Thursday, July 25, 2013

Mie Ayam Bakso Ubi Ungu..Homemade..^^


Sudah pernah bikin mie sendiri di rumah teman2 ?.. Mudah lho..ayook..cobain..lebih fresh dan aman..sehat alami tanpa bahan pengawet dll. Cuma memang kalau mie homemade gini..nggak tahan lama..musti langsung habis sekali masak ya..^^. Oh ya..mienya unyu unyu ya..hihi...emang kemaren aku buat mie nya pakai campuran ubi ungu. Jadi cantik warnanya..dan juga kandungan gizinya makin komplet..karena memakai ubi ungu yang di kukus..di campur dengan tepung terigu, tepung beras dan tapioka, serta telur dan garam. Udah itu aja bahan2nya..jadilah mie homemade..yang enak dan fresh.

Untuk toppingnya..aku kayak mie ayam biasa aja..ayam kecap..cuma plus bakso..jadi lebih enak lagi rasanya. Membuat mie sendiri itu mudah dan menyenangkan..karena bisa kita tambahin macam2 bahan supaya lebih bergizi dan juga membuat warnanya jadi cantik. Alternatif lain selain ubi ungu..kita bisa tambahkan labu kuning..wortel, bayam yang di jus, dll..sesuai rasa dan warna yang kita inginkan. Jadi lebih sehat kan..biarpun genjreng warna warni..tapi dengan bahan tambahan dan pewarnanya tetep alami.

Yukk..mari di coba di rumah..mudah kok..^^
Mie Ayam Bakso Ubi Ungu

Bahan mie :
100 gram ubi ungu kukus, haluskan
100 gram tepung terigu protein tinggi
25 gram tepung beras
25 gram tepung tapioka
1/2 sendok teh garam
1 butir telur

Cara Membuat mie :
Campur semua bahan hingga kalis.
Giling di gilingan mie..mulai dari ukuran paling besar hingga tipis, sambil di taburi terigu supaya tidak lengket.
Potong2 dengan gilingan mie juga di ukuran mie yang kecil.
Rebus dalam air mendidih yang di kasih sedikit minyak hingga matang.

Bahan Ayam Kecap :
5 buah bawang putih, geprek dan cincang halus
10 buah bakso
150 gram ayam bagian dada, potong2 kecil
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam secukupnya.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok makan minyak ayam
150 ml air

Bahan Pelengkap :
400 ml air kaldu ayam untuk kuah
5 tangkai sawi hijau, seduh di air mendidih.
1 batang daun bawang, iris , bawang goreng secukupnya untuk taburan.
Saus tomat atau cabe jika suka.

Cara memasak :
Panaskan  minyak ayam, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan ayam, aduk hingga berubah warna. Masukan bakso dan bumbu2 lain. Masukan air, masak hingga meresap.
Kaldu, panaskan kaldu ayam , beri garam , merica dan gula pasir secukupnya. Rebus hingga mendidih.
Sajikan mie ayam dengan ayam kecap, pelengkap dan kuah kaldu, serta saus dan sambal jika suka.


25 comments :

  1. wah bisa dijadiin ide usaha nih Mak.. coba bikin mie warna yg lain dong Mak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul banget Mak Riski..kan masih jarang ya..mie warna warni..ya Mak..nanti aku buat mie ijo ya..hihi

      Delete
  2. wah mbak diah buka restoran pasti laku nih hobi masak:) aku suka mie...oya mbak kalau tepung terigu aja bisa dibuat mie ga? jadi ga pake tepung beras dan tapioka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...mksh Mba Susan..^^

      Bisa Mba..memang kalau mie biasa kan pakai tepung terigu aja..yang protein tinggi dan telur. Cuma..karena ini ada campuran ubi nya..biar tekturenya tetep ada kenyal2 nya..di pakai sedikit tepung beras dan tapioka..^^

      Delete
  3. Replies
    1. Mksh Mak..heeh..ini harus pakai gilingan mie..kalau nggak ya pegel..hihi

      Delete
  4. mbaak... minyak ayam itu apa? Lemak ayam yg dioseng sampai jadi minyak bukan? *pernahbaca*lupa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak..benenr banget..kalau mau hasil sampingannya bisa di makan..bisa juga kulit ayam di bacem dengan api kecil sampai air habis dan keluar minyaknya..^^

      Delete
  5. Paling seneng deeh ngintip kuliner disini..apalagi liat foto2 kulinernya yang bikin kalap mata n mulut utk mencomot smuaa...aiih kpn ya bisa sepiawai mbaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..silahkan di comot Mba...^^
      Makasih Mba Christanty...pasti bisa mba..ayuuuk masakkk..^^

      Delete
  6. saya pernah bikin mie sendiri mak, karena pernah ikut kursusnya tapi sekali-kalinya di praktekkan di rumah,belum hobi lama-lama di dapur :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..keren mak Rina..malah udah pernah ikut kurusu ya..sipp dong..ayo di praktekin lagi Mak..^^ terus di posting di blog..aku tak nyonto hasil resep kursusnya..^^

      Delete
  7. waaah poto n resepnya keren. Makasih tipsnya juga. Skrg menguatkan niat utk nyoba. Oya, kalau ga digiling gimana ya bikin mienya? Salam kenal ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Vica..^^
      Ayuk coba bikin mie sdr..tapi harus di giling Mak ini..kalau yang pakai tangan kayak orang China itu..musti pakai tepung terigu aja yang protein tinggi..jadi bisa elastis gitu adonannya..dan kayaknya susah juga ya tehniknya itu..^^

      Delete
  8. Aku beli gilingan mie gr2 lht mb di jd pengin praktek..mb didi u are radiant hihi jempol 4!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sippp Mba...byk gunanya kok Mba..selain buat mie..bisa bikin aneka cemilan..kayak cheese stick..kue bawang..molen dll..:)

      Delete
  9. Unyu mbk mienya sip. Mbk kl mienya stl dibuat siang trs disimpan dulu buat makan malam biar gak lengket bgm mbk? Pdhal sdh q taburi tepung eh sore sdh lengket jdnya q giling ulang hihihi piye mbk solusinya? Mtr nuwun -nining-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rebus dulu saja Mba Nining..terus simpan di kulkas dech rebusan mienya..sampai malam masih oke kok..:)

      Delete
  10. wiih enak yah kaya nya, ane punya mie naripan nih yang legendaris di bandung kalo ke bandung jangan lupa mampir ya ke jl.naripan bandung www.facebook.com/mienaripan/

    ReplyDelete
  11. Mbak..kl misalnya mau dibikin usaha. Mie nya tahan berapa lama n bgmn cara nyimpannya. Makasih buat resepnya. Inspiratif...

    ReplyDelete
  12. Sdh saya coba resep mie nya...mantap abis. Enak n lembut...makasih mbak. Tp tlg dibantu cara penyimpanannya.

    ReplyDelete
  13. Sdh saya coba resep mie nya...mantap abis. Enak n lembut...makasih mbak. Tp tlg dibantu cara penyimpanannya.

    ReplyDelete
  14. Mbak..kl misalnya mau dibikin usaha. Mie nya tahan berapa lama n bgmn cara nyimpannya. Makasih buat resepnya. Inspiratif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau homemade mie..sebaknya di sajikan fresh mba..setiap hari bikin gt jk buat usaha..:)

      Delete
  15. Nti rasany mieny manis gk? Kn dr ubi?

    ReplyDelete