnya..


Pertama..goreng di cetakan apem..ini fungsinya utk nyetak biar bentuk bulat hingga setengah matang, selanjutnya pindah ke wajan yang minyak agak banyak...nah di gorengan kedua ini sudah enak sebenernya..tapi warna belum se coklat ini.


Nah karena penasaran biar bisa coklat eksotis gitu setelah dingin aku goreng lagi...dan..hasilnya seperti ini..ya lumayan udah mirip ya..terus rasanya lebih renyah pinggirannya dalemnya tetep empuk..kira2 begitu dech..
Sekian laporan uji coba Pisang Goreng Madu ala Pisang Goreng Madu terkenal di Jakarta itu ya.

Bahan :
  • 1 sisir pisang yang ranum..bisa raja..atau kalau pakai kepok...pilih kepok urang / kuning yang manis rasanya
  • 150 gram terigu
  • 30 gram t beras
  • 30 gram t tapioka
  • 200 ml air
  • 100 ml Madu ( jumlah madu tergantung kemanisan madu yang di pakai ya..aku pakai madu randu, segini pas manisnya )
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh vanili

Cara membuat:
  • Campur adonan tepung
  • Masukkan pisang yang di iris kecil2
  • Aduk rata
  • Panaskan cetakan apem..beri minyak sedikit masing2 cetakan
  • Tuang adonan
  • Goreng hingga setengah matang
  • Masukkan ke wajan lain berisi minyak agak banyak yang udah di panaskan
  • Goreng hingga matang
  • Sampai tahap ini sudah bisa di nikmati sich...
Tapi jika mau ada efek2 renyah pinggirannya..setelah dingin goreng lagi ketiga kalinya

Selamat mencoba!
0

Saturday, March 28, 2020

Tahu Isi Sayur

Tahu isi sayur.
Sore,

Yodha sore ini katanya kangen Tahu Isi Sayur..๐Ÿ˜… Wah...harus cek kulkas dulu..adanya tapi tahu kulit biasa bukan tahu Pong, kata Yodha nggak apa2 ya udah bikin bentar..mateng dech..๐Ÿ’•๐Ÿ’• Tetep enak sich walaupun nggak pakai Tahu Pong yang berkantung tipis seperti biasa Tahu Isi Semarang..malah ada bagian tahu yang masih lembut. Kalau di Yogya jenis tahu isi yang pakai Tahu semi basah gini di sebut Tahu Susur..๐Ÿคฃ 

Tahu isi Sayuran


Tahu Isi Sayuran

Bahan :
  • 10 buah tahu kulit, potong serong
  • Kalau pakai tahu putih, goreng dulu bentar hingga berkulit agar lebih kokoh.
Bahan pencelup :
  • 100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam sesuai selera
  • 1/2 cm kunyit, haluskan
  • 1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • Air kira2 150 ml ( secukupnya hingga kental sedang adonannya )
Bahan isi :
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 25 gram tauge pendek / panjang
  • 5 lembar kol, iris halus
  • 50 udang segar, kupas, cincang halus ( gak pakai gak pa2 )
  • 1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk , garam secukupnya
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • 50 ml air
  • 1 batang daun bawang, 2 sledri, iris halus
  • Bumbu halus untuk tumis sayuran :
  • 2 siung bawang putih , 3 siung bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica butiran
Cara Membuat :
  • Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran lain dan bumbu lain. Masak hingga sayuran layu.
  • Belah tahu jadi dua bentuk segitiga, belah agak dalam, isi dengan tumisan sayuran hingga penuh, sambil di tekan agar rapi isiannya.
  • Celup ke dalam bahan pencelup, lalu goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Jadah Tempe

Jadah Tempe, Ala Kaliurang Yogya.

Pagi,

Aku rindu... rindu kulineran..rindu ngubek2 pasar tradisional, rindu motret makanan eksotis di tempat aslinya..kangen bercengkrama sama Mbah2 penjual makanan tradisional..๐Ÿค— Semoga semua segera berlalu ya teman2 cobaan ini... Mengobati rasa rindu itu...pagi ini aku buat Jadah Tempe Bacem ala Kaliurang Yogya...๐Ÿ’•๐Ÿ’• Udah mirip kan sama aslinya yang di jual di sana...rasanya juga ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Resep jadahnya udah pernah aku buat video ya..tapi nggak dipadatkan, setelah halus habis di jojoh..langsung di bentuk bulat pipih..segera pas masih hangat.
Di sini resepnya : #resepjadahdiahdidi





Resep Tempe Bacemnya Bahan :
  • 15 tempe bungkus daun
  • 800 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua tahu terendam air kelapa )
  • 100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera )
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, geprek atau iris tipis juga
  • ½ sendok teh ketumbar, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok teh garam ( secukupnya )
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
Cara membuat :
  • Siapkan panci, masukkan tempe dan semua bumbu
  • Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil sampai air menyusut.
  • Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke tempenya.
  • Ketika merebus, sesekali balikkan tempe agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau mau lebih manis ya tambah gulanya
  • Masak hingga hampir habis kuahnya
  • Goreng hingga kecoklatan sebentar saja
Selamat mencoba!
0

Steak Sapi Simple

Steak Sapi Simple
Sore,
Jam 15.00 teng.. udah bilang laper lagi Yodha ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Katanya dia rindu makan di restoran. Ya udah aku tanya dia rindu makan apa..Yodha bilang pengen Steak.

Langsung dech minta tolong papinya keluar bentar ke toko daging deket rumah beli bahan Steak komplit ada di sana ๐Ÿ˜ƒ.. alhamdulilah masih aman..tokonya kan gak ramai banget dan bersih juga.

Langsung masak bentar...mateng dech..๐Ÿ’•
Untungnya aku punya stok bumbu Steak siap pakai yang di pakai buat balurin Daging Steak..jadi cepat dan praktis.

Beli di IG @jayskitchenspice...cara pakai juga mudah..siapkan daging steak ( has dalam ) potong tipis2..lumuri bumbu tabur dari @jayskitchenspice, diamkan di kulkas minimal 30 menit, langsung bisa di panggang dech.. dagingnya ๐Ÿ’•๐Ÿ’•
Jika suka sedikit manis lumuri sedikit kecap watu memanggang steaknya.

Saus :

Bahan Saus coklat rumahan :
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 400 ml kaldu sapi / atau air biasa
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan margarin untuk menumis
Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombai,
  • Masukkan air
  • Masukkan bahan lain
  • Masak hingga meresap
  • Kentalkan dgn 1 sdk mkn maizena yang di larutkan sdkt air
Selamat mencoba!
0

Rawon Malang


Rawon Malang
Menu maksi kali ini..masih edisi rindu kulineran..yuk kita loncat ke Malang..makan Rawon..tapi di dapur sendiri ๐Ÿคฃ

Jadi ingat waktu main ke Malang, semua warung Rawon terkenal aku cobain satu2..sampai Yodha dan papinya pada mblenger Rawon..pas di warung terakhir mereka malah udah nggak mau nyoba Rawonnya..pada pesen menu lain.. Tapi alhamdulilah kalau aku masak Rawon di rumah pada lahap Lauknya Bacem Tempe sisa tadi pagi ae ya ๐Ÿคญ 
Cobain yuk, resep yang aku suka yang versi ini..karena di website ku ada beberapa versi resep rawon ya...aku suka ini..karena bumbu sedep, ringan, segar.. 

Bahan:
  • 400 gram daging tetelan
  • 1.300 ml air
  • 4 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 1 batang serai ambil putihnya, memarkan
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 batang daun bawang
Bumbu Halus:
  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah keluak seduh
  • 1 cm kunyit bakar
  • 3 butir kemiri sangrai
Bahan Pelengkap:
  • Taoge
  • Telur asin
  • Bawang goreng
  • Sambal
  • Jeruk nipis jika suka
Cara Pengolahan :
  • Rebus daging tetelan dan air sampai matang.
  • Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tuang ke rebusan daging. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula merah Masak sampai matang api kecil.
  • Cek ras, masukkan daun bawang
  • Sajikan rawon dengan pelengkapnya
Selamat mencoba!
0

Friday, March 27, 2020

Sup Rollade Ayam

Sup Rollade Ayam

Sore,

Inspirasi menu harian kali ini... memanfaatkan bahan yang ada di kulkas, aku buat Sup Rollade Ayam.

Seger, di padu sama Perkedel, bisa jadi menu anak2 sekalian orangtua ๐Ÿคฃ๐Ÿ’• 

Sup Rollade Ayam

Bahan Rollade :
  • 200 gram daging ayam bagian dada
  • 100 gram udang kupas sudah bersih
  • Tapioka 50 gram
  • 1 butir putih telur
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk ( atau bawang putih segar 1 siung di haluskan )
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan sedikit garam
  • 1 sendok teh gula
  • Bahan kulit :
  • 2 butir telur
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
Cara : Aduk rata semua bahan, saring, buat dadar di pan anti lengket

Cara membuat :
  • Proses semua bahan rollade memakai food processor, keculi tepungnya.
  • Jika sudah rata, masukkan TEPUNG, aduk ringan saja hingga rata
  • Ambil 1 buah dadar, olesi adonan secukupnya, lalau gulung . Bungkus dengan plastik atau daun, ikat rapat dan kencang kedua ujungnya.
  • Kukus 30 menit
  • Dinginkan, baru di potong2 utk sup

Kuah Sup

Bumbu :
  • 2 bawang putih, cincang
  • 1/4 bawang Bombay, cincang ( ganti bawang merah jika nggak ada )

Bahan sup :
  • 2 buah wortel, potong tipis menyerong
  • 20 gram jamur kuping, seduh, iris2
  • 2 batang daun bawang, potong2
  • 2 tangkai sledri, potong2
  • Bawang goreng secukupnya
  • 800 ml air kaldu ayam atau air biasa jika nggak ada
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Kaldu ayam 1 sdk teh
  • Secukupnya garam

Cara membuat :
  • Tumis bawang
  • Didihkan air, masukkan bawang yang udah di tumis..dan bumbu2 lain serta wortel dan jamur, masukkan daun bawang terakhir
  • Sajikan dgn taburan sledri dan bawang goreng
  • Rollade bisa di simpan di freezer jika sisa , bisa di goreng juga.
Selamat mencoba!
0

Thursday, March 26, 2020

Lontong Tahu Telur Gimbal

Lontong Tahu Telur Gimbal.

Siang,

Makan siang kali ini..mau share resep Tahu Gimbal Semarangan kok udah sering banget aku share, nah bikin yang versi Kudus aja..yang bahannya sama..cuma beda bentuk..tahunya di goreng sama telur..pernah di oleh2 hin versi gini sama tetangga samping rumah yang asli Kudus dulu enak juga..seger, kuahnya agak encer..๐Ÿ’•๐Ÿ’• Bahan untuk 2 porsi ( karena tadi pagi aku udah makan , bikin dua porsi aja untuk Yodha dan Papinya..๐Ÿ˜…) Katanya kalau khas Kudus pakai kecap sana yang khas THG..tapi aku gak punya..pakai Mirama aja ๐Ÿ˜…..di Kudus kata temen malah ada di jual bumbu kecap tahu telur gini ya sudah siap pakai... tinggal di ulekin kacang.

Bahan :
  • 2 Lontong
  • Gimbal udang
  • Kol iris halus
  • Taoge seduh
  • Bawang goreng dan seledri cincang
  • Krupuk

Bahan tahu telur :
  • 2 telur, kocok lepas dgn sdkt kaldu jamur
  • 2 tahu putih, iris kecil

Buat dadar di minyak agak banyak, Agar bisa agak kering, Jadi dua dadar

Bumbu kacang ( mau encer atau kental sesuai selera, kalau yang pernah aku makan bumbu agak encer jadi seger )

Bumbu untuk 2 porsi:
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Haluskan :
  • 1 bawang putih
  • 1 cabai rawit, sesuai selera ya..utk Yodha dan Papinya request cuma cabe 1 ๐Ÿคฃ
  • 1/4 sdk teh garam
Cara Membuat:
  • Masukkan kacang tanah goreng 50 gram, gerus
  • Masukkan air panas 350 ml
  • Tambahkan 1 sdk teh air asam dan kecap 2 - 3 sdk mkn
  • Cek rasa, jika sudah pas... sajikan bersama pelengkap

Gimbal Udang

Tadi aku juga cuma buat dikit karena cuma ada sedikit udang di freezer
Ini versi kriuk Gimbalnya..tapi bukan seperti peyek yang awet kriuk berhari2 ya.

Bahan :
  • 200 gram udang kecil, gak usah di kupas
  • 80 gram tepung beras
  • 70 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 130 ml air
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu:
  • 1 bawang putih
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/8 kunyit bubuk
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan
  • Sendokkan ke minyak panas
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Tuesday, March 24, 2020

Mie Kopyok Semarang

Mie Kopyok Semarang
Sore,

Hikmah di rumah saja...pada nrimo..makan apa saja yang di masak Emaknya..dengan syarat..kudu ganti gak boleh sama... kata Yodha sarapan..makan siang, dan makan malam..๐Ÿคฃ.. Emaknya tak kurang akal..sering masak simple aja.. tinggal lengkapi banyak buah atau jus..itu Yodha bisa bikin sendiri..aman.

Masak menu sepinggan seperti ini..misal tahu campur, dll...nah hari ini bikin Mie Kopyok...jadi nggak perlu masak lauk dan sayuran terpisah. Pokoknya variasi..di kombinasi aja..misal siang tadi makan Mie Kopyok yang agak kurang protein, makan malam nanti menunya yang kaya protein, ikan ..lengkap sama sayuran, tahu tempe goreng, dan tumisan aja yang cepet.

Jadi nggak capek juga walaupun 3 kali masak...๐Ÿ˜… Yuk bikin.. mudaaaah

Mie Kopyok Semarang

Bahan :
  • Mie kuning rebus secukupnya
  • Tahu Pong , iris2
  • Lontong
  • Taoge panjang, seduh
  • Bawang goreng, sledri
  • Krupuk karak..wajibbbb
Bahan kuah :
  • 1500 ml air
  • 4 bawang putih, ulek dgn 1 sdk teh gula pasir agar tdk langu aroma bawang mentah banget
  • Rebus
  • Beri garam 2 sdk teh.. penyedap kaldu jamur secukupnya
  • Tambahkan kecap manis 3-4 sdk mkn
  • Didihkan
  • Cek rasa
  • Tata pelengkap di piring
  • Tuangi kuah
  • Sajikan dgn sambal

Kalau utk anak-anak biar tambah protein boleh di tambah bakso ya.. Video juga udah pernah aku share, disini : #miekopyokdiahdidi




0

Friday, March 20, 2020

Udang Kremes Cabai Garam

Udang Kremes Cabai Garam

Siang,

Menu Yodha hari ini..Udang Kremes Tabur Cabe Garam.
Di padu tumis Sawi asin tahu, request Yodha...pas dech.

Teman2 jika suka olahan ala resto misal tahu cabai garam, udang cabai garam, dll.. sekarang sudah ada bumbu cabai garam yang praktis lho tinggal tabur aja dari @jayskitchenspice

Kalau suka lada hitam..ada juga blackpaper sea salt. Ini cocok untuk di tabur di steak..kentang goreng, dll ya..jika ingin rasa beda daripada taburan garam biasa.

Nah kali ini aku kreasikan untuk taburan kremesan..enak juga...lho ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Tapi Kremesan ya jangan di buat terlalu asin ya, agar rasa manis alami udang yang muncul..nah untuk penyeimbang asinnya taburi cabai garam dari @jayskitchenspice ini..pas rasanya ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Kremesan aku pakai resep seperti di website ku www.diahdidi.com yang adonannya di masak dulu.

Bahan :
  • 100 gram tapioka
  • 300 ml air
  • 2 bawang putih
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 /2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • Masak semua bahan hingga mengental
  • Haluskan dengan blender ( aku pakai hand blender, panas2 sgr haluskan.. tambahkan 1 kuning telur
  • 300 gram udang kupas, lumuri 1/2 sdk teh garam..1/4 sdk sdk teh merica
  • Celup ke adonan kremesan
  • Goreng hingga keeemasan
Cara detailnya nanti aku upload videonya ya..belum aku edit ๐Ÿ™ Selamat mencoba!
0

Pecel Tumpang

Pecel Tumpang.

Siang.. Maksi dulu yukkkk...

Tanpa Nasi aja..udah kenyang ๐Ÿ˜…๐Ÿ’• 

Pecel Tumpang

Bahan : 
  • sayur rebus sesuai selera aja..aku tadi pakai bayam, kecipir, taoge , kenikir rebus.
Bumbu sambel tumpang :
  • 1 papan tempe semangit ( kira2 500 gram )
  • Tempe yang sudah nginap suhu ruang 2-3 hari.
  • 5 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit ( sesuai selera )
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kencur
  • 1 sendok makan gula merah
  • Santan sedang 600 ml
  • 2 sendok teh bumbu kaldu instan sapi
  • Garam secukupnya
  • 1 lembar daun salam dan 2 cm lengkuas, memarkan.
Cara Membuat :
  • Rebus semua bahan sambel tumpang sampai empuk, kecuali santan dan gula, salam , dan lengkuas.
  • Haluskan bumbu rebus dan tempe haluskan kasar saja , tidak perlu sampai halus banget.
  • Masukkan kembali ke panci, tuangi santan dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut hampir kering dan bumbu meresap.
  • Jangan lupa cek rasa yaJika suka bisa di tambahkan Tetelan atau koyor agar kuah makin sedep ya.
  • Di tambah tahu, atau krecek juga boleh, tapi kalau yang untuk pecel tumpang gini, aku suka pakai tempe semangit saja yang udah agak ada aromanya ๐Ÿคญ๐Ÿ˜…..jadi sedep alami.
Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel