Google Ad

Wednesday, November 18, 2020

Brambang Asem - Bayam

 

Brambang Asem - Bayam

Siang,

Ada yang lagi ketagihan Sambal Brambang Asem, dan terus pakai rebusan bayam nich ... Se-cobek gini Yodha bisa habisin sendiri lho 🀣🀣

Motretnya pakai hape aja ... OTG malah ketinggalan di mobil, kebawa suami ke luar kota jadi gak bisa  motret dan ngambil file-file di kamera πŸ™

Resep Sambel Brambang Asem sering aku share ya teman2..tapi biasanya takaran bumbu menyesuaikan jumlah sayuran yang aku pakai..jadi tak tulis yang versi Bayam ini ya rapopo wis :

Bahan :
  • Ikat kecil bayam sayur..rebus dgn sedikit garam
  • 6 bawang merah, bakar pakai teflon bisa
  • 1/2 sdk teh garam
  • 85 gram gula merah
  • 20 gram asam ( aku pakai asam segar yang ada bijinya...kalau pakai asam yang sudah lumat.. separonya aja )
  • 1 cabe merah, 2 rawit ( buang biji karena untuk Yodha )
  • 1 sdk teh terasi bakar
Cara Membuat:
  • Ulek kasar aja.. cabe, terasi, bawang merah, tambahkan garam..gula merah dan asam..ulek pakai munthu agar asam dan gula merah larut dan bumbu merata..jadi sambal bisa agar basah.
  • Tes rasa, sajikan
  • Tidak perlu di kasih air sambele ya..karena nanti pas di aduk sama rebusan Bayam..udah pas rasanya.

Note :
  • Sayuran bisa di ganti sesuai selera ya..bisa pakai daun glandir (daun ubi rambat) atau kangkung..bahkan aku pernah coba pakai daun pepaya rebus aja enak..pahit2 sedep πŸ’•πŸ’•
Selamat mencoba!

0

Bubur Ketan Hitam

 

Bubur Ketan Hitam

Pagi teman-teman, 

Sarapan pagi ini cukup sederhana, Bubur Ketan Hitam aja yaaa ... Sedang males dengan nasi atau bubur beras.

Bikin Bubur Ketan Hitam dengan tekture yang pas itu susah-susah gampang ya teman-teman ... kalau di masak biasa lama, kalau dipresto suka kemedokan kurang sip tekturenya.

Nah aku mau share cara membuat Bubur Ketan Hitam yang praktis, mudah dan hasilnya pas tekturenya, masih tetap ada krenyes-krenyes khas Ketan Hitam tapi empuk.

Aku masaknya pakai rice cooker, malam hari bikin, pagi dah siap untuk sarapan ... Praktis kan?πŸ’•πŸ’•

Bahan :
  • 250 gram beras ketan, rendam 3 jam
  • 1000 ml air
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sdk teh garam
  • 125 -150 gram gula ( sesuai selera manisnya )
Cara Membuat :
  • Masukkan beras ketan hitam, air dan daun pandan ke rice cooker
  • Proses tombol bubur
  • Jangan masukin gula dulu ya teman-teman ...
Setelah matang, ketan udah empuk tapi masih bentuk bulir2 beras dan air masih sedikit banyak..diamkan aja dalam kondisi warm di rice cooker, pagi2 pas bangun..udah pas dech tekturenya..udah empuk..air sudah terserap semua ke ketan..dan tinggal tambal garam dan gula..ceklek lagi tombol masak di rice cooker.. sebentar saja aduk hingga gula terserap..

Sajikan . hasilnya seperti foto di atas ya ...

Selamat mencoba!

0

Resep Sambel Penyet

Resep Sambel Penyet

Siang..

Menu Anak Lanang siang tadi, selain seafood dia lagi suka menu penyetan gini tapi sambalnya dia bikin sendiri, gak pedes banget, seger aja khas sambel penyet yang pakai tomat, mau tahu? Cabe rawitnya cuma 2 biji 🀣🀣

Ayam goreng, lalap timun sama kol goreng yang digoreng pakai minyak bekas goreng ayam, jadi ikutan jadi gurih gitu, dah gitu aja favorit Yodha mah !πŸ˜€

Kok serba goreng? Biarin aja lah yang penting anak lahap makan, masih ABG ini, sore juga rajin olahraga anaknya, sehat dan kuat yang penting ya teman-teman. πŸ’•πŸ’•

Bahan sambel ala warung penyetan tapi versi tidak pedes:
  • 2 tomat ukuran sedang, potong2..pilih tomat yang ranum merah agar sambal cantik dan seger rasanya nggak asem
  • 1- 2 bawang putih ( kalau bawangnya kecil2 ya dua..kalau besar 1 aja )
  • 1 sdk teh terasi
  • 2 cabe rawit ( bisa mentah bs goreng, cabenya..kalau Yodha suka di goreng )
  • Goreng tomat, bawang putih, terasi dan cabe
  • Haluskan di cobek
  • Tambahkan 1/4 sdk teh kaldu jamur dan 1 sdk teh gula merah
  • Aduk rata
  • Tuangi minyak panas bekas menggoreng bahan sambal
  • Kucuri air jeruk limau
  • Cek rasa
Sambal gini enak dibuat dan disajikan dadakan ya sesaat sebelum goreng ayam dan kol, jadi bisa langsung santap, sambal fresh, ayam dan kol goreng masih anget. Wis lah gak usah ke warung penyetan lagi ...πŸ˜€πŸ˜€

Kalau Ayam.. resepnya Ayam goreng kuning yang biasa aku share yaa πŸ’• Coba bisa dicek di IG @bunda_didi atau You Tube.

Selamat mencoba!


1

Thursday, November 12, 2020

Kerang Dara Saus Padang

Kerang Dara Saus Padang

Siang teman-teman,

Menu weekend, sudah pasti ada kerang, untuk Yodha dan Papinya karena tiap Minggu ke pasar, kalau nemu kerang seger pasti beli.

Hari ini dapetnya "Kerang Dara', masih hidup, dan kebetulan lagi Yodha belum bosen Saus Padang. 🀣

Begitulah dia, kalau suka menu tertentu akan request terus, sampai dia bosen sendiri. πŸ˜€πŸ˜€

Adakah yang sama teman-sama anaknya seperti Yodha, jika suka menu tertentu pantang berhenti sebelum bosan...?...πŸ˜…

Tapi memang Kerang Saus Padang ini sedep ya..apalagi kalau kerangnya masih fresh..kuahnya tambah gurih enak.

Aku yang nggak suka kerang..tapi doyan kuahnya 🀣

Bahan :
  • 1 kg kerang dara,
  • Cuci bersih..kalau banyak lumpurnya..sikat satu persatu di air mengalir
  • Rebus sebentar di air mendidih plus sedikit garam dan jahe geprek hingga cangkang terbuka
  • 2 daun jeruk
  • 1 sereh
  • 2 cm jahe, geprek
  • 6 bawang merah, iris kasar
  • 2 sdk saus tiram
  • 3 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk mkn saus sambal
  • 1 sdk mkn kecap manis
  • Garam sedikit jika perlu ya, karena saus tiram udah asin
Bumbu halus :
  • 2 bawang putih
  • 3 Kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1/2 sdk teh merica
  • 3 cabe rawit
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan bumbu halus
  • Masukkan daun jeruk, sereh, jahe
  • Masukkan air 250 ml, tambahkan aneka saus,
  • Masukkan kerang
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba !
0

Pempek Isi Telur Asin

Pempek Isi Telur Asin

Pagi...

