Google Ad

Saturday, August 31, 2013

Emping Telo


Emping Telo..iseng banget ya bikin emping telo sendiri..ya..dalam rangka menghabiskan sisa adonan lenthuk yang buat soto tadi. Jadilah emping telo ini. Cuma bentuknya biasanya bulat bulat kecil..kalau aku..biar cepet..jadi bentuk lonjong aja besar2. Emping telo adalah sejenis keripik renyah khas Yogya..tepatnya Bantul..yang di buat dari singkong.

0

Soto *Lenthuk* Khas Yogya


Lenthuk ( *thuknya di baca seperti ge*thuk*..gitu ya..hihi ). Apa itu Lenthuk ? Gorengan dari singkong. Apa itu singkong..? Halah..singkong juga nggak tau...? Itu lho..primata besar hitam yang pernah di filmkan..hihi..eh..salah ya..itu Kingkong dech..hihi.(*lelucon garing ala lomba lawak di tivi..*)
Singkong..adalah ubi kayu...alias ketela pohon , alias ketela pohong, alias telo kaspo alias apa lagi ya..oh ya..lebih keren lagi namanya...Cassava..tau kan ..hihi.
7

*Jangan Tewel* .....^_^



Sayur lodeh..sayur harian..yang sangat fleksibel..mau campur bahan apa saja..bisa. Salah satu lodeh favoritku adalah lodeh nangka muda..kalau di Yogya..namanya *jangan tewel / gori*..hihi. Enak..dan tidak pernah bosan. Biasanya ibuku suka bikin lodeh ini di rumah. Sering..lha tewel / gori / nangka mudanya..tinggal petik gitu di kebun. Pelengkapnya biasanya daun so, kelapa, dll juga tinggal  petik..jadi cuma tinggal beli bumbu aja dech..kalau mau bikin sayur lodeh. Kalau sekarang ya di Semarang..harus beli..dan udah lumayan lho nangka muda ini harganya..sepotong 3 ribu sampai 4 ribu. 
16

Friday, August 30, 2013

Air Abu Merang..Pewarna Hitam Alami Eksotik..^^


Judulnya..lebay..hihi..biasa..biar nggak ngantuk ya teman2..habis ngerapiin file foto...nemu foto abu merang..dan jadi ingat dulu pernah janji posting foto abu merang ini ke teman2. Ini lho..wujud abu merang..ya kayak bubuk hitam biasa kan..hihi. Abu merang inilah yang aku pakai untuk membuat air abu merang..dan di gunakan untuk pewarna makanan alami..seperti dapet ireng, jongkong surabaya, kue lompong, tausa kacang hijau..untuk bikin ketupat..juga enak..ketupat merang..jadi warnanya hitam..^^
49

Kini Ku Tahu...Apa Itu *Cimplung*..^_^


Cimplung...nama makanan yang sedikit unik..belum pernah denger sebelumnya. Nah..pas ngobrol dengan Emak2 di KEB..Mak Karina tanyain resep cimplung. Waduh ..denger aja belum..apalagi makan..hihi. Setelah dapat cerita kayak apa bentuk dan rasanya..akhirnya sowan aja ke Mba Google..tanya..apakah gerangan makanan yang bernama cimplung itu. Dan..tidak banyak yang mengulas resepnya ternyata..cimplung ini..adalah makanan khas dari Purwakarta Jawa Barat...cuma ada satu blog yang mengulas tentang resep cimplung..lainnya..cuma review2 aja..kalau makan cimplung itu adanya di salah satu restoran..Sambal Hejo.atau apa gitu rata2..yang menu andalannya ya si cimplung ini. Setelah aku baca2..intinya sich kayak perkedel kentang ya..cuma di beri tambahan sagu..jadi lebih lembut dalamnya..dan luarnya garing itu. Oke dech..karena hari ini aku memang mau bikin perkedel  buat Yodha..enggak ada salahnya ya..coba perkedel versi baru yang bentuknya lucu..karena bulat2 gitu..yaitu si cimplung ini. 
29

Bawang Bombay Goreng Balut Tepung Panir



Masih punya sisa tepung panir kasar separo bungkus..sisa bikin Chicken drum stick kemaren...hemmm..harus segera di manfaatkan..soalnya..kalau enggak..bisa2 malah lupa. Akhirnya aku coba buat bawang bombay goreng..tapi yang versi di balut tepung panir kasar..hemm..enak banget juga ternyata..renyah dan gurih. Aku pernah makan di salah satu kafe di dekat rumah ku..snack basket gitu..eh salah satunya onion ring tapi yang versi pakai tepung panir. Jadilah iseng tadi pagi2..memanir bawang bombay, lumayan..yummy..buat sarapan spaghetti lada hitam...favorit suami. Sisanya bisa buat cemilan Yodha..karena Yodha juga suka bawang bombay goreng.
19

Thursday, August 29, 2013

Sambel Terong Panggang


Yuhuuu..aku menemukan resep sambal yang nggak perlu minyak sama sekali..selain sambal dadak mentah dan sambal kukus..hihi. Biasa..masih melanjutkan acara dietnya..teman2..tapi..tetep pengen makan sambel dong..aduch..nggak bisa dech kalau ninggalin cabe. Emang diet boleh makan sambal ya? Boleh..kalau diet ala aku..hihi..yang penting makannya pakai nasi merah..dan nggak pakai minyak atau di goreng sambalnya.

14

Tips Sukses Membuat Cake


Sering banget Diahdidi's Kitchen di Fb..mendapat pertanyaan inbox dari teman2..seputar pembuatan cake..dari tehnik paling dasar..sampai penyebab gagalnya cake jadi bantat..dll. Nah..mumpung agak selo..*halah..gaya..padahal tiap hari ya selo..hihi..* aku tulis tips sukses membuat cake ya teman2..semoga menjawab semua pertanyaan..dari beberapa teman secra lebih detail lagi..dan ..kalau lupa nich..tinggal liat lagi aja di sini ya..tips2nya. Emang..membuat cake ini..susah2 gampang..kunci utama suksesnya..ya harus sering2 berlatih ya..bisa karena biasa...itu..bener lho..dengan sering2 berlatih membuat cake, nanti lama2 akan reflek dan tau sendiri..seperti apa sich..telur yang mengembang itu..seperti apa sich adonan cake yang bakal sukses mengembang itu..atau adonan yang bakalan bantat..hihi..bakal apal  sendiri dech. Dulu..aku awal2 belajar bikin cake..juga sering gagal..tapi ..aku pantang menyerah sich..kalau gagal..malah jadi penasaran..akhirnya mencoba lagi dan lagi..bukan jadi terus menyerah...trauma..dll..nggak mau coba lagi...sampai akhirnya aku tahu sendiri..trik2 biar sukses..dan juga selalu belajar juga dari berbagai sumber. 
119

Chicken Drum Stick


Aihhh..keren ya namanya..Chicken Drum Stick ..hihi..padahal sich.cuma sayap ayap goreng pentul gitu. Kan biar keren dikit gitu..kalau di tanya anak..hari ini lauknya apa..terus kita jawab chicken drum stick..nah..jadi penasaran kan teman2..anak2..hihi..terus.jadi lahap makannya kan. Kayak Yodha kemaren..aku goreng ayam buat dia..emang sengaja..pas waktunya di pulang sekolah..eh..pas pulang lagi asyik motret2 si ayam pentul..terus Yodha nyamperin..apa ini mi..chicken drum stick ..Sayang! Mau coba ?..Aku bilang..eh nggak jawab apa2 Yodhanya..langsung di saut ayamnya..terus di maem..hihi. Habis itu juga maemnya lahap ..chickennya bentuknya lucu..katanya..^^
6

Wednesday, August 28, 2013

Misoa Goreng Ayam


Misoa..misoa..siapa yang suka..hayo kemari..hihi. Misoa..biasanya di masak sup dan masakan lain ya teman2..tapi kalau di Semarang..Misoanya di goreng..jadi..unik dan enak sekali rasanya. Buat yang belum tahu misoa..liat di foto ya..kayak mie..tapi lebih kecil ukurannya..dan rasanya lebih lembut. 

42

Bikin Nasi Uduk Sendiri..Lebih Enak..^^


Nasi uduk..adalah olahan nasi putih gurih khas Betawi...yang di aron..dan di kukus dengan aneka bumbu rempah2, hampir mirip dengan nasi gurihnya orang Jawa Tengah. Pas weekend kadang suka beli nasi uduk di sini. Cuma..nasi uduk di Semarang kok beda versi ya.sama nasi uduk Jakarta yang pernah aku makan. Di sini nasi uduk yang di jual buat sarapan pagi2..lauknya malah bihun goreng..dan nggak pakai sambel kacang. Nah..karena Yodha dan papinya suka nasi uduk.aku penasaran untuk mebuat sendiri di rumah. Dan ..tentu saja mencoba membuat nasi uduk versi aslinya..yaitu versi Jakarta. Karena aku bukan orang Jakarta..jadi belum tau nasi uduk bumbunya gimana..kalau nasi gurih Jawa sich udah sering bikin. akhirnya..bongkar2 arsip majalah dan tabloid resep..ketemu dech nasi uduk yang asli Betawi. Resepnya dari tabloid info kuliner yang sering mengulas warung2 makan terkenal..dan juga resep2nya..jadi mustinya otentik  dech resepnya. Aku suka memang tabloid info kuliner ini..soalnya kadang2 jadi tau..resep rahasia..suatu masakan atau warung yang sudah terkenal..walaupun aku belum pernah mencobanya sich di warung aslinya..tapi paling tidak mencoba memasak sendiri..jadi tetep bisa di review kan rasanya...^^

18

Tuesday, August 27, 2013

Butter Cake Dasar...Dengan Tehnik Kuning Telur dan Putih di Kocok Terpisah



Ada macam2 cake..ada butter cake..sponge cake..chiffon cake..dll..seperti yang udah pernah aku posting di sini. Aku selalu excited..mencoba resep2 cake baru..cuma yang jadi masalah..adalah..siapa yang akan menghabiskan seloyang cakenya..hihi. Suami dan anak..kurang begitu hobby makan cake..mereka lebih suka makan roti daripada cake..jadi..aku bikin cake..kalau mau di kasih ke orang..atau buat acara2 tertentu saja kadang.Padahal..pengennya sich..sering sering mencoba berbagai resep cake baru gitu biar nambah ilmu terus. Ya..tapi...tidak apa lah..masih banyak resep2 lain yang bisa tetep di coba dan keluarga suka..soalnya kan memang niat masak..buat keluarga tercinta kan..jadi masak yang di sukai keluarga ..itu yang terpenting.

25

Putu Ayu Warna Warni



Yodha udah doyan ngemil..kalau di bawain bekal kue2 sekarang selalu habis..alhamdulillah..makin gede kali ya..udah hampir 7 tahun Sepetember besok..jadi udah mulai laperan..hihi. Tapi sukanya masih terbatas kue kue coklat atau roti2 manis coklat seperti donat dll. Jadi pengen coba ngenalin ke jajanan tradisional gitu dech..biar dia juga mulai suka..soalnya kadang belum coba udah bilang..no..thank Mom !...Buatan Mami..pasti enak kok..hihi..nolaknya halus banget anak itu, kalau di tawari jajan pasar. Nah...makanya aku buat putu ayu warna warni aja tadi..terus yang buat Yodha..nggak pake kelapa..jadi warna warni aja..hemm..sapa tau aja suka..kan kayak cake kukus lembut gitu rasanya. Kenapa milih putu ayu..ya karena yang paling cepet aja bikinnya..hihi..dan juga bisa dengan sedikit bahan dan telur juga.cukup 2 aja. Soalnya kalau banyak2..siapa juga yang ngabisin..aku..aduch..mau langsing dikit nich..hihi. 
24

Monday, August 26, 2013

Urap Megono Khas Yogya..Bukan Urap Biasa..^^


Penampakannya sich..kayak urap sayur biasa ya teman-teman..tapi percayalah..rasanya..bukan urap sayur biasa.hihi..tapi istimewa. Kenapa istimewa..? Karena ini adalah *Urap Megono..khas Yogya, bukan urap megono Pekalongan lho..beda lagi juga kalau itu..hihi. Urap megono ini bumbunya lebih komplet dari urap sayur biasa..dan cara buat bumbunya juga di masak terlebih dahulu. Di *gongseng..istilah Jawanya..atau di masak di atas wajan sampai setengah kering.

19

Menu Sarapan Mudah..dan Enak..*Orak Arik Bunga Kol & Bakso*


Sarapan..adalah masakan yang harus tersedia di rumah sehari2 ya teman2.. Kalau keluarga suka sarapan yang praktis2 ..kayak roti tawar atau sereal..dll..sich enak..nggak perlu repot masak di dapur pagi2. tapi..buat yang lebih suka sarapan masakan seperti biasa..pasti dech harus masak ya..ntah itu sekedar nasi goreng..mie goreng dll. Tapi sebenerya..kata para ahli gizi nich..pernah aku baca ..sarapan 1 buah telur..sama susu sudah cukup lho untuk memenuhi kebutuhan energi di pagi hari. Cuma apa ya bisa ya..kalau untuk kita2...yang orang Indonesia ya...hihi. Makanya..karena kandungan gizi telur yang bagus ini..apalagi buat anak2..telur..wajib ada di menu sarapan agi kami..walau tetep..di makannya sam nasi goreng..dll..hihi. 
7

Sunday, August 25, 2013

Bakso Pak Geger..Bakso Favoritku..di Semarang


Bakso..di mana2..pasti ada ya teman2..^^. Tapi uniknya..di setiap daerah..citarasa baksonya pasti berbeda beda. Entah itu dari rasa dan jenis baksonya...kuahnya..dari pelengkapnya..atau dari keunikan khas masing2 daerah..sungguh..Indonesia..surganya makanan kaki lima. Kayak di Malang..baksonya komplet banget dengan aneka bakso goreng dan pangsitnya..kuahnya bening..rasanya seger gurih kuahnya. Kalau bakso Yogya..beda lagi..yang beda..pakai tahu pong dan bakso goreng yang super gede..enak..semua..bakso..aku suka semua..halah..hihi. 

12

Saturday, August 24, 2013

*Menu Diet*..Hihi..Tahu Telur Surabaya


Hihi,..geli sendiri aku..sok sokan mau diet...tapi kok tetep enak begini ya menunya..cuma di kurangi..nggak pak lontong aja. Wah..kalau menu dietnya enak2 begini..pasti semua mau ya..tapi..bisakah jadi sedikit langsing..lha tetep maem tahu telur yang di goreng. Ya sudah lah..nggak masalah..yang penting kan udah ngurangi karbo nya ya..nggak makan nasi atau lontong..jadi cuma tahu telur..plus sayuran dan kuah kacang aja..rasanya..so pasti..yummy..^^
23

Kue Cubit...Pakai Cetakan Jadul Kuningan..Hasilnya..Mulusss..^^


Pagi tadi..tumben Yodhaku kok minta makan terus..hihi..kali2 karena dingin ya..pagi hari di Semarang nich..padahal..siang dikit kayak sekarang puanass poll..pengen bikin es dawet terus..cuma nggak sempat..hihi. Tadi pagi tuch habis  sarapan..sepupunya Yodha dik Icha datang main ke rumah..eh mereka berdua terus asyik makan chococrunch sama susu..eh setengah jam kemudian udah tengok ke meja makan cari2 cemilan..adanya cuma biskuit..terus ngak jadi. Aku tanya ke kakak..mau di buatin kue..iya..katanya. ya udah..mikir..bikin kue apa yang cepat..soalnya mumpung Yodhanya mau makan..hihi..kalau kelamaan..sibuk main atau apa..udah lupa dech pengen makannya. Dan akhirnya..ingat dech..kalau cetakan kue cubit kuningan yang aku beli di Yogya kemaren belum jadi di pake..oke dech..akhirnya..aku coba aja..bikin sedikit dulu..kan masih ujicoba..eh jadinya banyak ternyata..^^..ya iyalah..kuenya kecil2 imut2..lucu dech. Dan..ujicoba pertama pakai cetakan kuningan..berhasil..mulus2 kue cubitnya..nggak cepat gosong kuenya..kayak kalau pakai setakan alumunium biasa, dulu pernah beberapa kali bikin soalnya. Selain itu..aku juga ganti resep..dan hasilnya ..lebih puas yang tadi rasanya..lebih enak. Luarnya garing..dalamnya empuk. tapi jangan berharap empuk kayak cake ya..kalau kue cubit..hihi..empuknya ya..empuk..kayak bolu2 jadul kecil2..yang rasanya khas karena di panggang di api kompor langsung gitu.

28

Friday, August 23, 2013

Sambal Goreng Buncis, Udang dan Tempe



Mau menu yang komplet gizinya..tapi malas ribet masak banyak masakan..cobalah bikin menu campur2 kayak yang ku buat ini teman..hihi. Kalau pas sibuk..ya udah..menu apa yang jadi favorit keluarga kita..campur aja semua dalam satu masakan. Udah ada sayurannya..proteinnya..komplet kan. Nah..karena suamiku sukanya sayur berkuah santan ala sambel goreng begini..makanya aku sering banget buat sambel goreng. Kali ini aku buat sambal goreng buncis, udang dan tempe..buat yang suka oseng2..tinggal di ubah saja jadi menu oseng2..tetep sama kan..dalam satu masakan..udah padat gizi..hihi...
4

Thursday, August 22, 2013

Basil Versus Kemangi..


Iseng...lagi cari2 info apa bahasa Inggrisnya kemangi..eh ternyata jawabannya ada beberapa versi...ya sudah .nurut dari Mbah Wiki saja..yang biasanya lebih ilmiah njelasinnya..hihi. Nah..karena lagi bahas kemangi nich..aku jadi ingat juga jenis daun yang beraroma lain..*saudara dekatnya*...yaitu daun basil..itu tuch daun kayak kemangi..mirip banget penampakannya..memang...( foto di atas....itu foto daun basil..), yang biasa di pake untuk masakan luar. Dulu pernah pas beli basil gitu di supermarket dan waktu bayar di kasir..mba2 kasirnya bilang...ibu beneran mau beli *daun ini* atau kemangi bu..?..Wah..ngece nich Mbaknya..batinku..di kira nggak tau basil daku..hihi. Dengan kalem aku tunjukin ke mba kasirnya..iya mba..bener kok..mau beli daun ini..ini namanya daun basil kan..nich mau bikin spaghetti ala pesto..yang pakai daun basil dan tomato chery ini..sambil ku sodorin aja belanjaanku..yang emang cuma tiga macem itu..hihi. Gantian Mba kasirnya dech yang tersenyum malu..hihi.
58

Bacem Rempelo Ati


Menu beberapa hari ini..masih seputar ayam goreng..ayam bacem..sampai hari ini pun ati rempelo bacem..hihi..soalnya semua itu request Yodha..dia lagi getol maem yang berbumbu2 gurih manis begini. Kayaknya..lidah jawaku menurun nich ke dia..hihi. Dan..kalau maem pakai ayam atau lauk lain serba bumbu bacem gini..jadi lahap dech.Nah..biar nggak bosan dan lebih menarik penampakannya.....di jadiin sate dech..padahal aslinya ya..ati rempelo bumbu bacem aja..cuma..jadi kayak sate ati bacem ala angkringan gitu kan..teman2..jadi menu baru dech buat keluarga di rumah..padahal..rasanya ya sama..sich..tetep...enak..manis dan gurih. Yukk..mari yang suka baceman ala Jawa..merapat kemari..silahkan di cicipi ya. Lauk ini enak buat makan sayur lodeh..soto sop dll. Atau dimakan pakai sambel.juga enak. Eh tapi kadang2..selian di bentuk ala sate begini..aku suka juga melilitkan usus ke ati rempelonya, kemudian di bumbu bacem..jadinya..kalau bentuk seperti ini..seperti di warung2 warteg itu lho teman2. 
7

Bakwan Jamur dan Udang..Gurih dan Yummy...^^


Bakwan again..^^..tapi percayalah..yang ini..enak sekali teman2..bakwan jamur dan udang. Jamurnya pakai jamur tiram..yang murah dan mudah di jumpai di pasar2. Dulu pernah juga bikin bakwan jamur ini..cuma jamurnya dikit cuma untuk campuran bahan atau sayuran lain.Nah kemaren nyoba yang jamurnya jadi bahan utama. Hemm..enak sekali rasanya. Sebenernya jamur aja udah enak ya..di buat isian bakwan...nah aku kepikiran aja..supaya lebih gurih aku tambahkan cincangan udang di dalamnya..wah ternyata semakin enak. terus aku coba tambahkan juga 1 buah bawang bombay..wah..klop sekali rasanya. Bawang bombai di bakwan ini menyumbang rasa gurih dan sedikit manis..jadinya enak sekali. Jadilah..menu baru yang kayaknya bakalan sering aku buat dech..soalnya bahan2nya simple dan mudah juga membuatnya. 
19

Wednesday, August 21, 2013

Sop Kakap Dari Warung Mbak Ndut Semarang..Mak Nyuss Tenan..^^


Hai teman2, aduch maaf ya,..dari kemaren belum sempat posting resep baru..heeh..rada sibuk nich..musti bagi2 perhatian nulis di sini dan juga bagi waktu buat proyek baruku..hihi..proyek apaan..???..Rahasia dulu ya.hihi..ntar ..klu udah tiba saatnya aku ceritain..*halah..*..sok sok an ya teman2..lebay dikit kayak biasanya ya ..hihi..
10

Ke MesaStila lagi


Kemaren hari Selasa kebetulan datang ke acara penutupan pameran lukisan dari Mr. Solichin..salah satu pelukis realisme..dari Yogya..tapi tinggal di Semarang juga..yang udah beberapa kali mengadakan pameran lukisan di MesaStila Resort. Lukisannya sangat bagus..karena alirannya realisme ya..jadi sangat nyata..kayak foto dalam bentuk lukisan gitu..wah..jadi pengen di lukis juga..^^



Nah..akhirnya kemaren jadi bisa icip2 hidangan dari resort Mesastila ini..karena sebelumnya   belum jadi makan di sana. Mau tahu tentang Mesa Stila ..salah satu ressort indah di Magelang ini..udah pernah ku posting di sini ya ceritanya. Biasanya aku kalau mencoba makanan,  lebih suka pesan *ala carte* gituya biasanya kalau di hotel2..jadi bisa tau karakter dan rasa dari masakan khas hotel2 tersebut..cara penyajiannya..karena lebih detail dan unik kalau menu ala carte. Next time dech aku kalau ada waktu..ke sana lagi..buat makan di restonya dan buat ngadem dari panasnya Semarang..^^ dan juga mencoba menu2 lain. Kalau kemaren udah tersedia untuk para tamu menu ala *buffet*..oke juga..yang penting tetep bisa nyobain beberapa hidangan dari MesaStila resort ini. Makasih lho Mba Atik..atas undangan makan siangnya.
0

Tuesday, August 20, 2013

Gudeg Koyor Goreng *Merak Mati* di Bawen


Gudeg Koyor..adalah gudeg versi Semarang dan sekitarnya. Inilah yang membedakan gudeg koyor dengan gudeg Yogya biasanya..yaitu adanya tambahan lauk koyor..yang di masak kuah pedas / sambel goreng koyor..atau di buat koyor goreng. Nah..salah satu gudeg yang koyornya versi koyor goreng yang terkenal..adalah gudeg Merak Mati di Ambarawa. Aku udah sering makan di sini..kalau perjalanan mau ke Yogya. Cuma bukanya memang agak siang jam 8 atau jam 9..jadi kadang  kalau kita berangkat pagi2 dari Semarang suka belum buka warungnya..
14

Monday, August 19, 2013

Ayam Goreng dan Tahu Goreng Dalam Satu Bumbu...^^


Hihi...judul resep yang aneh ya teman2...maksudnya adalah..ayam dan tahu di ungkep jadi satu..kemudian di goreng. Jadi lebih irit bumbu dan gas kan..juga nggak perlu capek2 masak 2 macam lauk..sekali masak..jadi dech ayam goreng dan tahu goreng. Tips ala *Mak Irit*..hihi. Tapi..malah jadi enak semua lho..tahu nya  juga ikut terbumbuin dan berasa ayamnya kan..hihi. Masak ini..gara2 tadi  cuma dapet ayam 4 potong di tukang sayur..wis nanggung banget mau di bumbuin dan di ungkep ..ya udah..tambahin tahu aja. tapi tahunya yang berkulit..biar nggak hancur..^^
13

Tips Membuat Nugget Rumahan Yang Ekonomis dan Enak Untuk Usaha


Nugget..salah satu lauk cepat saji populer yang hampir sering ada di  freezer kita ya teman2. Teknologi *coating food* atau makanan berbalut tepung ini..awalnya di kenal di Amerika, dan negara maju lain, terutama untuk membalut olahan dari daging ayam. Di Indonesia mulai berkembang di tahun 1990 an..dari sumber yang aku baca ya. Perkembangan pasar nugget di Indonesia  begitu cepat..sampai akhirnya banyak  produsen2 nugget dengan berbagai merk bermunculan ya..yang sampai sekarang pasti udah tidak asing lagi buat kita2 nich para emak2..hihi. Karena nugget memang selalu bisa menjadi jurus jitu buat lauk makan anak2 supaya mereka lahap makannya. 

65

Sunday, August 18, 2013

Sumber Bestik Darmo..*Beef Steak* nya Wong Jowo..hihi..



Buat teman2 yang nengok ke sini mau cari resep baru..bentar ya..minggu depan baru mulai uji coba dan masak2 menu2 baru lagi..soalnya masih harus nyelesain beberapa kewajiban di minggu ini..jadi masih banyak jajan di luar nich..tapi nggak pa2 ya..kan bisa jadi liputan juga buat tempat jajan yang enak di blog juga kan..hihi.

17

Saturday, August 17, 2013

Rugby...Salah Satu Kue Favoritku dari Breadlife...^^


Sudah pernah liat olahraga Rugby teman2..?..Itu lho..olahraga..seperti sepak bola..tapi mainnya agak kasar dari luar..hihi. Bukan cuma pemainannya yang agak kasar..karena boleh tubruk tubrukan dan lain2nya..para pemainnya juga memakai pakaian minim..kadang pemain rubi wanita..malah cuma pakai under wear aja..hihi..jadi kayaknya bukan olah raganya dech yang jadi bahan tontonan..tapi para pemainnya..yang memang seksi seksi dan berbaju minim. Kalau suamiku nonton pertandingan Rugby ini..di salah satu channel..langsung dech aku pelototin..hihi..nggak bagus buat anak2 Pi..hihi..kataku..padahal..nggak demen aja..suami nonton begituan..hihi. Lha suami ku dengan santainya bilang..lha seru ini Mi..olahraganya..liat itu mba2 pemainnya seksi2..hihi. Oalah..dasar Bapak2..^^ Tapi memang kok..olah raga ini rada sedikit aneh..bahkan di beberapa  negara ada yang pemain laki2nya nggak pake baju sama sekali..hihi
8

Friday, August 16, 2013

Aneka Jajanan Khas Magelang


Ini masih sepenggal cerita jalan2 ke Magelang..Lebaran kemaren..nggak banyak sich liputan kuliner yang aku dapat..lha wong tempat makan yang terkenal masih pada tutup kemaren. Yang buka dan khas..kemaren cuma tahu kupat Pak Slamet..itupun antri poll..dan nggak begitu enjoy akhirnya makannya..lha warungnya sempit sekali..baru makan udah di antri orang lain..hihi..dan setelah perjuangan antri..dapetnya tahu kupat begini nich..hihi..jadi kalau mau tahu kupat aku sarankan..bikin  aja sendiri teman2..lebih puas adan nggak perlu berjubel di warung sempit makannya..resepnya di sini ya..dan bandingkanlah..lebih menggoda mana teman2..tahu kuat buatan sendiri..atau beli di warung yang sudah kondang ini..hihi..Ya itulah..seru berwisata kulienr ya teman2..masuk sampai ke tempat2 pelosok atau kampung2 kayak di yogya..sekedar menikmati gudeg atau sepiring mie goreng..yang kadang  kita buat sendiri di rumahpun.bisa. Tapi biarpun begitu..kalau denger ada tempat kuliner yang unik..aku ya semangat aja mencoba..walaupun kadang cuma sekali coba aja..biar enggak penasaran hihi. Kayak tahu kupat di Magelang..aku udah sering makan tapi biasanya makan di warung pak Pangat yang versi kol nya di goreng dulu..jadi rasanya unik dan khas..ada rasa manis dari kol..nah kemaren ini penasaran coba yang versi Pak Slamet..yang juga kondang..dan sering di review di internet..atau masuk tipi..hihi.

7

Tempe Mendoan Purwokerto Asli...Enakkk...^^



Tempe mendoan...sudah biasa ya..kita buat teman2..tapi..jika tempenya asli dari Purwokerto yang khusus buat tempe mendoan..hemmm...memang beda dan enak sekali. Entah mengapa ya..tempe mendoan Purwokerto ini beda sekali rasanya dengan tempe2 biasanya yang sering aku beli di sini. Rasanya..enak..alami..ndeso gitu dech..nggak ada aroma2 asam..atau aroma tempe pabrik..kayak tempe Semarang..hihi. Pokoknya beda aja..dan jika di buat tempe mendoan..wah..enak banget..apalagi tempenya memang sudah dalam bentuk lembaran tipis..pas untuk 1 mendoan..jadi enggak perlu motong2 lagi..tinggal di celup ke adonan tepung..terus di goreng setengah matang..masih agak basah gitu..dan di cocol pakai sambal kecap pedas..wahhh..yummy dech..nggak mau berhenti makan sebelum piring kosong dech..^^
10

Thursday, August 15, 2013

Mau Lebaran lagi...??..Yukk Ke Semarang dan Daerah Pantura lain..Hari ini ada Lebaran Ketupat / Bodo Kupat


Mau Lebaran lagi teman2..makan ketupat dan opor ayam lagi..ayukkk..datang saja hari ini ke  Semarang dan daerah Pantura lainnya..hampir di setiap rumah pasti masak ketupat..hihi. Seminggu setelah Lebaran..pasar2 mulai  penuh lagi dengan penjual selongsong ketupat dan janur . Kemaren akau ikut2 an beli aja selusin selongsong ketupat..dan aku buat ketupat pakai slow cooker aja..tadi malem..tapi karena lupa pasang alarm..dan matiin slow cooker..jadilah ketupat ku terlalu lembut..kayak lontong...hihi. Untunglah..mertuaku berbaik hati mengirimiku ketupat dan opor serta sambal gorengnya tadi pagi..jadi bisa tetep memberikan menu bodo kupatan kepada suamiku hari ini..maklum..dari kecil kan sudah terbiasa dengan tradisi ini..^^ Walaupun dalam tradisinya..harusnya yang muda..yang ngirim2 menu bodo kupatan ini ke orang tua..tapi kalau ibu mertua ku..sangat baik hati..hihi..selalu masak banyak di hari bodo ketupat ini..dan di bagi2 kan ke anak2nya malahan..^^
6

Ke Pasar Beringharjo Yogya..Bukan Berburu Batik Lagi..Tapi Berburu Properti & Perkakas Dapur Jadul Untuk Foto Makanan..^^


Masih..cerita mudik kemaren ya teman2..semoga tidak bosan....cuma berbagi info aja ya..semoga sedikit berguna buat teman2.atau paling enggak nambah sedikit info ya..mengenai seluk beluk Yogya..^^..karena..banyak sekali sudut2 Yogya..yang bisa kita jelajahi dengan segala keunikannya..salah satunya adalah Pasar Beringharjo. Walaupun pasar ini ada di pusatnya kota Yogya...ada di Malioboro..tapi kesan tradisional..tetep melekat di pasar ini. 


29

Wednesday, August 14, 2013

Tak Pernah Bosan..Makan di Warung jejamuran..Jika Ke Yogya..^^


Jika kami ke Yogya..salah satu tempat makan yang tidak akan terlewatkan untuk kami singgahi adalah warung Jejamuran..resto yang menyediakan aneka olahan jamur..yang enak..dan khas..dengan harga yang normal..hihi..enggak kayak tempat wisata kuliner lain di Yogya..yang harganya *keren* karena harga pelancong..^^

21

Mencari Sarapan Pagi Di Yogya..? Soto Kadipiro Saja..


Kalau lagi di Yogya..mencari sarapan pagi yang selalu buka pagi..ringan dan segar..kami selalu ke Soto Kadipiro. Soto Kadipiro adalah salah satu soto yang legendaris di Yogya. Sudah ada sejak aku belum lahir kali ya..hihi..lha dari 1973 katanya..^^ Pusatnya ada di jalan Wates Yogya..cuma sekarang ini sudah banyak sekali cabangnya tersebar di mana2..di wilayah Yogya. Nah.kalau di pusatnya..warung sotonya berderet2 dech ada 3 warung..semuanya Soto Kadipiro..?..Iya..semua Kadipiro..cuma di kelola oleh anak cucu nya kali ya..jadi berbeda2 warungnya. Tapi kalau citarasanya sich sama aja ya di semua warungnya..soto dengan kuah bening..isian minimalis..terasa gurih dan segar. 

0

Tuesday, August 13, 2013

Tahu Kupat Bumbu Dadakan



Gara2 kemaren di Magelang makan tahu kupat bukan di warung biasanya langganan kami..maksudnya biar bisa jadi referensi lain gitu..sekalian di liput buat tulisan lain di blog...sayangnya rasanya kurang nendang..nah makanya tadi pas liat kupat di pasar jadi pengen buat sendiri dech. Ya..begitu dech..aku sering banget ikut arus..mencoba aneka kuliner yang di gembar gemborkan media..baik televisi ataupun di internet..yang katanya enak..di suatu daerah..walaupun kadang2 ujung2nya suka kecewa..kok biasa aja gitu rasanya..hihi...salah sendiri ya..korban berita...^^ Udah gitu..kalau musim liburan kayak kemaren suka sampai antri dech cuma mau sekedar makan sepiring tahu kupat..hihi. Baru duduk dan mau pesan..udah banyak orang yang berdiri .menunggu kita makan..nggak enak banget dech..eh pas udah makan..kok begitu aja rasanya..hihi..kata suami..ngapain jauh2 sampai Magelang dan antri segala ya..kalau cuma makan tahu kupat begini..^^.
4

Food Review..Gethuk Eco Magelang



Berlibur di Magelang...sebenernya nanggung sich..hihi..tapi karena Yodha ku tersayang request mau liat candi Borobudur untuk pelajaran sejarahnya..ya udah..kami akhirnya berlibur ke Magelang dan menginap semalam di kotanya. Kenapa nanggung..karena Magelang ya sudah tidak asing lagi buat kami..sering bolak balik lewat kalau mau ke Yogya atau balik ke Semarang. Kedua..tidak ada tempat wisata yang istimewa di sana..kecuali ya candi Borobudur aja..kuliner..juga terbatas..paling beberapa yang terkenal..seperti tahu kupat atau sop sereneknya..tapi kemaren Lebaran sop sereneknya tutup..dan yang buka cuma tahu kupatnya..itupun berjubel pembelinya..nggak asyik banget dech buat kulineran..udah tempatnya sempit..baru makan udah di antri orang buat duduk..hihi..dan kemaren coba warung yang satu lagi selain langganan kami biasanya  kok biasa aja rasanya..lebih enak yang tahu kupat pojok. Tapi ya begitulah kalau Lebaran ya..tempat makan yang buka dan sedikit terkenal..pasti dech berjubel yang beli ..apalagi di datangi para pelancong dari luar kota..udah dech..pastinya bakalan antri mau makan aja.. yach..tapi itulah berkah Lebaran ya buat warung2 makan seperti itu. 
0

Monday, August 12, 2013

Sambal Brambang Asem...Segerrr..^^


Sudah mulai berakftifitas kah teman2 ?..atau masih di kampung halaman..belum pulang setelah mudik..yach..selamat menikmati aktifitas masing2 aja ya di minggu pertama setelah Lebaran ini. Kalau aku..masih agak males masak yang ribet2..selain karena seminggu full udah ketemu makanan berlemak2..dan wisata kuliner non stop dari  Yogya..Magelang..sampai balik ke Semarang pun masih jajan..hihi..karena belum ada tukang sayur lewat..beli di supermarket kok kurang fresh sayuran dll..karena stock lama kayaknya..jadi akhirnya jajan terus....walau kadang berujung dengan kecewa karena rasanya kurang sesuai selera..hihi. 
5

MesaStila Resort & Spa..... Magelang Jawa Tengah..


MesaStila ( sebelumnya di kenal dengan nama  Losari Spa Retreat and Coffee Plantation) adalah resort yang tersembunyi di antara 22 hektar perkebunan kopi..dan alam yang sangat indah..dengan bangunan villa2 peninggalan jaman konolial Belanda yang masih asli dan sekarang di pergunakan untuk kawasan resort dan spa.Terletak di desa Losari - Grabag - Magelang - Jawa Tengah. Untuk lebih detail silahkan berkunjung ke page nya di fb ya..di sini

6

Tuesday, August 6, 2013

Selamat Lebaran....^_^



Alhamdulillah...akhirnya sehari lagi selesai juga kewajiban kita sebagai umat Muslim...berpuasa selama 1 bulan ya teman2..dan tibalah hari yang kita nanti2..Lebaran telah tiba..Lebaran telah tiba....yey..yey..hip hip horey......* lebay..hihi..*
8

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 30...Sambel Goreng Kentang Krecek dan Kering Tempe Kentang ..( Semarang Lagi...hihi )



Masih melengkapi menu untuk Lebaran..dan melengkapi menu inspirasi 30 hari untuk berbuka / sahur..ye ye..akhirnya bisa juga memenuhi janji ke teman2..30 hari non stop posting aneka menu rumahan untuk  buka / sahur..dari berbagai daerah..walau..mentok2 nya nguplek aja di menu2 ala Yogya dan Jawa Tengah..hihi..maafken ya teman2...maklum..lidah Jowo...^^

Nah sebelum tutup dapur alias mudik..hihi...menu ke 30 ini sambal goreng kentang dan krecek ala Semarangan jadi menu pamungkas ya...masakan ini jadi  menu wajib..di rumah mertua..kalau ada acara hajatan..atau Lebaran pasti dech duet samabal goreng kentang dan empal kelem tak pernah ketinggalan. Berbeda dengan sambal goreng ala Yogya..kalau sambel goreng kentang Semarangan ini lebih encer kuahnya dan warnanya tidak begitu merah merona seperti sambel goreng krecek Yogya..tapi cenderung merah kekuningan. Jadi cocok sekali untuk makan ketupat Lebaran nich..di tambah empal kelem yang ku posting kemaren..dan kering tempe plus kentang...udah dech..enak !
6

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 29..Menu2 Rumahan Ala Jawa Tengah


Udah pada sibuk nyiapin lebaran pasti ya teman2..masih mau masak buat buka puasa..ayukk..tetep semangat ya..aku sich jalan terus masak..hihi..soalnya ngabisin stock bahan2 di kulkas nich..sebelum di tinggal mudik lebaran..jadi apa yang ada aku masak aja dech..jadinya menu sederhana berikut..^^..Selamat mencoba..jika suka...ya teman2..
4

Semprit Jahe



Kue kering semprit jahe..ini resepnya pakai semprit vanila jadul yang udah pernah ku posting di sini , cuma aku tambahin jahe bubuk..jadinya kue semprit jahe dech..enak ..dan wangi jahe..^^

Selamat mencoba..semoga bisa menjadi ide untuk nambah variasi kue kering lebaran ya..^^
4

Cake Peta 2


Cake peta..kenapa di namakan demikian..karena motifnya kayak peta..hihi. Beberapa waktu lalu cake ini sempat nge top  di antara para blogger dari Malyasia..dan aku ikutan nyoba..karena suka motifnya yang lucu..kayak peta. Kalau basic cakenya sich butter cake biasa..jadi kita bisa menggunakan resep butter cake versi mana saja yang cocok sesuai selera..tapi cara membentuk motif petanya itu yang harus di perhatikan.  Motif seperti peta ini bisa terbentuk..karena setiap layer adonan di taburi coklat bubuk. Mungkin teman2 ada yang berpikir akan pahit..tidak kok..taburi tipis2 aja.dan merata coklat bubuknya..nah nanti akan jadi pembatas dan pembentuk motifnya. Coklat bubuk ini juga menjadi tambahan rasa tersendiri di cakenya..enak..jadi nggak membosankan seperti butter cake biasa. Gunakan ayakan yang berlubang halus untuk menaburkan coklat bubuknya..biar bisa halus dan tipis merata hasilnya.
16

Monday, August 5, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Ke 28 / Lebaran..Sayur Godog ( Betawi )


Sayur godog Betawi adalah menu tradisional khas Betawi. Masakan ini mirip2 dengan sambel goreng labu siam Jawa..cuma bumbunya lebih komplet dan biasanya di tambah kacang panjang dan pete..dan juga ebi , cuma lagi tidak punya stock..jadi labu sama udang saja tadi..cocok di makan sama lontong atau ketupat..jadi bisa jadi alternatif menu Lebaran juga lho teman2..selamat mencoba..^^

6

Sunday, August 4, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Lebaran Hari Ke 27..Empal Kelem ( Semarang )


Akhirnya sempat masak2 lagi yang beneran hari ini ..hihi..setelah sibuk berkutat dengan tepung dan mixer serta oven. Dan pilihan menu..jatuh ke..Semarang lagi..hihi..yaitu Empal Kelem. Empal Kelem ini masakan terbuat dari daging sapi yang di ungkep dengan bumbu2 rempah sampai empuk dan bumbunya meresap ke daging, tetap tidak sampai asat atau kering seperti empal biasanya..sehingga di sebut empal kelem..atau empal yang tenggelam dalam kuah..hihi..kira2 begitu sich ^^..karena kelem artinya tenggelam.

7

Sagu Keju Pandan



Sagu keju pandan ini resepnya sama dengan sagu keju biasa yang sudah ku posting kemaren..tapi nggak pa2 dech aku tulis lagi ya..kalau pada males cari hihi. Fotonya juga pakai foto lama..hihi..tapi dulu memang belum sempat ku posting di blog....tadi buat keburu masuk toples dan kesorean mau di potret2..ya sudah..tidak apa..yang penting rasanya sama kok teman2..hihi..buat dulu atau sekarang, cuma mau kasih tambahan ide kue kering lebaran aja buat teman2..yang masih sibuk buat kue2 sendiri di rumah ya..^^ Selamat mencoba..!
12

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel