Tuesday, July 16, 2013

Inspirasi menu Buka Puasa Hari ke 8 ( Sup Ayam Pecok dari Klaten )



Di Klaten..ada salah satu kuliner khas yang terkenal..yaitu Sop Ayam Pecok. Beberapa nama warungnya yang sudah terkenal...bahkan sudah banyak buka cabang di kota2 lain. Mungkin teman2 pernah coba juga..sop ayam kampung pecok ini. Pecok dalam bahasa Jawa artinya di potong2. Jadi dalam sop ayam pecok ini..kita tidak akan menemukan potongan ayam kecil2..kalau kita bikin sop di rumah..tapi dalam ukuran besar2. Kalau kita datang ke warung makan sop ayam Klaten ini..kita bisa memilih sendiri, bagian daging ayam apa yang kita sukai..misal bagian dada, sayap, paha, kepala, dll sesuai selera.  Setelah kita memilih..pegawai warung makannya akan memotong2 ayam dalam beberapa bagian. Motong2nya pakai golok kecil yang tajam gitu..jadi ayamnya di pecok..kayak orang Jawa..yang mecok kayu pakai golok gitu..hihi..jadi itulah kenapa di namakan ayam pecok mungkin ya..^^

Nah..Sop ayam pecok ini..sebenarnya bisa kita buat sendiri di rumah kok teman2..rasanya tak kalah enak dan segar seperti kalau beli. Aku sering banget beli sop ayam pecok Pak Min cabang Klaten di dekat rumah..nah..dari situ mulai menerka2 kira2 apa bumbunya. Dan kemaren aku coba udah mirip sich rasanya...cuma..memang..soal jumlah kaldunya kalah dech..makanya masih perlu tambahan sedikit kaldu instan ayam..^^...lha kalau warung sop ayam..kayak Pak Min..yang di dekat rumahku itu..jumlah ayamnya bisa puluhan..dalam satu dandang besar gitu..dan itupun bisa habis pas siang hari saja...laris dech pokoknya. Soalnya ya memang enak..ayamnya ayam kampung, terus potongan ayamnya banyak dan besar2..lebih puas dech makannya..daripada kita beli soto ayam kampung yang cuma sesuwir suwir ayamnya..lebih mantap kan kalau ayamnya se pecok pecok..hihi..alah..bahasa yang aneh ya teman2..^^ Nah..kembali ke membuat sop ayam ini sendiri...ayo kita mulai ya. Pertama bahan yang kita pakai adalah ayam kampung atau ayam pejantan juga enak dech..tapi jangan yang ayam broiler biasaya..kurang enak nanti. Pertama kita buat kaldu dulu..dengan merebus ayamnya dengan api kecil. Tips  buat kaldu yang bening..liat di sini ya. Sop ayam ini baisa di sajikan dengan sambal dan kecap..jadi kasih garamnya..agak berani nggak apa2 teman2..biar tetep gurih..pas di tambahin kecap..tapi ya sesuaikan selera saja ya garam dll..tambahan bumbunya. Selain itu pelengkapnya biasanya perkedel, tempe dan tahu goreng, sate telur puyuh dll.

Nah..biar lebih jelas..ini dia resep komplet sop ayam pecok khas Klaten ala aku sendiri tentunya...semoga bisa menjadi inspirasi menu buka puasa hari ini..eh buat sahur juga enak lho..kemaren aku masak sekalian buat buka dan sahur..^^
Sop Ayam Pecok Khas Klaten

Bahan :
1 ekor ayam kampung atau pejantan
2500 ml air
@ batang daun sledri
1 sendok makan bawang goreng
4 cm jahe, kupas, memarkan
1/2 buah pala, geprek
2 cm kayu manis batangan, biarkan utuh
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Gula Pasir 1 sendok teh
6 buah bawang putih, geprek sampai bawang remuk
1 sendok teh merica butiran, haluskan

Cara Memasak :
Rebus ayam dan air dengan api kecil..sampai keluar kaldu beningnya. Buang bagian lemak yang mengapung di atas kaldu. ( Tips membuat kaldu bening yang enak..klik di sini )
Tumis bawang putih dan merica hingga harum, masukan ke rebusan kaldu, dan bumbu2 lain. Rebus kembali hingga ayam empuk dan bumbu meresap.
  • Pecok / potong ayam sesuai bagian badannya. Taruh di mangkuk, siram dengan kuah sop. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan sledri dan sambal cabai rawit. Sambalnya nggak keliatan ya teman2..cuma cabe rawit aja..3 biji..hihi..mahal soalnya sekarang cabe rawit 3 biji..masak seribu rupiah di tukang sayurku..hihi..lha yang doyan sambal rawit cuma aku saja di rumah..jadi di buat lalap aja..^^..daripada bikin sambal banyak2 ntar di buang2..saja..sayang kan..cabai lagi mahal Makk..! Di foto itu..sledrinya juga nggak keliatan..di wakilin batangnya aja ya teman2..hihi..lha lupa..sledrinya malah ku pakai buat perkedel..^^..nggak apa2..yang penting ada aroma sledrinya dikit ya..dan tetep enak dan seger kok sop nya..


Sajikan Sop ayam dengan perkedel dan tahu tempe goreng. Ini perkedelnya spesial..bentuk lope..lope..hihi..lucu kan...* kurang kerjaan ya teman2..perkedel aja di cetak lope2..^^ *



Nah..menu..pembuka atau takjilnya..ini juga oke..puding karamel panggang..jika suka..resepnya di intip di sini ya..^^

21 comments :

  1. Wah Mak.. samaan aku sama Suamiku juga suka beli ayam ini di warung Pak Min.. Hihii.. :D
    Ternyata bahan2nya mudah dicari dan cara bikinnya kayanya gak susah yah Mak..?
    *Klik bookmark* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah banget Mak Nieke..cuma emang harus ayam kampung bahannya..cuma emang kalau bikin sendiri..nggak ada uritan..ati..dll..kayak di Pak Min ya..hihi..

      Delete
  2. aduh mbak...
    kepala ayamnya bikin nelen ludah deeeh.... :)
    suka banget kepala ayam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ayukk bikin Mba..iya..sama..aku juga suka kepala..apalagi ayam kampung ya Mba..enak..suka rebutan sama suami..:)

      Delete
  3. mb, salam kenal ya..
    Mw tanya nich..
    Klo kaldu ayam atw sapi yg gak da msg nya da gak? Merk pa?
    Bumbu kare n opor ayam tuch sama ya mb?
    oy, tips biar donat mw ngembang gmn ya, biar gak bantat gtu.. Klo nguleni pke tngan brpa lama? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..salam kenal juga..Mba siapa ini ya..?..^^..Ada kaldu ayam non MSG..merknya AlSultan..search aja di google..banyak yang jual secara online Mba..^^

      Nguleni donat..tergantung cara kitanguleni ya Mba..jadi nggak bisa pakai pathokan waktu..kalau tenaga kita kuat dan nguleniny akonstan ya bisa 15 menitnya udah kalis..^^..jadi yang buat pathokan hasil akhirnya saja ya..adonan donat yang kalis..tidak lengket di tangan atau di wadahnya..adonan juga elastis..jika di tarik tidak putus...^^

      Delete
  4. Mbak Diah.. Aku finah.. Aku langsung coba tadi, dan berhasil.. Enaakk.. Senangnyaaa :D hehee.. Numpang tanya yaa mbak, Kalau sup iga atau sup buntut, bumbu nya sama atau ƍαk mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Finah..sipppp...syukurlah jika suka..ya Mba...kalau sup Iga atau buntut..beda Mba..resepnya..coba search aja di tombol search kanan atas..sup Iga..ada nanti Mba..muncul resepnya..met coba ya..^^

      Delete
  5. Hmm baca resepnya udah kebayang gurihnya.. Nyobain aah ntar hari sabtu.. Kebetulan punya seekor ayam kampung di freezer.
    Biasanya aku kalo bikin sop bawang merah dan putihnya ditumis bareng, bawang merahnya gak dijadiin taburan (biar praktis hehehe..) Kira2 rasanya beda gak ya mbak? •♡[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅]♡•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit beda Mama Neyou..kalau sop ayam pecok ini..lebih menonjolkan aroma rempah2..seperti jahe...pala..dll..jadi nggak usah pakai bawang merah di bumbu halusnya..di buat taburan aja ya..kalau males..beli bawang goreng yang udah mateng aja..gampang kan..hihi..tinggal di taburin..^^

      Delete
  6. jadi pengeeen,langsung beri komando ke istri(sambil klik ctrl+d)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..silahkan di coba ya Mas..semoga sesuai selera,,:)

      Delete
  7. Mbak diah, aku juga seneng banget sama sop ayam pak min. dulu pertama nyoba waktu nengok ponakan dijogja langsung sreg sama rasanya, pas balik ke jkt ternyata buka cabang baru,,, seneng banget dan setelah pindah ke malang buka cabang jg.... jadi penasaran sama resepnya,,, thanks ya mbak resepnya.... mumpung lagi ada stok ayam pejantan.... bisa langsung dieksekusi.... salam kenal.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ummu...sama2..silahkan di coba ya mba..memang seger ya..sop ayam pecok ini..:)..kaya rempah ya Mba..:)

      Delete
  8. mbak mau tanya... sop pak min kan pakai ayam kampung.... nah yg saya tanyakan... di tempat saya 1 porsi 7000 untuk pecok dada 17.000... klo main itung2an... harga ayam kampungnya aja mahal banget... apa memang bener2 sop pak min pake ayam kampung.... gk pake ayam afkir... ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli satuan di pasar ya memang mahal ya mba..ayam kampung..tapi kalau buat usaha..apalagi dalam jumlah besar setiap hari gitu ya mungkin sudah punya penasok khusus ya mba. Ayam kampung kalau beli di kota memang mahal mba..kalau langsung di kampung ya masih murah kok..atau siapa tahu punya peternakan ayam sdri ya mungkin juga kan..hihi..*sok tau ya mba..* yang jelas kalau menurutku sich jelas2 ayam kampung sich...rasa dan tekturenya..:)

      Delete
    2. Salam mb diah, thanks berat atas resepnya. Insha alloh sabtu ini mau arisan dan menunya sop ayam pak min. O ya sebulan yg lalu sy makan sop pak min di deket kota gede dan waktu aku tanyakan sama mas nya, katanya daging ayamnya adl pejantan dan bukan ayam kampung. Entahlah kalo di cabang lain...mgk juga itu sebabnya sop dada nya bs murah jatuhnya. Wo bu zhi dao..hehe

      Delete
    3. Iya mba..selamat mencoba ya..:)

      Kalau cabang Semarang sini kayaknya ayam kampung beneran mba..soalnya aku apal bener dech rasa dan penampakan ayam pejantan sama ayam kampung..hihi. Ya mungkin beda2 ya tiap cabang..:)

      Delete
  9. sudah 5 tahun gak pulang ke klaten jadi kangen masakan sana...

    ReplyDelete
  10. Mbak di.. Aku abis nyonto resepnya.. Tapi kok jadinya ayamnya pucet putih gitu knp ya.. Kalo punya mbak di kan agak coklat cantik gitu. Punyaku pucet. Kuahnya juga bening bgt. Pdhl rasanya dah lmyn oke lah. Huhu

    ReplyDelete