Google Ad

Saturday, November 30, 2013

Snack 66..Mengemas Snack Kering Tradisional Dalam Kemasan Modern


Beberapa waktu lalu..aku ikut suami mengunjungi usaha distributor dan re packing aneka snack dan jajanan tradisional kering punya teman suami..yang cukup besar di Semarang. Tempat usahanya..merupakan tempat pengemasan ulang dan sebagai gudang dari aneka snack yang sudah di kemas..jadi pas ke sana..wah..seneng sekali..liat aneka cemilan kering tradisional aneka macam..hihi..*dasar tukang cemal cemil dan penyuka jajanan tradisional...ya pas dong ke tempat seperti ini *. Langsung dech liat2 aneka produknya..tapi sayang ngak ketemu temen suami..cuma ketemu istri beliau..eh tapi pulangnya di bawain macam2 cemilan sebagai oleh2..alhamdulillah..makasih ya Bapak dan Ibu Pulung. 
15

Apa itu B.O.S ?


B.O.S..apa itu?..Bukan BOS atasan kita atau bantuan operasional sekolah lho..hihi..tapi B.O.S yang akan aku bahas ini adalah hal yang berhubungan dengan perbakingan. Yappp..buat yang udah biasa pake..pasti tahu ya..apa itu B.O.S..yaitu butter oil substitute..yang artinya : bahan lemak / minyak pengganti mentega. Nah..sebelum kita bahas lebih lanjut si B.O.S ini..sebaiknya kita tahu dulu ya..bahwa kalau kita bikin cake dan kue kering..biasanya salah satu bahan pentingnya adalah lemak ya. Lemak ada 4 macam..ada butter..atau mentega yaitu lemak hewani..yang terbuat dari susu..makanya wangi susu ya..hihi. Mentega ini mudah mencair di suhu ruang. Mentega ada dua macam..ada unsalted butter, yaitu mentega yang nggak asin..dan ada juga salted butter..yaitu mentega asin.Yang kedua..adalah margarin..yang terbuat dari lemak nabati, dari minyak kelapa sawit ya di padatkan melalui proses hydrogenisasi dan di tambah air, flavor , garam dan betta carotene, sehingga tekturenya lebih padat daripada mentega..dan tidak mudah mencair di suhu ruang. Selain itu sering juga kita memakai minyak sayur biasa..untuk membuat cake atau kue kering. Nah..selain itu..sebenernya masih ada satu lagi produk lemak untuk perbakingan yang bisa kita pakai yaitu B.O.S. Nah..B.O.S inilah yang akan kita bahas lebih lanjut ya.
70

Pisang Rai Khas Bali



Kemaren di kirimi pisang kepok banyak dari Kakak Ipar..ranum2..gitu..jadi mau di rebus atau di goreng begitu saja kok sayang. Jadi..aku olah aja jadi beberapa jajan pasar dari kemaren. Kemaren udah bikin Nogosari..dan juga pisang rai ini. Pisang rai...adalah jajan pasar khas Bali. Terbuat dari pisang yang di lumuri adonan tepung, kemudian di rebus di air mendidih, jadi lebih sehat ya di banding pisang goreng. Pisang rai ini semakin gurih, karena setelah matang di gulingkan ke kelapa parut yang di beri sedikit garam. Untuk melengkapi rasa manisnya..bisa di tambah juga saus kinca gula merah. Pisang rai nich kebanyakan berwarna putih aja lapisan tepungnya..tapi kok jadi pucat menurutku..karena nanti di lapis kelapa parut..warnanya putih juga kan..jadi aku kasih pasta pandan aja..biar berwarna hijau kemaren..dan jadinya lebih cantik..^^

17

Friday, November 29, 2013

Crakers Goreng


Pagi teman2..udah sarapan..? Udah pasti ya..jam segini..hihi. mau nawarin crakers goreng sich..jika mau..nich.
Jadi kebiasaan tiap pagi nich..udah selesai semua kerjaan..langsung dech..duduk manis di depan komputer..pertama buka2 email dulu..bales2 email teman2..terus edit foto..dan di posting di blog. Oh ya..colek Mba Evi dari Bandung ahh..yang nanyain keripik sagu..emailnya kok aku bales mail *doraemon* ya Mba..alias..failed..hihi..mungkin mba salah ya..nulis alamat emailnya..jadi..jika memang perlu banget infonya..bisa kirim alamat emailnya lagi yach..takutnya nunggu2 balesan..:)..juga teman2 lain yang nanyain sesuatu..jika belum aku bales..mungkin bisa re send ulang emailnya ya..soalnya kadang suka gitu...udah aku bales..tapi failed..jadi mungkin salah tulis alamat emailnya teman2 ya..^^
25

Thursday, November 28, 2013

Sambal Terasi Matang



Kemaren dapat email dari Mba Ditta..minta resep sambal. kayaknya sich aku udah sering posting macam2 sambal sebenernya..tapi nggak pa2 sich..kemaren pas goreng ikan..jadi bikin sambal terasi matang...jadi sekalian di posting..mudah2 an sambal terasi ini yang di cari ya Mba Ditta...^^
21

Wingko Babat



Memenuhi janjiku pada Mba Evelyne di Amrik..dan Mba Leonora..di Perancis..yang lagi kangen sama wingko babat..ini aku buat lagi ya..dengan bahan2 yang di takar..hihi..nggak kayak kemaren buat terakhir...yang asal campur2 bahan....^^
31

Wednesday, November 27, 2013

Lele Bakar



Masih..dalam rangka membuat Yodha suka makan ikan..akhirnya aku kembali masak bakar bakaran. Walau sebenernya rada males kalau halus membuat masakan yang di bakar2 di arang gitu..karena malas nyalain arang..bikin baranya..hihi..besok2 musti beli alat bakaran yang listrik nich biar mudah..tapi...masakan di bakar ya enak kalau memakai arang ya..di banding alat bakar modern gitu. Tapi..untuk Yodha ya okay okay aja..sesekali masak bakaran, karena Yodha nggak suka ikan yang di goreng kering gitu..kan jadi keras ya dagingnya. Sedangkan kalau di bakar kan daging ikannya masih lembut. Akhirnya aku bakar lele saja..yang nggak terlalu banyak durinya dan ikannya nggak terlalu besar..jadi lebih mudah matangnya.
15

Tuesday, November 26, 2013

Resep Donat Mini Pakai Cetakan Donat Listrik




Akhirnya...cetakan donat listrikku ku berdayakan lagi..setelah lama tersimpan manis di lemari dapur...terlupakan oleh gadget2 dapur baru lain yang aku beli...hihi. Biar nggak merasa bersalah gitu..pas beli semangat bener..giliran make..sesekali..hihi. Lha..saking banyaknya peralatan bikin kue yang aku beli..udah kayak Mamanya Shinchan aja..kalau ada alat dapur baru..pengen beli aja..abis itu di tumpuk di lemari..hihi. Tapi..sebenernya alat ini cukup praktis sich..kalau sekedar buat bekal Yodha..bisa bikin kue cubit..donat mini..waffel..chiffon cake mini..dll. Karena praktis...tinggal di colokin..mateng dech donatnya. Cuma ..ya itu..hasil akhir..bentuknya kayak donat mini semua..hihi.

23

Monday, November 25, 2013

Tips Membuat Siomay Ikan Lebih Empuk


Siomay..udah sering banget bikin sendiri aku di rumah..dengan berbagai resep dan tehnik. Aku senang mencoba berbagai resep baru..walaupun udah nemu resep yang enak..biar ada hal baru gitu yang bisa di pelajari dalam proses pembuatannya. Nggak cuma siomay sich..masakan lain..cake..aneka kue2..jajan pasar dll..seneng aja..walaupun makanannya sama..tapi mencoba dengan berbagai tehnik dan resep baru...sehingga hasilnya beda. Ya..selalu ada hal baru yang menarik buatku untuk di pelajari di dapur..^^
115

Sunday, November 24, 2013

Wafel Pisang..Pakai Cetakan Donat Listrik



Libur kemaren Yodha minta wafel..ya udah..bikin wafel lagi..nah..biar dapat ilmu baru..aku coba resep baru aja...kebetulan masih ada pisang ambon..jadi bikin wafel pisang aja dech. Nah..berhubung kemaren pakai cetakan wafel manual yang di panggang hasilnya nggak bisa renyah luarnya..akhirnya aku memberdayakan cetakan donat listrik yang udah lama nganggur..hihi. 
8

Saturday, November 23, 2013

Mangut Iwak Pe & Tempe Cabai Hijau


Beberapa waktu kemaren aku cerita mau berkebun ya teman2..dan..ini dia hasilnya..beberapa pohon cabaiku sudah panen..hihi..lumayan lho..panen cabai hijau keriting..udah beberapa kali ku buat masak..salah satunya ini nich buat masak mangut. Biasanya kalau masak mangut pakai cabe merah dan cabe rawit galak..tapi kemaren aku coba pakai cabe hijau keriting..wah..pedes juga lho ternyata. Seru emang..punya pohon cabe sendiri. Walaupun beli cabe juga murah sich..tapi kalau lupa beli..atau kehabisan cabe..pohon cabe di rumah ini ya sangat membantu lho. Kayak kemaren..mau masak mangut..eh lupa cabenya habis..padahal bahan2 lain udah siap..ya udah..pakai cabe hijau keriting aja..dan hasilnya tak kalah enak dengan mangut yang biasanya aku bikin. Tetep enak..sedep dan seger pedes cabe hijau.




Mangut iwak pe adalah masakan khas Pantura. Iwak pe itu adalah ikan pari asap..yang di potong kecil2..enak rasanya..ada aroma smoky gitu. Harganya pun murah..cuma 2000 sepotong. Paling enak memang di masak mangut pedas gini..karena nanti aroma asapnya akan tercampur di kuah..nah itu yang menciptakan aroma dan rasa yang khas dari mangut..yang tidak bisa tergantikan oleh bahan lain. Biar lebih lebih enak..dan komplet gizinya bisa di tambah tempe atau tahu kuning berkulit. 

Resep Mangut Iwak Pe & Tempe Cabai Hijau

Bahan :
5 potong daging iwak pe
200 gram  tempe
20 buah cabai hijau, iris tipis serong
10 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1 cm kunyit, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 buah tomat hijau, potong potong kecil
1 papan petai, kupas belah jadi dua
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
800 - 1000 ml santan cair / sedang
 
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu2 lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak pe dan tahu dan pete. Cicipi rasanya. Setelah hampir masak masukkan potongan tomat hijau. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan. 














10

Friday, November 22, 2013

Steak Kakap Krispi Saus Praktis



Wah..udah siang ya..nggak terasa..tadi pagi anter Yodha ke dokter gigi..eh udah datang pagi2..dokternya baru datang jam 10..aduch..lama bener nunggunya..ampe sempat tak tinggal belanja pun..dokternya masih belum dateng..ternyata..jemput anaknya dulu..wo alah..kok nggak konsekwen dengan jadwalnya ya..yang katanya jam 9 ada..hihi. Tapi..ya nggak pa2 dech..namanya juga kita pasien yang butuh..yang tetep di tunggu. Dan yang penting..masalah gigi Yodha beres..tadi malem tuch cuma sariawan..eh..aku kasih obat sariawan tetes tuch..yang terkenal tuch..malah jadi bengkak dan luka..dan nggak bisa tidur tadi malem..akhirnya ijin dulu dech nggak masuk hari ini. Ternyata emang nggak boleh buat anak2..terlalu keras kata dokternya tadi..hemm..jadi tau dech skrg,..kalau obat itu nggak boleh buat anak2..akhirnya di kasih obat sariwan oles yang khusus buat anak2..lebih aman. Eh..tapi sekalian juga tadi nyabut gigi Yodha yang udah kesundul gigi baru..alhamdulillah..lancar..Yodha nggak ngambek atau berontak..kayak sebelumnya..kalau di periksa..jadi..nggak ada 1/2 jam selesai dech sekalian bersihin giginya. Lega...urusan gigi Yodha udah beres nich.
9

Thursday, November 21, 2013

Kering Bihun & Kacang


Masih punya stock bihun sedikit.mau di masak  jadi bihun goreng dll..tanggung..ya udah..di goreng aja..jadiin kering bihun dan kacang. Kalau di goreng kan ngembang bihunnya..jadi banyak ^^..tinggal di bumbuin pedas manis gurih..kayak kering tempe atau kentang..jadi dech lauk kering yang kriuk2 gurih. Bihun dan kacang..berpadu..enak ternyata. 
12

Nasi Gandul


Nasi gandul..adalah masakan khas Pati Jawa Tengah. Mirip2 sama pindang Kudus sebenernya rasanya ..cuma penyajian dan pelengkapnya aja yang beda. Kalau pindang Kudus pakai pelengkap daun melinjo..kalau nasi gandul nggak..dan biasa di sajikan dengan lauk komplet, seperti babat, iso, telur pindang, tempe goreng garit..dll.

3

Wednesday, November 20, 2013

Limpang Limpung Spesial


Limpang limpung adalah gorengan sejenis pisang goreng..tapi pisangnya di iris2, terus di campur ke adonan, beda..sama pisang goreng biasa yang pisangnya cuma di belah, terus di celup ke adonan, kalau limpang linpung menggunakan pisang yang di iris2. Jika kita menggunakan pisang yang benar2 matang dan harum, apalagi pisang raja..maka akan menyebar ke adonan tepung aroma pisangnya..karena pisangnya di iris2..jadi lebih enak rasanya. 
17

Tepung Panir


Banyak yang menanyakan tepung panir yang aku pakai dalam pembuatan aneka nugget..atau olahan lain yang bentuknya frozen food..karena aku biasa pakai tepung panir khas..dan khusus yang warna orange. Nah..akhirnya banyak teman2 yang email dan tanya..di mana belinya..merk..apa dll. Aku jadi pengen nulis tentang aneka tepung panir dech.

19

Gula Cair ( Liquid Sugar )

IMG-20121002-00429

 PT. GULA ENERGY NUSANTARA

Adalah sebuah Perusahaan Produsen Gula Cair Tebu pertama yang berkomitmen untuk menjadi Produsen Gula Cair Tebu terbaik dan terbesar di dunia, dan kami akan bekerja di dalam “14 Budaya Kerja Kami” kami meyakinkan semua industri makanan dan minuman yang memakai produk gula cair tebu produksi kami, akan mendapatkan efisiensi proses dan biaya serta keuntungan yang bertambah besar
Kami akan selalu bekerja dalam suasana kompetisi dengan mereka yang mau berkompetisi dengan kami. Karena berada di dalam bisnis di industri Gula Cair Tebu, sebagai Pioneer kami berkomitmen menjadi yang terbaik dan terefisien dalam teknologi prosesnya.
Produk kami merupakan kualitas yang terbaik dan produk lokal pioneer sebagai substitusi gula rafinasi dengan harga yang lebih murah bagi industri makanan dan minuman, menjadi pemimpin pasar dan menumbuhkan perekonomian nasional yang signifikan serta menghemat devisa negara.
Customer pertama kami meliputi industri makanan minuman dari kelas UKM hingga PMA, customer kedua kami adalah konsumsi masyarakat langsung (retail), kami bersama saling mendapatkan manfaat yang sangat besar dan lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis, kami akan mengembangkan customer kami tidak saja di dalam negeri tetapi keluar negeri ke seluruh belahan dunia.
Dan kami mempunya visi Menjadi Pioneer Produsen Gula Cair tebu pertama di Indonesia yang berdaya saing dan mampu memenuhi kebutuhan gula dalam negeri dan ekspor.

STANDART PROSES PRODUKSI

standard
1. Cane/ Tebu
Kami memilih bahan baku tebu kualitas terbaik dari budidaya kami sendiri maupun dari mitra kami.
2. Ekstrasi
Bahan baku tebu pilihan di ekstrasi bertingkat untuk memperoleh nira tebu dengan rendemen yang baik.
3. Purification
Nira tebu dimatikan jasad renik agar tidak rusak kemudian ditambah unsur-unsur alami untuk mengikat padatan dan kotoran yang terkandung dalam nira tebu selama proses ekstrasi sehingga dihasilkan nira jernih dengan kualitas terbaik.
4. De Colouring & Filtrasi
Nira jernih selanjutnya diproses agar hilang unsur warna, bau serta unsur-unsur logam berat yang membahayakan bagi kesehatan dengan pengaturan keasaman nira sehingga diperoleh nira yang jernih dan keasaman mendekati netral.
5. Ion Exchange
Ion Exchange atau penukar ion bertujuan untuk pengkondisian PH agar mendekati netral dan untuk menangkap logam berat dan unsur lain yang tidak baik bagi kesehatan.
6. Vacuum Pan
Teknologi penguapan hampa (Vacuum Evaporator) dilakukan pada proses akhir pengelolaan gula cair pada suhu ± 65° C untuk menghindari proses terjadinya karamelisasi, dengan teknologi penguapan hampa ini maka dihasilkan gula cair yang sangat bening dan menarik.
7. Liquid Sugar Cane
Setelah nira tebu di proses dengan penguapan hampa sampai tingkat konsentrasi gula cair tertentu misalnya brix 67 atau brix 75 tahap berikutnya conditioning hingga mencapai suhu kamar kemudian ditampung di storage untuk pengemasan.

Keunggulan Produk Gula Cair

gulaaaaaaa
Gula merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat dan industri makanan dan minuman, seiring kemajuan teknologi dan tuntutan akan efisiensi penggunaan gula kristal dirasa kurang menguntungkan dibanding dengan gula cair.
Kenapa gula di produksi dalam bentuk kristal padat, padahal setiap pemakaian gula selalu dilebur kembali apakah untuk makanan, minuman rumah tangga maupun industri, mungkin dulu pada awal-awal industri gula kemasan untuk commodity cair masih susah, shampoo juga dalam bentuk powder putih belum ada shampoo cair, bahkan obat-obatan kebanyakan dalam bentuk puyer belum ada obat penurun panas dan obat batuk botolan.
Saat ini dunia juga mulai dengan pemanis gula dalam bentuk cair, pemikiran yang sederhana, investasi yang lebih murah, yield yang sejenis tanpa ada biaya produksi tambahan dan sebenarnya konsumen diuntungkan karena tidak kehilangan energy untuk meleburkan kembali.
Dengan gula cair ini akan memperoleh banyak keuntungan diantaranya :
  • Ekonomis, praktis dan higienis
  • Lebih fresh dan tahan lama
  • Menambah tekstur dan kekentalan
  • Tanpa bahan kimia
  • Berfungsi sebagai pemanis, sirup dan rasa sekaligus
  • Rendah glikemik indeks
  • Bebas gluten
  • Bebas dari kotoran
  • Bebas dari fruktosa tinggi
  • Larut langsung dalam minuman panas dan dingin atau makanan

Produk Gula Cair

1. GULA CAIR RETAIL
Produk retail kami memproduksi gula cair tebu untuk konsumsi masyarakat langsung baik untuk kebutuhan gula rumah tangga sehari-hari, café restoran, hotel, dan lain sebagainya dengan beberapa pilihan kemasan dalam botol maupun standing pouch yang sesuai dengan kebutuhan customer.
Gula Cair Tebu Produk kami di olah dengan melalui tahapan pemurnian yaitu tahapan pengambilan kotoran yang terkandung di dalam nira tebu agar diperoleh produk Gula Cair yang jauh lebih bersih di banding gula kristal dan gula merah biasa yang ada proses pembuatan Gula Cair kami tanpa bahan kimia sehingga di peroleh produk Gula Cair yang natural dengan nutrisi yang lengkap sangat aman untuk di konsumsi.
GULA PUTIH CAIR
Produk gula cair ini sebagai pengganti pemakaian gula kristal / gula pasir untuk konsumsi rumah tangga, industri kecil, restoran, hotel, dan lain sebagainya.

gula1e
• Kemasan botol 250, 500, 1000 ml
tiguala
  • Kemasan Standing Pouch 250, 500, 1000 ml
GULA MERAH CAIR
Produk gula merah cair ini sebagai pengganti gula merah tradisional maupun gula semut untuk konsumsi rumah tangga, industri kecil, restoran, hotel, dan lain sebagainya.

IMG-20121002-00429
Standart Kemasan :
Kemasan botol 250, 500, 1000 ml
IMG-20121005-00444
Standart Kemasan :
Kemasan jerigen 500, 1000, 1500 ml

2. GULA CAIR INDUSTRI
Produk gula curah/industri kami memproduksi gula cair tebu untuk kebutuhan industri makanan, industri minuman, industri farmasi, dan industri lainnya dengan beberapa pilihan kemasan dalam jerigen, drum maupun truck tangki yang sesuai dengan kebutuhan industri kecil, menengah maupun industri besar.
Dengan langsung memakai Gula Cair Tebu maka industri makanan, industri minuman, industri farmasi dan industri lainnya akan lebih efisien prosesnya karena tidak perlu mencairkan kembali gula kristal seperti yang sekarang ini berjalan, selain itu pemakaian Gula Cair Tebu untuk industri bisa akan tercukupi oleh produsen dalam negeri mengingat dalam negeri memiliki potensi bahan baku tebu yang sangat besar, pemanfaatan lahan-lahan kritis untuk budidaya tebu juga bisa dilakukan untuk peningkatan hasil petani tebu dan mendukung industri yang berwawasan lingkungan.

timelinesd
Produk gula cair ini sebagai pengganti gula rafinasi cocok untuk industri makanan dan minuman skala kecil menengah.
Standart Kemasan :
• Kemasan jerigen 5 Kg
• Kemasan jerigen 15 Kg
• Kemasan jerigen 25 Kg
tidfmeline
Produk gula cair ini sebagai pengganti gula rafinasi cocok untuk industri makanan dan minuman skala menengah-besar.
Standart Kemasan :
• Kemasan drum 200 Kg
timasdeline
Armada pendistribusian produk gula cair retail kami ke jaringan outlet / distributor kami di seluruh wilayah.
timeZline
Produk gula cair ini sebagai pengganti gula rafinasi cocok untuk industri makanan dan minuman skala besar.
Standart volume tangki :
• Tangki kapasitas 6.000 Kg
• Tangki kapasitas 16.000 Kg

Pemesanan produk gula cair , hubungi082134823929

22

Tuesday, November 19, 2013

Resep Donat Mudah, Enak, Praktis dan Nggak Perlu di Uleni..^^



Wah…sudah masuk musim penghujan ya teman2..dari pagi..mendung menggantung..gelap..sekarang udah turun hujan. Musti jaga kesehatan nich..biar nggak mudah sakit ya..terutama anak2. Kalau musim hujan gini..jadi males ya keluar rumah..lebih nyaman buat di rumah aja..masak yang enak..buat keluarga..hihi..*perasaan..nggak musim panas..hujan..juga males keluar ..kalau nggak penting banget*. Kayak hari ini nich..tau2 kok ya udah siang aja..dari pagi nguplek di dapur. Pagi..biasa..habis tugas rutin selesai..suami dan anak..udah berangkat kerja dan sekolah. Rumah udah beres bersih dan rapi..di bantu si Mbak..ya..akhirnya ya..asyik coba resep baru di dapur..sekalian nyiapin snack buat bekal sekolah Yodha besok..jadi nggak perlu bangun pagi2. Hari ini aku bikin donat lagi. Eh..tapi donat yang ku buat kali ini..super praktis..nggak perlu di uleni..nggak perlu banting2 adonan hihi..kayak bikin donat biasanya dech..tapi..cukup di aduk perlahan..dan..bim..salabim..jadilah donat empuk dan enak..tapi nggak perlu pakai magig kok..mau tahu caranya..yukk simak..step by step caranya ya.
192

Tips Membuat Kremesan Yang Renyah dan Enak..



Yodhaku..lagi tergila2 kremesan..hihi..hampir tiap hari minta di buatin ayam kremes..sosis kremes..bandeng kremes..atau apapun..pokoknya harus pakai kremesan yang kriuk katanya..^^. Dulu sich pas aku sering bikin..dia belum terlalu suka..tapi minggu lalu pas ultah temennya..dapat nasi kotak isinya ayam kremes. Nah..Yodha nich kalau dapat makanan dari temennya itu semangat makan dia..katanya..harus di makan Mi..soalnya kan dari pesta ultahnya teman..kalau nggak di makan..nanti temannya sedih..hihi..so sweet hati kamu memang Kak..!

127

Monday, November 18, 2013

Banana Cake Enak..Mudah dan Praktis


Kemaren hari Sabtu..dapet kiriman tepung banana  praktis..dari teman suami yang punya usaha pembuatan aneka tepung cake mix..praktis. Langsung dech minggu kemaren aku coba..karena penasaran rasanya. Oh ya..tepung banana cake ini praktis banget..karena cukup di kocok sekitar 4 - 5 menitan. Tinggal tambah telur dan pisang aja. Pemakaian telurnya juga ekonomis..setiap 250 gram tepung cuma butuh 3 telur. Sebenernya di dalam cake mixnya sudah ada tepung pisangnya juga..jadi unik dan beda dengan cake praktis lain ya..itu yang membuat aku penasaran. tapi untuk lebih memantapkan rasa pisangnya memang tetep harus di tambah pisang segar. Tapi nggak perlu banyak2. Aku buat kemaren 250 gram tepung , telurnya 3 butir dan pisang ambon satu..cukup ekonomis kan teman2..dan hasilnya..kayak di foto ini nich..enak..harum..terasa pisangnya dan manisnya pas. Cuma ini memang tekture cakenya jenis pound cakenya ya..jadi agak padat..jadi paling cocok di buat cup cake nich. 
9

Kaki Naga



Teman2..tau kan kaki naga..? Bukan kaki naga dalam arti sebenernya nya ya..tapi kaki naga nama makanan..hihi. Nggak tau juga kok di namakan kaki naga ya olahan ikan yang biasa di jual di kemasan gitu..tapi ya memang begitulah namanya..jadi pas aku bikin sendiri ini..ya ikut2 an aja di kasih nama kaki naga. Banyak merk dan kaki naga yang ada di asaran..biasanya dari bahan ikan. Namun ikan yang di pakai apakah benar2 ikan tenggiri atau ikan lain..kayak surimi..dll..nggak tau juga..jadi..lebih baik bikin sendiri di rumah. Cara membuat kaki sebenernya sama kayak bikin nugget ikan..cuma kalau kaki naga di lilitkan di stick dari bambu atau kayu..jadi bentuknya seperti pentul..atau sperti kaki naga ya...tapi masak kaki naga kaya pentul gini..kaki ayam kali ya..lebih mirip..hihi.
19

Rekomended Book...! Buat Yang Suka Baking..^^




Beberapa hari yang lalu aku dapat buku baru dari suami..buku tentang dapur juga sich..tapi bukan buku resep..tapi..tentang ilmu bakery. Alhamdulillah..bisa nambah2 ilmu lagi tentang perbakingan. Bukunya tentang seluk beluk bakery..dengan judul A - Z Bakery..di tulis oleh teman suami, yang memang ahli di bidang ini. Jadi..buat teman2 yang hobby baking..ini adalah salah satu buku yang rekomended dech buat di koleksi..apalagi yang punya cita2 ..suatu saat nanti punya usaha di bidang bakery..banyak ilmu yang bisa di pelajari dech dari buku ini. Berikut review bukunya ya teman2..semoga bermanfaat.
14

Sunday, November 17, 2013

Pisang Kluthuk


Pisang kluthuk..inilah pisang eksotis yang ku cari2 buat rujak cingur..hihi..tapi dapetnya baru kemaren di pasar..itupun nggak sengaja..nemu di Mbah2 penjual singkong langgananku..di kolong meja jualannya tersembul pisang ini..langsung dech..aku tanya..itu pisang kluthuk di jual tidak Mbah?..Eh Mbahnya bilang..nggak..itu pesanan pelanggannya yang lain..udah lama..dan baru dapat kemaren..carinya susah katanya. tapi..dengan sedikit rayuan..akhirnya aku dapat bagian sedikit juga dari Si Mbah yang baik hati..hihi. Alhamdulillah...akhirnya kemaren keturutan makan rujak cingur pakai tambahan pisang kluthuk muda ini di bumbunya. Memang..lebih sedep dan enak..!. Karena resep rujak cingur udah ku posting kemaren ya..jadi nggak ku tulis lagi resepnya. Jadi..sekarang aku mau cerita tentang pisang kluthuk ini saja ya teman2..^^
15

Bakso Udang Kuah Komplet..Satu Adonan Jadi Macam Macam Isian Bakso


Udah minggu lagi ya teman2..semoga hari liburnya menyenangkan ya..^^. Jika tidak ada acara keluar..paling enak memang masak aja..sesuatu yang beda dari hari2  biasa buat keluarga. Kalau aku suka masak yang ringan2..tapi enak..kayak bakso kuah gini. Nah..kali ini..aku bikin bakso udang kuah. Rasanya gurih banget..enak..seger dan ringan. Kemaren nemu udang seger yang masih loncat2..seneng dech..langsung ku beli dan ku olah jadi bakso udang ini. 
14

Saturday, November 16, 2013

Produsen Oleh2 dan Cemilan Probolinggo..Abon Lele..Kacang Madu..Dll


Sudah sering aku ngulas dan me review macam2 makanan ya..nah kali ini aku mau ulas beberapa oleh2 khas Probolinggo..yang jadi bisnis sampingan Kakakku di sana..yach..siapa tau aja ada yang membutuhkan infonya..atau ada yang mau coba..hihi..sekalian mempromosikan usaha Kakak..^^
0

Lapis Singkong


Di banding bikin cake2..aku memang lebih sering bikin jajanan tradisional ya..padahal pengen juga sering2 praktek bikin cake2..cuma..nggak ada yang ngabisin..hihi, paling2 aku makan sendiri..terus ku bagi2 ..lha suami dan anak..nggak suka cake2 gitu. Sendainya mereka suka..wah..bisa tiap hari kali baking aku. Tapi ntar dech buat variasi..tak coba bikin cake2 yang baru yang belum pernah di buat..sapa tau mereka mau ya..^^. Jadi sementara..bikin lapis dulu dech....bukan cake lapis...tapi..lapis singkong..hihi. Lha..kalau ini..suamiku kok malah doyan..sekali makan bisa habis 3 potong. Walaupun Yodha..tetep..*alergi singkong* katanya..hihi. Yo wis..yang penting salah satu suka..kalau Yodha..gampang..tinggal bikinin martabak manis atau wafel..udah anteng dia..cemal cemil. Wah..repot ya..kalau suami dan anak sukanya cemilannya beda2,..tapi ya..nggak masalah...buat mereka..apa sich ya enggak di lakukan ya..kan teman2.

46

Friday, November 15, 2013

Usus Ayam Dan Ati Ampela Bumbu Pedas Manis


Judul masakannya..suka2 ya teman2..hihi..sesuai rasanya soalnya..gurih pedas dan manis. Kemaren beli usus ayam kok ya nanggung cuma 250 gram..ya udah di campur ati ampela aja..di masak bareng..beres..kan sama2 jerohan ayam ya. Biar nggak bosan..aku bumbuin pedas, terus di ungkep sampai empuk. Pas udah habis airnya tambahin kecap manis sedikit..aduk2 sampai kering..jadi dech olahan usus ayam dan ati ampela yang enak..di makan pakai nasi hangat aja udah enak..atau paling cocok lagi di makan sama sayur gurih..cocok dech.
16

Thursday, November 14, 2013

Ebi ( Shrimp ) Okonomiyaki


Sarapan yukk teman2..yey..lagi sok sok an..sarapannya ala Jepang...hihi..padahal ini menu masakan ala Jepang yang paling sederhana, mudah..praktis dan murah bahan2nnya. Namanya cukup unik ya..Okonomiyaki..alias..pancake sayur kol ala Jepang. Ada dua macam Okonomiyaki katanya sich..ada yang versi campur langsung kayak gini..dan ada  juga yang adonan sama isian di buat berlapis2. Aku suka yang versi mudah saja..campur2 semua bahan. Tadi tuch males sarapan...karena udah nyemil wafelnya Yodha 2 biji..kebetulan suami juga puasa..jadinya nggak bikin sarapan buat suami..tapi..dasarnya perut kita..nich..udah nyemil wafel..2 biji..jam 10 an gini kok ya udah laper lagi..hihi..akhirnya tengok kulkas..ada kol dan udang..pengen bikin orak arik..tapi kok nggak ada sesuatu yang baru..akhirnya browsing resep pancake kol ala Jepang ini..dan ketemu yang paling mudah dan simple resepnya. 
7

Tips Membuat Wafel Yang Renyah



Dari kemaren Yodha minta bekalnya wafel, tapi karena cetakan wafel listrikku rusak..pecah karena dulu terjatuh..sejak itu rada males bikin wafel, soalnya adanya cuma cetakan manual yang di panggang di atas kompor. Tapi..demi Yodha..akhirnya aku bongkar2 gudang..cari cetakan wafel panggang manual ku yang dari alumunium dan udah ku simpan lama..hihi..nggak pernah ku pake..eh tapi malah nemu juga cetakan pancake / wafel mickey mouse yang dulu pernah ku beli di Toko Progo Yogya dan tersimpan manis di gudang. Kadang2 gitu dech..lupa..kalau pernah beli cetakan ini..itu..saking banyaknya..di simpan aja di gudang dapur..lupa makenya. Padahal kemaren pas ultah Yodha ya temanya mickey mouse..kok ya..nggak ke ingat kalau punya cetakan wafel atau pancake bentuk mickey ini..hihi. Dasar pelupa..!
24

Wednesday, November 13, 2013

Nasi Lengko



Nasi Lengko..nasi khas Cirebon..baru pertama ini sich bikin dan makan..gara2 iseng..buka2 majalah ada liputan tentang nasi lengko ini..dan tadi di tukang sayur ada semua bahan2nya..ya udah..coba dech. Berhubung baru nyoba..jadi buat seporsi aja..buat diri sendiri..hihi..takutnya suami nggak suka..soalnya.. unik..nasi..di makan sama sambal kacang..biasanya suami nggak suka kombinasi begitu..sukanya ya..sambal kacang itu...pakai lontong atau ketupat. 
8

Panada..Bukan Pastel..^_^


Bentuknya mirip pastel, tapi..ini bukan pastel..tapi sejenis roti goreng berisi suwiran daging ikan. Yapp...namanya adalah..Panada...jajanan khas Menado yang terkenal ya..selain klappertaart. Ikan untuk isian panada ini biasanya ikan tongkol yang di suwir kecil2..terus di bumbuin pedas gurih. Nah..berhubung aku punya banyak stock abon tuna yang ku buat kemaren..akhirnya aku buat isian panada ini. Enak juga lho..cuma nggak pedas aja isinya..karena kan buat bekal Yodha kemaren. Ini kedua kali aku bikin Panada..dulu banget pernah buat sekali..isi ayam sayur...dan hasilnya ini lebih oke..adonannya mudah di bentuk dan enak hasilnya. Kalau kulitnya sich kayak roti goreng gitu rasanya. Di padu isian abon tuna yang gurih..pas banget. 
26

Tuesday, November 12, 2013

Abon Tuna


Sebenernya aku jarang beli ikan sejenis tuna ini..karena dulu jaman awal2 nikah pernah tertipu..di kasih tongkol..sama..tukang ikan..dan akhirnya suami keracunan. Dulu belum pinter membedakan tuna dan tongkol...hihi. Walau keracunan ringan..tapi itu cukup membuatku trauma untuk membeli ikan tuna..atau tongkol. Tapi kemaren..pas ke pasar..nggak sengaja sich beli tuna. Pas beli udang lagi milih2..si ibu penjual ikan langgananku..nawarin..tuna..Bu..seger dan bagus katanya. Ah..nggak mau..ntar di kasih tongkol..eh si ibunya kekeh..ini beneran tuna Bu..bukan tongkol..liat dagingnya putih..dan masih segar. Iseng..aku pencet ikannya..emang masih kenyal dan segar. Akhirnya lha kok iseng banget aku mengiyakan untuk membelinya..padahal belum kepikiran mau di masak apa...soalnya tunanya lumayan gede..1 kg lebih kayaknya.
29

Monday, November 11, 2013

Resep Nasi Liwet Solo Komplit



Nasi liwet Solo..komplit...ini menu request suami buat buka puasa kemaren Kamis..baru sempat posting sekarang. Sebelumnya suami cuma request pengen makan ingkung ayam kampung sich..cuma tak pikir2..lebih enak lagi di buat nasi liwet Solo sekalian..mumpung masak ayam kampung..sekalian ribetnya..tapi juga..sekalian puas..makannya..karena komplit dan enak.
30

Sunday, November 10, 2013

Tips Membuat Bubur Ayam



Bubur ayam...menu sarapan..yang mudah di temui ya teman2..terutama di Jakarta..asalnya..atau dari Bandung ya..aslinya..entahlah..aku kurang tau pasti. Cuma..di Semarang pun banyak sekali penjual  bur yam di pagi hari..dan rata2 tulisan di gerobaknya..adalah..bubur ayam..asli Jakarta..hihi..berarti dari Jakarta kali ya..bubur ayam ini. Beneran lho..di Semarang atas aja..daerah Banyumanik dan Ngesrep..di sekitar tempat tinggal ku..banyak banget ya jual bubur ayam..dari sekitar Kanfer..Jatiraya..dan sekitarnya saja..ada kali 6 penjual bur yam..belum di Ngesrep..ada banyak lagi..dan ada yang terkenal..bubur ayam Pak Brewok..malah. 

5

Saturday, November 9, 2013

Adaan Ayam


Kemaren sore..ponakan ke rumah..minta tolong di buatin sapo tahu dan empek2 adaan untuk acara gathering kantornya. Oke..no problem...kataku..pede aja..langsung ku sanggupin..karena kemaren aku liat tenggiri di pasar  ada banyak. Tapi ternyata tadi pagi pas aku ke pasar.. nggak ada satupun ikan tenggiri yang ku temui di penjual ikan..hihi..kepedean..udah nyanggupin bikin empek2 padahal.Ya sudah..daripada mengecewakan ponakan..aku nekad aja bikin empek2 adaan pakai daging ayam dan udang. Eh..namanya bukan empek2 berarti ya..karena nggak pake ikan..tapi ayam..ya sudah ..apalah namanya..yang jelas..proses dan bahan lain seperti aku bikin empek2 adaan..cuma..ikan tenggiri aku ganti udang dan ayam. Hasilnya..enak juga lho..cuma memang nggak bisa sekenyal empek2 ikan. Hemm..berarti bener dugaanku..ikan tenggiri ini sifatnya bikin kenyal ya..untuk adonan empek2..siomay..otak otak dll. Dan aku semakin yakin..setelah kemaren bikin bakso ayam..aku campurin tenggiri..memang hasilnya jadi lebih kenyal..daripada bakso ayam yang cuma pakai daging ayam aja. Hemm..tapi ini baru pemikiranku saja sich..coba ..nanti kalau aku nemu tenggiri lagi..tak uji coba..bikin bakso..murni bakso ikan tenggiri,..jadi biar tahu hasilnya..kenyal atau tidak.

5

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel