Google Ad

Monday, April 23, 2012

Cara membuat Sandwich lucu Sponge Bob

 
Pas peringatan hari kartini dan ulang tahun sekolah kemaren ada lomba memasak sandwich di sekolah Yodha. Semangat dia mau ikut. Akhirnya kita diskusi dech mau bikin sandwich apa..eh dia nyeletuk..bikin sandwich spongebob aja Ma.....good idea darling..!..Roti tawar kan bentuknya kotak dan kayak sponge juga kan..jadi perfecto buat di bikin sandwich yang lucu. Hunting bahan2 malemnya dapet semua..trus ku latih malemnya untuk menysun sandwichnya nanti di sekolah..dan ..tara..lucu ya hasilnya..dan yang penting..Yodha Juara 1 lho dalam lomba ini.....dapet piala dech..^^..senengnya dia..sampe di peluk2 pialanya..katanya..aku ngalahin Mama..haha



Tapi lucu kok..roti tawar di bentuk sponge bob..mau coba..ayo siapkan bahan2 nya ya..pasti dech bakalan jadi menu bekal yang seru buat si kecil..

Ini dia bahan2 dan cara membuatnya.

Untuk badan sponge bob , kita butuh 2 macam roti tawar, roti tawar putih biasa dan yang rasa coklat untuk celananya.
Bahan isi sandwich..sesuai selera aja, kemaren Yodha isinya : telur mata sapi, smoke beef dan keju slice.
Bahan hiasan :
Mata : Bisa dari lobak, ujung ketimun yang gak ada bijinya, melon kuning, dll . Bulatan di dalam matanya bisa pakai ketimun hijau.
Bahan dasi : wortel
Bahan bulu mata dan hiasan baju  : ketimun
Bahan tangan dan kaki  serta gigi: keju lembaran

caranya gampang:
Tinggal di susun 2 buah roti tawar putih jadi badannya spongebob,di isi apa aja sesuai selera. lalu tambahkan baju dan celana memakai roti tawar coklat, setelah itu di pasang mata, bulu mata dan hiasan celana serta dasinya. Jangan lupa sepatunya juga ya. Eh tapi ada yang lupa tuch sebenernya Yodha..baju spongebobnya yang putih..dan lengannya....harusnya pakai keju juga tuch..gak pa2..udah mirip spongebob kan..So..this is it....Sandwich spongebob ala Chef Yodha..xixi..tapi habis di nilai juri..kakinya langsung di makan dia..^^



0

Sunday, April 22, 2012

Tahu Plethok atau Tahu Aci..semua..enak..


Sudah lama aku mendengar tentang tahu plethok..yaitu olahan tahu yang berasal dari Tegal. dari cerita dan tulisan2 yang ku baca sich..katanya enak sekali. Aku sampai penasaran..masak sich..cuma tahu yang di isi aci / tapioka dan bumbu..enak ?..Bukannya  lebih enak kalau pakai ikan tenggiri..kayak siomay gitu..atau pakai daging sapi..kayak tahu bakso gitu..! Itu pikiranku dulu..sebelum mencicipi si tahu plethok ini. Akhirnya rasa penasaranku terbayar sudah, ketika aku bisa membuatnya sendiri. Sudah lama sich dapet resepnya dari tabloid koki..cuma cari tahu tegalnya yang bingung di mana. ternyata..di toko daging langgananku di deket rumah..jual tahu tegal..oalah..baru tau aku....gak pernah merhartiin..ku kira ya tahu biasa gitu..pas baca ada tulisannya tahu Tegal..langsung dech beli...akhirnya kesampaian juga bikin dan makan tahu plethok. 

Setelah mencobanya..rasanya enak lho. Dengan komposisi bahan yang sederhana ini, ternyata menghasilkan suatu makanan yang unik ..dan gurih..gak bikin eneg kayak siomay atau tahu bakso. wah..cucok dech..di lidahku..makan tahu plethok..sama sambel bawang kecap manis pedas..yummy. Sungguh..enak lho..^^ Makanya tidak heran kalau di Tegal sana, tahu aci / plethok ini sudah jadi salah satu icon kuliner atau oleh oleh khas yang terkenal. Kapan ya bisa mencicip aslinya..hemm..tapi bikin sendiri ini juga enak kok....

Cuma setelah ku baca2 informasi di internet..ternyata aku sedikit salah..yang ku buat ini bukan tahu plethok..tapi tahu aci....maaf ya..gak tau sich....lha di tabloid koki di tulisnya tahu plethok gitu. Ternyata yang namanya tahu plethok, komposisi bahannya sama, cuma cara gorengnya dan tekturenya yang berbeda. Kalau tahu aci di bentuk segitiga dan di isi dengan adonan aci, lalu di goreng jadinya agak kenyal kenyal gt. Kalau tahu plethok, tahunya di belah memanjang, trus di olesi adonan aci juga, lalu di goreng sampai kering. Konon dulu ceritanya menu tahu plethok ini..di buat oleh pedagang tahu aci untuk memanfaatkan tahu aci yang tidak habis terjual..lalau di olah lagi menjadi tahu plethok ini. Jadi tahu aci yang tidak habis terjual di belah dua jadi tipis, lalu tambahin adonan aci lagi..lalu di goreng hingga kering. Akhirnya karena di sukai juga, terciptalah produk baru dengan nama tahu plethok ini..begitulah kira2 ceritanya....maaf ya jika salah....wong saya cuma baca referensi di internet . Tapi kenapa di namakan tahu plethok ya ,kan bahanya juga sama dengan tahu aci ? Begini seritanya lagi....pemakaian nama 'pletok' sendiri konon dipakai karena saat menggoreng tahu, terdengar suara pletok... pletok dari wajan. Suara ini karena letupan adonan aci yang terkena minyak panas. Akibatnya permukaan tahu menjadi sedikit bergelombang atau "keriting". Untuk menikmati makanan ini haruslah dalam keadaan panas-panas, sehingga saat dinikmati lapisan kanjinya renyah dengan rasa gurih plus sedikit aroma bawang. Saat dicocol dengan sambal kecap hmm... rasanya pasti makin mantab. Tapi apapun itu.....tahu plethok ataupun tahu aci..enak semua kok menurutku. Next time mau coba yang ala tahu plethok beneran dech..pasti lebih enak..karena kan jadi garing dan matang sempurna acinya..

Oh ya..mau coba bikin tahu aci / tahu plethok sendiri di rumah..ini dia resepnya dari tabloid koki :

Bahan :

5 buah tahu tegal, potong serong jika untuk tahu aci, belah dua memanjang jika mau jadi tahu plethok
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
Daun bawang 3 batang,iris halus
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
Garam secukupnya
Air secukupnya 

Cara membuat :
Keruk sedikit isi tahu, lalu campurkan dengan campuran tepung , daun bawang dan bumbu. Aduk rata, tambahkan air secukupnya sampe jadi adonan kalis dan bisa di pulung. 
Untuk tahu aci, isikan ke cekungan tahu segitiga, untuk tahu plethok, oleskan di permuakaan tahu . Goreng sampai kuning kocoklatan dan matang sempurna. Sajikan dengan sambel kecap manis pedas.
3

Thursday, April 19, 2012

Sosis Solo Goreng


Sosis Solo..adalah snack goreng yang gurih..sejenis risoles tanpa panir dengan isi ayam cincang dan gurih manis. Dengan kulitnya yang lembut serta rasa gurih ayamnya..pas dech rasanya..apalagi di makan dengan cabe rawit ..wah..satu..tidak bakal cukup....
Sesuai namanya ..makanan ini berasal dari Solo. Sebulan yang lalu  sich aku sempat bikin sosis Solo juga..cuma kemaren yang versi pelengkap untuk isian Timlo Solo. Yang aku buat hari ini, yang bisa di makan langsung sebagai cemilan atau snack. Sncak ini cukup populer..bahkan di luar Solo sekalipun..seperti di Semarang..Sosis Solo ini juga jadi snack favorit untuk banyak orang.

Membuatnya gampang sich..mau coba..ini dia resepnya..yang sudah ku sesuaikan selera ku ya..alias hasil utak atikku sendiri..^^

Bahan Kulit :

125 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur yang besar  ya
300 ml santan cair / air biasa
1/2 sendok teh garam

Bahan isi :

Ayam rebus yang sudah di suwir suwir kecil 250 gram
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1/2 sendok teh
Pala bubuk 1/4 sendok teh
Bumbu kaldu ayam 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sendok makan

Cara Membuat :

Kulit : Campur semua bahan,aduk rata sampai halus,saring jika perlu. Dadar satu persatu seperti mebuat kulit risoles.

Isi : Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lalu tumis hingga harum dan matang, masukkan ayam dan bumbu2 lain, tambahkan sedikit saja air, agar bumbu bisa merata, lalu aduk hingga kering. Dinginkan.

Penyelesaian :

Ambil selembar kulit ,isi dengan satu sendok adonan isi, lalau gulung seperti membuat lumpia..tapi lebih langsing. Goreng dengan minyak panas sedang hingga matang. Pasmenggoreng..bagian lipatan yang di masukan dahulu ke minyakpanas ya..jadi di posisi di bawah gitu..biar tidak terbuka. Tapi jika mau aman ya bisa di rekatkan pakai putih telur sebelum di goreng, tapi  tidak ya nggak apa apa..kan kulit sosisnya basah..tinggal di tekan2 aja..nempel kok. Sajikan dengan cabe rawit. Selamat mencoba..awas..ingat diet ya..jangan kebanyakan makanya..walaupun enak banget...^^




11

Wednesday, April 18, 2012

Resep Tahu Gimbal Semarang



Biarpun bukan orang asli Semarang..tapi..klu cuma masak makanan khas Semarang sich udah biasa..dari nasi ayam,babat gongso..dan tahu gimbal..soalnya kalau beli kadang gak sesuai selera sich..akhirnya ngulik resepnya..trus masak sendiri aja dech biar bisa sesuai selera..sampai ponakanku bilang..tante ini kalau makan sesuatu di warung atau di Restoran pasti di teliti dulu bumbunya apa..haha..biar bisa masak sdr..
Kemaren abis dapet udang seger2 di pasar..aku kalau beli udang suka yang masih loncat2 gitu..di bikin gimbal udang..wah..manis dan gurih rasanya..suamiku juga suka banget..ampe abis sepiring dech gimbal udangnya..hihi..suami dan anakku tuch tester alami masakanku.. klu enak di habiskan klu makan..tapi klu gak enak yang makan 1 biji udah..gak mau lagi..^_^....
Back to resep ...ini dia resep tahu gimbal yang udah aku otak atik sesuai selera ku..jadinya enak lho...

Bahan :
Gimbal Udang :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras / sagu 20 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 1 siung
Ketumbar sdkt saja
Garam / bumbu kaldu..1 sendok teh
Aduk adonan gimbal dengan bumbu halus dan air,goreng dgn cara di tipiskan di wajan sampai kering. Sisihkan

Bahan Pelengkap :
2 buah lontong
2 buah tahu putih,goreng
Kol, iris kecil
Taoge panjang,rendam air panas
Telur ceplok 2 buah
Seledri & bawang goreng untuk taburan

Bumbu kacang :
Bawang putih 2 siung,klu kurang suka aroma bawang putih mentah di goreng dulu
Kacang tanah 100 gram,goreng
Cabai rawit merah 5 buah ( atau sesuai selera )
1/4 sdk teh garam
Petis udang 2 sdk teh
Air asam / jeruk nipis 1 sdk teh
Air matang 150 ml
Gula merah 2 sendok teh.
Haluskan semua bumbu kacang..tidak usah sampai halus sekali,tambahkan air matang dan asam ,lalu tambahkan garam & kecap sesuai selera.

Atur lontong, tahu goreng, kol, taoge di piring, beri irisan gimbal udang dan telur ceplok, taburi bawang merah goreng dan seledri, terakhir siram saos kacangnya..sajikan utk 2 piring tahu gimbal dan 1 piring gimbal udang..^_^...


12

Tuesday, April 17, 2012

Nasi Goreng Babat



Nasi goreng..salah satu kuliner kebanggaan Indonesia..yang sudah terkenal sampai Mancanegara. Nasi goreng membuatnya sangat mudah dan bisa di kreasikan sesuai selera. Namun ada juga yang sudah menjadi icon kuliner suatu daerah..misalnya Nasi goreng babat..yang terkenal di Semarang..walaupun di daerah daerah lain juga ada. Nasi goreng ini lah salah satu nasi goreng favoritku. Dulu di Yogya..suka banget makan nasi goreng babat yang enak..di depan Hotel Yogya Plaza..di Jl.gejayan..gak tau sekarang masih ada atau tidak..

Bikin nasi goreng itu mudah saja ya..semua orang pasti bisa..bumbu tinggal sesuai selera..ada yang suka pedas..ada yang tidak..enak semua. Mau share aja..resep nasi goreng babat favoritku....siapa tahu ada yang suka juga..^^

0
Onion Blossom..bawang bombay goreng mekar.


Dulu..pertama makan onion ring..agak ragu..bawang bombay kok di goreng..emang enak..ternyata. Setelah mencobanya..enak lho. Pertama makan di Restoran Jepang gitu kan , kalau makan tempura suka ada onion ringnya tuch.....tapi itu belum enak banget. Nah...pas makan di Hart Chicken Buffet, di mana salah satu menu andalannya onion ring ini.....jadi dech suka....bawang bombaynya sangat renyah dan gurih....jadi suka dech sampai sekarang..dan sering bikin. Gampang sich cara bikinnya. Bawang bombay di potong melingkar tipis tipis....lepaskan dari ruas2nya, taburi dengan tepung terigu, lalu celupkan ke adonan cair dari tepung bumbu instan renyah ..goreng hingga kering. Kalau mau repot ya meracik tepung bumbu sendiri dari campuran terigu dan maizena serta bumbu bubuk. Lalu goreng hingga kering dan renyah.

Trus kemaren pas posting onion ring ini di langsungenak..dapet info dari teman teman yang tinggal di luar, terutama di Amerika..ada menu khusus dari fried onion ini..namanya Onion blossom, biasa di jadikan menu pembuka di resto resto steak terkenal. pas buka google..emang banyak resep onion blossom..dan cara membentuk..hingga cantik menyerupai kelopak bunga. Bahkan ada alatnya pula...untuk membelah bawang bombay jadi bentuk kelopak bunga yang cantik. Tapi bawang bombay di sana gede gede kali ya..masak satu onion blossom..bisa jadi satu piring besar gitu dan bisa di makan rame rame..^^.

Karena penasaran..aku langsung coba dech..hari ini..tapi cuma punya bawang bombay kecil kecil..dan nggak punya alat pula..akhirnya ku coba potong potong pakai pisau biasa aja..hasilnya mekar juga sich..cuma gak beraturan dan nggak sama kelopaknya..haha. Nggak apa apa dech..yang penting berani mencoba..dan rasanya juga enak kok..suami suka...karena ternyata dia sudah sering makan onion blossom ini di resto Tony Roma's di Jakarta. wah..bakalan jadi menu favorit keluargaku nich..Yodha juga suka soalnya..^^

Ini hasil uji coba pertamaku..masih rada hancur..belum seperti bunga mekar sich..hihi..malah kayak bunga kecombrang..kata temenku..hihi..tetap semangat..besok coba lagi..soalnya penampilannya cantik lho kalau berhasil..bisa jadi salah satu menu andalan pesta nich..^^

Kalau gak telaten bikin onion blossom..ya..akhirnya sisanya di bikin onion ring aja...lebih cepat..haha


2

Monday, April 2, 2012

Ayam Goreng Lengkuas



Dulu..pertama kali masak ayam goreng lengkuas ini..ragu ragu..masak enak sich..ungkep ayam pakai lengkuas banyak banyak. Tapi karena penasaran ku coba juga, bumbu dasar ungkep ayam sama, cuma ini di tambahkan lengkuas parut dalam jumlah banyak. Ternyata..enakk banget..gurihnya beda sama ayam ungkep biasa..akhirnya ketagihan dech..sering buat ayam goreng lengkuas ini dan jadi salah satu olahan ayam goreng favorit. Lengkuas parutnya setelah di ungkep.....bisa di goreng juga lho......jadi kayak kremesan buat taburan ayamnya..yummy....Mau coba..silahkan..^^


Bumbu ini juga enak buat tempe..jadi dech tempe goreng lengkuas..cara masaknya..sama.
 Ayam Goreng lengkuas
bahan-bahan :
1 ekor ayam, dipotong potong
1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air, dilarutkan
200 -300 gram lengkuas, diparut
2 lembar daun salam
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
300 ml air kelapa
minyak untuk menggoreng

bumbu halus: 
8 butir kemiri, sangrai
12 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sendok the ketumbar
1 sendok makan garam
1 sendok teh gula pasir / gula merah
2 cm kunyit
 
Cara Membuat :
  1. Remas-remas ayam dengan bumbu halus, air asam, dan lengkuas parut.
  2. Tambahkan daun salam dan serai. Masak sampai setengah matang di atas api kecil.
  3. Tuang air kelapa. Masak sampai matang dan bumbu meresap.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. 
0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel