Saturday, July 27, 2013

tengkleng


Masih..dari Jawa nich menunya ya teman2..tongseng. Kali ini aku pakai daging sapi aja. Kalau biasanya kan bikin tongseng suka males ya..bikin bumbu gulenya dulu..nah..aku kasih resep yang praktis dan simple ya..cukup pakai bumbu gule instan aja..baru di bumbuin tongseng..setelah gulenya mateng..jadi dech..tongseng yang enak..kayak beli..karena da aroma2 gulenya. Kalau beli di tukang sate itu kan tongsengnya memang dari gule kambing yang kemudian di masak lagi dengan tambahan bumbu, sayuran dan kecap.jadi..di rumah pun..kita bisa dengan mudah bikin tongseng sendiri. Yukk cobain teman2..jika suka tongseng ya..^^..ini dia resepnya..pas buat menu buka atau sahur..seger tapi mantab aroma bumbu2 rempah Indonesia..^^
Tongseng Sapi Praktis

Bahan:
300 gram daging sapi berlemak ,potong kecil
1 bungkus bumbu  gule instan ( Aku pakai merk Bamboe )
750 ml air untuk merebus daging
500 ml santan encer

Bumbu tambahan untuk tongseng:
6 butir bawang merah, iris tipis, goreng
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai rawit, iris kasar / biarkan utuh
100 g daun kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
Kaldu bubuk atau garam seckupnya jika masih kurang ( bumbu gulenya sudah gurih biasanya )
3 sdm kecap manis

Cara Membuat :
Rebus daging kambing dengan bumbu gule instan dan air.
Masak sampai daging empuk dan kuah menyusut.
Tambahkan santan encer, masak sampai mendidih.
Masukkan bumbu tambahan dan sayuran kecuali cabai rawit dan tomat.
Masak sampai sayuran layu, tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
Masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk sebentar, angkat.
Sajikan hangat dengan nasi putih.

4 comments :

  1. Mba di..saya mau coba bikin ini tapi takut gagal...klo dagingnya d ganti ayam bisa kan? Trs maksudnya santan encer gmn mba?

    Aida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ini kok nyelip komennya ..maaf ya Mba Aida..baru bales..hihi..tadi liatin resep teman jadi buka ini.Bisa di ganti daging ayam Mba..santan encer itu santan yang cair..:)

      Delete
  2. Dear Mba diah.. kalo pake santan instan, kira2 jumlah takaranya gimana ya mba? misal pake santan instan 180ml ditambah air sampe 500ml gitu ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera aja mba.kentalnya..segitu dulu beleh..cicipi..jika masih kurang gurih tambahin 1 atau 2 sendok santan instan lagi..gt aja mudah..:)

      Delete