Monday, July 8, 2013

Resep Klappertaart Klasik Asli Menado


Alhamdulillah sudah mau masuk bulan Puasa....bulan suci yang selalu kita tunggu2 ya ..selamat menjalankan ibadah puasa.buat teman2 yang menjalankannya ya..sebelumnya..mohon maaf lahir batin..jika selama ini ada salah2 kata..^^

Jadi ingat waktu kecil dech..suasana menjelang puasa  begini pasti seru kalau jaman dulu..banyak penjual makanan kagetan yang menjual aneka makanan yang cuma muncul di bulan puasa. Karena dulu masih kecil..akhirnya..seringnya dari siang udah suka beli ..ini..itu dan di simpan buat berbuka sorenya..padahal di rumah juga Ibu biasanya sudah masak yang beda dari hari2 biasa..tapi ya dasar anak2..sampe kekenyangan dech kalau udah buka..hihi. Selain itu kenangan indah masak kecil kalau puasa..adalah bisa terawih bersama teman2..pagi habis subuhan di Masjid..jalan2 rame2..sambil bunyiin petasan..dll...wah pokoknya suasana puasa anak2 jaman dulu beda kali ya..sama anak2 jaman sekarang...hihi...sekarang ini..hiburan buat anak2 banyak..mau makan apa2 sudah mudah di peroleh..banyak yang jual.

Nah..biar anak2 juga punya semangat puasa kayak kita2 dulu...nggak ada salahnya ya ..kalau kita masak yang beda dan agak spesial di bulan puasa..biar kelurga tambah semangat menjalankan ibadah puasa nanti. Insyaallah..aku sudah menyiapkan menu2 baru untuk keluarga kecilku..dan nanti akan aku upload dech setiap hari..di bulan puasa ini..siapa tahu ada teman2 yang membutuhkan sekedar buat inspirasi ya..mau masak apa buat buka puasa atau sahur mungkin. Nah untuk menu2 untuk berbuka dan sahur ala aku besok nich..akan ku buat menu2 khas dari  berbagai daerah di Indonesia..misalnya aneka sotonya saja sudah banyak ragamnya..jadi pasti akan lebih enak ya berbuka puasa yang beda dari menu harian biasa. Mulai besok dech aku upload...walaupun di tempatku mulai puasanya hari rabu..ya..siapa tahu udah ada teman2 yang mulai berpuasa besok ..^^

Untuk menu pembuka puasa..klappertaart ini sangat cocok sekali teman2. Rasanya yang manis..lembut dan legit sangat pas ketika kita nikmati waktu berbuka. energi pasti segera terisi kembali. Klappertaart ini adalah salah satu dessert khas Menado yang sangat populer di sana ya..dan juga di daerah lain. Membuat klappertaart sendiri itu mudah saja kok teman2..daripada beli kan mahal ya. Yukk simak resepnya ya..^^

Klappertaart

Bahan 1 :
Tepung terigu protein sedang 125 gram
Susu Bubuk 50 gram
Gula pasir 175 gram
Air Kelapa 500 - 600 ml jika mau lembut, atau 300 - 400 ml jika mau kental ( sesuai selera tingkat kelembutannya )
Mentega / margarin 100 gram , lelehkan
Kuning telur 4 butir
Pasta Vanilla / Vanili bubuk 1/2 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh

Bahan 2 :
Kelapa muda 3 butir, yang dagingnya masih lembut ya, kerok dagingnya
Kenari / almond panggang 30 gram
Kismis 30 gram

Bahan topping :
Putih telur 3 butir
Gula Pasir 50 gram
Cream of tar tar 1/2 sendok teh.
Garam 1/4 sendok teh
Kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan
Kismis secukupnya

Cara Membuat :
Campur  semua bahan 1, aduk rata dan saring.
Masak adonan di atas api sedang hingga kental. Tambahkan kelapa muda dan kenari, serta kismis aduk rata. Boleh di tambahkan sedikit air kelapa lagi jika adonan masih terlalu kental.
Kocok putih telur, gula,  cream of tar tar dan garam hingga kaku, sisihkan.
Tuang adonan klappertaart di dalam cetakan alumunium foil ukuran kecil2..sesuai selera, hias dengan putih telur. Aku tambahin juga taburan kayu manis bubuk..biar tambah cakep klapinya dan juga makin eksotis rasanya..^^
Panggang dalam oven bersuhu 170 C selama 10 menit. Angkat ..sajikan hangat atau dingin.

Noted : Jumlah air kelapa di sesuaikan selera aja ya tingkat kelembutan atau kekentalan adonan yang di inginkan teman2..dari pada bingung ngikutin selera banyak orang..karena kalau aku tulis air kelapa sedikit..ada yang bilang pas..ada yang bilang kekentalannya ya..jadi..let make it easier ya..sesuaikan selera masing2 aja..kalau suka kental dan legit adonan, ya airnya sedikit..mau lembut membelai lidah..ya ikut yang air kelapanya banyak ya..itu udah ku kasih pilihan di resep ya..^^





106 comments :

  1. Terima kasih resepnya Mbak Diah. Ini yang selama ini saya cari. Klappertart memang enak.

    Selamat menyambut dan menunaikan ibadah puasa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Devi..aku cucok nich sama resep yang klasik asli Menado gini..alami rasanya..enak..dan legit...

      Delete
  2. foto2nya bikin ngiler niy mba diah...jadi pengen..hehe. Btw orang kudus ya?td baca resep pindang ayam...kebetulan suami juga orang kudus. Salam kenal.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Haafi..Saya orang Yogya..yang tinggal di Semarang Mba..jadi sama Kudus deket juga..dan sering makan pindangnya..jadi sering bikin sdr di rumah..^^

      Delete
  3. mbak diah, kalo ga ada cream of tar-tar gimana mba, gapapa? ga mengurangi rasa kan, ato ada pengganti cream of tar-tar. makasih yaaa mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pake nggak pa2 Mba..asal putih telurnya fresh..nggak kecampur sama kuning telur atau lemak lain..misal minyak , mentega dll..masih bisa kaku kok..^^ Atau bisa pakai sedikit air jeruk nipis..bisa menggantikan cream of tartar fungsinya..^^

      Delete
    2. oke mbak diah, makasih yaaaa. soalnya tadi bujangku liat postingan klappi ini trus minta di buatin buat buka puasa besok, semua bahan ada kecuali cream of tar-tar klo mau beli jauuuhh ke kota dulu, udah males duluan mbak hehehehe

      Delete
    3. Sipp Mba Esti..ayukk di buatin donk..mudah banget ini...^^

      Wah lagi online juga ya Mba..hihi..pas bareng,..serasa ngobrol di blog..^^ selamat mempersiapkan menu saur ya Mba..^^

      Delete
    4. hihihi iya nih mbaaa
      lagi ngubek arsipe mbak diah
      nyari inspirasi menu saur

      Delete
    5. Sipp Mba..silahkan..pakai fasilitas arsip bisa..atau tombol search bagian atas..sampai jumpa besok ya Mba..dgn menu2 baru..Yodhaku udah manggil tuch..minta di temeni bobo..^^

      Delete
  4. Asyiikkk lagi cari-cari resep si klapi, seperti biasa selalu aja nemu di blog Mak Diah Didi. Resepnya pas sama yang saya cari, bahannya Insya Allah pas ada di rumah (kecuali krim of tar-tar). Besok mau nyoba buat, makasih banyak ya Makkk, terima kasih selalu berbagi resep yang enyak-enyakkkkk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak..sama2..met coba ya..enyaakkk..hihi..nggak pake krim of tartar..ndak pa2 kok..^^

      Delete
    2. mba mau nanya dunk.. untuk manggangnya dgn tekhnik au bain marie kah/ atau panggang biasa/

      Delete
  5. dari dulu pengin nyoba makan tp ntah napa disini ga ktemu yg jual ihihihi...bikin sndiri aja...makasi resepnya sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang klappertaart ini kec di Bandung atau Menado baru banyak yang jual ya Mba..di t4 ku juga jarang yang jual.mungkin karena bahan2 khusus kayak kelapa muda kan mahal ya..dan nggak bisa awet kayak produk bakery lain..jadi kalau nggak habis bisa rugi yang jual..hihi

      Delete
    2. mbak diah salam kenal ya...mbak,aku banyak baca resepnya tp mau dong resep fruit pai..makasih

      Delete
    3. Ya Mba..boleh..nanti di buatin..waiting list ya..hihi..byk request soalnya..^^

      Delete
  6. pingiiinnn banget buat ini mbk,tapi kok kayaknya ribet banget ya hehe...mumpung masih ada ovennya bibi di rumah gitu,cuma pasti mikir2....ribet takut g jadi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Hanna..maaf baru bales..kok keselip nich ya komennya..hihi...ini mah..super duper gampang lho Mak..ndak pakai lama..jadi..kan tinggal di aduk2..campur2..kalau malas ngocok putih telurnya..nggak usah akai udah enak kok.langsung di taburi aja..pakai kayumanis bubuk..atau toping selai juga enak..coklat..dll..ayukk di coba ya..:)

      Delete
  7. aaakkk maaaauuuuuuu *ngilerrr*
    mak, gantinya susu bubuk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu cair Mak Isti...tapi nggak udah pake air kelapanya berarti ya..sejumlah air kelapanya atau lebih juga nggak pa2 sich..klu sesuai resep agak kental..aku suka yang lembut..jadi ku tambahin cairannya kalau aku..^^

      Delete
  8. punya tidak resep yang tidak perlu dipanggang mbak? mau dong klo ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak mau di panggang pakai resep di atas nggak pa2..cuma tidak usah pakai toping putih telur Mba..pakai toping selai atau coklat aja..enak juga..aku pernah coba. Masak adonannya tapi harus benar2 matang ya..jika tidak di panggang. Cairannya boleh di tambahin sesuai selera tingkat kelembutannya...:)

      Delete
  9. Mbak Diah karena saya vegetarian , susu bubuknya diganti susu bubuk kedelai bisa tdk ya? atau apa ya penggantinya terimakasih Mbah Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti santan aja lebih gurih kayaknya Mba,..di eras pakai air kelapanya..:)

      Delete
  10. Mb Salam kenal, aq dah coba tp toping telurx gak merekah kayak difoto,knp ya?adonanx jg kental bnget pdhal dah tambah air klaps sd 300 ml.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Tuti..salam kenal juga ya..di resep udah ku jelasin ya Mba..adonan aslinya emang kental bgt.jadi aku tambahin juga cairannya..bisa di tambah lagi air kelapanya sesuai selera Mba..pas masaak adonan..jadi kekentalan di sesuaikan selera. Kalau resep aslinya memang jadinya kental bgt..:)..topingnya..tergantung spuitnya Mba..aku spuit lurus lurus pakai kantong plastik segitiga..jadi kesannya..ada celah dan merekah ya..:)

      Delete
  11. Wah...ini resep yg aku cr. Mbak kl untuk air kelapa vs susu cair lebih recommend mana untuk menghasilkan rasa yg mantab. Trus sbnrnya apa beda hasilnya kl dipanggang or klappe dingin? Enak mana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka pakai air kelapa Mba..karena lebih kaya rasa..tapi tetep ada susunya kok..itu dari susu bubuknya..:)

      Delete
  12. yeiy uda bikin~~
    cuma kukurangi daging kelapa dan tanpa rum
    baru tau juga kalau klappertaart ada rumnya jadi curious sama yang dulu kumakan di bandung itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lephia..sipp..udah cob aya..:)
      Iya Mba..kalau beli..asal baunya harum..agak menyengat gitu..biasanya pakai rhum..:)

      Delete
  13. Haii mbak diah... jgn bosen yaa sama ak yg bawel suka nanya ini.. hehe... mbak aku susah cari loyang alumunium foil di pasar dkt rmh ku kalo pake loyang biasa bisa ga ya mbak? Kira2 lengket ga ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..santai aja mba..
      Lengket Mba..lebih baik pakai mangkuk kecil2 satuan Mba :)..di makan harus pakai sendok kalau klapeertaart mba..nggak bis adi potong..:)

      Delete
    2. hwaa musti putar otak nih gmn caranya.. aku mau coba pake loyang biasa tapi di lapisin kertas alumunium foil.. mudah2an bisa...hehehe.. nnti aku kabari gimana hasilnya ya mbak... :))

      Delete
    3. Oh ya..klu di alasi alumunium foil ya bisa juga Mba..oke..di tunggu hasilnya ya..:)

      Delete
  14. Mba diah.. Mkasih portingan resepnya ya.. Kmrn cuti kerja lgsung dipraktekan.. Enak bgt.. Aq ƍäª pke wadah alumunium foil kya punya mba diah soalx ƍäª da yg jual dikotaq.. Jdi pke loyang aja.. Mkanx langsung rame2 sama kaka2q lgsung dr loyang,hehe
    Makasih ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Enny...sama2 ya. Seneng dengernya kalau berhasil coba resepnya. Wah..seru tuch ya..di makan rame2 satu loyang..sama Kakak2...:)

      Delete
  15. mba Diah....resepnya ajib....kmrn bikin bwt konsumsi pengajian komplek rumah....mksh resepnya mba...copas resepnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Deasy..sama2.silahkan Mba..seneng dech kalau denger berhasil buatnya..:)

      Delete
  16. Salam kenal dr Madiun mbak diah, kmrn plg kerja coba praktek dan sukses tp kelembuten sedikit keknya, soalny saya gak kira2 nambah air kelapanya. Langsung sar sor aja, hehe. Ada 200ml an lebih keknya nambahnya, habis grogi liat adonannya yg mengental bgt (hampir kyak fla) jd tambah2in biar gak gosong didasar panci. Btw kmrn gak saya panggang mbak, sowalnya masih newbie blm handal pake oven listrik (merk K*rin). Tp tetep enak, mgkin lain kali nyoba dipanggang. Thx skl lg mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mayang...Salam kenal juga ya..:)
      Iya Mba..harsu di tambahin air kelapanya..sesuai selera ya.soalnya kalau resep aslinya memang kental banget..aku juga gitu kok..tak kira2 aja nambahinnya..hihi..kalau berasa udah lembut udah. Masaknya pakai api kecil Mba..jadi nggak bakal gosong bawahnya pas proses di tambahin cairan..:)..Nggak di panggang sebenernya nggak pa2..asal masak adonannya sampai benar2 matang ya..kan udah matang dan di masak sebenernya..di oven dgn cara au brain marie itu biar tambah set..gt adonannya..dan juga untuk mematangkan toping putih telurnya. Tapi jika tidak pakai toping putih telur..bisa langsung di dinginkan di kulkas sebentar..atau di beri toping cokelat leleh..selai dll..sesuai selera.

      Delete
  17. mbak Diah aku yang ini belum pernah nyoba,,,,biasanya pake punya wilton....ijin nyontek resepnya ya mbak,,,,makasih,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Vero..silahkan..kalau WIlton pakai maizena juga ya Mba..klu ini terigu aja..hasil asli kalau sesuai resep nya kental..kalau mau lebih lembut..air kelapanya di tambahin sendiri ya..sesuai selera tingkat kelembutannya..:)

      Delete
  18. Mbak Diah kalau aku ganti susu bubuknya dengan susu kental manis bisa tidak ? dan berapa ya ukurannya apakah sama 50gr. terimakasih Mbak Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti terlalu manis Mba..klappinya..tapi mungkin jika di kurangi gulanya ya nggak pa2 sich..takarannya..coba susunya di cairkan aja dengan air kelapanya Mba..di kira2 sampai sesuai selera tingkat kelembutan klapinya..:)

      Delete
  19. Langsung rencana besok bikin...semoga bisa terlaksana...udah ngences liat fotonya nih :D
    Kira2 1 resep ini jadi berapa cup alufoil mba...ini mba diah pake yang kotak kecil kan?
    -milla-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Milla..silahakn di coba..kira2 jadi 8 kalau cup kecil Mba..:)

      Delete
  20. mbak diah mau nanya nih...
    emang harus pke mentega ya mbak bukan margariin??
    thanks

    ReplyDelete
  21. Pakai margarin boleh kok Mba Nurma..:)

    ReplyDelete
  22. salam kenal mb....akhirnya dapet juga resep klappertaartnya...ijin copas resep2nya ya mb....

    ReplyDelete
  23. salam kenal mb....akhirnya dapet jg resep klappertaartnya..ijin copas resep2nya ya mb....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..salam kenal juga..met coba ya.:)

      Delete
  24. salam baking mbak Diah :)
    oy mbak, ada resep klappertaart versi kering yg bs dipotong?? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum coba ..nanti ya tak cobanya dulu Joni..terus ku upload dech..:)

      Delete
    2. owkreh... di waiting ya mbak Diah :)

      Delete
    3. oy mbak kelupaan nanya nih... kalo misal wadah untuk klappertaartnya diganti pake ramekin bisa mbak?? kalo bisa apa harus di kasih alumunium foil?? ramekin tahan panas kan mbk Diah...
      di atas mbak Diah nulis " kayaknya nih yang premium, harganya mungkin rada mahal semua kalo untuk dijual ", kira2 resep klappertaart yang murah & bisa untuk dijual ada mbak?? pengen nyoba ngejual nih mbak :)
      Maap y mbak Diah banyak pertanyaan, mumpung nanya ngga bayar hehehe... :)

      Delete
    4. Bisa ,..pakai ramekin. nggak usah di kasih alumunium foil
      Belum ada resep yang murmer..nanti ya..tak coba2 dulu,...:)

      Delete
  25. Hi mba diah salam kenal ya aku atira. Mau tanya satu resep ini kl untuk ditaro di loyang almunium yg kevil2 itu jd nya berapa biji ya mba? Thanks loh mba..pengen coba weekend ini ah.. ok sekali buat arisan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..iya salam kenal juga..:)
      Kalau aku itu agak besar Mba.cuma jadi 8 buah..kalau mau buat arisan mungkin bisa yang lebih kecil lagi ya..di coba saja..:)

      Delete
  26. Halo mba diah..
    Mba aq udah sering buat klapi ini,, tpi ko selalu kurang memuaskan sama topingx ya.. Yg pertama topingx kempes gtu waktu dikeluarin, trus yg kedua dibawah toping putih telurnya kaya berair gt mba. Aq cm pke jeruk nipis sih untuk pengganti cream of tar tar nya.. Trus panggangx langsung aja ƍäª pke metode au bain marie karna msh bingung apa airx langsung bersentuhan dgn alumunium cupnya ato dialasin lagi?, apa pengaruhnya disitu ya mba? Padahal rasanya dah maknyuuuusss bgt..
    Kasih tips untuk topingnya biar bsa cantik kya punya mba diah ya.. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Enny..ngocoknay sudah samapi kaku belum mba..putih telurnya..?..Aku malah kadang2 nggak pakai COT atau jeruk nipis mba..cuma putel sama sedikit gula..oke2 aja lho. Di coba lagi ya sampai benar2 kaku ngocoknya..:)..Manggang au brain marie..iya langsung nyentuh alumnunium foilnya air panasnya..:)

      Delete
  27. Halo, Mba Diah Didi yg baik :)
    Hari ini saya mencoba praktekkan resep ini, alhamdulillah cucok dan langsung berhasil... seneng banget deh.. Terima kasih utk resepnya Mba:)
    Eh tapi...saya baru baca ini klo teknik memanggangnya yg au ban marie.. Wah pdhl td saya panggang biasa aja dengan alu-foil..tp rasanya sama aja mba.. (apa sih bedanya Mba?) kyknya sih udh sempurna tu td? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ayie..lebih lembut lagi Mba..kalau pakai au brain marie..tapi sykurlah ya..jika di panggang biasa ja udah suka..berarti memang enak..hihi

      Delete
  28. Mba Diah, saya pengin nyoba resepnya cuma masih ragu nih untuk susu bubuknya apa bisa diganti dgn susu cair uht, lalu untuk panggangnya di oven api atas atau bawah ya? Trima kasih. Anissa

    ReplyDelete
  29. Mba Diah nih Anissa lg yg komen diatas pas itu, ada yg kelupaan. Susu bubuk itu merk apa yaa misalnya? Terima kasih

    ReplyDelete
  30. Salam Kenal Mba Diah, nama aku Amie.waktu itu aku pernah coba resepnya tapi kebablasan airnya jadi kelebekan ada 1000ml airnya, seharusnya air berapa ml biar menghasilkan klapi yg lembut.

    ReplyDelete
  31. Buat Mba Annisa.maaf ya,..kok nggak liat komennya krmn..jadi baru bales..susu bubuk itu bisa beli di tbk..macam2 merk..ada dancow..frisian flag..dll. Bisa di ganti susu UHT juga..Kalau au brain marie api bawah aja ya..:)..

    Buat Mba Amie..coba 600 ml dulu..klu kurang lembut seleranya ya tambahin lagi..:)

    ReplyDelete
  32. Tq atas comment nya.Kalo boleh tau Mbak Diah taroh ml ya air nya?
    Aku taroh 1000ml malah kelembekan jadi matengnya 1 jam, jadi susunya gak berasa juga. Kalo pake SKM kira" berapa ya? dan kalo tepung diganti curstard powder kira" brp byk. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kira2 aja sich mba Gloria biasanya..aku kasih dikit dulu..kalau masih kurang lembut..tambahin air kelapanya..dikit lagi..gitu dech seterusnya sampai aku rasa udah pas lembutnya..main perasaan dan di icip aja mba..:)

      Delete
  33. Halo mba Diah Didi...salam kenal ya....minta ijin copy resep ini ya mba, buat aku praktekin....dan tentunya resep2 yg lain (sisan minta ijin-e...hehehe)....makasih sebelumnya yaaaa....salam dr org magelang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Benio..salam kenal juga..iya Mba..silahkan..dan jgn sungkan tinggalkan pesan jika ada yang mau di tanyakan ya..:)

      Delete
  34. Mba diah.. Ini porsinya brapa banyak? Kalo aku mau buat yang dikit aja gimana yah? Bagi dua aja resep diatas atau gimana?

    ReplyDelete
  35. Hai mbak Diah...assik nih resepnya. Tp aku ga ngerti cara panggang au brain marie tuh apa atw gimana? Maklum ndesoo,hehe..

    ReplyDelete
  36. Mbak..ini kira2 brp klapertart dpt nya mbak kalo pkek aluminium foil kcil2 gtu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20 bisa mba..lebih kayaknya..:)

      Delete
    2. Ooo ok..
      Tks mbk resepnya...
      Mw coba buat lebaran.. :D

      Delete
  37. Mbak diah..salam kenal..thx buat postingan resep resepnya..saya sebagai pemula sangat terbantu jadinya..1 bulan ini banyak coba resep resepnya mbak Diah, jadinya hasilnya memyaskan bangetttttttt.... Anak anak jg suka...thx loh..oyah,mbak, kasi resep baru lg yah tentang kue kue yang kukusan jg..saya jg baru belajar buat blog sendiri http://myhomerecipee.blogspot.com/ Sy tulis setiap resep yang berhasil sy buat atau saya modifikasi lg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Mba Julia..sama2 ya..sipp nanti di eksplor dech resep2 kue kukus ya..yukk semangat nge blog ya..ntar mampir dech ke dapurnya..:)

      Delete
  38. Mbk diah...koq klaper q cair ya kyak fla jadi nya...gak legit...pdhal dah ikutin rsep nya...slah dmna ya mbk kira2?? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manggangnya au brain marie kan Mba ? Nanti kan jadi mengental..Jika nggak ..kurangi aja takaran airnya..kalau mau kental banget 300- 400 ml aja. Kalau aku sich suka nggak kentel banget ya..krn ketika di panggang au brain marie jadi set gt..:)

      Delete
  39. mbak aku habis coba resep klapertaart nya,,, pas masak bahan tepungnya itu bener2 sampai spt jenang atau hanya kental biasa (msh cair)??? soalnya kmrn msh ada yg agak cair gitu tp sdh kental (kalau dituang jatuhnya spt air) shg pas manggang dg au brain marie butuh waktu agak lama kira2 15 menitan. trus utk au brain marie ada aturannya gak sih, airnya seberapa tinggi dr loyang atau bebas aja asal kasih air??? makasih jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di masak hgg kental mba..meletup2..:) 1/4 tgg loyang sampai separonya saja..:)

      Delete
  40. mbak aku dah coba resepnya tiga kali,yang pertama sy lupa menambahkan telur kedalam adonan tp teksturnya padat dan creamy. beda dengan yang kedua dan ketiga, adonan sy tambahkan telur tp teksturx lembut banget kayak over cook gitu..gimana tuh mbak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telur yang di pake kuningny aja mba..itu bikin adonan lembut dan tambah gurih, Kalau masalah mau lembut atau kental..udah ku kasih pilihan itu di atas ya jumlah air kelapanya..jadi sesuaikan selera masing2. Kalau aku suka lembut jadi aku biasa pakai air 600 an ml buatku sich pas..tapi ada juga temen2 yang suka kental dan legit.. adonannya.....:)

      Delete
  41. mba didi
    teksture dari resep ini seperti pudding atao lumer ya? saya beberapakali coba bikin selalu lumer dan ga bisa rapih ketika disendokin seperti pudding.
    ada yang salah dimananya ya mba...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ada pilihan jumlah air kelapa itu..kalau lebih sedikit..tekturenya seperti bubur kental..kalau yang air kelapa byk lebih lembut..:)

      Delete
  42. Mba Diah, saya sudah eksekusi dan ueeenaaaak bangeeet ya, saya suka yang lembut membelai lidah, pakai takaran 600ml air kelapanya, setelah disimpan dalam kulkas makin maknyuuuuss rasanya hehehe :). Makasih mba ya untuk resepnya :)

    ReplyDelete
  43. Sipp Mba Tina..kita satu selera..aku yo suka yang lembut membelai lidah di banding yang kental..:)

    ReplyDelete
  44. Mb diah, klo sama klappertart wilton, enakan yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cb sj mba..nanti di bandingkan sdr ya..:) selera masing2 sich..:)

      Delete
  45. mba diahdidi, putih telur topping nya langsung dituangin pas awal yahh??

    kalo di wilton kan dioven dulu adonannya 15 menit, trs angkat, masukkin topping, terus dioven lagii..

    mohon pencerahannya yaa mb diii.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ku pernah adonan di oven dulu..kurang bagus sich mba putih telurnya karnalangsung kena panas....:)

      Delete
  46. Baiklah...makasih udh mw jawab yaa mbaaa :) saya mw bikin wiken ini, insya Alloh ^_^ udh lamaaaa ga nyantap klappertart

    ReplyDelete
  47. Aq udh bikinnnnnn :) alhamdulillah berhasil dan enakkk walopun klamaan ngovennn :p

    ReplyDelete
  48. Salam kenal ya mba diah :) mau nny mba, au bain marie loyang yg berisi airnya masuk kedalam ovennya barengan pas nyalain oven atau pas masukin adonan ke oven ya mba? Butuh pencerahan mba pernah buat loyang berisi air masuk kedlm oven barengan sm liyang yg berisi adonan mba �� makasib sblmnya mba

    ReplyDelete
  49. Hi mba, resep nya superb bgt, enak bingitz.. Cm sy bermasalah di topping putelnya berlendir pd h+1 dan ada rasa asemnya (random), pdhl kulkas cukup dingin. Kira2 kenapa ya mba?

    ReplyDelete
  50. mba mau tanya yang bahan 1 itu pertama2 masukin apa ya? telurnya dikocok dulu ya? dan apakah ga jadi telor orak arik kalo langsung masukin ke adonan lain?

    thanks

    ReplyDelete
  51. Mlm mba didi,,, klo d jual brpaan ya mba.

    ReplyDelete
  52. Kalo mau pake roti tawar, kira-kira berapa banyak ya mba?

    ReplyDelete
  53. Hmm... favorite ku... tp blm voba bikin..
    Coba ahh.. drpd beli.. mahaaallll

    ReplyDelete
  54. Hmm... favorite ku... tp blm voba bikin..
    Coba ahh.. drpd beli.. mahaaallll

    ReplyDelete