Kemaren sore bikin Pempek lagi, aku iseng isi telur asin.🀣 Eh suamiku suka banget, enak katanya; istimewa ! πŸ˜€ Soalnya suamiku memang penggemar telur asin πŸ‘Œ

Aku pakai resep pempek-ku yang praktis tanpa biang, yang dulu udah aku share videonya ya. Coba cari You Tube dengan kata kunti Diah Didi Pempek.

Bahan :
  • 250 gram fillet ikan tenggiri atau gabus
  • 3 sdk mkn air es
  • 2 bawang putih haluskan
  • 1 1/2 sdk teh garam, sedikit penyedap kalau suka atau ganti 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1 putih telur ukuran kecil
  • 150-160 gram tepung tapioka atau sagu
Cara Membuat:
  • Masukkan fillet ikan..bawang, garam, air es, penyedap, gula dan putih telur di Chopper
  • Proses hingga adonan halus dan kenyal
  • Masukkan tepung
  • Aduk ringan hingga rata
  • Lumuri tangan dengan tepung tapioka
  • Ambil adonan, bentuk bulat, buat lubang di tengah
  • Beri isian kuning telur asin mentah ( jika mau pakai putihnya sedikit aja, tutup rapat
  • Segera masukkan ke air mendidih setelah di bentuk agar tidak bocor ya.
  • Rebus hingga terapung
  • Sajikan dgn kuah cuko dan pelengkap
RESEP CUKO

Bahan :
  • 250 gram gula merah
  • 500 - 600 ml air
  • 5 bawang putih, haluskan
  • 30 cabe rawit hijau..( jika untuk anak2 cabe bs di ulek terpisah )
  • 3 sdk mkn air asam kental
  • 2 sdk mkn ebi halus
  • 2 sdk teh garam
Cara Membuat :
  • Rebus air dan gula
  • Saring
  • Masukkan bawang putih ..cabe, ebi, garam..air asam
  • Masak hingga meresap
  • Ebi bisa di tambahkan terpisah..tapi kalau aku suka tak cemplungin di kuah
Pelengkap :
  • Ketimun iris
  • Mie kuning jika suka
Selamat mencoba!

0

Mie Ayam Bangka

Mie Ayam Bangka


Siang teman-teman,

Teman-teman suka menu mie ala Nusantara? Nah kali ini aku mau share salah satu resep olahan mie yaitu Mie Ayam Bangka.

Mie Ayam Bangka ini enak lho, topingnya komplit, bergizi karena dilengkapi dengan sayuran seperti sawi dan uniknya memakai Taoge.

Disajikan dengan kuah kaldu bening yang gurih, pas banget rasanya.

Nah untuk membuat Mie Ayam Bangka ini aku pakai Mi Burung Dara dari (IG) @miburungdara, yang kenyalnya pas tidak mudah lembek serta bentuknya keriting cantik...πŸ’•πŸ’•

Pangsit Goreng

Bahan :
  • 150 gram daging ayam bagian dada, cincang halus
  • 100 gram udang kupas, cincang halus
  • Telur ayam 1 butir
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • Kulit pangsit 15 - 20 lembar
  • 1 putih telur untuk olesan
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh / garam sesuai selera
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Tepung tapioka 2 sendok makan
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan dan uleni rata hingga adonan halus
  • Ambil1 buah kulit pangsit, isi dengan 1 sendok teh adonan pangsit, lipat bentuk segitiga, lem sisinya dengan putih telur, lalu satukan kedua ujungnya, goreng
  • Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
  • Minyak bawang / minyak ayam
  • kulit ayam 100 gram
  • 5 bawang merah
  • 5 bawang putih, cincang
  • Masukkan semua bahan ke pan anti lengket
  • Panaskan api kecil hingga bawang agak kering dan keluar minyaknya
Selamat mencoba!

0

Ayam Pop

Ayam Pop

 
Pagi teman-teman,


Menu kemaren sore ya, Ayam Pop, dengan resep sambel baru yang beda style sama resep ayam pop di webku πŸ’•πŸ’•

Kalau resep Ayam Pop-nya sama, seperti yang aku posting dulu ekarena udah suka versi yang bumbunya simple tapi hasilnya sedep dan bisa putih seperti ini seperti di Warung Padang, tapi kalau mau putih bersih harusnya tanpa kulit, tapi sayang je  He-He, Yodha suka kulitnya πŸ˜€

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung / pejantan..bagi 4
  • 700 ml air kelapa
  • 1 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk teh garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk teh cuka
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • Masukkan semua bahan ke panci
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa..jika sudah pas dan ayam empuk..angkat.. tiriskan

Bisa langsung disajikan atau digoreng sebentar asal celup ke minyak panas jangan sampai kering ya, jadi tekturenya masih basah moist daging ayamnya.

Resep Sambal Ayam Pop

Bahan :
  • 50 gram cabe, keriting campur rawit, buang biji
  • 4 bawang merah
  • 2 bawang putih

Blender halus, lalu tumis hingga harum
Masukkan 100 ml air

  • 1 tomat cincang buang biji
  • 2 daun jeruk
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh kaldu jamur / penyedap lain
  • 1 jeruk limau kecil, peras

Masak api kecil hingga tomat hancur
Cek rasa
Jika suka boleh tambah pete


Selamat mencoba!
0

Tuesday, November 3, 2020

Tahu Kupat ala Magelang

Tahu Kupat ala Magelang


Malam,


Menu sore ini, ngabisin stock belanja kemaren pas ke pasar Ungaran. Sudah pasti beli ketupat, soalnya hanya di sana yang tiap hari ada yang jual ketupat matang... πŸ˜€

Terus sudah pasti di bikin Kupat Tahu request suami. Eh pas juga nemu Tahu Magelang yang lembut di pasar.. jadilah Kupat Tahunya enakkk.. seperti aslinya ..karena tahu Magelang itu khas banget....πŸ’•πŸ’•

Kupat tahu Magelang ini kuahnya tidak begitu berkecap seperti Tahu Goling Yogya..karena memakai kacang juga..jadi kuahnya pucat agak pekat sedep..lebih kental dari kuah Tahu Goling .

Bahan Kuah dan Cara Membuat:
  • Air 1000 ml, 
  • Gula merah 100 gram, garam 1 sendok teh (sesuai selera), 
  • Daun salam 2 lembar dan lengkuas 2 cm. 
  • Semua bahan di rebus hingga mendidih dan meresap api kecil. 
  • Koreksi rasa..pas gurih manisnya atau belum. 
  • Tapi jangan terlalu manis dan asin ya ... karena masih ditambah kecap

Pelengkap :
  • Ketupat
  • Tahu putih goreng jangan terlalu kering
  • Taoge seduh
  • Kol iris mentah / atau di goreng juga bisa
  • Bawang goreng, seledri
  • Kerupuk
  • Bakwan

Bumbu per porsi :
  • 1/2 bawang putih
  • Cabe rawit 2-3 sesuai selera
  • 1 1/2 sdk mkn kacang goreng
  • 200 ml kuah manis seperti resep di atas
  • 1 sdk mkn kecap manis
Cara Membuat:
  • Haluskan cabe dan bawang, serta kacang, masukkan kuah
  • Tambahkan kecap
  • Cek rasa hingga pas gurih manis sesuai selera
  • Tata pelengkap di piring
  • Tuangi kuah
  • Sajikan segera
Selamat mencoba!

0

Monday, November 2, 2020

Bakso Iga

Bakso Iga

 
Siang teman-teman, 

Ini mau kasih iming-iming menu yang cocok untuk musim penghujan. Menu seger cocok di musim mendung-mendung terus gini nich teman-teman. πŸ€£πŸ˜€

Aku share resep kuah baksonya ya teman-teman ... enak banget pakai balungan iga, tapi jangan yang berlemak banget ya.. pilih yang banyak balungan aja. πŸ˜…πŸ˜€

Bahan :
  • 500 gram Balungan Iga
  • 1500 ml air
  • 3 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula
  • 1/2 sdk teh merica
  • 3 batang seledri, ikat
  • 5 bawang putih , goreng dan memarkan

Cara Membuat :
  • Rebus Balungan Iga api kecil
  • Setelah keluar kaldu bening, buang busa2 yang mengapung agar kaldu bening
  • Masukkan bawang putih goreng, dan bumbu2 lain
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan dgn pelengkap bakso...
  • Mie..sayur sawi dll sesuai selera

Note :
  • Bakso aku pakai bakso halus dan urat.
  • Pangsit goreng sisa pas bikin Mie Ayam Bangka kemaren tinggal di panasin pakai airfryer..jadi eksotis garing ngono πŸ˜…πŸ˜€
Selamat mencoba !

0

Monday, October 19, 2020

Chicken Popcorn

 

Chicken Popcorn

Selamat siang teman-teman,

Beberapa waktu lalu temanku cerita punya anak gadis yang masih kuliah, nah di saat pandemi ini karena banyak waktu ingin bantu-bantu cari tambahan penghasilan untuk orang tua, terus minta bantuanku untuk dibuatin menu yang kekinian yang tentunya disukai anak muda karena rencana mau dijual kepada teman-temannya dulu.

Aku kasih ide menu ini nich, chicken popcorn ala Korea  yang bumbunya pedes manis gurih khas pakai saus pedas ala Korea, tapi sudah disesuaikan dengan selera Indonesia tentunya.

Setelah dicoba dijual oleh anak temanku, ternyata teman-temannya pada suka. Syukurlah, aku jadi ikut seneng dech...πŸ’•

Memang di saat kondisi seperti sekarang ini kita harus tetap semangat berusaha ya teman-teman, untuk menambah penghasilan bisa kok memulai usaha kecil-kecilan, misal menerima pesanan makanan, bisa dijual secara online atau dijual di lingkungan sekitar rumah dulu, dan atau jika punya sedikit modal bisa membuka gerai kecil di depan rumah, di pinggir jalan, dsb.

Nah, salah satu menu yang bisa dijual untuk segmen pasar anak muda, ya contohnya seperti ini ya teman-teman, kan pasarnya sekarang sudah bukan seusia kita melainkan generasi milenial atau bahkan generasi Z. Bisa ditaruh di wadah cup kertas (mangkuk kertas) yang lucu-lucu, dah pasti menarik.

Nah teman-teman, sekarang ini lagi ada kompetisi foto dan story telling dengan tema kreatifitas di masa pandemi lho di #KreativitaskuSaatpandemi (Instagram).

Teman-teman yang mau ikutan lomba #KreativitaskuSaatPandemi, bisa upload konten yang berisikan foto atau cerita kreatifitas atau inovasi usaha kecil di masa pandemi ini yang tujuannya untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Yuk berbagi cerita versi kamu:
1. Upload foto atau cerita di Instagram masing-masing ya ...
2. Jangan lupa gunakan hashtag #KreativitaskuSaatPandemi
3. Ajak 3 orang teman untuk ikutan
4. Instagram jangan dikunci ya

Dapatkan hadiah kamera, handphone, dan tablet untuk cerita paling seru. Periode lomba 16 Oktober - 4 November 2020.

Untuk resep Chikcen Popcorn aku tulis di bawah ya teman-teman ... 







Resep Chicken Popcorn Ala Korea

Bahan :
  • 500 gram ayam..bisa pakai dada taua daging bagian paha.. potong kecil-kecil
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1 sdk teh saus tiram
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 50 gram tepung maizena
Cara Membuat:
  • Aduk ayam dan bumbu2, serta maizena, sisihkan hingga meresap 15 menit
  • Tambahkan tepung maizena secukupnya hingga semua terlapisi
  • Goreng hingga luarnya krispi.
  • Jika mau otentik lagi sebenernya bisa pakai tepung pati kentang. tapi kalau susah carinya..pakai maizena ya bisa.
Bahan dan Cara Membuat Saus :
  • 3 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • Tumis hingga harum
  • Matikan dulu api
  • Masukkan 3 sdk makan saus tomat
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn madu
  • 1 sdk mkn saus gochujang ala Korea..kalau tidak ada ganti saus sambal biasa
  • Aduk rata semua bahan saus, tambahkan air 50 ml aja agar tidak mudah gosong, masak dengan api kecil, cek rasa.
  • Jika sudah pas rasa, matikan api.
  • Masukkan ayam..
  • sajikan dgn taburan wijen sangrai
  • Jika ingin pedas berlevel-level, bisa di tambahkan bubuk sesuai selera ya.
Selamat mencoba!

2

Sunday, October 18, 2020

Bakwan Jagung Toping Udang

 

Bakwan Jagung Toping Udang

Selamat sore teman-teman,

Mendung lagi sore ini, sepertinya semua butuh cemilan untuk teman santai di sore hari. Jadi cemilan yang pas adalah gorengan yang masing anget ya teman-teman ... Betul kan? 🀣 Gak usah mikir diet dulu deh kalo mendung HiHi.

Sepiring Bakwan Jagung Udang cukup ya.

Ini Bakwan Jagungnya aku cetak pakai cetakan pia-pia πŸ˜…

Resep Bakwan Jagung Toping Udang.

Bahan :
  • 300 gram terigu
  • 1 telur
  • 350 ml air
  • 3 jagung..pupil
  • 1 wortel..iris kecil
  • 2 daun bawang, iris
  • 2 bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh garam / secukupnya
  • 100 gram udang kecil
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan kecuali udang.
  • Goreng dgn sendok sayur, beri topping udang di atasnya.
Selamat mencoba!
0

Mangut Cabe Hijau

 

Mangut Cabe Hijau

Malam...

