Thursday, July 11, 2013

Bakso Goreng Cumi


Suka bakso goreng teman2..?..Ayukk bikin sendiri di rumah. Aku kemaren bikin bakso goreng ayam..dan cumi. Karena ada potongan2 cumi kecil di dalam baksonya..jadi di namain bakso cumi. Bakso goreng cumi ini..cocok untuk menu pendamping sop..atau buat bakso kuah. Atau di cemil gitu aja pakai cocolan saus juga enak. 

Membuatnya mudah saja..cuma yang harus telaten ya itu..cincang mencincang bahan..hihi..karena..kalau bakso goreng ini memang yang unik adalah tekture dari kulit ayam dan cumi cincangnya..kulit ayam cincang dan cumu inilah yang membuat bakso goreng ini kerasa gurih banget.Proses yang rada susah adalah  bagian mencincang kulit ayam..tapi aku tak kehilangan akal..pakai gunting aja..yang khusus gunting dapur ya..jadi bersih..untuk memotong lembaran2 kulit ayamnya..dan jadi lebih mudah..^^..jadi..nggak usah takut males ribet masak sesuatu ya teman2..selalu ada cara untuk mengakali proses memasak yang susah..ala aku tentu saja..hihi. *Jurus sesat ...tapi dari pada capek motong2 kulit ayam pakai pisau, karena kulit ayam kan rada alot..kan susah di potong2..*

Nah..nggorengnya juga musti sabar ya..dengan api kecil dan lama..serta terendam minyak baksonya, biar bakso bisa berongga bagian dalamnya dan juga garing kayak kalau kita beli gitu. Tapi kalau nggak sabar juga..ya udah..di goreng biasa aja..abis itu potong2 kecil atau tipis..lalu goreng lagi..sampai renyah dan garing..jika suka garing lho ya..gampang kan..hihi. Tapi jika suka bakso goreng yang masih agak  basah dalamnya dan empuk..ya di goreng aja biasa..kayak goreng gorengan lain gitu..nggak perlu lama2 pakai api kecil. Tapi ngak bisa berongga baksonya.Jadi..sesuaikan selera aja ya..mau bakso goreng yang kayak apa..chewy..atau renyah..^^

Oke..mau coba..yukk catet resepnya ya..
Bakso Goreng Cumi

Bahan :
150 gram daging ayam fillet bagian dada, cincang halus
100 gram cumi yang udah bersih dari kulit, cincang kecil2
100 gram kulit ayam, cincang halus
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
1/2 sendok teh merica bubuk
3/4 sendok teh gula  pasir
2 butir telur
200 gram tepung tapioka
1 sendok teh baking powder
Air es secukupnya
Minyak.

Cara Membuat :
Campur ayam cincang, cumi, kulit ayam, bawang putih, garam, kaldu bubuk , merica bubuk, gula pasir , aduk rata sambil di uleni sebentar agar bumbu dan bahan2 tercampur rata.
Masukkan telur, aduk rata.
Tambahkan tepung tapioka dan baking powder ( tapi jangan di uleni atau di aduk kuat2 ya, cukup sampai tercampur rata saja..supaya tidak alot baksonya ). Jika perlu bisa di tambahkan sedikit air es, jika adonan masih kering, tapi jika adonan sudah cukup bisa di sendokin, nggak perlu.
Sendokkan adonan bakso ke minyak panas, dengan panas sedang di atas api kecil hingga matang dan garing. Jika suka bakso goreng yang garing banget, setelah matang angkat belah2 jadi beberapa bagian kecil, lalau goreng kembali hingga renyah. Sajikan.
Ini versi yang empuk..yang di gorengnya bentar dan nggak sabaran...hihi...hasil gorengan pertama..selanjutnya aku goreng dengan api kecil dan lama..hasilnya kayak foto pertama  di atas yang versi kering renyah...beda kan..^^


Ini versi yang renyah, bakso goreng yang masih basah di potong kecil2..dan di goreng lagi...jadinya krispi banget..enyakk..^^




12 comments :

  1. mbak, kapan2 kasih tips langkah langkah ngebersihin cumi ya. Di sini banyak yang jual cumi. Tapi saya belum berani beli, ga tau cara ngebersihinnya gimana *request mulu ya saya ini* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..santai aja..hihi..Membersihkan cumi itu mudah kok Mba..mungkin mba Yanti takut kotor semua kena tinta ya. Pertama..kelaurkan dulu semua isi bagian dalam cumi..lalu cuci bersih...dan kupas kulitnya..mudah banget ngupasnya..pakai tangan aja bisa. Nah..kalau takut tintanya ke mana2..yang buang aja isi dan kepalanya..tapi kalau Mak Irit kayak aku ya sayang di buang kepalanya..kan masih enak di makan itu kepala cuminya..jadi di potong aja..sampai bagian yang ada tintanya..ambil kepalanya..sisanya di buang..udah praktis..jadi nggak belepotan tinta. Aduch enak lho mba..cumi..di buat apa2 enak..ayo sekali2 masak cumi Mba..^^

      Delete
    2. Makasiiiiih mbak. Ntar kalau lihat ada cumi mau nyoba beli deh, InsyaAllah. Jadi penasaran juga ;)

      Delete
    3. Ya Mba..enak kok cumi..di goreng tepung juga enak..terus di siram asam manis..resepnya ada di blog ya mba..^^

      Delete
  2. mba kalau cumi nya diganti udang, trs kulit ayam nya ga dipake bs ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba Laura..cuma nanti jadinya ya bakso udang atau kayak kekian udang goreng rasanya..karena yang bikin khas dan gurihnya bakso goreng itu..ya ada cincangan kulit ayam dan cuminya ini..^^

      Delete
  3. Mbak ini sdh kubuat.. dan galauuu... mau kriuk2 atau empuk di dalam. Uenaak kabeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sippp Mba..ndak usah galau...:D

      Delete
  4. mbak, aku sudah sering nih bacabaca resepnya. menarik semuanyahhh. mumpung temanya cumi, mau nanya dong. gimana sih caranya bikin cumi empuk? kalau gurita kan semakin lama direbus makin empuk. kalau cumi kan kebalikannya. gimana dong? makasih ya sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak cumi jangan terlalu lama Mba Bunga..kalau terlalu lama ya jadi kayak karet. Cukup misal di tumis, sebentar saja di api besar..nanti bisa empuk dech..:)

      Delete
  5. mbak di...kalo mau bikin bakso georeng tapi ga pake ikan.atao daging ayam... yang murah meriah buat jualan gitu gimana mbak...takarannya.....apa resep diatas langsung di skip aja....

    ReplyDelete