Monday, July 15, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari ke 7 ( Nasi Ayam Semarang )


Jika Solo punya kuliner khas * Nasi Liwet Solo *..yang sudah cukup populer..Semarang juga punya masakan dan kuliner khas yang hampir mirip nasi liwet Solo , yaitu * Nasi Ayam Semarang *. Tapi..walaupun mirip..tapi ada bedanya juga keduanya. Kemiripannya dulu ya..dua2 nya, baik nasi liwet atau nasi ayam, sama2 pakai nasi gurih yang pulen..karena nasi nya memang di masak dengan cara tradisional ( di liwet ). Pelengkapnya hampir mirip, yaitu sambal goreng labu siam dan opor ayam, serta telur dan kuah areh kental. 

Nah..yang unik..walaupun  bahannya sama..tapi cita rasanya sedikit berbeda. Kalau nasi liwet Solo, sambel goreng labunya cenderung encer kuahnya, dan berbumbu soft....tidak pedas, tidak asin, tidak manis..jadi sedang saja dan cenderung segar, dengan banyak kuah yang di siramkan di nasi liwetnya...terasa pas dan segar. Opor ayamnya juga..opor ayam putih yang cenderung plain rasanya, dengan menonjolkan gurih alami dari ayam kampung. Biasanya di sajikan dengan telur pindang warna coklat. Sedangkan nasi ayam semarang, sambal goreng labu siamnya lebih kental, lebih terasa bumbunya dengan cira rasa gurih sedikit manis. Opor ayamnya juga lebih berbumbu dan versi opor kuah kuning. Begitu juga dengan arehnya...areh kental kuning..kalau nasi liwet arehnya ada yang areh warna putih, karena di tambahkan putih telur. Telur nggak di pindang , tetapi di campur dengan bumbu opor sekalian. jadi kira2 begitu dech perbedaan nasi liwet dan nasi ayam semarang..mungkin ada yang mau nambahin..silahkan tulis di komentar ya..ini cuma berdasarkan pengamatanku saja sich..karena udah lumayan sering makan nasi liwet Solo ataupun nasi ayam semarangan. Jadi walaupun mirip..tapi beda..kayak kuis di koran2 itu lho..*sama..tapi tak serupa*..atau *serupa tapi tak sama* ...ya..lupa aku...hihi..*gak nyambung blas ya teman2..*. Lha..nanti kalau di anggep sama..baik orang Solo maupun Semarang bakalan nggak terima dong..hihi..wong memang sedikit beda rasanya. tapi ya sungguh kreatif ya..orang Solo dan Semarang..karena bener2 lho..bahan2 dan pelengkapnya sama..eh bisa beda rasa, rupa dan nama dua kuliner ini. Memang unik ya..^^

Jadi..kalau main2 ke Semarang..ayukk cobain nasi liwetnya ya..butuh info tempat2 makan yang enak2..hubungi Saya..hihi..maksudnya tak kasih referensi gitu..tempat2 makan yang enak di Semarang..soalnya ya   wisata Semarang ya paling wisata makan2..lha tempat wisatanya..sangat terbatas..^^
Nah..kalau nggak sabar mau coba nasi liwet Semarang langsung di Semarang..ya silahkan di coba di rumah ya teman2..pas kok..buat menu buka puasa atau sahur..cocok juga buat anak2..karena ada lauk yang nggak pedes. Selamat mencoba...^^
Resep Nasi Ayam Semarang

Nasi gurih :
600 gram beras
1100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
4 lembar daun salam
2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Masak berasa dan santan , garam serta daun salam dengan api sedang, sambil sesekali di aduk hingga mendidih dan asat ( santannya habis ),  lalu kecilkan api dan tutup panci . masak dengan api kecil hingga matang. Tehnik ini namanya kalau di Jawa..*ngliwet*..atau menanak nasi manual..jadilah * nasi liwet *
Tapi jika takut tidak matang ya..habis santan terserap ..kukus aja hingga matang. Soalnya dulu tehnik nge liwet ini pakai kayu bakar. jadi setelah santan terserap..nasi di biarkan di atas periuk yang di taruh di atas tungku, tapi apinya di matikan..nanti akan matang dan pulen sendiri...karena ada bara kayu bakar yang masih menyala di bawahnya. kalau sekarang ya kadang bisa gosong bawahnya..karena pakai kompor gas kan..^^..tapi cuma dikit nggak apa2..malah jadi *intip* teman2..enak juga lho..hihi.
Opor Ayam Suwir dan Tahu

Bahan :
2 potong dada ayam atau paha ayam
3 buah tahu putih
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
500 ml santan encer ( dari sisa perasan santan kental )
1 batang serai, di ambil putihnya
3 lembar daun jeruk, sobek buang tulangnya

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 butir kemiri
1/2 cm kunyit, di bakar
1/ 4 sendok teh merica butiran
1 sendok teh ketumbar
1/8 sendok teh jintan
1 sendok teh garam / kaldu ayam bubuk secukupnya
1 sendok teh gula merah

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan encer , tunggu sampai mendidih, lalu masukan ayam dan tahu dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap dengan api kecil hingga santan cair menyusut, lalu tambahkan santan kental.
Masak kembali hingga santan matang. Angkat ayam dan tahunya. Lalu masak terus kuah santannya hingga mengental untuk bahan siraman ( areh )
Jadi yang di ambil ayam dan tahunya aja seperti ini..nggak sama kuahnya.


 Sisa kuah di kentalkan jadi *areh* yang gurih seperti ini..untuk siraman di nasi ayamnya nanti.

Sambel Goreng Jipang

Bahan :
300 gram labu siam
3 siung bawang putih, di iris tipis
6 buah bawang merah , di iris tipis
5 buah cabai merah, rebus sebntar ,lalu di haluskan
2 lembar daun salam
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh gula pasir
10 buah cabai rawit merah utuh
600 ml santan dari 1/ 2 butir kelapa

Cara Membuat :
Cuci bersih labu siam dengan sedikit garam supaya getahnya hilang.
Tumis bwang merah dan bawang putih hingga harum, masukan daun salam, tambahakn labu siam, aduk sampai layu. Masukkan bumbu2 lain dan santanaMasak hingga bumbu meresap dan matang.
  • Sajikan nasi liwet dengan pelengkapnya. Jika suka..opor ayam bisa di tambahkan bagian ayam yang lain, seperti ati ampela, cakar, usus dll..^^
  • Aduch..maaf ..fotonya nasi ayamnya lupa di siram arehnya teman2..hihi..jadi jangan lupa..kalau mau coba..penyajian nasi ayamnya di siram kuah areh kental sedikit ya..biar tambah gurih dan lezat..^^

9 comments :

  1. Ada pic telur rebus, diopor jg ya? Klo mo pake sambal, sambal apa? Buatnya gmn? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..telur di campur ke opornya..tahu juga..jika suka ya..^^

      Pakai sambal terasi mateng biasa bisa Mba..tapi biasanya pakai cabai rawit yang di utuhin itu udah cukup pedas kok..:)

      Delete
  2. Pagii ...Mbak Diah baik:), Kalau mau masak nasi liwet bukan di magic com, baiknya masak nya pakai apa ya? apa pakai panci tanah liat atau yang panci biasa? trus apakah sepanjang masak terus diaduk biar tidak kering bawahnya? aku belum pernah masak nasi bukan di magic com soalnya hehehe ohya itu gak pakai serai mbak? kalau pakai santan instan seberapa banyak santannya jika dibandingkan beras?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai panci biasa..tapi yang tebel ya Mba..jgn yang tipis..ntar cepat gosong tapi belum matang..:)
      Nggak perlu di aduk2 ..tapi api kecil saja dan di aduk sesekali. Santan bisa masuk terakhir kalau pakai santa isntan 1 bungksu kecil itu cukup.
      Sere nggak pake ..klu mau pake ya ndak masalah..:)..met coba ya..:)

      Delete
    2. 1 bungkus kecil kara di cairkan dengan air sampai jadi 1100 ml dengan beras 600 gram seperti resep mbak diah? atau bagaimana takarannya mbak di? kalau aku mau bikin untuk 10 porsi. mau ada acara dirumah pekan depan hehee :)

      Delete
    3. Kalau ntuk banyak orang lebih baik di kukus Mba..kayak bikin nasi uduk gitu..di aron dulu pakai santan ..takutnya kurang matang kalau jumlah berasnya banyak. Atau masak nasi liwet kayak biasa sampai hampir matang, santan instan langsung di aduk terus di kukus bentar.

      Delete
  3. mb.Diah....apa kabar, sehat kan ya...mau nanya donk mb Diah, kira kira kalo beras merah dibuat nasi uduk enak ga ya,...heheh met tahun baru 2015 ya...

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih resepnya mba diah. Udah saya coba beberapa kali. Enak. Serasa makan nasi ayam di jln mataram. Mampu mengobati rasa rinduku akan kampung halaman.

      Delete
  4. Mba kalo sate usus nya. Pake bumbu opor nya jg ya?

    ReplyDelete