MANGUT lagiiiii teman-teman 🀣

Beberapa hari ini belum semangat ke pasar, jadi ngandelin Budhe Sayur, apa yang tersisa yang dibawa ke rumah ya itu yang aku masak. Soalnya ke rumahku itu rute terakhir budhe sayur sebelum pulang.. πŸ˜…

Kali ini aku buat Mangut versi Semarang ..Mangut Ikan Asap ... tapi pakai bumbu iris cabe hijau, dimasak api kecil lama hingga meresap bumbunya, sampe cabe hijaunya layu gak hijau lagi πŸ˜…... Tapi bumbu malah jadi bener-bener meresap πŸ’•

Terus masaknya kesorean lagi gak sempat plating lagi ... langsung dari wajan aja ya 🀣

Resep Mangut Iwak Pe & Tahu Cabai Hijau

Bahan :
  • 5 potong daging iwak pe
  • 200 gram tahu kulit, potong kecil
  • 100 gram cabai hijau, iris tipis serong
  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cm kencur, haluskan
  • 1 cm kunyit, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
  • 1000 ml santan
Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu2 lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak pe dan tahu Cicipi rasanya. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap.
  • Cek rasa
  • Sajikan.
Selamat mencoba!
0

Thursday, October 15, 2020

Oseng Bandeng Kecap

Oseng Bandeng Kecap

 Malam teman-teman,

Sedang "mblenger" daging..buat makan malam tengok kulkas kok masih ada 1 bandeng presto 🀣🀣 dari UMKM binaan suami di Magelang, Bandeng Presto Magelangan.

Aku oseng kecap dengan kuah dikit aja, sedep wis, plus nasi anget lembek..plus kerupuk plus ditambah suasana yang hujan deres di Semarang sini 😘🀣 ...


Oseng Bandeng Kecap

Bahan :

  • 1 bandeng presto uk agak besar, potong2 .. goreng
  • 5 cabe merah besar
  • 5 cabe hijau besar
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih, iris
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 4 tomat ijo, iris
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Garam jika perlu ( bandengku udah agak asin jadi aku gak pakai garam lagi )
  • 2 sdk mkn kecap manis
Cara Memasak :
  • Tumis bumbu
  • Masukkan 150 ml air
  • Masukkan kaldu dan kecap serta bumbu2 lainnya
  • Masukkan bandeng
  • Aduk rata dan masak hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

0

Wednesday, September 30, 2020

Mie "Tek-Tek" Instan

Mie "Tek-Tek" Instan

 
Malam teman-teman,

Alhamdulillah hujan deras nich Semarang dari sore ini teman-teman. πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Menu makan malam Mie Tek-Tek aja ya... bikinnya super praktis.. pakai Mie Instan ..🀣 Sekalian menjawab pertanyaan teman-teman yang suka nanya ... masak enak terus apa pernah makan mie instan mba?

Ya pernah lah.. kalau lagi kepengen ya makan aja..misal pas hujan2 gini..enak kan makan Mie hangat ya teman-teman. πŸ’•πŸ’•

Tapi walau makan Mie instan..pasti aku olah lagi sich..biar rasanya lebih enak..pakai tambahan sayur..cabe...telur..kalau Yodha ya sukanya pakai bakso atau sosis.. pokoknya gak polosan gitu dech πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Mie "Tek-Tek" Instan

Cara masaknya nich ala mie Tek-Tek langganan Yodha tapi aku pakai mie goreng instan. 

Bahan per porsi ya:
  • Mie goreng instan yang original jumbo..jangan yang rasa macam2 ya...
  • 2 bawang putih, cincang halus
  • Segenggam sawi seger, potong2
  • 1 telur
  • Kalau mau pedes ..tambah beberapa biji cabe rawit
  • Kalau mau tambah bakso, atau ayam suwir atau sosis ya boleh2 saja.
Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih hingga matang dan harum
  • Sisihkan pinggir wajan.. masukkan telur, buat orak arik kasar, sebelum telur mengering segera masukkan air 250 ml
  • Masukkan mie instan dan sawi, tutup rapat ..masak hingga mie terurai, dan matang tapi bentuk masih keriting cantik
  • Masukkan bumbu mie instan, dan tambahkan 1 sdk mkn kecap manis
  • Aduk sebentar....jadi dech..mudah kan....
  • Sajikan segera...enakkkk πŸ’•πŸ’•

Mie Tek-Tek itu ciri khasnya mienya semi basah gini ya Teman2..terus mie kering langsung masuk gak perlu di rebus dulu..jadi tekture mienya lebih pas..dan asyik kayak masih keriting gitu

Oh ya...Dinner set cantikk yang aku pakai itu dari IG @sango_id...makan mie instan jadi berasa mie resto dech 🀭🀣

Tapi beneran enak kok ini teman2 cobain dech..di Yogya malah ada warung Mie gini yang kalau beli sampai pada rela antri 2 jam lho.. namanya Mie Nyemek Bu Siti...pakai Mie instan juga ...πŸ˜ƒ

Kalau aku yo wegah antri gitu mending bikin sendiri di rumah ya. πŸ˜ƒ

Selamat mencoba !

4

Tuesday, September 29, 2020

Udang Saus Padang

 

Udang Saus Padang

Siang,

Menu hari ini Yodha request kerang saus mentega lagi, ya udah biar menu seafood sekalian aku buat juga Udang Saus Padang tapi ala-ala aku aja ya bumbunya ... HeHe.

Aku suka versi seperti ini ada pedes gurih asem manis komplit rasanya enak banget.. πŸ’•πŸ˜˜

Tapi memang resep Seafood Saus Padang seperti ini banyak variasi ya teman-teman, antara warung-warung seafood bisa beda-beda rasanya..ada yang kental..ada yang encer berkuah, dll. Nah kalau ini aku buat versi yang aku suka ya.. seperti ini.. selamat mencoba jika teman-teman suka juga. πŸ’•

Bahan: 
  • 300 gram udang kupas (aku suka kepalanya tak biarin kupas atasnya aja..buat kaldu kuahnya makin enak), lumuri 1 sdk mkn air jeruk lemon dan 1/2 sdk teh garam.

Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 3 kemiri sangrai
  • 1 cm kunyit
  • 1/4 sdk teh merica

Bumbu Iris:
  • 6 bawang merah
  • 10 cabai rawit merah

Cara Membuat:
  • Tumis bawang merah, cabe, 2 daun jeruk, 2 cm jahe, geprek
  • masukkan air 200 ml
  • tambahkan saus :
  • 2 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk mkn saus sambal
  • 1 sdk mkn kecap manis
  • Masukkan udang terakhir.. tambahkan sedikit garam jika perlu ...masak sebentar saja hingga meresap agar udang tidak keras
  • Cek rasa, sajikan hangat
Selamat mencoba!

0

Monday, September 21, 2020

Roti Goreng Isi Ayam

 

Roti Goreng lagi, yang ini isi ayam.

Sore, 

Hari ini aku buat roti goreng lagi nich teman-teman. Kali ini beda adonan sama yang kemaren ya, yang isi kacang hijau. Sedang pengen uji coba resep baru.

Kalau biasanya resep andalanku yang pakai kuning telur semua dan pakai susu. Kali ini aku buat versi yang pakai telur utuh dan tanpa susu cair, jadi lebih ekonomis.

Sama-sama empuk dan lembut, tapi untuk yang pakai 4 kuning telur kemaren tekture luarnya lebih suka aku tetep lebih kres & kres, garing soalnya 🀣 Tapi resep ini bisa jadi alternatif ya teman-teman jika mau buat roti goreng lebih ekonomis tapi tetap enak.πŸ’•πŸ’•

Untuk bikin adonan serahkan saja sama mixer aja, tinggal cemplung-cemplung bahan, beres, adonan kalis dalam 30 menit.πŸ˜ƒπŸ€­

Aku pakai mixer Ravelle dari IG @gastroline.indonesia.

Spesifikasi
- Daya 400W
- Kapasitas 4.5 Liter
- Mangkok stainless dengan pegangan
- Bowl Cover (Tutup Mangkok)
- Kecepatan Mixer 70-220 RPM
- 8 speed + pulse
- Lampu Indikator LED
- Material ABS plastic housing
- Free 3 standar aksesoris
- Anti slip rubber pads
- Voltase 22

Resep Adonan yang versi ekonomis ini aku share di sini ya :

Bahan :
  • 500 gram terigu protein tinggi
  • 1 bungkus ragi instan
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 200 ml air, tambahkan 1/2 sdk teh garam, aduk rata
  • 2 sdk mkn margarin
  • 30 gram susu bubuk
  • 1 sdk teh bread improover ( ini untuk bantu ngembangin adonan karena cuma pakai dua telur .. tapi jika gak ada skip aja.. tekture adonan roti jadi kayak di bakery2 gitu...empuk soft )

Cara Membuat :
  • Campur semua bahan kering
  • Tambahkan telur dan air
  • Biarkan mixer bekerja atau uleni manual
  • Masukkan margarin, uleni kembali hingga kalis
  • Diamkan hingga mengembang
  • Kempiskan adonan
  • Timbang 40 gram..bulatkan
  • Beri isi
  • Bentuk bulat lonjong
  • Diamkan kembali sekitar 10 menit
  • Goreng api kecil hingga mengembang dan matang
Bahan Isian :
  • 600 gram ayam, rebus..suwir halus
  • 400 ml santan
  • 1 sereh, geprek
  • 2 daun jeruk, sobek
  • 2 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk teh garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu Halus:
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan ayam, santan dan semua bumbu
  • Masak sambil di aduk-aduk hingga meresap dan isian agak kering tapi belum jadi serundeng ya..( tekture seperti isian sosis solo..)
Selamat mencoba!
0

Friday, September 18, 2020

Garang Asem Fillet Dori

 


Siang, 

Menu siang ini yang seger-seger nich, apa coba? Garang Asem Bumbu Iris Fillet Dori πŸ’•

Waktu belanja di Farmers Market, supermarket baru di Semarang kemarin jadi kalap dech, lha baru buka jadi semua stok ikan daging dll masih fresh banget dan murah πŸ˜…

Aku beli fillet dori juga. Fillet Dori ini tekture daging lembut ya teman-teman ... lebih lembut dari Kakap. Paling enak sich buat Fish and Chips ya, tapi dimasak pindang atau dibuat Garang Asem Bumbu iris gini juga enak lho, seger gak amis πŸ’•

Yang lagi diet juga cocok nich, sehat dan langsung cemplung-cemplung bahan, dan kukus ...πŸ˜ƒ

Bahan:
  • Ikan fillet 500 gram..potong kecil-kecil
  • 500 ml air
  • 1 1/2 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk teh garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • 3 cm lengkuas potong2 tipis
  • 2 sere..potong2
  • 3 daun jeruk, sobek2
  • 3 cm jahe, iris tipis
  • 5 cm kunyit, iris tipis
  • 1 tomat, potong2
  • 10 belimbing wuluh potong2
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 5 cabai rawit , iris
Cara Membuat:
  • Campur semua bumbu dan air di panci, didihkan sebentar agar bisa di cek rasa
  • Setelah gurih manis asemnya pas.. angkat, bagi 3 bagian
  • Ambil dua lembar daun pisang
  • Beli Fillet dori secukupnya
  • Beri bumbu dan kuah
  • Bungkus rapat
  • Kukus 40 menit
Selamat mencoba!
0

Tuesday, September 15, 2020

Soto Kuali

 

Soto Kuali

Malam, ini menu tadi siang teman-teman  ...

Cuaca panas banget akhir-akhir ini ya teman-teman, Yodha request menu yang sehat-sehat terus, jadi yang paling sering adalah soto karena kegemaran Yodha adalah soto.

Untungnya di Indonesia soto sangat beragam ya teman-teman, tiap daerah punya ciri khas masing-masing. Di Jawa saja ada belasan macam resep soto...makanya nggak pernah bosen makan Soto.

Aku suka semua soto..mau soto bening..soto buthek semua suka 🀣🀣

Nah aku mau share salah satu Soto unik khas Solo, yaitu Soto Kual .atau Soto Kwali kadang nyebutnya gitu. Artinya soto yang di masak pakai kuali tanah liat, kalau penyajiannya sich bebas mau di mangkuk tanah liat boleh.. kalau di warung-warung ya mangkuk soto biasa πŸ’•

Di Solo ada versi Soto Kuali bening, ada juga yang ndeso seperti yang aku masak ini, yang sangat unik...yaitu memakai tempe semangit. Soto kok pakai tempe semangit? Iya., tempenya nggak diulek kok, diutuhin aja cuma sebagai penyedap, dan rasanya enak lho tetap seger sedep. Cuma aku memang pakai tempe semangit yang masih aman 🀣 belum medok ya..agar aromanya nggak tajem.

Resep asli dari ibuknya temen aku dari Solo..cuma takaran bumbu aku sesuaikan seleraku πŸ’•πŸ’•

Kalau isian Sotonya minimalis...nasi..irisan daging, toge pendek, daun sledri, bawang goreng. Rasanya segar enak ... Biasanya sich pakai daging bagian kisi, di masak utuhan dulu terus di potong tipis-tipis pas udah empuk..tapi aku punyane tetelan tadi..jadi gak bisa di potong tipis-tipis. πŸ˜ƒ

Bahan :
  • 500 gram daging Kisi / Tetelan
  • Rebus dgn 2000 ml air hgg keluar kaldu tp jangan terlalu empuk dl, jika ada pk kuali
  • Kalau kisi ..rebus utuhan dl agar kuah tdk keruh, baru stlh setengah empuk angkat, potong tipis
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1/2 sdk makan kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 2 cm kunyit, bakar biarkan utuh, tujuannya agar kuah tidak kuning banget tapi juga tidak pucat putih
  • 100 gram tempe semangit, biarkan utuh

Bumbu:
  • 6 bawang merah
  • 4 Bawang putih
  • 2 Kemiri
  • 1/2 sdk teh merica butiran
Cara Membuat: 
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan ke rebusan daging
  • Masukkan bumbu2 lain..serta tempe semangit
  • Masak hingga meresap
  • Sajikan dengan nasi, bawang merah goreng, sledri dan taoge

Note: Daging tidak perlu di presto karena daging Kisi / tetelan mudah empuk...jika terlalu empuk malah hilang rasa manis daging.

Selamat mencoba!
0

Nasi Liwet

 

Nasi Liwet

Pagi teman-teman.

Selamat berakvifitas teman-teman.πŸ’•πŸ’•

Kemaren aku masak Nasi Liwet Solo Komplit, tapi yang mau aku share kali ini sayur pelengkapnya saja ya ... yaitu Sayur Labu Siam.

Karena suka develop resep, maka walau sudah sering share resep sambel goreng labu seperti ini. Tapi selalu beda-beda resepnya, antara sambal goreng labu yang biasa untuk makan bubur atau sambel goreng labu yang untuk nasi ayam Semarang, sambel goreng labu Betawi dsb. Karena walaupun nampak sama tapi beda citarasa teman-teman.

