Friday, July 12, 2013

Emping Melinjo Pedas Manis




Resep emping melinjo..pedas manis ini request Mba Laura..dari Aceh..ini Mba resepnya..semoga sesuai selera. Cuma lebih mudah memang pakai emping melinjo klathak..yang kecil2 gitu ya ngaduknya..kalau pakai emping melijo biasa ..kadang ada yang bentuk cekung dan nggak rata..jadi bumbunya juga nggak bisa rata banget ke semua sisi empingnya. Tapi nggak pa2 ya...yang penting kerasa di salah satu sisi emping.udah cukup kok..karena emping melinjo yang tipis gini..kalau kebanyakan bumbu...juga rasa aslinya malah ilang..nanti..beda sama emping melinjo klathak..yang masih ada pahit2nya..jadi cocok banget di balut bumbu pedas manis.

Jika mau lebih pedas..cabainya setelah di goreng..di ulek sekalian nggak apa2..atau tambahin cabe rawit. Buat teman2 yang mau coba juga..silahkan..bisa di ganti..kentang atau tempe kok..jadi kering kentang atau tempe dech..^^

Selamat mencoba :
Emping Melinjo Pedas Manis

Bahan :
Emping melinjo goreng 100 – 200 gram, secukupnya sesuai ukuran wajan..karena nanti harus di campur sekaligus dengan bumbu2.

Bumbu :
5 buah cabai merah, di iris tipis dan di goreng
3 siung bawang putih, haluskan
2 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk , sobek sobek
2 batang serai,memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok makan gula merah
1 sendok teh gula pasir
¼ sendok teh garam / kaldu bubuk sesuai selera

Cara Membuat :
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bumbu2 lain,
Tuangi air. Masak sampai kental dan berambut, lalu masukkan emping.
Aduk rata.
Biarkan dingin, baru simpan dalam toples


5 comments :

  1. Tdk ada perbendaharaan kata2 lg untk melukiskan rasa terima ksh saya terhadap mba DD yg udh mau menyempatkan diri untk mau mecoba sekaligus mempost resep sederhana ini. Trima ksh bnyk ya mba, segera saya coba. Btw, ini kira2 tahan brp lama ya mba kalau disimpan dlm tupp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Laura..sama2..klu emping melinjo biasa gini kan tipis2 ya Mba..jadi kena cairan gula juga..nggak bisa tahan lama2 kayaknya..paling beberapa hari..beda sama emping klathak yang kecil2 gitu..kan dia keras..dan renyah garing..jadi awet ..^^

      Delete
  2. Waduh, ini kesukaan saya nih. Ga nyangka bisa nemu resepnya di blog Mba Diah. Aku contek ya, segera berburu emping :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..tapi lebih enak..kalau pakai emping klathak yang kecil2 menurutku Mba Anita..kmrn aku pakai emping tipis2..jadi kalah sama bumbunya..nggak berasa melinjo empingnya..hihi..soalnya emping pasar yang tipis2 gitu..suka di campurin ya..jadi nggak beras melinjonya.

      Delete
  3. mbak didi, saya suka bgt ngemil emping pedas manis.. tp yg saya suka yg warna ny lebih merah gitu mbak.. apa bedanya ya mbak? kalau mau dibuat jd merah gitu gmna caranya mbak? hehe. makasih lho mbak :)

    ReplyDelete