Saturday, July 13, 2013

Bubur Candil Ketan



Bubur Candil..adalah bubur manis dari Jawa yang terbuat dari tepung ketan..yang di beri air panas, kemudian di bentuk bola2 dan di rebus di air gula hingga matang. Setelah bola2 ketannya matang..selanjutnya air rebusan gula itu di tambahin larutan tepung juga..sehingga jadilah bubur yang kental. Bubur candil di sajikan dengan kuah santan yang di rebus dengan sedikit garam. Rasanya..enak ..manis..legit dan sedikit kenyal bulatan ketannya, di padu kuah santan yang gurih dan harum wangi pandan..bravo dech buat yang menciptakan pertama kali ide bubur ini..sungguh kreatif kan leluhur kita dulu...^^


Membuat bubur candil mudah saja, cuma musti tahu triknya supaya bola bola candil ketannya tidak alot atau keras.Setelah beberapa kali uji coba resep bubur candil..akhirnya aku temukan cara agar candilnya tidak keras atau alot...yaitu di tambahin sedikit tepung tapioka dan juga membuat adonannya..jangan terlalu kalis..malah cenderung agak lembek..tapi..masih bisa di bentuk. Kalau terlalu kalis..memang hasil candilnya bisa rata dan bulat2 cantik..tapi rasanya akan kerasa dan alot. Untuk buburnya, selain tepung ketan juga ku tambahkan sedikit tepung beras dan tepung tapioka. akhirnya..sukses enak dech uji coba ku kali ini..candilnya empuk..nggak liat ..tapi masih dedikit kenyal..ciri khas  bubur candil..dan buburnya lembut membelai lidah..udah mirip dech sama bubur candil yang enak..yang sering aku beli di tempat penjual bubur candil langgananku..

Jadi biar nggak lupa..aku catet resepnya di blog dech..siapa tahu teman2 ada yang suka juga..sama bubur candil..silahkan mencoba..semoga bisa jadi salah satu ide untuk menu takjil di bulan puasa ini ..^^
Bubur Candil Ketan

Bahan bola bola candil :
100 gram tepung ketan
1 sendok makan tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air ( secukupnya..sampai adonan agak lembek tapi masih bisa di pulung )

Bahan kuah untuk merebus :
100 ml sirup gula merah ( liat di sini resepnya ) , atau gula merah biasa secukupnya di sisir.
500 ml air

Bahan untuk larutan tepung / bubur :
3 sendok makan tepung ketan
1 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung taioka
* Campur semua bahan dan tambahkan sedikit air hingga larut.

Kuah santan :
200 ml santan dari 1/4 buti rkelapa
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
* Rebus kuah santan hingga mendidih bersama garam dan daun pandan.

Cara Membuat :
Campur tepung ketan dan tepung tapioka bahan candil, tuangi air panas secukupnya, sampai agak lembek..tapi masih bisa di pulung. Masak kuah guka merah hingga mendidih, masukkan bola  bola candil.
Masak hingga bola bola mengapung, dan masak terus hingga warna bola2  berubah kecoklatan. 
Masukkan larutan tepung dan aduk terus sampai kental dan meletup2. Jika kurang kental, boleh di tambah sedikit tepung ketan lagi..tapi di cairkan dulu dan di aduk lagi sampai masak dan kental.
Sajikan dengan kuah santan.Enak di sajikan hangat atauu dingin.



26 comments :

  1. Selain dari bahan tepung ketan, candil atau biji salak biasanya waktu masa-masa kecil dan gadis saya di Bandung, saya buat dari ubi kuning yang diberi sedikit tepung tapioka.

    Menu tajil ini belum pernah saya dapatkan selama 13 tahun saya tinggal di Nganjuk. Heeeemmm... ngangenin.

    ReplyDelete
  2. Iya Mba Devy..aku juga suka yang dari ubi..empuk..enak ya..kalau di Semarang bubur candil yang ketan ini..biasa di jual untuk menu sarapan Mba..jadi kadang2 kalau bosan makan berat yang beli bubur2 manis gini pas weekend buat sarapan..ayoo..buat di rumah Mba..lama sekali itu 13 tahun nggak makan bubur candil..hihi..

    ReplyDelete
  3. mba Diah, takaran resep di atas untuk berapa porsi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kira2 kalau cuma di taruh di mangkuk kecil2 gitu bisa buat 3 atau 4 orang Mba Rika..^^

      Delete
  4. wahh mbak diah, langsung coomark resepnya, makanan ku sewaktu kecil, kapan-kapan wajib dicoba, terimakaish mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..ayukk segera di coba...mudah banget kok..oh ya..Lebaran nanti aku mudik ke Yogya Mba..mau abu merang nggak..sekalian tak bawa banyak buat teman2 yang lain juga..dulu Mba kan penasaran mau bikin jongkong surabaya kan?..klu mau tak bawain sekalian...^^

      Delete
    2. mauuuuu dong mbak :), iya mbak aku mudik jogjanya tanggal 12 udah disana, sampai tanggal berapa mbak diyah di Jogja? hihihi..nanti insyaallah mau main ke tempat mbak Diah

      Delete
    3. Nah..itu dia Mba..belum tau jadwalnya..acara keluarga di sini dulu soalnya..hihi..soalnya kan suamiku asli Semarang dan acara keluarga di sini banyak ..keluarga besar gitu..jadi suka ngumpul *trah* itu pas Lebaran..nunggu itu selesai baru ke Yogya..^^...

      Delete
    4. Jadi..buat jaga2..kalau meleset jadwalku...tolong email alamat Mba aja ya...di bundadidi@gmail.com..nanti aku kirim abu merangnya via kurir ..^^

      Delete
    5. Mb diah aku udah cobain, yummy banget mbak, mirip sama buatan si mbahku dulu hihihi..tepung ketannya pake tepung ketan yang digiling rasanya udah kayak kembali kemasa kecil :D terimakasih mbak resepnya ^^

      Delete
    6. Iya Mba Elvira...sipp..syukurlah jika suka..lebih enak bikin sdr kan Mba..jadi nggak keras candilnya..wah..jadi ingat masa kecil ya Mba..:)

      Delete
  5. malah jadinya ngrepotin mbak Diah nih xixixi.. ^^, kalau di Yogja ada nanti coba aku cari mbak, yang jualan di mana ya mbak?

    ReplyDelete
  6. Mbak Diah, saya sudah coba resep "Bubur Candil Ketan"nya dan rasanya enak sekali, empuk nggak keras. Suami saya doyan banget, apalagi saat dimakan dingin2 setelah lama didalam kulkas. Terimakasih banyak ya sudah sharing resepnya ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..syukurlah..jika sesuai selera..wah..senang sekali mendengar suami Mba..suka masakan tradisional Indonesia..ayo..di kenalkan ke teman2..dan saudara2 di sana juga Mba..hihi..biar nge top dikit gitu makanan kita yang enak2 di luar negeri.....masak kalah ya..sama negara2 Asia lain..pdhl kita punya byk sekali ragam makanan khas Indonesia ..^_^

      Delete
  7. Alhamdulillah Mbak Diah punya resep bubur ini.... soalnya hari ni suami minta dibikinin bubur candil. Nyontek resepnya ya mbak Diah, langsung eksekusi.... he..he..he... makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..met coba ya..enak memang bubur ini..:)

      Delete
  8. Sippp Mba..di coba ya..enak ini..aku juga suka..:)

    ReplyDelete
  9. Kl di tempat asalku ini dibilang jenang grendul. Wah sukaa bngt. Bravo buat mb Diah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ummu Maryam,..memang enak ya Bun..:)..Aku jg suka..:)

      Delete
  10. Langsung baca, langsung buat, rasanya enak dan bener ga alot tapiii :( kayaknya tepung ketanku deh yg bermasalah. Rasanya apek. Ini tepung ketan putih blom expired, ketika dibuka pertama kali emg agak bau gitu, beda kalo beli tepung terigu kan ga bau. Aku pikir emg tepung ketan gitu tp kok buat dimasak jd rasanya apek yaaa :'( hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bun..beli tepung kentangnya di mana..ya kadang2 memang begitu ya..kalau buatan pabrik itu kan buatnay sekalian bun..kapasitas besar..jadi ya kadang2 di toko atau di tbk numpuk lama ya. Nanti kalau toko onlineku jadi..beli di aku aja..hihi. aku jual aneka tepung produksi ukm..jadi fresh tepungnya...tapi masih habis lebaran..kalau sekarang yang ready baru tepung kentang..hihi..:)

      Delete
  11. Aku bikin ini td mbak, ngikutin resep sama persis tp terlalu manis kalo menurut ku hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sesuaikan slr sj kalau soal manisnya..masing2 orang kan beda ya mba..slrnya ..:)

      Delete
  12. Alloee Mbak Diah,, mau nanya nih..klo tepung tapioka itu bisa diganti dgn tepung maizena gag? Soalx stok tepung tapioka tdk ada.. 😅

    ReplyDelete
  13. Mba bola2 candilnya bisa diganti pake tepung sagu gak kalau stok tepung ketannya habis?
    Tengkyu :)

    ReplyDelete