Google Ad

Friday, September 29, 2017

Nasi Bakmoy plus Kekian Udang


Kemaren badan agak kurang fit, meriang, kurang tidur karena masuk angin sepertinya. Pagi makan Soto Kudus jajan..kok kurang sip. Akhirnya siang..walau lemes tetap masak sendiri dech biar sesuai selera rasanya. Aku ingat masih punya stok Kekian Udang goreng ayang aku buat beberapa hari lalu. Aku pikir sangat enak dan pas untuk bikin Nasi Bakmoy, jadi nggak perlu repot bikin Gorengan Udang lagi, cukup  pakai Kekian aja..sama enaknya.
2

Wednesday, September 27, 2017

Kue Labu Kuning Goreng Beragi


Dalam rangka menghabiskan stok semangkuk Labu kuning kukus di kulkas, aku buat ini aja kemaren. Ini aslinya kue dari Malaysia, namanya kue Cucur Manis Labu kuning. Ya semacam gorengan gitu ya jika di Indonesia Cucur itu. Ada Cucur gurih, misal pakai Udang, sayuran. Ada pula Cucur manis, seperti pakai Labu atau Pisang, dll. Tapi..karena di Jawa juga ada kue yang namanya Cucur yang bentuknya sangat berbeda, bahan juga berbeda, daripada salah persepsi, aku tulis kue Labu Kuning goreng aja ya..hihi.
3

RUJAK ES KRIM


Tadi malam udah full nulis resep..kok ilang sendiri tiba2..hihi. Ya udah tinggal tidur aja daripada jengkel. Pagi udah fresh, bisa nulis lagi dech. Kemaren mau nulis tentang Rujak Es Krim ( Es Cream )...kalau di Yogya kebiasaan di baca Es Krim sampai tulisan ikut gitu hahah. Rujak Es Krim ini mungkin nggak cuma di Yogya ya, tapi yang aku tau memang di Yogya dulu banyak sekali yang jual, dari jaman aku kuliah. Di Sekitar kampus UGM banyak yang jual. Kalau aku dulus ering beli di Sagan, yang dekat jual Pigura, tapi sering lewat akhir-akhir ini udah nggak ada..hihi. Kalau yang terkenal itu di daerah Pakualaman teman-teman jika mau coba paske Yogya ya. Itu udah jadi salah satu tujuan wisata kuliner kalau yang Pakualaman.
0

Tuesday, September 26, 2017

Bawang Bombay Krispi Praktis


Hari ini kok kangen yang kriuk-kriuk...pengennya sich bikin Udang goreng krispi atau Cumi hihi..sayangnya nggak ada di dapur stok bahan. Hanya ada Bawang Bombay...hihi. Baiklah kita tetap jadi olahan Krispi, yaitu Bawang Bombay Krispi. Tetap enak dan gurih, malah sehat  dan murah ya hahah. Yodha juga suka Bawang Bombay Krispi gini, padahal jika di masak buat sayur, di sisihin Bawangnya...hihi.
2

Sunday, September 24, 2017

Membuat Dadar Gulung Dengan Wajan Kewalik ( Crepes Maker )


Jaman sekarang itu kita makin di manjakan dengan peralatan ya teman-teman. Banyak sekali inovasi peralatan dapur yang keren-keren. Nah salah satu andalanku jika di dapur adalah Wajan Kewalik atau Crepes Maker nama kerennya. 
3

Saturday, September 23, 2017

Talam Labu & Jagung



Kemaren aku bikin kuis di instagram, berhadiah 3 set keramik cantik dari Nuanza Porzelain...dan sukses berhasil membuat teman-teman penasaran...hihi. Dari 900 yang ikut kuis, belum ada yang seratus persen benar menebak bahan-bahan kue yang aku buat sich. Namun ada juga yang sudah mendekati benar. Jadi tetap akan di  undi hadiahnya yang mendekati benar.
2

Friday, September 22, 2017

Bawal Bakar Bumbu Kunyit



Quota internet komputerku  habis ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚..jadi post via hape aja...aku ketik resep aja dulu yang penting ya teman2. Ini resep Ikan Bawal Bakar yang aku masak kemaren.

Bakar praktis aja pakai grill pan, jadi biar cepat matang aku goreng dulu hingga setengah makan ikannya. Bisa juga dari ikan mentah sich..tapi lebih lama bakarnya, keburu laper Yodhanya ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜…

Bumbu juga di tumis dulu, karena aku pakai bumbu komplit. Tujuannya biar ngga langu..dan juga makin sedep. Ikan bisa pakai ikan apa saja sich ngga harus bawal. Ukuran sedang ini 3 ekor cukup untuk takaran bumbu ini. Jika pakai Gurame besar ya satu aja cukup.

Oke, langsung aja ya, ini dia resepnya ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Video resepnya di sini ya :

 

Bawal Bakar Bumbu Kunyit

Bahan :
3 ikan Bawal ukuran sedang
2 lembar daun jeruk
2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh kaldu ( aku pk kaldu jamur )
Secukupnya garam

Bumbu halus :
5 bawang merah
2 bawang putih
4 kemiri
1/4 sendok teh merica butiran
1/2 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit

Cara membuat :
Lumuri ikan dengan sedikit garam, goreng setengah matang
Tumis bumbu halus hingga matang
Beri 50 ml air, masukkan bumbu lain, masak hingga meresap dan kental, cek rasa
Lumuri ikan dengan bumbu tumis, bakar hingga matang
Sajikan dengan sambal sesuai selera ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

0

Wednesday, September 20, 2017

Tips membuat Sambel Mingguan Dengan Blender


Masih lanjut membahas sambal yuk teman-teman. kali ini aku mau bahas tentang sambal yang awet di simpan, sehingga kita tidak repot membuat sambal berulang kali, apalagi jika di rumah kita banyak penggemar sambal. tentu agak repot ya jika bolak balik bikin Sambalnya.
5

Sambal Asam Udang Khas Aceh


Siapa suka Sambel ?..Pasti banyak yang suka ya teman-teman. Sambal sudah menjadi menu harian orang Indonesia. Banyak varian Sambal dari bergaia daerah yang bisa kita coba. Beberapa waktu lalu aku pernah bikin kuis teman-teman di Ig share anek Sambal Nusantara, banyak sekali yang share aneka Sambal yang unik-unik..yang ternyata belum pernah aku coba.
1

Monday, September 18, 2017

Kroket Klasik, Isi Ragout Ayam


Hari ini bikin Kroket lagi...tapi versi yang klasik atau jadul..yang biasa di jual di pasar..eh..tapi dulu ya...soalnya sekarangpun banyak Kroket pasar pakai Tepung panko , atau tepung roti yang kasar. Kalau di bakery-bakery jadul, masih ada sich. Kroket berbalut Panir halus seperti yang aku buat ini.
1

Sunday, September 17, 2017

Resto Wedang Kopi Prambanan


Hallo semua,..sudah balik lagi di Semarang  nich, setelah kemaren mengisi acara pelatihan di Festival Kuliner dan Budaya Sriboga bersama kementrian Ukm. event Nasional yang di adakan di JEC , Yogya Expo Center. Sayangnya kemaren habis mengisi acara pas ada Chef Bara, tapi Yodhanya udah ngambek aja minta pulang, udah bosan dia dari pagi nungguin Maminya kerja...hihi.
4

Friday, September 15, 2017

Cilok Bumbu Pedas


Cilok lagi....kemaren kangen Cilok...jadi bikin dikit aja buat bertiga. kalau dikit itu malah enak..hahah. Yodha sekarang sudah suka Cilok, cuma ya sambil makan ya sambil komen, kok ngga ada rasa ikannya Mi....hihi..di kira Siomay kali ya harus pakai Ikan sama Yodha. Tapi beneran enak, lama nggak makan Cilok soalnya.
0

Wednesday, September 13, 2017

Burger Goreng Praktis


Ketinggalan banyak menulis resep baru di sini, padahal tiap hari ya masak terus, cuma di kejar banyak deadline beneran dech. Jika mau update dan ngintip kegiatan dapurku tiap hari, aku selalu post di instagram aku juga  teman-teman, di akun @bunda_didi. Biasa amlah duluan di sana, akrena sambail masak bisa sambil pegang hape ya..hihi. Jika posting web an harus buka komputer dulu. Tapi tetap akan aku simpan semua resep-resep di sini, biar terkumpul di sini.
0

Tuesday, September 12, 2017

Tips Membuat Snack Bazaar Anak yang menarik


Hallo semua..maaf minggu ini sibuk banget telat terus postingannya. Sabtu besok ke Yogya mengisi acara pelatihan dan event pameran Sriboga. Ayuk teman-teman yang punya usaha kuliner berbahan Tepung, yang di Yogya ketemuan yuk..acaranya di JEC. Beberapa hari nyiapi acara Bazaar Yodha di sekolah. Acara amal sich, tapi tetap harus di buat menarik ya jualannya, biar Yodha semangat jualan..hihi. Alhamdulilah tadi laris manis jualannya, nggak nyampai satu jam udah habis...hihi.
4

Sunday, September 10, 2017

Oseng Kacang Panjang Bumbu Tauco



Beberapa hari terakhir lagi suka masak pakai Tauco, memanfaatkan Tauco yang aku beli di Pekalongan beberapa waktu lalu. Memang enak Tauconya fresh dan nggak eneg. Dulu aku kurang suka Tauco, mungkin karena jika beli di pasar atau spm rasanya agak aneh, kadang asin, kadang asem..hihi. 
4

Thursday, September 7, 2017

Nasi Megono Pekalongan


Oleh-oleh dari belajar icip-icip makanan di Pekalongan kemaren teman-teman. Aku menyempatkan diri mencoba Nasi Megono ala Lesehan yang terkenal di sekitar Jl. Urip Sumoharjo Pekalongan. Penjual Nasi Megono banyak waktu malam hari. Penyajiannya unik, di bungkus daun kecil-kecil, seperti Nasi Bungkus gitu.

0

Wednesday, September 6, 2017

Srintil khas Pekalongan


Minggu lalu aku ke Pekalongan, aku sempatkan hunting Tepung Srintil. Dulu pernah di kasih teman, mba Rita tepung ini. Dan aku suka rasanya. Jadi waktu ke Pekalongan aku sempatkan mencarinya di pasar tradisional. Alhamdulillah ketemu tepungnya. Seneng dech.
1

Monday, September 4, 2017

Bola-Bola Daging Goreng Kuah Bestik Solo


Hallo, gimana liburan panjang Idul Adha kemaren, masih punya stok Daging teman-teman ? 
Yuk kita masak menu simple dan segar yuk, jika bosan olahan Daging yang berbumbu dan berat. Menu ini praktis, tidak perlu merebus Daging lama-lama atau mengungkepnya. Nggak perlu banyak Daging juga..hihi. Yang penting pakai Daging kualitas yang bagus yang nggak berlemak, dan mudah di cincang...udah dech jadi menu yang enak dan seger ala restoran. 
3

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel