Google Ad

Friday, November 5, 2021

Gablok Pecel


Gablok Pecel

 

Selamat siang, 

Menu makan siang ini teman-teman, super murah dan lezat. HaHa. Aku buat 'Gablok Pecel'. Yodha aku tawari kok mau jadi gak perlu masak doubel.πŸ˜€πŸ’•

Gablok ini menu jadul khas Semarang, terbuat dari nasi yang pero yang ditumbuk bersama kelapa parut dan sedikit garam. Bisa pakai beras khusus yang gak pulen ya teman-teman, kalau berasnya pulen, susah jadi karena lembek lengket.

Gablok biasanya disajikan dengan pecel sayuran, serta gorengan atau bacem tahu tempe.

Di Semarang biasanya dijual di pasar atau warung pinggir jalan untuk sarapan, bersama gendar. Bedanya kalau gablok ini putihan, tanpa 'obat' yang biasa disebut 'bleng', tapi kalau gendar warna kekuningan karena dicampur dengan 'obat bleng'. Kalau Gablok ini pulen lembut, kalau gendar kenyal karena itu tadi, pakai obat bleng. 🀣

Karena cuma untuk maksi berdua sama Yodha, aku bikinnya dikit aja tadi:
  • 500 gram nasi putih pero masih panas
  • 50 gram kelapa parut tua segar
  • 1/2 sdk teh garam
Cara Membuat Gablok:
  • Tumbuk semua bahan, pakai ulekan bisa.
  • Tumbuk hingga halus dan pulen, kayak bikin jadah, padatkan.
  • Potong-potong jika sudah dingin di ya, pisau dialasi plastik.
  • Sajikan dengan pecel daun lauk sesuai selera.
Bikin 500 gram aja lumayan banyak, berdua gak bakal habis jadi aku bungkusin untuk ART-ku juga. πŸ’•

Untuk sayuran sesuai selera ya teman-teman, biasanya kalau di pasar, sayuran khasnya kenci, kembang turi dll. Tapi aku hanya pakai bayam, taoge, kol sama cipir tadi untuk sayuran rebusnya.

Bahan :
  • 100 gram kacang tanah, goreng hingga matang
  • 30 gram gula merah
  • 4 cabai merah, 3 buah cabai rawit merah, goreng ( kalau suka pedas tambahin saja rawit )
  • 2 siung bawang putih, goreng
  • 1 cm kencur
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh terasi goreng
  • 2 mata asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
  • Air panas 150 -200 ml
Cara Membuat :
  • Haluskan kacang tanah.
  • Ulek cabai, bawang putih, kencur dan daun jeruk serta terasi.
  • Tambahkan gula merah dan garam.
  • Aduk rata semua bahan sambal dan tuangi air .
  • Aduk hingga kental, cek rasa.
Selamat mencoba!

0

Lodeh Kluwih


Lodeh Kluwih

Selamat siang,

Menu Maksi tadi teman-teman, lodeh masih fresh, belum nginep (Kaya nginep hotel saja). πŸ˜€ Kalau aku masak ini..sudah di pastikan Yodha masak dan bikin menu sendiri. 🀣 Dipaksa gimanapun belum suka dia sama Lodeh. πŸ˜€


Waktu di Yogya, kita makan malam di kopi Klothok adanya kan cuma menu Lodeh gini sama telur dadar. Beneran ngambek dia, gak mau makan, katanya jauh-jauh di Yogya kok cuma makan lodeh. Mami kan sering masak katanya.πŸ˜‚ Akhirnya dia mlipir ke Cafe sebelahnya makan steak.πŸ˜€

Kalau menu berkuah Soto, Rawon, Brongkos, Nasi Gandul dll dia suka tapi kalo Lodeh kok gak mau Yodha. Banyak variasi lodeh yang udah sering aku share ya teman-teman, tapi kalau untuk bahan kluwih, aku suka yang versi bumbu komplit gini:

Bahan :
  • 1 buah Kluwih, potong sesuai selera, jika sudah tua, buang bijinya.
  • 5 lonjor kacang panjang, potong-potong.
  • 1 genggam daun so (daun melinjo),
  • 50 gram kulit melinjo jika ada.
  • 100 gram tempe yang sudah menginap beberapa hari ( semangit ), potong-potong-
  • 5 buah cabai rawit ( sesuai selera ), potong serong.
  • 5 buah cabai merah , 5 cabai hijau, potong serong.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1 sendok makan gula merah.
  • 1 sendok teh garam, 2 sendok teh kaldu sapi.
  • ( Secukupnya ya, nanti dicicipi aja pas mateng.)
  • 1 sendok makan rebon.
  • 1000 ml santan.
Bumbu Halus :
  • 5 buah bawang merah, 2 bawang putih.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • 4 butir kemiri.
  • 1/2 sdk teh terasi bakar.
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus.
  • Tambahkan santan.
  • Masukkan semua bumbu lain di atas.
  • Masukkan kluwih dan tempe semangit, masak api kecil hingga kluwih empuk.
  • Masukkan kacang panjang dan daun so.
  • Masak lagi hingga sayuran layu, dan bumbu meresap.
  • Koreksi rasa.
Note :
  • Bisa juga tanpa ditumis ya, bumbu langsung masuk semua setelah santan mendidih.πŸ’•
Selamat mencoba!
0

Muffin Telur Ala Korea


Muffin Telur

Selamat Pagi,


Menu sarapan tadi serba telur, Yodha dan Papinya sarapan ini teman-teman. Biar langsing kata Papa Yodha ... (Mana mungkin?).πŸ˜€


Muffin Telur Ala Korea

Aslinya kalau lihat di postingan blogger Korea Aeriskitchen itu telur diisikan ke dalam Muffin, tapi aku modifikasi, telurnya buat toping seperti telur ceplok gitu. πŸ˜€ Bisa juga ditambah daging asap dan keju mozzarella jika suka teman-teman, tapi original gini aja juga enak.

Karena aku pakai telur kecil-kecil aku pakai cetakan cup muffin aja biar pas bulat toping telurnya, bisa juga pakai cetakan alumunium foil oval ya teman-teman.

Aku pakai Telur Kampung dari IG @astamajayafarm . Telur kampung organik dari peternakan ayam organik di Semarang sini. Selain menyediakan ayam kampung organik, di sini juga tersedia ayam kampung organik yang sehat. 

Bisa melayani pengiriman ke area Semarang ya teman-teman. Bikinnya super gampang, tinggal aduk-aduk bahan aja tanpa perlu di-mixer kok, yuk buat sendiri :

Kunci ngaduk adonan muffin yang tanpa di-mixer gini jangan diaduk terlalu kuat ya, biar gak bantat. Aduk hingga ada semua bahan rata aja.πŸ’•

Bahan :
  • 2 butir telur
  • 3/4 cup tepung terigu
  • 1/2 cup mentega leleh
  • 1/4 cup susu
  • 1/3 cup gula pasir
  • 1 sdk teh baking powder
  • 1/4 sdk teh garam

Bahan isi :

Cara Membuat:
  • Kocok telur dan gula hingga larut, pakai whisk.
  • Masukkan campuran terigu, baking powder, garam, sambil diaduk ayak.
  • Masukkan susu, dan mentega leleh, aduk rata.
  • Aduk perlahan ya..agar muffin tidak bantat.
  • Masukkan ke cetakan muffin, setengah tinggi cetakan saja. 
  • Tambahkan telur, taburi sedikit garam jika suka..bisa taburi merica juga, keju dll.
  • Tapi aku suka telurnya cantik bersih jadi aku taburi sedikit garam aja.
  • Panggang suhu 200 C hingga matang.
Selamat mencoba!

0

Tahu Kopyok Telur Semarang


Tahu Kopyok Telur Semarang

 

Selamat Siang,

Menu ini adalah salah satu menu jadul khas Semarang, biasa dijual di warung yang menjual Tahu Pong, seperti di Warung Tahu Pong Gajahmada atau Tahu Pong Karangsaru yang beberapa waktu lalu viral karena ada pengusaha terkenal makan di situ ya.

Bikinnya gampang kok teman-teman Tahu Kopyok ini :

Bahan :
  • 50 gram tahu, haluskan
  • 2 telur
  • 1-2 daun bawang, iris halus
  • 1/4 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • 1/8 sdk teh merica
Cara Membuat :
  • Kopyok semua bahan di atas dengan garpu, jika mau cek rasa goreng sedikit adonan, jika suka asin, tambahkan garam. Tapi tahu kopyok ini biasanya gak terlalu asin ya, karena bisa digado saja tanpa nasi.
  • Setelah rasanya pas, goreng di minyak panas. Aku suka agak tebel jadi aku pakai pan kecil saja gorengnya, kalau pakai wajan cenderung melebar.πŸ˜€
  • Untuk saus, biasanya pakai saus kecap bawang dan petis karena aku buat se-porsi aja karena Yodha dan Papinya udah sarapan tadi, aku buat sambal kecap petis praktis aja tanpa direbus.πŸ˜€
  • 2 bawang putih, goreng
  • 3 cabe rawit, 1 cabe merah, mentah.
  • 2-3 sdk mkn kecap manis.
  • 1 sdk teh petis.
  • Sedikit garam jk perlu.
  • Haluskan cabe bawang..campur kecap dan petis, aduk rata.
  • Cek rasa.
  • Sajikan telur kopyok dgn saus
Jika tidak ada petis skip aja, jadinya sambal kecap dan tetap enak kok teman-teman. πŸ˜€

Selamat mencoba!

1

Mie Lethek Yogyakarta


Mie Lethek Yogyakarta

 

Selamat pagi teman-teman, 
Yuk sarapan yang murah meriah ... ! Bikin Mie Lethek Yogyakarta yang legendaris, karena sudah ada sejak jaman dahulu.


Mie Lethek Cap "Semar"

Mie Lethek adalah mie khas Bantul, Yogyakarta yang dibuat masih dengan cara yang tradisional dan justru ini daya tariknya. Mie ini Gluten free πŸ˜€ Cocok buat teman-teman yang sedang diet daripada beli mie kenyal-kenyol luar yang buat diet itu mending mie lethek saja teman-teman ... rasanya enak.πŸ˜€

Bisa dimasak macam-macam, bisa ala Mie Jowo atau Mie Godog, bisa pakai telur, ayam, dll. Tapi kalau aku suka yang simple gini aja, pakai sayuran thok, wis enak tenan. Dan lagi, mie lethek masih bisa dinikmati walaupun dalam kondisi dingin, dan tetap enak. Kalau pakai telur harus dimakan hangat-hangat karena kalau dingin jadi agak amis.

Penampakan Mie Lethek seperti di atas ya teman-teman. Banyak merk, aku pas punyanya merk itu, jika kesulitan cari pasar cari saja di 'market place' banyak yang jual. Cara masaknya jangan direbus ya, cukup direndam air dingin tapi agak lama sampai mekar sekitar 20 menit, atau kalau mau cepat bisa diseduh air panas hingga terurai, lalu siram air dingin dan ditiriskan. Kalau direbus nanti pas dimasak akan menggumpal.

RESEP MIE LETHEK

Bahan :
  • 250 gram mie Lethek, seduh dgn air panasnya hingga lemas, siram air dingin, tiriskan.
  • 3 lembar kol, iris kasar
  • 1 wortel kecil, iris korek api
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 sledri, iris halus
  • Bawang goreng secukupnya
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri sangrai
  • 1/4 sdk teh merica butiran
  • 1 sdk teh ebi
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan wortel, kol, aduk rata hingga layu
  • Masukkan mie, kaldu ayam..garam..jika suka bisa di tambah sedikit kecap..atau bisa putihan gurih aja sesuai selera
  • Aduk rata hingga meresap..
  • Cek rasa
  • Sajikan
Selamat mencoba!
0

Tuesday, October 19, 2021

Empis-Empis Tahu Tempe


Empis-Empis Tahu Tempe

 

Selamat siang teman-teman,

Kangen dengan empis-empis khas Temanggung, dan pengin buat sendiri karena kalo harus ke Temanggung keburu mati lemas karena kelaparan He-He. Mungkin ada teman-teman yang belum tahu empis-empis ? Kalo belum tahu kebetulan aku akan share resepnya. 

Silahkan dicoba ya, menu sederhana dari Temanggung ini. Enak dech pokoknya .....

Empis-Empis Temanggung

Bahan :
  • 5 tahu putih, potong jadi 2 bagian
  • Pilih tahu yang tidak mudah hancur, misalnya tahu Soka
  • 2 papan kecil tempe semangit, potong2 ( aslinya pakai tempe bungkil khas Temanggung )
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1500 ml santan encer saja
  • 30 gram gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 200 - 250 gram cabe hijau keriting, boleh di campur rawit ijo kalau suka pedas
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 4 bawang putih, iris tipis
Cara Membuat:
  • Tumis dulu bawang
  • Masukkan cabe
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe,tahu
  • Masak hgg meresap
Selamat Mencoba!



0

Friday, October 8, 2021

Ayam Goreng Santan & Kremesan


Ayam Goreng Santan & Kremesan

 


Selamat sore, 

Hari ini aku masak Ayam Goreng Santan & Kremesan ala Mbok Berek teman-teman.

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung uk kecil
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 serai , di memarkan
Bumbu Halus:
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh bumbu kaldu ayam
  • 1 sendok teh gula pasir
Bahan Kremesan :
  • 350 ml air rebusan ayam
  • 3 sendok makan tepung beras
Cara Membuat :
  • Rebus ayam, bumbu halus dan semua bumbu lain dalam santan. 
  • Ungkep dengan api kecil sampai matang, cek rasa tapi jangan sampai santannya habis ya, sisakan 350 ml untuk bikin kremesan.
  • Goreng ayam hgg matang
  • Saring sisa rebusan ayam dan ukur 350 ml, lalu tambahkan tepung beras. 
  • Aduk rata.
  • Goreng adonan kremesan.
Aku masaknya pakai ayam kampung, karena keluarga aku keluarga kecil aku pakai ayam kampung ukuran kecil aja, yang seperti biasa. Aku pesan di IG @astamajayafarm Semarang.

Ayam kampung ukuran sekitar 650-750 gram, bisa pesan antar area Semarang dan lagi ada promo free ongkir nich teman-teman ..tanpa minimal order ya teman-teman. Ayam selalu fresh, dipotong jika ada pesanan..jadi bukan Frozen ya. Cocok untuk kita yang gak ada waktu ke pasar yaa .... juga cocok untuk teman-teman yang punya usaha resto atau catering nich.

HEALTHY CHICKEN

Ayam kampung unggulan, dengan sistem pemeliharaan eco farm (terapan pakan alami, tanpa antibiotik, pestisida, suntik hormon dll) sehingga menghasilkan produk "healthy chicken" yang tinggi protein & rendah lemak. 

Teruji secara klinis di Laboratorium UPT Terpadu Universitas Diponegoro, dan telah mendapat sertifikasi Halal dari MUI Jawa Tengah

KEUNGGULAN :
  • Ayam dipelihara secara eco farm (tanpa pestisida, antibiotik, suntik hormon dll)
  • Disembelih sesuai syariat bersertifikat Halal MUI
  • Mengandung omega 3,4, dan 9
  • Kadar protein tinggi
  • Bebas residu kimia
  • Rendah lemak, cocok untuk program diet
  • Aman dikonsumsi ibu hamil, anak & lansia
  • Bebas alergi
  • Sangat baik untuk kesehatan & tidak menyebabkan kanker
Mau jadi agen? Boleh dong !

More info :

WA : 081-329-58-55-58
FB : astamajayafarm
IG : astamajayafarm
0

Tuesday, September 14, 2021

Tahu Plethok


Tahu Plethok Khas Tegal

 
Selamat sore,

Yodha gak pernah bosan dengan 'Tahu Aci', tapi dia belum pernah bikin sendiri. Sore ini dia ingin buat 'Tahu Aci' sendiri, dan tentunya untuk dia sendiri .... HeHeHe.

Kali ini Yodha buat yang tahunya dilebarkan, terus adonan aci-nya lebih banyak, kalo yang begini namanya jadi 'Tahu Plethok'. Apalah, yang penting enakkk! πŸ˜€

Ini salah satu cemilan yang paling mudah buatnya, kalau gak ada cemilan di rumah yang penting ada tahu di kulkas, ada tepung tapioka, jadi dech cemilan yang beginian. Kalau 'daun kucai'-nya bisa metik sendiri di kebun belakang. Karena aku nanam kucai sendiri di belakang rumah. Kalau gak ada kucai pakai daun bawang pun juga enak.

Yang penting enak, puas makan kalau bikin sendiri, sepuasnya makan karena ukurannya gede-gede. πŸ˜€

RESEP TAHU PLETHOK

Bahan:
  • 150 gram tepung tapioka
  • 1 genggam kucai iris
  • 2 tahu, peras, haluskan
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/4 sdk teh merica
  • Air kurang lebih 100 ml..bisa di tambah jika kurang..adonan lembut tapi gak encer ya..masih bisa di oleskan ke tahu

Cara Membuat:
  • Campur semua bahan adonan, tuangi air sedikit-sedikit sambil di aduk hingga adonan kalis tapi lembut.
  • Oleskan ke tahu aku pakai tahu kulit, adanya itu di kulkas yang aku potong-potong memanjang tipis-tipis.
  • Goreng hingga matang di minyak yang sudah di panaskan api sedang jangan terlalu besar apinya ya..aduk2 hingga Aci mengembang dan agak kering, angkat.
  • Santappp pas hangat ya ! Dengan saus kecap di-pedesmanis. πŸ˜‹
Resep Sambal kecap :
  • 1 cabe, 1 bawang putih goreng
  • Diuleg
  • Kasih kecap manis secukupnya.
Selamat mencoba!
0

Sunday, September 12, 2021

Opor Bakar Kudus


Opor Bakar Kudus

 
Selamat sore teman-teman,

Sore gini Semarang udah mulai sering hujan teman-teman, jadinya males mau ke mana-mana, daripada bengong di rumah menidngan masak aja yuk ...! πŸ˜€ Mendung-mendung gini makin syahdu ya ... Apalagi kalau bikin bakar-bakaran biar anget. πŸ˜€

Punya stock ayam kampung di freezer kan?!

Aku lagi kangen menu 'Opor Bakar' atau 'Opor Gosong' khas Kudus nich teman-teman, jadi kepengin masak menu tersebut di rumah saja. Sudah pernah dengan masakan ini kan?

Sekarang ini, walaupun sangat rindu kulineran kesana-kemari, tapi karena ke mana-mana jadi ribet makanya jadi malah males pergi. Bahkan mau ke Mall aja males. 🀣Padahal kartu vaksin ada, gak tau lagi seneng anteng aja di rumah. Paling kalo mau pergi, tujuannya ke ke pasar aja pagi-pagi bener. Kalo pengin ngopi, tinggal jalan kaki ke Cafe-Cafe di belakang rumah yang berjajar dari kiri ke kanan, mana banyak yang baru-baru lagi. πŸ˜€ Oh ya, belakang rumahku adalah koloni Cafe terbesar di Indonesia teman-teman ... Keren kan? Seperti tempat wisata saja, padahal dulunya sepi sekarang mau keluar ke jalan besar saja susah nyebrangnya.

Nah, kalo pengin masak ayam kampung tapi gak ada stock ayam di freezer tinggal pesan aja ke ASTAMAYA JAYA FARM (IG @astamajayafarm) πŸ‘Œ Tanpa minimal order, dianter sampe rumah (khusus wilayah Semarang) jadinya tambah nyaman jadi emak-emak rumahan. HeHe πŸ˜€πŸ˜‚ Ayam kampung dari ASTAMAJAYA FARM (IG @astamajayafarm) harganya ekonomis, melayani pengiriman area Semarang tanpa minimal order ya, tolong dicatet. Ayamnya fresh dari peternakan organik, baru dipotong jika ada pesanan.

Sore ini aku lagi rindu salah satu kuliner khas Kudus, yaitu: Opor Ayam Bakar, yang biasa kulineran Opor Ayam Sunggingan sudah pasti tahu makanan ini, tentang kelezatan Opor Bakar ini.

Opor Bakar khas Kudus ini disajikan dengan nasi, cara penyajian ayam disuwir-suwir, terus disiram areh kuah opornya yang dikentalin, terus disajikan pakai sambel goreng tahu magel. Harusnya sambel goreng tahunya nginep dulu biar medok, nich barusan mateng juga tadi. πŸ˜€

Terus yang unik, makannya pakai Suru/sendok dari lipatan daun pisang ... Nah, seru kan? Tapi tadi keburu hujan, jadi gak sempet plating penyajian 'Nasi Opor Bakar'-nya dech, pokoknya dibayangkan saja begitu ya teman-teman.🀣 Yang penting kan resepnya ... HaHa


Ayam Opor Bakar



Sambel Goreng Tahu

RESEP OPOR BAKAR KHAS KUDUS

πŸ˜‚ Resep 'Sambel Goreng Tahu' menyusul yaaa .... 

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung kecil
  • ( sekitar 750 gram )
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 sereh, geprek
  • 1 sdm gula merah
  • 2 sdt kaldu ayam
  • 1/ 4 sdt garam
  • 1000 ml santan

Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar sangrai
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh jintan
  • 2 cm kunyit
Cara Membuat: 
  • Haluskan bumbu, separo masukkan ke perut ayam, sisa bumbu lumurkan ke badan ayam.
  • Rebus api kecil dgn santan hingga meresap.
  • Angkat ayam, bakar hingga harum.
  • Kentalkan kuah, siram ke ayam bakar.
Lihat video di bawah ini:



Selamat mencoba!
0

Saturday, September 11, 2021

Quesadilla

 


Quesadilla - Ala Chef Yodha

Quesadilla adalah makanan khas Meksiko dan Tex-Mex yang berisi keju cair di dalam tortilla jagung atau tortilla tepung terigu. Kata quesadilla berasal dari bahasa Spanyol, arti harafiahnya 'suatu benda kecil yang mengandung keju'.

-----

Chef Yodha:

Variasi menu simple dan enak pakai kulit Tortilla ala Aku ya. Mamiku punya kulit Tortilla banyak di freezer, tugasku menghabiskan secepat mungkin. πŸ˜€

Aku suka buat Quesadilla yang diisi tumis daging atau ayam yang seperti aku buat ini, terus sudah pasti pakai keju mozzarella di dalamnya, agar nanti bisa meleleh menggiurkan.

Kalau bosan, aku buat ala pizza juga enak dengan toping sama.πŸ˜‹
Kulit Tortilla pakai merk 'La Tapatia' ini enak banget dan empuk, renyah, gurih dan bisa dibeli di Hypermart ya.

Resepnya aku ketik aja ya, aku agak sibuk banyak tugas sekolah jadi ngedit video cepat-cepat aja.πŸ˜€ Resep video bisa dilihat di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=MWda78YwlxU

RESEP QUESADILLA

Bahan:
  • 250 gram ayam, cincang
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • 1 bawang putih, cincang
  • Tumis duo bawang
Cara Membuat:
  • Masukkan daging ayam, aduk rata hingga matang.
  • Masukkan jamur kancing 100 gram yang sudah di rebus, potong-potong.
  • Tambahkan bumbu
  • 3 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk mkn saus bbq
  • 2 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 sdk teh oregano
  • 1/2 sdk mkn saus tiram
  • 1/2 paprika, iris
  • secukupnya garam / kaldu ayam
  • Masak semua bahan di atas hingga meresap, tanpa perlu air ya..ayam cincang mudah matang kok.
  • Cek rasa
  • Ambil selembar kulit tortilla, beri tumisan, keju mozzarella.
  • Penyelesaian bisa di lipat lalu Panggang di teflon atau di buat seperti Pizza juga enak panggang di oven yaaa....
Selamat mencoba ya ... !

0

Friday, September 10, 2021

Walangan


Walangan

 
Ibu CerMat, siapa yang masa kecilnya suka nyemil makanan di atas? Yup, Walangan!


Ikut nostalgia makanan ringan bertekstur crunchy khas Sragen bersama Minyak Goreng Fortune, yuk! Camilan manis & super garing ini bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh karena terbuat dari ubi jalar, lho~

Biasanya Walangan punya nama berbeda di beberapa daerah. Kalau sebutan di kota Ibu apa nih?

------------------------------
Resep Walangan
------------------------------
Bahan:
  • Minyak Goreng Fortune
  • 3 bh ubi jalar
  • 100 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 40 ml air
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Kupas ubi jalar dan parut memanjang. Lalu rendam dalam air yang telah dicampur garam. Sisihkan.
  2. Campurkan gula merah, gula pasir, dan air dalam panci, aduk-aduk. Setelah merata, panaskan hingga mendidih dan sedikit mengental. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan Minyak Goreng Fortune, lalu goreng ubi parut hingga setengah matang.
  4. Tuang air gula ke dalam gorengan ubi, aduk gorengan agar tidak menempel. Tunggu hingga matang kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  5. Cetak dan padatkan ubi dengan ring cutter. Simpan dalam toples dan sajikan.
Selamat mencoba! Video resep bisa dilihat di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=kc863xMEOcM

0

Tahu Pong Semarang

 


IG Live @bunda_didi - Tahu Pong Semarang.


Selamat siang teman-teman,

Kemaren waktu IG live bersama IG @fortunecermat, aku memasak 'Tahu Pong khas Semarang' ya teman-teman, cuma sayang karena ada kendala teknis jadi nggak ke save dan gak bisa share ke IG TV, jadi aku share ulang saja ya resep detailnya di sini di channel YouTube, agar teman-teman yang kemarin tidak sempat nonton live-nya bisa mencoba di rumah ya...πŸ’•





Dokumentasi Saat IG Live bersama IG @fortunecermat

Tahu Pong adalah menu jadul khas Semarang..ada satu warung tahu Pong yang legendaris di sini di Jl Gajahmada. Nah Tahu Pong ini menu unik dan khas, terdiri dari goreng tahu pong yang garing dan kopong dalamnya, telur rebus goreng, serta gimbal udang yang disajikan bersama kuah kecap petis gurih manis dan sedikit pedas serta acar lobak.

Enak sekali teman-teman, seger! Bisa untuk cemilan atau bisa juga untuk lauk yang disajikan bersama nasi hangat yang di masak dengan beras 'Fortune'.

Nah buat teman-teman yang belum pernah mencoba aku share video resep-nya di link dibawah ini yaaa ...

Jangan lupa, gorengnya pakai minyak goreng 'Fortune' (IG @fortunecermat), rajanya garing ya agar hasil gorengannya cantik seperti punyaku yaa. πŸ’•

Oh ya minyak goreng 'Fortune' sekarang ini kemasannya baru lho, bisa didapatkan di supermarket atau eCommerce kesayangan teman-teman yaaa ...

Video Resep bisa dilihat di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=917Bu0ico-0

Selamat mencoba!

0

Nasi Tutug Oncom


Nasi Tutug Oncom

 

Nasi Tutug Oncom, hidangan khas Tasikmalaya yang ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh!


Ayo, cobain perpaduan rasa gurih-asin dari oncom yang seakan pecah di lidah bersamaan dengan sensasi pulen dari nasi Beras Fortune 🀀 Belum lagi dengan aneka lauk pelengkap yang Fortune sajikan di atas ini. Bisa banget deh jadi pilihan menu bergizi di tengah pandemi.

Kira-kira, menu olahan nasi khas Indonesia apa lagi nih yang Ibu CerMat mau Fortune buatkan? Jawab di kolom komentar, ya!

-----------------------------------------------
Resep Nasi Tutug Oncom
-------------------------------

Bahan Utama:
  • Nasi pulen dari Beras Fortune
  • Minyak Goreng Fortune
  • Tumis oncom
  • Sempol ayam
  • Terong goreng krispi
  • Kerupuk bawang
  • Sayur lalapan

Bahan Tumis Oncom:
  • 300 g oncom merah
  • 6 siung bawang putih, iris tipis
  • 12 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 bh cabai merah, iris serong
  • 5 bh cabai rawit merah, iris serong
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 125 ml air
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 g daun kemangi

Bahan Terong Goreng Tepung:
  • 2 buah terong ungu
  • 1 bks tepung bumbu crispy
  • 140 ml air
  • 200 gr tepung roti

Cara Membuat Terong Goreng:
  1. Belah 2 memanjang terong ungu, kemudian potong kembali menjadi dua bagian
  2. Campurkan tepung bumbu crispy dengan air, aduk rata.
  3. Masukkan potongan terong ke dalam adonan basah, lalu gulirkan ke dalam tepung roti pada wadah terpisah. Ratakan hingga tertutup rata.
  4. Panaskan Minyak Goreng Fortune lalu goreng terong hingga berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Lalu, sisihkan.

Cara Membuat Tumis Oncom:
  1. Remas kasar oncom, sisihkan.
  2. Panaskan 2 sdm Minyak Goreng Fortune dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan cabai, daun salam, dan lengkuas, aduk.
  3. Masukkan oncom, tuangi air, bubuhkan terasi, garam, dan gula, aduk dan masak hingga semua bahan cukup matang.
  4. Masukkan kemangi, aduk sebentar. Angkat dan sisihkan.

Resep Nasi Tutug Oncom:
  1. Tata nasi pulen dari Beras Fortune pada piring saji, berikan secukupnya tumis oncom di atas nasi.
  2. Sajikan dengan lauk pelengkap lainnya.

Selamat mencoba! Video bisa dilihat di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=HFF2Qr1j0s8


0

Sunday, September 5, 2021

Gabin Isi Ragout


Gabin Isi Ragout

Selamat siang teman-teman,

Kemarin bikin risoles dan masih punya ragout tersisa, maka hari ini aku buat cemilan aja. Aku buat yang lebih renyah gini karena Yodha tidak suka risoles. πŸ˜€ Biar Yodha saya yang bikin aku bantu-bantu info bahan dan caranya saja. 

Nah, kalau gabin dicelup adonan tepung encer gini jadinya akan renyah dan 'kress' seperti pastel dan Yodha suka.

RESEP GABIN ISI RAGOUT

Bahan:
  • 20 buah gabin / crackers gurih ( tanpa gula )
  • 200 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
  • 200 gram kentang, rebus, potong dadu kecil
  • 100 gram ayam rebus, cincang
  • 2 batang daun sledri , cincang halus
  • 1/2 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok teh kaldu rasa ayam
  • 1-2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 200 ml air
  • 3 sendok makan tepung terigu protein sedang
Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay hingga harum dan matang, masukkan ayam, terigu, aduk hingga berbutir
  • Masukkan air, dan semua bahan lain. Aduk rata hingga mengental
  • Koreksi rasa, hingga terasa pas ragoutnya. Harus ada rasa gurih dan manis yaa
  • Dinginkan
  • Ambil selembar cracker, isi dengan ragout secukupnya. Tutup dengan cracker lain
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Celup ke adonan pencelup, angkat sebentar, biarkan sisa adonan menetes kembali ke mangkuk, agar tidak terlalu tebal lapisan tepungnya, goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
  • Sajikan hangat
Bahan Pencelup
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 150 ml air
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula halus
  • Campur semua bahan pencelup, aduk rata.
OK teman-teman, selamat mencoba! Untuk video resep bisa dilihat di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=1ulzWhgLJxE agar lebih jelas dan detail.

0

Thursday, September 2, 2021

Spicy Fried Chicken


Spicy Fried Chicken

Selamat siang, 

Sejak bisa bikin 'Ayam Krispy' sendiri dalam berbagai versi, Yohda sudah jarang jajan ayam fast food lagi, bisa lebih hemat dan puas makannya Ha-Ha. Bayangin saja kalo ke outlet fast food pasti habis Rp 180K sd Rp 200K sekali makan untuk kami bertiga. Coba kalo masak sendiri, bisa irit sampai 70%! HaHa (ngirit yaaa ....)

Kali ini aku buat versi yang pedes, terus pakai merica hitam juga jadi aku kasih judul resepnya 'Spicy Fried Chicken' biar kedengaran lebih keren gitu .... Enak lho, lebih krispy dan rasa gurih ayamnya masih terasa. Di bawah ini aku bagikan resepnya:

RESEP SPICY FRIED CHICKEN

Bahan :
  • 500 gram sayap ayam, potong sesuai selera
  • cuci..lumuri 1 sdk mkn air jeruk lemon, bilas
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 3 bawang putih, haluskan
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 1 sdk teh merica bubuk
  • 50 ml air
Cara Membuat :
  • Campur semua semua bahan.. remas2
  • Diamkan minimal 1 jam

Bahan Pelapis :
  • 250 gram terigu protein tgg.
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk teh merica hitam
  • 2 sdk mkn paprika bubuk..kalau gak ada ganti Cabe bubuk...kalau aku suka paprika bubuk karena nggak langu
  • 1 sdk teh bawang putih bubuk
  • Aduk rata, ayak
Cara Membuat :
  • Ambil sedikit adonan..beri air aduk hingga adonan cair agak encer
  • Celup ayam ke adonan cair.. gulingkan ke tepung kering sambil di cubit2
  • Kibaskan agar keriting
  • Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
  • Api sedang, minyak agak banyak ..jadi terendam
  • Masuk adonan jgn terlalu byk agar panas minyak stabil ya...
  • Satu kali goreng 4 potong aja maksimal
OK, Selamat mencoba!

1

Wednesday, September 1, 2021

Tahu Petis Khas Semarang


Tahu Petis Khas Semarang

Selamat siang, 

Ibu CerMat asal Semarang pasti kenal betul dengan camilan khas yang satu ini. Yup, Tahu Petis!


Tahukah Ibu, ternyata tahu pong yang dinikmati bersama harumnya bumbu petis ini kaya akan protein, mineral, dan kalsium yang bisa menjadi alternatif daging, lho 😱 Hihi, camilan khas Nusantara memang nggak ada duanya ya!

Share yuk, Kota Semarang punya makanan apa lagi nih yang patut dicoba Ibu CerMat lainnya?

-------------------------------
Resep Tahu Petis
-------------------------------

Bahan Tahu:
  • Minyak Goreng Fortune
  • 10 bh tahu putih uk. Kecil
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya
  • Cabai rawit hijau secukupnya

Bahan Sambal Petis:
  • 100 gr petis udang
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 3 bh cabai rawit merah, haluskan
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Petis:
  1. Panaskan sedikit Minyak Goreng Fortune, tumis bawang putih dan cabai rawit halus hingga terasa harum.
  2. Masukkan petis udang dan tuang sedikit air, aduk merata. Beri gula pasir dan garam.
  3. Masak sampai matang dan bertekstur kental. Koreksi rasa, lalu tuang ke dalam mangkuk dan sisihkan.

Cara Membuat Tahu Petis:
  1. Cuci bersih tahu putih, lalu rendam dengan air garam selama 15 menit.
  2. Goreng tahu putih menggunakan Minyak Goreng Fortune yang telah dipanaskan, tunggu hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.
  3. Belah tengah tahu goreng tanpa terputus, lalu isi dengan sambal petis secukupnya menggunakan sendok.
  4. Sajikan dengan cabai rawit hijau sesuai selara.
Selamat mencoba !



0

Monday, August 30, 2021

Arsik Ikan Mas


Arsik Ikan Mas

Salah satu rahasia di balik uniknya kuliner nusantara yang nempel di lidah adalah aneka rempah yang digunakan sebagai bumbu masaknya.

Arsik Ikan Mas, menu yang lekat dengan momen perayaan di Sumatera Utara ini adalah salah satu contohnya! Kolaborasi ikan mas yang diolah dengan bumbu rempah bisa tingkatkan imun tubuh penikmatnya lho, apalagi kalau disantap bersama nasi pulen dari Beras Fortune 😍

Ibu CerMat ada yang udah kenal dengan menu ini?

----------------------------------------
Resep Arsik Ikan Mas
----------------------------------------

Bahan:
  • Nasi pulen dari Beras Fortune
  • 1 kg ikan mas
  • 1 bh jeruk nipis, peras
  • 1 sdm garam
  • 150 gr daun bawang, buang akarnya dan potong jadi 3 bagian
  • 200 gr kacang panjang, potong-potong
  • 2 sdt gula pasir
  • Air secukupnya
  • 2 bh cabai merah, iris

Bumbu Halus:
  • 75 gr cabai merah keriting
  • 10 bh cabai rawit
  • 8 siung bawang putih
  • 75 gr bawang merah
  • 8 btr kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • 4 cm jahe
  • 3 btg serai, iris
  • 2 sdt garam

Bahan lain:
  • 10 btg serai, memarkan
  • 50 gr lengkuas, iris
  • 3 ptg asam gelugur - 3 potong
  • 5 bh asam cekala/patikala, memarkan
  • Bunga kecombrang, belah jadi 4-3 buah
  • 2 sdm andaliman, memarkan

Cara Membuat:
  1. Bersihkan isi perut ikan dan biarkan sisiknya, cuci bersih lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit.
  2. Masukkan sedikit bumbu halus dan kacang panjang ke dalam perut ikan.
  3. Masukkan serai, lengkuas, asam gelugur, asam cekala, bunga kecombrang, dan andaliman ke dalam wajan. Letakkan ikan mas di atasnya. Tuang sisa bumbu halus dan ratakan.
  4. Tuang air hingga ikan terendam seluruhnya. Tutup wajan lalu masak dengan api sedang.
  5. Ketika air berkurang setengah, masukkan daun bawang, sisa kacang panjang, dan gula. Tutup kembali wajan dan lanjutkan masak. Koreksi rasanya.
  6. Masak hingga air mengering selama kurang lebih 2 jam. Angkat, sajikan dengan irisan cabai merah dan nasi pulen dari Beras Fortune.

Selamat mencoba!

0

Saturday, August 28, 2021

Cumi Saus Tiram


Cumi Saus Tiram


Selamat siang, hari ini Yodha masak 'Cumi Saus Tiram'.

Kebetulan punya cumi hasil belanjaan yang masih seger-seger, jadi tintanya bisa dimasukkin sekalian sebagai penyedap yang memberikan rasa yang otentik untuk masakan cumi. Tinggal sreng-sreng sebentar dan masakan sudah siap, dan tentunya masakan ini hanya untuk Yodha, seperti biasa. He-He.

RESEP CUMI SAUS TIRAM

Bahan :
  • 350 cumi segar, potong2.. sisihkan tintanya
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih, iris
  • 6 cabai hijau, iris
  • 2 tomat ijo, potong2
  • 2 sdk mkn saus tiram
  • 1 sdk mkn kecap manis
  • Secukupnya garam

Cara Membuat:
  • Tumis bawang merah, bawang putih.
  • Masukkan tinta cumi, aduk-aduk hingga berubah warna hitam.
  • Masukkan cabe, tomat dan sedikit air.
  • Masukkan cumi dan semua bumbu.
  • Aduk di api besar sebentar saja.
  • Kalau kelamaan dimasak bisa alot texture-nya, bisa kacau HaHaHa
  • Cicipi rasa dulu ya baru angkat.
Selamat mencoba!
0

Wednesday, August 25, 2021

Tongseng Jamur Merang


Tongseng Jamur Merang

Selamat siang, 

Lagi, karena aku masak 'Oseng Salak' lihat di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=lT69nMM6D60, karena belum pernah makan Yodha tidak mau, dia mau masak sendiri saja yaitu "Tongseng Jamur Merang'.πŸ˜‹

Biar cepat dia pakai 'bumbu gule' aja masak tongsengnya HaHaHa, praktis. Tinggaltambahin bumbu dan sayuran yang dibutuhkan saja.

RESEP TONGSENG JAMUR MERANG

Bahan :
  • 500 gram jamur merang atau jamur kancing , potong2
  • 1 sachet bumbu gule merk Bamboe
  • 5 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 1/4 kol.. potong kasar
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 tomat, potong 2
  • Santan 500 ml
  • 2 - 3 sdk mkn kecap manis
  • Garam secukupnya jika suka lebih asin
Cara Membuat:
  • Tumis duo bawang, sisihkan dulu
  • Tumis bumbu gule, masukkan santan
  • Didihkan
  • Masukkan jamur dulu, masak api kecil ( kata Mamiku biar bumbu meresap ke jamur )
  • Terakhir ketika bumbu udah meresap, masukkan duo bawang tumis, dan sayuran lain
  • Masak sebentar lagi hingga meresap
  • Tambahkan kecap manis
  • Aduk rata, cek rasa
  • Kalau mau pedes, tambah rawit..aku lagi gak pengen pedes jadi gak pakai.
Silahkan mencoba!
0

Monday, August 23, 2021

Cumi Krispy Lada Hitam, Ala Chef Yodha


Cumi Krispy Lada Hitam, Ala Chef Yodha

 
Selamat siang,

Sementara aku masak 'Orak-Orak Buncis' Yodha punya tugas untuk masak lauknya. Dia pengin hari ini masak 'Cumi Krispy Lada Hitam' karena stock di kulkas hari ini banyak banyak sea food-nya. Lagian tidak butuh waktu masak yang lama, simple dan praktis.

Yodha memang suka banget makan cumi dan kerang, kalo udang tergantung dimasak apa, kalo dibakar madu dia suka banget. Untuk olahan cumi, Yodha paling suka dimasak hitam atau saus mentega atau digoreng krispy gini..πŸ˜€ Mungkin ke depan Yodha akan bikin nasi goreng hitam kesukaannya, karena sering makan di Cafe Tanamera.

RESEP CUMI KRISPY LADA HITAM

Bahan :
  • 300 gram cumi, potong melintang, biar bulat.
  • Lumuri air jeruk lemon, cuci kembali jika cumi segar gak perlu sich.
  • Rendam di bumbu:
    • 2 bawang putih ulek
    • 1/2 sdk teh merica
    • 1 sdk teh kaldu ayam
    • Sedikit garam jika suka lebih asin.
Cara Membuat :
  • Campur bumbu dengan 50 ml air, aduk ke cumi, didiamkan dulu hingga bumbu meresap minimal 1 jam di kulkas.
  • Siapkan tepung pelapis:
    • 250 gram terigu, Yodha pake terigu protein tinggi, biar kriuk.
    • 2 sdk teh kaldu ayam.
    • 1 sdk teh bawang putih bubuk.
    • 1 sdk teh merica hitam bubuk.
    • Jika suka asin tambah garam sesuai selera..jika suka soft rasa gak perlu garam.
    • Ayak tepung dan bumbu.
  • Ambil 50 gram tepung bumbu di atas, beri air hingga agak encer.
  • Celup cumi ke adonan tepung cair.
  • Lumuri tepung bumbu kering, sambil dicubit-cubit hingga keriting.
  • Goreng hingga matang.
  • Sajikan dengan saus (sambal atau tomat) .. enakkkkk!
Selamat mencoba!
2

Orak-Arik Buncis Bumbu Kuning


Orak-Orik Buncis Bumbu Kuning

Selamat siang,

Kalau menu maksi biasanya aku masak 2 menu simple dan cepat masaknya, misalnya: aneka tumis dll, yang langsung habis berdua sama Yodha, karena sore masak lagi soalnya.πŸ˜€ Hari ini masaknya kerjasama dengan Yodha, aku buat sayurnya 'Orak-Arik Buncis Bumbu Kuning' ini sedangkan Yodha bikin 'Cumi Krispy Lada Hitam' ... Sudah mateng semua ini. πŸ’•

Yu mari makan siang dulu teman-teman, makan enak tidak harus mahal. Modal buncis aja jadi menu enak. Yodha bilang: "Koq enak ya buncis dimasak gini Mi?" πŸ˜€

RESEP ORAK-ARIK BUNCIS BUMBU KUNING

Bahan :
  • 200 gram Buncis muda, potong kecil-kecil
  • 2 butir telur
  • 200 ml air
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk teh gula pasir
  • Secukupnya garam
  • 5 bawang merah, iris
Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri
  • 3 cm kunyit
  • 1/2 sdk teh merica butiran
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah hingga harum
  • Masukkan bumbu halus
  • Masukkan buncis, air dan semua bumbu
  • Tutup panci..masak api besar 5 menit
  • ( Agar buncis matang tapi warna tetap cantik )
  • Masukkan telur
  • Orak Arik hingga telur matang
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat segera
Selamat mencoba!

0

Petis Ayam Kampung Khas Banjarnegara


Petis Ayam Kampung Khas Banjarnegara

 
Selamat siang teman-teman,

Tebak apa coba menu hari ini ? Tuh ada fotonya di atas.

Di freezer ada stok ayam kampung dari ASTAMAJAYA FARM (IG @astamajayafarm) biar gak bosen dengan menu olahan ayam yang itu-itu saja, aku buat resep baru nich teman-teman. Aku masak Petis Ayam Kampung khas Banjarnegara.

Menu ini menu jadul tapi belum banyak dikenal luas seperti menu olahan ayam lain ya teman-teman makanya aku senang sekali bisa mengulik resep menu-menu tradisional seperti ini agar lebih dikenal luas ya. Petis Ayam, olahan ini tidak menggunakan petis ya bumbunya, tapi memakai koyah kelapa sangrai yang dihaluskan. Ayam dan bumbu dimasak hingga meresap dan kental bumbunya, jadi legit enak banget teman-teman.

Yuk langsung aja coba ya resepnya. Resep Petis Ayam ini paling enak pakai ayam kampung ya teman-teman. Susah cari ayam kampung? Mahal? Gak lagi ah sekarang..pesan ayam kampung di IG @astamajayafarm. Kapan aja bisa, tidak ada minimal order dan harga sangat terjangkau dan bisa dianter ke rumah area Semarang yaa. Ayamnya fresh organik dipotong jika ada pesanan...πŸ’•


Petis Ayam Kampung


RESEP PETIS AYAM KHAS BANJARNEGARA

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung muda kira2 berat 600 -700 gram, potong sesuai selera, aku bagi 4 aja
  • 200 gram kelapa tua, sangrai hingga kering seperti serundeng, haluskan
  • 700 ml santan ( aku pakai ayam kampung muda, jadi santan sedikit udah empuk, kalau pakai ayam kampung tua, santan lebih byk ya )
  • 2 daun salam
  • 3 cm lengkuas
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 40 gram gula merah
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar sangrai
  • 1 cm kunyit
  • 2 cm jahe
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu hingga matang
  • Masuk santan..ayam dan 😭semua bumbu
  • Masukkan kelapa sangrai
  • Masak api kecil hingga kuah mengental
  • Jangan lupa cek rasa ya
Selamat mencoba! 
Untuk YouTube bisa buka di link: https://www.youtube.com/watch?v=uH_NYqyUi2g

0

Friday, August 20, 2021

Kungpao Chicken Ala Chef Yodha


Kungpao Chicken

 

Selamat siang,

Yodha siang ini mau makan olahan chicken, tentunya dengan resep yang beda dari biasanya. Seperti biasa dia ingin masak sendiri resep-resep barunya. Aku tanya dia : "Mau dibikin apa ayamnya?" Dia bilang ada dech, dan waktu aku tengok di dapur ternyata dia sedang masak 'Kungpao Chicken'.

Ternyata dia rindu makan di Mall, makanya dia bikin Kungpao Chicken seperti yang dia makan di Mall.

Ayamnya bisa langsung dimasak tanpa harus digoreng dulu ya, tapi lebih enak kalau digoreng tepung dulu lho HaHaHa


RESEP AYAM PEDAS MANIS ALA KUNGPAO CHICKEN

Bahan :
  • 150 gram daging ayam filet bagian dada, potong kotak-kotak
  • 1/2 putih telur
  • 3 sendok makan tepung kentang pati / maizena
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 50 gram kacang mede goreng
  • 3 buah cabai merah kering, rebus..haluskan (Ini yg bikin khas aroma saus Kungpao-nya dan warna saus bisa merah gelap)
  • 2 siung bawang putih, geprek hingga agak remuk
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok kecap manis
  • 2 sendok teh saus tiram
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • Air 50 ml
Cara Membuat :
  • Lumuri potongan ayam, dengan 1 sendok teh bawang putih halus, saus tiram atau garam secukupnya, jika nggak suka saus tiram.
  • Tambahkan putih telur (untuk perekat tepung).
  • Lumuri ayam dengan tepung kentang pati atau maizena, aduk rata dan segera goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
  • Tumis bawang putih hingga harum dan matang.
  • Masukkan aneka saus dan bumbu serta air, cek rasa.
  • Masak sebentar hingga saus agak mengental, lalu segera masukkan ayam goreng, dan kacang mede goreng. Aduk rata, dan sajikan segera.
Selamat mencoba!
0

Nasi Timbel Khas Sunda


Nasi Timbel Khas Sunda

Selamat siang,

Selain sibuk pasang bendera, menikmati makanan khas daerah bersama keluarga juga bisa menjadi cara untuk menyambut Hari Kemerdekaan 😁

Cobain Nasi Timbel khas Sunda, yuk! Nasi pulen dari Beras Fortune yang dihidangkan bersama Ayam Goreng Jahe ini bisa bantu mempercepat pemulihan tubuh pasca terpapar COVID-19 di balik rasanya yang gurih lho, Bu.

Tubuh jadi lebih bugar dan siap menyambut HUT RI mendatang, deh πŸ₯° Kalau Ibu CerMat sudah siapin apa aja nih untuk ciptakan suasana semarak di rumah?

Resep Nasi Timbel

Bahan:
  • 300 gr Beras Fortune.
  • 500 ml air.
  • Daun pisang secukupnya.
  • Tahu & Tempe goreng.
  • Sambal terasi.
  • Lalapan selada & timun.

Bahan Ayam Goreng Jahe:
  • Minyak Goreng Fortune.
  • 5 potong ayam, cuci bersih.
  • 1 btr jeruk nipis.
  • 1 ruas jahe yang besar.
  • 5 btr bawang putih.
  • 1 cm kunyit.
  • 1 bh kemiri.
  • Garam secukupnya.
  • Kaldu bubuk secukupnya.

Cara Membuat:
  1. Cuci beras dari Beras Fortune.
  2. Didihkan air dalam panci, lalu masukan beras dan aduk sampai air meresap. Kukus selama 30 menit sampai matang. Angkat.
  3. Ambil selembar daun pisang dan berikan nasi pulen dari Beras Fortune sesuai selera. Bungkus dan sisihkan.
  4. Sajikan dengan lauk lainnya dalam piring saji.

Cara Membuat Ayam Goreng Jahe:
  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.
  2. Haluskan jahe, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, dan kaldu bubuk.
  3. Campurkan ayam dengan bumbu halus. Ungkep hingga bumbu meresap dan ayam empuk.
  4. Panaskan Minyak Goreng Fortune lalu goreng ayam beserta sisa bumbunya hingga kuning keemasan. 
  5. Sajikan bersama Nasi Timbel beserta lauk lainnya.
Selamat mencoba!

0

Wednesday, August 18, 2021

Martabak Kari Daging


Martabak Kari Daging

Selamat sore, 

Yodha sedang kangen martabak gurih, tapi aku larang beli dari luar aku minta dia untuk buat sendiri. Terlebih jika makanan itu adalah cemilan favorit-nya, maka sebaiknya dibiasakan bikin sendiri. HeHe Mak Irit ya?!

Seperti halnya 'Martabak Gurih' ini, Yodha harus bikin sendiri karena bahan sudah komplit di dapur.  Kali ini Yodha mau bikin 'Martabak Kari Daging', karena bikinnya cepat dan isinya bisa diganti-ganti jadi gak pernah bosan dengan martabak.

Beberapa waktu lalu Yodha buat Martabak yang isi polosan aja tanpa daging, tapi hari ini Yodha buat isian yang seperti di tukang martabak, isi daging bumbu kari, dan ternyata lebih enakkk buatan Yodha dibandingkan martabak pinggir jalan.πŸ˜€

Membuat martabak mudah, untuk teman-teman yang mau belajar, ini adalah cara yang mudah melipat martabak mini. Taruh kulit lumpia di piring kecil, seperti yang aku lakukan di gambar di bawah ini, jadi lebih mudah dan bisa rapi.



Chef Yodha saat membuat Martabak Kari Daging.


Isian Martabak



RESEP MARTABAK KARI DAGING

Bahan Kulit :
  • 10-15 kulit lumpia, tergantung isian dikit atau banyak yaa. 
Bahan Isi :
  • 100 gram daging, cincang kasar
  • 2 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 sendok teh kari bubuk
  • 1/2 sendok teh kaldu sapi / garam secukupnya
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 50 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
Bahan Utama :
  • Telur 4 butir, 6 batang daun bawang, iris halus, 1/2 buah bawang bombay, cincang
Cara Membuat :
  • Isi, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Tambahkan daging. Aduk sampai berubah warna.
  • Masukkan kari bubuk, kaldu, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sambil diaduk hingga meresap. Sisihkan.
  • Campur daun bawang, telur, bawang bombay, garam, merica bubuk, dan tumisan daging.
  • Siapkan 1 kulit lumpia ..beri isi secukupnya, lipat bentuk amplop, goreng hingga matang.
Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel