Saturday, July 27, 2013

Mendoan Tempe Gembus


Tempe gembus..ada yang suka nggak teman2 ?..Atau malah belum tau , karena di luar Jawa tidak ada tempe ini?..Tempe gembus adalah tempe yang terbuat dari sisa ampas pembuatan tahu..hihi..tapi enak lho..rasanya lembut dan empuk..khas gitu. Paling enak..di bacem..di oseng pedas..atau di goreng seperti tempe mendoan begini. Makan sambil di cocok sambal kecap atau nyeplus cabe rawit..uenake pol..^^ 

Buat teman2 yang tinggal di luar negeri..ayo..pada kangen tempe ndeso ini enggak?..hihi..ini aku buatin ya..semoga bisa jadi obat kangen masakan khas tanah air..soalnya kalau tempe biasa kan udah banyak ya yang bikin di luar..kalau tempe gembus ini nggak ada kali ya..atau ada juga?..hihi

Oke..buat yang suka tempe gembus ini...selamat mencoba ya..tips2 membuat mendoan enak liat di sini..dan resep mendoan tempe gembusnya ini dia...^^
Mendoan Tempe Gembus

Bahan-bahan  :
300 gram tempe gembus atau di daerah lain di sebut tempe menjes, diiris tipis melebar
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
400 ml air
2 batang daun bawang, diiris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam secukupnya
3/4 sendok teh ketumbar

Bahan Sambal Kecap (aduk rata):
5 sendok makan kecap manis
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2, 1/8 sendok teh garam
Cara Membuat :
Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
Celup tempe gembus ke dalam adonan tepung. Goreng sampai matang.
Sajikan dengan sambal kecap.
Kayak gini nich tempe gembus mentah :


Atau mau membuat tempe gembus sendiri ..tapi harus bisa buat tahu dulu yach..ribet kan..hihi..tapi caranya kira2  begini..ampas tahu di diamkan semalam hingga mengering . Terus di kukus suaya matang dan aman dari bakteri2..setlah itu..dinginkan dan beri ragi, lalu di taruh di plastik2 dengan di tusuk2 plastiknya untuk sirkulasi udara. Lalu simpan di tempat sejuk..sampai jadi tempe gmebusnya. Udah..simple ya..kalau ada lho ampas tahunya..hihi..tapi itu cuma dari yang aku baca lho...kalau aku..belum pernah bikin sendiri tempe gembus..lha..di sini banyak..beli aja..murah..cuma seribu rupiah satu bungkusnya..hihi.


13 comments :

  1. Wah enak nih Mbak dimakan anget-anget dengan cabai rawit. Biasanya saya makan dengan pecel tanpa nasi. Kenyang.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Devy..enak..murah..meriah dan kenyang ya..hihi

      Delete
  2. mbak di, kalo mo masak gembus pedes pake cabe ijo gembusnya di rendem air panas dulu bentar trus di tiriskan dan agak di peras, kadang tak masak tumis pedes pake lenca kalo ga ya pake kemangi enak lhoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu,..wah..mksh tipsnya ya Mba Esti..jadi cepat matang ya kalau gitu..aku suka tak kasih banyak2 makanya kadang kalau numis..biar mateng..hihi..atau kadang malah tak bacem dulu gt baru di tumis..hihi..biar empuk ^^

      Delete
  3. kesukaan suamiku niih.. makasih yaa resepnya sangat membantu .... silahkan mampir ke blog ku yah hihihi #blogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Tian.sama2 ya..oke..bentar tak meluncur ke blog Mba ya..:)

      Delete
  4. Hmmmm....ide bagus nich. Sederhana tp tdk terpikirkan, biasanya yg sy buat mendoan cuman tahu. Kalo di tempatku nih namanya menjes mbak. Bikin ahh...hehe.. Tengkyu mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di gorengnya rada garing Mba..kriuk2 enak banget..:)

      Delete
  5. Mantep resepnya mbak Diah.... Jd kepingin nyoba....

    ReplyDelete
  6. nah, kebeneran tadi pagi di pakde tukang sayur ada tempe gembus, habis beli terus googling eh nemu resep mak di.. bikin aah buat ntar sore.. thanks resepnya ya mak kembaran :)

    ReplyDelete
  7. nah, kebeneran tadi pagi di pakde tukang sayur ada tempe gembus, habis beli terus googling eh nemu resep mak di.. bikin aah buat ntar sore.. thanks resepnya ya mak kembaran :)

    ReplyDelete
  8. Terima kasih mbak, udah dicoba endess dinakan anget2 d cuaca hujan begini...

    ReplyDelete