Google Ad

Sunday, June 10, 2012

Chinamonn Roll


Punya sisa korsvet habis bikin pisang bolen kemaren..kok nganggur di lemari dapur..mikir2..mau bikin apalagi..terlintas lah chinamonn roll yang harum wangi kayumanis. Jadi dech ..malem2 di belain baking kemaren. Jadi dech..weekend kita sarapan chinamonn roll..lumayan buat sarapan ringan..soalnya di rumah pada males sarapan yang berat2 kalau weekend. Tapi dasarnya aku iseng banget..mengurangi jumlah korsvet yang harus di pakai, seharusnya pakainya 120 gram, aku cuma pakai sedikit 50 gram saja, karena kurang suka sama  bau korsvet yang menyengat..hehe..jadinya chinamonn roll nya masih keliatan padat kayak roti gitu..gak bisa berlapis2 cantik..tapi  nggak apa2 lah..aku suka rasanya..pas..gak terlalu eneg kayak kalau kebanyakan korsvet. Ini dia resepnya..aku coba dari majalah sedap..cuma harus telaten..mengoles , melipat dan menggiling kalau bikin ini ya..tapi sebenernya tidak sesudah yang di bayangkan lho bikin pastry gini..seru menurutku..dan yang jelas, setiap saat kita bisa makan chinamonn roll fresh from the oven..kalau bikin sendiri..daripada beli di bakery..ya kan..^^

Chinamonn Roll

Bahan-bahan :
400 gram tepung terigu protein tinggi
1 1/2 sendok teh ragi instan (6 gram)
60 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1 butir telur
130 ml air es
50 gram margarin
1 sendok teh garam

Bahan Lapisan:
120 gram pastry margarin

Bahan Taburan:
10 gram gula palem
1/2 sendok teh kayu manis bubuk
75 gram kismis, dibelah dua ( aku tambahin sukade juga kemaren..jadi tambah seger )

Cara Pengolahan :
  1. Roti: campur tepung, ragi, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan telur dan susu sedikit – sedikit sambil diuleni rata.
  2. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai 3/4 elastis. Diamkan 30 menit dalam lemari es.
  3. Giling adonan memanjang. Oles dengan pastry margarin merata. Lipat sisi atas ke tengah dan sisi bawah ke tengah. Giling memanjang. Diamkan 15 menit dalam lemari es.
  4. Giling lagi memanjang. Ulangi lipatan yang sama. Diamkan 15 menit dalam lemari es. Ulangi sekali lagi. Diamkan 15 menit dalam lemari es.
  5. Giling tipis adonan setebal 1 cm. Tabur gula palem. Ayak kayu manis di atasnya. Tabur kismis sambil sedikit ditekan.
  6. Gulung dari atas sambil dipadatkan. Potong – potong setebal 21/2 cm. Letakkan di loyang yang di oles margarin. Diamkan 75 menit sampai mengembang.
  7. Oles susu evaporated. Oven 15 menit sampai matang dengan suhu 190 derajat celcius.
0

Tuesday, June 5, 2012

Pisang Bolen Bandung




Kemaren dapat kiriman pisang raja yang ranum dan masak pohon dari mertua..langsung dech kepikiran buat pisang bolen Bandung ini..soalnya enak banget kalau pisang raja2 nya bener matang dan manis rasanya. Biar tambah sipp..sengaja ku biarkan sampai beberapa hari dan bener over ripe pisangnya..jadi aromanya ..mantab..^^
Resep pisang bolen ini yang paling cocok di lidahku..dari tabloid koki ..hasilnya empuk..lembut dan gak kalah sama pisang bolen dari Bandung yang terkenal itu..enak ini malah..soalnya isinya istimewa..satu pisang cuma ku belah jadi dua, di tambah keju dan meises coklat ..yummy dech..mau coba....silahkan....gampang kok buatnya..cuma harus telaten aja melapis dan melipat adonan pakai korsvet, biar hasilnya ok..bisa berlapis2..tapi rasanya nggak kayak puff pastry biasa..tetap terasa rasa kulit pisang bolen gitu..ini resepnya ya :

Pisang Bolen Bandung

Bahan Kulit :
Tepung terigu protein tinggi / sedang 250 gram
Susu bubuk 1 sendok makan
Gula pasir 50 gram
50 gram mentega asin ( atau bisa juga di campur margarine )
Backing powder ½ sendok teh
Air  100 ml es
Kuning  telur 2 butir
Korsvet ( pastry margarine ) 75  gram, pilih yang bagus ya..supaya tidak ngendal di mulut hasilnya..
Olesan , aduk rata :
Kuning telur 1 butir
Susu cair 2 sendok makan
Isi :
Pisang raja 8 buah, potong jadi dua bagian ( pisangnya harus pisang raja yang benar2  tua dan matang ya..supaya tidak sepet rasanya..^^ )
Gula pasir 100 gram
air 100 ml
Keju dan coklat meises sesuai selera
Cara Membuat :
Isi : rebus pisang, gula dan air, hingga pisang matang ( tidak perlu sampai lembek..sebentar saja ), angkat dan tiriskan pisangnya.
Kulit :
Campur semua bahan kulit kecuali korsvet, uleni hingga kalis. Bulatkan adonan, simpan di kulkas selama 15 menit.
Pipihkan adonan persegi  panjang, olesi dengan sepertiga bagian korsvet, ratakan, lipat sisi kiri dan kanan kearah tengah, lalu lipat sekali lagi. Diamkan di kulkas 15 menit. Lakukan pengolesan dan lipatan yang sama hingga 3 kali sampai korsvet habis. Diamkan di kulkas 30 menit. Jika tidak sabar menunggu bolak balik di kulkas..pengolesan dan pelipatan bisa di lakukan sekalian 3 kali. Baru simpan di kulkas 30 menit..( jurus sesatku..hehe)
Tipiskan adonan setebal 3 mm, potong2. Ambil potongan adonan kulit, isi dengan satu potong pisang, tekan/ belah pisang..isi keju dan meises di tengahnya, lalu lipat persegi adonan kulit. Olesi dengan bahan olesan, lakukan hingga adonan habis, susun di loyang, lalu panggang  di oven 180 C selama 20-30 menit tergantung oven masing masing ya..^^



29

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel