Friday, July 12, 2013

Resep Kue Putri Salju




Buat teman2 yang request resep  putri salju..ini dia ya resepnya..maaf kue2 kering lainnya segera menyusul ya..satu2..bukan apa2 sich..kalau buat dari sekarang..yang ngabisin yang nggak ada..hihi. Tapi nanti kalau udah tengah2 puasa..baru sekalian bikin..terus di kemas di toples sekalian..bisa buat hantaran keluarga. Kemaren bikin kue putri salju buat cemilan Yodha aja..jadi cuma dikit.

Bikin putri saljunya juga di bantuin assisten kecilku si Yodha...dia suka bantu bikin kue kering yang di bentuk pakai cetakan gini. Juga suka mainan ngayak2 gula di kuenya. Walaupun sambil  diskusi aneh dan lucu khas anak2 kemaren pas buat kue ini..tentang nama putri salju. Yodha nanya..ini kue apa Mi..? Kue putri salju sayang..jawabku. Terus sambil ngayak gula dia nyomot satu..sambil bilang..let me try..! ( gaya banget Yodha ya..hihi..kadang di rumah ngomongnya suka di campur2 bahasa Inggris gitu..soalnya kan di sekolahnya biasa percakapan sehari pakai bahasa Inggris..Mami said..: Monggo..! hahaha..nggak nyambung dah..anaknya ngomong Inggris..emaknya ngomong Jawa. Tapi..lumayan juga sich..biar dari kecil nggak kagok dia bahasa Inggris..dan untungnya dulu emaknya juga kuliahnya di bidang pariwisata..jadi ya lumayan buat ngajarin anak..walaupun sekarang malah kecemplungnya di dapur aja..hihi..jadi tukang masak. 

Masih lanjut cerita protesnya si Yodha ya..tentang nama kue putri salju ini ya teman2. Setelah dia cicip  kuenya..dia bilang..hemm..delicious..but..this is not snow cookies Mom..snow is cold..dan bla2..ceriwis nerangin pakai bahasa Inggris..kalau salju itu nggak ada di Indonesia lah..cuma ada di luar negeri..dll..hihi..aku ketawa aja. terus Yodha bilang lagi..this is Sugar Cookies..in crescent shape..huaaa..pinter amat kamu Nak..hihi..bener juga ya..dia suka liat di tivi luar gitu acara anak2..bikin cookies yang bertabur gula gini aneka bentuk..jadi tetep ngeyel..kalau ini bukan kue putri salju....yo wis Nak..sakarepmu..hihi..dulu aja waktu TK dia suka mainan kereta thomas di taburi tepung..di bilangnya Thomas melewati salju..sekarang udah gede ternyata. ya..udah mau naik kelas 2 SD, jadi semakin nalar dan pinter..*edisi Emak bangga sedikit..hihi *...tapi nek di Indonesia kita ini...nama kuenya ya putri salju darling..!...hihi..

 

Ya itulah..keseruanku dan Yodha ..kalau di dapur..sambil bikin kue..bisa sambil diskusi dll. Oke..yang suka putri salju juga..ayukk bikin yukk ntar buat Lebaran..ini dia resepnya ya..^^
Kue Putri Salju

Bahan :
150 gram margarin ( pakai mentega juga boleh jika suka, tapi jika pakai mentega yang unsalted..tambahin sedikit garam ya ^^ )
50 gram gula halus khusus kue kering
1 kuning telur
100 gram mete / kacang tanah sangrai, haluskan ( aku pakai mete sukanya )
175 gram terigu protein rendah
15 gram susu bubuk
100 gram gula halus khusus taburan yang rasanya semriwing ( gula donat )

Cara Membuat :
Kocok margarin dan gula selama 1 menit, tambahkan kuning telur.Kocok rata.
Tambahkan kacang bubuk, aduk rata dengan spatula
Masukkan tepung dan susu bubuk sambil di ayak dan di aduk rata.
Cetak atau pulung adonan berbentuk bulat sabit.
Oven selama kurang lebih 20 menit suhu 160 C ( tergantung oven masing2 )
Hangat2 taburi atau gulingkan ke gula donat. Kemas ketika kue sudah dingin.

25 comments :

  1. ngocoknya hrs pake mixer kah? *blum punya mixer*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai balon whisk biasa juga bisa Mak Nathalia...cuma..berarti lebih dari satu menit ya..sampai tercampur rata...margarin dan gulanya..^^

      Delete
  2. Umm... yummm.. thanks for sharing the recipe Mom :)

    ReplyDelete
  3. Klo baca resep ini koq kayaknya gampang yaaa... dibandingkan resep2 lain yg beredar. thanks Mak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Leyla..sama2..iya Mak..kalau aku suka yang gamang2 aja..hihi..yang penting rasanya..enakk..^^

      Delete
  4. mbak..gula halus khusus u kue kering itu bisa tlg ksh nama merknya gak..? :) apa sm dg gula halus u donat itu?kl pakai mixer,mtga dikocok dg kec yg tinggi apa yg sedang ya mbak..tanda stopnya kl mtg dan gula sdh menyatu sj mbak?atau hrs mtg agak berwrn pucat dan lembut?mksih sblmnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di TBK udah di kemsa pakai merk TBK nya biasanya Mba Shyswy..^^..kecuali di supermarket ya..ada merknya..cuma aku jrg beli di supermarket Mba. Beda sama gula donat Mba..kalau gula donat itu cuma buat taburan..jadi rasanya nggak terlalu manis..tapi kalau gula halus biasa..itu gula pasir biasa yang di haluskan. Bisa buat sdr juga dr gula pasir biasa yang di blender halus. Itu udah ku tulis..kira2 1 menit ya Mba ngocoknya..kalau kelamaan nanti terlalu melebar kuenya..^^..met coba ya

      Delete
  5. cm mau ngucapin trmksh sgt u mbak...aku dah cb..dan hslnya sgt memuaskan..akhirnya berhsl buat kuker fav.ku...tx bgt mbak...wkt nyobanya,malam2...rupanya gulaku hbs jd kuganti dg keju..n krn tak pakai kacang krn mmg tak ada stoknya d rmh, n ternyata hslnya tetap spt rasa putri salju...senang skali..trmksh byk... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shyswy..wah..ini dulu udah ku bales kok..ilang ya..komennya ..maaf ya Mba..seneng dech dengar jika berhasil dan suka resepnya..:)

      Delete
  6. Mbak Diah, terimakasih banyak atas sharing resepnya ya.. Mau bertanya, apakah adonannya sebelum dicetak harus dimasukkan kedalam kulkas dulu selama 1 jam ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Leonora..nggak usah Mba..adonanya nggak lembek kok ini..jadi bisa langsung di cetak..:)

      Delete
    2. Mbak Didi, saya mau ngucapin terimakasih atas resep ini ya, saya sudah coba dan benar, tidak bleber pas keluar dari oven. Saya bahkan sudah jual kue ini ke orang2 Indo disini dan mereka pada suka semua, katanya enak, sekali lagi saya ucapkan terimakasih sama mbak, semoga mbak terus mendapat banyak berkah dan sukses :-) Leonora Lhuillier

      Delete
    3. Sippp Mba Leo..semoga laris manis ya kuenya..:)

      Delete
  7. Maaf mb Diah contoh merk terigu protein rendah apa yah? Biar aku gampang belinya..hihi..

    ReplyDelete
  8. Mba..halusin kacangnya boleh gak pakai blender yang untuk halusin bumbu? apa di tumbuk aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai blender kering tuch lho mba..yang tanpa air..:)

      Delete
    2. Oo bearti bisa pakai blender ya Mba...soale males numbuk2 hehehe..Mba tanya lagi, kalau adonan kue kering pakai mentega dan butter perbandingannya berapa2 ya Mba...trimakasih

      Delete
  9. Mba Diah thanks resepnya :) jhasilnya mantep bener hehe tapi aku ada kesulitan saat mencetak adonannya, adonannya agak lembek walaupun sdh dimasukkan ke kulkas selama kurleb 1 jam. apa karena aku pake 50gr butter 100gr margarin? kalau bisa minta detail cara cetak dan gilas adonannya, karena saat adonan digilas nempel terus di rollling pin. Terimakasih Mba Diah anw -Lisa

    ReplyDelete
  10. Slm kenal mb diaah.. sbnrnya uda sering mantengin blogmya mb tp baru skg sempat kirim koment.mag y mb.. oy unt resep putri salju ini misalnya pengen sy tambahin keju k adonannya gmn mnrut mb?klo d tmbah 50gr keju kira"hrs ngurangin brp gr trigunya y?soalnya sy pecinta keju bgt.. dtunggu bgt responya.trims mb n smoga mb diah dberi ksehatan n ksuksesan slalu biar postingan resepnya makin byk :) novia

    ReplyDelete
  11. Haii mba diah salam kenal 😊

    Terigunya bisa diganti dengan protein sedang ya??

    ReplyDelete
  12. Haii mba diah salam kenal 😊

    Terigunya bisa diganti dengan protein sedang ya??

    ReplyDelete
  13. Mb itu oven PK api bwah aato atass

    ReplyDelete