Tuesday, April 8, 2014

Tips Menguleni Adonan Roti Atau Donat


Roti..atau donat..adalah salah satu cemilan yang harus di uleni dalam proses pembuatannya..jika kita tidak punya bread maker atau mixer yang mahal2..macam heavy duty dll. Tapi kita masih bersyukur kok teman2..kita juga punya alat yang tak kalah canggih..pemberian YME..yakni kedua tangan kita. Dengan alat kedua tangan kita ini pun kita bisa kok bikin roti ataupun donat dll adonan yang perlu di uleni. Nah..masalah menguleni adonan ini yang harus di perhatikan dalam hal pembuatan roti atau donat yang memang harus di uleni ya adonannya. Karena sekarang sich banyak juga resep2 yang nggak perlu di uleni..salah satunya kayak donat yang pernah ku posting dulu. Tapi..kadang2 kalau aku ya tetep rindu citarasa donat atau roti yang di uleni..nggak tau apa karena butuh usaha dan perjuangan bikinnya itu yang seru..jadi kalau liat hasilnya enak..bagus dan mengembang sempurna..jadi lebih puas gitu..ada kebahagiaan tersendiri..hihi.

Proses menguleni adonan roti..atau donat ini juga yang kadang membuat teman2 yang baru belajar masak rada keder ya buat mencoba bikin roti sendiri di rumah..ayukk semangat ya..kalau tidak mencoba nggak bakalan bisa kan..tidak sesusah yang di bayangkan kok. Baiklah..walaupun aku bukan ahli bikin roti atau donat..tapi lumayan sering mencoba..dan dulu awal2 sering gagal juga..nah..dari situ aku selalu belajar dan belajar terus..sampai akhirnya tau trik2nya dan belajar sana sini..istilah bekennya*learning by doing*..itulah yang aku lakukan terus menerus..sampai akhirnya..sekarang..alhamdulillah..jarang gagal kalau bikin roti ataupun donat yang di uleni. Nah..karena itu aku mau share aja ya sedikit tips2 menguleni adonan..berdasar pengalamanku aja sich..semoga bermanfaat buat teman2 yang lagi belajar baking ya..^^

Tips menguleni adonan roti atau donat :
  • Timbang bahan2 adonan dengan akurat ya teman2..untuk bahan2 kering sesuai resep..kalau cairan bisa fleksibel..karena semua tergantung kelembaban tepung..bahan tambahan dll..misal adonan yang di  tambah kentang..labu..ubi dll..tentu saja berbeda2 penambahan airnya. Agar jumlah takaran akurat..ya perlu punya timbangan..atau paling nggak punya cup atau sendok takar khusus buat di dapur..murah kok beli yang plastik tuch ada yang cuma 15 ribu satu set, karena dari ukuran gram..bisa kok di konversi jadi ukuran cup atau sebaliknya...liat di sini ya takarannya. Daripada main kira2 takaran bahannya..ntar kecewa lho hasilnya nggak seperti yang di harapkan.
  • Bahan2 kering di campur terlebih dahulu, baru masukkan telur ( jika pakai..karena ada juga roti2  yang nggak perlu telur, contohnya di foto roti pia yang ku buat ini..tanpa telur lho. ) dan cairan sedikit demi sedikit ya..jangan langsung di tuang semua..jika sekiranya sudah kalis..cairan nggak perlu di masukkan semua, uleni hingga adonan benar2 kalis. Kalau adonan belum kalis banget nggak pa2..nggak usah buru2 di tambah air..karena nanti pas di tambahin  margarin atau mentega adonan akan melemas sendiri kok. Lalu masukkan garam dan bahan lemak, bisa margarin atau mentega, lalu uleni lagi hingga benar2 kalis dan elastis. Pas bahan lemak di tambahkan..memang awalnya terkesan jadi basah adonanya dan nggak mau nyampur..tenang..ndak usah panik..uleni terus saja sambil di tarik2 dengan kedua tangan, nanti lama2 akan tercampur rata juga mentega dan adonannya dan akan semakin mulus dan enak di tangani adonannya. 
  • Tehnik menguleni adonan yang mudah kalis yaitu pakai tehnik nyuci baju..hihi..walau sekarang udah banyak yang pakai mesin cuci..masih ingat kan tehnik mencuci baju jaman dulu teman2..yaitu adonan di tarik dan di lipat ke arah kita..di banting2..dll..pokoknya persis kayak kalau nyuci baju itu dech..hihi..* bahasa yang aneh..maaf ya teman2..mudah2 an mudeng dech. Jika perlu boleh kok di tonjok2 juga adonannya..atau di banting2..jadi..kalau lagi sebel sama pacar..boleh kok sebelnya di lampiaskan dengan bikin adonan roti..hihi. Sapa tau pacarnya mau bantuin..kan jadi ilang sebelnya dech..seru berdua bikin adonan roti di dapur..* Halah..ngelantur ke mana2.*.
  • Adonan roti yang udah kalis dan elastis..cirinya adonan tuch mulus..enak di pegang..jika kita tarik dan buka pakai kedua tangan ..kayak terbentuk serat2 adonan  gitu lho teman2..nah..adonan yang seperti itu..siap di fermentasikan..atau di istirahatkan..tujuannya apa..? Biar adonan relax..santai dan bisa terbentuk pori2 adonannya. Tapi..ingat..ingat..jangan di tinggal jalan2 ya adonan yang sudah di fermentasikan..apalagi di diamkan semalaman..ntar nangis lho adonannya..hihi. Karena adonan roti atau donat ini kan memakai ragi yang lumayan banyak ya teman2..jadi jika proses fermentasinya kelamaan..nanti apa yang akan terjadi ?..Adonan jadi over fermentasiya..adonan jadi terlalu berpori...susah di bentuk..lembek dan yang jelas..rasanya sudah tidak enak..jadi asam..atau pahit. Berbeda jika ragi yang di gunakan cuma sedikit..misal..adonan pizza yang tanpa di uleni..di luar kan banyak resepnya..itu bisa di inapkan adonan..itupun tetep masuk kulkas..karena suhu dingin kulkas..menghambat kerja si ragi. 
  • Hal yang mempengaruhi adonan mengembang atau tidak ketika di fermentasi..selain tehik menguleni yang benar, juga..keadaan ragi..masih berfungsi..atau masih hidup nggak. ragi itu mikroorganisme hidup teman2..jadi jika terkena panas tinggi dia juga bisa mati..makanya..kalau habis make ragi dan masih sisa..bungkus lagi rapat2..dan simpan di kulkas ya. Jika sudah lama nggak di pakai ..lebih baik di tes dulu..apakah ragi masih berfungsi atau tidak..caranya..ambil sedikit ragi instan, beri air hangat dan sedikit gula..jika masih hidup..maka ketika di diamkan selama minimal 15 menit..dia akan naik dan berbusa airnya. Oh ya..musuh ragi selain air panas adalah garam..jadi pas nyampur awal adonan..jangan sampai ketemu langsung sama si garam ya teman2..bisa ngambek lho raginya..hihi..makanya garam selalu di tambahkan terakhir saja..biar aman..:)
  • Apa lagi ya..oh iya..setelah adonan di fermentasi..adonan yag berhasil..adalah yag sudah naik dua kali lipat adonan awal..jadi tergatung cuaca juga sich..kalau pas musim hujan..yang mungkin sedikit lebih lama..misal 15 menit gitu masih oke lah..masa fermenatsinya..yang penting udah jadi naik dua kali lipat volumenya ya. Nah..sebelum kita bentuk..perlu kita kempiskan dulu tuch adonan..agar gas yang ada di dalamnya terbuang..caranya..mudah..cukup di tonjok aja tuch adonan..hihi. Adonan yang baik..jika kita tonjok pakai tangan..nggak bakal lengket atau nempel di tangan kita.
  • Selanjutnya proses memotong2 adonan dan menimbangnya agar sama bentuk rotinya. Proses ini harus di lakukan dengan cepat ya..karena proses kerja si ragi kan tetep jalan terus. Setelah di potong2 dan di timbang..lalu bulatkan potongan agar adonan kembali terbentuk dan rata. lalu diamkan kembali selama 10 - 15 menit..ini di sebut fermentasi kedua. Tujuannya agar adonan rilex kembali dan halus permukaannya. Setelah itu..tinggal di proses dech di bentuk2 sesuai selera, lalu di oven hingga matang. Mudah kan teman2..ada yang belum jelas..tunjuk tangan..hihi..dan silahkan tinggalkan pesan..^^
Semoga bermanfaat ya....^^

