Google Ad

Thursday, February 28, 2013

Puding ala KFC


Puding ini adalah hasil utak atik ku..gara2 Yodha suka banget sama puding KFC..aku juga suka..akhirnya..bereksperimen dech..biar bisa bikin puding coklat yang lembut ala KFC gitu..resep ini udah lama sich ku buat..dan udah sering ku buat..udah sering ku share di grup masak2..dan udah banyak yang coba juga..dan pasa suka hasilnya..tapi..kok lupa terus naruh di blog..sampai ada teman yang nanya..resep puding KFC nya udah di share di blog belum..hihi..ternyata belum ku posting..^_^..saking banyaknya resep yang udah ku uji coba.....kadang lupa...

Yukk marie yang suka puding lembut2..cobain dech..rasanya juga enak..nyoklat..resep ini tercipta pas aku coba keluaran baru agar2 merk Agarasa yang udah ada rasanya tuch..aku coba yang rasa coklat..trus ku tambahin susu kental manis dan sedikit coklat blog..dan ternyata hasilnya enak..lembut..dan nyoklat..ya..sebelas dua belas lah sama puding KFC..malah lebih enak malah..soalnya kan manisnya bisa di atur sesuai selera..plus di tambah dengan vla buatan sendiri juga..jadi makin uenakk dech..tapi kalau males bikin vla sekarang jug audah banyak kok vla instan yang enak dan murah...yukk marie..selamat mencoba teman2..^_^

Bahan :
  •  1 bungkus agar-agar bubuk merk AGARASA rasa cokelat yang besar
  • 1000 ml air
  • 1/2 gelas belimbing gula pasir
  • 2 sachet susu kental manis
  • 30 gram cokelat blok
  • ¼ sendok teh garam
Bahan vla :
  • 500 ml susu cair
  • 75 gram gula pasir (atau sesuai selera)
  • 10 - 20 gr maizena
  • 1 butir kuning telur
  • Essence vanilla secukupnya
  • ¼ sendok teh garam 
Cara membuat :
Puding
  1. Campur semua bahan. Masak dan aduk sampe mendidih.
  2. Tuang ke cetakan kecil-kecil.
  3. Tunggu sampe mengeras, baru dituangi vla di atasnya.
  4. Dinginkan di dalam kulkas.
Vla
  1. Masak susu, gula ,vanilla dan tepung maizena sampe mendidih.
  2. Ambil sedikit adonan di mangkuk, tambahkan kuning telur lalu aduk rata.
  3. Masukan kembali ke adonan vla. Aduk lagi sebentar hingga matang.
Tips :
Jika ingin praktis gunakan vla instan aja. Sekarang banyak di jual dalam kemasan, berbagai merek.


21

Wednesday, February 27, 2013

Kroket isi Daging Asap


Masih punya banyak daging asap..mau di buat makaroni skotel lagi kok bosan....ya udah..di buat isian kroket aja..kebetulan Yodha suka makanan dari kentang..kayak perkedel..kroket dan lain2. Isinya nggak perlu repot2 bikin isian ragout kayak kroket biasanya. Cukup di isi daging asap..telur rebus dan keju slice..praktis dech..dan rasanya yummy...jadi kayak isian American Risoles gitu cuma minus mayonaise..jadi namanya American Kroket ya?..hihi..ngarang..apapun namanya...yang penting enakk..paduan adonan kroket yang lembut dan gurih..di padu dengan isian daging asap, telur dan keju..yummy. Daripada American risoles..menurutku sich lebih enak ini..karena kan adonan kentangnya udah gurih..pas banget di isi daging asap..telur rebus dan keju slice..walaupun tanpa mayo..cocok dech buat sarapan yang praktis..atau bekal bergizi buat anak sekolah...

Yukk simak resepnya ya..hasil utak atik ku sendiri di dapur :

Bahan :

250 gram kentang kukus, haluskan
1 sendok makan susu bubuk
1/2 sendok makan margarin
1 buah kuning telur
Garam / bumbu kaldu instan, merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir secukupnya
Tepung panir kasar dan 1 butir telur kocok untuk lapisan

Bahan isian :
Daging asap secukupnya 
Telur rebus 2 butir, potong2
Keju slice 3 buah piotong kecil

Cara Membuat :
Campur kentang kukus dengan semua bahan lain dan bumbu kecuali tepung panir dan kocokan telur.Aduk rata.Ambil sedikit adonan, pipihkan. Isi dengan sepotong daging asap, telur rebus dan keju slice. Bentuk bulat lonjong. Celup ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir kasar. Goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan hangat.

Tips : Jika takut pecah  saat kroket di goreng..masukkan dulu adonan kroket yang sudah di bentuk dan di panir ke kulkas selama 1/2 - 1 jam..biar tepung panir juga menempel  sempurna. tapi sebenarnya asal menggoreng kroket di minyak banyak dan kroket nya terendam..serta jangan di bolak balik..aman kok..tidak akan pecah kroketnya. Selamat mencoba..^_^



12

Tuesday, February 26, 2013

Pisang Molen Renyah


Hihi..kemaren  sich udah niat ya gak bikin kue2 lagi ya..karena mau diet..tapi..kalau ada bahan2 bekualitas yang nganggur..tangan nich kok gatel nguplek di dapur. Kemaren ceritanya di kirimi pisang raja yang ranum2 dan matang   banget dari mertua..wangi dan manisnya menggoda..duch..langsung dech....cling....pengen buat pisang molen..pasti uenakk..hihi..apalagi dari dulu pengen coba resep baru yang renyah yang udah ku save lama. Udah sering bikin pisang molen..tapi renyahnya biasanya pas masih panas aja..pas udah dingin jadi gak renyah lagi dech. Trus jadi teringat resep baru yang udah lama pengen aku coba..dan tara..bener akhirnya beneran renyah lho..sampai dinginpun molennya tetep renyah. Aku bikin kemaren siang..sampai pagi ini  pun tak makan masih enak dan renyah. Wah..sippp resepnya musti di simpan nich..

Buat yang suka pisang molen ala pinggir jalan gitu..yukks bikin sendiri..selain di isi pisang..dengan tambahan keju..coklat blok atau coklat meises, lebih enak lagi. Selain pisang juga bisa di isi nanas..nangka... tape dll..enak juga lho..selamat mencoba......

PISANG MOLEN RENYAH 

Bahan :

• 250 gram tepung terigu protein tinggi
• 50 gram gula halus
• 60 g mentega , cairkan ( pakai margarin juga bisa )
• 50 ml air hangat
• 1 kuni
ng telur
• Pisang raja secukupnya
• Garam 1/4 sendok teh
• 1 sdt vanilli
 
Cara Membuat :
• Campur terigu, gula, garam, vanilli, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan mentega, tuang air sedikit-sedikit, ulenin adonan hingga kalis. Tutup adonan dengan plastik/serbet bersih, diamkan ± 20 menit
•  Ambil secukupnya adonan, giling setebal kira-kira 2 mm, lebar ± 3-4 cm, kira-kira sepanjang 30 cm.
•  Gulungkan ke dalam pisang, lakukan hingga adonan habis.
•  Goreng dalam minyak, usaha kan semuanya tercelup. Setelah kuning balik, angkat, tiriskan.
20

Friday, February 22, 2013

Terancam Versus Karedok


Di bulan ke delapan kehamilan nich..badan terasa makin berat aja..kaki mulai agak bengkak..sering kram dll..keluhan ibu hamil tua. Jadi udah gak bisa lagi nich sering masak2 yang berkalori tinggi dan yang manis2 teman..hihi..tapi ya tetep lah kadang2..buat suami dan Yodha..nah kalau buat aku sendiri udah di saranin dokter buat berdiet dikit..banyak makan sayur dan buah2 an aja.

 So..akhirnya menu2 sayuran inilah yang sering ada di meja makan siang ku..hihi..soalnya yang makan aku sendiri..ntar kalau sore..baru dech masak lagi komplet buat suami dan anak. Biarpun sayuran..tetep harus enak dong..makanya aku lebih suka masakan sayuran yang berbumbu kuat gini. Sayurannya sich mentah semua..cuma biar aman buat bumil ..ku cuci bersih dan di bilas air panas juga..tapi..tetep kres2 masih seger kok sayurannya. Ini 2 menu sayuran mentah favoritku, Terancam dari Jawa Tengah dan Karedok dari Jawa Barat, keduanya sama menggunakan sayuran mentah yang di iris kecil2, bedanya cuma di bumbunya. Kalau Terancam menggunakan bumbu kelapa, sedangkan Karedok  menggunakan bumbu kacang. Rasanya..sama2 enak..yukk cobain,.......

Terancam

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
10 lonjor (150 gram) kacang panjang, dipotong 1 cm
3 tangkai (15 gram) daun kemangi
3 buah (250 gram) ketimun, dibuang biji, dipotong kotak
100 gram taoge pendek
50 gram kol
1 buah wortel

Bahan Bumbu:
250 gram kelapa parut kasar sedang, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda , kukus
3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 sendok makan  gula merah ( atau sesuai selera )
4 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh terasi, digoreng
2 cm kencur
1 1/4 sendok teh garam
1 buah cabai merah

Cara Pengolahan :
  1. Haluskan bahan bumbu, kecuali kelapa parut.
  2. Aduk rata bumbu halus dan kelapa parut.
  3. Tata kacang panjang, daun kemangi, ketimun, taoge pendek, dan petai cina. Sajikan dengan campuran kelapa parut.

Karedok

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
3 buah terong hijau bulat, potong-potong
100 gram taoge, buang akarnya
5 lembar kol, iris
2 tangkai daun kemangi
6 lonjor kacang panjang, iris 1/2 cm
2 buah ketimun, potong-potong
50 gram kerupuk kanji untuk pelengkap

Bahan Sambal:
150 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
180 ml air hangat
2 sendok teh air jeruk limau

Bumbu Halus:
6 buah cabai rawit merah
6 buah cabai merah keriting
1 cm kencur
1 sendok teh terasi, digoreng
2 sendok teh garam
2 sendok makan gula merah sisir

Cara Pengolahan :
  1. Sambal: ulek rata bumbu halus dan kacang tanah.
  2. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diulek rata.
  3. Tambahkan air jeruk limau. Ulek rata.
  4. Masukkan taoge, kol, daun kemangi, kacang panjang, terong hijau, dan ketimun. Aduk rata.
  5. 5. Sajikan dengan kerupuk kanji.
1

Thursday, February 21, 2013

Jenang Gempol


Ada yang tahu jenang gempol ?..Jenang khas Yogya..jajanan pasar..makanan masa kecilku. Jenang adalah bahasa Jawa dari bubur. Jadi jenang gempol artinya sama dengan bubur gempol. Jenang gempol terbuat dari tepung beras. Jenangnya udah manis, karena memakai gula merah...nah kalau gempol sendiri adalah toping untuk jenang nya yang terbuat dari tepung beras juga yang di bentuk bulat bulat kayak bakso begitu. Rasanya..enak banget ya, apalalagi kalau punya nostalgia..kenangan di jaman kecil sering makan jenang ini..pasti pas udah tua gini..suka merindukan si jenang gempol ini..hihi..kayak aku. Sayang si jenang gempol ini cuma da di Yogya..jadi kalau udah nggak tinggal di Yogya ya harus bikin sendiri. Di Semarang sebenarnya ada sich yang mirip gempol Yogya gini..tapi kok beda ya rasanya...kalau di Semarang gempol ini malah jadi minuman. Di sajikan bersama kuah santan dan gula serta es batu. Tapi dari segi enaknya..masih enak gempol ala Yogya dech.

Setelah mencoba berbagai resep..dan belum bisa otentik..akhirnya daku bisa membuat gempol yang lumayan otentik gaya Yogya sich..walau buatnya praktis, karena aslinya memebuat gempol ini sangat ribet. Kalau yang asli Yogya tuch..dari tepung beras baru yang di kukus sambil di percik2 air..kalau udah  matang di bentuk bulat2..lalu di rendam santan..kemudian bulatan2 itu di parut jadi butiran2 kecil..terus di bentuk bulat2 kecil lagi dan di kukus lagi..jadi hasilnya empuk dan ngeprul gempolnya....duch ribet ya..kayaknya..itu sich yang aku dengar dari ibuku caranya. Kalau yang ku buat ini..cara praktis saja lah..tapi hasilnya udah lumayan lah..mirip2 sama yang di Yogya. Resepnya ku coba dari blognya Mba Ninik Sudomo Yogya..makasih resepnya Mba..cuma kemaren kok lupa mengubah ke gram ya teman2 resepnya..ntar kalau aku bikin lagi aku ubah ke gram dech biar lebih mudah takarannya..sementara aku contekin resep Mba Ninik dulu ya..pakai ukuran gelas..^_^....Yukk..mari sarapan jenang gempol teman2...

Jenang Gempol


Bahan gempol :
1 gelas beras putih direndam semalam
2 gelas air
2 sdm kelapa parut
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Cara membuat gempol:

Beras dicampur air dan blender sampai berbutir halus (jangan sampai halus banget).
Masak air+beras sampai kental, matikan api dan tambahkan kelapa parut.
Adonan dibentuk bulatan sebesar kelereng dan kukus selama kurleb 20 menit. Bikin bulatannya harus sambil di tekan2 kuat ya..supaya tidak ambyar lagi kalau di kukus..tapi jika takut ambyar..bisa di tambahkan sedikit tepung tapioka buat perekat, 1-2 sendok  teh cukuplah.

Bahan Kuah santan:

3 gelas santan
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan
Rebus semua bahan sampai mendidih. Masukkan gempol ke dalam kuah santan.

Bubur sumsum coklat


Bahan:

1/2 gelas tepung beras
2 gelas santan encer
1 sisir gula jawa
1 lbr daun pandan

Cara membuat:

Rebus air dan gula jawa sampai gula larut, saring, rebus kembali dan masukan tepung beras yang sudah dilarutkan dengan sedikit air, aduk2 sampai mengental dan matang.

Penyajian:

Ambil 3 sdm bubur sumsum dan beberapa biji gempol dan tuang kuah santan. Lebih enak disajikan dingin atau ditambah es.





10

Tuesday, February 19, 2013

Apam Polkadot


Apam polkadot..ini salah satu resep yang nge trend banget ya di Malaysia..sejak beberapa waktu lalu..cuma aku kok gak berminat membuatnya dari dulu..nah kebetulan pas di grup langsungenak juga kayaknya jadi trend..aku masih belum berniat membuatnya..karena ya..bisa kebayang lah..rasanya ya paling begitu2 aja..apam kukus..hihi..aku kurang suka. Tapi meliat postingan teman2 yang kurang sukses bikin apam ini..ntah itu malah mekar atau bentuknya mengekrut dll..aku kok jadi penasaran aja..susah atau tidak sich bikin apam dot2 ini. 

Biar otentik ku coba resep aslinya dari Malaysia sana..aku ikut resep dari Apam polkadotnya dapur CT..walah ternyata gampang aja kok teman2..malah lebih gampang daripada bikin bolkus mekar lho..suer..hihi..lha ini hasilnya punyaku nge dome..nyempluk2..cuma kurang rapi dikit aja bikin dot2 nya..maklum kemaren rebutan sama Yodha..kantong plastik segitiganya..jadi buru2..karena dia juga mau bantu bikin motif dot2nya..^_^..wis terbayar sudah rasa penasaranku..tapi resepnya belum ku share langsung di sini ya..soalnya ya aku belum cocok sama rasanya..nanti kalau aku berhasil mengutak atik resep sendiri yang enak apam dot2 nya..baru ku share ya teman2..tapi kalau mau mencoba ya di klik aja di link di atas ya resep aslinya..mungkin teman2 ada yang suka..rasanya kayak apem kukus biasa..hihi..mungkin next time ku coba pakai resep bolu kukus gitu kali ya yang lebih lembut dan enak..^_^




7

Monday, February 18, 2013

Onde Onde Ketan Hitam


Onde2.snack tradisional dari tepung ketan...yang di isi biasa dengan lumbu kacang hijau. Rasanya enak, manis dan gurih.Aku suka onde2 dari kecil..senengnya dulu pas kecil dapat oleh2 onde dari Ibu kalau ke pasar. Tapi sekarang sejak suka masak2..lebih suka bikin onde2 sendiri..rasanya tentu saja lebih enak daripada  beli. Bikin onde onde ketan putih biasa udah sering banget..nah kali ini aku coba buat onde2 pakai tepung ketan hitam. Rasanya juga enak..ada aroma khas tepung ketan hitamnya..yang sedikit beda cuma tekturenya ya..karena tepung ketan hitam ini kan tidak seliat tepung ketan putih ya..kalau di buat kue2. Untuk adonan tetep pakai campuran tepung ketan putih dan sedikit kentang kukus..biar tidak keras onde2nya..karena memakai tepung ketan hitam. Nah..jika suka aroma ketan hitam...yukks cobain teman2..ini resepnya ya..

Onde Onde Ketan Hitam

Bahan Isi:
100 gram kacang hijau, direndam 1 jam ( aku pakai kacang hijau kulit )
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
60 gram gula pasir ( atau sesuai selera )

Bahan Kulit:
150 gram tepung ketan putih
75 gram tepung ketan hitam
25 gram tepung sagu ( aku ganti kentang kukus 50 gram )
180 ml air
50  gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
80 gram wijen putih untuk pelapis
minyak untuk menggoreng


Cara Pengolahan :
  1. Isi: kukus kacang hijau 15 menit. Rebus santan, daun pandan, garam, dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan kacang hijau. Aduk sampai kalis. Bentuk bola-bola. Sisihkan.
  2. Kulit: rebus air, gula pasir, dan garam sampai larut. Hangat-hangat tuang ke campuran tepung ketan putih, tepung ketan hitam, yang sudah diayak dan tepung sagu / kentang kukus. Uleni kalis.
  3. Ambil adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bola-bola.
  4. Celup ke air. Gulingkan di wijen.
  5. Goreng sampai matang dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang.
1

Friday, February 15, 2013

Menu2 Istimewa * Resep Cinta *..di Hari Kasih Sayang


Tanggal 14 Februari…Valentine day ..hari yang penuh kasih sayang ya teman2..dan buat keluarga kecilku..hari itu juga hari yang special..karena tanggal 14 Februari adalah hari ulang tahun pernikahan kami. Dari jauh jauh hari sich aku udah mikir..mau masak apa ya di hari istimewa tersebut buat suami dan anak tercinta..buat cake spesial udah sering..nasi kuning komplet juga..atau makan di restoran favorit udah sering kami lakukan. Tahun ini..pengen yang beda ahh..masak spesial aja di rumah..nah pas buka website http://resepkita.com/..cari inspirasi dech..masakan apa yang special yang kira2 di sukai oleh suami dan anak. Aku buka dech satu persatu koleksi resep di Resepkita..dari mulai masakan..kue2 dan minuman..yess..dapet yang cocok dan spesial komplet dari menu pembuka sampai penutup. Rabu malam..semangat belanja ke Supermarket dekat rumah..rencana Kamis tinggal di masak dan bisa makan malam istimewa dengan suami dan anak. Tapi ternyata..paginya suami bilang…kalau hari Kamis kemaren ada undangan rapat mendadak di luar dan harus pulang sampai malam..oo..gagal dech ngasih kejutan masakan spesial pas di hari kasih sayang..tapi..gak apa2..masaknya hari Jumat aja dech..jadi di undur aja..yang penting..niatnya tetep semangat untuk memanjakan orang2 yang paling ku sayangi dengan masakan yang spesial. Jadilah hari ini aku sibuk di dapur, bikin 3 masakan , 1 puding dan 1 minuman..dan semua resepnya ku coba dari Resepkita….makasih Resepkita..jadi gak perlu pusing lagi dech cari resep yang spesial buat keluarga tercinta.

Ini dia makan malam istimewa kami tadi..



Menu pembukanya..American American Risoles ....ini adalah menu cemilan favorit suamiku...penuh cinta nich..hihi...karena isinya penuh dan istimewa..ada daging asap..keju dan telur serta saos mayonaise yang yummy..eh resep dari resepkita nich mayonaisenya jadi beda lho..karena memakai tambahan maggi seasoning..nggak kayak resep lain yang pernah ku coba…yukk cobain..bikinnya juga praktis..klik aja resepnya di link atas ya..untuk kulitnya aku sedikit modifikasi ya..karena terlalu kental..susah di dadar..jadi ku tambahin susu cair 50 ml .



Menu utamanya Sup Iga Sapi Bakar ...Iga bakar..menu favorit keluargaku ...rasanya..selalu enak…dan tidak pernah bosan . Sup iganya gurih..dan iganya di bakar..di olesi saus tiram dan ku tambahin sedikit kecap manis..rasanya..sungguh nikmat. Untuk supnya ku modifikasi dengan tambahan sayuran..biar semakin lengkap gizinya.



Menu sayurannya adalah Brokoli Tahu Jepang Saus Tiram.....Menu ini favoritnya Yodha..simple dan gampang banget buatnya...tapi rasanya istimewa. Biar tambah meriah..ku tambahkan wortel..jadi tambah bergizi juga..



Menu penutupnya..favorit Yodha adalah puding batik, duch pas liat foto pudingnya di  yang lucu dan unik di resepkita..langsung dech pengen cepet2 coba..tapi hasilnya belum bisa sebagus foto aslinya di resepkita sich..tapi yang penting rasanya yummy..Yodha suka sekali.



Menu penutup minuman yang di sukai Suami adalah Punch Orange..wah..rasanya seger sekali…pas untuk menutup makan malam istimewa kami tadi.

Terimakasih resepkita.com atas resep2nya..hari ini aku bisa memberikan menu2 spesial untuk yang tercinta di hari special..walau terlambat merayakannya..untuk dua orang yang paling ku cintai dalam hidupku..suami dan anakku.

10

Wednesday, February 13, 2013

Cake Kukus Labu Kuning Lapis Coklat


Wow..terpesona sendiri aku ketika kue ini matang..hasilnya cantik sekali..hihi..*pede.com*....pemakaian labu kuningnya memberi warna alami yang cantik pada kue ini..di padu dengan adonan coklat di atasnya..sungguh..paduan yang indah..hihi..lebay ya. Rasanya...tentu saja sedap..teman2..enak banget..moist dan menul2..empuk..manisnya pas..di makan anget2 gitu sungguh enak..karena di dalamnya juga ada isian coklat masak pekat yang di serut..dan ketika kue ini masih hangat..coklatnya meleleh..yummy. 

Sebenernya kue ini sudah jadi target uji coba dari dulu lama banget..tapi baru keingat sekarang..setelah tadi liat labu kuning bagus yang di bawa tukang sayur. Resep dari tabloid Saji edisi lama. Saking banyaknya list resep yang ku jadwalkan di coba..koleksi tabloid ku udah nggak berbentuk rapi lagi..hihi..biasanya resep2 yang menarik ku potong..terus ku taruh di daftar list uji coba..tapi pada akhirnya ya numpuk2 juga.,.saking banyaknya list resep..hihi.

Back to kue labu  nya..ayukk di coba..nich bahan2nya ekonomis kok..dan bikinnya gampang banget..cek resepnya ya..:

Bahan-bahan :

3 butir  telur
75 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
85 gram tepung terigu protein sedang
15 gram susu bubuk
75 gram labu kuning kukus, dihaluskan
75 ml santan dari 1/4 butir kelapa hangat ( aku pakai santan instan Bumas 50 ml ,  di encerkan jadi 75 ml )
1/4 - 1/2 sendok teh cokelat pasta
50  gram coklat masak / meises cokelat untuk taburan
1/4 vanili bubuk ( tambahan dariku )

Cara Pengolahan :
  1. Blender / saring  halus santan dan labu kuning. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, garam, vanili dan emulsifier sampai mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Masukkan campuran labu kuning sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  5. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata.
  6. Tuang adonan cokelat di cetakan plastik bentuk bunga / cetakan bolu sakura yang sudah di oles minyak goreng setinggi 1/3 cetakan. Kukus 10 menit dengan api sedang.
  7. Tabur coklat masak serut / meises secukupnya. Tuang dengan adonan kuning. Kukus 10 menit sampai matang.
65

Banana Crunchy


Judulnya keren ya..padahal ini cuma pisang goreng sih..hihi. Kalau bosan dengan pisang goreng biasa..dengan sedikit kreativitas..kita bisa kok bikin pisang goreng jadi spesial. Caranya ya di buat banana crunchy gini. Mudah banget kok buatnya. Kita siapkan bahan2 seperti membuat pisang goreng biasa..tapi setelah di celup adonan tepung, lalu gulingkan di tepung panir / pangko putih kasar, lalau goreng seperti biasa dech. Setalah itu sajikan dengan coklat leleh. Kalau mau lebih kaya rasa..di dalam pisang bisa di selipin juga sepotong keju...sebelum di celup adonan tepung...wah..lebih yummy dech rasanya. So..tunggu apa lagi..ayo cari pisang raja atau pisang kepok yang bener2 matang ya..biar pisang gorengnya lebih legit...^_^..

Banana Crunchy

Bahan2 :
Pisang raja atau kepok yang matang benar
Adona tepung pencelup pisang goreng ( terigu ,telur, air, sdkt gula pasir, dan garam serta vanili , tapi jgn terlalu kental ya adonannya )
Tepung panir / panko kasar ( contoh merk Mamasuka )
Coklat leleh untuk hiasan

Cara Membuat :
Belah pisang masing2 jadi 2 bagian, celup ke adonan tepung, tiriskan , lalu guling ke tepung panko kasar hingga rata.
Goreng di mnyak panas sedang hingga kuning keemasan, sajikan dengan coklat leleh.

Selamat mencoba.
0

Tuesday, February 12, 2013

Kue Getas


Aku buat kue ini udah beberapa waktu lalu..cuma lupa terus mau posting di blog..padahal kue ini kue favorit ku dan suami..enak banget. Kue getas adalah kue dari Jawa Tengah yang di buat dari tepung ketan dan kelapa..di goreng terus di balut / di besta pakai gula pasir. Ada yang bilang kue ini kue gemblong ya..kalau di Jakarta dan sekitarnya..tapi ada yang bilang juga beda..karena kue gemblong itu dari ketan kukus yang di tumbuk terus di goreng dan di besta gula juga, tapi pakai gula  merah. Jadi..aku pakai nama kue getas aja..karena nama ini lah yang melekat di ingatan ku..karena ibuku juga sering buat dulu dan juga di pasar2 tradisional di Jawa Tengah di sebutnya kue getas. Rasanya enak sekali..legit..gurih dan manis. Kalau beli di pasar tuch kadang alot dan terlalu manis kue getasnya..nah kalau bikin sendiri..bisa pas..rasanya sesuai selera...manisnya juga pas..makan banyak pun tidak akan bosan..heran juga ya..kadang penjual jajan pasar di pasar tradisonal tuch sekarang kurang otentik rasanya, nggak kayak jaman dulu masih kecil. Jadi..biar puas dan lebih bersih..ayo bikin sendiri jajan pasar kue getas ini..di jamin..enakkk..dan bikinnya juga gampang banget ^_^......

Kue Getas 

Bahan-bahan :
125 gram tepung ketan putih
50 gram tepung beras
150 gram kelapa parut kasar
3/4 sendok teh garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
minyak untuk menggoreng

Bahan Besta:
75 gram gula pasir
35 ml air
1/2 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata tepung ketan putih, tepung beras, kelapa parut, dan garam. Tuang santan sedikit – sedikit. Aduk rata. Bentuk bulat pipih.
  2. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  3. Besta: rebus gula pasir, garam dan air  sambil diaduk sampai berambut dan kental. Masukkan kue. Aduk rata. Matikan api. Aduk terus sampai kering.
Tips agar besta warnanya bisa putih..buat bestanya pakai api kecil dan aduk terus sampai kental dan berambut..baru masukkan getasnya..aduk2 dan matikan api..nanti gula akan mengkristal dengan sendirinya.
Buat ukuran getasnya jangan terlalu besar ya, supaya cepat matang sampai ke dalam2 juga, kalau terlalu besar dan kelamaan di goreng, hati2 getasnya bisa mbledos..hihi.





33

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel