Monday, July 1, 2013

Wedang Uwuh..Minuman unik khas Imogiri Yogya



Lagi ngerapiin file foto2 di komputer..nemu file foto wedang uwuh..baru ingat kemaren terakhir ke Yogya minum wedang ini . Tapi tak cari2 di file lain kok nggak ada kompletnya..udah kehapus semua kemaren kayaknya...jadi  cuma satu foto wedang uwuh ini saja yang tersisa..ndak apa2 lah..tetep di posting..mumpung lagi teringat minuman khas Imogiri Yogya ini.

Sudah pernah ke Yogya teman2..pasti sudah kan..^^..kalau ke Imogiri sudah pernah belum?..Itu lho..salah satu tujuan wisata juga sich di Yogya..yaitu tempat makam2 raja dan ada juga makam seniman. Ingatanku jadi melayang ke beberapa tahun silam..waktu aku masih mudah..cey..sekarang udah tua kali ya.maksudnya sewaktu masih kerja bo"..masih langsing..imut2 ..mungill....halahhh..wkwkwk..waktu masih kerja di kerjaan kedua setelah pindah dari tempat kerja pertama..* ketahuan suka jadi  kutu loncat kalau kerja..di Yogya aja sampai 4 kali pindah kerja..sebelum menikah *..waktu itu aku masih jadi sekretarisnya Ibu Yani Saptohoedojo..istri salah satu seniman kondang di Yogya,..Bapak Saptohoedojo yang sekarang udah meninggal dan di makamkan di makan seniman Imogiri. Bapak Saptohoedojo inilah yang punya ide pembuatan makam2 khusus untuk seniman ini. Jadi..waktu dulu nich..sering banget ke Imogiri bersama keluarga besar beliau. Jadi kemaren pas ke Yogya..jadi kangen bernostalgia minum wedang uwuh khas Imogiri ini. 

Wedang uwuh dalam bahasa Jawa artinya *minuman sampah*..karena wedang artinya minuman..dan uwuh artinya sampah. Mengapa di sebut demikian..mungkin karena memang bahan2nya yang di masukin semua ke dalam minuman ini..tanpa di buang atau di saring..jadi penyajiannya kayak penuh gitu di cangkir atau di gelas..penuh *sampah* bahan rempah2 dan daunnya. Bahan2nya berupa rempah dan daun2 kering yang berkhasiat buat tubuh, antara lain kayu secang..yang membuat warna minuman ini jadi cantik. Jahe emprit, yang membuat rasanya jadi hangat dan sedikit pedas, kayu manis yang memberi aroma khas, cengkih, pala, daun pala..dan daun2 rempah lain..pokoknya macam2 rempah yang semuanya berkhasiat untuk tubuh dan menyehatkan..dan merupakan bahan2 lokal yang ada di Imogiri. 

Aku suka warnanya yang cantik..kemerahan gitu minuman wedang uwuh ini..di tambah dengan semua bahan2 rempah2 yang masih berada di dalam gelas..malah jadi cantik dan eksotis kok penampilan minuman ini. Jadi..jika mau menikmati wedang uwuh dalam suasana aslinya..ya silahkan datang ke Imogiri Yogya ya teman2..tapi jika mau praktis..beli saja wedang uwuh kemasan..sekarang banyak sekali di jual di internet secara online.karena memang lagi melejit popularitas si wedang uwuh ini. Jika malas menjelajah sampai daerah Imogiri banyak juga kok di jumpai di toko oleh2 di Yogya atau di restoran2  besar..beberapa ada yang menjadikan wedang uwuh  ini sebagai minuman andalannya. Wedang uwuh ini ada yang di jual dalam bentuk rempah2 asli yang masih utuh, tapi sudah di racik dalam satu kemasan..ada juga yang sudah modern dalam bentuk celup.  Semuanya sudah di kemas rapi dan cantik..jadi sangat cocok jika di jadikan oleh2 khas Yogya. Selamat mencoba..^^

2 comments :

  1. Minuman ini sejenis bir pletok khas betawi,ternyata minuman penyegar tradisional banyak macamnya,kapan resepnya dibagi Mbak? trims sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba Ariani..dari bahan utamanya kayu secang ya..jadi cantik warnanya..resepnya udah ada sich..cuma cari daun2 nan yang lain yang nggak ada di semarang Mba..nanti kalau pas mudik ke Yogya tak carinya..^^

      Delete