Saturday, July 20, 2013

Colenak..oh Colenak..^^

Hihi..udah tau colenak kan teman2..itu tuch..jajanan dari Jawa Barat ya..atau kah khusus Bandung..ya pokoknya jajanan Sunda dech ..hihi. Colenak..katanya sich..artinya..di cocol..enak..yaitu jajanan dari tape panggang yang di cocol ke saus gula merah dan unti kelapa ya biasanya. Aku sendiri belum pernah makan colenak aslinya gimana..cuma pernah makan colenak ala hotel2 gitu yang udah di sajikan....lebih menarik. Jadi terinspirasi buat colenak sendiri nich..di rumah...cuma maafken ya teman2 dari Bandung..jika nggak pakai unti kelapa parut colenakku..soalnya nggak ada stock kelapa parut. terus juga..kalau di hotel2 gitu di sajikan dengan kelapa muda kerok di atasnya..daku juga lagi males beli kelapa muda kemaren..jadi colenak seadanya aja ya..pakai kuah santan dan gula merah..menurutku kok lebih enak..hihi. Ini gaya2 fotonya..ala2 chef gitu yang suka ngasih saus ke makanan cuma di olesin dikit di piring..*pelit amat ya Chef2 gitu..hihi..becanda ya Chef2..*..soalnya ya coba liat aja..kalau menu2 ala carte ala hotel2 atau fine dining resto gitu..udah porsi makan kecil2..tapi piringnya gede..saus olesannya  cuma..sedikit di oles2 di piring penyajiannya.hihi..lha kalau di rumah begiu..suamiku ya protes..sausnya mana..?? Tapi itulah seni penyajian makanan ala chef2 ya..kalau aku kok ndak telaten..hihi. Dasar nggak punya jiwa seni..akunya kali ya..hihi.
Lihat dech foto iseng ini..bisa di protes suami kalau sausnya cuma begini..^^


Nah..buat yang suka colenak yukk..buat yukk buat takjil buka nanti sore..itu tapenya iseng aku bentuk bulat..biar lebih mudah memanggangnya..dan jadi lebih lucu kan colenaknya..^^


Ini dia resepnya  ya..colenak modifikasi..hihi
Colenak

Bahan-bahan : 
200 gram tape singkong
Sedikit margarin untuk olesan

Bahan Saus:
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa 
50 gram gula merah, disisir halus ( sesuai selera aja ya..aku pake tape yang udah manis soalnya..jadi sausnya nggak ku bikin manis2 amat )
1 lembar daun pandan, diikat
1/4 sendok teh garam 
50 gram kelapa muda, diserut panjang ( jika ada sich..aku kemaren nggak punya..^^ )

Cara membuat:
Haluskan tape, bentuk bulat pipih. Panaskan pan sudah dioles margarin . Letakkan tape. Panggang sampai kecokelatan. Balik. Biarkan sampai kecokelatan. Angkat. Sisihkan.
Saus, rebus santan, gula merah, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai gula larut.
Tambahkan kelapa muda. Aduk rata sampai kental.
Sajikan tape panggang bersama sausnya.
Nah..paling enak makan colenak..kalau sausnya melimpah gini..^^

2 comments :

  1. Akhrny ada resep colenak ala bunda diahdidi,,, ta eksekusi bwt buka puasa nti, mksh bunda diahdidi😃😉

    ReplyDelete