Kok bisa dan tahu mbak? Ya iyalah, aku kan suka kulineran jadi suka mencoba berbagai nasi ayam di Semarang atau nasi liwet di Solo. Nah dari sini aku jadikan patokan rasa kalau develop resep baru. Rasa yang paling pas sesuai selera aku dan keluarga. Karena kadang jajan di tempat terkenal pun tidak sesuai selera juga sering..🀣

Nah kali ini aku mau kasih resep detail dan pas sesuai selera kami dan persis dengan nasi liwet langgananku yang sambel goreng labunya rasanya seger-gurih, sedikit manis dan gak terlalu pedas, jadi masuk untuk semua anggota keluarga. Kalau mau tambah pedas tinggal nyeplus rawit yang banyak, enak banget.

Rasa sambel goreng labu ala Solo ini cenderung ringan segar karena disajikan dengan nasi gurih, jadi saling melengkapi rasanya, enakk sedep.πŸ’•πŸ’•

Pelengkap Nasi Liwet Solo (Ini beda juga dengan Nasi Ayam Semarang ya)

Kalau Nasi Liwet Solo dilengkapi areh, areh putih dan kuning, tapi kalau nasi ayam Semarang tanpa areh, tapi disajikan dengan kuah opornya, enak semua. Hanya menjelaskan jika ada teman-teman yang nanya tentang bedanya dengan nasi ayam Semarang ya karena penampakan memang mirip.🀣

Nasi liwetnya aku pakai rice cooker aja.

Bahan :
  • 500 gram beras
  • 1 1/2 sdk teh garam
  • 3 daun salam
  • 750 ml santan
  • Masak seperti biasa masak nasi di rice cooker.

Pelengkap nasi liwet solo :
  • Opor ayam putih suwir
  • Telur pindang ( resep di sini : #telurpindangbundadidi
  • Areh putih dan kuning
  • Bumbu biar merah merona aku haluskan pakai chopper Mitochiba CH 200 pake wadah kecilnya .

Pan pakai wok pan diamond series dari IG @steincookware. Wok pan Steincookware ini..mulus banget anti lengket banget, cocok wok pan ini untuk goreng-goreng atau untuk masak, untuk bikin mie, nasi goreng dll.

Ayam Ingkung (Opor Putih)

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung / pejantan
  • Santan 1000 ml dari 1 butir kelapa
  • Salam 2 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang , memarkan
  • Lengkuas 3 cm, memarkan
  • Gula merah 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
Cara Memasak :
  • Masak ayam dan semua bumbu serta santan, ungkep dengan api kecil hingga kuah menyusut dan santan mengental, sambi l sesekali di aduk dan di koreksi rasanya. Angkat ayam..sisihkan kuah santannya untuk membuat areh.
  • Areh kuning :
  • 2 butir telur dan kuah santan ayam 100 ml aduk rata , lalu kukus hingga matang.
  • Areh putih :
  • 1 butir putih telur, kocok hingga kaku,masak dengan santan kental 100 ml, 1/2 sdk teh garam
Selamat mencoba!
0

Sunday, September 13, 2020

Pizza Mini

 

Pizza Mini

Selamat siang teman-teman,


Hari ini full di rumah saja, gak kemana-mana karena udara panas banget.


Sama Yodha bikin Pizza, kali ini pizza simple pakai teflon saja. Bisa mateng? 
(Ini gara-gara Yodha pengen eksperimen manggang pizza pakai teflon kecil, ya sudah biar dia belajar.)

Bisa koq ... tapi memang gak ada sensasi gosong-gosong di permukaannya.🀣 Yang penting enak dan empuk ya Kak...πŸ’•πŸ’•

Adonan pizza ... pakai resep adonan pizzaku ya yang empuk ... karena memang niatnya di panggang pakai teflon.

Bahan :
  • 250 gram terigu protein tinggi
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1 sdk teh ragi
  • 50 ml minyak olive oil kalau ada kalau gak ada ya minyak goreng biasa
  • 125 ml susu cair
Cara Membuat :
  • Campur terigu, garam, masukkan susu sedikit demi sedikit, uleni hingga setengah kalis.
  • Masukkan garam dan minyak.
  • Uleni hingga kalis.
  • Diamkan 20 menit.
  • Kempiskan adonan.
  • Timbang 65 gram, dan bulat-bulatkan.
  • Pipihkan, diamkan kembali hingga mengembang sekitar 10-15 menit.
  • Olesi saus sesuai selera.
  • Beri toping bawang bombay, paprika, pepperoni, dll (sesuai selera).
  • Beri keju mozzarella.
  • Panggang di teflon hingga matang.
  • Sajikan.
Selamat mencoba!
0

Saturday, September 12, 2020

Mendoan

Mendoan

 
Pagi, 

Udah minum teh pagi ini teman-teman? Nich dapat salam pagi dari Mendoan....πŸ€­πŸ˜ƒ

Pag-pagi minta tolong suami beli daging ... eh kok pulangnya bawa tempe mentah lebar-lebar yang untuk mendoan. Wah tumben ada di pasar, katanya di tukang sayur langgananku bawa tempe ini, terus beli langsung dech aku goreng untuk sarapan πŸ’•

Di taman deket rumah ada sich kalau sore yang jualan mendoan di taman, tapi kalau aku lebih suka goreng sendiri lebih sesuai selera adonan tepungnya, dan nggak berminyak banget. Kalau beli kadang suka berminyak, jadi pas nemu tempe mendoan mentah yang lebar ini seneng banget. Walau agak mahal 1 bungkus gandeng dua isi 8 lembar tipis-tipis 5 rebu 🀣🀣 Kalo beli tempe biasa kan dapat sepapan besar diiris tipis bisa jadi 20 lebih 🀭Tapi memang sensasinya beda ya, kalau mendoan yang asli tipis nempel di daun dibanding tempe biasa yang diiris tipis..πŸ’•πŸ’•

Tapi aku pernah mabok mendoan lho teman-teman.🀣🀣 Waktu kulineran ke Purwokerto beberapa waktu lalu, saking semangatnya coba aneka mendoan sampai mbengler di warung soto, di sentra oleh-oleh, di hotel, di pasar tak coba satu-satu semua penjual dan versi mendoannya, jadilah pas ke Baturraden liat mendoan anget bertebaran malah mblenger aku. 🀭🀣

Resep Tempe Mendoan Ala Purwokerto

Bahan-bahan :
  • 10 buah tempe mendoan Purwokerto / tempe biasa , diiris tipis melebar
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung tapioka / tepung beras
  • 400 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bumbu Halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur ( ini optional aja sesuai selera, boleh pakai atau tidak )
Bahan Sambal Kecap Pedas (aduk Rata):
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan atau cincang aja boleh
  • 4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2
  • 1/8 sendok teh garam jika perlu
Cara Membuat :
  • Aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  • Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering.
  • Tiriskan. Sajikan dengan sambal kecap pedas atau cabai rawit, Yummy !
Selamat mencoba!

0

Soto Bening Yogya

 

Soto Bening Yogya


Selamat malam teman-teman,

Terniat untuk menu masak nanti malam 🀣, apa coba? Menu komplet ala warung soto yogya! Terbayangkan soto bening yang seger gurih, beserta lauk penyertanya. Coba tengok foto-foto di bawah ini dulu, baru kemudian tengok resepnya.

Soto Bening

Tahu Bacem, Sate Telur Puyuh

Ayam Goreng

Soto Bening Yogya ini niru-niru Soto Kadipiro πŸ˜…, yang pasti sudah banyak dikenal, ditambah:
  • Ayam Goreng
  • Perkedel
  • Sate Telur Puyuh
  • Tahu Bacem

Wow ... ini yang suka bikin kangen, khas banget makan soto Yogya pakai tahu bacem ... hmmmm yummy.πŸ˜‹

Kalau bikin soto bening gini aku suka bumbu minimalis saja, yang penting terasa kaldunya. Kaldunya harus kaldu asli ayam kampung atau pejantan, jangan ayam biasa, ntar amis.

Soto Bening

Bahan :
  • 1 ekor ayam pejantan / kampung, potong sesuai selera
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang sereh, memarkan
  • 1-2 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan kecap manis
Bumbu Halus :
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 2 cm kunyit, bakar dan geprek saja..tanpa di ulek biar warnanya nggak terlalu kuning kuahnya.
Cara Membuat :
  • Cara membuat kaldu bening:
  • Cuci ayam..rebus dengan 1250 ml air dgn api kecil hingga keluar kaldu bening, ukur kaldu
  • Angkat ayam..ungkep dengan bumbu ayam goreng kuning biasa atau bacem sesuai selera.
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu dan bumbu2 lain. 
  • Masak hingga meresap. 
  • Koreksi rasa. 
  • Susun bahan-bahan pelengkap soto di mangkuk, tuangi kuah soto.
Pelengkap :
  • Nasi putih secukupnya
  • 1 potong ayam goreng buat suwiran
  • Bawang goreng dan sledri cincang secukupnya
  • Taoge secukupnya
  • Kol iris secukupnya
  • Sambal rawit secukupnya
  • Jeruk nipis secukupnya
Gara-gara rindu Yogya belum boleh pulang .. huhu.

Oh ya, dinner set cantik yang menemati sajian soto di atas adalah dari (IG) @sango_id

Ada kabar gembira nich teman-teman yang di luar kota, sekarang IG @sango_id udah bisa dibeli secara online, jadi yang biasanya penasaran kalau aku post liputan aneka produk keramik Sango di showroom Semarang. Sekarang sudah bisa borong via online lho, yuk langsung cek aja di IG-nya atau via Tokopedia juga bisa..πŸ’•πŸ’•

Selamat mencoba!
0

Wednesday, September 9, 2020

Asem-Asem Daging

 

Asem-asem Daging

Sore, menu sore ini adalah Asem-Asem Daging dengan lauk pindang goreng. Horeee .... 

Sayurnya? Ada, dalam bentuk brokoli crispy favorit Yodha 🀣

Resep Asem-Asem Daging versi Bumbu Iris

Bahan :
  • Daging tetelan yang berlemak 250 gram, rebus hingga empuk dengan 1500 ml air
  • 5 belimbing wuluh / tomat ijo, potong-potong.
  • Kecap manis 2 - 3 sendok makan / sesuai selera
  • Kaldu bubuk rasa sapi 2 sendok teh dan garam sesuai selera
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1 sendok makan air asam kental
Bumbu :
  • Cabai merah 6 buah, iris bulat 
  • Cabai hijau 5 buah, iris juga
  • Bawang merah 6 butir, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
Cara Membuat :
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris hingga harum dan matang.
  • Masukkan ke rebusan daging.
  • Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil, terakhir masukkan belimbing wuluh / tomat hijau.
  • Sajikan hangat.

Brokoli Krispy

Bahan :
  • 1 kuntum brokoli ukuran besar, potong-potong.
  • Rendam di air plus sedikit garam, tiriskan.
Bahan tepung lapisan, ayak bersama :
  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan maizena
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok teh garam ( sesuai selera )
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Ambil 50 gram tepung, beri air secukupnya hingga jadi adonan agak encer
  • Celup brokoli ke adonan basah
  • Baluri adonan tepung kering
  • Goreng di minyak terendam
Selamat mencoba!
3

Saturday, September 5, 2020

Bala-Bala Alias Bakwan


Bala-Bala Alias Bakwan


Happy weekend teman-teman πŸ’•

Menu sarapan enak di hari Sabtu yang cerah ini, tak perlu mahal πŸ˜ƒ Pagi-pagi goreng bakwan ala Bandung alias bala-bala, dimakan dengan nasi pecel, wis to gak perlu nasi, bisa habis 3 atau 5? Hayo ngaku 🀭🀣

Bahan :
  • 200 gram kol, iris halus
  • 1 wortel, iris kecil
  • 2 daun bawang, iris
  • 2 sledri, iris
  • 1/4 bawang bombai, iris
  • 150 gram terigu protein rendah agar kriuk
  • 150 ml air

Bumbu :
  • 2 bawang putih, halusin
  • 1 1/2 sdk teh kaldu ayam / atau ganti garam
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1/4 sdk teh gula pasir

Cara Membuat :
  • Campur semua bahan, aduk rata
  • Sendokkan bulat2 ke minyak yang sudah di panaskan..usahakan terendam agar matang merata dan kriuk luarnya.
  • Bala-bala ini aku meniru tukang gorengan ala Bandung deket rumah..cuma tak tambah wortel. Kalau di tukang gorengan itu hanya kol aja sama daun bawang. Bala2 nya itu kriuk luar lembut di dalam karena jumlah sayuran banyak. Tidak perlu tambahkan telur ya..agar garing luarnya.
Selamat mencoba ya!




2

Monday, August 31, 2020

Penthol Ndower

Penthol Ndower

 
Siang teman-teman, 

Menu menantang siang ini, hari ini aku kok pengen yang pedes-pedes jadi ingat pernah makan Penthol Ndower di Solo yang terkenal itu, makanya jadi pengen bikin sendiri dech.

Pentol Ndower ini pentol yang dimasak berselimut bumbu pedas sedikit manis enakkk.

Beda dengan Penthol Setan ala Surabaya, kalau Pentol Ndower ini sekalian ditumis Pentolnya, bukan disiram bumbu pedas.

Enakkkk ! Kalau aku penyuka pedas sich iyes bangettt, kalau teman-teman ada yang suka juga?

Oh ya, pentholnya aku gak bikin sendiri,  pakai yang sudah siap pakai dari IG @pentoldahsyat , enak dan ada keju lelehnya. Pentholnya itu lembuttt tapi tetap ada tekture sedikit kenyal dan gurih daging masih terasa enak banget.
 
Oh ya di IG @pentoldahsyat selain menjual aneka penthol Frozen, juga tersedia bakso dahsyat, tahu bakso, tahu walik dll. Enak-enak semua udah aku coba teman-teman, dalam bentuk frozen ya.. Jadi bisa buat stok di rumah dech.πŸ’•πŸ’•

Eh beda Penthol sama Bakso apaan sich? Menurutku, kalau Penthol cenderung buat dicemil lebih banyak tepung daripada daging tapi tetap enak gurih rasanya. Jadi pas banget di masak ala Penthol Ndower gini.

Oh ya, aku tulis lagi resepnya ya ...

Pentol Ndower

Bahan :
  • 1 pack Pentol Dahsyat Frozen ( isi 16 biji gede2 mantep )
  • 80 -100 gram cabe rawit merah, (sesuai selera tingkat kedowerannya πŸ˜…..eh kepedasan maksudnya).
  • 2 bawang putih
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 2 daun jeruk
  • Merica bubuk secukupnya jika suka.
Cara Membuat: 
  • Rebus cabe sebentar, haluskan kasar dgn bawang putih, tumis
  • Masukkan 100 ml air, gula garam dan kaldu
  • Masukkan Pentolnya
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
  • Nah pas penyajian..boleh di tambah sedikit saus tomat atau kecap manis sesuai selera..tapi jangan di campur pas masak kecap atau saus tomat..beda rasa hasilnya soalnya.. biarkan tetap rasa pedes gurih cabe yang menonjol duluan πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Itu video yang ngedit Yodha..🀣🀣.. dia melamar part time job jadi team editing Mami katanya, masih belajar tapi lumayan ya teman-teman .. Walau lupa nulis bumbu merica bubuk terus ml ditulis mili sama dia 🀣

Biarin dulu pelan-pelan belajar nanti kalau ditegur ndak mutung gak mau belajar lagi 🀭


2

Friday, August 28, 2020

Lentho Gurih

 

Lentho Gurih

Selamat Siang,

Sarapan pecel yang pakai lentho kacang tholo, sekalian ngabisin stok kacang tholo yang sudah direndam sisa dari buat sambel goreng labu kemaren, tapi barusan mateng lentho-nya jadi nunggu minta tolong suami beli sayuran. Eh tapi koq sudah enak dicemilin ini, jadi kenyang duluan .. Piye jal? 🀣

Lentho

Bahan :
  • 300 gram singkong parut ( peras sedikit airnya jika singkongnya kandungan airnya , jika tidak yang nggak usah )
  • Kelapa parut 1/2 butir
  • Kacang tholo 100 gram ( rendam 3 jam atau hingga mekar )
Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 2 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya 
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1/4 sendok teh gula pasir
Cara Membuat :
  • Campur singkong parut dan kelapa parut dengan semua bumbu. 
  • Cicipi..sampai rasa gurihnya pas, jika kurang bisa tambahkan garam. 
  • Ambil sedikit adonan, kepal-kepal kuat, bentuk lonjong pipih dengan tangan. 
  • Goreng dalam minyak yang sudah panas sampai kuning keemasan, atau sampai coklat renyah. jika suka. 
  • Sajikan untuk cemilan atau pelengkap pecel, yummy lho !

Note :
  • Jika takut ambyar waktu digoreng boleh ditambah 1 sdk makan tapioka.
  • Tapi asal pas dikepal-kepal dengan kuat hingga terbentuk "Cap Jari" 🀭🀣 Dan minyak sudah panas baru adonan masuk, sebenarnya tidak akan ambyar waktu di goreng πŸ˜ƒ.
Selamat mencoba!
2

Bakso Kampung

Bakso Kampung

 Selamat Malam, 


Udara dingin, jadi pengin yang seger-seger buat makan malam makanya bikin yang ini aja ya ...

Bakso Kuah Kampung, tapi ala kampungku di Yogya sana. Bakso yang pakai irisan Tahu Pong, pakai sawi ijo mentah diiris terus disiram kuah bakso panas, aromanya sungguh khas...πŸ˜‹

Terus kalau mau otentik ndeso, mie-nya pakai mie kuning pasar yang basah seharusnya tapi aku gak ada pakai mie kering saja πŸ˜….

Yang khas lagi kuahnya bening karena gak pakai kaldu tulang, sumsum apalagi jerohan dll seperti bakso kota πŸ˜ƒ. Tapi ini cuma pakai bumbu bakso kuah sachet yang instan saja, tapi rasanya justru otentik jadul seperti bakso kuah jaman aku kecil, yang murah meriah tapi ngangenin.. πŸ˜ƒ

Cara Membuat :

Siapkan aja Bakso siap pakai, bisa beli di pasar atau supermarket.

Bahan kuah :
  • 1000 ml air
  • 2 sdk teh bumbu kuah bakso sachet, kalau gak ada ganti kaldu sapi bubuk
  • Secukupnya garam
  • 5 bawang putih, goreng, geprek
  • 2 batang sledri, ikat
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Masak semua bahan kuah api kecil
  • Hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan dengan :
    • Mie basah kuning ala pasar
    • Tahu Pong iris
    • Bakso
    • Sawi ijo, jangan di rebus..cukup di iris2 mentahan..tuangi kuah panas bakso nanti jadi layu..aromanya jadi khas
    • Bawang goreng, sledri iris
    • Kecap
    • Saos
    • Sambal rawit
Kalau ada bakso goreng bisa ditambahkan, tapi sayangnya tidak ada.🀣

Selamat mencoba!

2

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Selamat pagi teman-teman,

Beberapa hari ini udara pagi hari dingin banget ya? Jadi ingin sarapan bubur ayam nich, tapi mau jajan masih takut jadi baiknya mari kita buat sendiri aja bubur ayamnya ya ... Sedikit repot tapi hasilnya memuaskan selera keluarga dan lebih enak πŸ’•πŸ’•

Nah, biasanya aku buat bubur pakai Rice Cooker saja, kali ini aku mau berbagi cara membuat Bubur Ayam dengan cara manual ya teman-teman ... pakai panci, teng-teng!

Kalau membuat bubur dengan cara manual begini, aku lebih suka memakai pan yang berbahan stainless. Walau banyak koleksi pan, namun panci stainless seperti merk Arturo ini, harus  tetap wajib ada di dapur teman-teman. Mengapa? Karena sangat berguna jika masak menu-menu seperti bikin bubur, gudeg, rendang dan lain-lain, yang butuh waktu lama mengolahnya jadi lebih cepat matang.

Aku pakai Arturo Casserole 24 cm dari (IG) @gastroline.indonesia, banyak kelebihannya teman-teman:
  • Salah satu panci paling aman dan sehat.
  • PFOA free.
  • PTFE free.
  • Tidak beracun dan bereaksi terhadap makanan.
  • Awet sepanjang masa, bisa diturunkan ke anak cucu.
  • Investasi 1x saja, tidak boros karena harus beli dan beli lagi.
  • Body tebal, sehingga memasak makanan dalam temperatur tinggi matang merata dan tidak cepat gosong.
  • Sandwich bottom tebal 0.5cm bisa utk segala jenis kompor, termasuk kompor induksi.
  • Gagang hollow dan ada lubang kecil sehingga tidak cepat panas.
  • Menggunakan las laser (bukan baut), sehingga lbh modern dan tidak ada sisa makanan yang tersangkut.
  • Design bibir panci anti tumpah.
Bahan Kuah dan Ayam Suwir :
  • 1/2 ekor ayam yang udah di buat kaldu
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1.000 ml air biasa atau air kaldu
Bumbu Halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 3 cm kunyit
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu.
  • Masukkan air, ayam..semua bumbu.
  • Masak hingga meresap.
  • Angkat Ayam, goreng ayam, suwir-suwir.
Bahan Pelengkap:
  • 100 gram kerupuk kanji ,kacang kedelai goreng.
  • 1 sendok makan bawang merah goreng.
  • 1 sendok makan seledri, diiris halus,kecap dan sambal.
Selamat mencoba!

2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel