Google Ad

Sunday, June 30, 2013

Aneka Bentuk Nastar & Resep Nastar Ekonomis


Akhirnya..buat  nastar juga hari ini ..setelah tertunda terus bikin kue2 dan masakan lain..hihi..dan karena buatnya ini cuma untuk di pajang aja di blog dan kasih resep nastar ekonomis yang di request beberapa teman ..akhirnya iseng sekalian aku buat satu resep jadi beberapa  bentuk. Semoga bisa menjadi inspirasi teman2 yang mau jualan nastar ya..biar bentuknya bisa variatif. Oh ya..selai isian nastar ini aku pakai selai nanas gula palm yang kubuat kemaren..dan ku posting di sini jadi warna selainya coklat gitu..^^..jika tidak suka bisa pakai selai nanas gula pasir biasa ya teman2..Oh ya..tips membuat selai nanas sendiri di rumah..aku udah posting di sini juga..Selamat mencoba..^^
114

Selai Nanas Gula Palm / Aren



Huhu..dari kemaren mau bikin nastar aja kok ketunda2 terus..maaf ya teman2..yang request resep nastar yang empuk..mau kasih resepnya..tanpa foto kok ya kurang afdol..soalnya teman2 nggak bisa liat hasilnya kan..hihi. Dari kemaren2 udah bikin selainya sich..tapi karena ada aja kerjaan lain..jadi sampai hari ini belum di buat juga nastarnya. Nanti mau ke TBK dulu ya..tak cari cengkih buat bikin nastar yang klasik. Nah..sekarang mau share dulu resep selai nanasnya. Selai nanasnya ini beda dari selai nanas biasa..karena memakai gula palm, atau gula aren..hemmm rasanya sungguh..jadi lebih istimewa  dan harum aroma gula palm. lebih kaya rasa dech di banding selai  nanas memakai gula pasir. 
0

Saturday, June 29, 2013

Selalu Lapar Mata Kalau ke Bread Life..^^




Setiap jalan2 ke Mall Citraland di Simpang Lima Semarang..walaupun banyak escalator..pasti dech..aku akan lewat escalator yang menuju lantai dua yang menuju ke Robinson….hemmm..mau belanja baju gitu ya pikir teman2…bukan….!!..Ada yang lebih menarik dan menggoda imanku…daripada baju2..hihi..yaitu gerai bakery Bread Life..yang berada tepat di bawah eskalator yang menuju ke Robinson..di lantai 1 Mall Citraland Semarang…hemm setiap lewat situ..harum semerbak aneka produk bakery yang sangat menggugah selera..sambil naik ke atas mataku udah lirak lirik ke gerainya kira2 cake atau pastry apa saja yang akan ku boyong ke rumah nanti..hihi. Aku emang lebih suka beli bread life untuk di bawa pulang..jadi belinya selalu akhir tujuan setelah acara jalan2 atau makan2 di mall selesai. 

7

Empek Empek Lenggang


Masih..dalam rangka menghabiskan stok empek2 lenjer yang ku buat kemaren..kali ini ku jadiin aja..empek2 lenggang..itu tuch..empek2 yang di goreng pakai telur dadar. Cara buatnya gampang banget..empek2 lenjer tinggal di potong2 bulat kecil..lalu di campur kocokan telur dan sedikit garam, lalau di goreng dadar kayak goreng telur dadar biasa. Biar bentuknya seragam aku gorengnya pakai snack maker double pan..andalan..hihi..jadi empek2 lenggangnya jadi imut 2 kan. Lumayan dech bisa jadi menu makan siang ringan hari ini..sebelum kabur ke mall..nganter Yodha jalan2..^^
2

Stik Talas Renyah




Teman2 sering beli atau makan stik talas yang gurih dan renyah..biasanya banyak ya di jual di supermarket atau di toko oleh2. Stik talas tersebut di buat dari umbi talas. Cara membuatnya pun sangat mudah..jadi..kita bisa membuat sendiri di rumah sebenarnya lebih enak karena..bisa di bumbuin sesuai selera..dan juga lebih murah. Kan talas murah banget ya di pasar..kalau beli mentah. Kalau kalau ada yang nanam talas sendiri..malah tinggal ngambil kan dari kebun..hihi. Nah..sebelum kita buat stik renyahnya..kita kenali dulu yukk stik talas ini.
6

Emping Melinjo Klatak



Emping melinjo..pasti sudah tidak asing lagi ya teman2..banyak di jual di pasaran. Bahan utama emping melinjo adalah buah melinjo yang sudah tua, kemudian di sangrai, lalu ketika masih panas, di tumbuk atau di pipihkan hingga tipis. Satu emping melinjo biasanya terbuat dari beberapa buah melinjo yang di gabung dan di pipihkan jadi lempengan bulat tipis, lalu di jemur hingga kering, dan di goreng. Ada juga emping melinjo yang di jual masih mentah dan kering ya..jadi kita tinggal  menggoreng sendiri. Emping melinjo ini juga sudah menjadi bahan pelengkap wajib beberapa masakan tradisional Indonesia, seperti soto Betawi, gado2 dll. 

0

Friday, June 28, 2013

Rempah Udang


Rempah adalah lauk berbahan dasar kelapa yang agak muda dan di beri bumbu2 serta telur, selanjutnya di goreng. Nah..biar lebih istimewa, aku suka menambahkan udang di dalam rempah. Udangnya di kupas dahulu, terus di haluskan dan di campur dengan adonan rempahnya. Jadi rasa rempahnya semakin gurih. Aku memang suka kelapa yang di buat aneka macam masakan..dari yang di kukus kayak jadi bothok, atau buat bumbu urap..dan di goreng seperti ini pun bisa jadi lauk yang enak.

Rempah ini bisa di cemil juga lho..hihi..soalnya rasanya gurih banget sich. Selain itu rempah udang ini cocok juga untuk lauk nasi kuning..sebagai pengganti perkedel..tapi jika tidak ada nasi kuning, pakai nasi hangat aja udah enak banget kok. Selamat mencoba ya..^^
Rempah Udang
Bahan:

1/2 butir kelapa sedang..agak muda..tapi sudah bisa di parut panjang
50 - 100 gram udang, kupas, haluskan
1 butir telur ayam

Bumbu, haluskan:
2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 butir kemiri, sangrai
3 buah cabai rawit
¼ sdt merica butiran
½ sdt gula pasir
1 sdt garam / bumbu kaldu instan rasa ayam

Cara Membuat :

Campur kelapa, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
Bentuk adonan menjadi bulat pipih atau bulat lonjong, sesuai selera.
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan kering.
Angkat dan tiriskan.

Tips : Pas menggoreng..sebelum sisi bawah kering..jangan di bolak balik ya..jadi biarkan bagian bawah berkulit dulu, baru di balik.

0

Tahu Pong Berontak....!..^^


Hihi...judul yang aneh ya teman2..tapi ya memang begitulah nama gorengan ini di Semarang. Tahu Pong berontak..yang terbuat dari tahu pong yang di isi tumisan sayuran yang gurih dan segar. Kalau di Yogya sich mirip2 dengan * Tahu Susur *..sama2 dari tahu..tapi pakainya tahu putih biasa ,bukan tahu pong. Jadi penampakannya lebih  gendut2 tahu pong berontak ini daripada tahu susur yang cenderung kotak gepeng gitu, karena kalau tahu pong kan enak..dalamnya sudah berongga..kayak kantung gitu..jadi bisa  banyak2 di isi sayurannya, sedangkan tahu susur, tahu putih utuh biasanya di belah jadi dua..kemudian di belah lagi..dan isi sayurannya di sisipkan di antar dua irisan tahu putih tipis itu, kemudian di celup adonan tepung dan di goreng. Kalau tahu susur adonan tepungnya agak kental..supaya isi sayurannya tidak lari ke mana2 pas di goreng...nah kalau tahu pong berontak ini..adonan pencelupnya agak encer..jadi lebih renyah  lapisan luar tepungnya. Rasanya..sama2 enak..aku suka semua..^^..soalnya aku penggemar gorengan..jadi baik tahu pong berontak atau tahu susur..aku sering buat dan suka semua. Silahkan teman2 mau coba yang mana..kalau tahu pong berontak ini rasanya renyah tepung luarnya dan ada rasa khas dari tahu pongnya.Kalau tahu susur tahunya lembut..berpadu dengan isian sayuran yang gurih dan segar, dan gurihnya lapisan kulit tepungnya..enak dech..di makan anget2..sambil nyeplus cabe rawit gitu...^^
9

Ayam Bakar Bumbu Bacem Khas Yogya..Yummy..!


Buat Orang Jawa apalagi  dari Yogya..kayak aku..pasti dech..menu bacem sudah menjadi menu keseharian. Apa aja bisa di bacem..dari ayam..tahu..tempe..daging..babat usus..banyak dech. Bacem..buat dari luar Jawa..yang belum tahu..adalah cara masak dengan di ungkep bumbu2 rempah dengan tambahan utama yang wajib ada adalah air kelapa dan gula merah dengan bumbu utama bawang merah , bawang putih , dan ketumbar. Tapi biar lebih gurih..aku suka tambahkan kemiri khusus untuk ayam bacem atau daging. Air kelapa inilah kunci agar citarasa bacem semakin enak..dan warnanya cantik...seperti bacem tahu dan tempe..akan semakin cantik dan menggiurkan warnanya jika memakai air kelapa. 

27

Aneka Jenis Keju



Keju..pasti udah nggak asing lagi ya kita konsumsi teman2..sepotong cake keju seperti foto brownies keju kukus ku di atas pasti akan teras gurih manis membelai lidah. Tapi ternyata..jenis keju dari seluruh dunia itu sangat beragam..bahkan ada beberapa jenis yang aku belum pernah makan..cuma pernah denger namanya..gara2 kemaren nonton Asian Food Channel yang mengulas soal keju dari seluruh dunia..baru tau juga aku ternyata keju itu sangat beragam jenisnya. Keju2 yang aku belum pernah makan dan baru denger namanya antara lain keju Bire, keju dari Perancis yang sangat lembut, keju Camembert dari Perancis juga. terus ada lagi keju Emmenthal , hard cheese Darius Swiss yang bentuk  kejunya berlubang2 dan bercitarasa sedikit manis. Juga keju Gruyere dari Swis yang berbentuk bulat pipih seperti roda, dan mempunyai aroma kacang2 an..dll. Nah..itu cuma contoh2 dari sekian bayak jenis keju..cuma kayaknya itu jarang kita jumpai di indonesia ya..jadi ya akan aku ulas..keju2 yang ada di Indonesia saja ya teman2..semoga bisa menambah wawasan soal keju....^

1

Thursday, June 27, 2013

Kue Lompong ..Kue Tradisional Unik Berbungkus Daun Pisang Kering ( Klaras )



Kue Lompong..adakah teman2 yang sudah pernah makan..?..Buat teman2 yang tinggal di Kutoarjo atau Purworejo..pasti ya sering makan kue  tradisional ini..tapi..di luar kedua daerah tersebut pasti masih asing ya dengan kue tradisional yang satu ini. Kalau aku kebetulan pernah makan kue lompong ini di Magelang..di salah restoran dan toko oleh2 yang sering kami singgahi jika pas mudik ke Yogya. Tapi..pas pertama mencicipi kue ini agak keras, jadi kesan pertama tidak  begitu menggoda di lidahku..hihi..*lebay..* Jadi akhrinya memoriku tentang kue lompong ini akhirnya terlupakan oleh kue2 enak lain..^^ Kue lompong adalah kue yang terbuat dari tepung ketan dan di isi dengan kacang sangrai yang di tumbuk kasar dan di campur gula merah. Nah..yang bikin unik dan khas dari kue lompong ini adalah warnanya yang hitam..dan pembungkusnya yang beda dari kue2 lain..dan mungkin ini satu2nya kue ya..yang memakai pembungkus daun pisang yang sudah kering..atau dalam bahasa Jawa di sebut *klaras*. Klaras yang di pakai pun harus klaras yang kering alami di pohon pisang, alias daun yang sudah tua dan mengering dengan sendirinya..nggak boleh daun pisang biasa yang terus di jemur dan di keringkan gitu..eksotis kan..hihi. Karena di bungkus daun pisang kering inilah rasa kue lompong ini jadi semakin unik. Bentuknya juga unik..karena di bungkus seperti tempe bungkus daun ala kampung dan di ikat dengan tali.

16

Tips dan Cara Membuat Selai Nanas Sendiri di Rumah



Saat ini..harga nanas di pasaran sudah mulai melambung..1 buah bisa 4 ribu rupiah..wah..memang..buah nanas ini sangat populer ketika mau masuk bulan puasa gini..ketika buah ini banyak di buru untuk pembuatan selai nanas, untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering klasik yang wajib ada dan selalu di gemari untuk suguhan kue kue Lebaran. Dari semua kalangan..pasti ada salah satu kue yang di suguhkan adalah kue nasta..dari kelas premium yang memakai butter mahal..dan per toplesnya 100 ribu lebih..sampai dengan nastar yang kelas grosiran yang kadang keras dan selainya dikit banget.

46

Bakwan Kangkung..Enak Juga Lho..^^


Aku suka sekali bakwan..bakwan apa saja suka..jadi selalu ingin bereksplorasi dengan bakwan...pakai bahan2 yang nggak biasa..misal bakwan jamur..dulu pernah buat juga..enak..bakwan daun singkong..dll. Nah..kemaren pengen bakwan..adanya sayuran cuma kangkung...akhirnya bikin bakwan sayurannya pakai kangkung..ternyata..enak juga lho..cobain dech sekali2 bikin bakwan yang berbeda dari biasanya teman2..^^

4

Wednesday, June 26, 2013

Cara Membuat Kaldu Bening Yang Enak



Pernah tidak teman2 masak sup..pakai daging ayam atau daging sapi..tapi malah amis supnya..?..Kalau hal itu terjadi..pasti karena daging ayam atau sapinya langsung di masukin ..nggak di bikin kaldu dulu...^^. Cara yang benar adalah..daging ayam atau sapi kita buat kaldu dulu terpisah, baru di buat untuk bikin sup atau soto..dll. Nah..biar rasa kaldu kita makin mantap..yukk..kita belajar sama2 cara bikin kaldu yang benar..semoga bermanfaat..!
60

Udang Goreng Kipas Renyah



Punya stock udang seger hasil belanja di pasar tadi pagi..pasti  salah satu masakan yang ku sukai adalah udang goreng. Jadi..berbagai jenis udang goreng sering banget aku buat. Dari yang cuma udang goreng di balut tepung kering..atau udang goreng di celup adonan basah..semua aku suka..! ^^
8

Tips Memilih dan Mengolah Kolang Kaling & Resep Manisan Kolang Kaling



Pagi2..tadi udah keluyuran ke pasar..eh lihat kolang kaling segar udah bertebaran di mana2..senengnya…karena aku suka sekali sama kolang kaling..dan bisa menemukan kolang kaling yang segar dan bagus ya..kalau awal awal mau masuk puasa gini..jadi bisa beli sekalian banyak..terus di awetkan di buat manisan..seger dan enak. Tadi sempat ngobrol  sama tukang jualan kolang kaling..dia kalau ngambil kolang kaling pas mau masuk bulan puasa gini bisa berton2..dan di sebar ke semua pedagang..nah..jadi lebih baik beli sekarang2 ini..soalnya nanti kalau udah masuk puasa…pasti dech di pedagang2 itu udah di rendam lama kolang kalingnya..jadi kurang fresh dan kadang jadi asam rasanya. Ok..kali ini aku ingin tulis soal kolang kaling ya teman2..dan tips untuk mengolah dan memilih kolang kaling yang bagus. Sebelumnya kita kenali dulu yukk lebih jauh tentang buah putih yang kenyal kenyal enak ini..^^

14

Tuesday, June 25, 2013

Menu Untuk Anak..Cepat Dan Mudah..^^


Foto apa itu di atas ..hayo teman2..?..Puding telur ceplok yang lagi heboh dan nge trend kah?..Bukaaan..!! Itu beneran telur celpok kukus..hihi. Lucu kan cetakannya..dah lama punya..gara2 liat puding telur ceplok di mana2..jadi ingat kalau punya alat buat bikin telur ceplok kukus gini..dulu beli di box pernak pernik dari Jepang yang biasa ada di Carefour tuch..kan suka unik unik perlengkapan dapurnya. Nah..tadi iseng buat telur celok  kukus..gara2..tukang sayur nggak bawa apa2..udah kesiangan pula..di kulkas cuma ada telur dan tahu dari tukang sayur..akhirnya mikir dech bikin apa ya buat menu makan Yodha. Anak2 kan gituya teman2..maunya makan itu2 aja menunya. Akhirnya..jadilah menu..semur telur ceplok..hihi.^^
6

Adaan..Jenis Empek Empek Yang Paling Mudah Di Buat


Empek2 lagi..!..Yappp...aku suka sekali empek2 ..jadi tidak akan bosan teman2..posting aneka macam empek2 di sini. Aneka resep  empek2 sudah ku coba..nah..ini salah satu yang paling mudah di buat adalah empek empek adaan, langsung di goreng saja..setelah adonan siap..jadi nggak perlu di rebus dahulu. Mbentuknya juga enak..tinggal di bentuk bulat aja pakai tangan yang di lumuri tepung, mudah..atau kalau nggak bisa yang di sendoki aja dengan bantuan dua sendok makan..beres..peyok peyok dikit..tapi rasanya kan tetep sama enaknya..hihi.Walaupun ada juga sich ya..empek2 adaan yang di rebus dulu baru di goreng..itu..kalau kita beli empek2 satu paket macam2 gitu di supermarket, kadang adaannya sekalian di rebus..tapi aku suka yang langsung di goreng gini..lebih gurih rasanya.
53

Monday, June 24, 2013

Kue Kering ..*Ampyang Kacang Coklat Jahe Oven*


Kue kering ini adalah salah satu kue yang bahan2 nya simple, pembuatannya sangat mudah ..tapi rasanya sangat istimewa. Tinggal campur2 semua bahan..lalu di sendokkan ke loyang dan di oven..jadi dech kue kacang coklat jahe yang sangat renyah..enak..manis dan gurih. Beneran..tadi sambil motret ngatur kue ..nggak tau dech berapa kue yang malah ku masukkan mulutku..alias ku makan..hihi. Kue kering ini juga favorit suamiku..nggak membosankan dech pokoknya buat dicemal2 cemil. Nah.mau coba..ini dia resepnya ya...ceritanya nggak usah panjang2 ya..soalnya mau bikin  kue2 kering  yang lain..^^..Selamat mencoba..
17

Sunday, June 23, 2013

Semprit Coklat Putih Telur


Rencana mau ku kumpulin jadi satu resep2 kue kering yang murah meriah..tapi enak..buat teman2 yang suka bikin kue kering sendiri untuk Lebaran atau untuk di jual...tapi kok ya ada aja resep2 lain yang di coba..jadi nya satu2 aja dech posting resep2 kue keringnya ya teman2..masalahnya..sebentar lagi udah mau puasa ya..ternyata..hihi..nggak kerasa...ya moga2 aja bisa jadi ide variasi kue keringnya ya buat teman2 yang sekarang lagi sibuk ngerjain proyek kue kering buat di jual atau mau buat sekedar untuk hantaran atau untuk suguhan tamu di hari Lebaran nanti.
41

Jongkong Surabaya..Kali ini Asli..Pakai Air Abu Merang Warna Hitamnya...^^


Kue Jongkong Surabaya..ada yang suka teman2 ?..Atau malah baru tahu..baiklah..aku ceritain sedikit ya..Jongkong Surabaya ini adalah sejenis kue lapis, terbuat dari tepung beras, santan, gula dan garam. Jadi..kue lapis beras biasa donk ya..dulu ku pikir begitu..tapi ternyata..ada satu bahan tambahan lagi yang membuat rasa kue lapis ini istimewa dan beda dari lapis beras pada umumnya..yaitu pewarnannya..semuanya menggunakan pewarna alami..yang hitam..warnanya dari air abu merang..sedangkan warna hijaunya dari air perasan daun suji dan daun pandan. Sehingga aroma dan rasanya..ternyata beda banget sama lapis beras biasa...setelah aku nyoba bikin yang otentik..yang benar2 pakai air merang tadi. Rasanya benar2 enak,  manisnya pas saja samar2 dan gurih rasanya, unik dech...pokoknya beda dech sama kue lapis beras biasa. Hangat2 ku sajikan buat suami..dan happ...langsung habis beberapa biji..hihi. Dulu sich ..pernah coba juga bikin jongkong Surabaya palsu..tapi karena nggak  punya merang..jadi warna hitamnya aku ganti coklat..pakai pasta coklat..enak juga sich..cuma rasanya jadi lapis kota..soalnya rasa coklat..hihi.

12

Tips Sukses Bolu Kukus Merekah


Bolu kukus merekah..di kenal juga dengan nama roti kukus, kue jadul yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Rasanya manis, gurih dan lembut tekturenya seperti kapas..begitulah rasa bolu kukus yang seharusnya ya teman2..cuma kadang2 membuat bolu kukus ini gampang gampang susah, meskipun bahan dan cara membuatnya simple, namun tak jarang kita sering gagal membuatnya. Kegagalan yang paling sering adalah bolu kukusnya gundul atau mingkem..hihi..nggak mau merekah..tapi untungnya sekarang malah lagi nge tren ya bolu kukus mingkem yang di buat polkadot gitu atasnya..hihi. Selain itu kegagalan lain dalam membuat bolu kukus adalah kadang juga bolu kukus tekturenya keras atau malah bantat juga bisa.

Nah..biar nggak *mingkem* atau bantat lagi bolu kukusnya..yukk kita belajar sama2 tehniknya agar berhasil membuat bolu kukus yang merekah....

48

Saturday, June 22, 2013

Perkedel Jagung Irit Minyak..



Masih..lanjut uji coba alat snack maker double pan yang ku ceritain di sini tadi teman2..nah..tadi aku coba pakai untuk bikin perkedel jagung. Dan ternyata..bisa lho..buat nggoreng perkedel jagung dengan sedikit sekali minyak..jadi selain lebih irit juga, lebih sehat kan..nich liat hasilnya..jadi cantik juga kan perkedel jagungnya karena tercetak sama semua ukurannya di snack maker double pannya. Rasanya juga sama enaknya dengan perkedel jagung yang di goreng biasa pakai banyak minyak. Minyak yang di pakai cukup sedikit saja di setiap lubang cetakannya. Jika bener2 mau menghindari minyak..cukup di panggang saja kali bisa juga perkedelnya..jadi benar benar tanpa minyak..cuma kalau aku ya tetep pakai minyak tadi..cuma dikit aja..biar cepat matang perkedelnya.
7

Sanck Maker Double Pan..Alat Efektif Buat Bikin Aneka Kue Basah Yang di Panggang


Teman2..ada yang kayak aku nggak..suka ngumpulin peralatan dapur model2 baru..kadang2 ada yang efektif di pakai terus..atau kadang2 akhirnya cuma ada yang menjadi penghuni lemari dapur..hihi. Suamiku sampai suka bilang..aku ini kayak Mamanya Shincan..kartun anak2 favoritku..yang sukanya beli barang2 ..tapi kadang jarang di pakai dan di simpan saja..dan selalu tergoda beli barang2 peralatan dapur baru..misal kalau ada diskon..promo dll..atau tergoda bentuknya yang lucu..kayak pernah beli alat pembuat cookies listrik juga..lha..wong pakai oven aja bisa..kok ya ku beli..hihi..akhirnya di pakainya..sesekali aja. Nah..berdasarkan pengalamanku numpuk peralatan dapur..ada satu alat yang oke banget dan sangat fungsional di dapur, jadi sering banget ku pakai. Jadi..alat ini aku rekomendasikan dech..jadi penghuni dapur teman2. Nama alatnya adalah..Snack Maker Double Pan. Mungkin teman2 banyak yang udah  punya juga ya..nah buat yang belum punya..aku review ya alat ini.

28

Friday, June 21, 2013

Sambel Ijo ( Lado )...Yang Berubah Jadi Sambal Terasi..^_^



Teman2 suka nasi padang..pasti kenal sambal yang satu ini ya..sambal lado..atau sambal ijo, sambal yang emang terbuat dari cabai hijau semua. Aku..doyan masakan Padang..cuma..bukan penggemar berat..jadi jarang masak masakan Padang..sekalinya masak..kalau sesuai otentiknya...malah kurang cocok di lidah Jawaku..jika citarasanya hanya asin dan pedas saja..jadi kadang nich..kalau bikin rendang Padang..suka ku kasih sedikit gula merah..hihi..suamiku ketawa aja kalau makan rendangku..rendang Jawa katanya. Padahal suami suka banget masakan Padang ..jadi kalau pengen masakan Padang yang asli..ya kami lebih memilih makan di restoran Padang saja. Suamiku suka semua masakan Padang yang berkuah kental  dan rasanya bumbunya kuat gitu...kalau aku paling makan ayam bakarnya atau perkedel dan telur dadar yang tebal2 itu..udah..itu aja yang ku sukai dari masakan Padang..^^
5

Ayam Goreng Krispi



Ayam goreng tepung krispi..pasti sering ya jadi menu keseharian kita teman2..terutama lauk buat anak2. Jadi sering banget bikin. tapi selain bikin sendiri sering juga beli...apalagi kalau seri mainan  anak2 hadiah KFC di sukai Yodha..pasti dech ngajak ke sana..atau sekedar beli beberapa potong ayam krispi pinggir jalan..kadang lumayan juga rasanya. Makanya jarang ku foto kalau bikin ayam krispi ini..tapi kemaren temen fb Mba Sus..minta resepnya..oke dech.jadi sekali2 di foto dan di tulis resepnya. Ayam krispi ala aku tentunya ya..aku lebih suka bikin ayam krispi yang tidak di celup telur tapi larutan tepung bumbu cair..baru di gulingkan ke tepung kering, jadi hasilnya bisa keriting cantik dan juga renyah. Oke..ini dia resep ayam krispi ala aku ya..
25

Thursday, June 20, 2013

Jangan Buang Bonggol Sawi Putih...Bisa Jadi Garnish Yang Cantikk..^^


Menulis di blog tentang dapur itu menyenangkan. Ide tulisan bisa muncul dari mana saja..kadang tidak terduga..sedang di dapur..nemu ide apa gitu..langsung di tulis saja di blog..keburu lupa mikir yang lain kalau di tunda2..hihi.

4

Tips Untuk Membuat Kue Kering Semprit Lebih Cantik


Wah..nggak kerasa..sebentar lagi mau masuk bulan puasa ya teman2. Pasti yang punya bisnis jualan kue kue kering..sudah mulai sibuk ngerjain pesanan nich..nah..aku juga lagi ujicoba beberapa resep kue kering baru nich..nanti satu persatu ku update di blog ya. Nah..sekarang mau kasih tips  dulu..hasil praktek tadi pagi.

17

Wednesday, June 19, 2013

Tahu Bulat Keriting..Cemilan Murah Meriah dan Sangat Gampang di Buat..^^


Jika teman2 mau ngemil gorengan gurih..tapi punyanya cuma tahu putih saja..tenang..bisa kok..di jadiin gorengan yang gurih. Tapi musti sabar ya...nunggu besok bikinnya..hihi....karena di inapkan dulu tahunya semalaman dikulkas..biar pas di goreng bisa keriting kulitnya. Teorinya begini nich..kan tahu dari kulkas jadi dingin tuch..terus di haluskan dan di campur bumbu2, lalu di goreng dalam keadaaan adonan masih dingin..jadi begitu kena minyak panas..akan terbentuk dech kulit keriting tahu itu. Begitu kira2 ya..asal  muasal keritingnya di tahu.

9

Rengginan...Cemilan Kriuk dan Gurih..^^


Pulang kerja..suami bawa oleh2 *Rengginan* dari Muntilan..wah..senang banget aku..secara dari kecil aku suka sekali dengan rengginan ini. Buat teman2 yang tinggal di Jawa..pasti sudah tidak asing ya..dengan cemilan kriuk kriuk yang enak ini. Karena dari kecil pasti ya sudah terbiasa makan rengginan. Nah..buat teman2 yang belum tau apa itu rengginan..aku tulis saja di sini ya.

2

Tuesday, June 18, 2013

Tips Mengolah Iga



Siapa yang tak suka iga..hayo..iga sapi..iga kambing...semua enak di olah menjadi berbagai macam makanan. Di panggang enak..di bakar enak..di ungkep enak..di gulai..terik..tongseng..dll..olahan iga..selalu mengundang selera makan ya. Dan iga ini pun cukup tenar ya ..di warung2 kaki lima sampai restoran dan hotel berbintang..pasti dech dech ada menu iga ini...di daftar menunya. Nah..sebenarnya kita bisa kok mengolah iga sendiri di rumah..ala2 restoran ataupun hotel gitu. Tapi..sebelumnya..kita belajar sama2 dulu ya..tentang si iga ini lebih jauh..gimana trik2 pengolahanya dll..agar  kita bisa membuat hidangan sendiri dari iga ini di rumah..dengan rasa yang tidak kalah dari restoran berkelas.

2

Pecel Mie...Menu Unik Yang Enakk..^^


Sudah makan teman2..pasti sudah ya..jam segini kan..^^..apa menu makan siangnya hari ini di rumah..? Kalau menu ku hari ini..so simple..tapi ini adalah menu favorit Yodha. Dia lagi ketagihan pecel mie..hihi. baru denger ya teman2 menu pecel mie?..Yapp..ini memang menu unik rekayasa ku sendiri..terinspirasi dari pecel Semarangan yang pakai mie goreng. Memang dulu aku sempat heran..kalau beli pecel di Semarang ini kok selalu di campur mie goreng. Aku mikir ya aneh ya..mie goreng kan udah gurih..kok masih di makan pakai bumbu pecel. nah..setalah merasakan..wow..ternyata memang enak..bener kata suamiku. Dengan catatan mie gorengnya jangan terlalu berbumbu. Malah cenderung mie goreng yang plain saja rasanya..dengan bumbu dan bahan pelengkap minimalis mienya. Jadi nanti akan berpadu jadi rasa yang lezat ketika kita makan dengan siraman sambel pecel. Dan..beneran dech..sejak mau makan pecel beberapa bulan terakhir..Yodha suka banget makan pecel mie gini. Jadi ..kalau beli pecel dia nggak mau sayurannya..maunya ya cuma mienya saja sama  bumbu pecel. Udah dech..kalau makan itu lahap banget dan setiap Sabtu minggu pasti request sarapan pecel. 
14

Sarapan Soto Banjar..Seger..^^


Soto Banjar..adalah Soto Khas Banjar Kalimantan. Kalau yang asli di sajikan dengan ketupat ya, tapi aku kok lebih suka pakai nasi kalau soto. Sudah pernah makan teman2 ? Kalau aku..alhamdulillah udah sering dulu makan Soto Banjar ini di Yogya. Yapp..tinggal di Yogya memang menyenangkan, karena sebagai kota pelajar..sudah banyak akulturasi budaya dan kulinernya juga beragam, jadi mau makan makanan khas dari daerah2 lain di Indonesiapun semua ada. Dari Soto Banjar..Soto Makasar..Soto Madura..semua ada dech di Yogya, banyak yang enak2 pokoknya. Nah..seperti biasa kalau di Semarang ini apa2 harus bikin sendiri kalau ingin menu2 nusantara yang beda..karena di sini banyakan warung penyet dan seafood..hihi. Ya sudah..tidak terlalu sulit juga kok kalau cuma bikin soto Banjar. Resepnya dari berbagai sumber yang ku gabung dan ku sesuaikan dengan seleraku sendiri dan hasilnya..seger..udah mirip2 sama yang sering ku makan di Yogya..soalnya kan aku belum pernah makan aslinya di Kalimantan sana..jadi bandingannya sama yang sering ku makan di Yogya saja ya..hihi. Tapi nich..karena aku lagi suka gerabah..eh ..masak soto banjar juga pakai gerabah penyajiannya..hihi..ingat2 kok pas sudah habis sotonya..jadi nggak bisa di foto lagi..ya sudah ..nggak pa2 ya..soto banjar tapi penyajian pakai gerabah ala Jawa, yang penting rasanya tho..tetep Soto Banjar ^^
14

Monday, June 17, 2013

Fun With Kids...!...Masak & Bermain Bareng Anak di Dapur...Menyenangkan Lho Untuk Mengisi Liburan Mereka..^^


Siang teman2..sudah libur kah putra putrinya?..Kalau Yodha sudah hampir 2 minggu ini liburnya..karena sekolah Yodha swasta..jadi duluan ujian kenaikan kelasnya. Tapi tetep..karena papinya kerja..jalan2 atau pergi kemana2 ya tetep hari Sabtu dan minggu...lha emaknya rada males keluar rumah jika harus naik taksi..dll..enakan juga pakai supir..*Pak Boss*..jadi sekalian supir..sekalian ada yang bayarin belanja.dll kalau jalan2..hihi. Dasar Mak Irit..! Jadi..ngabisin liburannya cukup di rumah saja..nah..kadang2 suka bantu mami masak atau jadi model potret memotret step by step masakan mami nich. Hari ini..aku ajak aja Yodha masak sekalian..seru..ternyata dia excited..seneng banget. Dan menu yang di pilih adalah menu favoritnya dia sich..super gampang dan simple..cuma nutrijel coklat..hihi. tapi bukan jenis masakan apa yang kita buat.tapi kebersamaan dan nilai belajar nya yang penting ya teman2. dan..biar seru..aku bebasin Yodha pilih2 cetakan apa yang dia suka..dan ternyata yang dia ambil..malah bukan cetakan puding..hihi...tapi cetakan coklat praline..cetakan kue ku ..bahkan cetakan bento dia..hihi..ya udah.bebas Nak..terserah mau di cetak bentuk apa..yang penting happy..^^ Eh..tapi ternyata ide Yodha bagus juga lho teman2..tuch liat hasilnya nutrijel nya jadi lucu2 kan bentuknya..dan yang paling keren ya cetakan boneka yang biasanya untuk membentuk roti tawar..jadi lucu juga ya buat nyetak puding..hihi. 

Okey..buat teman2 yang lagi cari ide untuk menghabiskan waktu libur anak2 di rumah..semoga bisa jadi inspirasi ya..seru lho..masak bareng si kecil Mau coba juga resep nutrijel ala Yodha..ini dia aku kasih resepnya ya..so simple ..^^

0

Beda Tepung Gandum Utuh dan Tepung Terigu

Tepung gandum..dan tepung terigu..bisa di bilang sama..tapi tidak serupa ya teman2. Kedua jenis tepung ini terbuat dari biji gandum, yang membedakan hanya proses pembuatannya saja.Nah..tapi2 di satu daerah kayak di tempatku di Yogya..tepung terigu itu sebutannya lainnya ya tepung gandum..hihi..salah kaprah sich sebenernya..karena tepung gandum itu berbeda dengan tepung terigu. Tapi tak apalah..kan itu cuma sebutan di suatu daerah ya. Nah..yang akan kita bahas sekarang adalah jenis tepung gandum utuh ( Whole Wheat Flour )
1

Sunday, June 16, 2013

Gudeg Yogya... Buatan Sendiri..Komplet..Plus Step By Step Cara Pembuatannya...^^

Bikin gudeg komplit..benar-benar seperti *maha karya* di dapur teman-teman..hihi..lha beneran..butuh ekstra tenaga dan kesabaran. Masak gudegnya sendiri butuh waktu lama..bisa setengah hari sendiri..di masak dengan api kecil..sampai benar2 jadi gudeg yang kering dan tanpa kuah. Setelah itu masih di peram dulu sehari semalam biar lebih enak dan warnanya jadi cantik. Habis itu..masih bikin pelengkapnya dua macam..yaitu sambel goreng dan opor ayam telurnya. Sebenernya sudah sering sich bikin gudeg..cuma biasanya nggak terdokumentasi..lha pokoknya asal cepat matang dan juga langsung di makan ..nggak nunggu di peram-peram dulu. Tapi ini kemaren pas mudik..ke Yogya..bawa rambak / krecek kualitas bagus yang sempurna untuk sambal goreng pelengkap gudeg..jadinya pengen harus di dokumentasikan nich..buat panduan teman-teman..yang ingin mencoba membuat gudeg sendiri di rumah. Jadi..sebagai orang asli Yogya..dengan bangga aku persembahkan..Resep Gudeg Yogya Lengkap..Ala Ibuku..hihi..*..lebay lagi..* 
91

Saturday, June 15, 2013

Nyobain Bumbu Tom Yam Asli Thailand..^^



Pas beli daging di toko daging langganan..kemaren aku nemu bumbu sup tom yam yang impor..asli dari Thailand..penasaran juga gimana rasanya..soalnya selama ini aku biasa meracik sendiri bumbu sup tom yam dengan bumbu2 seadanya yang ada di dapur..pasta cabai..ku ganti cabai biasa..dll. Nah..iseng pas masak..aku colek dikit bumbu pastanya dan ku cicipin..super kecut..alias asam banget hihi. tapi memang begitu sich ya citarasa sup tom yam kalau makan di resto2 Thailand gitu. Suamiku sich seneng banget sup tom yam ini..kalau aku..doyan..tapi bukan penggemar berat..hihi..jadi misalnya di meja makan nich..ada sup tom yam dan sayur asem..walaupun sama2 asam citarasanya..jelas2 aku akan pilih sayur asem dan sambal terasi..hihi..*biasa..taste ndeso *. Tapi karena suami doyan banget sup ala Thailand ini..jadi lumayan sering bikin dech..dari yang versi nge racik sendiri bumbu2nya, atau pakai bumbu tom yam merk lokal..sampai cobain bumbu yang asli impor dari Thaliland kemaren. Isian..apa saja seafood yang lagi ada di freezer..bisa udang..cumi dll. Plus jamur kancingnya jangan lupa..itu favorit suamiku banget.

Nah..kali ini..walaupun udah pakai pasta tom yam yang asli dari thailand sono..tetep di tambah bumbu2 lagi ya..yaitu bawang merah yang di geprek, lengkuas , sere dan daun jeruk..dan cabai rawit merah jangan lupa..tapi jeruk nipisnya nggak ku kasih..lha pasta aslinya sudah super asam...^^. Cara masaknya..mudah saja kok.tinggal cemplungin semua bahan2nya ke panci..terus di masak hingga udang dan jamur matang..udah  jadi dech semangkuk sup tom yam yang hangat ..^^






5

Gethuk Lindri..& Gethuk Gulung..^^



Maksud hati mau bikin gethuk lindri..eh akhirnya kok malah jadi gethuk gulung..hihi. Lha..ternyata..gilingan dagingku yang buat nyetak gethuk lindri..malah sudah berkarat..jadi ragu2 mau ku pake buat nyetak gethuk lindri. Maksa..aku coba pakai cetakan putu mayang..jadi sich..gethuk lindri imut..cuma jadi kecil2 banget keluarnya adonan.Akhirnya..sisa adonan..jadiin gethuk gulung saja..praktis dan cepat , yang penting..adonannya kan adonan gethuk lindri..jadi rasanya..gethuk lindri gulung..^^..*maksa banget ya *..

4

Friday, June 14, 2013

Donat Kentang Isi Coklat


Hari ini..Yodha request minta di buatin donat coklat..gara2 kemaren pas bikin roti pisang kurang suka..karena ada pisangnya..padahal dia sudah request yang isi coklat. Sengaja sich..aku nggak kasih isi coklat pas bikin roti pisang kemaren..biar Yodha latihan nggak pilih2 makanan. tapi ternyata..tetep..kekeh nggak mau makan yang isi pisang..hihi..ya udah..kasihan juga dari kemaren pengen makan donat isi coklat..hari ini aku buatin saja..dan alhamdulillah..begitu mateng..anget2 langsung abis 3 biji..hihi..seneng dech sekarang Yodha udah doyan ngemil..jadi nggak rugi punya Emak yang tukang masak..hihi..cuma ya itu..masih pilih2..ngemilnya yang benar2 dia suka saja..tapi udah lumayan lah daripada dulu pas TK..susah makan dan ngemil. Sekarang apalagi liburan gini..kerjaannya di rumah main dan nonton tv..bentar2 laper..mi..!..Teriak gitu..hihi..seneng dech maminya..^^

Okeh..segitu cerita tentang donat favorit Yodha ini ya..Dia dari dulu paling suka donat jenis ini memang..jadi..dalamnya coklat leleh dan luarnya di taburi gula donat yang sejuk semriwing rasanya..memang enak sich. Mau coba teman2..yuukk..simak resepnya ya..step by step..sama aja sich kayak bikin roti pisang kemaren..cuma adonannya beda..kalau donat ini pakai 1 butir telur..bukan kuningnya saja..dan pakai sedikit kentang kukus juga..jadi hasilnya tetep lembut..dan empuk..khas donat gitu dech. Cuma..kalau lembutnya memang lebih lembut roti kepang isi pisang kemaren..karena kan pakai kuning telur saja..2 butir pula untuk 250 gram terigu. Jadi super lembut dan ringan tekture roti gorengnya. Kalau donat ini..ya cenderung lebih padat tapi empuk..khas gitu ya..kayak donat2 biasanya. Kan..namanya juga donat..hihi..bukan roti goreng. Kentangnya makainya dikit aja..beda seperti donat kampung yang pernah ku posting sebelumnya di sini..karena adonan donat isi coklat ini perlu rongga untuk di masukin coklat lelehnya nanti. Jadi biar tekturenya lebih berserat gitu..makannya..makai kentangnya dikit aja..:)..Kalau yang mau resep yang pakai kentang lebih banyak ..coba resep yang donat kampung ya..tinggal di klik di link di atas.
15

Ikan Pindang Cabai Hijau


Masak apa hari ini teman2 ?..Aku cuma masak ikan pindang lagi..kali ini di masak oseng cabai hijau saja..di kasih sedikit terasi..sedep dech jadinya. Nggak sempat masak yang ribet2..soalnya udah ribet bikin donat tadi..requestnya Yodha. Jadi..bikin masakan yang cepat dan praktis saja. Tapi biarpun masakan sederhana..tapi di makan pas mendung2 gini..kok ya enak banget ya..hihi..apalagi di tambah urap sayuran..sudah dech..beneran...enak...^^

Pindang ini adalah ikan keranjang ya teman2..jika tidak ada bisa di banti ikan asin peda juga enak..atau lele goreng juga enak di masak cabe hijau gini. Buat yang suka pete..ada petenya juga..jadi silahkan..ambil nasi hangat..yukk mari makan sama2 ya..^^

Atau mau masak sendiri di rumah..oke..ini dia kau kasih resepnya saja ya..^^

4

Sawut Singkong


Dari pagi hujan...udara dingin. Yodha..susah sarapan mie goreng favoritnya..papinya sudah berangkat kerja lebih awal..karena ada meeting pagi2. Jadi ngak perlu bikin menu sarapan..karena aku kok lagi malas makan pagi..bosan mie goreng dan nasi goreng terus..kalau ngikutin selera Yodha..^^..akhirnya..nemu singkong di dapur..di bikin ini aja dech..*sawut singkong*. Enak di nikmati pagi2..dingin2 pas hujan gini..sambil minum teh poci gula batu..wah..serasa menikmati pagi di pegunungan di Yogya sana..hihi..lha..kan hawanya sudah mendukung..dingin dan hujan pula..cuma..suara bising mobil yang sliwar sliwer depan dan samping rumah yang nggak mendukung suasana..hihi..jadi menikmati sawutnya di  taman belakang saja.....sambil liat hujan..romatis..kan pagi2...hihi..lebay poll...ya teman2...cuma makan sawut aja heboh..hihi..
11

Thursday, June 13, 2013

Mie Lethek Goreng Istimewa..^^


Karena sudah buat otak otak tenggiri sore tadi..akhirnya menu makan malam cari yang cepat dan mudah saja. Kalau aku sich..cukup kenyang ngemil otak otak tenggiri..tapi Yodha kurang suka..kalau otak otak kukus..sukanya yang goreng, akhirnya masak mie lethek lagi saja..sekalian masakin Papinya..siapa tahu masih lapar..kalau cuma makan otak otak saja..^^

Nah..karena mie letheknya buat Yodha dan si Boss..tentu saja nggak di masak versi ndeso yang minimalis seperti  favoritku kemaren..hihi..mana mau mereka makan mie plain gitu. Jadi musti komplet isinya..harus pakai telur, pakai ayam dan kekian udang goreng / gandum. Jadi mie letheknya jadi istimewa dech..^^. tapi memang tambah enak sich tadi aku cicip juga..jadi tambah gurih dan mantap rasanya..cuma yang sedikit mengurangi rasa ndesonya..hihi.

Okey..mau coba mie lethek yang versi istimewa..ini dia..aku kasih resepnya ya..jika tida ada mie lethek..boleh di ganti bihun biasa saja..^^..selamat mencoba..

2

Otak Otak Kukus Ikan Tenggiri



Kemaren pas ke pasar..lihat ikan tenggiri masih segar  banget dan  besar2..langsung dech mupeng..yess..I love tenggiri..enak sich..diolah jadi apa saja. Kemaren belum kepikir sich..mau di buat apa..yang penting buat stock dulu di freezer. Eh...lalu Mak Ovie request buat di bikinin otak2..oke dech...pas benget punya stock tenggiri segar..dan juga suamiku suka banget otak otak ini..jadi aku buatin hari ini ya Mak Ovie..yukk..di simak step by stepnya ya ..moga2 jelas..^^..juga buat teman2 lain yang suka otak otak..silahkan mencoba juga.

Otak2 seharusnya langsung di panggang ya begitu jadi adonannya. Tapi aku kok rada males nyalain panggangan dari arang..jadinya..cara sesatku saja ya..kalau bikin otak2 pasti aku kukus dulu..biar matang dulu..baru dech di *bau bau in* sedikit bakaran..di panggang di atas kompor langsung atau di teflon..hihi. Rasanya..sama enaknya kok..dengan otak2 yang langsung di bakar. Yang penting komposisi adonan pas..ikannya lebih banyak jadi terasa gurih..dan tepung tapioka atau sagunya sedikit saja..jadi masih dominan gurihnya ikan tenggiri. Di cocol saus kacang pedas..hemm...yummy dech. Apalagi di kucuri jeruk limau yang fresh metik di kebun belakang yang lagi berbuah banyak..duh..seger banget dech jadinya saus otak2nya..^^

Oke..langsung saja..ini dia otak2 ala aku..bikinnya ribet dikit  ya teman2..tapi yang penting hasil akhirnya oke..ya kan..^^..simak resepnya ya..
26

Aneka Jenis Ragi



Buat teman2 yang sering bikin roti..pasti sudah tahu dong apa itu ragi..nah..walaupun sering menggunakannya..kita belajar sama2 lebih jauh yukk tentang si ragi ini..biar nambah ilmu perbakingan kita ya. Ragi itu sendiri sebenarnya adalah mikroorganisme, yang bisa aktif kembali setelah mendapatkan suhu dan asupan makanan yang cukup, yaitu gula dan air, khususnya gula, mikroorganisme pada pada ragi akan merubah gula menjadi karbondiaksoda, yang kemudian tertahan adonan dan menyebabkan adonan mengembang. Jadi fungsi utama ragi adalah mengembangkan adonan. Pengembangan adonan terjadi karena ragi menghasilkan gas karbondioksida (CO2) selama fermentasi. Gas ini kemudian terperangkap dalam jaringan gluten yang menyebabkan roti bisa mengembang. Komponen lain yang terbentuk selama proses fermentasi adalah asam  yang berkontribusi terhadap rasa dan aroma roti, sehingga bau2 roti yang mengembang memang seperti bau asam ya..^^.  Ada berbagai jenis ragi..dengan mengenalnya lebih jauh kita akan tahu  ragi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.

Macam2 Ragi :
Ragi roti pada umumnya terbagi dalam 3 jenis, yakni fresh yeast/ragi basah (compressed yeast), instant dry yeast dan active dry yeast.

1. Fresh Yeast/Ragi Basah (Compressed Yeast)
Ragi jenis ini memiliki kadar air sekitar 70%, sehingga harus disimpan pada suhu 20 -50C untuk mencegah hilangnya daya pembentuk gas. Setelah kemasan dibuka, umumnya ragi jenis ini tidak akan bertahan lama, hanya sekitar 2-3 hari dengan catatan tetap disimpan dalam suhu rendah. Ragi ini juga lebih sensitif terhadap garam sehingga harus dipisahkan selama pengadukan. Jadi..garam di tamahkan terakhir pada adonan ya…setelah raginya bekerja. Keunggulan fresh yeast adalah lebih toleran terhadap air dingin/es, lebih mudah larut, terutama dalam proses pengadukan singkat, serta memiliki aroma khas yang tidak bisa didapatkan pada ragi jenis lain.

2. Instant Dry Yeast/Ragi Kering Instan


Ragi Instan adalah jenis ragi yang paling sering digunakan karena penggunaannya lebih praktis. Ragi jenis ini berbentuk butiran halus berwarna cokelat muda dan memiliki aroma khas ragi roti. Karena rendahnya kadar air, jenis ragi ini terbilang cukup aman digunakan di negara–negara tropis dengan tingkat kelembapan udara yang tinggi seperti Indonesia. Penggunaan dosis ragi ini hanya sekitar 1%-2,5% dari berat tepung terigu. Penyimpanan ragi jenis ini harus di dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam suhu kering dan sejuk atau di dalam chiller. Untuk hasil terbaik, ragi jenis ini harus dipakai habis dalam waktu 48 jam setelah kemasan dibuka. Ragi inilah yang paling sering kita gunakan..merk yang sudah cukup terkenal yaitu Fermipan. Tapi kadang2 jika masih sisa aku bungkus lagi rapat ragi instan ini dan di taruh di kulkas..dalam beberapa hari masih bisa di gunakan juga kok. Cara mengetes ragi apakah masih hidup atau tidak yaitu dengan di campur sedikit air hangat..lalu diamkan beberapa menit. Jika timbul buih2 berarti raginya masih hidup dan masih bisa di pakai. Sekarang ini ragi instan ada macam2 selain yang untk umum seperti fermipan ini..ada juga merk ragi yang khusus untuk donat..merknya super donat dari GS..atau ragi instan khusus bakpao..merknya super bakpao..dari GS juga. Jadi lebih praktis..kita bisa memilih ragi sesuai jenis yang makanan yang akan kita buat.

3. Active Dry Yeast/Ragi Koral
Active Dry Yeast memiliki kadar air sekitar 7,5% dan memiliki bentuk seperti bola- bola kecil. Ragi dalam jenis ini harus diaktifkan dulu dengan cara dilarutkan dengan air sebelum ditambahkan ke dalam adonan roti. Jika tidak, maka ragi akan sulit bercampur sehingga menghambat daya kerja ragi tersebut. Pada umumnya, active dry yeast digunakan dengan jumlah 2x lebih banyak dari instant dry yeast. Yang harus diperhatikan, ragi ini memerlukan proses rehydration (pelarutan) dengan air pada suhu 380 – 400 C selama sekitar 15 menit
41

Wednesday, June 12, 2013

Nasi Goreng Babat Iso


Nasi goreng..menu praktis dan simple ..kalau lagi kepepet nggak ada makanan di rumah ya teman2 biasanya..tapi buatku ..menu ini hampir setiap hari aku masak..lha Yodha..itu pemakan nasi goreng sejati..kalau nggak suka lauk atau masakan yang ku buat misal karena pedas dll..pasti requestnya nasi goreng. Anehnya..kalau nasi goreng..walaupun pedas dia tetep mau makan dan lahap..hihi..aneh ya. Ya sudah..akhirnya kadang aku ikutan makan nasi goreng saja ngabisin porsinya Yodha..hihi. Masak nasi goreng..semua pasti bisa..dan setiap orang citarasanya akan berbeda2. Aku aja..kalau masak nasi goreng suka  beda2 rasanya..karena kadang aku suka nasi goreng dengan bumbu yang di ulek  semua..tapi kadang suka juga nasi goreng dengan bumbu iris..citarasanya jadi berbeda lho teman2..^^

Salah satu nasi goreng favorit kami adalah nasi goreng khas Semarang yaitu nasi goreng babat. Rasanya enak sekali..di setiap suapan kita menemukan potongan babat yang gurih. Nah..kebetulan tadi pagi aku beli pecel di warung pecel langganan..jadi liat babat dan  iso bacem yang besar2..langsung dech aku beli sekalian..jadi bisa buat stock bikin nasi goreng..dan..akhirnya..ini dia menu kami tadi..nasi goreng babat campur iso..yummy..^^

Nasi goreng kali ini aku pakai versi bumbu ulek dan ku tambahin sedikit terasi..jadi makin sedap dech rasanya..mau coba..yukk..cari babat dan iso bacem dulu di warung pecel atau warung Tegal ya teman2..daripada repot mengolah dan membersihkan babat dan iso sendiri..beli aja yang udah baceman..praktis..sudah empuk dan berbumbu..tapi jika tidak ada..babat dan iso mentahnya di rebus dulu ya sampai empuk..dengan sedikit garam, salam , laos..dan jahe..supaya tidak amis. Selamat mencoba..^^

3

Roti Kepang Goreng Isi Pisang...Yummy dan Lembut Tekturenya..^^


Masih..dalam rangka memanfaatkan pisang kepok ranum2 sisa kemaren..barusan aku bikin roti goreng kepang isi pisang. Karena jika tidak segera di olah ..bakalan berakhir jadi pisang rebus itu pisang kepokku..hihi..keburu kematengan. Untuk roti2 an aku memang lebih suka roti versi yang di goreng daripada di oven..nggak tau kenapa..lebih enak saja buatku. Tidak membosankan seperti roti2 manis biasa. Mungkin karena lebih gurih kali ya..atau ada sentuhan rasa pasarnya..hihi. Yapp..roti goreng jadul ini kan identik dengan roti ala pasar ya teman2. 

Banyak variasi roti jadul begini..ada roti goreng isi kacang hijau..resepnya sama sich..cuma beda isinya..pernah ku posting di sini. Ada juga yang isi ayam gurih..dan satu lagi yang ku sukai adalah versi yang kepang isi pisang gini. Jadi..jika teman2 belum punya oven..siapa bilang tidak bisa bikin roti juga...cobalah roti goreng ini..rasanya..tak kalah enak kok dengan roti yang di oven. Malah..lebih gurih sich menurutku. Oke...buat penyuka roti2 jadul kayak aku..ayuukk..cobain ya..mudah kok membuatnya..aku kasih foto step by stepnya juga ya di bawah..biar lebih jelas..cuma harus telaten ya..kalau bikin roti..dari mulai ngguleni sampai menunggu adonan di fermentasi..semua membutuhkan waktu. tapi..kalau kita lakukan dengan senang hati..nggak kerasa kok..dan hasilnya..roti goreng yang lembut membelai lidah..tersaji hangat di rumah kita..^^..Selamat mencoba teman2..^^
Roti Goreng Kepang Isi Pisang

Bahan :
Tepung terigu protein tinggi 250 gram
Gula pasir 30 gram ( 3 sendok makan)
Garam ½ sendok teh
Susu cair 125 ml ( secukupnya sampai adonan kalis )
Ragi instan 2 sendok teh
Margarin 25 gram
Kuning telur 2 butir, kocok lepas

Bahan Isi : Pisang kepok atau raja matang 10 buah

Cara Membuat :
Campur semua bahan kering, aduk rata.
Buat lubang seperti sumur di tengah adonan.
Masukkan kuning telur di tengah lubang.
Tuangi susu cair sambil di uleni hingga rata.
Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis.
Diamkan adonan selam 45 menit.
Buang gas dalam adonan, bulatkan kecil kecil jadi 10 buah
Diamkan kembali 10 -15 menit. Pipihkan dan kerat kedua sisinya.
Isi dengan pisang, pilin seperti kepang, lalu goreng hingga matang.
54

Kue Tradisional yang Unik dari Daerah Banyumas...Gelombang Samudra


Jawa..mempunyai aneka kue tradisional yang unik..dan sebagian sudah langka atau belum di kenal secara luas. Salah satunya adalah kue yang satu ini..kue Gelombang Samudra. Kue ini berasal dari daerah Banyumas. Kue Gelombang Samudra terbuat dari bahan utama adalah singkong dengan isi enten kelapa manis. Cara membuatnya sangat unik..karena setelah singkong di parut..di campur dengan garam dan vanili , lalu singkong ini di masak dengan cara di uapi air mendidih. Adonannya di tempelkan di tutup panci atau di piring dari alumunium atau blek..kemudian di tutupkan di panci yang sudah mendidih. Cara masak seperti ini mirip dengan pembuatan kerupuk singkong juga. Tapi kalau kerupuk singkong setelah adonan matang di jemur..lalu di goreng, tapi kalau Gelombang Samudra ini setelah matang adonan di isi enten dan di lipat segitiga. Siap di sajikan. Rasanya..tentu saja enak sekali..gurih dan manis..khas kue2 tradisional dari Jawa. Lebih enak lagi kalau isi entennya di campur dengan nangka..tapi sedang tidak musim nangka sekarang jadi cuma aku isi enten kelapa biasa. Tapi tidak mengurangi kelezatan kue ini. 

Jadi..mari kita perkenalkan kekayaan kue2 tradisional Indonesia teman2..dengan mencoba membuat sendiri di rumah..paling tidak mengenalkan ke anak2.atau keluarga kita tercinta, agar kue2 tradisional ini tidak hilang di gerus modernisasi zaman. Oke..silahkan mencoba di rumah ya..sangat mudah sekali kok cara membuatnya, bahan2nya juga murah dan mudah di dapat. Selamat mencoba...ini dia resepnya..^^

15

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel