Monday, July 22, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari ke 14 ..Garang Asem ( Jawa Tengah )



Garang asem..adalah masakan dari Jawa Tengah..yang paling terkenal adalah garang asem ayam Kudus. Banyak versi sich..garam asem..tapi yang jelas pad intinya sama..cuma beda sedikit di komposisi bumbu yang di pakai. Intinya..adalah cara memasak ayam dengan cara di bungkus daun pisang dan di kukus..bukan seperti pepes sich..yang kering  berbumbu gitu..kalau  garang asem ini berkuah, jadi musti hati2 dalam mengukus garang asem, supaya kuahnya tidak bocor dan asat. Karena paling enak menikmati garang asem karena kesegaran kuahnya dan rasa kaldu dari ayamnya yang tercampur di kuah ketika di kukus. Agar aman kuahnya tidak bocor, gunakan daun pisang yang  halus  dan lentur, yaitu dari jenis daun pisang klutuk..atau cara paling mudah yang alasi daun pisang dengan plastik tebal tahan panas..di jamin tidak akan bocor dech..hihi.

Dari berbagai versi garang asem, aku paling suka yang bumbu komplet dan pakai kemangi..karena kuahnya jadi bertambah harum..dan wangi kemangi. Cuma memang karena garang asem ini di masak dengan cara di kukus..jadi harus sudah pas dulu komposisi bumbu perasa uatamnya..yaitu garam dan gula..soalnya..kalau udah matang kan repot..kalau mau nambah2 hin bumbu lagi..karena sudah terbungkus daun..jadi biar aman setelah semua bahan di campur..ambil sedikit kuah , lalu didihkan..dan cicipi rasanya..suadah pas atau belum komposisi garan da gulanya..jika belum di tambahain dulu, baru di bungkus daun pisang dan di kukus. Jadi pas matang udah pas..dech..gurih dan manisnya.

Ini dia resep garang asem kemangi yang seger banget..kalau suka pedas..tambahkan cabe rawit utuh sesuai selera..cocok dech buat menu buka pausa..atau sahur juga..^^
Garang Asem Ayam Kemangi
 
Bahan-bahan :
1/2 kg ayam, potong kecil2 ( paling enak  sich ayam kampung )
10 buah cabai rawit utuh 
8 buah (200 gram) belimbing sayur, dipotong bulat 1 cm
1 buah tomat hijau, potong2
25 gram kemangi diambil daunnya
2 1/2 sendok teh garam 
1/4 sendok teh kaldu bubuk
1 sendok makan gula merah sisir
500 ml santan dari 1 butir kelapa
2 buah serai, diiris
3 lembar daun salam disobek – sobek
2 cm lengkuas, diiris
daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih 
3 butir kemiri sangrai 
1 cm kencur 
1 cm jahe
1 sendok teh ketumbar 

Cara Membuat :
Campur ayam, bumbu halus, garam, dan gula merah. Remas – remas ayam. Diamkan 30 menit.
Masukkan santan ke campuran ayam dan bumbu, kecuali serai, daun salam, dan lengkuas. Aduk rata.
Ambil 2 lembar daun pisang. Lapisi dengan plastik lebar tebal tahan panas. Letakkan potongan serai, daun salam, dan sedikit lengkuas.
Sendokan campuran ayam dan kuah santannya.
Bungkus tum dan semat dengan lidi.
Kukus 1 jam sampai matang dengan api kecil.


Menu takjil yang manis2..mungkin suka pisang bakar...intip  resepnya..di sini ya..^^

10 comments :

  1. suka buanget dengan garang asem beberpa kali buat cuma kendalanya nyari blimbing wuluhnya yang super susah, di supermarket ga ada,apa ada alternatif lain pengganti blimbing wuluhnya ya mbak di, tapi sepertinya khasnya garang asem ya ada blimbing wuluhnya ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..beruntungnya daku kalau gitu Mba Esti..tinggal petik di kebun samping rumah..hihi..ayo2..sini tak kasih..hihi.

      Bisa di ganti tomat ijo kok..kalau kurang asam..kasih air asam dikit di kuahnya..sama enaknya..^^

      Delete
  2. aihhh, enak banget ini ... tapi ngga pernah pakai blimbing wuluh, susah nyarinya di sini. Ujung2nya pake asem biasa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..Mak Dey juga susah cari belimbing wuluh ya..di samping rumahku nich..lagi berbuah lebat Mak..seandainya deket..daku bagiin dech..hihi. Iya..tapi pakai asem juga seger juga kok ya..kalau mau ada ijo2nya..kasih tomat hijo aja Mak..^^

      Delete
  3. Mbak.ak suka bgt garang asem yg biasa dijual di depot kecil sebelahnya stasiun poncol.depotnya namae sumber rejo ato apa ya.pokoknya ada rejo nya gt...itu garang asem nya g pke santan mbak.kuah bening gt seger bgt.udh pernah coba mbak?
    Klo resel mbak di atas ak ga pakein santan bs kan mbak? Trus knp pke gula merah sisir ya.kl pke gula pasir aja bs kan?



    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah mba Dina..^^..aku suka aja yang pake santan..lebih gurih..mau pakai gula merah atau gula pasir boleh...sesuai selera aja Mba..^^..kalau ini nggak pake santan..belum pernah coba aku..yang nggak pake santan kayak apa rasanya..kalau aku beli soalnya pakai santan semua..^^

      Delete
    2. Oow ya ya...kapan2 dicoba mbak depot yg sblhnya stasiun poncol itu,sapa tau cocok..
      Itu ga pke santan jd kayak sup bening gt kuahnya seger bgt.kecut2 rasa nya....dulu wkt ms tinggal d sby klo ak pas k smrg pasti beli garang asem disitu lalu ak bw ke sby hahaha.....oh iya keinget nama depotnya SIDO REJO :)

      Delete
    3. Oke Mba Dina..nanti kalau pas lewat situ tak cobanya..^^

      Delete
  4. Betul bu dina tanpa santan rasanya segeer banget tadi saya sudah coba dan pake belimbing sayur wiiihh endens bu

    ReplyDelete
  5. Betul bu dina tanpa santan rasanya segeer banget tadi saya sudah coba dan pake belimbing sayur wiiihh endens bu

    ReplyDelete