Google Ad

Sunday, July 5, 2020

Kerang Masak Tauco

Kerang Masak Tauco


Malam teman-teman, 

Ini adalah menu makan malam barusan.

Simpel dan cepat aja, yaitu  Kerang Masak Tauco ... karena Yodha masih penasaran dengan aneka olahan menu Tauco ... aku masakin yang ini, maksud-nya coba-coba, eh dia syukaaaa πŸ’•

Bahan :
  • 250 gram kerang kupas
  • 3 sdk mkn tauco
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 4 cabe merah
  • 4 cabe hijau, iris
  • 1 serai
  • 3 daun jeruk
  • 2 cm lengkuas
  • 2 tomat ijo, iris

Bumbu halus:
  • 3 kemiri
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 2 cm jahe
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan cabe, kerang, air 150 ml
  • Masukkan serai, lengkuas, daun jeruk
  • Masukkan 1 sdk teh gula pasir
  • Masukkan tauco, kecap
  • Masak hingga meresap sampai air menyusut
  • Cek rasa

Note : 

Selamat mencoba!

0

Terik Tempe

Terik Tempe


Siang teman-teman, 

Terik tempe yang dimasak hingga asat (menyusut) kuahnya ... sampai kuah santan mengental dan menyelimuti tempenya.

Terus tempe-nya jadi medhok empuk banget teman-teman ... ini kalau di Yogya biasa dimakan bersama gudangan/urap, atau kalau nggak digado juga enak.

Lebih enak lagi kalau pakai tempe koro atau benguk ... tambah eksotis rasanya πŸ’•

Kalau nggak sama Gudangan ... Terik kering gini juga enak dimakan sama Sambel Bawang πŸ˜‹πŸ˜‹

Ini aku campur sedikit daging..jadi tambah sedep 🀣 Terik ini bukan Semur ya jadi tanpa kecap teman-teman, bisa sampai kecoklatan gitu karena dimasak lama pakai api kecil dan pakai gula merah ... rasanya sedep gurih manis enak πŸ’•

Terik Daging & Tempe

Bahan :
  • 250 gram daging berlemak / tetelan
  • 10 tempe bungkus daun kecil2
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan 
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Kaldu sapi bubuk 2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 50 gram
  • Santan sedang 1500 ml
Bumbu halus :
  • 8 buah bawang merah 
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan bumbu2 lain, serta tempe. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengental dan daging empuk.
  • Koreksi rasa. Sajikan
Selamat mencoba!
0

Friday, July 3, 2020

Tauto Pekalongan

Tauto Pekalongan

Pagi teman-teman,

Menu tadi malam ini teman-teman, Tauto Pekalongan ... yummy lho ... Pasti banyak yang suka.

Yodha jadi ketagihan olahan tauco nich..setelah suka Kangkung Tauco ... pas aku tawarkan bikin soto ... langsung semangat ... padahal dulu sering kulineran ke Pekalongan ... kalau ditawari makan soto ini Yodha gak mau coba...🀣 ... sekarang setelah tau rasanya jadi suka Tauco dia 🀭

Tauto adalah Soto khas Pekalongan..yang di sajikan dengan Sambal Tauco..jadi kemerahan gitu warna Sotonya..tapi ini tetap segar lho teman2 rasanya.

Tauto Pekalongan

Bahan :
  • 400 gram Daging Sapi..( aku pakai Tetelan Lulur, yang mudah empuk walau tanpa di presto ) potong kecil2, rebus
  • 2 sereh
  • 2 daun salam
  • 2 cm jahe, memarkan

Bumbu :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1/2 sdk teh merica butiran
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus , masukkan ke rebusan daging
  • Tambahkan bumbu rempah daun salam dll
  • Masukkan kaldu sapi 2 sdk teh
  • Gula pasir 1 sdk teh
  • Secukupnya garam
  • Masak dengan api kecil hingga meresap

Sambal Tauco:
  • 6 bawang merah, iris
  • 6 cabai merah, haluskan
  • 100 gram Tauco
  • 40 gram gula merah
  • 2 daun bawang, iris halus
  • 200 ml air
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan cabai
  • Masukkan tauco..air dan gula
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa..tidak perlu garam..tauco udah ada rasa asin
  • Masukkan daun bawang
  • Sajikan soto dengan ketupat/nasi
  • Tuang Sambal Tauco di atasnya

Nah..punya resep menu khas daerah teman2..Ayuk ikutan #giveawaybundadidi2020 .. masih sampai akhir bulan Juli ini ya periodenya...πŸ’•πŸ’•
0

Kangkung Tauco Hot Plate

Kangkung Tauco Hot Plate

Pagi teman-teman,

Sarapan pagi ini enak banget ... Karena apa? Yang masak Si Ganteng-ku. πŸ˜ƒ

Sudah potong rambut dia ... mau di-video-in lagi pas dia masak ... Pas masih gondrong kemaren tiap hari bantu masak sich ... tapi malu direkam video katanya. 🀭🀣

Pagi ini Yodha masak Kangkung Tauco Hot Plate ... Enakkkk Gila! πŸ‘Œ

Sekarang dia suka tauco sejak makan di resto kemarin, Kangkung Tauco-nya enak, terus sering request bikin sendiri. 😍

Kangkung Tauco Hot Plate

Bahan :
  • Kangkung, kalau kangkung pasar se-ikat aja ... kalau kangkung supermarket bisa 2 ikat kecil. 
  • 10 bakso, masing-masing dibelah dua.
  • 2 sdk mkn tauco
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk mkn gula pasir
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 2 cabe , iris
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu iris, masukkan tauco.
  • Lalu, bakso, kangkung, bumbu.
  • Aduk cepat.
  • Cek rasa.
  • Sajikan di Hot Plate.
Selamat mencoba!

0

Thursday, July 2, 2020

Cracker Isi Ragout Keju

Cracker Isi Ragout Keju

Sore teman-teman, Ini cemilan sore tadi ...πŸ’•πŸ’•

Salah satu gorengan favoritku selain Risoles, Kroket, Bitterballen, Pastel, Martabak Mini, Mendoan, Bakwan, Tahu Isi..Misoa...Lumpia..Sosis Solo... dkk..🀭🀣

Lha terus yang nggak suka apa ya? πŸ˜‚ Koq banyak banget yang disuka ya?


Cracker Isi Ragout Keju

Bahan :
  • 20 buah crackers gurih ( tanpa taburan gula )
  • Keju lembaran secukupnya
  • 200 gram ayam rebus, cincang
  • 200 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
  • 200 gram kentang, rebus, lumatkan
  • 2 batang daun sledri , cincang halus
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok teh kaldu rasa ayam
  • 1 - 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay, 1 bawang putih, cincang
  • 200 ml air
Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang, masukkan terigu, aduk hingga berbutir
  • Masukkan air, dan semua bahan lain. Aduk rata hingga mengental
  • Koreksi rasa, hingga terasa pas ragoutnya. Harus ada rasa gurih dan manis
  • Dinginkan
  • Ambil selembar cracker, isi dengan ragout secukupnya sedikit dulu...beri keju lembaran di tengah, tutup ragout. Tutup dengan cracker lain
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Celup kocokan telur, lapisi panir halus, goreng
Note :
  • Jika ragout terlalu lembek...tambah saja kentang lumat, bumbu tapi disesuaikan tapi yaaa ...
Selamat mencoba!


0

Wednesday, July 1, 2020

Tahu Goreng Marinasi

Tahu Goreng Marinasi

Siang, 

Semenjak mempraktekkan Resep & Metode Desaku Marinasi waktu itu, sekarang otomatis deh semua gorengan pakai Resep & Metode Desaku Marinasi.. soalnya seisi rumah pada suka.. Tempe Goreng yang crispy & meresap bumbunya sampai ke dalam. Sewaktu goreng ayam, terong, tahu, atau ikan lele.. sama juga....ludes diserbu hehehe… lumayan…nggak bingung lagi mau masak apa.. iya kan, Ibu-Ibu ?
Nah, kemarin ketemu produk baru “Desaku Marinasi”… wah senang banget, langsung beli langsung coba deh ….ehh, beneran lho.. nggak perlu repot menakar & *tidak campur-campur lagi…* jadi *lebih praktis* kan kalau mau bikin gorengan.. dan rasa gorengannya *lebih pas* dan *lebih mantap* !!
Semakin yakin deh kalau *Desaku Marinasi bakal menjadi sahabat setia di dapurku*… Ibu-Ibu juga wajib coba yaa.. Ayo Ibu-Ibu kita langsung ke dapur !πŸ’•

Tahu Metode Marinasi

Bahan :
  • 500 gram tahu
  • 1 bungkus bumbu @desakumarinasi , Campur dgn 5 sdk makan air
  • Goreng tahu tanpa bumbu dulu, setengah matang
  • Tuang setengah bagian bumbu Marinasi
  • Balik Tahu
  • Tuang sisa bumbu Marinasi
  • Goreng hingga agak kering
Bumbu kuah :
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 10 buah cabe rawit hijau, haluskan
  • 1 sendok makan petis udang ( sesuai selera )
  • 3 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
Cara membuat kuah :
  • Rebus semua bahan hingga mendidih. 
  • Koreksi rasa. 
  • Sajikan dengan tahu goreng
Selamat mencoba!


0

Sop Ayam Kampung

Sop Ayam Kampung

Siang teman-teman,

Menu maksi Yodha tadi siang πŸ’•πŸ’•

SOP AYAM KAMPUNG ala Pak Min Klaten

Di menu ini aku pakai ayam kampung muda yang beli di supermarket "S" itu lho teman-teman, murah dan mudah empuk ... pokoknya dihafalin aja hari apa stock baru datang ke supermarket-nya, jadi masih fresh ayamnya ... murah enak ... se-ekor cuma Rp 40-50 ribu biasanya. πŸ˜ƒ

Aku share resepnya lagi ya .. soalnya aku menyesuaikan ukuran ayam yang kecil ini ya teman-teman:

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung ukuran kecil, potong jadi 8 bagian, cuci bersih, lumuri 1 sendok makan air jeruk nipis, bilas kembali.
  • Rebus ayam api kecil dengan 1.500 ml air, hingga air kaldu bening.
  • Tumis 3-4 bawang putih , geprek, tumis.
  • Masukkan ke rebusan ayam.
Tambahkan Bumbu:
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 2 cm jahe geprek
  • 1/8 pala ( biarin utuh )
  • 1 sdk teh ebi, seduh air panas
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula pasir
Cara Membuat:
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Taburi bawang goreng dan seledri cincang
  • Sajikan dgn kecap manis, sambal dan jeruk nipis
Selamat mencoba !

0

Monday, June 29, 2020

Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu

Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu

Siang, 

Jika Yodha dan Papinya pada sarapan Sei Sapi tadi ... aku sarapan beginian saja, sedang pengin yang seger-seger gitu. 🀣🀣 Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu plus Sambel Jenggot bener-bener seger tenan teman-teman πŸ’•πŸ’• Jangan Bobor Pepaya biasanya pakai bayam tapi kali ini pakai pucuk daun labu jadi lebih sedep lho teman-teman. Aku suka texture daun labu ini yang unik, gak mudah lembek dan rasanya khas, pokoknya sedep banget.πŸ’• Kalau di yogya, Jangan Bobor dipadu Sambal Jenggot, yaitu sambal dari kelapa muda, dikukus dan dicampur tempe semangit (lebih enak lagi jika tempe semangit yang udah ber “aroma” 🀣) bumbunya; cabe rawit merah, cabe merah, cabe bawang putih juga di kukus, kasih garam dan sedikit penyedap rasa misal sedikit kaldu jamur, kalau suka lebih sedep, jadi sambel sehat nich teman-teman...πŸ’•πŸ’•

Cara makan Bobor sama Sambel Jenggot gini, karena kuah bobor seger, jangan dicampur ya, habis nyendok sayur dan nasi, baru nyuap sedikit sambal juga 🀣🀣 Jadi unik rasanya, jangan diaduk sama kuah bobor ya ... nanti jadi sayur oblok-oblok lho ... πŸ‘ŒπŸ˜‚ 

Bobor Pucuk Labu

Bahan :
  • 1 ikat pucuk labu.. ambil bagian yang muda saja ya.. sama pucuk-pucuk batangnya.
  • 1 pepaya muda ukuran kecil, potong tipis-tipis.
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1sdk mkn gula pasir ( gak pk gula merah ..agar kuah tetap putih )
  • 1sdk teh kaldu jamur dan garam secukupnya ( kaldu jamur itu penyedap alami dari jamur.. cocok utk menu sayuran gini.. kalau gak ada skip aja)
  • Secukupnya garam
Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1 cm kencur
Cara Membuat :
  • Didihkan santan
  • Masukkan bumbu halus dan bumbu lain
  • Masukkan pepaya muda dan pucuk labu
  • Masak hingga matang
  • Cek rasa
Selamat mencoba !
0

Cumi Item

Cumi Item

Sore,

Menu hari ini di rumah hanya ada ini teman-teman, belum ada menu baru ..πŸ€£πŸ™ Tetep di-share aja ya? Walau udah sering aku post menu-menu ini .. siapa tahu ada yang masih bingung mau masak apa besok ya πŸ’•πŸ’• Masih mau resepnya gak nich ?

Cumi Masak Tinta

Bahan :
  • 500 gram cumi ukuran sedang
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
  • 1 sendok teh kaldu sapi / dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air ( sesuai selera mau agak nyemek atau kering )
Bumbu Halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah, buang biji agar tidak pedas
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 1 cm jahe
Cara Membuat :
  • Bersihkan cumi hingga benar-benar bersih di air mengalir, hati-hati waktu mencuci bagian kepala agar tinta tidak pecah waktu di cuci. Remas-remas dengan 1/4 sendok teh garam dan biarkan tintanya pecah sehingga keluar semua tintanya. Sisihkan
  • Tumis bumbu hingga benar-benar matang
  • Masukkan cumi dan semua tintanya, tambahkan air dan semua bumbu, tutup panci
  • Masak dengan api besar sekitar 5 menit saja, jangan terlalu lama ya agar cumi tidak alot
  • Koreksi rasa, segera sajikan hangat dengan Nasi putih yang masih ngepul...nyam..nyam...! Jangan Lombok ijo Tahu
Bahan :
  • 5 buah tahu putih, kukus, potong kecil2
  • 50 gram tempe semangit, potong bbrp bagian untuk menyedepkan kuah aja
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 1000 ml santan sedang
Bumbu :
  • 200 gram cabai hijau keriting, potong serong tipis2
  • 8 buah bawang merah, iris tipis2
  • 4 siung bawang putih, iris tipis2
Cara membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum, masukkan cabai hijau, aduk hingga cabai layu. Masukkan santan dan semua bumbu2 lain. Didihkan. Masukkan tahu dan tempe, lalu masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.
  • Tempe semangit bisa di skip jika tidak suka..itu buat penyedap kuahnya aja
Selamat mencoba!

0

Gembus Goreng


Gembus Goreng

Sore, Cuma Gembus Goreng yaaa....πŸ€­πŸ˜… Mau kan teman-teman?

Cemilan murah meriah, beli sepapan gembus cuma Rp 2 ribu jika digoreng gini jadi sepiring penuh 🀣

Mendoan Tempe Gembus

Bahan-bahan :
  • 1 papan, kira2 300 gram tempe gembus atau di daerah lain di sebut tempe menjes atau nama lainnya.., diiris tipis melebar
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 400 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
Cara Membuat :
  • Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. 
  • Tambahkan daun bawang. 
  • Aduk rata.
  • Celup tempe gembus ke dalam adonan tepung. 
  • Goreng sampai matang
Selamat mencoba!
0

Friday, June 26, 2020

Coklat Batik

Coklat Batik

Pagi.

Ini cemilan kemaren sore, untuk Yodha dan cucu ponakan yang lagi nginep di rumah, namany Fafa.πŸ’• Bikinnya mudah banget teman-teman, tinggal campur-campur, aduk dan taruh di kulkas, jadi dech.

Coklat ini enaknya di makan dingin-dingin keluar dari kulkas, jadi terasa kres renyah legit.

Untuk coklat masaknya aku pakai dark chocolate dari IG @chefmatechocolate. Di rumah suka semua coklat dari IG @chefmatechocolate ini karena rasa coklatnya terasa banget dan ngga terlalu manis. Kemaren udah bikin beragam olahan coklatnya enak semua.

Bisa untuk celupan donat, croissant, roti, dll.

Kalau dark chocolate-nya di rumah biasa aku lelehkan, kasih coco crunch, mete, rice crispy, dll jadi dech cemilan enak.

Nah kemaren sore aku bikin ini nich coklat batik, pakai coklat Chefmate dilelehkan, campur mentega, susu kental manis, dan biskuit yang di remahkan. Hasilnya jadi coklat bermotif yang cantik..seperti motif batik πŸ’•

Yuk di coba teman2..bisa buat sama si kecil untuk kegiatan seru selama di rumah aja ya πŸ’•

Coklat Batik


Selamat mencoba!



0

Thursday, June 25, 2020

Soto Bandung

Soto Bandung

Malam,

Jam segini baru bisa post menu baru nich teman-teman πŸ™πŸ’• Hari ini aku masak soto lagi, nah biar beda dan nggak bosen aku masak Soto Bandung, segerr rasanya.

Soto ini ciri khasnya pakai lobak, dan kedelai goreng. Tips agar lobak tidak "langu", setelah diiris-iris cuci dengan larutan air dan garam, kalau bilas baru masukkan terakhir setelah soto hampir matang. Jadi lobaknya terasa kres manis dan gak langu ...πŸ’• 

Tempe Garit Goreng

Soto Bandung

Bahan:
  • 500 gram daging sapi bagian kisi atau tetelan enak untuk soto
  • Air 2000 ml
  • Secukupnya garam, kaldu sapi 1 blok
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Pala 1/8 butir
  • Merica 1/2 sendok teh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • Lengkuas 2 cm, geprek
  • Jahe, 2 cm, geprek
  • Serai 1 batang
  • 1bh lobak, potong bulat tipis, cuci air
  • Garam..bilas
  • Tomat, iris2
  • Daun bawang seledri, iris halus, bawang goreng
  • Kacang kedelai goreng secukupnya
  • Jeruk nipis, sambel
Cara Masak:
  • Rebus daging sampai empuk
  • Haluskan bawang merah, putih,dan pala
  • geprek lengkuas dan jahe
  • Tumis bumbu kasar sampai harum
  • Masukan bumbu yg sdh ditumis ke dalam rebusan daging,masukan jahe lengkuas dan serai, daun salam, daun jeruk
  • Masukan garam dan kaldu sapi
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan soto dgn pelengkap
Selamat mencoba!





1

Wednesday, June 24, 2020

Lontong Sayur

Lontong Sayur 

Sore teman-taman, 

Menu malam ini request suami "Lontong Sayur" tapi minta lauknya cuma telur pindang dan orek tempe aja ... Yo wis malah hemat...πŸ€£πŸ’• 

Lontong Sayur

Orek Tempe

Bahan Sayur Labu:
  • 2 buah labu, iris panjang korek api
  • 5 lonjor kacang panjang, potong2
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sereh
  • 1 sdk mkn gula
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 50 gram udang segar (usahakan segar..agar tidak amis kuahnya)
Bumbu:
  • 8 cabai merah
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 kemiri

Tumis bumbu halus:
  • Masukkan udang, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan
  • Masukkan bumbu2 lainnya
  • Didihkan
  • Masukkan sayuran
  • Masak api kecil hingga meresap
Untuk resep telur pindang, bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=_ipOrO-1bDE

Untuk resep orek tempe, bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=SJYAJ_S73ZE

Selamat mencoba!





1

Oseng Soun

Oseng Soun


Pagi, Sarapan dulu yuk teman2 dengan menu cepat, simple, favorit..πŸ’•πŸ˜ƒ Ini Soun-nya pakai soun ndeso yang gede-gede ya, bukan soun impor itu. 

Tumis Soun Jamur

Bahan :
  • 1 ikat soun yang gede2 panjang yang diikat tali bambu ( soun lokal, bukan impor )
  • 50 gram jamur kuping kering, rendam air mendidih hingga mekar, potong2
  • 2-3 sendok makan kecap manis atau sesuai selera aja ya
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu jamur / ayam , secukupnya garam sesuai selera
  • Air 100 ml
  • 8 buah cabai hijau, potong serong
Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
  • Masukkan soun di air mendidih, biarkan hingga lemas dan bening...tapi jangan sampai lunak.. Tiriskan.
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan cabai hijau, air dan semua bumbu lain. Masukkan jamur, tutup dan masak sebentar, lalu masukkan soun, aduk rata hingga kuah terserap di soun dan bumbu merata. Koreksi rasa. Angkat. 
  • Sajikan hangat.
Oseng Soun.

Selamat mencoba!

0

Tempe Goreng Marinasi

Tempe Goreng Marinasi

Siang, 

Menu makan siang tadi Yodha dibikinin Udang Saus Mentega .. Done! Sudah terpenuhi.

Untuk makan siang tadi aku goreng tempe aja,, plus bikin sambal kol aja, sedep banget bisa kembali ke selesa asal.

Tahu gak teman-teman, menggoreng tempe sekarang gak perlu seribet dulu lho, karena aku goreng pakai metode marinasi (IG @desakumarinasi).

Awalnya ragu, goreng tempe bumbunya cuma disiramkan ke dalam minyak goreng begitu apa bisa meresep? Ternyata setelah aku coba beneran hasilnya bisa gurih dan lebih meresap dan penampilan tempe gorengnya itu jadi lebih kuning, cantik dan bersih, lebih menggoda gitu lho.

Sejak itu aku kalau goreng tempenya pakai metode ini. Apalagi sekarang gak perlu ribet campur-campur bahan dech karena sudah ada bumbu Desaku Marinasi siap pakai, yang tinggal di tambah air saja. Hasilnya juga pas gurihnya πŸ’•πŸ’• Yuk teman-teman cobain juga yaa ... Goreng tempe, tahu, ikan jadi lebih mudah dan praktis dech.

Tempe Goreng Marinasi

Bahan:
  • 500 gram tempe
  • 1 bungkus bumbu @desakumarinasi , campur dgn 5 sdk makan air
  • Goreng tempe tanpa bumbu dulu, setengah matang
  • Tuang setengah bagian bumbu Marinasi
  • Balik Tempe
  • Tuang sisa bumbu Marinasi
  • Goreng hingga agak kering
Sambal Tempe & Kol

Bahan :
  • 15 buah cabai rawit, 5 cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 buah kol, potong kecil panjang, goreng hingga layu
  • 1 sendok teh terasi bakar / goreng
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula merah
  • 2 potong tempe goreng
Cara membuat :
  • Goreng cabai dan bawang, haluskan kasar dengan terasi dan bumbu lain. Jangan terlalu halus ya..ulek kasar aja cabenya.
  • Masukkan kol, tempe goreng, penyet hingga tempe agak hancur, aduk rata.
  • Cicipi rasa, udah pas belum rasanya sesuai selera
Selamat mencoba!


0

Monday, June 22, 2020

Martabak Tahu & Bothok Tahu Telur Asin


Martabak Tahu

Sore, hari ini aku akan berbagi resep olahan tahu muda, yang kemarin aku beli di Bandungan di outlet Oom Shin πŸ˜ƒ

Tahu muda adalah tahun yang belum dicetak .. jadi masih lembut dan halus, dan kemaren belinya masih panas langsung dikemas dari panci malahan. Benar-benar fresh from the oven.

Tahu muda ini menurutku lebih enak rasanya, masih terasa fresh dan lembut dicicip langsung gitu aja udah ada rasa gurih enak. Tahu muda ini karena sudah halus, enak dibuat aneka masakan, buat pepes, bothok, perkedel ... nugget, bahkan digoreng langsung pakai telur aja enak ... apalagi aku buat martabak mini tadi ... wah langsung ludes.

Separuhnya aku buat Bothok Telur Asin .. masih ada sebungkus lagi besok mau aku buat Sosis Tahu sama Nugget πŸ’•πŸ’• Mau share resep tapi bumbu disesuaikan sendiri ya teman-teman takaran garam-gula, masalahnya aku pakai tahu muda yang rasanya udah gurih asin, kalau teman-teman pakai tahu putih biasa yang dihaluskan otomatis beda takaran garam-gulanya 🀣

Martabak Tahu

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 300 gram Tahu Muda, tiriskan airnya ( atau tahu biasa di haluskan )
  • 4 batang daun bawang,boros halus
  • 1/4 bawang bombai, cincang
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • Aku gak pakai garam lagi krn udah asin tahu mudanya, cuma aku tambah sedikit kaldu jamur tadi
Cara membuat :
  • Campur semua bahan..cek rasa dgn cara menggoreng sedikit adonan
  • Jika sudah pas..isikan ke kulit lumpia
  • Lipat bentuk kotak
  • Goreng hingga matang

Bothok Tahu Telur Asin

Bothok Tahu Telur Asin

Bahan :
  • 4 butir telur asin mentah
  • 500 gram tahu muda, peras airnya
  • 1 sdk mkn santan instan
  • 2 daun salam.. potong dua
  • 2 cabe merah, iris
  • 2 cabai hijau, iris
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
Bumbu :
  • 6 bawang merah
  • 2 Bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 cm lengkuas
Cara Membuat :
  • Pecahkan telur asin mentah, ambil semua kuning telurnya, dan 2 putih telurnya..sisa putih telur..simpan saja untuk masakan lain ( kalau semua dipakai lembek )
  • Campur semua bahan kecuali kuning telur
  • Ambil 2 lembar daun pisang,
  • Letakkan daun salam, beri adonan..letakkan kuning telur di tengah
  • Tutup adonan lagi..bungkus bentuk tim
  • Kukus 30 menit hingga matang
Selamat mencoba!

0

Sunday, June 21, 2020

Gule Kambing, Gule Jowo

Gule Kambing, Gule Jowo

Selamat sore,

Menu hari ini bongkar koleksi freezer, masih ada daging iga kambing setengah kg..πŸ˜ƒ Baiklah, kita akan buat Gule Jowo. Kalau Gule Jowo ini beda sama gulai luar Jawa yang agak kuning kemerahan warna kuahnya. Ini Gule Jowo warna seperti ini, kalau di tempatku di Yogya, biasanya dulu untuk suguhan kalau ada acara hajatan, disajikan bersama kobis diiris kecil-kecil, sama kerupuk udang, terus dikasih sambal kecap, rasanya enak seger πŸ’•

Beberapa hari ini aku share menu-menu unik khas tempatku di Yogya ya teman-teman. Ayuk yang punya menu kenangan masa kecil atau menu favorit keluarga ikutan #giveawaybundadidi2020 yaa .. masih sampai Juli 2020. Pokoknya kasih hashtag dulu itu ya, otomatis udah terdaftar. Jika waktu sudah senggang aku cek lagi satu-satu, bukan Juli baru aku mulai re-cook menu-menu yang menarik untuk dinilai πŸ’•πŸ’• 

Gule Kambing

Bahan :
  • 500 gram Iga Kambing, presto sebentar dengan 1000 ml air
  • 500 ml santan
  • Kapulaga 3 buah
  • Cengkeh 2 buah
  • Kayu manis 2 cm
  • Daun salam 2 cm
  • Sereh 2 batang
  • Lengkuas 2 cm
  • Garam sesuai selera
  • 1 sdk mkn gula merah

Bumbu Halus :
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3
  • Ketumbar 1 sdk teh
  • Merica butiran 1/2 sdk teh
  • Jinten 1/4 sdk teh
  • Kemiri sangrai 4 butir
  • Jahe 2 cm
  • Kunyit 3 cm
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan ke rebusan daging
  • Masukkan santan
  • Masukkan bumbu lain
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!


0

Thursday, June 18, 2020

Tahu Susur

Tahu Susur

Sore, 

Ini cemilan tadi ya ...πŸ˜ƒπŸ˜ƒ, tahu isi versi Yogya, namanya kalo di Semarang, Tahu Susur, pakai tahu putih soalnya dan dalamnya masih lembut, bukan tahu pong ya, tapi tahunya tetap aku goreng bentar biar kokoh dan adonan tepungnya lebih kental, jadi lembut πŸ’•πŸ’• 

Tahu Susur

Bahan :
  • 5 buah tahu putih, rendam sebentar di air dan sedikit garam, bagi dua melintang,goreng sebentar, lalu belah lagi tapi jangan sampai putus
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bahan Pencelup :
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung tapioka / tepung beras
  • 350 ml air
  • Bumbu Halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam secukupnya
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • Aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, air, dan bumbu halus
Bahan isi :
  • 2 buah wortel, potong korek api
  • 1/4 kol, iris halus
  • 2 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk / garam secukupnya
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • Jika suka bisa di tambah taoge, tadi pas gak punya taoge.
  • Bumbu halus untuk tumis sayuran :
  • 2 bawang putih
  • 4 bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica butiran
Cara Membuat :
  • Isi : tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Aduk hingga sayuran layu.
  • Isikan bahan isi ke tahu yang sudah di belah , celupkan ke adonan pencelup..lalu goreng hingga matang. Sajikan hangat dengan cabe rawit.
Selamat mencoba!


0

Rendang Instan

Rendang Instan 

Masak Rendang Enak dan Cepat

Pagiiii, 

Menu sarapan hari ini apa coba? Manasin rendang aja, yang aku masak kemarin karena belum pada bosen.

Ini menu makan malam kemarin, pagi ini aku tawarkan lagi rendangnya di urmah, kok masih pada mau, berarti enak dong rendangnya! πŸ’•

Bikin Rendang nya praktis banget..pakai bumbu Rendang siap pakai yang sangat Otentik Minang dari IG @rendangunilili. Bumbunya aja sampe mlekoh gitu kalau orang Jawa bilang.

Untuk masak Rendang, kalau aku biar mudah empuk dipresto dulu, aku pakai daging bagian lulur .. walau ada sendiri bagian yang untuk rendang ya? Tapi kalau pakai daging yang khusus rendang malah kurang suka. Nah kalau pakai bagian lulur ini empuk dan daging masih terasa gurih manisnya walaupun dimasak lama, nggak sampe mengeras.

Bumbu rendang dari IG @rendangunilili ini otentik bumbunya dua macem .. ada kayak blondo-nya atau santan kental yang dimasak lama ya kalau di Jawa sini ... enak dan medok jadinya.

Cuma aku tambahin gula merah dikit kemarin pas masaknya, maklum lidah Jawa HeHe πŸ™πŸ€£ Teman-teman kalau mau coba versi otentiknya mudah tinggal ikutin cara masak di kemasan aja.
  1. Pilih daging yang empuk khusus untuk rendang; bisa untuk 700 gr - 1 kg daging. jika ingin bumbu yg banyak melimpah 700 gr daging cukup.
  2. Iris daging agak tipis;
  3. Remas-remas bumbu 1 dgn daging, diamkan 5 menit dulu;
  4. Diungkep daging dengan air 3 gelas;
  5. Masak sampai airnya kering sembari diaduk;
  6. Masukan bumbu-bumbu dimasak dan diaduk-aduk lebih kurang 30 mnit, lebih lama lebih bagus sebab bumbunya meresap dan warna kehitaman, dgn api kecil ya bun.
*tidak perlu tambah-tambah santan atau bumbu lain ya bun semua sudah PAKET LENGKAP KOMPLIT*

Semua keterangan masak ada lengkap di balik kemasan ya ...
Selamat mencoba ❤️

1

Tuesday, June 16, 2020

Jangan Telo Gantung

Jangan Telo Gantung

Siang,

Lagi kangen ndeso lagi...🀣 Hari ini di kirimin foto Kakak yang di Yogya, bilang kalau tanahku yang nganggur di Yogya ditanami Telo Gantung alias Pepaya sama Kakak,... yo wis lah malah bermanfaat ... kalau ada yang minta pepaya tinggal ambil di kebun. Daripada nganggur tanah lumayan luas 1.000 m2.
Jadi pengen masak Jangan Telo Gantung kan aku, untung di pasar tadi ada Mbah-Mbah yang jual Telo Gantung mentah alias Pepaya yang masih muda.

Ya begini ini, .. kalau di Semarang mau bikin Jangan Telo Gantung kudu beli pepaya mudanya, sekali masak 10 ribu buat pepaya-nya. Kalau di Yogya tinggal metik seberapa banyak juga 🀣🀣 

Jangan Telo Gantung ini merupakan sayur kenangan masa kecil, hampir dua hari sekali Ibuku masak ini walau beda wujud, kadang disayur pedes santan encer gini, kadang juga disayur jangan anyep, kadang juga dimasak brongkos, jangan bobor, dioseng, dikukus, dibumbu urap, sudahlah pokoke begitu terus di ulang-ulang sehari-hari dan anehnya gak pernah bosen...πŸ˜… Lha sekarang pepaya muda malah jadi sayur langka di Semarang, nggak setiap hari ada karena kalau di sini orang kayakya nggak terbiasa masak pepaya muda, lebih familiar sama Jipang/Labu Siam.

Jangan Pepaya ala Yogya ini nggak semedok Sambal Goreng ya bumbunya teman-teman .. rasanya cenderung gurih sedikit manis ringan, seger makannya cocoknya di padu tempe goreng garit, gereh kranjang, goreng ikan asin atau lauk-lauk lain yang kriuk gurih.

Paling enak makan sayur ini, nasi dikit, sayure yang buanyak, seger gitu 🀣🀣 

Jangan Telo Gantung Pedes

Bahan :
  • 1 buah Telo Gantung / Pepaya Muda, kupas lalu di cacah
  • 100 gram tempe semangit
  • 50 gram kulit melinjo
  • Segenggam daun so
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn rese / rebon
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1000 ml santan encer

Bumbu ulek kasar :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 6 cabai merah
  • 1 cm kencur

Tumis bumbu halus :
  • Masukkan santan dan semua bumbu
  • Didihkan
  • Masukkan Pepaya Muda, Kulit Melinjo dan Daun So.
  • Masak hingga meresap.
Selamat mencoba!

1

Sunday, June 14, 2020

Soto Lenthuk

Soto Lenthuk

Sore,

Menu makan malam ini Soto LENTHUK, buat tombo kangen Yogya πŸ’•πŸ’• Lenthuk itu semacam perkedel tapi dari singkong, kalau jaman kecilku dulu ya buat cemilan, tidak harus buat makan Soto 🀭🀣 Lenthuk dulu biasa di jual di pasar bersanding sama gethuk goreng manis yang bulat-bulat warna- warni. Rasa Lenthuk gurih semriwing ada aroma ketumbar bikin khas rasanya πŸ’•πŸ’• Kalau bikin lenthuk yang enak itu singkongnya yang mempur empuk ya teman-teman, jadi rasanya itu medhuk empuk, tidak liat (alot), kalau digoreng jadi lembut di dalam dan luarnya kres.

Resep Soto Lenthuk Seger

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung / pejantan.
  • 1500 ml air
  • Soun 1 ikat kecil
  • Kol 5 lembar, iris kecil-kecil bisa di goreng hingga layu dulu atau mentah
  • Daun bawang 2 batang, iris kecil-kecil
  • Daun seledri 2 batang, iris halus
  • Bawang goreng secukupnya.
  • Lethuk goreng secukupnya
  • Taoge seduh
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk purut 3 lembar
  • Lengkuas 3 cm, geprek
  • Serai 2 batang,memarkan
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk ayam 2 sdk teh
  • 1 sdk teh gula pasir
  • Kecap manis secukupnya
  • Sambal cabe rawit jika suka pedas secukupnya
  • Jeruk nipis secukupnya

Bumbu Halus :

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 cm kunyit ( kunyit jangan terlalu banyak..karena soto Yogya nggak terlalu kuning warna kuahnya )
  • 1 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
  • Rebus ayam dengan air di api kecil,hingga keluar kaldu beningnya.
  • Tumis bumbu halus hingga benar2 matang. Masukkan ke air rebusan ayam. tambahkan bumbu dan rempah2 lain, lalu masak hingga bumbu meresap .
  • Angkat ayam, goreng , lalu suwir suwir secukupnya.
  • Sajikan soto dgn pelengkap

Resep Lenthuk di video ya udah aku post tadi , klik aja #reseplenthukbundadidi πŸ’•
Selamat mencoba!

0

Saturday, June 13, 2020

Brambang Asem Kangkung

Brambang Asem Kangkung

Pagi
Sarapan pagi ini serba Kangkung..🀣🀣 
Tadi malam dapat kiriman kangkung organik dari keponakan yang sedang merintis usaha bercocok tanam hidroponik, pagi ini langsung dimasak buat sarapan.

Walau bertiga tapi selera beda-beda 🀣

Menu pertama, Brambang Asem Kangkung untukku, menu kedua Petis Kangkung untuk papinya Yodha, nah yang kangkung mentahan untuk Yodha 🀭🀣 Eh salah, Yodha minta ditumis saus tiram pakai bakso πŸ‘Œ Teman-teman suka yang mana ? πŸ’•

Brambang Asem, sambal untuk rebusan sayur khas Solo, Semarang dan sekitarnya. Biasanya kalau di Semarang pakai daun glandir (daun ubi rambat), tapi diganti sayuran rebus apa saja bisa kok. Aku sering pakai bayam, coba daun pepaya rebus, kangkung dll. Rasanya seger, pedes manis, sedep, ada asem-asem-nya enak.

Bumbu :
  • 3 cabai rawit merah, mentah
  • 2 cabai merah, mentah
  • 5 bawang merah, bakar atau panggang di teflon
  • 1 1/2 sdk teh terasi bakar
  • 1/4 sdk teh garam
  • 2 sdk mkn gula merah
  • 5 mata asam
Cara Membuat :
  • Ulek cabe, bawang garam (kalau aku suka ulek kasar saja, jadi ada krenyes-krenyes bawang merah bakarnya sedep)
  • Masukkan gula dan asam, aduk rata
  • Cek rasa hingga rasanya pedes manis gurih sedep seger pokoknya
  • Sajikan dengan sayur rebus sesuai selera, bisa daun glandir, bayam..kali ini aku pakai kangkung
Note :

Kalau aku tidak tambah air, karena nanti pas dicampur sayur rebus kan ada sedikit airnya, rasanya malah pas, terasa banget bumbu-bumbunya. Tapi mau di tambah sedikit air panas juga boleh.

Ini digado (dimakan tanpa nasi) aja enak lho, biasa pakai baceman, gembus bacem enak banget, tempe atau tahu bacem atau bakwan juga aduhai, tapi aku gak sempat bikin semua itu 🀣 Makanya jadilah pakai lenthuk sisa kemaren sore yang aku panasin di airfryer 🀭

Selamat mencoba!

Petis Kangkung

Kangkung Organik
0

Wednesday, June 10, 2020

Sayur Asem

Sayur Asem

Menu makan malam tadi..πŸ’•πŸ’• Simple aja teman-teman, karena belum belanja ke pasar lagi aku belanja sayur online aja di @freshgro_id. Pokoknya walaupun banyak pasar di Semarang yang secara bergantian di tutup sementara, tapi kita tetap belanja sayuran segar kok teman-teman, tetapi via online.

Aku suka belanja di @freshgro_id karena prosesnya belanja di website-nya cepet, gak ribet terus barang-barangnya fresh, seperti di foto di bawah ini kondisi belanjaannya teman-teman.

Belanja dari @FreshGro.Id

Sayuran fresh, dan.ada beberapa paket, misal paket sayur asem, paket lodeh dan lain-lain.

Cuma untuk keluarga kecil kayak aku paket sayur asemnya kebanyakan..jadi dua kali masak dech πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Teman-teman yang tinggal di Semarang dan sekitarnya kalau besok belum bisa belanja ke pasar yuk belanja online aja di @freshgro_id, komplit dan aku beli ikan layur dan tempe bungkus favorit untuk teman makan sayur asem aja ada tadi πŸ’•πŸ’• Terus tadi aku pesan tetelan lho, malah dapat koyor juga, jadi separo buat sayur asem dan separo koyor besok aku masak lain. Teman-teman yang masih kesulitan cari koyor, ada nich di sini πŸ˜ƒπŸ˜ƒ 

Sayur Asem Komplit
Sambel

Sayur Asem Komplet


Bahan :
  • 150 gram tetelan sapi yang sudah di rebus
  • Labu siam 1/2 buah, potong kotak
  • 5 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • 1 buah terong, potong-potong
  • 1 genggam kulit melinjo
  • 1 genggan daun so
  • 25 gram kacang tanah
  • 1 buah jagung manis, potong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 - 3 sendok makan air asam pekat
  • 2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
Bumbu Halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawnag putih
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sendok teh terasi bakar
Cara Membuat :
  • Rebus 1500 ml air , masukkan daging tetelan dan bumbu halus serta bumbu lain
  • Masukkan sayuran yang lama matang dulu, seperti jagung dan labu siam
  • Jika sudah setengah matang jagungnya, masukkan sayuran lain
  • Koreksi rasa hingga benar-benar pas asam, manis, dan gurihnya
  • Angkat jika semua sayuran sudah matang
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba teman-teman!







0

Tuesday, June 9, 2020

Jangan Terong

Jangan Terong

Pagi teman-teman,

Menu sarapan pagi ini...Lontong plus Jangan Terong.. cemplungin iwak panggang biar kuah makin sedep.

Jangan Terong Bumbu 

Bahan:
  • Iris aja semuaTerong ijo ndeso 2 buah, iris-iris.
  • Iwak panggang 5 potong
  • Tempe semangit beberapa potong
Bumbu:
  • 6 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 8 cabai merah
  • 8 cabai hijau
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • Santan 1000 ml
  • Garam secukupnya
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 1 sdk makan gula merah
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu hingga matang dan harum
  • Masukkan santan, dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan iwak Panggang, dan terong
  • Masak api kecil hingga meresap

Se-simple itu bumbunya kalau ..nggak usah pakai ketumbar atau kemiri seperti lodeh ya..ini citarasa lebih seger dan ringan, rasa sedep kuahnya bertambah.. dari iwak panggangnya..jadi pas untuk di makan sama Lontong πŸ’•πŸ’•

Selamat mencoba!

0

Sunday, June 7, 2020

Cap Jae


Cap Jae (Red : Cap Cay)


Pagi,

Selamat menikmati akhir pekan teman-teman .. .Ini menu tadi malam.. memanfaatkan sisa kekian udang πŸ’•πŸ’• 


Bahan kekian:
  • 200 Gram tepung terigu protein rendah atau sedang
  • 250 ml air, atau secukupnya utk bikin adonan,spt adonan bakwan,tapi kosong gak pakai isi sayuran

Bumbu kekian :
  • 1 siung bawang putih
  • 2 sdk teh kaldu bubuk rasa ayam
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
  • 1 butir telur
  • jika mau pakai udang, tambahkan udang kupas, haluskan 50 gram

Pelengkap:
  • Wortel,potong bulat tipis
  • Kol/kobis ,potong kasar, sawi hijau secukupnya
  • daun bawang 2 btg,potong kasar juga
  • Daun sledri dan bawang goreng utk taburan
  • Bumbu cap cay :
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Merica butiran 1/4 sdk teh
  • bumbu kaldu ayam 1 sdk teh
  • aku tambahin juga udang dikit sama bawang Bombay pas numis biar makin gurih..kalau bumbu aslinya di Yogya biasanya ulek aja spt di atas ya.
Cara memasak :
  • Campur adonan kekiannya, terigu, air, dan bumbu halus, sampai adonan kental seperti bakwan, goreng sesendok demi sendok ke minyak panas,sampai adonan habis.
  • Setelah dingin potong-potong kecil memanjang atau sesuai selera.
  • Haluskan bawang putih,merica,kemiri,tumis hingga matang dan harum,masukkan sayuran,aduk sampai layu, tambahkan sdkt air jika perlu,beri bumbu kaldu/garam, gula pasir sdkt,stlh itu masukkan kekian ..Aduk sampai bumbu meresap dan kering.Sajikan dengan taburan bawang nerah goreng dan irisan sledri..di makan hangat 2 dgn cabe rawit enak.

Aku bikin versi gurih polosan, agak kering...ala kampungku di Yogya..kalau di Semarang agak nyemek-nyemek basah, versi manis, biasanya di kasih sedikit kecap kalau Cap Jae Jowo yang di jual di mie Jowo di Semarang...sesuai selera saja ya teman2.

Oh ya aku masaknya pakai pan Green Pan, bisa di pesan di website SESA.ID atau via wa 0858-8862-9921. Buat teman2 yang mencari rekomendasi pan yang sehat, Green Pan ini bisa menjadi salah satu pilihan. Karena pan anti lengket ini lebih sehat, lapisan luar terbuat dari bahan ceramic pasir alami sehingga aman di gunakan untuk memasak dan tidak mudah tergores.

Memakai minyak sedikit pun tidak akan lengket waktu memasak.
Pan ini cocok untuk berbagai jenis kompor.

Bahan tebal dan kuat, bebas PFOA..dll zat berbahaya...πŸ’•πŸ’•
0

Friday, June 5, 2020

Gudeg Paket Komplit

Terik Ayam Telur

Sudah siap makan malam teman-teman? πŸ˜ƒ

Udah komplit nich Gudeg dan kawan-kawannya, se-paket. Sayangnya Sambal Goreng Kreceknya kurang Kacang Tolo, khas Yogya, padahal kreceknya sudah otentik dari Yogya dikirimi oleh kakak lebaran kemaren. Gara-gara pasar deket rumah ditutup (lock down 3 hari) maka gak bisa nyari Kacang Tolo🀣 Nah ini resep bisa diikuti dibawah ini: (Sambil nemenin Yodha makan) 🀭

Sambel Goreng Tempe Krecek


Sambel Goreng Tempe Krecek

Bahan :
  • 1 papan kecil tempe, potong2
  • 50 gram krecek / rambak sayur, aku pakai Krecek Yogya yang mudah lembut..jadi tidak perlu di rendam, di cuci aja.
  • 1500 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 - 2 sendok makan gula merah atau sesuai selera
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 cabai teropong, belah dua, iris halus
  • 8 buah cabai merah keriting, rebus sebentar, haluskan
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu, masukkan cabe, tumis hgg matang dan harum
  • Masukkan santan dan semua bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe dan krecek, masak dengan api kecil hingga meresap
  • Cek rasa

Gudeg Kering


Gudeg Kering

Bahan :
  • 1/2 buah nangka muda ukuran sedang
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 100 gram gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • 1000 ml air kelapa
  • 500 ml santan
Bumbu Halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara Membuat :
  • Nangka di rebus sebentar di air mendidih sebentar biar steril ( kalau beli nangka dari pasar kan udah di potong-potong tuch biasanya sama yang jual 🀣 ) jangan di rebus sampai empuk dulu ya..nanti belum meresep udah keempukan..kalau di masak lama jadi lodrok.
  • Campur nangka dan semua bahan serta bumbu
  • Masak hingga mendidih
  • Koreksi rasa, jika sudah pas gurih manisnya ( namun jangan terlalu asin dulu ya ), tutup panci dan masak dengan api kecil hingga matang selama berjam-jam, minimal 5 jam ..api kecil, api paling kecil di kompor pokokmen,...sekali koreksi rasa kembali jika sudah empuk nangkanya, masak hingga kuah habis.
Tandanya sudah matang akan tercium wangi aroma gudeg dan nangkanya sudah empuk, warna berubah kecoklatan. Ini aku masak tanpa daun jati, tetap bisa coklat warnanya..karena akunpakai gula merah yang gelap dan air kelapa.

Untuk resep terik ayam, bisa di-search di Google resep DiahDidi.Com untuk Terik Ayam atau di YouTuber Resep DiahDidi.Com Terik Ayam.

Selamat mencoba!


1

Wednesday, June 3, 2020

Klappertaart Singkong Kukus

KlapperTaart Singkong Kukus

Siang,

Lanjut lagi aku share inspirasi menu untuk usaha rumahan di saat pandemi Covid-19 ini, resep yang mengangkat tema tradisional dan mengusung bahan-bahan lokal dan tentunya masih bertema singkong.

Kali ini aku kreasikan menjadi Menu Klappertaart Singkong. Rasanya enak teman-teman, otentik cobain dech!πŸ’•πŸ’• Resep ini semoga menjadi ide baru untuk teman-teman UMKM jika mau menambah varian produk baru yaa ... dengan memberdayakan bahan-bahan lokal yang ada di sekitar kita sehingga menambah keunikan produk dan daya jual.

Di saat seperti ini semoga teman-teman UMKM tetap semangat .. selalu berkreasi dengan produk-produk baru dan inovatif πŸ’•πŸ‘

Video ini di persembahkan oleh:

IG @diskopukmjateng
Twitter : @dinkopjateng
FB : Diskop UKM Jateng
Youtube : Diskop UKM Jateng

IG @balatkop.jateng
Twitter : @balatkopUMKM
FB : balatkopukm.provjateng
Youtube : Balatkop Jateng

Buat teman-teman UMKM di Jawa Tengah yang ingin mendapatkan pendampingan usaha, monggo bisa bergabung menjadi binaan IG @diskopukmjateng..banyak pelatihan dan aneka kegiatan yang bisa menambah ilmu, wawasan dan jaringan usaha teman-teman ya.

Video ini di produksi oleh :
IG @hetero.space
Youtube : Hetero Space

Resep Klappertaart Singkong

Video Link : https://www.youtube.com/watch?v=YhKagFiDMtE

Bahan:
  • 500 gram singkong kukus
  • 200 ml santan kental instan
  • 600 ml air kelapa
  • 125 gram gula pasir
  • 100 gram margarin, cairkan
  • 75 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir kelapa muda, dikerok dagingnya
  • 50 gram kenari, dicincang halus
  • 2 butir telur
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sdk teh garam

Bahan Toping :
  • 50 gram kismis, dibelah dua
  • Kenari 50 gram

Cara membuat:
  • Blender singkong dengan air kelapa. Sisihkan.
  • Rebus santan, margarin, gula, aduk rata.
  • Masukkan tepung terigu. Aduk sampai licin.
  • Tambahkan campuran singkong dan vanili. Aduk sampai meletup-letup. Matikan api.
  • Masukkan kelapa muda dan kenari cincang. Aduk rata. Biarkan agak dingin.
  • Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan. Aduk rata.
  • Tuang adonan ke cup alumunium foil kotak. Taburkan bahan toping.
  • Kukus selama 30 menit atau
  • Oven 30 menit di loyang yang di beri air panas sampai matang
Selamat mencoba!
0

Browies Singkong

Brownies Singkong


Pagi, 

Hari ini aku mau share resep baru ya teman-teman, Resep Brownies Singkong! Ini enak banget brownies-nya, Yodha yang biasanya udah agak bosen sama brownies kemaren sukaaa bingitz, habis beberapa potong dia πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Mungkin karena penambahan singkong rasa brownies jadi lebih moist .. tapi citarasa-nya tetep dapet nyoklat khas browniesnya.

Resep ini semoga menjadi ide baru untuk teman-teman UMKM jika mau menambah varian usaha baru yaa ... dengan memberdayakan bahan-bahan lokal yang ada di sekitar kita sehingga menambah keunikan produk dan daya jual.

Di saat seperti ini semoga teman-teman UMKM harus tetap semangat dan selalu berkreasi dengan produk-produk baru yang inovatif πŸ’•πŸ‘


Brownies Singkong


Video ini di persembahkan oleh:

IG @diskopukmjateng
Twitter : @dinkopjateng
FB : Diskop UKM Jateng
Youtube : Diskop UKM Jateng

IG @balatkop.jateng
Twitter : @balatkopUMKM
FB : balatkopukm.provjateng
Youtube : Balatkop Jateng

Buat teman2 UMKM di Jawa Tengah yang ingin mendapatkan pendampingan usaha, monggo bisa bergabung menjadi binaan @diskopukmjateng..banyak pelatihan dan aneka kegiatan yang bisa menambah ilmu..wawasan dan jaringan usaha teman2 ya.

Video ini di produksi oleh :
IG @hetero.space
Youtube : Hetero Space


Resep Brownies Singkong

Bahan :
  • 75 gram margarin, 75 gram minyak goreng
  • 150 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong
  • 100 gram singkong parut halus, peras airnya
  • 3 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 15 gram cokelat bubuk
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok baking powder
  • 1/4 sdk teh vanili bubuk
Bahan Taburan:
  • 50 gram kacang Mede, belah dua
Cara Membuat:
  • Panaskan margarin. Masukkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Biarkan dingin. Tambahkan singkong parut. Aduk rata. Sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir 4 - 5 menit sampai kental.
  • Masukkan campuran cokelat. Kocok perlahan.
  • Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan di aduk perlahan.
  • Tuang diloyang Brownies yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan mede
  • Oven 45 menit dengan suhu 180 derajat Celcius sampai matang.
Selamat mencoba!

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel