Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Thursday, July 4, 2013

Tips Membuat Stock Sirup Gula Merah Cair Untuk Persiapan Bulan Puasa


Wah..sebentar lagi puasa ya teman2..semoga kita semua umat muslim yang akan  menjalankannya sudah siap lahir batin ya. Nah..di bulan puasa..kita biasa konsumsi minuman atau aneka kue yang manis2 ya teman2. Salah satu bahan makanan yang wajib ada adalah gula merah, karena sangat kita perlukan  untuk membuat kolak..bubur manis..aneka kue2 basah tradisional, untuk campuran dawet, es campur..dan yang paling sederhana..untuk campuran es kelapa muda aja..sangat segar dan enak rasanya. Dan..ternyata..kandungan gizi gula merah ini juga bagus lho..untuk kesehatan, dari berbagai sumber yang ku baca di antaranya untuk mendinginkan perut dan untuk menenangkan syaraf karena mengandung selenium yang cukup  tinggi. Selain itu kandungan kalori gula merah juga lebih rendah di banding gula pasir..jadi..nggak perlu khawatir mengkunsumsi gula merah ini dech teman2..^^

Nah..daripada repot harus setiap saat menyiapkan gula merah cair ketika  membuat minuman atau hidangan lain di bulan puasa..lebih baik kita siapkan dari sekarang, jadi nanti pas membutuhkan tinggal tuang aja dech..nggak perlu repot2 lagi mencairkan gula merah..misal untuk bikin es dawet..dll. Soalnya kadang2 gula merah ini kan harus di saring ya suaya bersih..nah alangkah ribetnya..kalau kita suka mengkonsumsi gula merah setiap hari di bulan puasa..kita harus cairin sedikit gula..merebus dulu..terus nyaring dulu..tiap hari gitu...dinginin dulu sebelum di campur ke es dawet dll..ribet kan..lebih enak punya stock gula merah cair di kulkas..jadi kalau mau pakai tinggal tuang dech. Memang sich ada beberapa merk gula merah cair juga ada di pasaran..cuma kan..mahal ya..dan juga kita tidak tahu itu asli dari gula merah atau tidak..atau di campurin gula pasir biasa...dll. Kalau kita cairin sendiri ..kan kita bisa pilih2 gula merah yang kualitas bagus..jadi lebih mantab lah rasanya.

Oke..sebelum aku kasih tips cara mencairkan gula merah ini..kita kenali dulu yukk jenis2 gula  merah yang  ada di pasaran supaya kita bisa pilih2 sesuai selera kita :
  • Gula Jawa / gula kelapa , adalah gula merah yang terbuat dari Nira pohon kelapa. Banyak sekali beredar di pasaran gula ini. Rasanya manis dan gurih. Nira pohon kelapa disadap, di panaskan, dan dicetak dalam bambu  atau tempurung kelapa. Gula kelapa banyak digunakan masyarakat Jawa untuk bahan baku kecap manis, pemanis minuman, dodol, kinca, atau kue. Warna cokelatnya lebih tua dibanding gula aren dan biasanya agak kotor, sehingga harus disaring terlebih dahulu, banyak endapan2 misal biji2 manggar dll..kadang kalau kualitasnya kurang bagus..ada semut..tawon..dll ..di gulanya..hiiiii..geli ya..^^ Makanya aku suka beli gula jawa lebih seneng di supermarket daripada di pasar..karena kalau di supermarket pasti kan di uji kualitasnya. 
  • Gula aren atau gula kawung hampir sama dengan gula Jawa. Bedanya, gula aren diambil dari nira pohon aren ( kolang-kaling) dan berwarna cokelat cerah. Bentuknya ada yang silindris dan ada yang berbentuk batok runcing, namun biasanya dibungkus dengan daun kelapa kering. Sebagian orang lebih menyukai gula aren untuk membuat kue karena dianggap lebih harum, enak, dan bersih.Tapi kalau aku tetep paling cinta sama gula Jawa..^^..aku kan Jawa banget..hihi..
  • Gula semut atau palm sugar atau gula palem dalah gula kelapa atau gula aren dalam bentuk kristal atau bubuk, sehingga kadang juga disebut gula kristal. Penggunaannya lebih praktis karena mudah larut, plus tahan lama karena kering. Gula ini bisa ditambahkan langsung ke minuman hangat, adonan roti, kue, atau makanan lainnya. Bisa juga dijadikan taburan atau pengganti gula pasir. Ada beberepa merk kemasan yanga da di pasaran. Atau juga kemasa ncurah di TBK terdekat kita...banyak.
Cara memilih gula merah yang baik :

Jika ingin membeli gula merah, pilihlah yang padat, tidak berpasir, dan tidak berongga. Teksturnya keras dengan warna cerah merata, atau coklat tua , bukan pucat atau hitam. Selain itu, pilih yang utuh dan tidak terbelah.Gula merah yang asli jika kita sisir halus , biasanya agak lengket di pisau, sedangkan kalau palsu biasanya masir gitu kalau di sisir.

Nah...cara mencairkan gula merah..gampang banget..kita tinggal rebus gula merah dengan air, kalau mau harum tambahkan daun pandan, lalu rebus hingga mengental, saring dan dinginkan.
Gula Merah Cair

Bahan :
500 gram gula merah kualitas bagus
300 ml air
 2 lembar daun pandan

Cara Membuat :
Masak semua bahan hingga mendidih dan agak kental, saring dan dinginkan.Simpan di botol atau wadah tertutup lain, simpan di kulkas dan siap di gunakan sewaktu kita butuhkan.

14 comments:

  1. Thanks mbak buat resepnya. Saya fans berat gula merah :) Masakan yang pakai gula putih suka saya ganti dengan gula merah. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Yanti.aku juga suka gula merah..lha wong masak masakan Padang aja ku kasih gulamerah dikit..hihi..*parah ya aku*

      Delete
    2. Mba mau tanya klo udah dicairin gitu kuat brp lama ya klo enggak di kulkas?

      Delete
    3. Kalau sampai kental ya awet Mba..sebulan lebih asal di tutup rapat..:)

      Delete
  2. mbak didi, ini sirup gulanya ga papa kalo di simpen di kulkas dalam jangka lama kurleb sebulan selama ramadhan, biasanya aku selalu ndadak bikin sirup gulanya, thanks yaa resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kan kental..nggak pa2..aku suka simpan lama kok di kulkas..asal di wadah tertutup, biar tidak tercampur bau bahan2 lain di kulkas ya..kalau ragu2..bikin aja per minggu Mba..paling nggak kan nggak repot2 banget ya..^^..drpd tiap hari bikin pas puasa..^^

      Delete
  3. Replies
    1. Sama kayak bikin sirup itui carannya..tapi di masak terus dengan api kecil..ntar mengental sendiri kok..:)

      Delete
  4. gambar gula merah cair yang mungkin anda minati, ak klik gak ada keterangannya. emang begitu ya mb ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Jenny..itu iklan produk gula cair mba..udah pindah itu ke bagian atas sendiri blog ini..hihi..di klik aja..langsung ke produsennya..:)

      Delete
  5. Kemaren aq bikin gula merah cair mbak,,,,perbandingan airnya cukup banyak, disaring terus aq masukin kulkas, setelah 3 hari aq ambil dari kulkas buat masak, tapi didasar wadahnya ada endapannya. Yang jadi pertanyaanku sisa endapannya itu bisa digunakan atau termasuk produk yang harus dibuang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ina..itu berarti gula merahnya kurang bagus Mba,..kualitasnya..mungkin di campurin apa gt ya..kalau gula beneran ndak akan mengendap...jadinya ya kayak sirup kental gitu. Coba di saring saja Mba..:)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...