Saturday, July 13, 2013

Sagu Keju


Wah, nggak kerasa ..udah siang..pagi2 udah belanja..terus jam segini..habis selsai bikin sagu keju nich..teman2..baru mateng..jadi baru  sempat update blog...plus biasa...ngurusi orang kerja di rumah..tiap minggu ada tukang kebun  bersih2..nyuruh beresin ..ini..itu..tau2 kok udah siang aja..^^
Jadi..posting sagu keju aja dulu ya..mumpung masih anget nich..selamat mencoba..buat Lebaran nanti..jika suka ya. Karena banyak teman2 di fb yang request juga resep sagu keju. Buat yang susah cari sagu..no problemo..hihi..pakai tepung tapioka aja..sama enaknya. Jangan lupa..di sangrai dulu ya tepungnya teman2..ini penting..supaya sagu kejunya bisa renyah dan nggak lembek di dalam. Biar harum..nyangrainya pakai daun pandan ..hemm..sagu kejunya jadi harum. Keju yang di pakai boleh cheddar atau mau yang aromanya lebih tajam..boleh pakai keju Edam juga. Ini resepnya ya..^^
Sagu Keju

Bahan :
Tepung Sagu / Tapioka 200 gram, sangrai dengan 2 lembar daun pandan 10 menit, lalu timbang jadi 180 gram ( Kalau udah di sangrai akan berkurang beratnya..)
Kuning telur 1 butir
Gula halus 75 gram
Margarin / mentega 100 gram
Keju Cheddar 75  gram
Santan instan 2 sendok  makan

Cara Membuat :
Kocok margarin dan gula 2 menit, masukkan kuning telur dan santan.Kocok rata.
Masukkan keju, aduk dengan spatula.
Masukkan tepung sagu, aduk perlahan dengan spatula
Spuitkan adonan ke loyang yang sudah di oles sedikit margarin, lalau oven dengan suhu 160C selama 20 menit ( tergantung kondisi oven masing2 ya..^^ )
Kemas di toples ketika sudah dingin.





42 comments :

  1. Lebih enak keju edam kayakx ƴɑ̤̥̈̊ Мƅɑ̤̈̊ҝ Didi,,,,lebih kuat rasanya jg trus kliatan ntar klo dah mateng kejunya,,,,,Yummmyyyyyy......klo habis disangrai tepungnya didiemin dingin dulu ƴɑ̤̥̈̊ Мƅɑ̤̈̊ҝ .....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Veronika..sesuai selera aja ya kejunya..ini yang ekonomis..pakai cheddar aja..udah lumayan terasa kejunya..hihi..iya Mba..harus dingin dulu ya..tepungnya..nanti kalau masih panas nggak bisa ngembang dan ngeprul di mulut sagu kejunya...alias bantat..^^

      Delete
  2. baru selese buat sagu keju 2 resep bareng anak-anak.... katanya ibu bau harum banget jadi pengen nyicip hihihihi jelas harum pandan dan gurih keju nyatu banget, tapi belum boleh soalnya mereka lagi puasa, trus kata si mbak yang ga puasa enak buu... jadi seneng hehehhe, makasih ya mbak resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..serunya..mereka suka bantu bikin kue juga ya Mba..sekarang udah cicip kan Mba..udah buka puasa..hihi. Iya..aku paling suka juga sagu keju ini..lumer di mulut..^^..wangi..keju dan pandan menyatu.

      Delete
    2. Maaf mbak ,, nimbrung nih ,, sy baru saja bikin kue sagu ,, tetapi sy tidak tau sagu nya di sngrai dulu krn sy baca resep dr google jg .. Dan mencoba oven 2 loyang melumer ,, saya bjngung bgmana dg sisa adonan nya msh byk pula ,, 😞 Mohon saran nya

      Delete
  3. mak, kejunya diapain kok bisa butiran2 gitu? diparut kah atau digimanain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di parut biasa mak Quinie..nanti kan di aduk sama adonan..jadi kecil2 sendiri dan kalau udah matang kan kejunya mengering tuch..jadi berubah warna kekuningan..makanya..di kuenya keliatan seperti titik2..kreyes2 rasanya...enak..^^

      Delete
  4. Kalo pakai margarine biasa full gt bisa nda Mbak? Apa rasanya tetap enak? Makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku ya emang full margarin mba..kalau bikin sagu keju ..enak juga kok..tetep lumer di mulut...:)

      Delete
  5. Salam kenal mba diah.
    Sagu keju resep mba ini spuitnys susah ga? Adonannya keras ga? Dan ga meleber ya? Soalnya setau saya sagu keju masalahnya slaluu di adojan yg sulit di spuit sm meleber hehe..maaf ya mba prtanyaannya kebanyakan
    Trima kasih. Laras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Laras..tergantung ya mba..kalau ngocoknya pas waktunya nggak ada masalah...jadi semua tergantung penanganan masing2 ya..kalau ngocoknya mentega dan gula kurang..ya adonan jadi menegras..kalau kelamaan mentega dan gulanya..ya jadi mleber..jadi harus sering2 berlatih saja ya..kalau bikin sagu keju..aku kira semua resep begitu ya..jadi aku nggak berani njamin ini mudah di spuit atau tidak melebar. Tapi yang jelas..kalau aku bikin hasilnya ya kayak di foto itu tuch..dan tidak ada masalah..^^

      Delete
    2. Oh begitu ya Mba, saya memang baru balsjar buat kue. Boleh minta saran dan tipsnya mba biar adonan nya ga keras dan ga meleber dan hasil jadinya cantik sprti foto2 itu. Untuk ngocok mentega butuh waktu berapa lama mba klu pake mikser philips?

      Maaf pertanyaannya bny, trima kasih sebelumnya ya mba.

      Delete
    3. Itu udah di tulis di resep Mba...kocok margarin selama 2 menit...:)

      Delete
    4. Tips membuat kue kering secara detail sudah pernah ku tulis di sini Mba : http://www.diahdidi.com/2013/06/trik-dan-kunci-sukses-membuat-kue-kering.html

      Delete
  6. Hi Mbak Diah...
    Namaku Ayu. Salam kenal.
    Aku pernah coba buat sagu keju. Gagal segagal2nya. Dicetak pakai cookie maker gak mau. Akhirnya diuwel2 aja biar tebal. eh tetep aja pas dipanggang, buyar.

    Kalau aku bandingkan dengan resep Mbak Didi, aku gulanya kebanyakan dan gak pakai santan. Long wiken ini aku mau coba dehhhh yang ala Mba..
    Baydewyyyy mbak pernah coba buat kue kering sagu yang enggak disemprit? aku abis coba kue sagunya bentuk bola, jadi keras gitu. Itu dicampur terigu kali yah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Ayu..met coba ya..kalau kue semprit memang sebaiknya di semprit mba..cara membentuknya..karena adonannya kan lembut ya..kalau di bentuk2 ya malah buyar dan jadi keras..:)

      Delete
    2. Mbak Diah.. lapor.. kuenya gagal maning :( abis disemprit dan masuk oven, loh kok malah mbleleber dan jadi gak berbentuk2 semprit. Akhirnya adonan loyang berikutnya tambah terigu biar keras, lah tetep aja. Jadi aku sudah cukup deh experimen kue sagunya. hihi.

      Aku coba resep mbak Diah yang lain deh.. Terima kasih ya Mbak, blognya bikin aku semangat masak. Saya yakin banyak yang doain mbak, termasuk saya, mudah2an rejekinya lancar, karena udah bikin orang terinspirasi :)

      Delete
    3. Coba liat tips kue kering yang pernha ku tulis Mba..siapa tahu bermanfaat..dan jgn menyerah ya..semangat..:)http://www.diahdidi.com/2013/06/trik-dan-kunci-sukses-membuat-kue-kering.html

      Delete
  7. Mba diah, mau tanya ya, keju parutnya langsung di masuk7n ke adonan ya, mksudnya tlh diparut langsung masukin aja gitu ya, ga usah di angin2kan dulu atau di oven sbntar gtu, soale sy prnh liat ada resep sagu keju yg klu pke keju cheddar kejunya hrus dikeringkan dlu. Mohon pencerahannya ya mba?trima ksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..boleh saja jika mau di angin2 kan dulu biar agak kering ya..kalau aku suka langsung saja..kdg males...hihi

      Delete
    2. Oh bs lngsung aja ya mba, oke dech sy pilih cara mba diah aja lbh praktis hehe... sy izin bookmark resepnya boleh ya mba, rencana lebsran ini ingij coba buat sagu keju pake resep mba diah,abis pict cantik bngt,menggugah selera slain itu pake keju cheedar lbh
      terjangkau, makasih udh share resepnya,salut dgn blognya inspiratif bngt... o ya smpi lupa cantumkan nama saya hehe..by. ida

      Delete
    3. Iya..paka api oven kecil aja..bisa garing juga kok Mba kejunya..:)

      Delete
  8. Halo mbak Diah.. udah seminggu ini saya antengin terus blognya sm nyoba2 respnya buat makan sehari-hari. Hasilnya mantap, sya cocok bgt sm resep2nya, udh lama juga nyari resep yang njawa. Hehe. Tp krn sy baru bgt belajar masak mungkin bakal sering nongol di comment blog nya mbak diah buat nanya. Jangan bosen ya mbk.
    Kebetulan d rumah lg ada tepung sagu sisa bikin cilok di resep mbak diah :p trs search di blog mbak dian dan nemu resep sagu keju ini. Saya suka bgt sagu keju.. jadi mau praktek nih. Tp saya belum punya mixer, ngocoknya bisa pake whisk ball yg manual ga ya?
    Makasih sebelumnya lho mbak..

    ReplyDelete
  9. Iya Mba Karina..silahakn di coba ya resep2nya..dan tgglkan pesan di komen jk ada yang kurang jelas..:)
    Bisa mba pakai whisk biasa..:)

    ReplyDelete
  10. Mbaaa DD....salut deh ama bentuk swirl nya bisa rapi jali gitu...mba aku udah praktek nih sagu keju tapi pas dioven mleber...trus aku tambahin tepung sagunya (adonan jadi agak padat)...eh piping bagnya jebol, so aku cetak pake spuitnya langsung ditekan pake jempol...walhasil jempolku jadi segede jahe plus cenat cenut lagi....hihihi....salah dimana ya mba?...pake margarin/mentega nya kalo boleh tahu merk apa ya mba?...tengkiyu sebelumnya mba DD....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sagu keju memang harus pas adonannya..itu pertam melebar krn kelamaan ngocok margarin dan gula maybe..teru skalau tambah tepung ya..jadi mengeras..jempol pegel..hihi. Aku pakai blueband aja sich mba..kalau bikin kue2 kering..:)..kalau mentega buat campuran yang murah aja..BOS Filma..hihi..yang mahal malah ndak suka aku aromanya..:)

      Delete
  11. Mbak diah, kalo santannya diganti minyak goreng bisa ga mbak? Makasih sebelumnya. :-)

    ReplyDelete
  12. klo boleh tau fungsi santannya disini untuk apa ya mba klo ga pakai santan gimana mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tambah gurih mba..sagu kejunya..dan agak melembutkan adonannya..:) Gak pake..ndak pa2..tapi nanti adonan agak mawur..nggak bs di spuit...:)

      Delete
  13. met idul fitri mba didi....mohon maaf lahir batin..slm u klrg'ny...
    thx bgt u resep2'ny...smua oke n klrg pd suka.... hehehe
    maaf mau tny lg nih...aq pny tpung tapioka,rncn mau bikin sagu keju mba didi...tp kt tmen klo pke tapioka kue sagunya nti jdi keras,ga ngeprul ....bner ga mba? aq cm pngennfaatin bhan yg ad...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ya mba..mksh.
      Asala donannya pas ndak masalah sich mba..cuma beda tipis tekturenya..:)

      Delete
  14. Halo salam kenal mba didi ^^ nama saya Jeny... mba saya udah coba resepnya. rasanya enak dan lembut cuma hasil kue saya knp ya agak kurang renyah dan wkt di spuit jg agak keset padahal uda saya kasi santan kental.. Mohon sarannya mba. Makasih mba didi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengocok gula dan margarin agak di lamain dikit mba..:)

      Delete
    2. soalnya mba dlu sy pernah coba pake resep sendiri buat kue sagu, karena sy kocok sampai benar2 ngembang eh malah jd meleleh kuenya wkt dimasukin ke dalam oven. berarti kita sendiri yg harus nemuin wkt yg pas buat ngocok ya mba?
      oh ya mba didi lupa ucapin neh... Selamat Tahun Baru 2015 yoooo.....^^ makasih mba....

      Delete
    3. Ya mba..betul sekali...mengocok margarin dan gula itu harus memang sampai pas..jangan terlalu sebentar..dan jangan terlalu lama..memang nanti kalau udah biasa..jadi hafal sdr kok main perasaan juga..hihi..Oh iya..sama2 ya mba..Met tahun baru juga..:)

      Delete
  15. Mbak, itu pake spuit yg kyk apa? Boleh liat spuitnya gak? Makasih banyak :)

    ReplyDelete
  16. Mba Diah salam kenal, saya siti dari jakarta. Terima kasih resep sagu keju nya. sudah dicoba dan enak bangettt. Saya suka dengan isi blog ini. Sekali lagi terima kasih sudah berbagi resep.

    ReplyDelete
  17. tq ya mbak diah.... hasilnya enak..yummy...

    ReplyDelete
  18. Tq mb DD, aq juga udah nyoba resepnya.. sayang cma 1 resep aj nyobanya huhuhuhu coz bhn yg ada dirumah kmrn hnya ckp utk 1 resep ... wlo tgn pegel2 utk nyempritnya tpi bgitu nyoba hslnya sungguh tak dpt kuungkapkan hahaha lebay.. tp benerrr enak bgt lumer bgt dimulut.. pngin lgi dan lgi mknnya.. skli lg tq mb DD, ud bbrp resep yg aq cba .. dr kue putri salju, semprit coklat putel, kue kacang, kue bawang yg renyah ama ini nih .. sagu keju... semua enakk, klo biasanya lebaran kmi sllu beli buat utk sajian (wlo kmi tdk merayakan lebaran, tp rumah sll open house utk siapa saja yg mau berkunjung).. lebaran tahun ini sajiannya ya dari resepnya mbak DD .. tq again mbak

    ReplyDelete
  19. Hai mba, salam kenal. Hari ini nyoba bikin kue sagu tapi liat hasil akhirnya jadi bikin sedih. Kuenya jadi ga berbentuk. Mba kalo kue udah bisa d keluarin dari oven gimana cirinya? kue punya saya udah lebih dari 30 menit tapi masih lembek

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ngocok margarin gula kelamaan mba..:)

      Delete