Wednesday, July 3, 2013

Molen Pisang Imut...^^


Selalu menyenangkan jika punya alat dapur baru..hihi...jadi tambah rajin berkreasi membuat apa aja...kayak pagi ini..uda rajin bikin pisang molen mini..lumayan memanfaatkan pisang raja ranum2 yang masih nganggur..sekalian buat stock cemilan di rumah..lha teryata..kembang goyangnya kamaren suamiku doyan..hihi..setoples dah di habisin..malem..jadi bisa bikin cemilan baru lagi dech..Duch..seandainya Yodha..kayak papinya..suak ngemil...pasti dech menyenangkan..jadi bisa tambah rajin bikin cemilan.Yodha..masih suka pilih2..kalau ngemil..^^

Ini bukan karena kurang kerjaan ya teman2..bikin molen pisang imut imut..tapi karena rasa penasaranku saja. Pisang molen imut ini...banyak di jual di gerobak2 pinggir jalan di Semarang..bersanding dengan onde2 imut..dan pisang aroma imut biasanya. Dulu pernah beli sich satunya 250 rupiah..nggak tau sekarang..lama nggak beli. Nah..aku penasaran aja..lha mereka buat di jual aja kok telaten gitu lho..bikin apa2 super imut..hihi..jadinya aku pengen coba. Tapi memang seru..jadinya bener2 imut..hihi..lha pisang satu kecil2 aja..bisa di bagi 8 , jadinya pisang 1 bisa jadi 8 molen imut..mungkin kalau yang di jual itu lebih kecil lagi dech. yapp..itulah kreativitas para pedagang kaki lima yang harus kita acungi jempol...dan terbukti laris manis juga kok..dagangan mereka dengan berinovasi dengan bentuk cemilan yang kecil2 dan lucu.

Dan hasilnya..enak..renyah sekali happ gitu..hihi. Apalagi pisangnya bener2 matang..jadi molen imutnya wangi pisang dan juga vanili kulitnya..enakk..! Mau coba..ini dia resepnya ya..tapi..harus ada alat gilingan mie ya biar lebih cepat dan mudah prosesnya..selamat mencoba...^^
PISANG MOLEN RENYAH 

Bahan :
• 250 gram tepung terigu protein tinggi
• 50 gram gula halus
• 60 g mentega , cairkan ( pakai margarin juga bisa )
• 50 ml air hangat
• 1 kuni
ng telur
• Pisang raja secukupnya
• Garam 1/4 sendok teh
• 1 sdt vanilli
 
Cara Membuat :
• Campur terigu, gula, garam, vanilli, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan mentega, tuang air sedikit-sedikit, ulenin adonan hingga kalis. Tutup adonan dengan plastik/serbet bersih, diamkan ± 20 menit
•  Ambil secukupnya adonan, giling setebal kira-kira 2 mm . potong2 kecil memanjang, lalu isi dengan pisang, gulung kulit menutup  pisangnya dan  rapikan sampai berbentuk molen biasa.
•  Goreng dalam minyak, usaha kan semuanya tercelup. Setelah kuning balik, angkat, tiriskan.

11 comments :

  1. imut2 bgt. Tp enak juga kayaknya makannya, ya, kalo imut2 kayak gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..Keke..jadi renyah banget..dan sekali happ..hihi

      Delete
  2. Sdh keliling nyari tep cakra g dpt.. apa tetap renyah mba kalau tepungx diganti kebetulan ada pisang raja yg sdh mateng... trus pisangx dibela 2 yah... mau nyoba mba... buat sapan pagi besok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat mba..ada Alfamarta tau Indomaret tidak Mba?..ada lho terigu macam2 biasanya. tapi jika tidak ada..pakai yang protein sedang nggak pa2..tapi renyah ya pakai protein tgg ya..:)

      Delete
  3. wahh sip nih resepnya, pisangnya klo pake kepok bs jg Kan?
    tepungnya gak pake maizena tetep renyah ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bisa renyah kok Mba.kan pake kuning telur dan margarin..serta protein tinggi tepungnya..:)

      Delete
    2. Mbak ni aku lg bikin pisang molenny..enak mbak Hehee tp adonan kulitnya emg kering ya mbak jd susah ngilas nya...aku ngilas manual soalnya.... Sbnrnya punya gilingan mie tp gak bs makenya hahaha.... Adonannya biar rada gak kering di tmbhin apa ya mbak? Mentega kh?thx

      Delete
    3. Iya Mba...memang adonan agak kering..biar bisa renyah..kalau lembek.nanti nggak bisa renyah. Memang caranya di gilas berulang pakai gilingan mie..jd dari lubang paling besar dulu..setelah halus..di kecilin lubangnya..gt terus samapi yang paling tipis mba. Di tambah mentega lagiboleh..tapi kalau kebanyakan nanti etrllau rapuh dan ngeprul kulitnya..:)

      Delete
  4. berhasil makkkkk.... Alhamdulillah, takarannya pas biyanget loh. rasanya enak, cuman krn sy suka manis gulanya saya lebihin. hihihihi. makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Umie..ikut seneng dech kalau coba dan berhasil..iya gulanya sesuaikan selera saja ya :)

      Delete
  5. Mbk klo pakek gula pasir gimana.....
    atau gula pasirnya di campur sm air hangat juga gmn menurut mbk diah....????

    ReplyDelete