Monday, December 19, 2016

Tips Membuat Perkedel Kentang



Hari ini Yodha kok minta menu Nasi kuning...lauknya Ayam bakar lagi..hihi. Otomatis nggak masak menu baru..sudah hafal semua kan resepnya sudah sering aku posting beragam menu ayam bakar dan juga Nasi kuningnya. Jadi hari ini mau nulis tentang perkedel saja ya.


Kebetulan tadi bikin perkedelnya pakai ayam..jadi beda kan..perkedel Ayam...hihi. Walau sama-sama perkedel, di kasih cincangan daging ayam rebus, sudah pasti tambah enak. Jadi seperti perkedel ala Fast food itu lho teman-teman. Kalau beli kan mahal..sebiji aja berapa coba itu. Jadi ayuk buat sendiri ya di rumah..mudah banget kan..bikin Perkedel ini.

Tapi, walau mudah..kadang-kadang ada teman yang baru belajar masak masih suka gagal nich bikin perkedel. Ayuk semangat ya...bisa..karena biasa. Perkedel ini termasuk jenis gorengan yang tidak perlu di goreng terlalu lama ya teman-teman, karena sebenernya sudah matang kan, tinggal di goreng sebentar untuk membuat lapisan luarnya kecoklatan dan sedikit kering pinggirnya. 

Jika di goreng terlalu lama itu malah menyerap minyak nanti Perkedelnya. Sering kali aku ketemu Perkedel berminyak dech kalau beli Soto, dll..itu udah bikin males aja makan. Nah..sekarang aku kasih tips agar Perkedel lebih gurih ya, dengan di tambah Daging cincang yang di tumis, atau daging ayam rebus cincang, kornet, Hati Ayam juga enak, aku pernah coba. 

Adonan perkedel itu harus kesat ya, jika terlalu lembek nanti bisa menyerap minyak. Kentang bisa di goreng atau di kukus jika mau sehat. Atau jika mau praktis, bisa memakai Tepung Kentang flakes, seperti biasa jika aku bikin perkedel, sekarang aku nggak pernah repot pakai Kentang yang di goreng atau di kukus, tapi cukup pakai Tepung Kentang flakes, atau Tepung kentang yang di seduh. Lebih praktis dan mudah.

Untuk membuat adonan perkedel, bisa pakai Telur atau bisa juga tidak pakai. Aku suka-suka aja sich, kadang pakai, kadang tidak, tidak masalah asalkan adonan kalis, dengan di balut kocokan telur tidak akan ambyar. Contoh Perkedel yang adonannya tanpa telur seperti di foto-foto postingan ini ya. Jika mau adona bisa di tambah telur, kuningnya saja atau telur utuh. Namun harus di perhatikan jumlah perkedel yang di buat dengan telur yang di pakai ya, agar tidak jadi lembek adonannya malahan jika terlalu banyak telur. Jika mau hemat, jika sekedar buat 10 Perkedel untuk keluarga kecil, telur di bagi dua aja..setengah bagian untuk adonan, setengah bagian untuk celupan, cukup kok..pas..hihi.

Jadi resep Perkedel ini sangat fleksibel sekali, mudah di variasikan agar tidak bosan. Aku sangat suka perkedel, jadi sering banget mencoba berbagai macam variasi Perkedel. Untuk resep Perkedel Kentang Ayam, resepnya sama dengan versi yang Daging berikut ya..cuma di ganti Ayam. Resep-resep Perkedel lainnya sudah pernah aku posting ya, aku kasih linknya saja, daripada aku tulis ulang ya :

Perkedel Daging cincang, resep di SINI

Perkedel Cimplung ala Jawa Barat, resep di SINI

Perkedel Crunchy yang renyah di luar lembut di dalam ala warung Soto, resep di SINI

Perkedel Ala Warung Padang, resep di SINI 

Banyak ya..silahkan pilih, mana yang sesuai selera ya teman-teman..selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

No comments :

Post a Comment