Wednesday, July 3, 2013

Kulit Ayam Goreng Krispi


Hari ini udah terlanjur pesan kulit ayam di tukang sayur langganan..eh Yodha malah udah nggak mau lagi kulit ayam bacem..lagi bosan katanya..hihi...ya udah..akhirnya berubah haluan di goreng tepung krispi aja..eh berhasil..akhirnya mau makan dia. Kulit ayam krispi ini jika buatnya sekalian banyak nggak apa2 teman2..bisa di simpan di freezer sudah dalam keadaan di goreng..nanti jika mau makan bisa di goreng lagi supaya renyah..tapi musti di kemas rapat dalam plastik ya..jadi kayak kulit ayam krispi kemasan *crispy crunch* merk terkenal itu lho teman2. Daripadi beli kan mahal tuch sebungkus..kalau bikin sendiri..lebih murah lho..dan jadinya lebih banyak..bumbu juga bisa di seuaikan selera..jadi lebih enak..^^


Kulit ayam krispi ini bikinnya juga mudah saja..nggak perlu di celup larutan tepung dulu kayak bikin ayam krispi yang pernah ku posting di sini..tapi cukup di celup putih telur dulu..baru di gulingkan ke tepung pelapis. Karena kan kulit ayam nich udah bentuk lembaran tipis ya..jadi nggak perlu lapisan tepung yang tebal..udah gurih..enak..dan renyah. Dengan di tambah putih telur..hasilnya juga makin krispi. Kalau mau super krispi..kayak kerupuk..hihi..bisa juga...gorengnya di lamain dikit sampai kecoklatan tua ya..kalau aku sampai kuning kecoklatan aja..lah kalau coklat tua..bisa marah *Mbah kameranya* karena penampilannya yang nggak oke buat di foto. Untuk menggoreng kulit krispi ini..usahakan minyak banyak dan terendam ya..biar benar2 renyah hasilnya. Oke..mau coba..ayoo..segera ke dapur..ya..ini aku kasih resep kulit ayam goreng krispinya..
Bahan :
200 gram kulit ayam, cuci bersih
1 butir putih telur
2 siung bawang putih, haluskan
1/2  sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk
( Aduk rata )
150 gram tepung terigu dan 2 sendok makan tepung maizena
1 sendok teh baking powder
1 sendok makan peres saja bumbu kaldu bubuk rasa ayam / garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh bubuk bawang putih ( jika ada )
( Aduk rata dan ayak sebagai bahan tepung pelapis )
Cara Membuat :
Gulingkan kulit ayam yang sudah di bumbuin dan di campur putih telur ke tepung pelapis, sambil di cubit2 biar keriting. Goreng hingga matang dan renyah.
Sajikan dengan saus .


7 comments :

  1. mbak baking powder fungsinya buat apa ya kalo di campur di tepung u/ bkin goregan?apa bedanya pake baking powder dan gak pake? pemula bgt nih mbak jd tanya2 sm ahlinya dl hehehehe......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tambah renyah Mba..:)..nggak pake ya nggak pa2 sich..:)

      Delete
  2. Iya betul tuh mba.. buat bikin lebih crispy pakai baking powder dan maizena 😊

    ReplyDelete
  3. Tepung terigunya bebas kah mbak mau pake ap aja??

    ReplyDelete
  4. Tepung terigunya bebas kah mbak mau pake ap aja??

    ReplyDelete