Wednesday, April 10, 2013

Udang Goreng Renyah Ala Bu Rudi



Masak apa teman2 hari ini..?..Masak apapun..pasti..kalau di masak dengan penuh cinta..buat keluarga tercinta..pasti terasa enak ya..ya..masakan rumah memang istimewa. Buktinya..sampai dewasa pun..kadang kita merindukan masakan rumah..yang dulu sering di masak oleh ibu kita sehari2..itulah..kekuatan cinta seorang ibu..kepada anak..suami dan semua keluarga..hanya dengan masakan..cinta itu akan melekat sampai kapanpun...jadi..luangkan sedikit waktu teman..buat memasak untuk keluarga tercinta di rumah. Walah..jam segini udah ngelantur ya ceritanya..^_^...bawaan perasaan..yang masih melow2 terus nich. Itu lah mengapa..aku suka posting menu2 sederhana saja..yang biasa kita masak sehari2 buat keluarga..ya walau sesekali..tidak ada ruginya mencoba sesuatu yang spesial dan menu2 baru yang berbeda dari daerah atau luar..paling tidak untuk menyalurkan hasrat mencoba resep2 baru..tapi pada akhirnya dalam keseharian..menu2 sehari2 khas rumahan lah yang sering tersaji di dapur kecilku..jadi jangan bosan ya teman2..baca blog ku..yang banyak yang bilang..blog yang sederhana.." down to earth "..ya itulah aku..^_^...jadi jangan berharap juga foto2 yang indah..dari blog ini..kadang dalam membuat foto makanan aku cuma ikut naluriku aja..bahwa makanan adalah sesuatu yang mengundang selera..yang bisa membuat orang ingin mencicipinya..walau lewat foto..jadi..walau ada kamera yang lumayan bagus..buat bikin2 foto makan yang lebih artistic..sampai sekarang kok belum terlaksana ya..tapi jangan kawatir teman..nanti aku akan berusaha belajar ya...buat nampilin sesuatu yang lebih baik lagi di blog ini...........^_^

Buatku sekarang kalau masak..prioritas utama adalah apa yang si sukai suami dan anak..ya..cuma dengan masakan rumah lah..aku bisa membahagiakan mereka..membuat mereka sehat..kuat untuk menjalani hari....jadi,..buat diriku sendiri....kalau nggak suka masakan yang di sukai anak dan suami..ya...gampang..tinggal nyambel aja nich..kayak sambel terasi..atau sambel mentah..udah..lauknya bisa apa aja..tinggal di makan sama lalapan..beres dech..kebutuhan sayur juga terpenuhi ya..itulah seoarang Ibu ya..tiap hari yang ku tanya pada suami dan anak..adalah..sore mau makan apa..ingin di masakin apa..?..jadi karena mereka makan di rumah yang komplet   kan cuma sore atau malam hari..karena kalau pagi aku suka masak yang simple2 aja buat sarapan..jadi sore..waktunya kasih ke suami dan anak..hidangan yang spesial...

Bicara menu buat diri sendiri..siang hari..aku selalu makan siang di rumah sendiri..jadi..masak yang simple2 aja..habis itu baru masak masakan komplet buat suami dan anak..biar tetep fresh buat sore hari..kalau buatku....cukup sambel terasi....udang goreng renyah seperti yang ku masak ini ..sama lalapan.....enak..?..pasti..selama ada sambal..makanan apa sich ya jadi gak enak..^_^..buatku lho..dan juga mungkin buat teman2 penyuka sambal ya..Oh ya..udang goreng renyah ini pakai udang yang kecil2 ya..jadi bisa renyah sampai ke kulit2 dan kepalanya..soalnya kalau pakai udang yang besar..kan keras tuch kulit dan kepalanya..kalau yang kecil2 gini enak..di makan semuanya..kan kulit dan kepala udang juga bergizi lho..mengandung banyak anti oksidan yang bagus buat tubuh..jadi..cara enak makan kulit dan kepala udang ya ..udah di goreng renyah seperti ini...di jamin..kriuk2..enak..dech..tapi tetep harus hati2 ya makannya..kunyah dengan baik..soalnya kan banyak bagian yang tajam ya..dari kepala udang ..^_^.

Kalau di Surabaya..ada masakan udang renyah gini ya yang sangat terkenal..namanya Nasi udang Bu Rudi..ya kira2 mirip gitu dech..udang goreng renyah..plus sambel yang pedas..yang khas dari Bu Rudi..sampai2 sambalnya juga banyak di jadikan oleh2 ya..ada yang  suka atau pernah coba teman2?..Tapi daripada jauh2 ke Surabaya buat cobain..kenapa nggak goreng udang sendiri di rumah...so simple kok..di makan..pakai sambal ala  sendiri..nggak perlu ala2 Bu Rudi..juga enak kok..^_^..selamat makan siang teman2..( masih belum waktunya ya..tapi aku  ko udah laper ya..jadi duluan ya..soalnya tadi cuma sarapan pecel sayur aja..tanpa nasi..^_^..) So...buat yang belum masak..masak dulu ya..simak bahan2..cuma sedikit kok :

Udang Goreng Renyah

Bahan :

Udang Segar pilih yang kecil2..250 gram
Tepung beras 100 gram
Bawang putih 2 siung
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Bumbu kaldu bubuk 1/2 sendok teh ( abaikan jika tak suka )

Cara Memasak :

Cuci bersih udang, berishkan bagian kotorannya. Haluskan bawang putih , beri garam dan merica, serta bumbu kaldu bubuk, dan sedikit air. Campur udang dengan bumbu halus. Tiriskan..taburi udang yang sudah berbumbu dengan tepung beras. Balur2 kan sampai rata, lalu goreng hingga kering dan renyah. Sajikan dengan sambal bawang atau sambal terasi atau sambal lain sesuai selera serta lalapan. Jadi dech Nasi Udang ..^^..Selamat mencoba.



25 comments :

  1. Kalau ϑî surabaya sini yg terkenal udang goreng & sambal bawang bu rudy, mbak Diah...bentuknya mirip sekali dengan yg buat mbak Diah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..udangnya udah mirip ya ..cuma sambelnya aja yang ala aku sendiri..^_^...walaupun sambal bawang juga sich itu..cuma tak pake in terasi..biar tambah sedaaap..

      Delete
  2. Sambalnya bikin lapeeer nih mba... itu kayak udang goreng tepung y mba? penampakannya kok menggoda banget.. pingin jg buat udang goreng gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Zulfa..mirip udang goreng tepung..cuma ini pakai tepung beras ya..bukan tepung terigu..jadi nanti bisa kering dan renyah kriuk2 gitu udangnya..kalau pakai terigu kurang kriuk..cobain dech..enak..bisa awet juga di simpan buat stock lauk kering gitu di toples...^_^

      Delete
  3. mba sambal bawang bumbunya apa aja? pingin jg buat sambal bawang tapi gak tau bumbunya.. kebetulan saya ini asli org Sumatra yg baru belajar masak.. mohon penjelasannya y mba? makasih uda share resepnya. berguna banget buat saya sebagai pemula.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba...sama2...Gampang Mba Zulfa..sambal bawang itu..cuma cabe merah dan rawit..sesuai selera jumlahnya..terus..bwang merah..agak banyakin jumlahnya..( misal 100 gram )..terus bawang merahnya rada banyak ya..10 buah..plus bawang putih 2 aja..udah..di goreng dulu..trus di ulek sama garam dan sedikit gula ( di tambah sedikit kaldu bubuk kayak masako gitu juga enak )..nah aslinya klu sambal Bu Rudi yang terkenal tuch gak pake terasi..klu aku pake..jadi silahkan di pilih mau coba ya mana..sesuai selara aja ya Mba..selamat mencoba..^_^...

      Delete
    2. eh itu yang 100 gram cabenya ya Mba..Salah ketik..^_^

      Delete
    3. Oh ya.klu Mba..orang Sumatra pasti nggak suka manis2 ya ..gulanya bisa di hilangkan aja..tapi klu aku sich paling juga cuma dikit banget..buat sedep2 aja..1/4 sendok teh aja ..maklum..orang Jawa..hihi..apa2..pakai gula..sambel juga..^_^..

      Delete
  4. Betul mbak kyknya lebih puas dan lebih mantap buatan sendiri y... :) ntar pst ku coba deh resepnya.. (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul..Mba..lebih murah, enak dan puas makannya..hihi..kalau bikin sdr kan jadi banyak..^_^..

      Delete
  5. makasih byk mba ats penjelasannya... hrs di coba nich... walaupun gak ke Surabaya tapi teutap bs menikmati hidangan lezat ala Bu Rudi.. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Zulfa,...selamat mencoba ya...^_^..

      Delete
  6. Haii mba didi, syukur udah aktifitas lg. Mba itu udangnya utuh ya cuman dicuci bersih aja ? Aku ada sih stok udang blanjaan week end kmrn tp di freezer dlm keadaan tanpa kepala n tanpa kulit, stok utk bikin bekel tumisan anak n bpke biar plung2....n lgs lhep tinngal telen udangnya hehe tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lala..makasih..Yupp Mba..kalau yang udang goreng kering Ala Bu Rudy ini emang se kepala2 dan kulit2 nya di gorengnya Mba..paling di bersihin kotorannya aja..trus di cuci bersih..karena di gorengnya sampai kering..jadi enak aja kok Mba..kriuk2..kulit dan kepalanya kemakan..^_^..kan byk gizinya juga kulit udang..^_^

      Delete
  7. WARUN BU RUDI SBY ITU DI MANA MBAK?
    ENTAR TAK MAMPIR KALO PULANG KAMPUNG KE SBY :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga di dharma husada no 40, surabaya Mba..kata temen..:)

      Delete
  8. Alamatnya sini Mbak :Jl. Raya Kupang Indah No. 7 Surabaya Barat/Sawahan

    Telepon
    031 7341935
    Bikin sdr aja dulu..klu nunggu mudik kan lama..^_^...

    ReplyDelete
  9. Mbak, aku uda bolak balik bikin ini, resep sambalnya pakai yg di thread 'Nasi Udang Plus Sambalnya', tp keenakan bikin n makan ini bolak balik sampe lupa laporan heheee. Menurutku udah mirip sm Bu Rudi yg asli. Asik banget, ga usa beli jd, bikin sendiri lbh murah & tanpa pengawet. Trims ya mbak, udah mau berbagi :D Resepnya recomended......bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp..aku aja malah belum pernah makan yang bu Rudi asli lho mba..hahahah..kira2 aja sich resepnya..dari baca2 reviewnya..:)

      Delete
  10. Mbak Diii....resepnya recommended banget :D
    Barusan Dini praktekin...mantaappp...kriuk2...garing...plus murah meriah pastinya :D nasi udangnya td ditemenin serundeng kelapa dan Sambal Goang....hmmmm jadi gk kerasa dah ngabisin nasi dan udangnya banyak hihihihi....jadi ilang kangen makan nasi udang bu Rudi aslinya ;) Makacihh ya,mbak Di

    ReplyDelete
  11. Halo mbak Diah. Suami saya minta dibuatin udang goreng pulang kantor nanti, trus dia tiba2 kasih link ini...wah kebetulan, tadinya mau dibalur tepung terigu, ternyata lebih enak pake tepung beras ya.. oke deh nanti dicoba. Salam kenal ya mbak diah :)

    ReplyDelete
  12. enak sekali udang kriuknya, thx q resepnya sdh dicoba, gampang lagi. ditunggu resep berikutnya lagi kak.

    ReplyDelete
  13. morning mbak diah didi, saya mau tanya, kmrn istri saya buatin saya udang crispy sesuai dg resep mbak diah, tp dalam jumlah agak banyak, 2kg udang kecil, nah pas digoreng tepungnya itu rontok, jadi pas mateng udangnya sdh ga ada tepunya, pertanyaan saya, apa ya penyebabnya? udang kurang basah kah (setelah ditiriskan), minyak kurang panas kah, atau penyebab lain? Mohon kami diberi pencerahan. Terima kasih

    ReplyDelete