Sunday, July 21, 2013

Variasi Kolak Untuk Berbuka Puasa


Kolak..udah biasa banget ya kita bikin teman2..bahkan  udah jadi menu wajib buat buka puasa. Kolak biasanya kita buat dari pisang, ubi atau labu ya seringnya..tapi..kita bisa buat juga lho dari bahan2 lain..sehingga rasa dan aromanya akan berbeda dan bisa lebih bervariasi dech menu kolak kita.

Selain pisang..aku suka bereksperimen dengan kolak..kemaren aku coba kolak roti tawar..kayak gini..enak lho  ternyata. Kuah kolak yang manis..gurih..dan harum daun pandan..berpadu pas dengan roti tawar yang gurih. Cara membuatnya mudah saja..kuah kolak seperti kolak biasa..pasti udah pada hafal ya teman2..nah..roti tawarnya kita potong2 kecil dulu..terus kita panggang sampai kering di oven. Setelah  itu kita bikin kuah kolak seperti biasa, tapi yang agak encer ya kuahnya jangan terlalu kental..soalnya nanti akan terserap di rotinya lama2 kuahnya. Lalu masukkan roti ketika sudah akan di sajikan ya..di kuah kolaknya, supaya masih ada rasa kres kres roti panggangnya. Sensasi rasanya..enak dan unik banget..kuah kolak meresap di roti tawar yang sudah kering dan renyah..bener2..unik dan spesial rasanya..cobain dech teman2..jika tidak ada pisang..lumayan kan..tetep bisa buat kolak yang murah meriah tapi enak..hihi. Tambahin kismis atau irisan kurma..wah..tambah manteb dech kolak roti tawarnya..selamat mencoba ya..^^


Selain roti tawar..aku juga suka bikin kolak tape. Rasa dan aroma tape yang asam segar..akan membuat citarasa kuah kolak jadi makin seger juga. Cara membuatnya sama aja..kayak bikin kolak2 yang lain. Nah..cuma jangan terlalu lama di masak ya tapenya..suaya tidak hancur dan kuah kolak jadi terlalu kental. Pilih tape yang nggak terlalu lembek juga. Kolak tape ini enak di padu dengan kolang kaling. Selamat mencoba..^^


No comments :

Post a Comment