Wednesday, July 10, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari ke 2 ( Pindang Iga Cemplung Khas Jawa Timur )


Menu pindang daging yang rasanya asam manis, pedas segar ini..mungkin banyak yang belum kenal ya teman2..karena memang tidak sepopuler olahan daging lain dari Jawa Timur...kalau aku kebetulan kakak ipar ku juga ada yang dari Jawa Timur..jadi sedikit akrab juga dengan menu2 ala Jawa Timuran..^^  Tapi pindang ini berbeda dengan menu Pindang Ayam Kudus yang ku posting kemaren..namanya sama2  pindang namanya..tapi ini versi yang pindang segar denga ciri khas utama bumbu2 di bakar dan kuahnya asam segar. Kalau yang pindang ayam khas Kudus bumbu utamanya kluwak..jadi walaupun sama2 pindang namanya..tapi rasanya..berbeda.

Pindang Cemplung asam segar ini biasanya menggunakan daging tetelan atau daging yang biasa untuk rawon..yaitu daging yang berlemak. Namun aku kok lebih suka pakai iga..kalau bikin pindang cemplung ini. Jadi lebih enak aja..^^. Sesuai namanya pindang asam segar ini..adalah hidangan khas nusantara..yang berkuah..dengan bumbu utama nya di bakar atau di sangrai dulu..jadi ada aroma2 khas bakarannya, terus rasanya asam segar, kerana memakai asam,  tomat hijau, belimbing wuluh dan sebagaianya..tergantung jenis pindangnya. Kalau di Jakarta..ada juga yang khas..yaitu pindang bandeng ala Betawi..sama..bumbu2nya di bakar juga dan aroma dan rasa kuahnya ya mirip2..cuma kaldunya yang beda..teras ikan..karena dari Bandeng. Kalau di Jepara..ada juga Pindang serani..hampir sama bumbu2nya..cuma bahan utamanya adalah ikan laut segar..ini enak juga. Nah..yang aku mau posting kali ini yang versi Jawa Timur..bumbunya hampir sama..tetapi bahan utamanya daging sapi. Kali ini aku buat pakai bagian iga..jadi rasanya..tambah enak. Kuahnya sangat segar, gurih dan sedikit manis..( kalau ini udah ku sesuaikan lidah Yogyaku...resepnya..hihi..)..tapi bener seger..sangat cocok untuk menu berbuka puasa atau sahur teman2..semoga bisa jadi inspirasi menu yang berbeda ya di bulan puasa ini. Silahkan di coba jika suka..jika tidak ada iga, boleh kok di ganti saging sapi biasa. Jadi..kita bisa berbuka atau sahur dengan menu2 dari berbagai daerah..dengan cara membuat sendiri di rumah..besok..aku akan posting lagi menu2 khas dari berbagai daerah di Indonesia..semoga bermanfaat ya buat teman2 yang mau menyusun menu berbuka atau sahur.

Jika tidak suka menu ini..mungkin bisa di intip inspirasi menu buka dan sahur hari pertama kemaren Pindang Ayam Kudus..resepnya klik di sini..siapa tahu sesuai selera ya..^^ Selamat memasak teman2..

Resep Pindang Iga Cemplung Khas Jawa Timur
Bahan-bahan :
500 gram  iga sapi
2 buah tomat hijau , iris tipis
5 buah cabai merah 
5 buah cabai rawit merah
8 butir bawang merah 
3 siug bawang putih
2 cm lengkuas
1 cm kunyit
1 sendok teh air asam jawa kental
2 lembar daun salam
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa sapi
2  sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
  1. Sangrai bawang merah, bawang putih, cabai lengkuas, kunyit hingga ada aroma bakaran dan matang. lalu geprek  atau potong2 kasar atau di ulek kasar saja  bumbu2nya. ( pokoknya jangan di haluskan..^^ ) Kecuali cabai rawit merah biarkan utuh.
  2. Rebus  iga dalam  air mendidih. Buang airnya. Tambahkan lagi 2000 ml air dan rebus hingga jadi kaldu. Angkat iganya. Potong-potong. Saring kaldunya. ukur 1500 ml. Masukkan kembali daging ke dalam kaldunya. Rebus sampai mendidih.
  3. Masukkan bumbu bakar dan daun salam ke dalam kaldu.
  4. Masukkan kecap manis, garam, kaldu bubuk dan gula. Masukan juga air asam Jawa
  5. Masak dengan api kecil kurang lebih 1/2 - 1 jam hingga iga empuk dan bumbu meresap. Terakhir masukkan tomat hijau. Masak sebentar lagi, test rasa, lalu hidangkan hangat . 
Tips :
Menu Pindang ini cocok untuk menu buka puasa atau sahur, jika untuk sahur..bisa di masak dahulu sore harinya. Rasanya kan semakin enak..karena bumbu2 tambah meresap.


Lauk pendampingnya bisa sesuai selera ya..bisa bacem tahu..begini..atau perkedel..atau tempe goreng..tahu goreng..dll..sesuai selera. Resep bacem tahu bisa di liat di sini


Nah..buat minuman pembukanya..pas banget nich..dawet ireng khas Purworejo..jadi serasa buka puasa keliling nusantara kan teman2..hihi.. Resep dawet ireng..silahkan klik.sini


4 comments :

  1. Mirip pindang tulang palembang ya Mak Diah. Bedanya nggak pakai cabe utuh gitu,biasanya pakai sambel nanas atau embem sebagai pelengkapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya Mak Ety..banyak masakan pindang ya..dari seluruh Indonesia juga..aku taunya kok yang Jawa aja..hihi..mksh infonya..jadi bahan2 utamanya tulang ya..tapi yang masih berdaging kan Mak..hihi..ntar ku cobanya cari referensi resepnya..^^

      Delete
  2. Iya Mak Diah, kalo tulang doang mana bisa dimakan, qiqiqi itu sebutan aja biasanya pakai daging, tetelan atau tulang iga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..masakan Indonesia..emang seru2 namanya ya Mak..kalau di Jawa Timur ini di sebut pindang Cemplung..karena mungkin bumbu2nya tinggal di cemplang cemplung..^^

      Delete