Oh ya..foto di bawah dan di atas..adalah contoh adonan roti dan hasilnya..walaupun roti pia ini tanpa telur..tapi bisa mulus dan empuk lembut juga lho hasilnya teman2..kalau tehnik menguleni adonannya benar. Resepnya udah pernah ku psoting ya dulu..di sini . Besok libur kan teman2..yukk belajar bikin roti..abis nyoblos para caleg..jangan lupa pilih aku ya !..no 1..dari partai sendok garpu..hihi..* gubrak..berasa nyalon 
jadi caleg ya teman2..lol..*





51 comments :

  1. aaaakkk ini yang aku gak bisa2. nguleni! sussahnyaa.... sampe sekarng belom pernah mau lagi bikin2 roti sama donat. :(
    Btw, apa kabar mak? lama juga ya aku gak main2 ke sini. miss you. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Isti..Miss U too..wah kmrn habis mudik dan kumpul2 sama emak2 lain ya di Jakarta..sayangnya daku nggak bisa datang..:)
      Ayukk..jangan takut Mak..nyoba bikin adonan roti..nggak susah kalau udah terbiasa nanti..:)

      Delete
  2. mbak diah,,ijin share ya tipsnya
    ingat pertama kali belajar ngulenin adnn,,pernh pake hand mixer,,eeh pensiun dini tuh mixer,karena kepanasan mana tuh mixer pny mama lagi hehe..
    Alhamdulillah,,g sia2 skrng wlw dah cape2 nguleni,,begitu lihat roti yg menul2 br keluaar dr oven..rasanya puas banget ya mbak.makasih dah mau sharing tipsnya ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rima..silahkan..:)
      Bener banget Mba..jangan sekali2 pakai hand mixer ya..nguleni roti..kalau nggak mau jebopl mixernya..hihi..:)

      Delete
    2. bener mbak,,gak lagi deh nguleni pake hand mixer
      lebih nampol pake tangan tuh...speednya bisa kita atur sendiri,betul kan mbak ^^

      Delete
    3. Tul Mba..hihi..kekuatan nguleninya juga bisa di atur..:D

      Delete
  3. aku suka bandel nih mbak kalau menimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..next time di timbang ya dgn baik..:)

      Delete
  4. Mba Diah,,,, pelajaran, tips dan aaahhhh makasih banget mba Untuk semua mua muanya,,, Butuh banget info penting seperti ini,,, #ciumjauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Tina..ayukk semangat nguleni adonan ya..pasti bisa stlh tau trik2nya kan...:)

      Delete
  5. mbak diaaah...makin cinta sama orangnya (walo belum pernah ketemu) dan blognya..ahahahahaha..#lebay-nya kumat...
    sangat informatif, ilmunya serasa seperti punya text book yang super duper lengkap, mau cari info apa aja ada ^.^
    gak pelit bagi ilmu, semoga ilmunya semakin barokah mbak..
    love from gresik *kiss-kiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...love you too..hihi..pagi2 udah love2 pan...:D
      Amin2..biar komplet dan mudah juga mba..kalau ada teman2 yang nanya2 tentang sesuatu..tggl kasih link..:)

      Delete
  6. Mb di gmana caranya ya biar rotiny ga mimpes dan bisa tinggi gt.soalny aq kl buat kdng suka mimpes.mtrswn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..nguleninya udah sampai kalis dan adonan ngembang dua kali lipat kan Mba..pas di fermentasi...?.
      Itu aja punyaku agak ku penyet pas membalik Mba..jadi agak datar..aslinya malah tinggi lagi saking adonan ngembang bagus pas di oven,..hihi

      Delete
  7. Wah mba didi mantaaaaaps..aku jd pengen nyoba sendiri:)
    Donat yg tanpa diuleni sdh berhasil ku buat mba,,anakku sukaaaaa lho.
    Next time aku mau buat donat/roti yg pake diuleni, doakan berhasil ya mba^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nias..ayukk di coba..semangat ya..kalau sering berlatih lam2 biasa kok Mba..nguleni adonan..:)

      Delete
  8. Mba, aku kan juala donat nih,...sejak awal pake fermipan, nggak pa2 sebut merk ya....nah kmrn nyoba pake merk donat spesial GS, kok rasanya nggak enak mba....udah pernah nyoba blm mbak diah pake GS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah pernah coba..biasa aja Mba...ndak enaknya giman aya..?

      Delete
    2. Rasanya mbak, klo yg super GS agak getir gt di lidah....tapi oh tapi....setelah dikasi topping coklat masak....nggak terasa getir nya, enak....ehehehehe.....

      Delete
  9. Mba Diah, kemarin aku bikin roti, tapi aku gak tau kenapa adonan aku gak bisa kalis, jadi kaya karet malahan, karena aku kira kelembekan yaa aku tambahin tepung, hehehe, ternyata malah jadinya kacau, kenapa gitu yaa mba ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari tips2 tersebut di atas..mana yang terlewat mba ?

      Delete
  10. Q trmsk sering bikin roti. Alhamdulillah lumayan enak nyomot resep dr mn2. Hanya satu yg mengganjal...cieee. Knp warna rotiq g bisa nyoklat sprt roti2 yg dijual. Di banyak resep sering ditulis untuk gunakan susu cair sebagai bahan olesan tp tetep aj rotiq g mau kecoklatan. Paling banter dikasi kuning telur tp masih kurang sip. Pencerahannya y mb, makasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ngolesnya pas udah hampir matang rotinya mba..:)

      Delete
  11. Salam kenal, mbak Diah... ^_^
    Boleh tanya, jika nguleni adonan roti dgn stand mixer hasilnya kurang bagus dibandingkan dgn nguleni dgn tangan?
    Terima kasih seblmnya, mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. klu mixernya yang besar model kicthen aid ya nggak pa2 mba..bagus hasilnya..tp kalau mixer kecil tumah tangga..bs jebol mixernya..:D

      Delete
  12. Mbak, gimana caranya roti dibungkus plastik supaya dia itu tidak cepat jamuran, artinya bisa lebih tahan lama gitu loh... terima kasih sebelumnya. Salam kenal,,,

    jangan lupa mampir sini yah mbak http://www.rotidurianpanglima.co.id/

    ReplyDelete
  13. Mbak Diah, kalo donat matang di luar tapi mentah di dalam, karena apa ya? Makasih, mb Diah..

    ReplyDelete
  14. numpang tanya ya mba, saya baru mencoba beberapa kali bikin donat goreng. Tapi masih bingung, ukuran kalisnya itu yang seperti apa. Kalau saya dapat info, kalis itu kalau sudah tidak lengket di tangan saat nguleni. (kadang saya nguleni sampai tidak lengket tapi kadang masih lengket dikit. Kalau adonan itu didiamkan juga bisa berkembang 2x lipat)
    (2) Setelah adonan dibentuk bulat-bulat (ada isi di dalamnya), umumnya khan didiamkan 30 mnit tau 45 menit, tapi setelah saya diamkan 30 atau 45 menit, bentuknya koq jadi ceper ya tidak bisa tetap bulat kokoh seperti awal dibentuk ? apa karena kebanyakan margarine, padahal sudah ngikuti resep2x di dunia maya.
    Trm kasih mba jawbannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bca ulasanku di sini ya mba biar lbh detail : http://www.diahdidi.com/2014/04/tips-menguleni-adonan-roti-atau-donat.html

      Delete
  15. Mbaakk... Sy buat donat..pas dibentuk susah sekali soalnya adonannya lengket si tangan... gimana mbak caranya biar gak lengket2 pas di bentuk?
    Makasi mbak

    ReplyDelete
  16. Mbak mau nanya, klo menghilangkan bau ragi pada adonan donat yg udh mateng gmna yha?

    ReplyDelete
  17. Hi mba didi, mau tanya untuk.mentega kapan ya tepatnya dimasukkan ke dalam adonan? Pada saat setengah kaliskah? Tks

    ReplyDelete
  18. Mba Diah, kapan waktu tepat nya kita nguleni adonan donut kalau donut tsb akan kita goreng pagi2 sekali? Selama ini sy nguleni pas ada sinar matahari, kata ibu saya kalo dijemur fermentasi nya makin bagus dan memang selama ini hasilnya bagus sih.. tp sy mau coba jualan donut yg fresh pagi hari anget2 gitu.. bisa ngga saya nguleni malem sblm tidur gitu? makasih sebelum nya

    ReplyDelete
  19. Mak Diah, ini saya sudah bikin adonan sudah dibentuk bentuk lucu gitu, tapi ternyata masaknya nanti sore saja. Nah, cara penyimpanan di kulkas, enggak apa-apa kah? karena sudah dibentuk begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti over proofing mba..krn ragi terus bekerja

      Delete
  20. Saya pernah baca resep
    Baking powder, baking soda dilarutkan dahulu

    Bagaimana menurut mbak didi???

    ReplyDelete
  21. Saat menggoreng donat, donat harus tetap d bolak balik, jangan dibiarkan matang 1 sisi baru dbalik. Masukkan donat ketika minyak tidak terlalu panas, api kompornya sedang.

    ReplyDelete
  22. Kereen mba isi blognya, bermanfaat banget buat yang lagi belajar bikin donat, makasih buat sharingnya, kmarin dah dipraktekkan, alhamdulillah berhasil, bikin donat itu perjuangan ya, harus sabar dan tetap semangat berjuang buat nguleninya, bner banget, moment yg paling menggembirakan itu waktu adonanya mengembang, rasanya kebayar tuh semua rasa capenya waktu ngulenin. Thanks for sharing ya mba diah.

    ReplyDelete
  23. ini aku lg coba nguleni sampe kalis mbak buat bikin kulit martabak....doakan yaa hehehehe

    ReplyDelete
  24. Mbak makasih bgt infonya.. keren loh cara penjelasannya masuk nya gampang.. jadi cepat ingat

    ReplyDelete
  25. Mba klo adonan masih lengket ditangan it knp ya?? Klo ak mw tambahin tepung takut bantat. Ini ak lgi sambil nunggu adonan tepung fermentasi pertama. Please reply y mba... Tq

    ReplyDelete
  26. Mba klo adonan masih lengket ditangan it knp ya?? Klo ak mw tambahin tepung takut bantat. Ini ak lgi sambil nunggu adonan tepung fermentasi pertama. Please reply y mba... Tq

    ReplyDelete
  27. Wah...kmrn aq cb buat roti,adonan a ga kalis.ga ngrti.ini nyoba lg kyk a ga2l jg.trs br tau klw ragi a ud d pakai hrs d tu2p rapat,kmrn ga aq tu2p.q biari aj.oalah....beginilah klw baru belajar masak memasak :(

    ReplyDelete
  28. Kalo adonan lengket penyebab nya apa ya mba?

    ReplyDelete
  29. Hai mba..aq td sore bikin donat kentang..apa uda betul ini resep n cr buatnya..kuning telur 3butir+sp 1/2sendok teh+gula 200gr aq kopyok,tepung 1/2kg+kentang1/4+fermipan 1sendok (5gram)+susu sachet aq cmpur sm yg d kopyok td mba kmdian aq ks mntega cair.trus uleni,g tau.sih kalis ga nya gmn.cm aq lma uleni trus aq diamkn 20menit.kmdian aq buat bola2 donat aq diamkn lg smpe 1jm mlh mba tp ttp ga ngembang kmdian aq pksa goreng eehhh mentaahh mb dlmnya kya adonan yg blm d goreng..knp y mbaa hicckkshikk.mohon infonya thanksss mba

    ReplyDelete
  30. Hai mba..aq td sore bikin donat kentang..apa uda betul ini resep n cr buatnya..kuning telur 3butir+sp 1/2sendok teh+gula 200gr aq kopyok,tepung 1/2kg+kentang1/4+fermipan 1sendok (5gram)+susu sachet aq cmpur sm yg d kopyok td mba kmdian aq ks mntega cair.trus uleni,g tau.sih kalis ga nya gmn.cm aq lma uleni trus aq diamkn 20menit.kmdian aq buat bola2 donat aq diamkn lg smpe 1jm mlh mba tp ttp ga ngembang kmdian aq pksa goreng eehhh mentaahh mb dlmnya kya adonan yg blm d goreng..knp y mbaa hicckkshikk.mohon infonya thanksss mba

    ReplyDelete
  31. mbak diah masih aktif kah ?
    salam kenal, masih pemula nih...

    ReplyDelete
  32. Mbak.. Sudah mengembang dn kenyal habis tuh blm sempat di potong dan di bulatkan lsg kempis dan super lengket ket ket bgt.saya apain lg lg ya? Sy diemin lg lama dan tutup lg kah? Hikss

    ReplyDelete
  33. Mbak.. Sudah mengembang dn kenyal habis tuh blm sempat di potong dan di bulatkan lsg kempis dan super lengket ket ket bgt.saya apain lg lg ya? Sy diemin lg lama dan tutup lg kah? Hikss

    ReplyDelete