Friday, February 26, 2016

Nasi Goreng Kampung


Nasi goreng..menu yang sebenernya aku sudah agak mblenger, karena beberapa waktu lalu, waktu Yodha lagi demam nasi goreng, tiap hari kok maunya makan nasi goreng. Kalau sekarangnya untungnya jarang dia minta nasi goreng, karena lagi suka daging. Tapi..tadi waktu makan siang, aku kok mendadak pengen makan nasi goreng. Tengok di rice cooker, masih ada sisa nasi tadi malam masak..jadi itulah nasi yang pas buat nasi goreng. Tapi kali ini aku pengen Nasi Goreng plain aja...putihan dengan sedikit kecap. Karena sudah mblenger dengan Nasi Goreng berkecap...Nasi Goreng putihan ini kok terasa enak sekali ya tadi..hihi. Plus di tambah rasa nostalgia jaman dulu sering di masakin ibu, nasi goreng seperti ini. Ibuku dulu, kalau masak Nasi Goreng itu nggak pakai kecap, putihan aja, jadi citarasanya itu unik..gurih alami..ala ndeso gitu..:D

Dulu..biasa di rumah, jika mendapat Nasi Berkat, pasti tersisa banyak Nasi Putih. Nah..Nasi Berkatan ( nasi Kendurian ) itu yang sangat enak di buat Nasi Goreng Kampung, karena biasanya Nasinya di *dang ( di kukus ), jadi lebih mawur dan tahan lama. Kalau jaman dulu ibuku masak Nasi Goreng juga lebih suka di bumbu iris, nggak pakai bakso atau sosis seperti sekarang ini, tapi di kasih sayuran aja, misal kol, atau daun bawang. Kadang-kadang malah aneh lagi..di kasih irisan tempe..hahah. Tapi..enak lho teman-teman..jadi Nasi Goreng Tempe. Bumbu utama hanya bawang merah, bawang putih, cabai dan terasi serta garam..tapi dulu kok ya sudah terasa enak ya. Pokoke jaman kecil itu nggak ada yang nggak enak makanan yang di masa ibu kita ya teman-teman..soalnya memang nggak ada pilihan..hahah. Kalau nggak di makan ya, nggak ada makanan lain, beda sama anak sekarang, di rumah banyak lauk, kalau lagi nggak mau makan, heboh kita buatin lauk lain agar anak mau makan..:D

Sudah pasti..kita semua bisa membuat Nasi Goreng ya teman-teman, tapi setiap orang pasti punya resep Nasi Goreng favorit masing-masing. Kalau salah satu Nasi Goreng favoritku, ya Nasi Goreng ala Kampung ini. Kalau biasanya Nasi Goreng berkecap, makan beberapa sendok aja sudah mblenger, kalau Nasi Goreng ala Kampung yang pedas gurih ini, kok ya habis sepiring yo tadi..hihi. Bye bye diet dah..! Lol. Nasi goreng paling enak, jika di masak pakai Wok, wajan besi yang jadul..wah..aromanya akan semakin harum. Pastikan waktu menumis bumbu minyak dalam kondisi panas, agar langsung harum aromanya. Begitu juga, waktu mencampur nasi dan semua bumbu, masak dengan api yang agak besar, agar citarasa dan aroma Nasi Gorengnya bisa menggugah selera.


Ok dech ini dia resep Nasi Goreng Kampung ala ibuku, ya teman-teman..jika suka, silahkan di coba. Bumbunya karena di iris agak banyak nggak masalah. Jika suka, boleh di tambah suwiran ayam goreng, akan lebih enak.

Nasi Goreng Kampung

Bahan :
300 gram nasi putih dingin
1 butir telur
2 lembar kol, iris halus
1 batang daun bawang, iris kasar
1 sendok teh terasi bakar, haluskan
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok teh kecap 

Bumbu Iris :
4 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
5 cabai rawit merah, iris serong

Cara Membuat :
Panaskan sedikit minyak goreng di wajan hingga benar-benar panas
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan cabai dan terasi, aduk rata
Sisihkan tumisan di pinggir wajan, masukkan telur. Biarkan sebentar, agar matang, lalu buat orak arik kasar
Masukkan nasi putih, dan semua bumbu lain
Aduk rata dengan bumbu tumis dan telur
Masak hingga bumbu meresap
Masukkan daun bawang dan kol, aduk hingga layu
Koreksi rasa
Sajikan hangat


14 comments :

  1. Wah....enakkkk...teringat dulu waktu libur ,semasa remaja dirumah nenek....kalo pagi hari ada nasi sisa di bakul....pasti di buat nasgor....bumbu nya sama dgn mbak Diah....tp bukan di iris- iris , di haluskan semua....bwg mrh pth,cabe,terasi dan ada daun jeruk sedikit....😁, thank's resep-resep nya mbak 👍😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...toss dulu mba..menunya sam akayak di rumahku dulu..memang orang dulu jarang pakai kecap buat masakan mba..kecuali buat semur..hihi.

      Delete
  2. Enakeeee........mmg kalo didesa nasi grg putihan mbak tanpa kecap....aku kdg kalo bkn jg putihan tp pd protes,kt anakq " lagi kehabisan kecapkah kok nasi gorengnya putih"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..kalau Yodha juga suka berkecap nasi gorengnya. Kalau aku sudah pada taraf mblenger makan nasi goreng berkecap, paling sesendok aja..nah pas buat ini tadi kok habis 1 piring..haha.

      Delete
  3. Baru aja tak eksekusi resepnya. Kata anak saya nasi goreng ini lebih enak daripada yang kecap mbak...apalagi ditambah teri medan.tambah mantep tep.makasih resep2nya mbak didi
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, jika di sukai keluarga ya..tadi ada temen di fb yang coba juga, dan anaknya yang umur 2 tahun juga suka kata beliaunya..keren ya..hihi..pokoke ikut seneng dengernya..:)

      Delete
  4. Aku jg lbh suka yg beginian mbak, meski ga nolak jg kalau pakai kecap. Tapi kalau bapakku pasti ngedumel kalau dimasakin nasgor pakai kecap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memamng berarti sama ya mba..orang tua kita jaman dulu..lebih suka original nasi goreng polosan..hihi

      Delete
  5. waktu kecil aku juga dimasakin kaya gini mba,dibumbu iris.malah ibu suka tambahin daun mengkudu muda dan rasanya enak bgt loh mba dan nggak pahit sama sekali pas dicampur ke nasi gorengnya,kata ibuku dulu itu namanya nasi goreng obat..haha.duh jadi kangen masakan itu.udah belasan tahun nggak makan lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..asyik..mksh infonya mba...kapan2 aku coba..di jalan deket rumah ada pohon mengkudu..hihi.

      Delete
  6. Kelihatannya enak banget, jadi ingat nasi goreng emak di kampung. Nasi goreng menjadi menu favorite di pagi hari kala tida ada masakan lain yang siap disantap. Thanks inspirasinya

    ReplyDelete
  7. ternyata nasgor tanpa kecap itu favorit byk org ya mb di,,tak pikir keluargaku tok wkwkwk,,,klo aku suka yg sedikit asin pedes,,bawang merahnya diulek kasar,,jd nemu sensasi krenyes2 pedes asin bagiku nikmat mantap...nasgor nasi jagung bumbu spt ini maknyuss jg lo mb di...duh jd ileran nih..--bunda chera

    ReplyDelete
  8. Mbak diaaaaah aku mampir lagi di resep mbak yg kedua kalinya :)...yeeeah bpk ku jg lbih sk nasgor yg sdkit kecapnya, apa lgi tanpa kecap, suamiku jg sma2 suka,, makasih ya di resep nya :),, ak share di blog ku boleh? Nanti aku tambahin sumbernya :) dan aku variasi sedikit..salam kenal ya mbak diah,

    ReplyDelete
  9. sama banget mba. suamiku juga lebih suka nasgor tanpa kecap. kalo cerita mba diah tadi yang nasi goreng tempe itu ibuku juga begitu mba. huhuhu, jadi kangen jaman kecil dulu. 😭😭😭

    ReplyDelete