Google Ad

Saturday, December 31, 2016

Pisang Goreng Banyumasan



Beberapa hari lalu aku mencoba Pisang Goreng ala Banyumasan, yang di jual di gerobak pinggir jalan gitu. Jualannya ya cuma Pisang aja..nggak ada goreng lain. Yang unik, Pisang Gorengnya ini selalu di sajikan hangat dan di jual per kotak 8 ribu, dapat kira-kira 6 biji Pisang Goreng. Awalnya sich penasaran, kok selalu ramai yang beli...aku heran juga karena kan cuma Pisang goreng gitu jualannya. Sebelumnya itu aku kira model Pisang Goreng ala Pontianak yang pakai Tepung Panko gitu, ternyata beda dan di tulisan Gerobaknya tertulis Pisang Goreng Khas Banyumas.
5

Wednesday, December 28, 2016

Sop Ayam Gingseng



Musimnya  mulai sering hujan deras lagi ya teman-teman. Apa di Semarang aja atau kota lain ya. Soalnya..kepokananku Dewi di Karawang bilang, kalau di sana panas terus. Padahal di sini dingin banget, sampai pada meriang semua. Untung Yodha masih libur, jadi bisa di jaga kondisi badannya dengan istirahat dan makan makanan bergizi. Aku juga, walau agak meriang, tapi doping terus makanan sehat dan istirahat cukup, alhamdulilah yang sehat dan tetap bisa bekerja seperti  biasa.
3

Uji Coba Pakai Air Fryer Lagi



Hari ini aku ujicoba pakai Air Fryer lagi. Tadi malam semangat sich sudah belajar dari resep-resep luar negeri ternyata mereka sudah  biasa pakai alat ini, jadi bisa untuk memasak dan membuat aneka makanan. Yeay...jadi semangat dietnya..hihi. Paling nggak diet yang aku yakini dulu dech..bahwa jika mengurangi minyak itu lumayan cepat. Selanjutnya aku ganti Nasi menjadi Nasi Merah. Makan banyak sayuran berkuah yang tanpa minyak juga. Kalau pengen nyemil sekali-kali kan boleh ada Air Fryer ini juga. 
5

Tuesday, December 27, 2016

Balado Telur Rebus



Sesuai janjiku..mulai tahun depan mau selang seling posting menu sehat ya teman-teman. Menu yang tanpa minyak dulu ya. Nah..untuk rencana sehatnya kudu menyiapkan mental, agar tidak tergoda yang di goreng-goreng. Walau tetap untuk Yodha dan Papinya ya biarin di goreng biasa, kan masih dalam masa pertumbuhan..hihi..Yodhanya lho..!
7

Monday, December 26, 2016

Air Fryer...Menggoreng Tanpa Minyak



Maaf baru posting lagi ya teman-teman..dari kemaren libur kebanyakan jalan-jalan dan jajan di luar..atau masak yang simple yang sudah pernah aku posting di sini...hihi. Hasil jalan-jalan salah satunya ini nich ada gadget dapur baru yang ikut ke rumah. Niat hati cari Bread Maker di Ace Hardware, kok malah bawa pulang ini nich..hihi. Air Fryer, alat penggoreng tanpa minyak. Semoga beneran rajin aku pakai, demi mewujudkan resolusi diet, tiap tahun yang tak kunjung tercapai..haha.
9

Friday, December 23, 2016

Ikan Asin Layur Goreng Garing & Sambel Tumpang



Hari ini  menunya favorit Emaknya semua...hihi. Yodha cuma minta Ikan Bakar hari ini. Kadang-kadang tiap hari masak Daging atau Ayam, yang masak sudah *mblenger duluan...kadang malas makan. Yang bisa menggoda selera makanku yang menu-menu sederhana seperti ini. Tadi di pasar sudah di niatin mau beli Ikan Layur. Eh..alhamdulillah nemu bagus-bagus dan bersih, serta tidak asin banget. Aku memang lebih suka beli Ikan layur di pasar, kalau di tukang sayur itu suka agak buluken Ikan layurnya..maksudnya terlalu berselimut garam..hihi. Rasanya juga asin sekali.

1

Ikan Bakar Praktis Bumbu Kecap


Hari ini mau kembali ke jadwal ah, tiap hari posting malam-malam terus setelah semua pekerjaan selesai, lama-lama ngantuk juga..hihi. Biasa jam 11 malam udah tidur..badan tua nich..beberapa hari begitu mudah masuk angin. Sekarang apa yang bisa di kerjakan siang, segera kerjakan..malam istirahat..begitu saja ya..biar tetap selalu sehat dan kuat. Apalgi kerjaan bukan semakin berkurang, tapi semakin bertambah..tanpa art pula. Jadi urusan dapur sendiri semua. Artku yang sekarang agak susah di atur dan juga banyak maunya..maunya kerja ringan gaji besar..huhu..*curcol*. Mulai berangkat siang..mulai ngitung jam kerja..kerjaan belum selesai udah pulang, padahal aku bayar lumayan perhari...ya sudahlah..di niatin berjuang sendiri saja. 

4

Thursday, December 22, 2016

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang Paling Enak Sedunia Versi Yodha



Hahah..judulnya kok lebay ya teman-teman. Cuma mau cerita soal Mie Dok-Dok favorit Yodha aja...karena menu hari ini sudah pernah aku posting semua resepnya. Siang menunya Pecel Mie..malam ayam Krispi. Sore bikin kue cubit buat Yodha..resep baru..kue cubit Oreo..eh lha kok ternyata aku lupa  masukin gula..hihi. Kue udah menul-menul..begitu aku gigit..lho kok nggak manis. Ternyata oh ternyata..gulanya masih di atas timbangan. Begini dech kalau masak kue..pikiran ke mana-mana..sampai ngaduk adonan, gula di depan mata ngak kelihatan..hahah.

Ya udah dech aku cerita Mie favorit Yodha aja ya..Mie Dok-Dok. Tau kan teman-teman..Mie yang di jual keliling gitu. Itu favorit Yodha  banget. Jika lagi nggak masak, bisa jadi penyelemat dech Abang Mie Dok-Dok ini. Yodha punya langganan Abang Mie Dok-Dok yang enak dan bersih masaknya. Rasanya juga enak. Jadi Yodha maunya Abang itu,..nggak mau yang lain. Selain Mie Dok-Dok ada juga Mie Tek Tek..tapi Yodha juga nggak mau..tetep mau Mie Dok-Dok. Kalau Mie Tek-Tek nich memang kurang sedep rasanya dan nggak ada kekian kampungnya yang Yodha suka.

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang itu enak..karena biasanya memakai Kecap khusus tradisional. Kalau Abang langganan Yodha...pakainya Kecap Mirama. Memang Kecap tradisional ini rasanya berbeda. Di buat masak Mie atau Nasi Gorengan jadi makin sedap. Dari ngobrol seputar kecap waktu aku posting di Instagram aku @bunda_didi, ternyata banyak ya..kecap dari seluruh Indonesia. Masing-masing daerah punya Kecap andalan sendiri-sendiri ternyata. Kalau aku yang nyantol di hatiku tetap Kecap Lele. Kalau Yodha Mirama katanya paling enak..haha. Soalnya Abang-Abang Mie Dok-Dok pakai itu. Kalau Suamiku sukanya Kecap Gentong dari Pati atau THG dari Kudus. 

Dari teman-teman yang komentar di instagram aku juga jadi tau, nama-nama Kecap tradisional yang enak dan khas dari berbagai daerah. Jadi ilmu tentang perkecapan bertambah dech. Jadi pengen koleksi Kecap...hahah. Orang luar koleksi Anggur mewah, kalau aku mau koleksi Kecap tradisional aaja dech...hihi. Nanti mau tak pajang di dapurku.

Oh iya biar nambah ilmu ini aku rangkum sebagian nama Kecap tradisional dari beberapa daerah di Indonesia ya..siapa tahu ada yang mau tambahin ayuk share di komen sini ya.
Dari banyaknya komentar tentang Kecap di aku Instagram Saya, jadilah Saya tahu merk-merk Kecap yang enak dari berbagai daerah di Indonesia. Kecap Sriti dari Jawa Timur, Kecap Delima dari Pacitan, Kecap Benteng dari Tangerang, Kecap Cap Ikan layur dari Jombang, Kecap Siwalan rembang, Kecap THG Kudus, Kecap Kentjana Kebumen, Kecap Tawon Madiun, Kecap Laron Tuban, Kecap Bawang Magetan, Kecap Sawi Kediri,  Kecap Udang dari Purwodadi, Kecap Jago dari Yogya, Kecap Bawang Tunggal dari Samarinda, Kecap Bulan dari Palembang, Kecap Tjap Kuda dari Tulungagung, Kecap Matahari dari Cirebon , Kecap Cap Dua Ayam dari Jambi, Kecap Cap Ikan Koki dari Banten, Kecap Sarico dari Purworejo, Kecap Sotong dari Cirebon, Kecap barokah dari Klaten, Kecap Riboet dari Purwokerto, Kecap Wortel dari Wonosobo, Kecap Cap Ikan Dorang dari Jombang, Kecap Lele dari Pati, Kecap Mirama khas Semarang, dll masih banyak lagi merknya.

Nich Kecap Mirama khas Semarang seperti ini teman-teman, yang jadi rahasia kelezatan Mie Dok-Dok ala Semarangan langganan Yodha :)


Mau lihat gaya lucu Yodha makan Mie Dok-Dok..nich...teman-teman...hihi.






2

Wednesday, December 21, 2016

Tahu Hot Jeletot Ekonomis


Kemaren ada teman yang wa aku nanyain resep Tahu Hot Jeletot. Karena penasaran apa itu..aku cari di Google. Wo alah..ternyata sejenis tahu isi pedas..atau Gehu Pedas, atau Tahu Mercon, hampir sama lah ya. Temen nanyain resep yang ekonomis tapi enak untuk usaha. Baiklah..kalau sekedar Tahu Isi di buat pedas, mudah lah ya..aku buatin resepnya ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang lain juga yang suka Tahu isi pedas.

2

Tuesday, December 20, 2016

Hongkong Egg Waffle



Yeay...akhirnya bisa bikin Egg Wafle sendiri. Yodha suka banget Egg Waffle ala Hongkong ini. Kalau pergi ke Mall..sekali beli bisa dua. Lumayan harganya..hihi. Jadilah pengen coba buat sendiri. Ternyata gampang kok. Yodha aja bisa bikin sendiri. Nggak percaya teman-teman ?..Coba cek di ig ku..@bunda_didi...aku upload tadi video Yodha bikin Egg Wafle ini..hihi.
6

Monday, December 19, 2016

Tips Membuat Perkedel Kentang



Hari ini Yodha kok minta menu Nasi kuning...lauknya Ayam bakar lagi..hihi. Otomatis nggak masak menu baru..sudah hafal semua kan resepnya sudah sering aku posting beragam menu ayam bakar dan juga Nasi kuningnya. Jadi hari ini mau nulis tentang perkedel saja ya.
0

Sunday, December 18, 2016

Tips Mengolah Usus Ayam agar Tidak Amis



Tadi pagi waktu ke toko daging langganan..beli sosis untuk Yodha dan temannya yang menginap di rumah..kok aku lihat ada Usus yang bagus dan bersih, langsung aku beli dech. Sudah dari kemaren ingin makan sate Usus, tapi jika beli matang di warung angkringan itu kadang suka masih amis atau bau kurang sedap. Kadang juga takut jika kualitas ususnya tidak bagus atau pengolahannya kurang bersih. Jadi cara terbaik untuk menikmati Sate Usus adalah memasak sendiri.
2

Saturday, December 17, 2016

Sambel Tomat Seger


Menu hari ini Sambel saja ya...hihi. Hari ini ada teman Yodha yang main ke rumah..lha pada di tanya makan apa..jawabnya Ayam Goreng. Jadi sudah pasti Ayam goreng sudah sering aku posting. Jadinya Sambelnya aja nich yang belum. Sambel ini favoritku. Sambel Tomat seger...yang artinya...sambal tomat tanpa di goreng lagi setelah di haluskan. Jadi masih ada rasa seger dari tomatnya. Walau semua bahan di goreng..tapi karena tidak di tumis lagi..maka rasa Tomatnya  masih terasa.

Kalau di rumahku dulu di Yogya  bikin sambel ya gini terus ibuku. Mungkin karena selalu habis ya bikin sambel..jadi nggak perlu repot-repot numis lagi. Kalau sambel begini walau di goreng dulu tapi memang nggak awet jika di simpan sampai besok, akan terasa asem. Beda sama sambel tomat tumis yang di masak hingga tanak dan berwarna kecoklatan..maka itu awet di simpan, di suhu ruang aja tahan hingga dua harian ya.

Sambel Tomat Seger ini paling enak buat teman makan Sop Kampung, Sayur Nangka kuah, buat teman makan Mie goreng atau bihun juga enak banget. Jika mau cantik warnanya, pakai tomat merah yang segar dan cabai merah keriting agak banyak.  Namun tetap harus pakai cabai rawait agar pedasnya mantap. Terasi tetap pakai, tapi jangan terlalu banyak, jadi yang menonjol itu tetap rasa tomat segarnya ya teman-teman.

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya.....

Sambel Tomat Seger

Bahan :
10 buah cabai merah keriting
8 buah cabai rawit ( sesuai selera )
1 buah tomat matang segar ukuran agak besar atau dua jika kecil
6 butir  bawang merah, iris kasar
1 siung bawang putih, iris kasar
1 sendok teh terasi bakar
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah 

Cara Membuat :
Goreng semua bahan sambal kecuali Terasi, garam dan gula
Ulek semua bahan bersama ketiga bahan di atas setelah di goreng
Tuangi sedikit sisa minyak goreng panas agar lebih  mengkilat sambalnya 
Koreksi rasa hingga pas sesuai selera


6

Friday, December 16, 2016

Nasi Goreng Mawut Sosis


Banyak foto dan resep yang antri di posting di web. Sabra ya teman-teman..karena keterbatasan tenaga dan waktu..jadi satu persatu ya. Hari ini postingnya berdasar *most wanted recipe..hihi..yang banyak di request menunya ketika aku posting foto di Ig aku. Menu-menu simple seperti ini, banyak yang minta resepnya ternyata...baiklah aku tulis duluan ya.

Ini menu kepepet aja sich..jika belum belanja dan nggak punya lauk di kulkas. Tadi Yodha aku tanya makan siang apa..karena di rumah cuma ada Sosis dan Mie. Langsung dech jawabnya Oseng Mie...hihi. Waduh..aku sampai bosan masak Oseng Mie...Yodha suka banget..udah beberapa kali dalam minggu ini lauknya Oseng Mie. Yodha suka di padu ayam goreng, ayam bakar, daging goreng dll..mintanya menu pendampingnya Oseng Mie. 

Akhirnya daripada aku mblenger masak Oseng Mie..aku buatin Nasi Goreng mawut aja. Sama tho..Nasi dan Mie..tapi di campur sekalian..sekali masak. Aku masukin Sosis sekalian..jadilah Nasi  Goreng Mawut..hihi. Nasi Goreng Mawut ini menu khas di warung-warung Nasi Goreng atau Mie Jawa. Biasanya selain ada Nasi goreng, Mie Goreng..ada juga campuran keduanya...yaitu Nasi Goreng Mawut ini. Biasanya sich isinya Ayam suwir atau Ati Ampela..tapi karena aku tidak punya..aku pakai sosis saja..tetap enak kok.

Oke..langsung aja ini dia resepnya ya. Tips biar sedep waktu masak Nasi Goreng Mawut ini, pakai api besar ya..tumis bumbu hingga benar-benar matang...telurnya juga biar matang dulu di wajan..orak arik dulu telurnya sebelum bahan lain masuk agar tidak amis. Mienya pakai Mie yang pulen, jangan terlalu lembek merebusnya agar tidak menggumpal. Selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..:) Jika mau lebih gurih, bumbu bisa di tambah sedikit ebi, tapi aku lagi nggak punya tadi.

Nasi Goreng Mawut Sosis

Bahan :
200 gram nasi putih
50 gram mie kering, rebus
1 butir telur
1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
2 lembar kol iris halus
2-3 buah sosis, potong bulat kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1/8 sendok teh merica bubuk
bawang goreng dan acara secukupnya jika suka

Bumbu halus :
1 siung bawang putih, 2 butir bawang merah
3 buah cabai merah / rawit ( sesuai selera )
1 butir kemiri

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang, sisihkan di pinggir wajan
masukkan telur, orak arik telur hingga matang
Masukkan nasi, mie dan bumbu lain
Aduk rata dengan api besar agar bumbu meresap merata
Koreksi rasanya, jika sudah pas, masukkan kol
Aduk cepat hingga kol layu
Angkat dan sajikan hangat


0

Thursday, December 15, 2016

Soto Kudus Bersantan


Hari ini Yodha minta menu Ayam Bakar. Jadi pagi-pagi udah ke pasar belanja biar dapat Ayam Pejantan seger dan bagus. Tak lupa sebelum ayam di ungkep bumbu, aku ambil Kaldunya dulu. Aku selalu membuat kaldu dari Ayam Pejantan atau Ayam kampung, karena bisa bening kaldunya dan sedep jika di pakai memasak Soto atau Sop. Beda sama ayam biasa, kadang malah amis jika di buat kaldu. Cara membuat Kaldu bening   tipsnya..sudah pernah aku share juga di SINI ya teman-teman.
0

Wednesday, December 14, 2016

BitterBallen Makaroni Isi Mozzarella


Hari ini Yodha udah libur panjang..jadi mulai mengajak untuk membuat Video masak lagi. Yeay...akhirnya turun ke dapur lagi ya Kak..! Waktu kemaren-kemaren selain aku sibuk..Yodha juga lagi persiapan ujian. Sekarang mah sudah santai..kerjaannya makan melulu tambah ndut Yodhanya. Kalau jam 12 siang belum matang..udah teriak-teriak.." Kapan makannya Mi ?.."...hihi.

3

Tuesday, December 13, 2016

Paru Kremes



Akhirnya komputerku normal lagi..setelah *berobat ke tukang servis komputer habis 500 ribu..hihi...ada yang mati total bagian dalamnya..perlu di ganti. Jadi bisa posting normal lagi dech. Sedikit mahal servicenya ndak apa-apa wis..yang penting bisa kerja lagi...daripada pusing aku pakai Laptop Yodha yang terlalu canggih. Windownya paling baru..aku malah pusing..hihi. Beneran aku suka kerja komputer biasa yang udah jadul seperti punyaku..karena simpel dan cepat jadinya. Kalau pakai Laptop Yodha malah kelamaan edit foto misal mau resize ukurannya aja malah ribet programnya.
0

Sunday, December 11, 2016

Sambal Siomay Merah dan Lembut Ala Abang Siomay



Dari dulu jika buat siomay...siomaynya udah sip enak..melebihi dari yang di jual di luaran rasanya..tapi sambelnya selalu pucat..kecoklatan aja. Nah..jadinya itu penasaran sama sambal siomay ala abang-abang siomay itu kok bisa merah menyala dan kelihatan berminyak gitu. Akhirnya kemaren iseng..aku coba buat sambel Siomay yang merah merona warnanya serta lembut encer ala abang-abang Siomay gitu..hihi.
10

Saturday, December 10, 2016

Gemblong Singkong


Tiap hari menengok freezer atau kulkas sebelum belanja lagi ke pasar..biar nggak selalu nimbun bahan-bahan mentah..hihi. Di tengah harga-harga bahan makanan yang melambung, sampai cabe, sayuran dan bumbu-bumbu selalu naik harganya ya teman-teman..sangat tidak tepat jika menimbun bahan di dapur..hihi. Maka punya apa sedikit ayuk di olah..jadi cemilan baru untuk keluarga.

3

Friday, December 9, 2016

Sambal Goreng Labu & Krecek


Sayur favorit di rumah...Yodha dan Papinya selalu suka..nggak pernah bosan...itu adalah sayur labu. Mau di versi apa aja kok pada suka semua. Kadang di sayur agak encer ringan seperti sayur Labu teman Nasi Liwet atau yang berbumbu pedas seperti yang aku masak ini..semua suka. Yupp..labu siam...atau Jipang..memang luwes di masak sayur santan seperti ini. Rasanya itu lembut enak.
3

Thursday, December 8, 2016

Tahu Campur Lamongan


Kemaren Punya daging Tetelan yang berlemak cuma sedikit 300 gram. Mau di masak kok nanggung..akhirnya aku buat Tahu Campur Lamongan aja..pas..porsinya..hihi. Dulu aku pernah buat Tahu Campur Lamongan juga..udah pernah aku share, tapi kali ini aku buat porsi sedikit. Jadi cocok nich untuk keluarga kecil seperti aku..biar hemat tho..nggak usah masak banyak-banyak..yang penting cukup untuk 2 atau 3 orang.
2

Wednesday, December 7, 2016

Tahu Plethok Khas Tegal



Wah..hujan sedari pagi ya teman-teman. Dingin..dan selalu lapar...hihi. Tadi mau masak buat sarapan..kok bumbu kurang lengkap. akhirnya nnggu budhe sayur lewat dulu dech agak siangan. Udah makan roti tawar selai coklat selembar..kok ya masih lapar ya..hahah. Akhirnya lihat di kulkas..ada Tahu..asyik..bisa di buat goreng buat pengganjal rasa lapar yang melanda.

0

Tuesday, December 6, 2016

Nasi Gurih Plus Lauk Komplet




Hari ini masak komplet..hihi. Soalnya Yodha lagi ujian..jadi dia pulang sekolah itu langsung kelaparan minta makan. Karena ujian..pulang setengah hari, nggak makan di sekolah. Makanya sebelum Yodha pulang aku sudah siapin menu favorit dia untuk makan siang. Yodha sekarang sudah suka menu-menu berbumbu, jadi nggak mau lagi menu anak-anak yang plain..hihi.

Dan..lagi iseng banget..tadi aku menata menunya di wadah makanan ala-ala Bento atau  katering gitu..hihi. jadi ini Bento ala Jowo ya. Nggak kalah menggoda kan..sama Bento-Bento ala Jepang teman-teman.. hahah. Yang pasti menunya mesti kemakan semua...karena favorit Yodha. Kecuali telurnya..itu favoritku..Telur dadar daun So..tapi aku kasih Yodha dia ya doyan juga..hihi.

Untuk Nasinya biar enak..aku masak Nasi Uduk..tapi Nasi Uduk Jawa...hihi..karena nggak pakai rempah-rempah. Atau lebih tepatnya di sebut Nasi Gurih jika di Jawa. Nasi gurih nich gurih aja harum salam, nggak berempah banget seperti Nasi Uduk Betawi. Tapi untuk lidah Jawaku aku lebih cocok Nasi Uduk Jawa alias Nasi Gurih yang soft gurihnya.

Oke..langsung saja ini dia resep Nasi Gurihnya ya. Untuk Lauknya sudah pernah aku posting semua di webku. Ada Ayam Panggang Klaten, namun aku buat versi ekonomis aja..pakai Ayam Broiler biasa, bukan ayam kampung, tapi aku pakai bagian paha, agar tidak mudah hancur ketika di ungkep lama dan lebih cantik jika buat Nasi ala Katering seperti ini. Untuk sambel Goreng Kentang sengaja pilih ya tanpa santan, karena lebih cocok untuk makan Nasi Gurih. Untuk telurnya aku pilih Terlur Dadar Daun So,,karena cantik warnanya, ada hijau-hijaunya gitu. Tapi jika tidak suka, bisa di gnati daun bawang ya teman-teman.

Oke,..semoga bermanfaat sedikit inspirasi bekal sekolah atau bekal untuk kerja, atau mau untuk usaha katering rumahan....sipp...selamat mencoba ya. Untuk resep-resepnya...aku share lagi yang Ayam Panggang Klaten ya...untuk resep lauk lainnya...silahkan di klik aja link-link berikut ya :

Sambel Goreng Kentang tanpa Santan, resepnya di SINI

Dadar Telur Daun So, resepnya di SINI 
Ayam Panggang Klaten

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ekor ayam kampung ( dipotong 4 - 8 bagian )  / Ayam negeri ( jika ayam biasa, lebih baik pakai bagian paha, jadi lebih liat dagingnya..nggak mudah hancur )
2 lembar daun salam , lengkuas 2 cm memarkan
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2  sendok makan garam ( secukupnya )
1 sendok makan gula merah sisir
1 sendok teh asam jawa 
600 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh jintan, disangrai
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih 
5 butir kemiri, disangrai
1 cm jahe 
1 cm kunyit, dibakar

Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai meresap dan bumbu dan santan  mengental  jadi areh
Bakar sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu sampai harum.
Nasi Gurih

Bahan :
250 gram beras, dicuci bersih
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam
400 ml santan

Cara Pengolahan :
Cuci bersih beras
Rebus santan, daun salam dan garam sampai mendidih
Masukkan beras
Aduk dan masak sampai santan habis
Kukus sampai matang
7

Monday, December 5, 2016

Sayur Rebung Bumbu Iris


Ini sayur favoritku. Sayur rebung bumbu iris. Biar makin enak dan komplet..tambah sayuran kacang panjang dan daun so sedikit. Rasanya itu segar ringan..enak di makan hangat-hangat berkuah di musim hujan yang dingin seperti sekarang ini. Suami juga suka..tapi Yodha tidak. Dia belum bisa makan sayur ndeso seperti ini..hihi. Maunya masakan yang bersaus-saus..ala Chinese food gitu. 

1

Sunday, December 4, 2016

Lentho Singkong Tempe Semangit


Olahan Singkong lagi...hihi. Kalau beli singkong itu aku suka lupa masak kadang teman-teman..jadi kadang lebih suka beli singkong masih kulitan agar lebih awet di simpan. Namun...kadang di pasar sudah di manjakan ya kita sekarang...banyak di jual singkong udah kupasan gitu. Jadi..kadang tergoda juga untuk beli...walaupun kadang-kadang akhirnya lupa juga masak..hihi. Nah nggak sengaja aku nemu tehnik menyimpan Singkong agar lebih awet..yaitu di rendam pakai air. Aku nggak sengaja juga sich. Beli singkong Minggu lalu, udah kupasan, aku cuci bersih. Lalu aku masukin wadah dan aku rendam air, biar nggak membiru maksudnya. Eh..sampai malam kok lupa masak. Akhirnya aku masukin kulkas aja dalam posisi terendam.
5

Friday, December 2, 2016

Lemper..Pakai Rice Cooker


Minggu ini aku udah dua kali bikin Lemper. Rajin ya...hihi...mesti teman-teman kira ribet bikin lemper. ah..sekarang aku udah nemu cara yang mudah kok membuat Lemper..di masak pakai Rice Cooker aja..nggak perlu merendam beras ketan, nggak perlu bikin aron ketan..ngukus..dll. Langsung aja masukin semua bahan ke rice cooker...seperti membuat Nasi biasa...dan nggak lama klik..setengah jam kira-kira...langsung matang dech. Tinggal di beri isi, di bungkus daun biar seperti Lemper tradisional..rasanya..sama enaknya...hihi.

8

Thursday, December 1, 2016

Tips Membuat Cumi Krispi


Yodha lagi seneng Cumi. Biasa dia suka di bakar. Namun biar nggak bosan aku coba goreng krispi aja..ternyata suka juga. Jadilah menu ini salah satu menu favoritnya sekarang. Cumi Krispi ini memang enak banget ya teman-teman..krispi di luar..empuk dan lembut di dalam. Nah..tapi nggak semua bisa begitu lho. Kadang beli di resto itu cuminya alot...tepungnya keras.
4

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel