Google Ad

Thursday, March 31, 2016

Babat Iso Gongso Khas Semarang


Setelah aku posting review Babat Iso Gongso Pak Karmin yang legendaris di Semarang kemaren..banyak teman, terutama yang tinggal di luar negeri menanyakan resepnya, karena pernah merasakan enaknya Babat Gongso yang legendaris, Pak Karmin dan ingin mencobanya di rumah. Dulu aku pernah posting resep Babat Gongso sich, tapi ala aku sendiri..yang bumbunya beda..lebih lengkap..pakai kemiri , dll. Sedang di Karmin itu aku itu citarasanya lebih soft, dan bumbunya tidak pakai kemiri. Baiklah..aku coba *membedah resep Babat Gongso ala Pak Karmin ya teman-teman..dan hasilnya seperti ini..sudah mirip rasanya..dan bahkan menurutku lebih sesuai seleraku..pedasnya..gurihnya, dll..tapi jenis citarasanya..sudah mirip sama Pak Karmin. Semoga buat teman-teman di luar yang rindu masakan ini..bisa mencobanya di rumah ya.
13

Wednesday, March 30, 2016

Tips Usaha Lumpia Frozen


Lumpia lagi..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa kulit lumpia yang aku beli di Kampung Kranggan kemaren, aku buat aja semua jadi lumpia..lalu aku simpan di freezer. Jadi bisa buat stock kalau ada tamu, atau pengen ngemil mendadak..nggak perlu repot lagi. Jadi pengen nulis tentang usaha Lumpia Frozen nich..semoga bermanfaat ya buat teman-teman..yang lagi mau usaha apa gitu..dan belum ada bayangan.
20

Tuesday, March 29, 2016

Lumpia Segitiga


Waktu mau bikin snack buat tukang yang kerja di rumah tadi mikir..mau buat apa ya. Soalnya stock bahan menipis. Akhirnya aku ingat kulit lumpia lebar-lebar yang aku beli dari Kranggan Dalam di sentra industri kulit Lumpia kemaren. Mau buat martabak..kok nggak punya daun bawang banyak. Tunggu Budhe sayur..cuma dapat 1 batang daun bawang..hihi. Wah ya sangat kurang jika di buat martabak. Akhirnya nengok bahan lain di gerobak Budhe sayur..adanya tahu lagi..tahu lagi..yo wis lah di angkut aja ke dapur. Dan akhirnya jadi juga snack untuk tukang yang kerja di rumah..Lumpia sayur tahu. 

4

Monday, March 28, 2016

Dapurku Istanaku..:D



Beberapa waktu ini di social media Fb..lagi heboh *fenomena* posting dapur ya....hihi. Mungkin udah beberapa waktu atau baru-baru aja..aku kurang tau juga..apa mungkin aku yang nggak update..karena kebanyakan sibuk kerja..jadi jarang bisa mantengin fb sampai lama. Sekalinya lihat-lihat wall Fb itu banyak berseliweran postingan dapur..dari yang kekinian..hingga *kekunoan kaatnya..dari dapur modern serba canggih dan mewah sampai dapur Simbah jaman dulupun di pinjam buat di foto..dll. Pokoknya heboh banget..di bumbui dengan berbagai pro dan kontra, intrik, dll..kok kayake seru banget ya..hahah. Ikutan senyum-senyum aja sich kalau aku pas baca beraneka macam postingan tentang dapur itu...di Fb.
32

Sup Krim Sayuran


Setelah kemaren makan yang berat-berat..saatnya menu sehat untuk sarapan..hihi. Tadi..ke pasar..di tukang ayam langganan ada sepotong ayam kampung 1/4 ekor kali ya..langsung aku beli aja..lumayan buat bikin kaldu dan sup. Kalau hari Senin gini beli ayam kampung di pasar ngga harus utuh..bisa sepotong juga..hihi. Pilihan menu kali ini jatuh pada sup krim aja yang ringan buat sarapan. Supnya centil...hahah. Cocoknya sich untuk menu anak-anak kali ya..sehat dan bergizi. Tapi tadi tak kasih suamiku yo suka tuch..hihi.

8

Sunday, March 27, 2016

Babat Iso Gongso dan Nasi Goreng Babat Iso Legendaris Pak Karmin Mberok


Yodha..kalau lagi jalan keluar..kalau di tanya makan apa ?..Jawabannya pasti..kalau nggak ayam goreng ya..nasi goreng..hihi. Jadilah untuk ke sekian kalinya..kami makan di Nasi Goreng Babat Iso pak Karmin Mberok. Salah satu warung nasi goreng yang legendaris dan terkenal di Semarang. Biarpun udah sering makan ke situ..tapi kok ya mesti pas nggak bawa kamera..atau pas penuh sesak..jadi males motret. Tadi kok pas agak sepi..jadi enak bisa foto-foto dulu..sebelum makan.

8

Jalan-Jalan ke Kampung Kranggan Dalam..Sentra Industri Kulit Lumpia Semarang


Weekend..waktunya kabur..dari rutinitas packing dll..hihi. Hari ini sengaja dari pagi memang sudah keluar rumah..dari sarapan hingga makan siang di luar. Jadwal pertama makan pecel di Pecel Bu Sumo..kangen lenthonya..hihi. Abis itu lanjut di niatin ke Kampung Kranggan Dalam..tempat sentra industri kulit lumpia khas Semarang yang kulitnya tipis dan transparan, karena cara pembuatannya itu unik..bukan di dadar, tapi di beset. Dari dulu sich sering mendengar ketenaran kampung ini..cuma dari dulu mau ke sana kok nggak jadi-jadi. Waktu kemaren aku mengisi pelatihan di Sriboga..ngobrol-ngobrol sama Pak Panca dari Sriboga..dan di beritahu kalau warga Kampung Kranggan yang mayoritas banyak membuat kulit lumpia untuk pekerjaan sehari-hari ini adalah warga binaan Sriboga juga. Akhirnya tadi beneran di niatin ke sana..dan yeay..dapat ilmu baru..melihat langsung proses pembuatan lumpia dengan cara di beset ini.
12

Saturday, March 26, 2016

Banana Cup Cake Praktis


Dapurku masih berantakan habis syuting kemaren..biarin wis..urusan mba artku..hihi. Lanjut berantakin dapur sekalian dech. Pagi tadi *mruput bikin cup cake. Sahabat Yodha sakit..Yodha mau nengok ke rumahnya. Jadinya bisa sekalian di bawa ke rumah temen Yodha nanti kuenya...nggak enak kalau nengok teman kok tangan kosong. Sementara aku udah kapok beli kue-kue di bakery..hemm..udah mahal..cantik luar aja..tapi rasanya..biasa aja..hihi. Beneran teman-teman..kalau mau kue enak itu..buat sendiri saja lebih sreg rasanya..dan tentunya lebih ekonomis.
22

Friday, March 25, 2016

Serunya Syuting Beneran Di Dapur..:D




Hari ini absen lagi posting resep baru ya teman-teman..lagi syuting..hahah. Beneran syuting masak..jadi seharian itu dari pagi nyiapin bahan-bahan..setengah harian proses syuting dah. Lama ya ternyata membuat video yang beneran dengan peralatan kamera dan kru profesional..tapi alhamdulillah..aku banyak belajar dan seru ternyata..hihi.

Terimakasih buat mas Rambat dan tim dari Katalis Media ya..yang sudah banyak memberi pengarahan dan masukan berharga dalam proses pembuatan video kali ini. Jadi semangat dech untuk segera*move on* dan mewujudkan proyek baru aku ke step berikutnya. Apa itu..tunggu tanggal tayangnya ya teman-teman..hihi.

Tapi tadi itu kok lupa ambil foto pas proses syutingnya..ingat itu pas udah matang..dan plating...baru suami ambil foto, padahal lama proses syutingnya..:D Menu kali ini menu yang sudah tidak asing lagi..dari webku..Steak Krispi. Aku sengaja memilih menu ini..karena menu ini spsesial..dari jaman awal bikin blog postingnya..hingga sekarang itu setiap hari..masih ada saja yang mencari dan melihat postingan ini. Jadinya ini seperti menu *signature dish* dari webku yang paling banyak di cari..di google search.





Alhamdulilah proses pembuatan video hari ini di dukung oleh kru profesional yang memang ahli di bidang pembuatan video..jadinya..makin tambah ilmu yang aku dapat. Nich Pak sutradaranya..:D




Kapan videonya tayang..?..Tenang..ntar aku woro-woro ya........:D




37

Thursday, March 24, 2016

Tempe Bakar Manis



Hari ini nggak sempat ke pasar...karena sibuk ngejar deadline packing tadi pagi..akhirnya nungguin Budhe sayur lewat aja. Eh tapi kok ya ndak punya apa-apa lagi. Jadi kalau ke rumahku itu sudah jam 11 siang..adanya ya seperti biasa..tinggal tahu & tempe..hihi. Yo wis  lah ambil tempe aja. Mau tak buat mendoan buat jajan tukang yang kerja di rumah. Tapi..kok ya nyaut ambil tahu pong juga...akhirnya tempenya nggak jadi di goreng. Aku kepikiran pengen buat tempe  bakar aja..soalnya di tawarin air kelapa gratis sama budhe sayur tadi.

Akhirnya, aku buat tempe bakar manis. Mirip bacem sich..tapi bumbunya lebih banyak dan lebih komplet, pakai kemiri juga..seperti kalau masak ayam..jadilah tempe ungkep gurih manis, kemudian di bakar. Jadilah tempe bakar manis..hihi. Udah..gitu aja..setelah di ungkep tinggal di bakar, terus sajikan dengan sambal bawang aja..yang nampol pedasnya..hihi. Udah bisa jadi lauk. Tapi..kalau aku kok tak cemil..terus di cocol sambal bawangnya..sebagai ganti nyeplus cabai rawit..hihi. Enak lho..:D

Jika mau buat tempe bakar bumbu manis ini, yang membuat legit itu air kelapanya ya teman-teman..jadi usahakan pakai air kelapa. Selain tambah legit, aromanya juga semakin harum enak. Terus, gunakan gula merah yang warnanya coklat tua ya, jika mau warna tempe bakarnya lebih coklat. Aku tadi dapat gula merahnya pucat putih dari budhe sayur, jadinya ya agak pucat sedikit dech. Tapi tetep meresep enak kok bumbunya.

Ok..ini dia resepnya, jika mau coba ya teman-teman.
Tempe Bakar Manis

Bahan :
500 gram tempe, potong sesuai selera
500 ml air kelapa plus 300 ml air biasa
100 gram gula merah
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1 sendok teh kaldu sapi

Bumbu halus :
1 sendok teh ketumbar
50 gram bawang merah ( tadi bawangku kecil-kecil..jadi aku timbang aja )
2 siung bawang putih
4 butir kemiri

Cara membuat :
Campur semua bahan dan bumbu di panci, tutup rapat
Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah habis
Sebelum kuah habis, koreksi rasa dulu ya..kurang garam atau tidak
Dinginkan
Panaskan panggangan atau teflon, bakar tempe berbumbu hingga harum dan kesat
Sajikan hangat

Mudah kan..murah..meriah pula..:D

2

Tips Memotret Makanan Dengan Smartphone


Maaf absen kemaren posting resep baru ya teman-teman..kemaren ada acara di luar..mengisi pelatihan Food Photography untuk ibu-ibu anggota SCC Sriboga. Buat teman-teman yang berada di Semarang dan sekitarnya..gabung aja jadi member SCC Sriboga ya..jika mau mengikuti perbagai pelatihan yang bermanfaat..dari pelatihan aneka aplikasi pembuatan makanan berbasis terigu hingga pelatihan non aplikasi seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan food photography seperti yang aku isi kemaren, dll.
30

Tuesday, March 22, 2016

Roti Goreng Kentang Isi Ayam


Hari ini coba tepung terigu sample Double Zeronya Sriboga...terigu yang khusus untuk buat roti. Dari dulu sich penasaran sama terigu premium dari Sriboga ini..cuma dulu belum di jual kiloan...jadi hanya ke pelanggan-pelanggan khusus para pengusaha makanan berbahan tepung ini. Jadi ketika sekarang udah ada kemasan satu kilo..senengnya..jadi nggak penasaran lagi. 
17

Mie Siram Jamur & Sayuran


Menunya..masih tumisan simple dulu ya teman-teman..karena lagi menguras apa yang ada di kulkas sebelum belanja lagi besok. Mulai lebih menahan diri untuk tidak menuhi freezer dan kulkas dengan bahan mentah..hihi..dan akan lebih sering pakai bahan yang fresh aja..soalnya biasanya kelupaan nyimpan bahan di freezer..jika lagi sibuk. Karena saat ini semua bahan makanan itu mahal ya teman-teman..sayang jika mubazir terbuang tidak kita masak, karena kesibukan. Beli terong aja..3 ribu satu buah sekarang ya..huhu. Cabai sampai ada yang 80 ribu ya per kg ?..Wah..ngalahin tepung kentangku hahah.  Menu kali ini simple lagi..masih sejenis cap cay..tapi kali ini aku kombinasi pakai mie yang di goreng. Ya sejnis I Fumie atau Mie Kering siram...tapi ini nggak otentik sich..karena sesuai bahan yang ada di kulkas saja plus sayuran dari Budhe sayur..semua masuk..haha.
16

Monday, March 21, 2016

CapCay Jowo Pedas



Kemaren sore Yodha minta Mie Goreng Jowo..karena lagi nggak punya mie, kita beli aja di warung Mie Jowo. Sekalain aku pesan Cap Cay Jowo favoritku. Tapi eh ternyata kok rasanya nggak seperti biasa yo..huhu..jadi kuciwa. Padahal biasanya itu CapCay Jowo di warng Mie Jowo langganan kami itu enak. Akhirnya tadi buat tombo gelo aku buat sendiri di rumah dech...sekalian ngabisin stock bahan yang tersia dikit-dikit, tinggal beli sayur di budhe sayur. Tapi pas ndak punya sawi hijau..akhirnya cuma kol bunga kol dan wortel serta daun bawang aja sayurannya.

7

Sunday, March 20, 2016

Makan Kepiting Enak..Tapi Mahal ??..:D


Yodha lagi suka kepiting sejak Minggu kemaren..setelah nggak sengaja makan kepiting di warung seafood dekat rumah. Wah..Kak Yodha nich selalu telat...hihi. Dari jaman kamu kecil kan Mami sebenernya udah sering masak kepiting Kak..tapi kamu nggak pernah mau coba..sekarang giliran udah suka..cari kepiting mentah aja susah di pasar..musti ke pasar Kobong di Semarang bawah kalau pagi-pagi. Akhirnya ngalahin beli mateng di warung seafood dekat rumah. Tapi, yang namanya kepiting..yo sudah pasti mahal ya..makan di warung tenda dekat rumah aja..75 ribu 1 ekor. Seandainya ada yang jual mentah di pasar aja aku lebih suka masak sendiri. Tapi kayaknya udah pada di borong oleh resto dech kepiting ini.
16

Saturday, March 19, 2016

Chicken Wonton Soup


Menu hari ini masih menu ala rumah sakit..hihi. Menu yang rebusan dan bumbu minimalis. Plus di tambah waktu memasak yang mepet pas mau makan siang tadi karena banyak tanggungan kerjaan..jadilah sup wonton ini..cukup jadi menu kami hari ini. Alhamdulillah..Yodha doyan. Tapi dia request, lain kali minta pangsitnya di goreng aja..hihi. Ya dech Kak..biar makin gurih ya..kapan-kapan Mami buatin versi goreng.
5

Friday, March 18, 2016

Bakso Tahu Kukus


Badan kok masih kurang fit beberapa hari ini..tapi untungnya masih doyan makan. Hihihi..hebat ya..badan meriang masih doyan makan. Beneran teman-teman..aku juga heran..badan tuch rasanya nggak karuan pegel linu, dll..mungkin kecapekan. Tapi karena masih mau makan..jadi tetep saja bisa menjalankan aktifitas seharian. Alhamdulillah. Sampai di ledekin Yodha gini : "Ya..nggak turun 3 kg lagi dong Mi...katanya ! " :D Dan beneran..kok timbangan tetep nggak bergerak ya..hihi, padahal biasanya kalau lagi meriang, dll..bisa turun 3 kg beberapa hari, karena malas makan :D 
3

Thursday, March 17, 2016

Puff Pastry Isi Vla Coklat



Maaf belum sempat posting menu masakan harian baru ya teman-teman..karena masih agak sibuk berkutat dengan smartphone untuk menyususn materi presentasi. Ternyata memang kalau nggak pernah pegang smartphone untuk motret makanan itu ya..harus membiasakan diri dulu..hihi. Biasa motret makanan aku memang jarang pakai smartphone, karena alhamdulillah ada kamera besar yang bisa di pakai. Jadi karena materi pelatihan berhubungan dengan produk tepung, jadi otomatis yang di foto harus kue-kue.
8

Wednesday, March 16, 2016

Tips Membuat Pastel Murah Meriah, Renyah & Enak



Pastel, sudah pasti..gorengan ini banyak di sukai tua muda. Membuat pastel itu gampang saja. Namun tak sedikit teman-teman yang sering menanyakan, kok pastelnya alot, atau kurang renyah, dll. Salah satu kesalahan utama itu mungkin cara penanganan adonan. Jika adona terlalu di uleni, maka gluten akan pecah dan jadinya adonan akan alot. Cara terbaik membuat adonan pastel itu, cukup di aduk ringan hingga jadi adonan rata dan kalis.
21

Tuesday, March 15, 2016

Pie Brownies



Masak apa hari ini teman-teman ?
Aku kok belum masak hari ini..maaf ya teman-teman yang menunggu resep masakan baru harian..libur dulu ya..lagi nggak enak badan. Jadi cuma masak yang cepat-cepat aja. Tapi..kalau sudah biasa kerja itu yang nggak enak diam aja..akhirnya tetep juga buka komputer. Kebetulan kemaren waktu buat pie, separo aku buat pie brownies..jadi bisa buat postingan hari ini nich...hihi.
9

Monday, March 14, 2016

Pie Buah Kolang Kaling



Kemaren sempat pulang sehari ke Yogya, karena ada urusan penting mendadak. Jadilah Senin..pekerjaan menumpuk..Bismillah..satu per satu semoga selesai..walau badan sebenernya agak masuk angin juga. Pagi-pagi udah nguprek motret, mumpung cahaya alami masih bagus. jadi minggu depan itu aku ada tugas mengisi pelatihan Food Photoghrapy di Sriboga. Tapi khusus pakai kamera smartphone. Wah..ya akhirnya musti banyak bikin contoh foto-foto makanan yang memakai kamera smartphone ini untuk materi prsentasi. Soalnya..semua stock fotoku biasanya pakai kamera besar.

Teman-teman yang posisi di Semarang, jika mau ikutan pelatihan di Sriboga..silahkan gabung jadi  member SCC dulu ya..di kantor SCC Semarang, jl. s. parman no. 45 semarang, 024 76420080, atau sribogascc@gmail.com. Banyak sekali pelatihan bermanfaat buat teman-teman yang ingin usaha kuliner lho. Ini foto2 hasil kamera smartphone aku, cuma masih nyesuaikan jeprat jepret pakai kamera smart phone...aku soalnya jarang pakai..hihi.

Uji coba smart phone kali ini buat motret pie  buah, sekalian bisa buat jajanan tukang yang  kerja di rumah, tapi nggak tau pada suka nggak jajanan modern gini..hihi. Kali ini pienya toping kolang-kaling..jadi jika teman-teman mau jualan pie, biar hemat bahan, bisa di ganti toping manisan kolang kaling warna warni, menarik juga kan ?..:D

Berikut resep Pie buah nya ya..ceritanya sambung lagi ntar..mau motret dulu ngejar matahari pagi yang masih indah..hihi.

Pie Buah Kolang Kaling

Bahan Kulit:
100 gram margarin / mentega1 kuning telur
200 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan air es
30 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam

Bahan Vla:
300 ml susu cair
50 gram gula pasir
30 gram maizena dan 3 sendok makan air, dilarutkan
1 kuning telur, dikocok lepas
1 sendok makan margarin
1/8 sendok teh esens vanila

Bahan Toping:
Manisan kolang kaling
Buah Naga putih, atau buah lain sesuai selera

Bahan Olesan Atas :
5 gram jeli instan
2 sendok makan gula pasir
250 ml air

Cara Membuat :
Kulit: aduk margarin, gula tepung, garam, kuning telur, tepung terigu, dan air es sampai rata. Gumpalkan.
( Air es boleh di tambah jika adonan masih terlalu mawur, adonan harus masir, tapi agak lembab agar mudah di gilas dan di bentuk )
Gilas adonan tipis, potong bulat-bulat seukuran loyang pienya tapi di lebihin untuk cekungannya.
Pipihkan di cetakan pai diameter atas 5 cm dan bawah 7,5 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu.
Oven 25 menit dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang.
Vla: rebus susu cair dan gula pasir sampai mendidih. tambahkan larutan tepung maizena. Aduk sampai meletup-letup. Matikan api.
Masukkan kuning telur. Aduk dengan cepat. Nyalakan api. Masak sampai meletup–letup. Tambahkan margarin dan esens vanila. Aduk rata. Angkat.
Isi ke dalam pai. Dinginkan. Tata dua buah kolang kaling  dan buah naga di atas pie
Olesan: rebus jeli dan gula dalam air sampai mendidih.
Oles bagian atas pai dengan bahan olesan. Dinginkan

Note :
Contoh-contoh foto berikut pakai kamera smartphone, tanpa editing sama sekali, jadi original sesuai hasil aslinya ya teman-teman...aku lagi membandingkan bebarapa merk smartphone yang bagus untuk memotret makanan.







21

Test Video


Abaikan postingan ini ya teman-teman..ini lagi nge test uploap video pendek tutorial masak, langsung di web bisa apa nggak..hihi. Nanti kalau bisa kan..untuk bagian2 yang sulit dari proses memasak, bisa aku buat video pendek, di samping foto..jadi biar lebih jelas prosesnya. Ini tadi malam iseng, waktu pulang dari Yogya..kami makan di toko oleh-oleh yang ada pembuatan bakpia open kitchennya..aku buat video pendek proses melipat kulit bakpia Yogya nich. 

Kalau di pabrik bakpia ini, nggak perlu di gilas-gilas melapis adonannya. Wah kapan2 aku coba dech buat bakpia versi ini. Sekarang simpan dulu videonya di sini biar nggak lupa. Kalau aku biasanya adonan aku gilas, dua lapis gitu. Kalau ini mba nya cepet banget buat lapisan adonannya..hihi. Tapi aku nggak beli sich bakpianya tadi malam..muahal le rek..satu box masak 40 ribu,....huhu. Dekat rumahku aja..cuma 12 ribu..bakpia fresh from the oven juga..hihi. Wis..kapan-kapan bikin sendiri aja..murah...! :D


2

Saturday, March 12, 2016

French Crullers..Potato Churos ala Perancis


Happy weekend teman-teman..hari ini nggak ke mana-mana dech. Selain karena Suami lagi ada kerjaan di luar..mba artku kok ya..nggak datang tanpa pesan..huhu. Jadinya beneran *single fighter* hari ini..semua sendiri. Yodha kalau Sabtu di rumah juga nich pengennya ngemil terus..hihi. Tadi jam 10 an udah minta cemilan..laper katanya. Akhirnya aku coba aja buat French Crullers, seperti churos ala Perancis, yang nggak sengaja aku lihat resep dan fotonya menarik, di Pinterest kemaren. Meanrik, karena adonan pakai potato flakes..kebetulan masih ada sedikit sisa potato flakes sedikit habis buat donat kemaren. Jadi biar  nggak bosan buat donat terus, kali ini aku buat cemilan yang beda untuk Yodha. Ternyata dia suka. 
2

Friday, March 11, 2016

Jadah Bakar


Sibuknya hari ini..sampai jam segini baru sempat posting. Hari ini mulai ada tukang kerja lagi di rumah...pak tukang yang baisa kerja di rumah sama ponakannya, beres-beres halaman depan. Yeay..jadi ada yang makan jika buat cemilan yang berat-berat..hihi. Dan aku memang sudah niat mau ngabisin stock apa bahan yang ada di rak dapur, biar nggak mubazir. Ada ketan 250 gram, aku buat jadah bakar aja buat mereka. Pas kebetulan tadi ada teman yang order serundeng banyak, jadi aku sisain, buat  makan jadah bakar ini..hemm..enak dech. Serundeng buatan tetanggaku ini memang enak..karena deket aku nggak pernah nyetok, kalau ada teman yang order baru aku ambil ke dia, jadi selalu dapat serundeng fresh yang buatan hari ini, karena mereka selalu buat baru setiap hari. Alhamdulillah banyak yang suka..karena rasanya memang enak..serundengnya..kriuk garing, tahan 5 bulan.
10

Thursday, March 10, 2016

Donat Kentang Praktis Isi Nutella


Kemaren ke supermarket Yodha kok minta Nutella..padahal dari dulu nggak mau yang berbau kacang. Dia lebih suka selai coklat Ovomaltine. Tapi setelah mencoba Nutella dia suka..katanya..dan minta buat isian donat bekal hari ini. Jadi..pagi-pagi tadi udah *mruput bikin donat. Biar menghemat waktu, buat donat kentang yang praktis aja, yang tanpa di uleni dan pakai tepung kentang..dan memang super praktis, jam 6 an buat adonan..nyiapin sarapan Yodha..setengah tujuh udah bisa goreng..dan jam tujuh...go..sudah ready hangat-hangat di bawa Yodha ke sekolah..cepat dan praktis banget   teman-teman.

16

Wednesday, March 9, 2016

Bawal Bakar Pedas Manis


Selamat liburan dan selamat merayakan hari raya Nyepi ya buat teman-teman yang merayakannya. Liburan cuma sehari, aku di rumah aja..seperti biasa, tetep kerja menyiapkan packingan buat besok, dll..dan tetap ke pasar pastinya..hihi. Tadi Yodha ikut ke pasar karena libur, aku tawari ikan bakar..kok mau dia. Aku sudah pada taraf mblenger masak daging terus..hihi. Tapi Yodha maunya ikan bawal..oke dech..malah lebih fresh ya Kak..jadi enak di bakar. Bawal kan termasuk ikan air tawar ya teman-teman..jadi ikannya selalu di jual dalam kondisi segar, dan akan terasa manisnya jika di bakar. Apalagi bentuknya pipih tipis aja, jadi mudah matang dan bisa meresap bumbunya.
26

Tuesday, March 8, 2016

Olos Lagi....!


Sore tadi aku buat Olos lagi. Apa itu Olos ?...sudah pernah aku ulas ya dulu. Olos..adalah jajanan khas Tegal yang terbuat dari aci dan di  beri isian. Kalau dulu aku buat versi modifikasi aku isinya, sekarang aku buat original..isi tumisan kol aja..thok..ngga pakai yang lain.
22

Seblak Daging..atau Oseng Mercon..?



Setengah hari packing, baru selesai..perut mulai lapar karena memang sudah waktu makan siang. Jadilah aku pengen makan yang cepat aja buat makan siang. Kemaren keseringan masak daging panggang aku kok males ikutan makan, jadi biasanya beli 300 gram daging buat Yodha dan papinya aja. Nah..kebetulan aku punya stok tapak walang favoritku yang udah ku presto..hemm..paling enak di oseng pedas. Sebenernya..pengen aku masak oseng mercon ala Yogya, tapi kok kepengen makan seblak juga..akhirnya di gabung aja..hihi. Jadinya..Oseng Mercon atau Seblak ya ?..Apa aja dech..yang penting enak...!
11

Monday, March 7, 2016

Roti Pan


Waktu baca tabloid Nova hari ini, ada satu resep yang membuatku tertarik untuk mencobanya, yaitu roti Pan. Resep roti isi biasa, tapi yang menarik itu di bakar di pan langsung di atas kompor api aja, bukan oven. wah..menarik nich..pasti bermafaat buat teman-teman yang belum punya oven, tapi pengen merasakan roti panggang, bukan roti goreng..mungkin bisa menjadi solusi ya.

5

Indahnya Berbagi



Tadi pagi di kasih tau temen fb, katanya ada aku di tabloid Nova..alhmdulillah..udah terbit tabloid Nova edisi hari ini..yang ada liputan tentang aku..hihi. Judulnya...tukang *kompor * ibuk-ibuk..aku banget memang...hahah. Makasih buat mba Laili dari tabloid Nova yang sudah menyempatkan diri ke Semarang beberapa waktu lalu untuk meliput kegiatan aku sebagai food blogger..seneng dech bisa berbagi sedikit semangat ke ibu-ibu pembaca Nova dan sedikit berbagi pengalamanku sebagai food blogger, dan juga tentang usahaku memberdayakan produk umkm lokal Jateng untuk di kenal luas. Jangan lupa beli Nova edisi hari ini ya teman-teman..hihi. 

Senengnya dobel dech bulan ini aku, karena di Malaysia sana juga Majalah Aroma edisi bulan Maret ini, ada aku juga...:D, jadi ada dua media cetak bulan Maret ini..alhamdulillah..jadi tambah semangat untuk berkarya. Tapi masih tunggu majalahnya di kirim dari Malaysia yang Aroma, baru minggu depan sampai mungkin...ini pinjam foto mba Rivana di fb yang majalah aroma. Mba Rivana tinggal di Malaysia, dan kasih tahu aku kalau resep-resepku sudah tayang di Majalah Aroma bulan ini.


Mungkin banyak teman yang heran..kok bisa aku begitu semangat ngeblog, posting tiap hari, dll. Ya..memang aku menjalani semua kerjaan ini karena suka teman-teman..nggak ada beban, ngga ada keterpaksaan, semua di jalani dengan suka cita. Seneng aja..habis masak..foto..terus langsung pengen cepet-cepet posting malahan, karena rasanya enak..dll. Kadang belum sempat mandi lho..udah posting duluan..hahah. Enaknya kerja sendiri di rumah ya begitu. Kerjanya sendiri..tapi serasa banyak teman setiap hari, walau kebanyakan sms, email, wa..inbox..kebanyakan pada order tepung-tepung, tapi seneng aja bisa berinteraksi dengan teman-teman yang sering mampir ke web aku. Kalau dulu belum jualan, malah nggak banyak terlalu banyak yang kontak..begitu jualan, tiap hari jawab puluhan kontak masuk dari banyak teman di seluruh Indonesia, bahkan teman-teman yang tinggal di luar negeri juga. Jadinya nggak pernah merasa kesepian kok..walau kerja sendiri di rumah..yang ada juga malah selalu sibuk dan ketimbun kerjaan malah..hihi.

Alhamdulillah juga, banyak teman yang kontak, cerita kalau terinpirasi untuk usaha setelah mengikuti web aku dan banyak yang memakai resep-resep yang aku share untuk usaha. Denger cerita mereka jadi punya penghasilan tambahan di rumah dengan berusaha di bidang kuliner itu juga sangat menyenangkan. Jadi memang aku senang..bisa jadi *tukang kompor* untuk teman-teman, ayuk..semangat..banyak peluang usaha di bidang kuliner, jika kita mau mencoba dan bekerja keras. Aku ngalamin sendiri sich..hasil kerja keras itu..lumayan lho..lebih dari cukup..kalau kita mau berusaha..jadi ibu rumah tangga yang produktif. Semangat ya..mari sama-sama berusaha ya teman-teman.

Jadi..kunci usaha menurut aku itu..lakukan dengan senang hati, selalu semangat, pantang menyerah dan bekerja keras, pasti dech akan menuai hasil, seperti yang kita harapkan. Dan jangan lupa  berdoa ya...:)

Okey dech..aku tak balik maning ke dapur ya..buat menu Yodha, bentar lagi pulang nich..karena dia lagi test seminggu ini. Makasih ya buat teman-teman yang udah banyak support dan sering mampir ke web ku..love you all..:) Tunggu resep-resep aku selanjutnya ya...
DD
30

Sunday, March 6, 2016

Gimbap aka Kimbap, Sushi ala Korea


Yodha..masih setia dengan menu daging, jadi tiap hari masih minta menu daging aja. Jadinya kau harus putar otak untuk membuat variasi menunya agar dia nggak bosan. Akhirnya kepikiran bikin Gimbab, atau Kimbap..alias Sushi ala Korea. Setelah aku tawarkan ke Yodha, dia setuju, karena dia suka rumput laut, pas banget dech. tapi waktu kita buka blognya Maangchi, aku kasih lihat  ke Yodha, isinya aneka sayur, plus daging..dia langsung geleng kepala.."Nggak usah pakai sayur Mi..pakai daging ajah...!" katanya. Hihihi..itu namanya mah..arem-arem kali Kak..kalau isinya cuma daging. Akhirnya tetep..rencana buat Gimbap nya jalan..dengan syarat nggak pakai sayuran..yang buat Yodha..hihi. Akhirnya, placemat bambuku kepakai juga buat bikin Sushi Korea ini. Dari dulu koleksi sampai 3, tapi cuma di pakai buat alas motret..hihi.
5

Olahan Tahu Goreng ala Resto




Kalau  makan di resto seafood seperti di Kampung Laut, pasti salah satu menu pesananku itu tahu goreng. Di sana, tahu gorengnya beda, nggak tahu goreng biasa, tapi satu piring ada dua macam tahu, satu di goreng tepung lembut di tabur bumbu lada garam ya sebutannya. Yang satu tahu isi yang nggak pakai lapisan tepung. Keduanya enak banget..jadi nggak membosankan rasanya. Yodha dan papinya juga suka. Makanya kemaren ketika punya Tahu Cina yang sduah gurih nganggur di kulkas, aku buat kedua olahan ini. Kalau di buat tahu goreng polosan biasa..wah..ya bakalan aku thok yang ngabisin..hihi. Tapi jika di buat olahan tahu gorneg yang lebih kreatif gini..jadi pada mau makan dech. Yodha paling suka tahu isinya..karena ada jamur favoritnya.
1

Friday, March 4, 2016

Tumis Pedas Ikan Asin Jambal & Kemangi


Masih..lanjut menu kemangi ya teman-teman, kali ini pengen yang pedes-pedes dan *nglawuhi..apa lagi kalau bukan masak ikan asin..hihi. Kalau masak ikan asin aku jarang jarang sich, karena nggak pada suka..warga di rumahku. Tapi tadi siang di budhe tukang sayur ada ikan asin jambal bagus, ya udah aku masak aja buat sendiri. Kalau suami dan anak..ya sukanya daging dan ayam, dll..yang beneran lauk..hihi. Kalau ikan asin mana pada mau makan. Ya udah....akhirnya aku masak dikit aja..sekedar buat tombo kangen ikan asin sendiri pas makan siang, kalau nggak habis tinggal di kasih ke budhe sayur besok, dalam kondisi udah matang..haha. Seringnya gitu...beli bahan mentah di dia, kalau aku masak nggak habis, kembali lagi ke budhe sayur dalam keadaan matang. Tapi aku seneng, budhe sayur langgananku itu *nrimo banget, di kasih apa-apa itu sangat berterimakasih.

 
Tadi beli 2 bungkus ikan asin jambal 4 ribu, di masak, jadi dech..nggak habis juga sendiri..soalnya aku lebih banyak makan kemanginya..hihi. enak..di masak tumis campur ikan asin seperti ini juga. Jadi..walau sama-sama pakai kemangi, tapi tehnik memasaknya beda dengan yang sambal udang kemaren. Kalau tumis ini, pakai cabai rawit semua..jadi pedasnya cetar terasa, terus bumbu di ulek kasar dari mentah, lalu di tumis. hasilnya, sama-sama pedes, tapi beda banget citarasanya. Sama-sama enak dan menggugah selera pastinya.

Jika tidak suka ikan asin, ganti iakn segar yang di goreng garing, juga enak tak kira teman-teman, cobain ya,..moga bermanfaat ya..siap atahu di rumah teman-teman ada yang panen kemangi juga seperti aku..jadi bisa di manfaatkan. Enak dech..di makan pakai nasi anget..hemm. Untuk menghindari hal-hal yang di inginkan ( nambah nasi maksudnya..hihi..)..aku makan pakai nasi merah tadi. Tetep enak kok..:D

Tumis Pedas Ikan Asin Jambal & Kemangi

Bahan :
100 gram ikan asin jambal, potong-potong, goreng hingga agak kering
50 gram kemangi
1 batang sereh, geprek
50 ml air
1 sendok teh gula pasir

Bumbu Ulek Kasar :
75 gram cabai rawit merah
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh terasi bakar sebentar

Cara Membuat :
Tumis bumbu yang sudah di ulek kasar hingga harum dan matang, masukkan sereh
Masukkan air dan gula
Masukkan ikan asin goreng
Masak sebentar hingga meresap
Masukkan kemangi, aduk rata hingga kemangi layu
Koreksi rasa, angkat
Sajikan hangat


15

Sambal Udang Kemangi


Posting pagi-pagi ahhh..hihi. Soalnya kerjaan masih buanyak menunggu, biar bisa selesai semua. Beneran beberapa hari ini banyak banget pesanan, jadi mohon maaf jika suka agak telat bales wa atau inbox atau email ya teman-teman..aku usahakan berjadwal sich, biar beres semua kerjaan...postingan di blog juga tetep selalu update. Jadi harap maklum, jika wa pagi..siang baru bales, bukan apa-apa, karena memang harus bagi waktu..beneran..hihi. 
35

Thursday, March 3, 2016

Bakso Ayam Jamur Bakar


Punya daging dada ayam 300 gram, paling enaknya untuk steak krispi ya. Tapi kadang ya bosan juga..walau Yodha sudah suka steak krispi, takutnya jika terlalu sering nanti bosan. Akhirnya aku buat bakso aja tadi. Mumpung dia juga lagi suka jamur, aku kasih jamur sekalian. Jamurnya pakai jamur kuping yang hitam itu di rebus, terus di iris kecil-kecil, jadi selain ada sensasi kenyil-kenyil dari jamur, juga warna baksonya jadi lebih cantik, seperti ada bintik hitam-hitam dari warna jamurnya. Tadi mau tak kasih kucai juga...hahah. Tapi kok ya kucai terus, bosan nanti.

5

Wednesday, March 2, 2016

Tempe Goreng Kucai


Masih..menu dengan kucai..hihi. Jangan bosan ya teman-teman. Gara-gara beli kucai 3 ribu kok dapat satu ikat besar gitu, jadi mesti segera di olah, karena kucai tidak tahan lama di simpan di kulkas. Belum lagi kalau lupa..duch..suka merasa berdosa, menimbun sayur di kulkas, tapi lupa masaknya..hihi. Seperti kemaren, aku di ingatkan mba artku..katanya.." Sayuran di kulkas banyak kok belanja terus bu..!" 
Kebiasaan..kalap kalau ke pasar apa-apa di beli, ujung-ujungnya yang di masak beda lagi atau lupa, karena kesibukan, atau karena ganti acara belanja lagi esok harinya..hihi. Mulai sekarang mau ngabisin dulu bahan yang ada di rumah, baru ke pasar ah...!
0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel