Google Ad

Friday, July 29, 2011

Kerang Bumbu Rujak



Di rumah,aku cukup sering masak kerang,walaupun sebenarnya aku nggak suka kerang,tapi suami suka,jadi ya tetep harus masak seafood ini. Kerang sering ku buat sate kerang,tumis cabai hijau atau di rebus aja pakai garam. Tapi terakhir aku coba masak pakai bumbu rujak ( bumbu kuning pedas manis )..eh suami kok suka..ya udah,sekarang tiap masak kerang ya pakai bumbu itu..

Gampang kok buatnya ,yukks silahkan di coba :


Bahan :
250 gram kerang kupas
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri,sangrai
1/2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe,memarkan saja
Terasi sedikit,jika suka
Cabai merah keriting  5 buah
Gula merah sedikit ,garam dan bumbu kaldu.
Daun jeruk 2 lebar
Sereh  1 , geprek
Kecap manis 2 sendok makan
Air  100 ml
Cara Membuat :
Rebus sampai matang kerang untuk menghilangkan kotoran dan bau amis,  uleg bumbu2 kec  jahe ,tumis sampai harum,masukkan kerang ,tuang air,bumbu  lain, aduk samapai meresap,terakhir tuangkan kecap manis..aduk rata, masak sebentar lagi. Tusuk dengan tusuk sate. Hidangkan hangat .

0

Thursday, July 28, 2011

Resep Babat Iso Gongso


Resep Babat Gongso

Babat gongso adalah kuliner khas Semarang yang sudah cukup terkenal. Bahan utamanya adalah babat,yang sudah di rebus sampai empuk,kemudian di gongso ( di tumis agak lama ) dengan bumbu khas manis pedas.
Biasanya aku suka beli babat gongso di rumah makan langganan, tapi sekarang rasa babat gongsonya tidak seenak dulu..jadi untuk buat obat kangen masakan ini ya harus bikin sendiri.  Lebih enak dan sesuai selera..hehe. Tapi kalau buat sendiri harus sabar ya,karena merebus babat harus lama, dan berulang2 biar tidak bau..kemaren saja pas merebus sempat gosong kehabisan air karena sambil nonton DREAM HIGH di Indosiar..hiks hiks..untung masih bisa di masak babatnya.
Ini resep babat gongsonya …
Bahan Gongso :
Babat 250 gram
Cabai merah keriting 20 - 50 gram , sesuai selera pedasnya,haluskan
10 butir bawang merah,iris tipis
3 siung bawang putih,haluskan
Kecap manis kurang lebih 3 sendok makan atau sesuai selera
Garam,bumbu kaldu sapi jika suka
Bumbu ungkep dan rempah2 untuk merebus babat
Minyak goreng dan sedikit blueband untuk menumis

Cara Membuat :
Rebus  babat sampai agak empuk. Setelah itu rebus lagi bersama dengan bumbu ungkep biasa, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan rempah2 seperti salam, laos, dan dengan bumbu gula merah dan garam sesuai selera. Agar nanti sudah ada rasanya pas di gongso.( ini versiku..kalau yang di jual di warung2 ya habis di rebus trus langsung di gongso..)
Setelah matang dan bumbu meresap , tiriskan, potong kecil2
Tumis bawang merah sampai harum, masukkan babat , tumis sampai agak lama dan kering, sisihkan, biarkan sisa minyak tetap di penggorengan, lalu masukkan bawang putih halus..tumis sampai harum, tambahkan cabai halus,tumis sampai matang,lalu masukkan kembali babat iso, tambahkan sedikit air,garam dan kecap,aduk hingga matang dan kuah menyusut. Tambahkan potongan tomat jika suka. Terakhir taburi bawang goreng. Sajikan hangat bersama nasi putih dan lalapan. Kemaren khusus buat suami yang suka pete, ku tambahkan juga pete goreng..enak dech katanya..kalau aku sich gak suka pete..hehe.
Sebenernya kalau mau praktis..kita bisa beli aja babat  yang sudah di ungkep dan di goreng di warung2 seperti warung soto sapi, warung gudeg, warung pecel yang biasa jual babat iso bacem. Setelah itu tinggal kita daur ulang dan bumbuin dengan bumbu gongso ini..sama  kok rasanya..sama2 enak, yang jelas gak perlu ribet ngurusi babat iso mentah..hehe.

Kalau babat gongsonya masih sisa, masih bisa lho ,di daur ulang..jadi nasi goreng gongso..^^..yummy......



0

Wednesday, July 27, 2011

Risoles ragout Makaroni Keju


Risoles..cemilan favorit keluargaku..selain mengenyangkan juga bergizi ,jadi kadang kalau lagi malas makan, ya risoles ini bisa buat alternative,bisa buat sarapan atau bekal anak sekolah. Karena sudah sering buat risoles yang isi ragout , untuk variasi rasa, bisa di ganti  makaroni lho..rasanya juga tak kalah enak dengan yang isi ragout kentang . Mau coba?..Ini dia resep nya :


Risoles Ragout Makaroni Keju

Bahan Kulit :
150 gram terigu
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml air ( Jika suka kulit risoles yang lembut, ganti air dengan susu )
2 sdk mkn minyak goreng,aduk rata

Bahan isi :
1 sdk mkn margarin
1/2 bawang bombay
 2 siung bawang putih
150 gram ayam rebus, potong atau suwir kecil
150 gram wortel, iris dadu, ( biar mudah  ngirisnya..rebus sebentar wortel...jd pas di buat ragout juga lebih empuk wortelnya.)
100 gram makaroni pipa, rebus sampai empuk
Keju secukupnya,potong kotak2 kecil
2 lbr daun bawang
susu tawar cair 150 ml ( UHT )
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt teh bumbu kaldu ayam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdk teh gula pasir ,atau sesuai selera..cicipin hasil hasil akhir ragout agar bisa dapet rasa yang pas..klu suka  sdkt manis bisa tambahkan gulanya..bila kurang gurih tambah bumbu kaldunya.
2 sdk makan terigu

Adonan pelapis : 50 gram terigu
                          10 sdm air, aduk rata
                          200 gram  tepung roti

Cara membuat :
Kulit : 
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sdkt demi sdkt,aduk rata.masukkan minyak goreng, aduk rata. Bila ada tepung yang msh menggerindildi adonan,saring pakai saringan kawat adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm,agar mudah..angkat teflon yang sudah di panasin, tuang adonan dr pinggir, lalu putar merat ke seluruh teflon, shg kulit bisa tipis rata, jika kelebihan nuang adonannya..tuang lembali ke baskom adonan, lalu taruh kembali teflon di atas api..sampai kulit matang..( Kalau langsung di tuang pakai sendok di atas kompor..suka ketebalan dan tdk rata.)

Isi Ragout :
Tumis bawang putih,bawang bombay, pala bubuk sampai harum, masukan terigu sedikit demi sedikit sampa menggumpal, lalu masukan susu. merica, garam, bumbu kaldu, gula pasir. Lalu masukkan ayam rebus, makaroni ,wortel dan daun bawang, , aduk hingga kental terakhir masukan keju yang udah di potong kecil2. Jgn lupa cicipin utk memastikan apakah ada bumbu yang kurang..Rasa ragout yang enak yaitu gurih dan sdkt manis.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit, isi dgn 1 sdk makan adonan isi ( atau sesuai selera), gulung btk amplop, masukkan ke adonan tepung pelapis, gulingkan ke panir. Goreng  sampai kuning keemasan secukupnya. Sisa risoles yang sudah di panir, bisa di simpan di wadah tertutup,,simpan di kulkas , di goreng saat di butuhkan.....bisa buat sarapan paginya atau buat bekal sekolah anak....^_^...



Saking senengnya dengan risoles..saya sering berekperimen dalam pembuatan risoles ini..misalnya isiannya..bisa di variasikan macem2, mau dengan daging atau ayam, atau cuma sayuran aja..semua enak..^^..bahkan..pernah juga bikin risoles tanpa memakai tepung panir, hasilnya enak juga lho..unik..kayak gini nich :


Atau risoles ragout biasa..juga yummmy...........kayak ini nich..pokoknya love risoles dech..awas..ingat diet tapi ya..jangan makan banyak2,..hehe



6

Resep Lidah Kucing Keju

Dulu..waktu pertama belajar bikin lidah kucing, pasti error dech, adonannya gak nyampur sempurna , pas di panggang gosong dan patah2. Setelah berulang kali trial and error dan coba berbagai resep..aku paling sreg dengan resep ini.., karena lidah kucingnya pakai kuning telur juga, gak cuma putih telur, jadi texturenya lebih kokoh dan lebih renyah, rasanya juga tambah gurih, karena pakai kuning telur juga. Rasanya juga spesial, beda sama lidah kucing biasa. Dari satu adonan resep ini..bisa jadi dua rasa lidah kucing lho..yaitu rasa coklat dan keju....praktis kan..

Ini dia resepnya :

Lidah Kucing Keju

Bahan :
Mentega 100 gram
margarin 150 gram
Gula halus 175 gram (klu aku 150 gram saja..)
Garam 1/2 sendok teh
Kuning telur 2 butir

Bahan B :
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Tepung Maizena 25 gram
susu bubuk 25 gram

Bahan C :putih telur 100 ml , kocok kaku

Keju parut secukupnya

Cara :
Kocok bahan A hingga mengembang & putih, lalu masukkan bahan B yang sudah di aduk rata. Tambahkan bahan C yang telah di kocok kaku sdkt demi sdkt hgg tercampur rata.Oh ya, untuk variasi rasa ,bisa di tambahkan pasta perasa lain lho, misal rasa coklat atau moka, caranya bagi adonan mjd dua, satu adonan tambahkan pasta sesuai selera, maka jadilah lidah kucing moka atau coklat,  separuh adonan  biarkan warna kuning, nanti taburi keju saja diatasnya, jadilah lidah kucing keju. Masukkan msg2 adonan ke piping bag segitiga, semprot melintang di loyang LK sampai penuh....Utk adonan kuning tabur keju di atasnya..Panggang dioven suhu 150 C slm 15 menit, lalu kecilkan suhu oven jd 100C...panggang lagi 15 menit..dinginkan dan kemas di toples.

3

Bikin nugget sendiri yukks.....

Nugget..makanan favorit anak2  yang udah umum banget ya, karena banyak di jual di mana2, tapi kalau mau nugget yang sehat dan fresh, kenapa nggak kita bikin sendiri saja, jadi kita bisa pilih bahan2 yang berkualitas, dan yang pasti fresh, tanpa bahan pengawet atau penyedap yang berlebihan.
Aku suka bikin sendiri nugget untuk keluarga ku,selain lebih sehat dan lebih enak,karena rasa bisa di sesuaikan selera sendiri, bisa di tambah bahan2 lain seperti sayuran dan keju, juga lebih murah lho, dari pada beli yang kemasan di supermarket..

 Ini salah satu nugget yang sering ku buat :

Nugget Ayam Sayuran Keju ( dari buku Variasi Nugget Dewi  Adam..yang udah ku modif dikit )

Bahan:
500 Gram Ayam Cincang
2 lembar roti tawar tanpa kulit,rendam pakai
susu lalu peras
50 gram buncis,potong kecil2
50 gram wortel,potong kecil2
telur ayam 2 butir
Keju parut 100 gram

Bumbu :
1 bungkus( 10 gram ) kaldu bubuk
2 siung bawah putih
3 siung bawang merah
1/2 sdk teh merica bubuk
1/2 sdk teh pala bubuk
1/2 sdk teh garam atau sesuai selera
1 sdk teh gula pasir

Utk pelapis :
Telur ayam 2 butir
1/2 sdk teh garam
250 gram terigu
150 gram tepung panir khusus nugget

Cara Membuat :
Cincang ayam kecil2., Campur dan haluskan jadi satu semua bahan dan bumbu yang udah di haluskan terlebih dahulu kec wortel,buncis dan keju,bisa pakai food prosesor atau blender, tambahkan keju parut.dan sayuran aduk rata,cicipin udah pas atau belum bumbunya..dgn cara goreng sdkt adonan,cicipin..jika kurang garam ,gula atau apa,tambahkan sesuai selera hingga rasanya pas gurihnya.
Masukan pada loyang segi empat..ratakan tipis saja,lapisi plastik bawahnya.
Kukus 30 -40 menit, dinginkan.Potong2 sesuai selera,atau juga bisa di cetakdgn cetakan yang lucu2 biar anak2 suka.
Gulingkan potongan nugget ke terigu,celup ke telur dan gulingkan lagi ke tepung panir. Simpan nugget siap goreng ini dalam wadah tertutupdi kulkas sebentar,biar tepung panir melekat sempurna. Goreng secukupnya. Sajikan hangat..Nyam2..anak2 pasti suka..Simpan sisa nugget yang sudah di panir di dalam freezer..jadi sewaktu2 tggl goreng..praktis kan..


2

Resep Chocochips Cookies

 Sebentar lagi puasa, selanjutnya Lebaran tiba..sudah siap2 koleksi resep cookies nich..pertama, harus coba berbagai resep dulu, mana yang paling enak, nanti buat koleksi cookies Lebaran buat hantaran keluarga dan oleh2 mudik..kalau gak males lho ya..malesnya karena semua bahan2 naik sekarang..hiks2..dulu sering buang2 bahan buat trial and error gak masalah..sekarang sayang dech kayaknya kalau semua bahan2 kue tambah mahal aja..hehe. 
Makanya coba2 resepnya yang cookies2 favorit aja dan yang nggak pasaran , jadi bisa buat oleh2 special buat keluarga, salah satunya ya chocochips cookies ini, hasilnya renyah...enak...tapi next..gulanya akan ku kurangi dikit kalau buat lagi, karena nggak terlalu suka cookies yang terlalu manis.
Ini salah satu resep chocochips cookies dari detik food, masih banyak sich resep lain chocochips ini, karena banyak versinya..ntar ku posting yang enak2 aja... 




Chocochips Cookies

Bahan:
130 g mentega
100 g gula pasir
50 g gula palem
1 butir telur ayam
1 sdt vanili bubuk
150 g chocolate chips
Ayak jadi satu:
200 g tepung terigu
3/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Cara membuat:

  • Kocok mentega bersama gula dan gula pasir hingga lembut.
  • Tambahkan telur dan vnaili, aduk rata.
  • Tambahkan campuran teirgu, aduk hingga rata.
  • Masukkan chocolate chips, aduk rata.
  • Bagi adonan menjadi 6 bagian.
  • Taruh di atas loyang datar, bentuk adonan menjadi lebar dan pipih dengan siameter 12 cm. Beri jarak 4 cm di antaranya.
  • Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit hngga kecokelatan.
  • Angkat dan dinginkan.
13

Tuesday, July 26, 2011

Resep Oseng Oseng Mercon ala Yogya


Oseng oseng mercon sangat terkenal di Yogya,  sejak jaman aku kuliah dulu..sampai sekarang warungnya masih bertahan,dan tambah terkenal karena sering masuk acara kuliner di televisi. sebenarnya oseng2 ini cukup sederhana,jadi hanya tetelan daging sapi yang di masak dengan cara di oseng ( di tumis ),namun yang membuat terkenal adalah rasa pedasnya yang dasyat. perbandingan cabai dan daging sama, jadi  kebayang kan pedasnya..hehe. Karena sekarang tinggal di Semarang, kalau pas kangen pengen makan oseng2 mercon,ya bikin sendiri aja..gampang kok..

Ini dia resepnya :

Oseng Oseng Mercon
Bahan:
250 gr tetelan daging sapi/daging yang  berlemak
2 lbr daun salam,satu ruas jari laos
3 sdm minyak goreng
Bumbu :
150 gr cabai rawit merah ( Kalau di warung di Yogya sebenarnya perbandingan cabai dan daging jumlahnya sama..berani?? )
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm jahe,geprek
 garam,secukupnya
Gula merah secukupnya
bumbu kaldu sapi instan bila suka
CARA MEMBUAT:
·  Rebus tetelan daging sapi hingga empuk. Tiriskan. Iris kecil-kecil. Sisihkan.
·  Goreng cabai merah ,bawang putih,bawang merah utuh sampai matang. Haluskan / tumbuk kasar aja..
·  Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan Jahe geprek daun salam, laos, aduk. Masukkan tetelan  daging sapi,garam dan gula merah,tambahkan  ½ gelas air / secukupnya ,masak hingga bumbu meresap dan kering..jika suka sdkt kuah ..masaknya jgn terlalu kering..
·  Tetelan daging sapi bisa diganti kikil atau kulit sapi,atau daging lain

Sajikan hangat,dengan nasi putih dan lalapan....pedas..tapi bikin ketagihan..hehe..


0

Diah Didi YouTube Channel